Home Wisata Asia 37 Tempat Tahun Baru Di Bandung Yang Seru, Romantis, Dan Menyenangkan

37 Tempat Tahun Baru Di Bandung Yang Seru, Romantis, Dan Menyenangkan

226
0

Tahun Baru Di Bandung – Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata untuk merayakan malam tahun baru di Kota Bandung dan sekitarnya. Ada berbagai acara / kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga, teman, saudara, maupun kekasih halal tercinta, mulai dari nonton pesta kembang api, konser, camping, barbeque, hingga makan malam romantis.

Bandung menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang menjadi incaran para wisatawan saat libur akhir tahun sekaligus tahun baruan. Bukan hanya kaya akan destinasi wisata, Bandung juga memiliki fasilitas akomodasi super lengkap, mulai dari penginapan, restoran, cafe, pusat berbelanjaan, sarana transportasi, paket hotel, hingga event.

Buat Anda yang sedang bingung bertanya-tanya tentang “tahun baru di Bandung enaknya dimana”, berikut Aneka Wisata sajikan list spot malam pergantian tahun di Kota Kembang yang asyik dan menyenangkan. Yuk, simak ulasannya berikut ini, siapa tahu bisa menjadi inspirasi itinerary Anda buat liburan nanti.

Tempat-Tahun-Baru-Di-Bandung
Gambar ilustrasi tempat tahun baru di Bandung

Daftar Tempat Tahun Baru Di Bandung Yang Seru, Romantis, Dan Menyenangkan

1. Alun-Alun Kota Bandung

Alun-alun Kota Bandung (Foto : Nuroni)

Salah satu ciri khas kota / kabupaten di Indonesia adalah punya alun-alun yang berupa tanah lapang luas. Tempat ini biasanya digunakan sebagai lokasi pelaksanaan acara besar dengan melibatkan banyak orang, seperti pengajian akbar, konser musik, pasar malam, tempat ngabuburit, dan perayaan malam pergantian tahun.

Kota Bandung sendiri punya alun-alun yang sangat cantik instagramable. Di sana, Anda akan menemukan hamparan rumput sintetis layaknya karpet dan taman indah menawan. Tak ayal, Alun-Alun Kota Bandung pun menjadi incaran warga saat weekend tiba.

Alun-alun ini kerap menjadi titik kumpul warga maupun wisatawan untuk menantikan malam pergantian tahun. Ribuan masyarakat memadati area sekitar alun-alun hingga jalan di sekitarnya seperti Jalan Dewi Sartika, Jalan Dalem Kaum, Jalan Asia Afrika, Jalan Karapitan, Lengkong Besar, Lengkong Kecil, dan Burangrang.

Tak hanya suara tiupan terompet, Anda juga bisa menemukan pesta kembang api, live music, maupun pedagang makanan / minuman. Seru abis deh! Lokasi / alamat Alun-Alun Kota Bandung terletak di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Kiara Artha Park

tempat-wisata-di-Bandung
Ilustrasi Kiara Artha Park (Foto : instagram @kiaraarthapark)

Ada cukup banyak tempat wisata di Bandung yang asyik untuk merayakan tahun baru. Satu diantaranya adalah taman Kiara Artha Park. Di sana, Anda dapat menyaksikan berbagai atraksi menarik mulai dari air mancur menari (dancing fountain), festival of light, pesta kembang api, festival kuliner, fasilitas trem, spot foto instagenic, dan drive in cinema.

Untuk memasuki area taman kota ini, Anda tidak akan dipungut tiket masuk alias gratis, kecuali jika akan masuk ke wahana tertentu yang ada di dalamnya. Kiara Artha Park terletak di Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. The Lodge Maribaya

The-Lodge-Maribaya-Lembang-Bandung
The Lodge Maribaya Lembang Bandung (Foto : IG @thelodgemaribaya)

Ingin mengabiskan malam tahun baru dengan camping (kemah) di alam terbuka bersama keluarga atau teman-teman sambil barbeque-an? Datang saja ke The Lodge Maribaya, Anda bisa menikmati Glamping (Glamorous Camping) dengan fasilitas lengkap.

