Pusat Info Wisata Terlengkap

43 Makanan Enak Khas Bandung Yang Paling Hits Dan Terkenal

0 649

Makanan Khas Bandung – Sobat traveler, inilah daftar makanan enak khas Bandung yang hits dan paling terkenal. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kota Bandung merupakan salah satu surganya kuliner enak di Indonesia. Ada banyak camilan dan jajanan tradisional yang unik bisa Anda temui disini.

Setelah Anda selesai menjelajahi berbagai tempat wisata di Bandung bersama keluarga atau pun sahabat, akan lebih asyik bila dilanjutkan mampir ke beberapa pusat kuliner untuk mencicipi ragam hidangan yang lezat. Tak lengkap rasanya jauh-jauh pergi rekreasi ke Bandung tanpa mencicipi makanan khasnya.

Nah, kira-kira apa saja ya aneka makanan khas sunda yang wajib dicoba ketika liburan ke sini? Yuk, simak ulasan dari anekawisata.com berikut ini. Mulai dari makanan berat, ringan, hingga minuman khas ada semua disini, tinggal pilih saja mau mencicipi yang mana.

Daftar Makanan Enak Khas Bandung Yang Hits Dan Terkenal

1. Seblak

seblak Bandung
Ilustrasi seblak Bandung (Foto : IG @dyanov25)

Makanan khas Bandung yang bernama seblak ini cukup populer dikalangan wisatawan dan anak-anak sekolah. Hampir di setiap kota-kota besar di Indonesia saat ini mudah ditemukan penjual seblak. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa itu seblak, baca terus artikel ini ya!

Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus (baca : kerupuk basah) dan dicampur dengan racikan bumbu pedas terdiri dari cabai, bawang putih, garam hingga kencur. Tak hanya itu, biasanya ditambah dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi.

Sebenarnya ada 2 jenis seblak yaitu seblak kering dan seblak basah. Namun, saat ini seblak basah lebih terkenal sebagai kuliner Bandung yang hits dengan beraneka toping, mulai dari bakso, siomay, jamur, brokoli, kwetiauw, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin merasakan seblak enak di Bandung bisa mampir ke Seblak Basah Deu’ Tjenghar Jl. Purnawarman, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung dan Seblak Oces Jl. Tamansari (Depan Unisba). Untuk harga satu porsinya cukup murah meriah sekitar 8 – 12 ribu rupiah.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Ilustrasi Nasi Tutug Oncom (Foto : reseponline.info)

Sesuai dengan namanya, masakan khas Bandung yang satu ini terbuat dari nasi dengan bumbu oncom yang diberi sedikit tepung tapioka (tepung kerupuk) dan diolah dengan cara di bakar. Untuk penyajiannya biasanya Nasi Tutug Oncom dipadukan dengan sambal, kerupuk hingga ditambah sedikit sayuran.

Rasanya yang enak menggoyang lidah membuat Nasi Tutug Oncom banyak digemari oleh masyarakat Jawa Barat. Tak heran, jika hidangan ini pun terkenal juga sebagai salah satu kuliner Bogor yang wajib dicoba.

3. Nasi Timbel

Nasi Timbel
Nasi Timbel komplit dengan lauk (Foto : bukuresep.net)

Ada satu lagi olahan nasi yang unik dan lezat khas Bandung yang tak boleh dilewatkan, yaitu Nasi Timbel. Apa seh Nasi Timbel itu? Nasi ini sebenarnya nasi putih biasa, hanya saja disajikan ketika masih panas dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.

Aroma daun pisang ini lah yang khas banget, terasa seperti berada di pedesaan sunda jaman dulu. Apalagi bila disantap dengan tahu, tempe goreng, ayam goreng, sambal, serta lalapan. Nikmatnya benar-benar maknyus!

4. Karedok

Karedok
Karedok (Foto : via waroengsunda.net)

Nah, kalau karedok tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Karedok cukup populer sebagai makanan khas Jawa Barat termasuk kota Bandung. Karedok terbuat dari bahan-bahan sayuran mentah seperti ketimun, tauge, kol, kacang hijau, daun kemangi dan terong.

