Pusat Info Wisata Terlengkap

75+ Tempat Wisata Terbaik Dan Terindah Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

0 4,330

Tempat Wisata Di Bandung – Sobat traveler, berikut saya sampaikan daftar rekomendasi tempat wisata terbaik dan terindah di Bandung yang wajib dikunjungi saat liburan. Review tempat rekreasi kali ini disusun secara lengkap mulai dari destinasi wisata baru yang lagi hits dikalangan wisatawan hingga tempat-tempat yang sudah terkenal sebelumnya.

Meskipun tak memiliki pantai, kota yang berjuluk Paris Van Java ini tetap menjadi tempat favorit untuk menghabiskan liburan akhir pekan / libur panjang. Hal ini tak lain karena Kota Bandung dan sekitarnya memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama anak, keluarga, sahabat maupun pasangan (baca : istri).

Fasilitas dan akomodasi disini pun terbilang lengkap sehingga Anda akan memiliki banyak pilihan mulai dari kemudahan akses jalan, hotel bintang lima atau kelas melati, serta restoran dari yang mewah sampai murah meriah. Tak heran, jika kota ini menjadi salah satu magnet pariwisata Indonesia yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara.

Daftar Tempat Wisata Terbaik Dan Terindah Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

1. Glamping Lakeside Rancabali

tempat wisata di bandung
Ilustrasi tempat wisata di Bandung yang bernama Glamping Lakeside Rancabali (Foto : IG @calvinc30)

Tempat wisata pertama yang anekawisata.com rekomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Glamping Lakeside Rancabali. Alamatnya terletak di Jl. Situ Patengan, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Glamor Camping atau disingkat Glamping merupakan sebuah penginapan di tepi Situ Patenggang / Situ Patengan (baca : danau Patenggang). Udara yang sejuk dengan view pemandangan indah Gunung Patuha dan Situ Patenggang membuat tempat ini cocok untuk bermalam bersama keluarga atau pun bulan madu dengan pasangan.

Glamping-Lakeside
Glamping Lakeside Rancabali (Foto : IG @candrairwan)

Tak hanya itu, ada juga sebuah tempat makan romantis yang bisa Anda singgahi disini yaitu Phinisi Resto. Sesuai dengan namanya, restoran ini berbentuk perahu Phinisi Raksasa yang berada di tepi danau. Anda dapat merasakan sensasi bersantap sambil menikmati keindahan Situ Patenggang.

Pinisi Resto
Pinisi Resto (Foto : IG @areloghy)

Untuk harga tiket masuk ke Glamping Lakeside di banderol sekitar 20 ribu rupiah per orang, harga sewa menginapnya cukup mahal 2 jutaan lebih semalam. Namun, tentu saja akan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan bukan?

Jam buka mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB, jadi Anda jangan sampai kemalaman ya, kecuali kalau mau menginap di Glamping Lakeside. Oya, Phinisi Resto termasuk spot foto yang sangat instagramable untuk selfie atau pun swafoto. Jadi, siapkan kamera yang bagus dan aneka gaya!

2. Lereng Anteng Panoramic Coffee Place Punclut

tempat wisata terbaik di Bandung
Ilustrasi tempat wisata terbaik di Bandung untuk nongkrong dan bersantai yaitu Lereng Anteng Punclut (Foto : IG @wida_tea)

Membuat list tempat wisata terbaik di Bandung nampaknya belum lengkap tanpa memasukkan Lereng Anteng Panoramic Coffee Place Punclut. Alamat lengkapnya berada di Kampung Pagermaneuh, RT. 02/04, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Daya tarik tempat makan enak di Bandung ini terletak pada view pemandangan alam yang sangat bagus dan indah. Interior desainnya juga unik bertema rustic dengan sentuhan kayu mulai dari lantai, atap, hingga deretan mejanya.

Lereng Anteng Panoramic Coffee Place Punclut
Lereng Anteng Panoramic Coffee Place Punclut Bandung (Foto : IG @lerenganteng)

Kedai ini memiliki area outdoor romantis diatas terasering perbukitan yang berundak-undak menggunakan atap transparan. Untuk menunya juga cukup lengkap, tersedia aneka hidangan mulai dari teh, kopi, dessert, dan makanan utama dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

3. Taman Lembah Dewata

tempat wisata terindah di Bandung
Ilustrasi tempat wisata terindah di Bandung yaitu Taman Lembah Dewata (Foto : IG @erwin_nugraha81)

Taman Lembah Dewata saat ini menjadi salah satu tempat wisata alam terindah di Bandung yang lagi hits di media sosial seperti instagram. Taman ini berada di Ganesha H Equestrian yaitu sebuah arena untuk berkuda. Untuk alamatnya terletak di Jl. Tangkuban Perahu KM.3,7, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Selain asyik untuk kegiatan berkuda, Ganesha H Equestrian akhir-akhir ini menjadi lokasi favorit untuk hunting foto. Hal ini tak lain karena adanya sebuah danau buatan yang cukup cantik dan eksotis. Anda bisa menaiki sebuah perahu kayu untuk berkeliling danau menikmati keindahan alam yang memukau.

Taman Lembah Dewata
Taman Lembah Dewata (Foto : IG @chepybennington)

Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat prewedding di Bandung yang bagus, bisa mengunjungi danau Taman Lembah Dewata. Perpaduan perahu kayu, danau, bukit, dan gunung akan membuat foto Anda begitu sempurna.

4. Cikahuripan

Cikahuripan
Cikahuripan, Cililin, Cipongkor, Bandung (Foto : IG @hens4m)

Bandung memang kaya akan objek wisata alam tersembunyi yang masih sangat jarang dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Cikahuripan. Terletak di Kecamatan Saguling, Bandung Barat, Cikahuripan merupakan sebuah anak sungai Citarum purba yang memiliki keindahan eksotis.

Daya tarik sungai Cikahuripan terletak pada bebatuan dan tebing batu tinggi yang mengapit aliran sungai. Kecantikannya mirip dengan tempat wisata di Pangandaran yang lagi hits yaitu Green Canyon. Suasana sepi dan alami dengan sudut gambar instagenic akan membuat Anda betah berfoto-foto disini.

5. Teras Cihampelas / Sky Walk Cihampelas

Teras Cihampelas
Teras Cihampelas (Foto : via IG @bandungtrip)

Teras Cihampelas atau Sky Walk Cihampelas merupakan tempat wisata baru di Bandung yang lagi viral belakangan ini dikalangan netizen. Begitu resmi dibuka untuk umum, jembatan pedestrian di atas udara atau skywalk ini langsung ramai dikunjungi wisatawan baik warga dalam kota, maupun dari luar Kota Bandung.

Sky Walk Cihampelas
Sky Walk Cihampelas / Teras Cihampelas (Foto : IG @stepz_micky33)

Skywalk yang diperuntukkan bagi pejalan kaki ini memiliki panjang 450 meter, lebar 9 meter, dan ketinggian jembatan mencapai 4,6 meter dari permukaan jalan. Selain desainnya yang unik seperti lantai yang berwarna-warni dari kayu, disini juga dilengkapi dengan kios-kios penjual kuliner Bandung dan kaos / souvenir.

Buat Anda yang sedang mencari tempat wisata malam di Bandung yang gratis, nampaknya Teras Cihampelas bisa menjadi pilihan yang tepat. Oya, tempatnya juga keren lho buat narsis kekinian ala anak-anak IG.

tempat wisata di Bandung terbaru yang hits
Ilustrasi tempat wisata di Bandung terbaru yang hits yaitu Skywalk Cihampelas (Foto : IG @ari__andrian)

6. Situ Cisanti Pangalengan

Situ Cisanti Pangalengan
Situ Cisanti Pangalengan (Foto : IG @nashrulloh_)

Kawasan Bandung memang kaya akan danau dengan suasana alami nan indah, salah satunya Situ Cisanti. Lokasinya terletak di selatan Bandung tepatnya di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Situ Cisanti merupakan hulu sungai Citarum yang sangat terkenal di tanah Pasundan. Pemandangan alam disini benar-benar sangat eksotis, Anda akan disuguhi sebuah danau nan asri dengan dikelilingi rimbunnya pepohonan hijau.

Biasanya wisatawan kesini untuk berfoto di sebuah dermaga kayu kecil yang menjorok ke danau. Spot foto ini cukup bagus dan ngetrend di berbagai media sosial. Oya, bila kesini jangan lupa sekalian mampir ke titik 0 sungai Citarum.