Tenda-tenda di sana berbentuk unik seperti bawang berwarna orange dimana di dalamnya sudah terdapat bed / kasur empuk untuk tempat tidur. Fasilitas lain yang tersedia antara lain kamar mandi, toilet, api unggun, BBQ, dan kambing guling. Harga sewa per malamnya sekitar 450 ribu rupiah.

Lingkungannya sangat nyaman, apalagi udara di sana sejuk karena penuh pepohonan rindang. Pilihan aktivitasnya pun beragam, ada banyak wahana kece untuk mengisi kegiatan saat siang hari, seperti trekking, panahan, sky tree, zip bike, sky swing, serta spot foto instagramable lainnya.

4. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Foto : Ikhlasul Amal)

Spot tahun baru di Bandung yang tak kalah seru adalah Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Di sana, biasanya diselenggarakan konser musik dan pesta kembang api. Dengan luas sekitar 72.000 meter persegi, monumen yang dikenal juga dengan nama “Monju” ini mampu menampung banyak orang.

Lokasi Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat terletak di Jl. Dipati Ukur No.48, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk memasuki kawasan monumen, pengunjung tidak dikenakan tarif masuk alias gratis. Fasilitasnya cukup lengkap, tersedia sarana edukasi, mushola, toilet, dan tempat makan.

5. Puncak Bintang

Gambar Ilustrasi Puncak Bintang (Foto: Farid Rafif)

Puncak Bintang merupakan titik tertinggi di kawasan Bukit Moko Bandung, Jawa Barat. Ketinggiannya mencapai sekitar 1442 mdpl sehingga udara di sana terasa dingin berkabut. Daya tarik utama Puncak Bintang berupa view pemandangan alam nan indah sejauh mata memandang.

Dari Puncak Bintang, Anda bisa menyaksikan city light Kota Bandung saat malam tiba. Kerlap-kerlip lampu perkotaan tampak begitu indah bagaikan bintang yang bertebaran di langit. Apalagi saat malam tahun baru, Anda bisa menyaksikan percikan kembang api nan cantik dari ketinggian. Sekilas, tempat ini mirip Bukit Bintang Yogyakarta.

Untuk memanjakan pengunjung, di sana dibangun sebuah fasilitas bernama Dermaga Bintang. Jika naik ke atasnya, Anda bisa melihat hamparan perbukitan yang penuh dengan pepohonan hijau. Keren, banget deh! Selain itu, Puncak Bintang juga punya camping ground untuk bermalam.

Lokasi Puncak Bintang terletak di Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 15 ribu rupiah, sedangkan jika akan camping dikenakan tarif 25 ribu rupiah. Di sana sudah tersedia fasilitas toilet, mushola, dan tempat makan.

6. Jalan Braga

Gambar Ilustrasi Jalan Braga (Foto : Midori)

Jika Jakarta punya Kota Tua, Yogyakarta punya Malioboro, dan Semarang ada Kota Lama, maka Bandung memiliki Jalan Braga yang penuh dengan bagunan “tempo doeloe” bergaya kolonial. Jalan ini menjadi salah satu pusat keramaian di Bandung pilihan warga dan wisatawan saat berlibur, termasuk saat malam tahun baru.

Di sepanjang jalan, Anda dapat menemukan pertokoan, penginapan, kedai kopi / cafe, restoran, hingga pusat perbelanjaan Braga City Walk Mall. Selain nongkrong, Anda bisa juga berfoto-foto dengan latar bangunan kuno atau mencicipi aneka kuliner Bandung di kawasan Cikapundung yang tak jauh dari jalan ini. Kabarnya seh, ada live music di kawasan Braga ketika malam tahun baruan.

7. Gedung Sate Dan Lapangan Gasibu

Gambar Ilustrasi Gedung Sate Bandung (Foto : Itenasbdg)

Siapa seh yang tak kenal dengan Gedung Sate Dan Lapangan Gasibu? Kedua ikon Kota Bandung yang berdekatan ini begitu populer dikalangan warga maupun wisatawan. Nah, untuk menyambut tahun baru, biasanya ada berbagai event di kawasan Gedung Sate, seperti Museum Festival (Mufest), Pesta Rakyat, Festival Literasi, dan West Java Coffee & Art.

