25 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Ciwidey Bandung Selatan Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

0 659

Tempat Wisata Di Ciwidey – Ingin liburan di kawasan Ciwidey? Ini daftar rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Ciwidey Bandung Selatan terbaru yang wajib dikunjungi. Dari mulai penangkaran rusa, kawah putih, perkebunan teh, pemandian air panas, wahana bermain anak, spot foto keren instagramable, kuliner enak, kebun strawberry, resort nyaman, hingga hutan hijau ada semua di sini.

Selain Lembang, daerah Ciwidey yang terletak di sebelah selatan Kota Bandung juga menjadi primadona para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Pasalnya, Ciwidey memiliki sejumlah tempat wisata bagus dengan sajian panorama alam indah dan udara sejuk sehingga sangat cocok buat melepas penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Asyiknya lagi, harga tiket masuknya lumayan murah terjangkau.

Nah, buat Anda yang kebetulan akan mengeksplore Ciwidey dan sekitarnya, berikut ini saya sajikan list objek wisata menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak, istri tercinta, keluarga, atau pun sahabat. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini.

Tempat-Wisata-Di-Ciwidey-Bandung-Selatan
Tempat Wisata Di Ciwidey Bandung Selatan (Foto : Panchali1989)

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Ciwidey Bandung Selatan Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

1. Ranca Upas / Kampung Cai Ranca Upas

Kita awali review destinasi wisata kali ini dengan mengulas Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas. Lokasinya terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jam buka selama 24 jam.

Selain keindahan alam, Ranca Upas menawarkan juga wahana seru lainnya yang asyik dinikmati bersama keluarga, antara lain pemandian kolam air panas, camping ground, penangkaran rusa, kids zone, berkuda, memanah, paintball, dan fun games / outbond. Fasilitas di sini terbilang lengkap, tersedia mushola, coffee shop, toilet, serta area parkir.

Aktivitas favorit pengunjung biasanya memberi makan rusa-rusa jinak sambil berfoto bersama meraka. Jika ingin lebih menikmati alam, Anda dapat berkemah di Ranca Upas. Harga tiket masuk ke sini dibanderol sekitar 15 ribu rupiah per orang (sudah termasuk penangkaran rusa tapi belum termasuk wahana lain). Jika akan berkemah, Anda harus menambah 10 ribu rupiah per malam.

2. Kawah Putih

Siapa seh yang tak kenal dengan Kawah Putih Ciwidey? Ikon destinasi wisata Bandung ini sangat populer dikalangan wisatawan. Kawah Putih merupakan sebuah danau alami dengan warna air putih kehijauan sehingga tampak begitu cantik. Tak heran, jika banyak orang menjadikannya sebagai lokasi prewedding romantis, syuting film, kegiatan fotografi, maupun melukis.

Menurut sejarah, Danau Kawah Putih terbentuk dari hasil letusan Gunung Patuha. Warna air danaunya dapat berubah-ubah sesuai kandungan belerang, suhu, dan cuaca. Udaranya cukup dingin, sekitar 8 – 22 derajat celcius dengan bau belerang menyengat. Apabila Anda ingin berkunjung ke sini, sebaiknya memakai jaket dan masker agar lebih nyaman.

Saat ini, Kawah Putih dilengkapi dengan spot foto baru berupa Dermaga Apung atau Dermaga Ponton. Untuk naik ke jembatan tersebut, Anda akan dikenakan tarif 10 ribu rupiah. Selain itu, ada juga wahana Skywalk Cantigi sepanjang 500 meter. Dari puncak skywalk ini, Anda dapat melihat landscape Kawah Putih dari atas ketinggian.

Fasilitas di Kawah Putih cukup lengkap, tersedia pusat informasi, musholla, area parkir, toilet, penjual makanan / minuman. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 20 ribu rupiah, lalu ditambah 15 ribu rupiah untuk biaya naik mobil ontang-anting. Lokasi / Alamat Kawah Putih terletak di Jalan Raya Soreang Ciwidey km 25, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Jam buka pukul 07.00 – 17.00 WIB.

3. Kawah Cibuni Rengganis

Selain Kawah Putih, masih ada satu lagi destinasi bertema kawah yang eksotik, yaitu Kawah Cibuni Rengganis. Lokasinya berada di perkebunan teh Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Mengingat Kawah Cibuni Rengganis termasuk objek wisata baru, jadi belum banyak fasilitas tersedia di sana. Kondisinya masih benar-benar alami, Anda bisa menemukan beberapa geiser ukuran kecil yang mengeluarkan uap panas. Jika ingin berendam, tersedia kolam alami pemandian air panas beraroma belerang.

