10 Spot Foto Dan Wahana Keren Yang Hits Di Floating Market Lembang Bandung – Review Lengkap

0 4,087

Floating Market Lembang – Mau liburan ke Floating Market di Lembang Bandung? Baca dulu review lengkap dari saya tentang aneka spot foto epic kekinian dan wahana keren yang lagi hits wajib dicoba saat Anda berkunjung ke sini. Dari mulai Kampung Jepang Kyotoku, Mini Town, Rainbow Garden, Taman Kelinci, wahana air, hingga sajian kuliner enak.

Sebagai salah satu tujuan wisata Bandung yang paling sering dikunjungi wisatawan, Floating Market terus menerus berbenah diri. Konsep awalnya memang seperti pasar apung Banjarmasin atau pun Bangkok. Namun, mengikuti perkembangan trend wisata saat ini, akhirnya dibukalah wahana baru untuk berfoto / selfie. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Floating-Market-Lembang-Bandung
Floating Market Lembang Bandung (Foto : instagram @kyotoku_floatingmarket)

Daftar Spot Foto Dan Wahana Keren Yang Lagi Hits Di Floating Market Lembang Bandung

1. Kampung Jepang Kyotoku

Gak harus jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi foto ala Jepang atau pun Korea. Cukup datang saja ke Kampung Jepang Kyotoku, di sini Anda akan bisa berfoto dengan suasana mirip negeri sakura. Ada hutan bambu buatan, danau, perahu, dan gazebo yang didesain sangat cantik layaknya negara asalnya. Bahkan, Anda juga bisa memakai kostum Yukata atau Hanbok lho. Keren bukan?

Kampung Jepang Kyotoku
Kampung Jepang Kyotoku (Foto : instagram @pj_pete)

Harga sewa pakaian Jepang dibanderol seharga 75 ribu rupiah per jam. Tersedia juga paket dengan harga 175 ribu rupiah, terdiri dari sewa baju selama 1 jam dan cetak foto ukuran 10 R. Lumayan mahal seh, tapi kapan lagi coba bisa merasakan suasana Jepang banget. Datang ke negeri asalnya malah lebih mahal, bukan?

Untuk mendapatkan spot bagus dalam destinasi wisata di Lembang yang lagi hits ini, Anda bisa naik sampan / perahu kayu di atas danau, lalu berfotolah dengan latar rumah khas Jepang. Bisa juga Anda mengambil sudut foto pada area hutan bambu buatan sehingga seolah-olah sedang berada dalam Arashiyama Bamboo Forest.

2. Kota Mini (Mini Town)

Kota Mini Mini Town
Kota Mini / Mini Town (Foto : instagram @mimi.sm93)

Wahana spot foto terbaru dari Floating Market selanjutnya adalah Kota Mini (Mini Town). Untuk memasuki area ini, Anda akan dikenakan tiket masuk 25 ribu rupiah per orang. Mini Town menyuguhkan bangunan-bangunan bergaya eropa untuk dijadikan latar berfoto. Sekilas mirip dengan Farm House Lembang, tapi suasananya perkotaan bukan peternakan.

3. Rainbow Garden

Rainbow Garden
Rainbow Garden (Foto : instagram @windadiann)

Sesuai dengan namanya, Rainbow Garden menawarkan kebun / taman bunga cantik berwarna-warni layaknya pelangi. Anda bisa berfoto dengan menggunakan background bunga sehingga tampak romantis. Bagus juga untuk foto prewedding kekinian lho.

Selain bunga, ada juga rumah kaca bernuansa putih yang instagramable dijadikan latar selfie / narsis. Harga tiket masuk ke Rainbow Garden dibanderol seharga 10 ribu rupiah per orang.

4. Taman Kelinci

Taman Kelinci
Taman Kelinci (Foto : instagram @atikautsari7661)

Buat Anda yang membawa anak-anak, bisa mengajak mereka ke Taman Kelinci. Biarkanlah si kecil asyik bermain sambil memberi makan kelinci. Lalu, abadikan momen interaksinya bersama kelinci dengan kamera atau ponsel.

Bisa juga mengajari buah hati untuk menggendong kelinci, lalu ambil gambarnya. Tarif masuk ke Taman Kelinci sekitar Rp 20.000 per orang. Anda akan mendapatkan dua wortel sebagai makanan kelinci dan sepertinya tak ada batasan waktu.