Sementara itu, di Lapangan Gasibu biasanya ada panggung pertunjukkan musik, wayang, maupun pesta kembang api. Seru dan asyik deh, pokoknya! Lokasinya cukup strategis, berada di pusat kota yaitu Jl. Diponegoro, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Lapangan Tegalega

Lapangan Tegalega (Foto : Saratuspersen band)

Tempat tahun baru di Bandung selanjutnya yang tak kalah seru adalah Lapangan Tegalega. Lokasinya terletak di Taman Konservasi Tega Lega, Jl. Moh. Toha, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Meskipun namanya lapangan, namun fasilitas di dalamnya sangat lengkap, mulai dari taman, lampion park, lapangan olah raga, monumen Bandung Lautan Api, mushola, toilet, dan area parkir.

Di sekitar area Lapangan Tegalega biasanya banyak penjual makanan atau sering disebut sebagai pasar tumpah. Anda dapat mencari menu sarapan pagi maupun kulineran malam. Di sana, kabarnya ada juga konser musik atau pun pesta kembang api dalam menyambut tahun baru. Tiket masuk sekitar Rp.1.000,- per orang.

9. Alun Alun Ciparay

Bagi Anda yang agak malas untuk pergi ke pusat Kota Bandung karena macet, mungkin bisa pergi ke Alun Alun Ciparay. Di sana, biasanya ramai pengunjung saat malam pergantian tahun. Kabarnya, alun-alun ini akan direvitalisasi agar menjadi lebih bagus. Lokasinya terletak di Desa Pakutandang, Kec. Ciparay, Bandung, Jawa Barat.

10. Ranca Upas

Kampung-Cai-Ranca-Upas-Ciwidey-Bandung-Selatan
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung Selatan (Foto : Reizka Dwidianto)

Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang sangat terkenal dikalangan wisatawan. Mengusung tema alam, destinasi ini menawarkan wahana dan fasilitas lengkap bagi para pengunjung untuk menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga, saudara, teman, maupun pasangan halal.

Berbagai wahana Ranca Upas antara lain camping ground, penangkaran rusa, outbound / fun games, berkuda, play ground anak (kid zone), kolam renang, pemandian air panas, dan spot foto kece. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 15 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Kampung Cai Ranca Upas terletak di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jam buka 24 jam.

Baca Juga : Tempat Tahun Baru Dan Pesta Kembang Api Di Jogja

11. Terminal Wisata Grafika Cikole

Gambar Ilustrasi Terminal Wisata Grafika Cikole (Foto : Nur Cholis)

Tak kalah bagus dengan Ranca Upas, Terminal Wisata Grafika Cikole juga menawarkan wahana dan fasilitas seru untuk liburan tahun baru. Tempat wisata alam di Lembang ini berada diperbukitan seluas 9 hektar dengan ketinggian sekitar 1.400 mdpl dan dikelilingi hutan pinus sehingga udaranya sangat sejuk.

Beberapa fasilitas di sana yang bisa Anda nikmati antara lain penginapan, camping ground, restoran, kebun strawberry, spot foto, dan outbound / fun games. Lokasi Taman Wisata Grafika Cikole terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

12. Mountain Breeze Clubhouse / Batu Kincir Resto

Ingin menikmati libur tahun baru dengan suasana berbeda? Cobain deh, datang ke Mountain Breeze Clubhouse / Batu Kincir Resto. Di sana, Anda bisa nongkrong asik sambil ngemil dan menikmati landscape pemandangan alam nan indah dari ketinggian.

Cafe hits di Bandung ini di desain dengan jendela berupa kaca sehingga pengunjung bisa menyaksikan view keluar hingga 360 derajat. Tak hanya itu, furniturenya pun sangat instagramable buat foto-foto, apalagi memiliki warna dominan putih. Tampak sangat cantik!