7. The Lodge Maribaya Lembang

tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi
Ilustrasi tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi para penggemar selfie yaitu The Lodge Maribaya Lembang (Foto : IG @kikirizkiamellia)

Tak hanya wisata Jogja yang punya rumah pohon untuk tempat selfie keren, Bandung pun ada. Tak percaya? Coba deh datang ke The Lodge Maribaya Lembang di Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

The Lodge Maribaya Lembang
The Lodge Maribaya Lembang (Foto : IG @pepin_ad.landscape)

Disini Anda bisa berfoto di atas rumah pohon dengan view hamparan hutan pinus yang hijau nan eksotis. Mirip banget dengan wisata Kalibiru di Kulon Progo Yogyakarta. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba Sky Swing berupa ayunan yang seolah-olah sedang berayun di atas tebing yang tinggi.

Sky Swing The Lodge Maribaya
Sky Swing The Lodge Maribaya (Foto : IG @storeoflistya)
The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya Lembang (Foto : IG @lestariperm)

Buat Anda penggemar sepeda, bisa naik ke Zip Bike yaitu bersepeda di atas seutas tali untuk melewati jurang. Anda tak usah kuatir akan terjatuh karena sudah ada alat pengamanan yang memadai dan profesional. Harga tiket ketiga wahana tersebut cukup murah meriah sekitar 10 – 20 ribuaan per orang.

8. Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey
Barusen Hills Ciwidey (Foto : IG @isnainihanifah1)

Buat kamu yang sedang mencari tempat wisata murah di Bandung Selatan yang bagus, maka Barusen Hills Ciwidey bisa menjadi pilihan. Hanya dengan membayar 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam indah, berfoto selfie dengan latar keren, hingga berenang.

Alamat objek wisata ini terletak di Desa Gambung, Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Spot foto favorit pengunjung biasanya di taman bunga berwarna warni di depan bangunan kincir angin. Disini sudah terdapat kantin, jadi kalau lapar dan haus bisa mampir kesini.

9. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek
Curug Batu Templek (Foto : IG @gamma_sundaya)

Ini dia primadona baru dari kawasan Bandung Timur yaitu Curug Batu Templek yang terletak di Cisanggarung Lebak, Pasir Impun, Cimenyan. Keunikan air terjun ini terdapat pada tebing batuan cadas yang mengelilinginya sehingga tampak instagramable untuk latar berfoto.

10. Curug Cimahi / Curug Pelangi

Curug Cimahi Bandung
Curug Cimahi / Curug Pelangi Bandung (Foto : IG @budiman_16)

Sala satu curug yang bisa disejajarkan keindahannya dengan aneka air terjun di Bali adalah Curug Cimahi atau Curug Pelangi. Alamatnya berada di Kertawangi, Cisarua, Jl. Kolonel Masturi No.325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Air terjun cantik setinggi 87 meter ini mempunyai suasana sejuk alami dengan aliran air yang jernih menyegarkan.

Ketika malam tiba, curug ini akan semakin tampak indah dengan sorotan lampu warna-warna yang disediakan pengelola. Anda akan bisa melihat pelangi saat malam hari disini, tak ayal nama Curug Pelangi pun disematkan wisatawan kepadanya.

Curug-Pelangi-Bandung
Curug Cimahi / Curug Pelangi Bandung (Foto : IG @ahmadbaehaky)

11. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug Bandung
Curug Bugbrug Bandung (Foto : IG @khaerudinm)

Seperti halnya kawasan wisata Tasikmalaya yang kaya akan air terjun alami, Kabupaten Bandung Barat pun demikian adanya. Diantara deretan air terjun tersebut, nama Curug Bugbrug cukup populer dikalangan traveler pecinta alam.

Curug yang terletak di Kertawangi, Cisarua ini masih bisa dibilang belum terjamah banyak wisatawan. Kondisinya masih alami, bersih dari sampah, dan terasa damai, bebas dari hiruk pikuk suara bising perkotaan.

Curug Bugbrug Bandung Barat
Curug Bugbrug Bandung Barat (Foto : @luthfizulfahmilz)

12. Ciwangun Indah Camp / CIC

Ciwangun Indah Camp
Ciwangun Indah Camp (Foto : ciwangunindahcamp.com)

Ciwangun Indah Camp (CIC) berlokasi di Jl. Kol. Masturi/Jl. CIC Kp. Ciwangun RT. 03 RW. 15 Ds. Cihanjuang Rahayu Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat. Objek wisata alam ini menyajikan aktivitas outbond dan pemandangan indah mulai dari hutan pinus, perkebunan teh, sungai, perbukitan, danau buatan, hingga air terjun.

outbond di Ciwangun Indah Camp
Ilustrasi kegiatan outbond di Ciwangun Indah Camp (Foto : ciwangunindahcamp.com)

Ada banyak kegiatan outdoor menarik yang bisa Anda lakukan disini, seperti flying fox, fun games, tim building, high rope, dan lainnya. Untuk keindahan sungai dan air terjun, setidaknya ada 2 buah curug yang cukup populer disini yaitu Curug Tilu Leuwi Opat dan Curug Leuwi Kacapi.

flying fox Ciwangun Indah Camp
Ilustrasi flying fox di Ciwangun Indah Camp / CIC (Foto : IG @meichelstryd)

13. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat (Foto : via IG @hens4m)

Curug Tilu Leuwi Opat berada di kawasan Ciwangun Indah Camp (CIC), jaraknya sekitar 2 km dari Curug Cimahi. Curug ini tidak begitu tinggi, namun kejernihan airnya akan membuat siapapun ingin segera main basah-basahan disini. Harga tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah, murmer bukan?

14. Curug Leuwi Kacapi

Curug Leuwi Kacapi
Curug Leuwi Kacapi, Parongpong, Bandung Barat (Foto : via IG @sisadoe)

Masih berada di kawasan Ciwangun Indah Camp, ada satu lagi curug yang lagi naik daun yaitu Curug Leuwi Kacapi. Air terjun ini memang kecil, tak setinggi curug-curug lain di Bandung, namun keindahannya akan membuat Anda jeprat-jepret kamera terus untuk mengabadikannya.

15. Curug Melela

Curug Malela
Curug Malela (Foto : IG @dwikaniaa)

Tak kalah keren dengan keelokan aneka air terjun di Malang Jawa Timur, Bandung juga punya air terjun cantik, namanya Curug Malela. Alamatnya berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Keistimewaan curug ini berupa kontur berundak yang membuat aliran airnya sangat indah, mirip dengan air terjun Niagara tapi versi mini. Debit airnya cukup deras sehingga Anda sebaiknya tak mencoba berenang agar tak terbawa arus.

Curug Malela Bandung
Curug Malela Bandung (Foto : IG @memes_on)

Lokasinya yang tersembunyi dan sulitnya akses jalan menuju curug, membuat wisatawan belum banyak yang berkunjung kesini. Suasananya sepi dengan nuansa alami sangat cocok untuk menghilangkan penat. Oya, jangan lupa untuk mencoba gardu pandang keren dengan view Curug Malela di sekitarnya.

16. Curug Panganten

Curug Panganten
Curug Panganten (Foto : IG @budiman_16)

Tak dapat dipungkiri, daerah Bandung Barat memang kaya akan curug alami nan eksotis. Ada satu lagi curug yang wajib Anda kunjungi yaitu Curug Panganten. Alamatnya berada di Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6 atau tepatnya di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Curug Panganten memiliki keindahan yang tak bisa dianggap sebelah mata. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, jatuhan airnya nampak elok dengan dikelilingi lembah hijau menyejukkan. Berani diadu deh dengan curug-curug di kawasan wisata Subang Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, curug ini punya 2 aliran air yang berdampingan. Air terjun utama lebih deras dan besar, sedangkan air terjun satunya lebih kecil. Harga tiket masuknya murah meriah banget, hanya 5 ribu rupiah per orang. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya!

17. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Foto : IG @cheriesnugraha)

Siapa seh yang tak mengenal Tebing Keraton? Tempat wisata di Jawa Barat yang lagi ngehits dikalangan anak muda ini memang tak boleh dilewatkan begitu saja saat Anda menyambangi kota Bandung. Disini, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan hutan pinus nan hijau dari atas tebing tinggi.

Bila cuaca sedang berkabut, maka Anda akan bisa merasakan suasana negeri di atas awan. Akan lebih indah lagi ketika matahari mulai bangun dari peraduannya, perpaduan cahaya matahari pagi dengan pepohonan menimbulkan penorama yang spektakuler.