Sayuran tersebut lalu dicampur dengan ditambahi saus/bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi. Untuk menemukan keredok tidaklah sulit, Anda tinggal mencari rumah makan sunda di Bandung mesti deh ada menu makanan ini.

5. Lotek

Lotek Macan
Ilustrasi Lotek Macan Bandung yang legendaris (foto : bandung.panduanwisata.id)

Bandung memang terkenal akan loteknya yang ajib banget rasanya. Lotek merupakan makanan yang terdiri dari sayuran segar kemudian di campur dengan bumbu kacang. Sekilas mirip dengan makanan khas Malang yang bernama pecel, namun lotek sepertinya teras lebih manis.

Untuk bumbu kacangnya bisa dibuat dari kacang, terasi, gula merah, dan bawang putih. Lotek biasanya disajikan dengan lontong atau nasi hangat, kerupuk dan bawang goreng. Nah, kalau sudah disajikan lengkap seperti ini, nampak tak berbeda jauh dengan makanan khas Jakarta yang paling terkenal yaitu gado-gado.

6. Mie Kocok

Ilustrasi Mie Kocok Mang Dadeng, salah satu kuliner khas Bandung yang murah meriah dan enak rasanya (foto : ceritaperut.com)
Ilustrasi Mie Kocok Mang Dadeng Bandung (foto : ceritaperut.com)

Bagi Anda penggemar mie, wajib deh nyobain makanan enak khas Bandung yang bernama mie kocok. Seperti apa seh mie kocok itu? Sesuai dengan namannya, mie ini dibuat dengan cara dikocok atau diaduk sebelum disajikan. Bahannya terdiri atas mie, aneka sayuran seperti toge, dan kikil sapi.

Rasanya yang lezat, membuat siapapun akan tergoda untuk menyantap mie yang satu ini. Mie kocok biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak seperti bakso/mie ayam. Namun ada juga penjual berbentuk warung atau rumah makan.

Ada cukup banyak tempat makan mie kocok enak dan terkenal di Bandung yang bisa Anda kunjungi, diantaranya Mie Kocok Mang Dadeng di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No.67 Bandung, Mie Kocok Pak Enco di depan Kartika Sari Kebon Kawung atau Mie Kocok Gakil Jl. Dago No. 113 Bandung.

7. Kupat Tahu

Kupat Tahu Gempol
Kupat Tahu Gempol (Foto : pergidulu.com)

Nah, bagi Anda yang sedang mencari makanan yang enak buat sarapan pagi di Bandung maka Kupat Tahu bisa menjadi pilihan yang tepat. Kuliner yang satu ini terdiri dari kupat (ketupat), tahu goreng dan toge yang sudah direbus. Semuanya lalu disiram dengan bumbu kacang atau petis, kecap, sambal, dan kerupuk.

Jika dilihat dari bumbu kacang/petisnya, setidaknya ada dua jenis kupat tahu yang bisa Anda temui, yaitu kupat padalarang dan kupat tahu yang di Bandung. Kupat tahu Padalarang bumbunya cenderung cair dengan aroma manis dan gurih, sedangkan kupat tahu makanan khas Bandung bumbunya saus kacang sangat kental.

Salah satu penjual kupat tahu paling enak dan terkenal di Bandung berada di kawasan Pasar Gempol. Buka setiap pagi menggunakan gerobak sederhana di ujung gang Gempol. Kupat Tahu Gempol ini terbilang legendaris banget, karena telah berdiri sejak lebih dari 30-an tahun yang lalu.

8. Mochi Es Krim

Mochi Es Krim
Mochi Es Krim (Foto : m.tempo.co)

Makanan unik khas Bandung yang satu ini terbilang baru hits dikenal orang akhir-akhir ini. Mochi Es Krim merupakan modifikasi dari oleh-oleh khas Sukabumi yang bernama kue mochi.