Saat malam tiba, kerlap-kerlip lampu dari kejauhan membentuk city light begitu indah. Harga tiket masuknya sekitar 15 ribu rupiah dan range harga makanan / minuman 20 – 90 ribu rupiah. Lokasi Mountain Breeze Clubhouse terletak di Jl. Raya Banjaran KM 11.5, Langonsari, Pameungpeuk, Langonsari, Kec. Pameungpeuk, Bandung, Jawa Barat.

13. The Green Forest Resort

The Green Forest Resort dikenal sebagai salah satu tempat bulan madu di Bandung yang menawarkan penginapan dengan udara sejuk. Di dalamnya, terdapat berbagai macam type kamar, taman hijau, kapel instagramable, stone garden, sky garden, dan taman kardus. Udaranya sangat sejuk, benar-benar cocok bagi pasangan pengantin baru.

Selain recommended buat honeymoon, resort di Lembang ini juga asyik buat menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga, saudara, atau pun sahabat. Lokasi The Green Forest Resort terletak di Jl. Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

14. Alun-Alun Lembang

Buat Anda yang berada di kawasan Lembang, Alun-Alun Lembang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan malam tahun baru. Di sana, terdapat berbagai fasilitas seperti taman bermain anak, air mancur, bangku, hingga pepohonan. Kembang api dan para pedagang pun sepertinya akan bisa dijumpai di sana.

15. Alun-Alun Ujung Berung

Alun-Alun Ujung Berung memiliki fasilitas cukup lengkap mulai dari jogging track, gazebo, area bermain anak, panggung pertunjukkan, hingga tempat duduk. Tak ayal, alun-alun ini pun menjadi incaran warga sebagai tempat tahun baru di Bandung Timur.

Saat malam pergantian tahun, warga biasanya berkumpul sambil menyaksikan pesta kembang api. Lokasi Alun-Alun Ujung Berung terletak di Jl. Cigending No.3, Cigending, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat.

16. Aneka Hotel, Villa, Dan Resort

Gambar Ilustrasi Hotel Di Bandung Untuk Perayaan Tahun Baru (Foto : thetranshotel.com)

Seperti halnya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lain di Indonesia, aneka hotel di Bandung kerap kali menawarkan paket tahun baru bagi para wisatawan. Selain promo, biasanya pihak hotel mengadakan acara malam tahun baruan, misalnya festival kuliner, pesta kembang api, makan malam, all you can eat, pertunjukkan live music, sulap, dan lainnya.

Hotel-hotel tersebut antara lain Padma Hotel, GH Universal, Luxury Hotel Trans Studio, Swiss-Belresort Dago Heritage, de Braga by ARTOTEL, YELLO Hotel, IBIS Trans Studio, dan sebagainya. Agar tak kehabisan kamar, sebaiknya Anda pesan (reservasi) jauh-jauh hari ya. Untuk jenis paket maupun promo, bisa Anda tanyakan langsung ke pihak hotel.

17. Kawasan Wisata Punclut (Puncak Ciumbuleuit)

Gambar ilustrasi cafe di Punclut (Foto : dagobakery.com)

Punclut (Puncak Ciumbuleuit) merupakan kawasan wisata yang terletak di sebelah utara Kota Bandung. Dengan jarak yang cukup dekat dari pusat kota, yaitu sekitar 7 km, Punclut menjadi tempat liburan alternatif bagi para wisatawan. Lokasi tepatnya terletak di Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Mengingat Punclut termasuk dataran tinggi, maka view panorama alam dari ketinggian menjadi daya tariknya. Di sana, ada banyak cafe, resto, maupun tempat wisata untuk menghabiskan akhir pekan dan tahun baru bersama keluarga. Beberapa cafe hits di Punclut antara lain Lereng Anteng Panoramic Coffee, Tafso Barn, Dago Bakery, D’ Dieuland, Cakrawala Sparkling Nature Restaurant, dan Angkringan de BlankOn.

18. Kawasan Dago

Dago Dream Park
Dago Dream Park Lembang Bandung (Foto : instagram @dagodreampark)

Bagi para shopaholic, kawasan Dago Bandung menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan libur tahun baru. Pasalnya, di sana banyak Factory Outlet atau FO seperti Blossom Family Outlet, Grande Factory Outlet, Central Branded Outlet, Level Factory Outlet, Gossip Factory Outlet, dan lainnya.