Tebing Keraton Bandung Jawa Barat
Tebing Keraton Bandung Jawa Barat (Foto : IG @rezamaulanamalik)

Untuk harga tiket masuk Tebing Keraton sekitar 11 ribu rupiah per orang. Sebagai tambahan informasi, ada juga tempat wisata di Purwakarta yang punya view seperti Tebing Keraton, namanya Panenjoan. Jadi, buat Anda yang hoby traveling bisa mampir kesini untuk menikmati indahnya lukisan alam.

18. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung (Foto : IG @transstudio.bandung)

Nah, kalau Trans Studio Bandung tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Objek wisata ini sangat populer dikalangan wisatawan dan menjadi tempat favorit untuk liburan bersama keluarga atau anak-anak.

Tak berbeda jauh dengan ikonnya tempat wisata di Jakarta yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Trans Studio Bandung juga mengusung tema berupa Theme Park (Taman Hiburan). Bedanya, kalau Ancol konsepnya outdoor sedangkan Trans Studio berupa taman bermain indoor.

Ada sekitar 20 lebih wahana bermain di Trans Studio Bandung yang diperuntukkan bagi anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Misalnya saja wahana ekstrim seperti Giant Swing, Vertigo, Yamaha Racing Coaster, Negeri Raksasa, dan Dunia Lain.

19. Masjid Agung Trans Studio

Masjid Agung Trans Studio
Masjid Agung Trans Studio (Foto : IG @mochfazar13)

Selain asyik bermain, Anda juga bisa lho sekalian wisata religi ketika berkunjunga ke Trans Studio Bandung. Disini ada Masjid Agung yang megah dengan arsitektur bergaya Timur Tengah. Rumah ibadah seluas 4.000 meter persegi ini sangat pas digunakan untuk mengenalkan anak sejak dini akan agama.

20. Taman Alun-Alun Kota Dan Masjid Raya Bandung

Alun-Alun Kota Bandung
Taman Alun-Alun Kota Bandung (Foto : merdeka.com/andrian salam)

Kawasan Alun-Alun dan komplek Masjid Raya masih menjadi andalan sebagian warga Bandung untuk menghabiskan libur akhir pekan. Disini, Anda bisa bersantai atau pun bermain bersama anak di Taman Alun-alun yang memiliki rumput sintetis dengan luas mencapai 4000 meter persegi.

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung(Foto : IG @dudi.sugandi)

Saat bulan Ramadhan tiba, kedua objek ini menjadi tempat ngabuburit di Bandung favorit warga untuk menunggu waktu berbuka puasa. Selain bersantai di taman sambil foto-foto, Anda juga bisa naik ke menara Masjid Raya untuk melihat landscape cantik kota Bandung.

21. Kawah Putih

Kawah Putih
Kawah Putih (Foto : IG @rusdiumbara)

Pesona keindahan Kawah Putih seakan tak pernah pudar digilas oleh zaman. Tempat wisata di Bandung Selatan ini masih menjadi incaran wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Lokasinya yang strategis mudah terjangkau serta harga tiket relatif murah mungkin menjadi salah satu alasannya.

Alasan lain tentu saja karena danau kawah belerang berwarna biru muda hingga putih ini memberikan latar berfoto yang sungguh keren. Mirip benar dengan suasana destinasi wisata di luar negeri, apalagi dikelilingi oleh pohon-pohon tanpa daun dan tebing gunung kokoh menjulang tinggi. Eksotik!

22. SanGria Resort Lembang

SanGria Resort Lembang
SanGria Resort Lembang (Foto : IG @candrairwan)

Kawasan lembang memang asyik dan nyaman untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau pun teman-teman kantor. Ada banyak pilihan tempat penginapan di Lembang, dari yang mewah, unik, hingga murah meriah.

Salah satunya adalah SanGria Resort & Spa di Jl. Hortikultura No.88, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Daya tarik resort ini terletak pada kolam renangnya yang memiliki view pemandangan alam nan indah. Mirip dengan hotel-hotel di kawasan wisata Ubud Bali seperti Hanging Garden.

Menurut info yang saya terima, kolam renang ini bisa digunakan walaupun Anda tak menginap dengan membayar harga tiket masuk sekitar 75 – 100 ribu rupiah per orang. Kolamnya pun ada 2 jenis, untuk anak-anak dan orang dewasa. Asik bukan?

23. Grafika Resort Cikole Lembang

Grafika Cikole Lembang
Grafika Cikole Lembang (Foto : IG @adiiww)

Satu lagi resort unik di Lembang yang tak kalah bagus dengan vila-vila di kawasan wisata Bogor Jawa Barat, yaitu Grafika Resort Cikole atau disebut juga Terminal Wisata Grafika Cikole. Alamatnya terletak di Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Grafika Resort Cikole setidaknya mempunyai tiga pilihan penginapan yaitu hotel, pondok wisata dan camping. Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl dan dikelilingi hutan pinus ini benar-benar nyaman untuk beristirahat rileks sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Tak hanya itu, tempatnya juga keren buat foto-foto bertema alam. Misalnya saja instagenicnya pondok wisata yang terbuat dari kayu diantara pohon-pohon pinus. Berfoto dengan latar pohon pinus yang menjulang tinggi pun sudah sangat instagramable banget. Tak kalah ciamik dengan hutan pinus Mangunan atau Gunung Pancar.

24. Dusun Bambu

Dusun Bambu Lembang Bandung
Dusun Bambu Lembang Bandung (Foto : IG @sholmad)

Dusun Bambu termasuk tempat wisata hits di Bandung terbaru yang mengusung konsep ekowisata. Begitu memasuki area Dusun Bambu, Anda akan segera dibawa ke suasana perkampungan sunda zaman dahulu. Mulai dari hamparan sawah, danau, hingga ke villa yang penuh pepohonan hijau.

Dusun Bambu Family Leisure Park
Dusun Bambu Family Leisure Park (Foto : IG @ardhy29)

Daya tarik utama objek wisata ini terletak pada keindahan alam dan kelengkapan fasilitas yang tersedia. Disini, Anda akan disuguhkan wisata kuliner, belanja, penginapan, hingga area bermain anak. Jadi, sekali berkunjung, Anda akan bisa merasakan berbagai kegiatan menarik.

25. The Green Forest Resort

The Green Forest Resort
The Green Forest Resort (Foto : IG @taufikamaulida)

Tak hanya objek wisatanya yang asik dikunjungi, berbagai hotel di Bandung dan sekitarnya juga menawarkan kenyamanan dalam liburan. Diantaranya adalah The Green Forest Resort di Jalan Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Seperti kebanyakan resort di kawasan sekitar lembang, Green Forest Resort juga menawarkan keindahan alam yang sangat asri. Beberapa sudut disini juga sangat fotogenik untuk dijadikan latar berfoto, terutama bangunan Chapel berwarna putih yang memberikan kesan romantis.

26. Aneka Taman Kota

Taman Film Bandung
Taman Film Bandung (Foto : IG @chanderaaa)

Liburan ke kota Bandung kini tak harus mahal, ada banyak alternatif tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah aneka taman kota. Beberapa taman recommended yang menarik dikunjungi antara lain Taman Film, Taman Sejarah, dan Taman Veteran.

Taman Veteran Bandung
Taman Veteran Bandung (Foto : IG @andika)
Taman Kota Soreang
Taman Kota Soreang (Foto : IG @hilman_ramdhany)

Selain bisa bersantai bersama keluarga, Anda juga bisa berfoto-foto disini karena desain setiap taman begitu unik. Tak kalah bagus deh dengan taman-taman di kota Surabaya. Berwisata ke taman kota juga bisa sekaligus sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, misalnya saja di Taman Sejarah yang berfungsi mengenalkan sejarah Kota Bandung.

Taman Balai Kota Bandung
Taman Balai Kota Bandung (Foto : IG @yusupsho)

27. Grand Mercure Setiadbudi Bandung

Grand Mercure Setiabudi Bandung
Grand Mercure Setiabudi Bandung (Foto : IG @felgra_photography)

Buat Anda yang ingin menginap di pusat Kota Bandung selama liburan, hotel Grand Mercure bisa menjadi alternatif yang pas. Alamatnya terletak di Jl. Dr. Setiabudhi No. 269 – 275, Kel. Cidadap, Kec. Sukasari, Isola, Kota Bandung.

Hotel luxury bintang empat ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan strategis berada di pusat pariwisata Bandung Utara. Dari lantai tertinggi hotel ini, Anda bisa menikmati view cantik kota Bandung saat malam hari. Menurut info, tersedia juga kolam renang dengan air hangat lho!