Harga tiket masuk ke Kawah Cibuni Rengganis kabarnya masih seikhlasnya, tapi ada juga info yang menyatakan sekitar 5 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Jalan akses menuju ke lokasi kawah hanya bisa dilalui kendaraan roda 2 sehingga jika Anda memakai kendaraan roda 4, harus menitipkannya di luar gerbang. Lalu dilanjutkan jalan kaki 10 – 15 menit.

4. D’Riam Riverside Resort

Gak kalah keren dengan aneka resort mewah di kawasan wisata Ubud Bali, Bandung Selatan juga punya sebuah penginapan bagus bertema alam, namanya D’Riam Riverside Resort. Sesuai namanya, resort ini berada di tepi sungai. Begitu membuka jendela kamar, maka Anda bisa menikmati panorama indah aliran sungai yang berpadu cantik bersama pepohonan hijau.

Meskipun berada di kawasan perbukitan, namun fasilitas modern tetap bisa Anda nikmati. Tersedia kasur empuk, TV, shower, toilet duduk, koneksi internet, food court / restoran, dan kolam renang. Fasilitas menarik lain yang tak boleh dilewatkan yaitu spot foto instagramble dari mulai taman ungu, jembatan bambu, ayunan tepi sungai, playground anak, hingga galeri seni.

Alamat D’Riam Riverside Resort terletak di Jl. Raya Soreang-Ciwidey No.Km. 25, Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Harga sewa kamar sekitar 350 – 500 ribu rupiah per malam.

5. Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Buat Anda yang suka bertualang mencari tempat hunting foto keren, maka Bukit Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey bisa menjadi pilihan. Di sini, Anda bisa menemukan deretan pohon cemara dengan bentuk seperti jamur. Berfoto diantara pohon tersebut akan menghasilkan gambar unik nan instagenic.

Untuk mencapai Bukit Jamur Rancabolang yang sedang hits ini, Anda harus mengeluarkan tenaga dan waktu ekstra. Pasalnya, lokasinya jauh dari perkotaan dengan medan jalan berbatu. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima serta full bahan bakar.

Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah, sedangkan alamatnya terletak di Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Mengingat jalanan lumayan sepi, sebaiknya Anda melakukan perjalanan dari pagi / siang hari, hindari malam hari.

6. Southland Camp

Sesuai namanya, Southland Camp merupakan tempat wisata di Ciwidey yang bagus buat berkemah (camping). Pemandangan alam di sini sangatlah indah, udaranya sejuk, dan suasana alamnya begitu terasa. Tersedia juga pemandian air panas dan pondok sederhana untuk istirahat.

Jika tak ingin berkemah, duduk-duduk santai sambil menyantap bekal dari rumah juga asik. Untuk mendapatkan foto kece, Anda bisa memasang hammock diantara pepohonan. Lokasi Southland Camp terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM.12, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jam buka 24 jam.

7. Barusen Hills

Berlokasi di Gambung Ciwidey, Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, Barusen Hills menawarkan fasilitas yang asyik untuk liburan keluarga. Di sini, tersedia wahana waterpark / waterboom bagi anak-anak atau pun orang dewasa. Anda dapat mengajak si kecil bermain air sekaligus mengawasi serta mendampinginya.

Selain itu, Barusen Hills juga punya spot foto yang tak kalah keren bila dibandingkan dengan aneka tempat wisata di Lembang seperti Taman Begonia, Farm House, maupun Floating Market. Beberapa spot foto tersebut antara lain taman bunga, kincir angin khas Belanda, rumah hobbit, perahu bambu, payung warna-warni, balon udara, dan lainnya.

Fasilitas lainnya yaitu kuda keliling, danau, perahu keliling, flying fox, saung / gazebo, kios makanan / minuman, toilet, dan kamar bilas. Harga tiket masuk ke Barusen Hills dibanderol 35 ribu rupiah (weekend) dan 30 ribu rupiah (weekday). Sedangkan tarif biaya wahana / spot foto sekitar 5 – 25 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

8. Palalangon Park

Satu lagi tempat wisata keluarga dan anak di Ciwidey terbaru yang wajib dikunjungi, yaitu Palalangon Park. Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan kolam renang, kolam renang air panas, mini water boom, perahu angsa, dan spot foto kekinian buat pengisi feed instagram, dari mulai balon udara, kastil, perahu ala Titanic, taman bunga, tulisan Love, hingga kupu-kupu.