Tak hanya dikenal sebagai surga belanja, Dago juga punya sederet tempat wisata dan cafe yang asyik buat nongkrong menghabiskan akhir pekan. Misalnya saja Dago Dream Park, Amazing Art World, Dago Pakar, Cafe D’Pakar, One Eighty Coffee, Taman Ganesha, Kebun Binatang Bandung, Dago Plaza, dan sebagainya.

19. Trans Studio Bandung

wahana-trans-studio-bandung
Ilustrasi wahana di Trans Studio Bandung (Foto : instagram @transstudio.bandung)

Tempat tahun baru di Bandung yang satu ini tentu sudah tak asing lagi dikalangan wisatawan. Ya, Trans Studio Bandung selalu menjadi incaran keluarga untuk menghabiskan libur natal dan tahun baru. Berbagai wahana permainan seru untuk anak-anak, remaja, orang dewasa hingga pertunjukkan menarik dapat Anda nikmati di sana.

Wahana Trans Studio Bandung yang bisa Anda coba antara lain Dunia Anak, Pulau Liliput, Captain Blackheart Pirate Ship, Sky Pirates, Si Bolang Adventure, Trans Science Center (wahana edukasi), Ocean World Science Center, Trans Broadcast Museum, Yamaha Racing Coaster, Vertigo, Giant Swing, dan sebagainya.

Lokasi / alamat Trans Studio Bandung terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk memasuki arena Trans Studio Bandung, Anda akan dikenakan tiket masuk dengan harga Rp.180.000,- (Senin – Kamis), Rp.200.000,- (Jumat), dan Rp.280.000,- (Sabtu – Minggu).

20. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang Bandung
Farm House Susu Lembang Bandung (Foto : IG @sanada_ranie)

Ingin tahun baruan rasa Eropa? Datang saja ke Farm House Susu Lembang di Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan fasilitas bernuansa Eropa, mulai dari bangunan, kincir angin khas Belanda, gembok cinta ala Paris, rumah hobbit, kostum tradisional Eropa, hingga makanan seperti roti, waffle, dan pie.

Tak hanya itu, Farm House Susu Lembang juga punya wahana Petting Zoo (mini zoo) dimana di dalamnya berisi berbagai hewan lucu menggemaskan. Misalnya anak domba, kelinci, anak sapi, iguana, dan landak. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 35 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Baca Juga : Hutan Pinus Di Bandung Yang Cantiknya Kebangetan

21. Floating Market Lembang

Floating-Market-Lembang-Bandung
Floating Market Lembang Bandung (Foto : instagram @kyotoku_floatingmarket)

Destinasi wisata berikutnya yang bagus untuk mengisi libur tahun baru adalah Floating Market Lembang. Sesuai namanya, tempat ini menyuguhkan sebuah pasar apung mini layaknya pasar terapung di Banjarmasin dan Bangkok, Thailand.

Pasar apung di Floating Market Lembang menjual aneka makanan khas Bandung dan hidangan Nusantara. Selain itu, wahana di dalamnya juga sangat lengkap, antara lain Kampung Jepang Kyotoku, Kota Mini (Mini Town), Rainbow Garden, Taman Kelinci, wahana air, Becak Mini, hingga Hijab Swimming Pool.

Lokasi Floating Market Lembang terletak di Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah (belum termasuk tiket wahana).

22. Gunung Putri Lembang

Gambar ilustrasi Gunung Putri Lembang (Foto : Muhamad Rizki Mustopa)

Buat Anda para pecinta alam, Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan malam tahun baru. Gunung ini memiliki ketinggian hanya sekitar 1.587 mdpl sehingga tak butuh banyak waktu dalam mencapai puncaknya. Cocok banget buat para pendaki pemula.

Di sana, Anda dapat mendirikan tenda untuk bermalam sambil menyaksikan city light Kota Bandung. Saat pagi tiba, Anda bisa menikmati keindahan sunrise cantik. Asyik, banget bukan? Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan hamparan awan layaknya negeri di atas awan.

