25 Tempat Wisata Baru Di Bandung Yang Bagus Dan Hits

10 1,003,940

14. Stone Garden

Stone Garden
Stone Garden (Foto : firachika.wordpress.com)

Nama Stone Garden menjadi salah satu primadona tempat wisata baru di Bandung yang hits beberapa bulan belakangan ini. Jika dulu orang berbondong-bondong ke pantai, saat ini sepertinya semua yang berada di dataran tinggi sedang naik daun. Bukit Moko, Tebing Keraton, Gunung Lembu, semuanya menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

Stone Graden terletak di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. Puncak yang memiliki taman berbatu itu sendiri terletak di puncak bukit Pasir Pawon, dengan ketinggian 900 MDPL dan luas sekitar 2 hektar. Untuk menuju ke sini tidak terlalu sulit, dari arah Kota Baru Parahyangan keluar tol Padalarang dan arahkan kendaraan menuju Cianjur.

Konon, dahulu kawasan perbukitan ini berada di dasar laut, karena adanya aktivitas bumi dan pergeseran lempeng, maka terangkatlah ke permukaan dan menjadi tebing bukit kapur seperti sekarang. Tak heran beberapa bentuk batu yang ada di atas menyerupai batu karang yang berongga-rongga.

Cukup membayar Rp 5.000, per orang, Anda sudah bisa menikmati taman batu di atas puncak Pasir Pawon. Batu yang berserakan hampir di setiap sisi taman ini, seakan membawa kita kembali ke jaman batu atau serupa dengan setting Gunung Mordor di film Lord of The Ring dan cerita flinstone si manusia batu. Beberapa batu terletak di posisi yang ekstrem, tapi sepertinya justru batu-batu inilah yang menjadi incaran pengunjung untuk berfoto.

Lokasi Dan Alamat : Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

15. Gunung Manglayang

Gunung Manglayang
Gunung Manglayang (Foto : instagram.com/mulvistark)

Gunung Manglayang secara administratif terletak di dua wilayah, yaitu Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung. Lokasi gunung ini dekat dengan Kampus IPDN dan Unpad Jatinangor. Gunung Manglayang adalah gunung dengan ketinggian terendah dari rangkaian gunung yang mengelilingi Kota Bandung. Gunung yang memiliki ketinggian 1818 Mdpl ini memiliki panorama alam eksotis yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung lain.

Dengan ketinggian dan trek yang tidak terlalu sulit, maka tak jarang gunung ini dijadikan tempat untuk pengenalan pendakian oleh komunitas pecinta alam dari kampus. Gunung ini memiliki deretan pohon pinus yang sangat hijau dan sejuk, bahkan bisa dibilang sebagai salah satu hutan pinus terindah di Bandung.

Panorama indah bisa wisatawan nikmati dari Puncak Bayangan, sedangkan di puncak utama Anda tidak bisa melayangkan jauh-jauh pandangan karena puncak utama gunung ini hanya berupa tanah yang agak lapang yang terletak di tengah rimbunnya hutan. Berkemah di Puncak Bayangan menjadi pilihan yang paling tepat untuk menikmati keindahan dari gunung ini.

Pada malam hari, Anda bisa menikmati taburan bintang yang menghiasi angkasa serta eloknya pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Sumedang. Pada pagi harinya, dari titik yang sama Anda bisa menikmati detik-detik matahari terbit perlahan muncul dari garis horizonnya dan disertai dengan rangkaian perbukitan yang menampakkan keindahan diri dari kejauhan.

Lokasi Dan Alamat : Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 1.000,- per orang dan Rp. 3.000,- per orang (bila menginap/camping)

16. Kampung Kreatif

Kampung Wisata Dago Pojok
Kampung Wisata Dago Pojok (Foto : infobdg.com)

Bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja? Cobain deh wisata baru di Bandung yang satu ini, Kampung Kreatif namanya. Kota ini memang dikenal sebagai pusatnya pegiat kreatif di Indonesia. Rencanya akan ada sekitar 30 kampung kreatif yang tersebar di seluruh penjuru kota Bandung.

Beberapa Kampung Kreatif yang sudah jadi dan bisa Anda kunjungi antara lain Kampung Cicukang, Kampung Dago Pojok, dan Kampung Akustik Cicadas. Di Kampung Cicukang Anda dapat menyaksikan pertunjukan instrumen musik dapur, wayang seng, marawis, tari jaipong, dan pertunjukan teater. Lukisan mural karya anak-anak kampung juga meramaikan suasana kampung ini.