Kalau biasanya kue mochi berisi campuran kacang tanah yang manis maka mochi es krim ini berisi es krim aneka rasa, ada Chocolate, Strawberry, Vanila Blue, Greentea dan Durian. Rasa kenyal dari lapisan mochi ditambah dengan dinginnya es krim yang lembut di lidah, tentu akan memberikan sensasi kelezatan yang luar biasa.

Mochi Es Krim ini dapat Anda cicipi di kedai Mochilok Jalan Sekeloa No.31, Dipatiukur, Sekeloa, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB, kecuali hari Senin sepertinya tutup.

9. Surabi

Surabi Enhaii Bandung
Surabi Enhaii Bandung (Foto : parisvanjava.web.id)

Siapa seh yang tak kenal dengan surabi? Hampir setiap orang tentu mengenal dan bahkan mungkin sering mencicipinya. Surabi bisa dibilang termasuk jajanan tradisional khas Bandung yang paling populer ditengah masyarakat.

Pada mulanya, surabi dibuat dengan bahan dasar tepung kemudian dibakar tungku menggunakan cetakan tanah liat dengan adonan yang cukup tebal. Rasanya pun terbatas, hanya manis dan gurih.

Namun, saat ini surabi telah mengalami modifikasi rasa dengan puluhan varian toping dari toping tradisional hingga modern seperti toping oncom, nangka, keju, coklat, pisang, duren atau sosis.

Untuk menikmati surabi enak di Bandung Anda bisa mampir ke kedai Surabi Imut atau Surabi Enhaii yang merupakan pelopor surabi modern dengan 23 varian rasa. Alamatnya berada di Jalan Setiabudi, kota Bandung.

10. Cilok

Makanan Khas Bandung
Makanan Khas Bandung Cilok Bakar (Foto : bandungview.info)

Jajanan khas Bandung berikutnya yang tak kalah enak adalah cilok. Makanan ini terbuat dari tepung aci atau kanji yang dibentuk bulat lalu seperti baso kemudian dicolok menggunakan lidi. Makanya orang menyebutnya cilok alias aci dicolok.

Bukan hanya tepung aci, cilok biasanya ditambah isian daging cincang atau telur. Untuk penyajiannya dilengkapi dengan kecap dan saus. Ada juga yang dimodifikasi dengan cara dibakar, seperti yang dilakukan oleh kedai Mochilok Bandung.

Cilok biasanya dijajakan oleh penjual menggunakan gerobak atau sepeda. Harganya yang murah meriah dan rasanya yang kenyal enak membuat jajanan ini digandrungi anak-anak sekolah. Bahkan, saat ini cilok Bandung sudah menjamur di berbagai kota-kota besar seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Semarang, dan Yogyakarta.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Murah Meriah

11. Cimol

Cimol
Cimol (Foto : resepdanmasakan.com)

Masih sejenis dengan cilok, ada satu lagi jajanan unik khas Bandung yang lagi hits belakangan ini, yaitu Cimol. Bahan pembuatan cimol masih sama dengan cilok yaitu menggunakan tepung kanji atau aci yang dibentuk bulat seperti bakso.

Bedanya terletak pada cara memasaknya, cilok direbus / kukus sedangkan cimol digoreng. Setelah digoreng, cimol biasanya dicampur dengan bubuk keju, cabai, atau saus kacang tergantung selera. Untuk menikmati kekenyalan cimol, sebaiknya dimakan saat masih hangat.

12. Peuyeum

Peuyeum
Peuyeum (Foto : ensiklopediaindonesia.com)

Anda tentu kenal peuyeum bukan? Makanan yang paling terkenal di Bandung dan Jawa Barat ini cukup familiar dikalangan wisatawan. Sejenis dengan tape, peuyeum cenderung lebih kering sedangkan tape biasanya banyak mengandung air.

Peuyeum dibuat dari bahan baku singkong. Untuk proses pembuatannya sendiri cukup mudah yaitu singkong dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, singkong dikukus hingga matang, setelah matang kemudian tunggu hingga benar-benar dingin untuk ditaburi dengan ragi dan disimpan di wadah yang tertutup sekitar dua sampai tiga hari.