Harga tiket masuk hiking sekitar 10 ribu rupiah, sedangkan bila berkemah dikenakan biaya 22 ribu rupiah. Lokasi / alamat Gunung Putri Lembang terletak di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

23. Gunung Batu Lembang

Gambar ilustrasi Gunung Batu Lembang (Foto : Tyasnastitip)

Selain Gunung Putri, ada satu lagi tempat wisata alam di Bandung yang cukup seru untuk tahun baruan, yaitu Gunung Batu Lembang. Berbeda dengan gunung pada umumnya, gunung ini penuh dengan bebatuan raksasa. Ketinggiannya mencapai 1228 mdpl sehingga saat berada di sana, Anda bisa melihat Kota Bandung dari ketinggian.

Sama seperti halnya Gunung Putri, tempat ini termasuk salah satu spot sunrise indah di Bandung yang wajib dikunjungi. Cahaya matahari pagi tampak begitu cantik menembus kabut. Lokasi Gunung Batu Lembang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

24. The Great Asia Africa

The-Great-Asia-Africa-Lembang-Bandung
The Great Asia Africa Lembang Bandung (Foto : thegreatasiaafrica.destinasilembang.id)

Ngomongin tempat liburan di Kota Kembang, tentu tak akan ada habisnya. Pilihannya sangat banyak, mulai dari alam pegunungan, kuliner, budaya, sejarah, wahana bermain, spot selfie, belanja, hingga edukasi, ada semua. Nah, salah satu destinasi wisata Bandung terbaru yang asyik untuk libur natal, akhir tahun, dan tahun baru adalah The Great Asia Africa.

Sesuai namanya, tempat rekreasi kekinian yang lagi hits ini menyajikan miniatur negara-negara di Asia dan Afrika, seperti Indonesia, Korea Selatan, Thailand, India, Timur Tengah, dan Jepang. Di sana, Anda bisa menemukan bangunan-bangunan ikonik (landmark), makanan, pakaian, maupun pernak-pernik khas dari setiap negara.

Tak hanya itu, Anda juga bisa berfoto selfie sepuasnya karena setiap sudut kawasan The Great Asia Africa dibuat begitu cantik instagramable. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 65 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB.

25. Lembang Wonderland

Tempat tahun baru di Bandung yang seru selanjutnya adalah Lembang Wonderland. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan berbagai spot foto selfie kekinian, mulai dari Snow Village, Sweet Field, Magic Forest, hingga Taman Ice Cream. Ada juga pertunjukkan menarik seperti Live Music, Cabaret Show, The Greatest Showman, Dance, dan Magic Show.

Mengingat sebagian area berupa tempat terbuka (outdoor), maka disarankan berkunjung saat cuaca cerah. Harga tiket masuk ke Lembang Wonderland dibanderol sebesar 35 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

26. Orchid Forest Cikole

Orchid-Forest-Cikole-Lembang-Bandung
Orchid Forest Cikole Lembang Bandung (Foto : instagram @orchidforestcikole)

Dari namanya, tentu Anda sudah bisa menebak jika destinasi wisata ini menyuguhkan bunga anggrek. Iya, benar sekali! Orchid Forest Cikole merupakan kawasan hutan pinus tempat koleksi aneka anggrek lokal maupun luar negeri. Kabarnya, ada sekitar 20 ribu jenis anggrek di sana, mulai dari anggrek phavio, anggrek argentina, peru, hingga filipina.

Orchid Forest Cikole punya berbagai wahana dan fasilitas liburan yang menarik. Misalnya flying fox, wood brige, jembatan gantung, Putt-Putt Golf (Mini Golf), Rabbit Forest, Kuda Tunggang, dan Garden of Light. Asyiknya lagi, di sana terdapat berbagai spot foto selfie yang kece banget, cocok buat pengisi feed instagram Anda.

Udara di sekitarnya juga terasa sejuk karena penuh pepohonan hijau dan berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl. Rugi deh, liburan tahun baru di Bandung tak mampir ke sana. Harga tiket masuk ke Orchid Forest Cikole dibanderol seharga 35 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB.