28. GH Universal Hotel Bandung

GH Universal Hotel
GH Universal Hotel (Foto : @fajarnikita)

Buat kamu yang sedang mencari tempat bulan madu di Bandung ala eropa, maka GH Universal Hotel bisa menjadi pilihan tepat. Hotel bintang 5 ini terletak di Jl. Setiabudhi No.376, Ledeng, Cidadap, Kota Bandung.

Dengan konsep arsitektur bangunan megah zaman Renaissance ala Eropa, GH Universal Hotel akan membuat siapapun tertarik ketika melintas di depannya. Nuansa khas Eropa akan sangat terasa disini, mulai dari air mancur mini, sofa-sofa berlapis kulit, perapian dan permadani mewah.

GH Universal Hotel Bandung
GH Universal Hotel Bandung (Foto : IG @seranggaliar)

Salah satu spot romantis disini yaitu Chapel of The Angels yang berada pada area roof top. Dari sudut ini, Anda bersama istri bisa menikmati pemandangan kota Bandung ke segala penjuru. Makan malam romantis di tempat ini bersama pasangan tentu akan membuat honeymoon Anda semakin berkesan.

29. Grandia Hotel Bandung

Grandia Hotel Bandung
Grandia Hotel Bandung (Foto : IG @anisa5oraya)

Grandia Hotel terletak di Jalan Cihampelas No.80-82, Taman Sari, Bandung Wetan, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung. Daya tarik utama hotel ini terletak pada kolam renang dengan view jembatan layang Pasupati.

Tak hanya kolam renangnya yang hits banget di instagram, fasilitas kamar disini pun terbilang lengkap, dari mulai TV, AC, wifi, hingga restoran ada semua. Pas banget deh, buat istirahat di area perkotaan sambil mampir jalan-jalan ke Teras Cihampelas yang sepertinya tak jauh dari lokasi hotel.

30. Kebun Bunga Begonia Lembang

Kebun Begonia Lembang
Kebun Begonia Lembang (Foto : IG @inasakinah_)

Saat ini taman atau kebun bunga nampaknya sedang ngetrend dikalangan traveler muda maupun dewasa. Sebut saja kebun bunga Setiya Aji Flower Farm yang lagi ngehits sebagai tempat wisata di Semarang paling romantis. Nah, kawasan Lembang Bandung juga punya lho, namanya Taman Bunga Begonia.

Taman ini memiliki luas sekitar 2 hektar, dengan aneka tanaman bunga dan sayur-sayuran. Anda dapat berfoto dengan latar bunga cantik yang sedang bermekaran. Jangan lupa, ajak lah istri Anda ke tempat ini untuk mendapatkan momen romantis.

Harga tiket masuknya relatif murah meriah, sekitar 5 ribu rupiah per orang. Untuk lokasinya berada di Jl. Raya Maribaya No.105, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

31. Warkop Modjok

Warkop Modjok
Warung Kopi Warkop Modjok (Foto : IG @matshuokaaerial)

Tak hanya alamnya yang enak buat liburan, berbagai warung kopi yang ada disekitar Bandung Raya juga menyuguhkan suasana cozy banget. Salah satunya adalah Warung Kopi (Warkop) Modjok di Perumahan Pondok Hijau Indah, Jalan Pinus Raya No. 73B, Isola, Sukasari, Isola, Sukasari, Kota Bandung.

Keistimewaan warung ini terletak pada desain dekorasinya yang stylish dan kreatif. Beberapa sudut warung dibuat instagenic sehingga bisa digunakan untuk latar berfoto / selfie. Misalnya saja keberadaan sepeda, bunga berwarna-warni dan tentu bangunan utamanya yang berupa rumah kayu berwarna pastel cantik.

Tak hanya bangunan dan interior yang bagus, menu hidangan disini juga variatif dengan harga murah terjangkau ala warkop pinggir jalan pada umumnya. Harga dibanderol sekitar 10 – 25 ribuan tiap porsinya. Menu utama tentu saja aneka jenis kopi dari Robusta, Arabica, Liberica hingga Kopi Luwak.

Untuk camilannya ada Cireng, Tempe Mendoan, Mantau Xuxu, Laba-laba Cantik, kentang goreng, singkong goreng keju, dan lainnya. Dengan suasana alam yang asik tapi harga murmer, Warung Modjok bisa menjadi pilihan tempat nongkrong di Bandung selama liburan.

32. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang Bandung
Farm House Susu Lembang Bandung (Foto : IG @sanada_ranie)

Buat Anda yang sedang mencari tempat wisata untuk anak dan keluarga di kawasan Bandung maka Farm House Susu Lembang bisa menjadi solusinya. Taman rekreasi yang baru saja dibuka beberapa waktu lalu ini sangatlah unik karena menyuguhkan suasana ala Eropa.

rumah-hobbit-farm-house-susu-lembang
Ilustrasi rumah hobbit di Farm House Susu Lembang (Foto : IG @emmaltfh_)

Anda akan menemukan bagunan dengan arsitektur Eropa, rumah hobbit, peternakan mini khas Eropa, Gembok Cinta Ala Jembatan Pont des Invalides Paris, dan Cafe begaya Eropa. Tak hanya itu, setiap pengunjung pun bisa menggunakan pakaian unik gadis Eropa abad pertengahan. Keren bukan?

Farm-House-Susu-Lembang
Ilustrasi spot foto keren di Farm House Susu Lembang Bandung (Foto : IG @karlinapangaribuan02)

Buat Anda yang tertarik, langsung saja menuju ke lokasi Farm House Susu Lembang di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Oya, jangan lupa bawa kamera bagus dengan full baterai ya, karena Anda akan tergoda untuk narsis abis disini.

33. Dulang Resort Lembang

Dulang Resort Lembang
Dulang Resort Lembang (Foto : IG @firaputriananda)

Dulang Resort & Resto terletak di Jl. Pabrik Gitar, Desa Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Hotel ini menyediakan penginapan dan kolam renang dengan view perkebunan / taman. Bangunannya pun mempunyai desain etnik seperti rumah gobyok atau rumah Jawa. Asyik banget deh buat liburan!

Fasilitas yang tersedia lengkap banget ada TV kabel, air panas, coffeemaker, hingga taman bermain anak. Untuk harga sewanya sekitar 900 ribuan per malam. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya!

34. Penangkaran Rusa Ranca Upas Ciwidey

Penangkaran Rusa Ranca Upas
Penangkaran Rusa Ranca Upas Ciwidey (Foto : IG @dickyhere)

Bagi sobat traveler pecinta hewan, wajib deh berkunjung ke penangkaran rusa di Kampung Cai Ranca Upas. Alamatnya berada di Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Patengan, Rancabali. Disini, Anda akan menemukan suasana alam ala hutan dan padang rumput dengan rusa-rusa jinak yang berkeliaran.

Berfoto dengan rusa sambil memberi makan sayuran tentau menjadi aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Kampung Cai ini. Selain itu, bila Anda suka camping, bisa juga melakukannya disini. Udaranya sejuk dan pemandangan yang indah menjadikan kampung ini sebagai tempat wisata di Bandung Selatan favorit wisatawan.

35. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut
Sanghyang Heuleut (Foto : IG @adiiww)

Nah, kalau yang satu ini merupakan tempat wisata alam di Bandung Barat yang lagi hits banget di instagram, namanya Sanghyang Heuleut. Laguna cantik ini dikelilingi oleh batuan besar sehingga membentuk sebuah danau alami nan eksotis.

Airnya sangat tenang berwarna kehijau-hijauan, ditambah lagi suara kicauan burung semakin membuat Sanghyang Heuleut tampak mempesona. Biasanya para traveler berenang dan loncat dari batuan ke laguna ini. Alamatnya berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat.

36. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan Bandung Barat
Sendang Geulis Kahuripan (Foto : IG @bomsnroll)

Provinsi Jawa Barat memang kaya akan telaga alami yang memiliki air sangat jernih. Salah satunya adalah Sendang Geulis Kahuripan di Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

Sendang ini memiliki mata air yang sangat jernih dan bersih. Keberadaannya yang jauh dari keramaian kota membuat suasana disekitarnya begitu tenang. Objek wisata alam ini memang tidak begitu luas, namun kecantikannya layak disejajarkan dengan Telaga Nilem, ikonnya tempat wisata di Kuningan Jawa Barat.

37. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo (Foto : IG @angklungudjo)

Anda tentu mengenal Saung Angklung Udjo bukan? Tempat wisata budaya dan edukasi khusus angklung yang berada di Bandung ini sangat terkenal hingga manca negara. Ketika berkunjung kesini, Anda akan disuguhi pertunjukkan angklung oleh anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Asyiknya lagi, setiap pengunjung disini bisa ikut memainkan angklung secara bersama-sama dengan seorang instruktur di depan panggung. Kapan lagi coba bisa ikut melestarikan alat musik khas Sunda ini? Yuk, buruan ke Saung Angklung Udjo di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Saung Angklung Udjo Bandung
Ilustrasi pengunjung sedang memainkan angklung di Saung Angklung Udjo Bandung (Foto : IG @angklungudjo)

38. Floating Market Lembang

Floating-Market-Bandung
Floating Market Lembang Bandung (Foto : IG @destinecynthia)

Ingin liburan seru di Bandung? Cobain deh tempat wisata di Lembang terbaru yang bernama Floating Market. Disini Anda akan dapat menjumpai pasar apung ala Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan. Alamatnya berada di Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB.

Floating Market Lembang
Floating Market Lembang (Foto : IG @adhe.permana_81)

Selain itu, ada juga taman tematik yang asik untuk bermain bersama anak-anak seperti taman kelinci, sawah, mancing belut, serta taman berisi angsa putih. Jangan lupa sempatkan berfoto di beberapa sudut Floating Market yang kece sekali, cocok buat ngisi instagram Anda!

39. Kampung Gajah Wonderland

Kampung-Gajah-Bandung
Ilustrasi permainan ATV di Kampung Gajah Wonderland Bandung (Foto : via IG @kampunggajah_wonderland)

Salah satu alasan mengapa kota Bandung selalu menjadi incaran wisatawan saat liburan tentu saja karena banyaknya pilihan tempat rekreasi keluarga. Diantaranya yaitu Kampung Gajah Wonderland di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Bandung Barat.

Ada berbagai wahana menarik yang bisa dicoba di Kampung Gajah, mulai dari Water Boom, Children Playground, Go Kart, hingga Kebun Stroberi. Kalau pun lapar dan haus, tersedia juga aneka food court di tempat wisata ini.

Kampung Gajah Wonderland
Sky Rider di Kampung Gajah Wonderland (Foto : IG @ahmattnur)

40. De Ranch Lembang

De Ranch Lembang
De Ranch Lembang (Foto : IG @ganesharamadhan)

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk merasakan sensai naik kuda ala koboi. Anda tinggal datang saja ke De Ranch yang berada di Jl. Raya Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Disini, Anda dapat menunggang kuda lengkap dengan memakai pakaian dan topi koboi.

Selama berkeliling peternakan menggunkan kuda, Anda akan ditemani seorang pengawas handal. Jadi, tak usah kuatir akan terjatuh ya! Ada juga aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di De’Ranch, seperti flying fox, ATV, memancing, naik delman, sepeda track, balon air, panahan, dan fun boat.

41. Aneka Factory Outlet

Blossom Factory Outlet
Blossom Factory Outlet (Foto : IG @yonihimura)

Kawasan Bandung bisa dibilang sebagai pusatnya tempat wisata terbagus di Indonesia untuk aktivitas belanja. Ada banyak Factory Outlet yang bisa Anda temui disini dengan model fashion terbaru dan modern. Tak heran jika kota ini dijuluki Paris Van Java.

Anda bisa berkunjung ke Factory Outlet (FO) yang terletak di beberapa jalan utama Kota Bandung, sebut saja Jalan Riau dan Jalan Ir H Juanda (Dago). Disini terdapat Grande Factory Outlet, Central Branded Outlet, Blossom Factory Outlet, Level Factory Outlet, Glamour Factory Outlet, Gossip Factory Outlet, dan masih banyak lagi.

42. Kartika Sari

Kartika-Sari-Bandung
Ilustrasi kue di Kartika Sari Bandung (Foto : kartikasari.com)

Liburan ke Bandung tentu akan terasa hampa bila pulang tanpa membawa buah tangan bukan? Nah, untuk mencari kue, jajanan, camilan atau pun souvenir disini tidak lah sulit, hampir di setiap objek wisata banyak pedagang yang menjajakannya.

Namun, ada satu pusat oleh-oleh khas Bandung yang sangat terkenal dikalangan wisatawan, yaitu Kartika Sari. Toko ini menyajikan menu utama berupa olahan kue/roti seperti pisang bollen keju/cokelat, kacang hijau bollen, aneka brownies panggang, dan masih banyak lagi.

Anda dapat menemukan Kartika Sari di Jl H Akbar No 4, Jl Ir H Juanda, Jl Terusan Jakarta, Jl Buah Batu, dan Dago. Untuk harganya juga nyaman di kantong, murah terjangkau deh.

43. Pasar Baru Bandung

Pasar-Baru-Bandung
Pasar Baru adalah salah satu tempat belanja murah di Bandung yang menjual aneka pakaian, jeans, dan kain yang bagus dan murah (Foto : indonesia.travel)

Selain Factory Outlet, masih ada surga belanja lain di Kota Kembang yang terbilang lengkap dan murah, yaitu Pasar Baru Trade Center. Lokasinya berada di Jl. Otto Iskandar Dinata No.70, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung.

Pasar Baru adalah salah satu tempat belanja murah di Bandung untuk kain dan pakaian. Layaknya Tanah Abang di Jakarta, pasar ini menempati sebuah bangunan besar. Disini, Anda bisa berburu aneka kain dan pakaian, dari eceran hingga grosiran.

Pasar-Baru
Susana Pasar Baru Bandung Masa Kini (foto : indonesia.travel)

Tak jauh dari Pasar Baru, ada ITC Kebon Kelapa dan Gang Tamim yang juga merupakan pusat pakaian. Di Gang Tamim, Anda dapat menemukan penjual jins atau bahan jins dalam aneka warna. Harganya lebih murah dari pada FO dengan kualitas yang lumayan bagus.

44. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung
Upside Down World Bandung (Foto : IG @upsidedownworldbandung)

Setelah sukses sebagai pendatang baru di dunia wisata Bali dan Yogyakarta, Upside Down World kini melebarkan sayapnya di Kota Bandung. Alamatnya di Jl. H. Wasid No.31(dipatiukur),Lebakgede,Coblong, Kota Bandung.

Masih mengusung tema yang sama berupa tempat tinggal dengan furniture serba terbalik, obyek wisata ini menjadi primadona baru wisatawan di Bandung. Anda bisa berfoto layaknya sedang berada di ruang angkasa / ruang anti gravitasi. Keren bukan?

Upside Down World di Bandung
Upside Down World di Bandung (Foto : IG @upsidedownworldbandung)

45. Amazing Art World

Amazing Art World Bandung
Amazing Art World Bandung (Foto : IG @titaliamaksum)

Tak kalah dengan Semarang yang punya Old City 3D Trick Art Museum, Kota Bandung pun punya museum 3 dimensi (3D). Namanya Amazing Art World di Jl. Setiabudhi No.293, Isola, Sukasari. Berbagai lukisan ilusi mata (trik eye) dipamerkan di tempat ini.

Museum ini memiliki luas sekitar 15.500 meter persegi dan terdiri atas 8 zona lukisan tipuan mata. Zona tersebut antara lain History Zone, Aqua Zone, Dinosaurus Zone, Animal Zone, Artistic Zone, Living Zone, Media Zone, Main Hall, Fantasy Zone, Love Zone dan Winter Zone.

Amazing Art World
Amazing Art World (Foto : IG @muhammadhudaya)

Setiap pengunjung bebas berekspresi dengan karta-karya lukis 3 dimensi tersebut dan mengabadikan foto. Namun, tetap saja ada aturan yang harus dipatuhi di Amazing Art World Bandung seperti dilarang memegang lukisan. Siapkan kamera yang bagus kalau Anda akan berkunjung kesini agar hasilnya memuaskan.

46. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu (Foto : Qefy Alghifari via flickr.com)

Pesona Tangkuban Perahu nampaknya tetap tak pernah pudar di kalangan wisatawan. Hampir setiap libur akhir tahun atau pun lebaran, objek wisata alam andalan Bandung ini selalu ramai pengunjung.

Keindahannya mungkin tak secantik Gunung Rinjani, salah satu ikon tempat wisata di Lombok yang paling populer. Namun, legenda Sangkuriang yang mengisahkan terbentuknya gunung ini nampaknya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang untuk mengunjunginya.