Lokasi / Alamat Palalangon Park terletak di Kampung Leuwiliang RT 001/015 Desa Cibodas, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.30 – 18.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 20 ribu rupiah (orang dewasa) dan 10 ribu rupiah (anak usia 3 – 5 tahun).

9. Situ Patenggang / Situ Patengan

Nama Situ Patenggang atau Situ Patengan nampaknya sudah tak asing lagi di telinga wisatawan. Danau alami yang berada di ketinggian sekitar 1.600 meter mdpl ini menyuguhkan pemandangan alam nan indah. Hamparan kebun teh di sekelilingnya membuat suasana semakin asri. Cocok banget buat menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari.

Agar bisa lebih jauh menikmati Situ Patenggang, Anda dapat mencoba naik perahu untuk mengelilinginya. Tarifnya sekitar 25 ribu per orang. Jumlah perahu mencapai 33 buah, jadi kalau saat weekday mungkin Anda tak harus antri. Sedangkan tiket masuk ke Situ Patenggang sebesar 20 ribu rupiah. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu ya.

Sebagai tempat wisata alam di Bandung favorit wisatawan selain Kawah Putih, Situ Patenggang dilengkapi dengan fasilitas memadai. Di sini tersedia lokasi parkir luas, gazebo untuk berteduh, tempat ibadah, kios makanan, toko cinderamata, dan toilet. Bahkan, kini ditambah lagi fasilitas berupa Glamping Lakeside Rancabali dan Pinisi Resto.

Glamping Lakeside Rancabali

Buat Anda yang ingin menginap di Situ Patenggang, maka Glamping Lakeside Rancabali bisa menjadi pilihan. Di sini tersedia tenda glamping semi permanen yang bisa Anda sewa untuk bermalam. Lokasinya berada di tepian danau sehingga Anda bisa sekaligus menikmati view keindahan alam Situ Patenggang.

Meskipun berupa tenda, namun fasilitas di dalamnya terbilang lengkap layaknya hotel. Tersedia kopi, teh, gula, air mineral, kasur, kamar mandi, toilet duduk, peralatan mandi seperti sandal, handuk, sabun, sampo dan sikat gigi. Harga sewanya lumayan mahal, lebih dari 2 jutaan per malam dengan kapasitas 4 – 8 orang.

Selain penginapan, Glamping Lakeside Rancabali ternyata memiliki wahana seru bernama Golesat. Golesat berupa kendaraan mirip sepeda roda 3, tapi berjalan secara meluncur di atas lintasan menurun dan berkelok. Ada juga Taman Kelinci sebagai arena bermain anak, serta spot foto Teras Bintang untuk memanjakan wisatawan yang suka berfoto.

Pinisi Resto

Setelah seru-seruan berkeliling danau, berfoto, atau pun bermain wahana, tentu Anda akan merasakan lapar dan haus, bukan? Nah, buat mengembalikan energi, Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan di Pinisi Resto. Sesuai namanya, restoran ini berbentuk Perahu Pinisi raksasa yang berada di tepian danau Situ Patenggang.

Untuk masuk ke Pinisi Resto, biasanya pengunjung melalui sebuah jembatan gantung sambil berfoto. Menu makanan yang disajikan cukup lengkap, tersedia menu lokal nusantara dan western, misalnya nasi goreng, sop buntut, french fries, dan sebagainya. Sedangkan minuman tersedia aneka olahan kopi, jus, teh, serta minuman khas Bandung bernama Bandrek.

Buat Anda yang ingin liburan ke Situ Patenggang, bisa langsung menuju ke alamatnya di Jl. Raya Ciwidey – Patengan Km. 39, Situ, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Anda bisa melewati Jalan Tol Purbaleunyi, lalu pada saat keluar dari Exit Tol Kopo, ambil jalan ke arah Soreang dan menuju jalur Soreang – Ciwidey.

10. Glamping Legok Kondang Lodge

Satu lagi destinasi camping mewah yang tak boleh dilewatkan begitu saja, namanya Glamping Legok Kondang Lodge. Lokasinya terletak di Jalan Kurunangan, Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Glamping Legok Kondang Lodge saat ini memiliki 27 tenda, dengan 3 buah tenda istimewa bernama storm tent. Karena istimewa, fasilitas tenda storm tent juga berbeda dengan tenda-tenda lainnya. Di dalamnya terdapat fasilitas layaknya hotel, bagian luar tersedia kolam renang beserta kursi untuk berjemur.