27. Dusun Bambu

Gambar Ilustrasi Dusun Bambu (Foto : Mghanif)

Dusun Bambu menawarkan konsep “One Stop Holiday” yang asik untuk menghabiskan libur tahun baru bersama keluarga dan anak-anak. Di sana, tersedia fasilitas lengkap mulai dari penginapan, restoran, pernak-pernik, hingga area bermain anak.

Harga tiket masuk ke sana dibanderol seharga 25 – 30 ribu rupiah. Lokasi / alamat Dusun Bambu terletak di Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

28. Situ Patenggang atau Situ Patengan

Situ Patenggang atau Situ Patengan (Foto : Anastasiastephaniek)

Situ Patenggang atau Situ Patengan merupakan sebuah danau alami yang berada di ketinggian 1600 mdpl. Selain udaranya sejuk, pemandangan alam di sana juga sangat indah. Di sekelilingnya, terdapat hamparan perkebunan teh hijau nan eksotis.

Ada cukup banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana, mulai dari keliling danau naik perahu, nongkrong di Pinisi Resto, selfie di atas jembatan gantung, hingga bermalam di Glamping Lakeside Rancabali. Asyik banget deh, buat tempat tahun baru di Bandung.

Harga tiket masuknya dibanderol sekitar Rp.25.000,-. Lokasi situ ini terletak di Kampung Patengan Baru, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

29. Cikapundung River Spot

Berlokasi di Jl. Dr. Ir. Sukarno, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Cikapundung River Spot layak dimasukkan ke dalam pilihan tempat tahun baru di Bandung. Area terbuka ini hampir selalu ramai pengunjung baik siang, sore, maupun malam. Apalagi saat malam pergantian tahun, kemungkinan akan penuh sesak.

30. Kawah Putih

Kawah-Putih-Ciwidey-Bandung
Gambar ilustrasi Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Siapa seh yang tak kenal dengan Kawah Putih? Ikon tempat wisata di Bandung Selatan ini sangat populer dikalangan wisatawan. Kawah Putih merupakan sebuah danau alami hasil letusan Gunung Patuha. Sesuai namanya, daya tarik utama kawah ini berupa airnya berwarna putih kehijauan.

Tanah di sekitar danau tersebut juga memiliki warna putih dan beberapa pepohonan tampak tanpa daun, hanya ranting dan batang saja. Perpaduan air, tanah, dan pepohonan tersebut menimbulkan panorama alam nan eksotik. Tak heran, jika Kawah Putih Ciwidey kerap dijadikan lokasi prewedding maupun shooting film.

Buat Anda yang ingin liburan tahun baru di Kawah Putih, jangan lupa bawa masker dan memakai pakaian tebal karena suhu udara di sana cukup dingin. Lokasi / alamatnya terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

31. Caringin Tilu

Gambar ilustrasi city light Kota Bandung dari Caringin Tilu (Foto : dzoro)

Secara geografis, Bandung merupakan suatu cekungan yang dikelilingi pegunungan. Jika dilihat dari atas ketinggian, bentuk Kota Bandung mirip sebuah mangkok. Nah, untuk melihat bentuk tersebut, Anda bisa pergi ke Caringin Tilu. Lokasinya terletak di kawasan Timur Bandung atau Pegunungan Manglayang, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Dari sana, Anda bisa melihat deretan pegunungan mulai dari Papandayan, Patuha sampai Malabar yang mengelilingi Kota Kembang. Saat malam tiba, kerlap kerlip lampu kota “city light” tampak begitu cantik. Apalagi saat malam tahun baru tiba, gemerlap warna-warni kembang api semakin menambah keindahan. Tak heran, jika sebagian orang menjadikan Caringin Tilu sebagai salah satu tempat tahun baru di Bandung.

32. Glamping Legok Kondang Lodge

Gambar ilustrasi Glamping Legok Kondang Lodge (Foto : legok-kondang.com)

Ingin menghabiskan malam tahun baru dengan kemping mewah layaknya di Ubud Bali? Datang saja ke Glamping Legok Kondang Lodge. Di sana tersedia tenda-tenda glamping dengan fasilitas lengkap di dalamnya layaknya hotel. Asyiknya lagi, sisi luar tenda terdapat kolam renang beserta kursi untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam khas Ciwidey.