Kawah-Gunung-Tangkuban-Perahu
Ilustrasi Kawah Gunung Tangkuban Perahu (Foto : Ade R. Sutan Rajo Batuah via flickr.com)

Tak hanya itu, sunrise dan sunset yang tampak di sini juga tidak kalah eksotis dari Bromo maupun Puncak Sikunir di Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Apalagi udaranya sejuk serta aksesnya mudah, tanpa harus mendaki puluhan kilometer.

47. Puncak Bintang

Puncak Bintang
Puncak Bintang (Foto : IG @ekiferdianphotography)

Bandung memang kaya tempat wisata romantis yang asyik dikunjungi bersama pasangan (baca : istri). Salah satunya adalah Puncak Bintang di perbukitan daerah Cimenyan Kab. Bandung. Saat malam tiba, Anda akan dapat menyaksikan gemerlap lampu-lampu Kota Bandung dan bintang di langit.

Bukan hanya ketika malam saja pemandangan indah dapat Anda peroleh, saat siang hari pun Puncak Bintang tetap memanjakan pengunjung dengan landscape hamparan perbukitan hijau nan indah.

Disini telah tersedia sebuah dek tinggi yang disebut Dermaga Bintang. Anda bisa naik ke dermaga ini agar bisa melihat lebih jelas panorama hutan pinus atau pun city light Kota Bandung.

48. Maribaya Natural Hot Spring Resort

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Maribaya Natural Hot Spring Resort (Foto : IG @drigustin)

Kawasan wisata alam Maribaya saat ini telah selesai di renovasi dan berubah nama menjadi Maribaya Natural Hot Spring Resort & Glamping Tent. Fasilitas yang tersedia menjadi lebih lengkap lho, banyak spot-spot foto keren yang instagramable banget.

Maribaya-Bandung
Maribaya Natural Hot Spring Resort Bandung (Foto : IG @detinurrr)

Tersedia juga taman bermain anak, kolam pancing kolam renang, foodcourt, penginapan, mushola hingga toilet yang bersih. Recommended banget deh buat tempat liburan keluarga di kawasan Bandung Raya. Tertarik? Langsung saja datang ke Jl. Raya Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

49. Bandros / Bandung Tour on Bus

Bus-Bandros-Bandung
Bus Bandros / Bandung Tour on Bus (Foto : IG @nofikandriansah)

Tak mau kalah dengan pariwisata Solo dan Jakarta, Bandung kini menghadirkan bus wisata yang asyik untuk dinaiki mengelilingi kota. Namanya Bandung Tour On Bus atau Bus Bandros.

Dengan harga tiket 10 ribu rupiah, Anda sudah bisa berkeliling kota Bandung dan mengenali beberapa spot-spot bersejarah yang tersebar di sekitaran jalan Diponegoro, Sulanjana, Dago, Merdeka, Lembong, Asia Afrika, Braga, Sunda, Sumbawa, Flores, hingga jalan Riau.

50. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali
Perkebunan Teh Rancabali (Foto : IG @barrykusuma)

Kawasan wisata Ciwidey tak cuma memiliki Kawah Putih dan Kampung Cai Ranca Upas. Masih ada Perkebunan Teh Rancabali yang menarik juga untuk disambangi. Disini, Anda dapat merasakan kesejukan udara dan menikmati keindahan perkebunan teh sambil makan jagung bakar atau pun foto-foto.

51. Wisata Petik Strawberry

Wisata-Petik-Strawberry
Wisata Petik Strawberry (Foto : IG @winnyhadiyanti)

Kalau wisata Malang Jawa Timur terkenal akan agrowisata petik apelnya, maka kawasan Bandung populer akan petik strawberry. Ada dua tempat yang bisa Anda kunjungi untuk bisa memetik strawberry sendiri yaitu daerah Lembang dan Ciwidey.

52. Situ Cileunca

Situ Cileunca Bandung
Situ Cileunca Bandung (Foto : IG @ulfisilmia)

Taman Wisata Situ Ciluenca terletak di daerah Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini cocok sekali untuk mengahabiskan akhir pekan bersama keluarga dan anak-anak.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan mulai dari flyingfox, paintball, naik perahu mengelilingi danau, hingga foto-foto di Jembatan Cinta berwarna merah.

53. Arung Jeram / Rafting

Arung-Jeram-Pengalengan
Arung Jeram / Rafting Pengalengan (Foto : IG @aditalbugis)

Tak kalah dengan aneka tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan aktivitas rafting / arung jeram, Bandung juga ada lho, tepatnya di sungai Palayangan daerah Pengalengan. Paket rafting ini biasanya jadi satu dengan wisata Situ Cileunca.

rafting-pengalengan
Ilustrasi rafting di Pengalengan (Foto : via IG @bandungtrip)

54. Venue Gantole Cililin Bandung

Venue Gantole Cililin Bandung
Venue Gantole Cililin Bandung (Foto : IG @mochadjamalfarizqi)

Destinasi wisata yang menawarkan spot foto keren di daerah ketinggian nampaknya saat ini sedang menjadi incaran para traveler muda. Nah, ada neh satu tempat kekinian di Bandung yang lagi ngehits banget, yaitu Venue Gantole Cililin.

Awalanya, Venue Gantole ini digunakan sebagai landasan olah raga gantole pada PON XIX di Jawa Barat. Seiring berjalannya waktu, banyak juga warga yang suka berkunjung kesini untuk menikmati pemandangan sawah dan waduk Saguling.

55. Goa Pawon

Goa Pawon Bandung Barat
Goa Pawon Bandung Barat (Foto : IG @febbypebriansyah)

Tempat wisata terbaik dan terindah di Bandung selanjutnya adalah perbukitan yang lagi booming akhir-akhir ini dikalangan anak muda. Lokasinya berada di Gunung Masigit, Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Goa Pawon
Goa Pawon (Foto : @dianrockmad)

Di sekitar lokasi ini setidaknya ada 3 objek wisata alam yang bisa Anda kunjungi, yaitu Goa Pawon, Stone Garden, dan Tebing Citatah. Gua Pawon merupakan situs purbakala penting di Jawa Barat, konon disinilah ditemukan kerangka manusia purba yang disinyalir sebagai nenek moyang orang Sunda.

56. Stone Garden Padalarang

Stone-Garden-Bandung
Stone Garden Padalarang Bandung (Foto : IG @ashadinatha)

Tak jauh dari lokasi Goa Pawon, terdapat sebuah taman batu dengan pemandangan indah mirip Macchu Picchu yang ada di Peru. Namanya Stone Garden, tepatnya di Desa Gunung Masigit, Citatah, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Stone Garden memiliki banyak spot foto untuk berselfie ria yang pas untuk mengisi timeline Instagram. Anda mungkin akan kebingungan karena saking banyaknya latar keren untuk berfoto. Tak salah jika taman batu ini dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri.

57. Tebing Citatah Padalarang

Tebing-Citatah-Bandung
Tebing Citatah Padalarang Bandung (Foto : IG @rezafawzi6)

Masih satu daerah dengan Goa Pawon dan Stone Garden, ada satu tempat wisata terbaik di Bandung yang wajib dikunjungi oleh para pemanjat tebing, yaitu Tebing Citatah. Tebing yang berada 5 kilometer dari gerbang tol Padalarang ini memiliki karakteristik batuan kapur yang aman untuk dipanjat.

panjat-tebing-Citatah
Ilustrasi panjat tebing Citatah (Foto : IG @maulana_decaprio)

Citatah memiliki tiga tebing sesuai ketinggian yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Namun, jika ingin memanjat tebing ini, Anda harus mengurus izin ke Pusat Pendidikan Latihan Khusus (Pusdipassus) di Batujajar, Bandung.

58. Kineruku Library

Kineruku-Library
Kineruku Library (Foto : IG @ajiooo)

Kota Bandung memang gak ada matinya, selalu saja muncul inovasi dan kreativitas baru di bidang pariwisata seperti Kineruku Library. Berlokasi di Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, library-cafe yang satu ini benar-benar cozy banget buat nongkrong sambil menambah pengetahuan.

Dengan tagline “baca, dengar, tonton,” Kineruku bisa menjadi tempat wisata pendidikan yang layak Anda kunjungi. Disini, meminjamkan berbagai buku, kaset, CD musik, piringan hitam, hingga DVD. Tentu saja dengan tema yang mendidik lho ya!

Anda juga bisa baca atau pun nonton disini sambil menikmati makanan minuman rumahan khas Kineruku. Buat Anda kolektor barang antik, ada juga vintage shop yang menjual barang-barang antik dari jam tangan kamera, furniture, hingga kacamata.