Semantara itu, Kampung Dago Pojok juga tak kalah asik dan seru. Disini menyajikan berbagai atraksi kesenian tradisional, mulai dari Tari Jaipong, Pencak Silat, Gondang, seni musik Celempung, dan Wayang Golek. Kampung Akustik Cicadas juga keren dengan mural di sepanjang dinding. Nama akustik bukan berarti cuma musik yang ditampilkan, tapi sejumlah kesenian tradisional juga bisa Anda lihat di Festival Kampung Akustik.

Lokasi Dan Alamat : Kota Bandung
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : –

Baca Juga : 25 Tempat Nongkrong Di Bandung Yang Asik Dan Enak

17. Martabak Nikmat Andir

 Martabak Andir rasa pandan jagung keju
Ilustrasi Martabak Andir rasa pandan jagung keju (Foto : anakjajan.com)

Salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang wajib Anda cobain tentu saja martabaknya. Makanan yang satu ini memang identik dengan kota Kembang selain surabinya. Nah, salah satu martabak Bandung yang terkenal dan hits adalah Martabak Nikmat Andir yang terletak di Jl. Jendral Sudirman No.413, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ada banyak topping yang disediakan disini, dari yang mulai standar seperti cokelat, keju, hingga buah-buahan layaknya durian, pisang, nangka, cherry, belimbing, dan paling favorit adalah jagung keju. Selain itu menu tak kalah nikmat adalah martabak kopi, capuccino, nutella, kit-kat green tea, juga toblerone. Martabak Andir pun memiliki menu unik martabak tipker alias tipis kering sehingga menyerupai crepes namun sedikit lebih tebal.

Martabak Andir rasa taro keju

Soal harga memang cukup mahal dengan range antara Rp. 30.000,- sampai Rp. 140.000,-. Untuk martabak pandan jagung keju dibanderol sekitar Rp. 75.000,- sedangkan marabak taro keju Rp. 78.000,-. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya. Namun harga segitu tentu saja sesuai dengan cita rasa yang enak dan nendang di lidah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Jendral Sudirman No.413, Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiap Porsi : Rp. 30.000,- sampai Rp. 140.000,-

18. Bandros City Tour

Bandros-City-Tour
Bandros City Tour (Foto : bandungjuara.com)

Ingin keliling kota Bandung dalam sehari? Naik aja bus Bandros City Tour. Bandros adalah akronim dari Bandung Tour on Bus. Bus ini adalah ikon baru wisata kota Bandung. Bus Bandros beroperasi setiap hari Sabtu–Kamis, mulai dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore.

Dengan membayar tiket sebesar Rp. 10.000,- Anda sudah bisa menumpangi bus yang unik ini dari halte Taman Kandaga Puspa. Kalau sekarang sepertinya haltenya sudah pindah di Alun – alun kota Bandung. Penasaran bukan? Cobain aja pasti seru dan asik, tapi hati-hati ya!

Lokasi Dan Alamat Halte : Alun-alun Bandung
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

10 Comments
  1. pancep says

    serasa ingin muda lagi

  2. Shafwan Nizomi says

    good bro!! jadi pengen maen ke bandung mlu nih ,, liburan ntar jalan2 dah ngajak temen

  3. royanti says

    Really good

  4. acer guntara says

    apa atuh yang enggak ada di bandung…

    1. Aneka Wisata says

      Bandung memang top banget dan lengkap wisatanya dari alam, kuliner, hotel, hingga wahana bermain… tapi ada satu yang gak ada, yaitu pantai… 🙂

  5. Putra says

    Lembang & bandung punya banyak alternatif wisata yang murah sehingga cocok buat tempat liburan dan buat para anak muda tentunya cocok buat eksis di sosmed

  6. Gurun S says

    Satu lagi yang ketinggalan Min.. Dago Dreampark. Kalau Admin pernah kesana, saya jamin situ bakalan simpen Dago Dreampark di posisi teratas bro. Pemandangan dan desainnya,, beuh!!!

    1. Aneka Wisata says

      Ok, makasih atas tambahan referensinya… ntar klo pas ke Bandung semoga bisa mampir… 🙂

  7. Misbah ys says

    Kapan sy bisa wisata ke sini ya?

  8. Indoartistcake says

    Catat dulu deh tempat wisata bandungnya, keren keren

Leave A Reply

Your email address will not be published.