Harga sewa per malamnya tak terlalu mahal-mahal banget kok, masih standar skitar 1,1 s/d 3 jutaan rupiah. Lokasi Glamping Legok Kondang Lodge terletak di Jalan Kurunangan, Lebak Muncang, Ciwidey, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

33. Trizara Resorts Glamping Lembang

Gambar ilustrasi Trizara Resorts Glamping Lembang (Foto : trizara.com)

Satu lagi tempat tahun baru di Bandung yang menawarkan glamping (glamorous camping) dengan fasilitas mewah, yaitu Trizara Resorts Glamping Lembang. Lokasinya terletak di Jl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Di sana, ada sekitar 47 tenda berbagai type, mulai dari Zana, Netra, Nasika, hingga Svada.

Range harga glamping mewah di Bandung ini berkisar 1,2 – 1,8 juta rupiah per malamnya, sudah termasuk fasilitas WiFi, sunrise yoga, fasilitas mandi, air panas,sarapan, dan lainnya. Selain memiliki pemandangan alam indah nan sejuk, Trizara Resorts juga menyediakan wahana seru seperti off road, paint ball, flying fox, permainan high rope, hiking, dan ATV Biking.

34. Kastuba Resort

Gambar ilustrasi Kastuba Resort (Foto : kastubaresort.com)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat tenang untuk menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga tercinta, Kastuba Resort bisa menjadi pilihan. Dari dalam kamar, Anda bisa langsung menikmati view pemandangan alam hijau menyegarkan.

Fasilitasnya tergolong lengkap, terdapat taman kelinci, flying fox, camping ground, perpustakaan dan sebagainya. Range harga mulai 700 ribu rupiah. Lokasi / alamat Kastuba Resort terletak di l. Bukit Maribaya Kp. Sindangwangi, RT.01/RW.09, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

35. Skyline Best View Resto

Menikmati malam tahun baru sambil makan romantis tentu akan menjadi moment mengasikkan bagi para pengantin baru, bukan? Nah, untuk mewujudkannya, Anda bisa berkunjung ke Skyline Best View Resto di Jalan Dago Pakar Timur No. 108, Ciburial, Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Restoran enak di Bandung ini menawarkan “outdoor space” dengan view pemandangan Kota Bandung dari ketinggian. Menu makanan yang disajikan berupa hidangan lokal Sunda dan Internasional. Buat Anda yang datang bersama keluarga dan buah hati, tak usah kuatir karena ada play ground anak-anak.

36. Congo Gallery & Cafe

Ada cukup banyak cafe di Bandung yang cocok buat malam tahun baruan. Satu diantaranya adalah Congo Gallery & Cafe. Berlokasi di Jl. Ranca Kendal Luhur No.8 Dago, Ciburial, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat, Congo Cafe menawarkan tempat nyaman untuk bersantai bersama teman / sahabat, orang tercinta (suami / istri) maupun keluarga.

Sebagian besar bangunan cafe ini memakai kayu jati dengan ornamen seni. Letaknya yang berada di ketinggian membuat udara sekitarnya terasa sejuk. Saat malam pergantian tahun, pengunjung juga bisa menyaksikan kembang api. Asyik dan seru banget deh!

37. De Ranch

De-Ranch-Lembang-Bandung
De Ranch Lembang Bandung (Foto : instagram @deranchlembang)

Nama De Ranch Lembang, nampaknya sudah tak asing lagi di telinga wisatawan. Selain menawarkan sensasi berkuda ala Koboi, objek wisata ini juga punya sejumlah wahana seru lainnya seperti Flying Fox, Balon Air, Fun Boat, Peternakan, Trampolin, Delman, dan lainnya.

Agar lebih seru, ajaklah teman atau anggota keluarga Anda untuk bersama-sama liburan tahun baru di De Ranch. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 25 ribu rupiah, sedangkan tarif wahana berkisar 25 – 200 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Demikianlah review / ulasan singkat tentang aneka tempat tahun baru di Bandung yang seru, romantis, dan menyenangkan. Apabila sobat traveler punya referensi spot lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya ya. Terima kasih atas kunjungan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here