59. Sheraton Bandung Hotel & Towers

Sheraton-Bandung-Hotel-Towers
Sheraton Bandung Hotel & Towers (Foto : IG @sheratonbandung)

Berlokasi di Jl. Ir. H.Djuanda No.390, Dago, Coblong, Kota Bandung, Sheraton menjadi hotel bintang 5 terbaik yang layak Anda pilih selama liburan bersama keluarga. Dengan desain kontamporer dan dilengkapi taman cantik hingga kolam renang, Anda dapat menginap penuh kenyamanan disini.

Letaknya juga sangat strategis di daerah Dago yang merupakan pusatnya Factory Outlet. Anda juga akan dengan mudah menemukan tempat makan di area ini, mulai dari warung, restoran hingga cafe yang menawarkan view panorama alam/kota Bandung yang bagus dari atas bukit.

60. Clove Garden Hotel

Clove Garden Hotel
Clove Garden Hotel (Foto : IG @distorsia)

Clove Garden merupakan hotel terbagus bintang 4 yang menawarkan pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Udaranya sejuk sangat pas buat tempat liburan keluarga. Alamatnya berada di Jl. Awiligar Raya II, Cibeunying, Cimenyan.

Clove Garden Hotel Bandung
Ilustrasi pesta ultah di Clove Garden Hotel Bandung (Foto : IG @clovegardenhotelbandung)

Fasilitasnya lengkap, dan terutama ada Coffee Shop Eugene The Goat yang cozy buat santai. Duduk di kafe ini bisa sambil menikmati pemandangan lembah tentu sangat asik bukan?

61. Vila Air Natural Resort

Vila Air Natural Resort
Vila Air Natural Resort (Foto : IG @vilaairnaturalresort)

Selain memiliki destinasi wisata alam yang indah, Kota Bandung dan sekitarnya juga punya penginapan romantis yang nyaman untuk beristirahat. Tak ayal, kota ini pun menjadi langganan tempat bulan madu di Indonesia favorit anak muda yang baru menikah.

Salah satu resort di Bandung yang cocok untuk honeymoon adalah Vila Air Natural Resort di Jl Kolonel Masturi KM 9, Lembang, Jawa Barat. Setiap villa disini dilengkapi teras privat dengan view bagus panorama Gunung Tangkuban Perahu.

Di sekitar vila juga dibuat kolam dan taman yang asri sehingga bisa digunakan untuk latar foto. Untuk harga sewanya memang lumayan mahal, villa disini bisa dihargai sekitar 2 – 4 jutaan lebih. Namun, kepuasan yang Anda dapatkan akan sebanding dengan harga yang dibayar.

62. Imah Seniman Resort

Imah Seniman Resort
Imah Seniman Resort (Foto : IG @chanderaaa)

Satu lagi villa terbaik dan terindah yang asyik banget buat honeymoon atau kumpul keluarga di Bandung, yaitu Imah Seniman Resort. Alamatnya berada di Jl Kolonel Masturi, Kampung Bongkor, Lembang, Jawa Barat.

Harganya yang relatif murah terjangkau, dan mempunyai pemandangan danau yang cantik, membuat resort ini semakin digemari wisatawan. Anda bisa memilih berbagai tipe kamar / villa disini sesuai dengan budget yang tersedia, mulai dari 600 ribu hingga 2 jutaan. Harga bisa berubah lho ya!

Fasilitasnya pun lengkap, ada WiFi gratis, TV kabel, balkon atau teras untuk bersantai, spa, dan kolam renang outdoor. Bahkan, di resort ini Anda juga bisa memancing atau bermain di taman lho! Seru bukan?

63. Pemandian Air Panas

Sari-Ater-Hotel-Resort
Sari Ater Hotel & Resort (Foto : IG @bandungtrip)

Tak kalah bagus dengan aneka tempat wisata di Garut yang terkenal akan pemandian air panasnya, kawasan Bandung dan sekitarnya juga punya destinasi pemandian air panas. Ada 2 lokasi yang bisa Anda kunjungi bila ingin berendam air panas, yaitu Sari Ater dan Taman Wisata Alam Cimanggu.

Sari Ater sebenarnya berada di Ciater, Kabupaten Subang, namun karena lokasinya yang tak begitu jauh dari kota Bandung, pemandian ini sering juga menjadi pilihan wisatawan sebelum atau sesudah liburan di Kota Kembang.

Ada beberapa kolam air panas yang bisa Anda gunakan disini, seperti Kolam Mayang Sari, Kolam Leuwi Sari hingga Kolam Rendam. Berendam di air panas yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu ini dipercaya memiliki banyak manfaat, seperti mengobati rematik, cedera otot hingga gangguan saraf.

Selain Sari Ater, kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu juga bisa menjadi alternatif untuk tempat berendam air panas. Lokasinya terletak di Jalan Raya Ciwidey-Ranca Bali KM 12, Rancabali. Tak hanya tersedia kolam pemandian air panas, disini juga ada cottage yang cocok untuk tempat istirahat keluarga. Mirip dengan objek wisata di Tegal yang bernama Guci.

64. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha (Foto : IG @mbiddd)

Buat Anda yang sedang bingung mencari tempat liburan anak-anak saat akhir pekan, Observatorium Bosscha bisa menjadi alternatif yang pas banget. Disini, anak-anak bisa lebih mengenal dunia astronomi lebih dekat dengan melihat berbagai macam teleskop sekaligus mencobanya.

Beberapa teleskop yang terdapat di tempat ini antara lain Teleskop Zeiss untuk mengamati Planet Mars, Saturnus, Jupiter dan kawah bulan, Teleskop Schdmit Bima Sakti untuk mempelajari struktur galaksi Bima Sakti, dan masih ada yang lainnya.

65. Museum Geologi Bandung

Museum-Geologi-Bandung
Fosil Tyranosaurus Rex atau T-Rex, salah satu primadona koleksi Museum Geologi Bandung (foto : beta.kidnesia.com)

Satu lagi tempat wisata edukasi untuk anak yang wajib Anda kunjungi saat liburan, yaitu Museum Geologi Bandung. Pengunjung akan disuguhi aneka fosil dan pengetahuan tentang ilmu alam dari sejarah makhluk hidup sampai energi dan sumber daya alam.

Disini ada juga Geomuseum Store sebuah toko yang menjual batuan-batuan geologi hasil olahan seperti gelang dan kalung. Selain itu, ada juga kaos-kaos keren bertemakan binatang purba, tas dan souvenir lainnya.

Bila kesini, jangan lupa melihat replika fosil T-rexinosaurus yang besar banget. Harga tiket masuknya cukup murah meriah lho, tak lebih dari 5 ribu rupiah. Tertarik untuk mengunjunginya? Langsung saja datang ke lokasi di Jl Diponegoro No 57, Bandung.

66. Jalan Braga & Asia Afrika

Jalan-Braga-Bandung
Jalan Braga Bandung (Foto : IG @dudisugandi)

Kira-kira ada gak ya tempat wisata gratis di Bandung yang bagus? Jawabannya tentu saja ada! Cobain deh ke Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika. Kedua jalan ini memiliki keunikan tersendiri lho!

Jalan Braga yang terletak tidak jauh dari pusat kota ini selalu rame pengunjung. Jalanannya yang terbuat dari batu andesit, pertokoan dan sekelilingnya yang dibiarkan klasik, membuat jalan ini pas banget untuk foto-foto tengan tema vintage.

Jalan-Asia-Afrika-Bandung
Jalan Asia Afrika Bandung (Foto : IG @dapanggg)

Untuk Jalan Asia Afrika, suasananya juga terasa tak terlalu jauh berbeda. Anda bisa menyusuri jalan ini sambil menikmati panorama bangunan jaman dulu seperti Museum Konferensi Asia Afrika atau Gedung Merdeka. Eksotik banget deh!

67. Jendela Alam

Jendela Alam Bandung
Jendela Alam Bandung (Foto : liburananak.com)

Jendela Alam terletak di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Cihideung,Kabupaten Bandung Barat. Sesuai dengan namanya, objek wisata edukasi terbagus di Bandung ini menyajikan aktivitas bertema alam.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan disini, mulai dari bercocok tanam, pembibitan, perkebunan, peternakan, melihat kegiatan memerah susu sapi, menunggang kuda poni, hingga memberi makan kepada kelinci, ayam dan bebek.