Rasanya yang manis dan empuk dilidah, membuat peuyeum cocok disajikan untuk camilan disaat waktu senggang ditemani teh hangat pahit. Makanan ini juga bisa digoreng seperti pisang goreng dengan ditambahi berbagai toping seperti keju atau coklat.

Selain rasanya yang lezat, harganya juga murah serta bisa tahan cukup lama hingga beberapa hari. Jadi, tak mengherankan bila banyak wisatawan yang berburu peuyeum sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga dan sanak saudara di rumah.

13. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca
Ulukutek Leunca (Foto : bukumasakan.com)

Ulukutek Leunca merupakan makanan khas Sunda yang lumayan populer di Kota Bandung. Namanya memang terdengar agak kurang familiar, namun bagi Anda yang suka banget makan di restoran sunda tentu akan bisa mengenali makanan yang satu ini.

Ulukutek Leunca terbuat dari campuran buah leunca dan oncom yang dimasak dengan bahan lain sesuai selera. Rasanya renyah, gurih, pahit, dan ada pedasnya. Pas banget bila disantap dengan nasi putih hangat dan sambel terasi.

14. Tahu Jablay

Tahu Jablay
Tahu Jablay (Foto : sajianistimewa.com)

Tak hanya Sumedang yang terkenal akan tahunya, kota Bandung juga punya tahu yang tak kalah enak. Namanya Tahu Jablay, unik bukan? Camilan ini berupa tahu yang dipotong bentuk kotak kecil-kecil lalu digoreng dengan diberi tepung crispy.

Tahu Jablay akan lebih nikmat dimakan ketika masih hangat dan diberi bubuk cabai dengan rasa BBQ atau keju. Harganya pun murah meriah, biasanya dibanderol sekitar 3 ribuan per porsi.

15. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Lembang (Foto : infobdg.com)

Satu lagi tahu enak di Bandung yang tak boleh dilewatkan, yaitu Tahu Susu Lembang. Gerai tahu khas Lembang terletak di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Kabupaten Bandung Barat.

Sesuai namanya, Tahu Susu Lembang diolah dengan cara mencampurkan kedelai dengan susu sehingga rasanya menjadi lebih gurih, lebih lembut, dengan isian yang padat. Selain Tahu Susu, ada juga Tahu Mentega yang diolah dengan menggunakan margarin dan garam tanpa susu.

Harganya cukup murah, hanya sekitar 15 ribuan per 10 buah tahu. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya! Rasanya yang enak dengan harga terjangkau, membuat banyak wisatawan yang berburu tahu ini untuk buah tangan ketika liburan di Kawasan Lembang Bandung.

16. Siomay

Siomay
Siomay (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Makanan khas Bandung yang cukup populer dikalangan wisatawan selanjutnya adalah siomay. Anda mesti tahukan tentang jajanan yang satu ini? Siomay mudah sekali ditemukan di berbagai kota seluruh Indonesia, namun siomay Bandunglah juaranya!

Siomay khas Bandung biasanya terbuat dari daging ikan lalu dicampur dengan sagu. Untuk pelengkap biasanya disajikan bersama tahu, kentang, dan kubis atau kol. Semua bahan tersebut dikukus lalu diiris dan disiram dengan sambal kacang yang legit. Bisa ditambahkan saus, sambal, atau pun kecap untuk menikmatinya.

Karena sering dicampur dengan tahu, maka banyak juga yang menyebut siomay dengan sebutan baso tahu. Nah, buat Anda yang ingin menikmati siomay enak di Bandung bisa mampir ke kedai Bakso Tahu Mang Ade di Jalan Ternate atau Baso Tahu Tulen di Jalan Situ Indah, Pagarasih Barat.