View pemandangan dari storm tent sungguh indah, Anda bisa menyaksikan sunrise atau pun city light. Jika Anda ingin menginap di Glamping Legok Kondang Lodge, maka siapkan uang yang banyak ya. Pasalnya, harga sewa per malamnya lumayan mahal, sekitar 1,3 – 3,5 juta rupiah.

Suasana yang tenang, jauh dari keramaian kota, membuat tempat wisata di Ciwidey ini begitu nyaman untuk mengusir penat akibat rutinitas sehari-hari. Di sini juga tersedia fasilitas asik dan seru lainnya, seperti barbeque, roasted corn, lampion, paintball, memberi makan rusa, kawah putih tour, memanah, fun offroad, trekking, menangkap ikan, rafting, dan outbound.

11. Perkebunan Teh Rancabali

Kawasan wisata Ciwidey terkenal akan keindahan kebun tehnya, satu diantaranya adalah Perkebunan Teh Rancabali. Lokasinya berada di Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Tak begitu jauh dari Situ Patenggang.

Di perkebunan teh ini, Anda bisa akan dimanjakan dengan hamparan hijaunya tanaman teh yang membentang sejauh mata memandang. Agar lebih asyik, Anda bisa melakukan Tea Walk dengan rute sejauh 2 km, 3 km, atau 4 km. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan moment sepanjang perjalanan. Berfoto dengan latar perkebunan teh, tentu akan tampak instagramable.

Selain itu, Anda bisa berkunjung ke Pabrik Teh dengan tarif 5 ribu rupiah. Di sana, Anda bisa menambah ilmu pengetahuan tentang proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, dan pengolahan teh.

Baca Juga :

12. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort merupakan sebuah hotel bernuansa alam yang memiliki fasilitas waterpark dan taman bermain anak sehingga cocok buat tempat liburan keluarga. Selain menyediakan kamar layaknya hotel, Ciwidey Valley Resort juga punya camping ground yang memungkinkan Anda berkemah dengan tenda khas Indian.

Waterpark untuk anak-anak dilengkapi dengan wahana permainan air seperti ember raksasa dan slider. Taman bermainnya juga tak kalah seru, tersedia ayunan, taman labirin, balon air, perahu air hingga taman burung yang bakal membuat anak-anak betah berlama-lama di sana.

Jika lapar, di sini ada Lembah Ciwidey Resto dengan view keindahan alam terbuka. Makanannya pun lengkap, dari menu lokal Indonesia sampai western. Lokasi Ciwidey Valley Resort terletak di Jl. Barutunggul KM. 17, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

13. Wisata Air Curug Tilu

Tak terlalu susah mencari tempat wisata murah di Bandung Selatan Jawa Barat. Pasalnya, hampir sebagian besar tarif masuknya terbilang nyaman dikantong. Misalnya saja Wisata Air Curug Tilu, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah untuk menikmatinya.

Meskipun termasuk curug buatan berukuran mini (baca : kecil), tapi aliran airnya tampak instagramble berpadu cantik dengan batuan dan lingkungan sekitar. Tak ayal, curug ini pun menjadi incaran para pemburu spot foto keren. Lokasi Curug Tilu terletak di Perkebunan Teh Rancabali, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

14. Curug Tilu Cipelah

Namanya memang sama, namun Curug Tilu Cipelah berbeda dengan Curug Tilu di Perkebunan Teh Rancabali. Curug Tilu Cipelah cukup tinggi, mungkin mencapai 10 meter. Suasananya masih asri alami, belum banyak pengunjung. Harga tiket masuk ke tempat wisata di Ciwidey ini sekitar 5 ribu rupiah. Alamat curug ini terletak di Desa Cipelah, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

15. Curug Cipanji

Sebagai salah satu curug terindah di Bandung, Curug Cipanji menawarkan kesegaran alami. Airnya tampak jernih dan bersih, benar-benar terasa dingin. Mungkin akan membuat siapapun tergoda untuk basah-basahan bermain air.

Air terjun Cipanji cukup unik, memiliki 4 tingkatan. Untuk tingkat paling atas, ketinggiannya sekitar 25 meter, sedangkan paling dasar mencapai 5 – 6 meteran. Oleh karena masih baru dan belum dikelola secara resmi, maka belum terdapat fasilitas toilet atau pun warung.

Lokasi Curug Cipanji terletak di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuknya masih gratis, tapi kedepan mungkin ada tarif resmi apabila sudah dikelola.