68. Lactasari Mini Farm & Bird Park PVJ

Lactasari Mini Farm
Lactasari Mini Farm (Foto : IG @fineamanda)

Lactasari Mini Farm termasuk salah satu tempat wisata anak di Bandung yang unik. Mengapa? Karena objek wisata yang berupa peternakan hewan ini berada di bagian atas Paris Van Java Mall. Keren bukan? Mungkin satu-satunya di Indonesia.

Lactasari mempunyai 4 hewan yang bisa dikunjungi, yaitu kambing, domba, sapi, dan kelinci. Anak-anak bisa memberi makan ke empat hewan tersebut dengan makanan yang telah tersedia dan bermain dengan hewan-hewan tersebut.

Tak perlu takut kotor, karena selain tempatnya bersih, anak-anak juga dikasih celemek agar baju tidak kotor. Usai bermain, mereka akan diberi kesempatan untuk mencuci tangan di tempat yang tersedia.

Di sekitar Lactasari, ada juga Bird Park dan Ice Skating yang bisa Anda coba bersama buah hati. Tertarik? Jika iya, datang saja langsung ke Paris Van Java Mall di Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

69. Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort

Ciwidey-Valley-Hot-Spring-Water-Resort
Ilustrasi Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort (Foto : IG @yanuarrainsyah)

Saat ini, aneka tempat wisata di Ciwidey menjadi primadona di kalangan wisatawan yang akan liburan ke Bandung. Hal ini tentu disebabkan oleh banyaknya alternatif pilihan destinasi menarik disini. Salah satu diantaranya adalah Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort.

Ciwidey Valley ini termasuk objek wisata alam terpadu yang lengkap untuk liburan keluarga. Disini terdapat kolam renang air hangat dan water park, arena playground, kebun strawberri, taman burung, resto, dan juga penginapan dalam bentuk pondokan atau pun camping ground.

Harga tiket masuknya sebenarnya murah sekitar 10 ribu rupia, hanya saja kalau Anda akan masuk waterpark harus membayar 40 ribu rupiah. Bila Anda tertarik, bisa langsung menuju ke lokasinya di Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

70. Kampung Batu Malakasari Ecopark

Kampung Batu Malakasari
Kampung Batu Malakasari (Foto : IG @dinakhoniza)

Satu lagi tempat wisata anak dan keluarga terbaik di Bandung yang wajib dikunjungi, yaitu Kampung Batu Malakasari Ecopark. Lokasinya berada di Jalan Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah, Malakasari.

Destinasi wisata ini menawarkan aneka aktivitas seru dan asyik yang sangat lengkap, terutama bagi anak-anak. Aneka wahana disini meliputi Tektona Waterpark, perahu, persawahan, perikanan, peternakan, berkebun, rumah adat sunda, flying fox, fun games, dan masih banyak lagi lainnya.

Tektona-Water-Park-Kampung-Batu-Malakasari
Tektona Water Park di Kampung Batu Malakasari (Foto : IG @ichaichazizah)

71. Indo Wisata Permata

Indo Wisata Permata
Indo Wisata Permata (Foto : via IG @bandungtrip)

Nah, kalau Indo Wisata Permata (IWP) ini merupakan tempat wisata unik di Bandung terbaru yang menyajikan berbagai jenis berlian. IWP mengusung konsep edukasi, disini setiap pengunjung akan bisa menyaksikan proses pembuatan batu mulia menjadi berlian yang mengkilap.

Tak hanya itu bagi Anda yang suka berlian juga bisa belanja batu permata ini dengan kisaran harga 1 juta hingga milyaran rupiah. Bila lapar atau haus, Anda bisa mampir di kafe yang disediakan Indo Wisata Permata. Tertarik? Langsung saja menuju lokasinya di Komplek Citra Green Dago Blok N 1-10, Jalan Citra Green, Cidadap, Ciumbuleuit, Kota Bandung.

72. Natural Hill & Curug Anom

Curug-Anom
Curug Anom di Natural Hill (Foto : IG @fathurwashere)

Seakan tak mau kalah dengan keindahan tempat wisata di Cianjur dan Bogor, kawasan Bandung Barat juga memiliki objek wisata anak dengan suasana alami yang asyik dan nyaman. Salah satunya adalah Natural Hill di Jl. Kolonel Masturi Belakang Pom Bensin Sukajaya Rt 02/06, Desa Sukajaya, Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Fasilitas permainan yang tersedia disini sangatlah lengkap untuk berbagai aktivitas anak-anak. Mulai dari flying fox, jembatan tali, merayap, panjat tebing kecil, sepak bola, memanjat jala atau berkuda, main sampan, menyeberangi kolam dengan rakit, hingga menangkap ikan dan belut ada semua disini. Seru bukan?

Nah, selain menyajikan kegiatan yang melatih saraf motorik, Natural Hill juga punya sebuah air terjun indah yang sayang bila dilewatkan begitu saja, namanya Curug Anom. Di tempat ini, Anda dapat bersantai dan berfoto sambil mendengarkan aliran air terjun dan suara kicauan burung-burung.

73. Aneka Kuliner Khas Bandung

kuliner-khas-bandung
Ilustrasi surabi pasar Cihapit, kuliner khas Bandung yang terkenal dan legendaris (Foto : Fina via IG @kulinerbandung)

Liburan ke Kota Bandung tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi aneka hidangannya bukan? Ada banyak makanan khas Bandung yang wajib Anda cobain, mulai dari surabi, mie kopyok, batagor, siomay, kupat tahu, lotek, jajanan tradisional, hingga menu western yang modern ada semua disini.

Es-Cendol-Elizabeth
Es Cendol Elizabeth, minuman khas Bandung yang terkenal dan legendaris (Foto : via IG @kulinerbandung)

Untuk surabi yang paling enak di Bandung yang terkenal adalah Surabi Cihapit dan Surabi Enhaii, sedangkan minuman khas yang wajib dicicipi adalah Es cendol Elizabeth. Jangan lupa juga untuk mencoba es krim enak di Bandung yang legendaris, yaitu es krim PT Rasa Jalan Kejaksaan No.29, Sumur Bandung, Braga.

Es krim PT Rasa Bandung
Es krim PT Rasa Bandung (Foto : @rinputra)

Baca Juga :

74. Aneka Cafe Unik dan Romantis

cafe-unik-romantis-di-bandung
Ilustrasi cafe unik romantis di Bandung yaitu One Eighty Coffee & Music (Foto : IG @oneeightycoffee)

Selain terkenal sebagai surganya kuliner enak, kota Bandung juga menjadi tempat favorit untuk bersantai dengan keluarga atau pun teman-teman. Ada banyak cafe di Bandung yang asik untuk dikunjungi sesuai dengan selera Anda.

Salah satu cafe baru yang unik dan romantis adalah One Eighty Coffee di Jl. Ganeca No.5, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Tempat ngopi di Bandung yang enak ini memiliki interior kayu yang modern dan cozy. Setiap sudutnya didominasi oleh warna cokelat kayu, terasa nyaman banget deh!

Yang paling menarik adalah bagian outdoor, mengapa? Di sini, kursi dan meja ditata rapi di dalam kolam berisi air sampai mata kaki. Jadi, ketika duduk disini, kaki Anda akan terasa dingin-dingin menyegarkan gitu. Keren bukan?

Buat Anda yang suka view pemandangan alam bisa berkunjung ke cafe Lawangwangi Creative Space di Jl Dago Giri 99 dan Maja House di Jl Sersan Bajuri No 72, Cikahuripan. Ada juga tempat cozy lainnya yaitu Resto & Cafe Concordia Hotel Bumi Sangkuriang di Jl Kiputih No 12, Cimbuleuit atau Selasar Soenaryo Art Space di Jl Bukit Pakar Timur No 100, dan masih banyak lagi lainnya.

75. Aneka Gedung Ikonik Bandung

Villa-Isola-UPI
Villa Isola UPI (Foto : IG @matshuokaaerial)

Bandung merupakan salah satu destinasi wisata kota tua di Indonesia yang paling menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya kawasan wisata Kota Tua Jakarta dan Kota Lama Semarang yang penuh dengan gedung-gedung bernuansa vintage, disini juga Anda bisa menemuinya seperti Villa Isla UPI dan Gedung Sate.

Gedung Sate Bandung
Gedung Sate Bandung (Foto : IG @dudisugandi)

Demikianlah info singkat dari saya tentang aneka tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi saat liburan kesini. List susunan destinasi ini, sengaja saya pilihkan yang terbaik dan terindah agar memudahkan Anda dalam menentukan tempat rekreasi selera atau pun kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.