17. Batagor

Batagor Bandung
Batagor Bandung (Foto : klikhotel.com)

Selain siomay, batagor alias baso tahu goreng khas Bandung juga sangat terkenal akan kelezatannya. Mirip dengan siomay, batagor juga dibuat dengan menggunakan campuran tahu, adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka. Namun, batagor tidak dikukus, melainkan digoreng.

Cara menghidangkannya pun sama, setelah matang digoreng, lalu dipotong-potong dan disiram dengan sambal kacang. Biasanya juga ditambah sambal, saus, dan kecap sesuai dengan selera orang yang makan.

Rasanya yang renyah diluar dan kenyal serta lembut di bagian dalamnya, membuat kuliner ini digemari banyak wisatawan. Untuk menikmati batagor enak di Bandung tidaklah sulit, karena banyak penjual batagor disini. Anda bisa mampir ke Batagor Ihsan, Batagor Riri atau Batagor Kingsley.

18. Basreng (Bakso Goreng)

Basreng Bakso Goreng
Basreng / Bakso Goreng (Foto : juraganilmu.blogspot.co.id)

Kalau kuliner Malang terkenal akan bakso bakarnya, maka Bandung juga punya makanan khas sejenis itu, namanya Basreng atau Bakso Goreng. Seperti halnya baso pada umumhya, basreng dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging tapi daging ikan tenggiri.

Baso yang sudah jadi tersebut kemudian digoreng dan dikasih bumbu tanpa kuah. Bumbunya beraneka rasa mulai dari keju, asin, pedas, hingga manis. Rasanya memang agak keras, namun enak di lidah. Makanan unik dan sederhana ini bisanya dibanderol dengan harga Rp.1.000,- sampai Rp.3.000,-.

19. Gehu Jeletot

Gehu Jeletot
IIustrasi Gehu Jeletot (Foto : yagamiramenhouse.com)

Gehu merupakan makanan khas Bandung yang berupa tahu dimana didalamnya diisini dengan toge lalu digoreng dengan dilapisi tepung crispy. Rasanya renyah dan gurih! Harganya pun murah meriah sekitar 2 ribu rupiah per buah, tergantung isiannya.

Saat ini, isian didalam gehu sudah cukup bervariasi tidak hanya toge, melainkan ada tambahan kol, bihun, wortel, hingga daging cincang dan udang. Bahan-bahan tersebut biasanya ditumis terlebih dahulu dengan bumbu rempah dan cabai sebelum dimasukkan ke dalam tahu.

20. Keripik Setan

Keripik Maicih
Keripik Maicih (Foto : maicih.co.id)

Mirip dengan keripik balado yang rasanya pedas, camilan khas Bandung yang bernama Keripik Setan pun demikian adanya. Keripik Setan terbuat dari singkong lalu diberi bumbu cabai yang pedas.

Ada banyak merek dagang yang menjual keripik jenis ini, namun yang paling terkenal dan hits adalah Keripik Maicih yang biasanya punya beberapa level tingkat kepedasan. Nah, bagi Anda penggemar makanan pedas, wajib deh nyobain keripik yang satu ini.

Selain Maicih, ada juga Keripik Karuhun yang tak kalah pedas. Dengan moto “Resep Jadul Rasa Gaul”, Keripik Karuhun menjadi camilan favorit para penyuka pedas. Keripik ini biasanya dijual di dalam mobil dan tidak menetap pada satu tempat saja.

Baca Juga : 36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Bandung Recommended

21. Pisang Coklat (Piscok)

Pisang Coklat Piscok
Pisang Coklat / Piscok (Foto : masakmemasak.com)

Satu lagi camilan enak khas Bandung yang tak boleh dilewatkan begitu saja, namanya Pisang Coklat (Piscok). Sesuai dengan namanya, Piscok terbuat dari pisang yang dilumuri coklat lalu dibungkus kulit lumpia dan digoreng.

Rasanya yang manis, gurih, dan lembut didalamnya membuat siapapun akan tergoda dengan Piscok. Paling enak disantap saat masih hangat dengan ditemeni segelas teh pahit. Apalagi saat cuaca sedang dingin atau hujan, akan semakin nikmat.