5. Tengah atau Tepi Danau (Wahana Air)

spot tengah danau
Spot tengah danau (Foto : instagram @floating.market.lembang)

Floating Market Lembang memiliki konsep berupa pasar terapung, jadi lokasinya sebagian didominasi air. Anda bisa menyewa perahu dan mendayungnya hingga tengah danau. Nah, saat berada ditengah, mintalah teman / sahabat untuk mengabadikan momen tersebut.

Jika ingin lebih aman, naiklah ketera air. Anda tinggal duduk sambil bersilfie ria tanpa harus mendayung. Tapi, hati-hati ya gaes, jangan sampai kamera / hp-nya terjatuh ke dalam air. Harga sewa kano dan sepeda air sekitar 50 ribu rupiah per 30 menit.

spot foto tepi danau
Spot foto di tepi danau (sumber : instagram @xfatchurx)

Tak hanya bagian tengah, tepi danau pun tak kalah indah untuk berfoto. Ada semacam kursi dan meja kayu yang bisa Anda jadikan lokasi berfoto dengan latar danau dan pemandangan cantik di sekitarnya. Kece badai deh pokoknya!

6. Becak Mini

Becak Mini
Becak Mini (Foto : instagram @shanumabhinaaya)

Floating Market memang layak direkomendasikan sebagai tempat wisata anak di Bandung yang asyik dan menyenangkan. Pasalnya, ada banyak alternatif permainan untuk si kecil selain spot foto, misalnya saja Becak Mini. Di sini, anak-anak bisa bermain mengayuh becak kecil mengelilingi sebuah trek. Tarifnya sekitar 20 ribu rupiah untuk 4 kali putaran.

7. Miniatur Kereta Api

Miniatur Kereta Api
Miniatur Kereta Api (Foto : instagram @aisyaahamini)

Ingin berfoto layaknya seorang Ultraman? Coba aja datang ke Miniatur Kereta Api. Anda bisa berfoto close up dengan latar miniatur rute kereta api Padalarang. Hasil fotonya akan memberikan kesan seakan-akan Anda menjadi besar layaknya raksasa / Ultraman dalam film.

Baca Juga :

8. The Rock

The Rock Taman Batu
The Rock / Taman Batu (Foto : instagram @gugum_g_febriana)

Kalau Anda agak malas dan gak mau capek naik ke Stone Garden Bandung, maka The Rock Floating Market bisa menjadi pilihan alternatif. Di sini, Anda sama-sama bisa berfoto menggunakan background bebatuan cantik. Dekorasi buatan dari fosil kayu didesain dengan rapi dan menarik sehingga menimbulkan kesan natural / alami. Kalau tak keliru, lokasi Taman Batu ada di jalur dekat toilet dan parkiran motor.

9. Kampung Leuit

Kampung Leuit
Kampung Leuit (Foto : instagram @fettyayu)

Buat Anda yang kangen akan bangunan tempo dulu khas Sunda, wajib berkunjung ke Kampung Leuit di Floating Market. Sesuai dengan namanya, kampung ini menyajikan bangunan Leuit yang biasanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan padi oleh masyarakat tradisional Sunda.

Begitu memasuki area Kampung Leuit, Anda akan langsung merasakan suasana pedesaan berupa bangunan beratap ijuk, berdinding bilik, dan dilengkapi tanaman padi nan hijau. Tersedia juga permainan mancing belut yang asyik dilakukan bersama teman atau pun keluarga.

10. Hijab Swimming Pool

Hijab Swimming Pool
Hijab Swimming Pool (Foto : instagram @ambu_dewi)

Saat ini, destinasi wisata halal dan syariah sedang digemari oleh para wisatawan, khususnya muslimah. Oleh karena itu, Floating Market Lembang menambah wahana / fasilitas baru berupa Hijab Swimming Pool. Sesuai dengan namanya, kolam pemandian air panas ini memang dikhususkan bagi para muslimah berhijab (baca : hijaber).

Kolam air panas ini memiliki panjang 20 meter, lebar 7 meter, dan kedalaman sekitar 120-140 sentimeter. Desainnya pun dibuat bernuansa Islami, tampak dari guratan lukisan-lukisan serta arsitektur bangunannya.
Panorama alam khas Lembang yang mengelilinginya semakin menambah daya tarik kolam ini. Harga tiket masuknya sekitar 50 ribu rupiah. Tersedia mushola, penyewaan baju renang, dan ban pelampung.