16. Happy Farm Ciwidey

Happy Farm atau yang dikenal juga dengan sebutan Taman Kelinci Ciwidey termasuk objek wisata baru berkonsep edukasi untuk keluarga. Lokasinya berada di Jl. Raya Ciwidey No.km 33.7, Panundaan, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB.

Sebagai salah satu tempat bermain anak di Bandung yang bagus, Happy Farm Ciwidey dilengkapi dengan wahana candy house, taman kelinci, petting zoo, bermain dengan domba, menyusui anak sapi, kuda tunggang mini dan memanah boneka. Harga tiket masuknya dibanderol 20 ribu rupiah.

17. Kampung Pa’go

Satu lagi lokasi peristirahatan yang asyik buat menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari di perkotaan, namanya Kampung Pa’go. Suasananya benar-benar sejuk, mirip seperti kampung / pedesaan penuh pepohonan hijau. Fasilitasnya pun lengkap, tersedia penginapan, rumah makan, dan kolam renang.

Kampung Pa’go Ciwidey berisi sekitar 33 kamar, sebagian kamar dilengkapi dengan fasilitas meja kerja, balkon/teras, televisi, shower, dan bak mandi (bathtub). Tempat ini cocok untuk acara gathering / pertemuan keluarga, kantor, atau pun liburan bareng teman-teman.

Harga sewa kamarnya dibanderol sekitar 300 – 875 ribu rupiah. Lokasi / Alamat Kampung Pa’go terletak di Jl. Raya Ciwidey KM.25, Soreang, Kec. Soreang, Bandung, Jawa Barat.

18. Bale Bambu Adventure

Ingin memacu adrenalin di alam? Cobain deh arung jeram (rafting) Bale Bambu Adventure. Lokasinya berada di Jalan Raya Soreang-Ciwidey KM 23, Kab. Bandung, Jawa Barat. Di sana tersedia 3 paket rafting, yaitu short trip (5 km), medium trip (12 km), dan long trip (18 km), dengan jeram grade 2-3.

Selain rafting, tersedia juga fasilitas lain dari mulai Resto, Paint Ball, Fun Offroad, Fun Games, dan Camping Ground. Tempat ini cocok bagi rombongan kantor atau pun keluarga yang akan melakukan kegiatan outbond.

19. Emte Highland Resort

Tempat wisata di Ciwidey yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Emte Highland Resort. Selain penginapan, resort ini ternyata mempunyai sejumlah fasilitas menarik bagi para wisatawan, mulai dari arung jeram, paintball, tubing arum jeram, flying fox, ATV, kolam angsa, kolam pancing, dan rumah makan.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, tak usah kuatir karena ada playground untuk bermain. Ada juga kebun strawberry dimana Anda bisa memetik sendiri buahnya. Jika akan menginap, pilihan kamar pun bervariasi dengan range harga 500 – 3 juta rupiah per malam. Jika suka alam, Anda bisa berkemah di camping ground yang tersedia.

Harga tiket masuk ke Emte Highland Resort dibenderol sekitar 15 ribu rupiah dan mobil 50 ribu rupiah. Lokasi / Alamatnya terletak di Jl. Raya Ciwidey-Rancabali KM. 11, Patengan, Rancabali, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Udaranya cukup dingin, jadi jika Anda akan bermalam siap-siap bawa jaket ya.

20. Kebun Strawberry

Belum lengkap rasanya liburan ke Ciwidey tanpa mampir ke kebun strawberry. Di sepanjang jalan Soreang-Ciwidey-Rancabali, Anda akan menemukan banyak kebun strawberry yang menawarkan aktivitas wisata petik buah strawberry sendiri, misalnya Kampung Strawberry dan Alamendah Strawberry.

Masuknya biasanya gratis, Anda akan membayar sesuai jumlah / berat buah strawberry yang dipetik. Sebelum mencicipinya, sebaiknya Anda cuci terlebih dahulu buahnya agar terbebas dari debu atau pun zat kimia. Anda bisa membawa pulang buah yang dipetik sebagai oleh oleh Bandung untuk keluarga, saudara, tetangga, maupun teman.

21. Pemandian Air Panas Ciwalini

Berlokasi di kaki Gunung Patuha, Pemandian Air Panas Ciwalini memiliki panorama alam indah dan udara sejuk. Sesuai namanya, di sini tersedia kolam air panas untuk berendam anak-anak maupun orang dewasa. Seperti halnya destinasi wisata Guci Tegal Jawa Tengah, ternyata tempat ini juga punya wahana seru selain kolam air panas, yaitu water boom, ATV, motor cross mini, flying fox, sepeda tour, dan trampolin.