22. Bandros

Bandros
Bandros (Foto : cookpad.com)

Bandros adalah jajanan khas Bandung yang paling populer dikalangan masyarakat, terutama anak-anak. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu tepung terigu yang di adoni dengan santan kelapa, lalu di masak di atas cetakan cekung. Setelah matang, baru dihidangkan dengan diberi taburan kelapa parut.

23. Gepuk

Oleh-oleh khas Bandung Gepuk Nyonya Ong
Gepuk Nyonya Ong Bandung (Foto : anekatempatwisata.com)

Gepuk ini sebenarnya makanan khas Jawa Barat namun cukup terkenal juga di kota Bandung dan sekitarnya. Jadi, tak ada salahnya bila dimasukkan dalam list makanan ini. Gepuk sendiri merupakan makanan dengan bahan dasar daging sapi dengan rasa sedikit manis dan gurih dilidah.

Gepuk dibuat dengan cara mengiris daging sapi secara searah dengan serat daging. Setelah diiris, daging tersebut direbus setengah matang lalu dipukul hingga sangat lembut. Langkah berikutnya yaitu merendam daging dengan bumbu dan santan lalu merebusnya kembali.

Setelah bumbu dan santan meresap ke dalam daging, baru diangkat dan tiriskan. Langkah terakhir adalah menggorengnya dengan sedikit minyak lalu hidangkan dengan nasi putih hangat dan sambal. Lezat banget deh rasanya!

24. Cireng

Cireng Bandung
Cireng Bandung (Foto : blog.misteraladin.com)

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Ya, makanan khas Bandung ini memang dibuat dengan cara mencampurkan tepung kanji (aci), terigu, merica bubuk, garam, bawang putih, daun bawang, dan air menjadi satu. Setelah dicampur hingga membentuk adonan, lalu digoreng dengan minyak.

Seiring dengan perkembangan jaman, cireng telah mengalami inovasi berupa tambahan isian yang cukup bervariasi mulai dari sosis, keju, ayam, sampai daging. Cireng Bandung paling enak disantap saat masih hangat dengan ditemani saus, sambal, atau kecap.

25. Colenak

Colenak
Colenak (Foto : halhalal.com)

Salah satu makanan enak khas Bandung yang cukup legendaris adalah colenak alias “dicocol enak”. Lalu, apa seh colenak itu? Colenak sebenarnya peuyeum atau tape yang dibakar lalu disiram dengan campuran gula jawa cair dan parutan kelapa.

Konon kabarnya, colenak ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Hingga saat ini colenak masih menjadi camilan yang disukai oleh masyarakat. Untuk rasa colenak sendiri telah mengalami modifikasi, ada rasa nangka atau durian.

26. Perkedel Bondon

Perkedel Bondon
Perkedel Bondon (Foto : infobdg.com)

Tak kalah populer dengan colenak, perkedel bondon juga sangat familiar di kota Bandung dan sekitarnya. Makanan yang dikenal sejak tahun 1970-an ini biasanya santap dengan sambal merah bumbu terasi. Rasanya tidak begitu pedas, dan terasa aroma ikannya. Perkedel yang kering tersebut dicocol ke sambal.

Hampir sama dengan perkedel pada umumnya, perkedel bondon mempunyai kelebihan berupa dimasak / digoreng di atas tungku arang/api. Jadi, akan memberikan rasa yang khas banget. Harganya pun cukup murah, sekitar 2 ribuan per buah.

Untuk mencicipi kelezatan perkedel ini, Anda bisa mengunjungi warungnya di Stasiun Hall Bandung Jalan Stasiun Timur 1 dan Jalan Kebon Kawung No 43, Bandung. Tempat kuliner malam Bandung ini buka mulai pukul 22.00 – 04.00 WIB.

27. Combro

Combro
Combro (Foto : katalogkuliner.com)

Combro termasuk jajanan unik khas Bandung yang sudah menyebar ke beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bogor. Kuliner khas yang satu ini terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulat dan didalamnya diisi dengan sambal oncom, kemudian digoreng.