Lokasi Dan Alamat Floating Market Lembang Bandung

Floating Market terletak di Jl. Grand Hotel No.33E, Jalur Kampung Leuit A1, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau, tapi kendalanya macet panjang saat akhir pekan / liburan. Agar lebih jelas alamatnya, Anda bisa melihat peta lokasi Google Map di bawah ini.

Rute Dan Akses Jalan Menuju Ke Floating Market Lembang Bandung

Rute dan akses jalannya sebenarnya mudah, hanya saja Anda harus sabar karena sering kali macet hingga mengular panjang. Dari pusat Kota Bandung, Anda langsung arahkan saja kendaraan ke Jl. Setiabudhi (Ledeng) – Gapura Lembang – Pasar Panorama Lembang – Berputar (belok kanan) ke arah Bandung Lagi – Jl. Grand Hotel – Floating Market Lembang.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Floating Market Lembang Bandung

Harga tiket masuk ke Floating Market dibanderol sekitar 20 ribu rupiah per orang. Tiket bisa ditukarkan dengan segelas minuman seperti kopi hitam, Coffe Latte, Lemon Tea, atau lainnya. Jam buka mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB. Untuk tarif wahana / spot foto bisa Anda simak pada daftar berikut, tapi harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes!

  • Kota Mini (Mini Town) : Rp.25.000,-
  • Rainbow Garden : Rp.10.000,-
  • Taman Kelinci : Rp.20.000,-
  • Becak Mini : Rp.20.000,-
  • Hijab Swimming Pool : Rp.50.000,-
  • Taman Miniatur KA : Rp.15.000,-
  • Lokomotif Mini : Rp.25.000,-
  • Taman Kelinci : Rp.20.000,-
  • Mobil Mini : Rp.20.000,-
  • Kampung Kandang : Rp.20.000,-
  • Outbond Anak : Rp.25.000,-
  • Mancing Magnet Rp.20.000,-
  • Kano (Canoe) 50.000 / 30 menit
  • Sampan (Dinghy) : Rp.70.000,- / 30 menit
  • Sepeda Air (Water Cycle) : Rp.50.000,- / 30 menit
  • Paddle Boat : Rp.20.000,- / 20 menit
  • Kereta Air (Train Water) : Rp.20.000,-
  • Makanan / Camilan : bervariasi dari Rp.10.000,- hingga di atasnya.

Fasilitas Yang Tersedia Di Floating Market Lembang Bandung

Fasilitas Floating Market
Fasilitas Floating Market (Foto : instagram @rizkimuhammad2710)

Fasilitas yang ada di dalam Floating Market sangatlah lengkap, bukan hanya wahana saja. Tersedia Mushola, Tempat Makan / Resto, Area Bermain Anak, area parkir, dan toilet. Jadi, saat Anda liburan ke sini, tak perlu harus keluar masuk objek wisata untuk sekedar cari makanan / minuman atau buang air.

Tips Berkunjung Ke Floating Market Lembang Bandung

tips berkunjung ke Floating Market
Tips berkunjung ke Floating Market (Foto : instagram @floating.market.lembang)

Sebelum berangkat rekreasi ke Floating Market, ada beberapa tips wisata yang perlu diperhatikan demi kenyamanan dalam melakukan kegiatan di sana, antara lain :

  • Berangkat lebih pagi untuk menghindari macet.
  • Datang saat hari biasa, hindari hari libur agar tidak antri dalam memakai wahana.
  • Perhatikan cuaca, sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah karena sebagian besar wahana di Floating Market berupa area outdoor.
  • Pakailah pakaian casual modis yang memudahkan Anda bergerak dengan nyaman dan tetap bagus saat difoto.
  • Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi agar nyaman.
  • Periksa kondisi kendaraan, pastikan layak jalan.
  • Mengingat semua transaksi memakai koin, pastikan Anda menukarkan uang Anda dengan koin sebelum masuk ke area wahana.
  • Buatlah list / daftar wahana yang akan Anda coba saat berlibur di Floating Market sehingga memudahkan Anda dalam menukarkan uang dengan koin (tidak kekurangan atau pun kelebihan).

Demikianlah sekilas ulasan dari saya tentang spot foto, wahana, dan fasilitas yang ada dalam Floating Market Bandung lengkap beserta harganya. Apabila sobat traveler punya pengalaman saat berwisata ke sini, bisa menambahkan informasi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.