Fasilitasnya terbilang lengkap, tersedia tempat ibadah, penginapan, warung makan, area parkir, toilet, serta saung / gazebo. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 20 ribu rupiah. Alamat Pemandian Air Panas Ciwalini terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB (Jumat tutup).

22. Pemandian Air Panas Cimanggu (Cimanggu Hot Spring)

Satu lagi tempat pemandian air panas yang bisa Anda kunjungi, yaitu Pemandian Air Panas Cimanggu (Cimanggu Hot Spring). Lokasinya terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jam buka selama 24 jam sehingga Anda bisa berendam saat malam hari.

Di sini, setidaknya ada 3 buah kolam pemandian air panas dengan ukuran berbeda. Air panasnya dipercaya mengandung mineral yang berkhasiat untuk kesehatan. Selain kolam air panas, tersedia juga penginapan / cottage, playground anak, mushola, gazebo, dan area outbound. Harga tiket masuk sekitar 17 – 25 ribu rupiah.

23. Green Hill Park TWA Cimanggu (Green Hill Park Ciwidey)

Green Hill Park TWA Cimanggu atau dikenal dengan nama Green Hill Park Ciwidey merupakan tempat wisata alam yang cocok untuk kegiatan outbond atau pun gathering bersama perusahaan, keluarga, rekan kerja, dan sahabat.

Berada di hutan Kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu dengan luas 21,32 Ha, membuat tempat wisata di Ciwidey ini benar-benar memiliki udara bersih nan sejuk karena penuh pepohonan. Wahana dan fasilitas yang ditawarkan pun cukup banyak, mulai dari camping ground, ruang meeting / gathering, trekking hutan, fun games, paintball, menanam pohon, trip Kawah Putih, penanaman strawberry, dan api unggun.

Lokasi / Alamat Green Hill Park Ciwidey terletak di Jl. Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jika dari Bandung, Anda bisa berangkat dari Terminal Leuwi Panjang menuju Ciwidey memakai angkot jurusan Terminal Ciwidey (30 Km). Lalu dari Terminal Ciwidey ke lokasi (Green Hill Park), Anda naik angkot jurusan Ranca Bali (11 Km).

24. Bubu Jungle Resort

Bubu Jungle Resort merupakan salah satu hotel unik di Bandung yang menawarkan keindahan alam. Konsepnya seperti villa dengan bangunan instagramable menyerupai sangkar burung. View pepohonan hijau, sawah, perbukitan, dan udara segar menjadi daya tarik utama resort ini.

Ada 3 jenis kamar yang disewakan, yaitu Camping Pod (2 orang), Sayang Manuk 1 (2 – 4 orang), dan Bubu Lauk 1 (4 – 8 orang). Fasilitasnya terbilang lengkap, terdapat kasur, meja kursi, TV, kamar mandi, toilet, teras, skypool, floating breakfast, restoran outdoor, barbeque (BBQ), jacuzzi, dan campfire.

Harga sewa per malamnya memang lumayan mahal, sekitar 3,5 – 8,5 juta rupiah. Sebandinglah dengan kenyamanan yang Anda dapatkan. Buat pengantin baru, nampaknya cocok banget dijadikan tempat bulan madu romantis di Bandung. Alamat Bubu Jungle Resort terletak di Desa Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

25. Sindang Reret Hotel & Restaurant

Setelah puas menjelajahi berbagai destinasi wisata di kawasan Ciwidey, maka saatnya Anda memulihkan tenaga dengan menyantap makanan khas Bandung yang terkenal enak menggoyang lidah. Nah, salah satu tempat makan dengan menu masakan Sunda adalah Sindang Reret.

Restoran ini terletak di Jl. Raya Provinsi Ciwidey, Tenjolaya, Bandung, Kab. Bandung, Jawa Barat. Dekorasinya berupa saung-saung di atas kolam ikan. Tersedia juga penginapan dengan jumlah sekitar 24 kamar. Jika akan mampir ke restoran, usahakan jangan terlalu malam karena kabarnya tutup pukul 20.00 WIB.

Demikianlah informasi singkat tentang aneka tempat wisata di Bandung Selatan Jawa Barat yang bagus untuk liburan. Bagaimana sobat traveler? Pesona kawasan Ciwidey sangat indah, bukan? Udaranya juga sejuk, pas banget buat refreshing menghilangkan penat akibat rutinitas kerja atau pun belajar sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.