Makanan yang sering juga disebut comro atau gemet ini rasanya gurih pedas, dan paling nikmat disantap ketika masih hangat. Untuk mencicipi combro enak di Bandung, Anda dapat mengunjungi Combro Ma Iying yang membuka lapak dekat Hotel Lodaya, daerah Palasari, Bandung.

28. Comring

Comring
Comring (Foto : mobile.fourlook.com)

Bandung memang kaya akan jajanan dan camilan unik yang menggugah selera makan setiap orang. Salah satunya adalah comring. Apa seh comring itu?

Comring merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung tapioka, bawang daun, bawang merah, dan berbagai bumbu lainnya. Campuran adonan tersebut kemudian di cetak berbentuk bulat lalu dipipihkan dan dijemur hingga kering.

Setelah benar-benar kering barulah digoreng. Rasanya yang gurih dan renyah membuat comring digemari banyak orang untuk camilan saat waktu senggang. Bagi Anda penyuka pedas, ada juga comring pedas yang bisa Anda coba.

29. Moring

Moring
Ilustrasi Moring (Foto : kknmunpadmekarjaya2013.blogspot.co.id)

Anda tahu cimol bukan? Nah, cimol ini ternyata ada jenis lainnya, yaitu cimol kering alias moring. Moring dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka dengan campuran berbagai macam bumbu. Rasanya pun beragam, ada pesan dan asin.

Bentuknya yang pipih mirip keripik, membuat banyak orang menyebutnya dengan nama keripik moring. Biasanya moring disantap untuk teman mie instan kuah, sebagai lauk saat makan nasi, atau pun dicamil langsung.

30. Misro

Misro
Misro (Foto : dapurkita.my.id)

Misro mirip dengan combro, keduanya terbuat dari singkong yang diparut lalu digoreng. Yang membedakannya adalah isi didalamnya. Kalau combro berisi sambal oncom, misro berisi gula jawa /gula merah. Dengan cita rasa manis, misro pas banget dinikmati saat masih hangat, apalagi pas lagi hujan atau cuaca dingin.

Baca Juga : 25 Tempat Nongkrong Di Bandung Yang Asik Dan Enak

31. Rujak Cuka

Rujak Cuka
Rujak Cuka (Foto : definitelyourlove.wordpress.com)

Rujak Cuka ini sekilas mirip dengan makanan khas Bogor yang bernama asinan. Rujak ini terbuat dari aneka macam sayuran dan buah-buahan lalu diberi bumbu rujak serta cuka agar aroma lebih sedap. Rasanya tentu saja segar dimulut dengan rasa asam campur pedas yang maknyus.

32. Wajit Cililin

Wajit Cililin
Wajit Cililin (Foto : oleholehkhasbandung.com)

Ketika Anda singgah di toko oleh-oleh khas Jawa Barat biasanya akan menemukan sebuah makanan yang terbungkus oleh daun buah jagung kering. Nah, jajanan tersebutlah yang namanya Wajit Cililin.

Wajit ini memang berasal dari daerah Cililin, Kabupaten Bandung Barat, sehingga terkenal dengan sebutan Wajit Cililin. Rasanya manis dengan tekstur lengket, karena memang terbuat dari campuran gula merah, beras ketan, dan kelapa yang dimasak.

33. Tutut

Tutut Bandung
Ilustrasi Tutut Bandung (Foto : via fokusjabar.com)

Satu lagi makanan unik khas Bandung yang wajib dicoba karena rasanya enak menggoyang lidah. Namanya adalah tutut. Lalu, apakah tutut itu? Tutut merupakan sejenis keong yang biasanya hidup dipersawahan dengan ukuran dari kecil hingga besar.

Biasanya tutut dimasak dengan bumbu yang pedas ditambah daun salam dan sereh agar bau amis dalam tutut itu sendiri hilang. Ada juga yang memasak tutut dengan cara disayur bumbu kuning, dengan atau tanpa santan.

Untuk menyantap tutut, Anda bisa menggunakan tusuk gigi untuk mengambil daging keongnya atau disedot satu-satu agar keluar dari cangkang. Ada lumayan banyak penjual tutut enak di Bandung yang bisa Anda kunjungi, seperti Tutut Mang Oded, Rumah Sosis Lembang, atau pun Saung Bu Ai Punclut.

34. Bandrek

Minuman Bandrek
Minuman Bandrek (Foto : pastrytandatanya.com)

Selain makanan yang enak, kota Bandung dan sekitarnya juga terkenal akan minuman khas-nya yang bisa menghangatkan tubuh. Salah satunya adalah bandrek. Minuman tradisional sunda ini terbuat dari jahe, gula merah, dan rempah-rempah.

Bandrek cocok disajikan saat malam hari atau cuaca dingin karena bisa membuat badan Anda menjadi hangat. Saat ini, bandrek telah mengalami inovasi dengan tambahan bahan seperti serai, merica, telur ayam kampung, hingga susu sapi sesuai selera.

35. Bajigur

Bajigur
Ilustrasi Minuman Bajigur (Foto : via hello-pet.com)

Satu lagi minuman khas Bandung yang nikmat dikonsumsi saat cuaca dingin, yaitu bajigur. Minuman ini terbuat dari gula aren dan santan yang direbus dengan tambahan sedikit jahe, vanili, serta garam.

Anda dapat menemukan penjual wedang / minuman bajigur di pinggiran jalan kota Bandung yang menjajakannya dengan menggunakan gerobak. Untuk menambah kenikmatan, biasanya bajigur dihidangkan dengan pisang rebus, ubi rebus, dan kacang rebus.

36. Es Goyobod

Es Goyobod
Es Goyobod (Foto : situkangmasak.com)

Nah, kalau minuman khas yang menyegarkan ini cocok sekali untuk menu buka puasa di Bandung saat Ramadhan. Es Goyobod terbuat dari olahan tepung sagu aren yang diolah seperti agar-agar. Lalu dicampur dengan sekoteng, alpukat, santan kelapa, es serut, sirup gula, susu kental manis dan tambahan roti sebagai pelengkap.

37. Es Lilin

Es Lilin
Es Lilin (Foto : infobdg.com)

Es lilin bisa dibilang ikonnya minuman dingin khas sunda, bahkan ada lagunya lho! Es ini dibuat dari campuran santan, gula dan susu. Namun, saat ini es lilin memiliki bermacam-macam rasa seperti strawberry, melon, dan leci.

38. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen Kartika Sari
Pisang Bollen Kartika Sari (Foto : olx.co.id)

Buat Anda yang ingin mencari toko oleh-oleh di Bandung yang recommended maka Kartika Sari menjadi pilihan yang tepat. Toko ini terkenal dengan makanan berupa Pisang Bollen dengan berbagai rasa mulai dari coklat, keju, hingga kacang hijau.

Pisang Bollen ini bisa Anda dapatkan melalui toko Kartika Sari yang tersebar luas di seluruh wilayah Bandung, seperti di Jl H Akbar No 4, Jl Ir H Juanda, Jl Terusan Jakarta, Jl Buah Batu, Dago dan masih banyak lagi. Setiap Toko Kartika Sari dibuat senyaman mungkin dengan penataan ruangan yang menarik.

39. Brownies Amanda

Brownies Amanda
Brownies Amanda (Foto : amandabrownies.co.id)

Selain Pisang Bollen-nya Kartika Sari, ada satu lagi kue yang populer di kota Bandung yaitu Brownies Amanda. Banyak orang menyukai Brownies Amanda karena memiliki tekstur yang lembut dan rasanya enak. Bahkan, saking terkenalnya, saat ini telah banyak cabang Brownies Amanda di kota-kota lain seperti Jakarta dan Yogyakarta.

Untuk mendapatkan brownies ini, Anda bisa datang ke Toko Brownies Amanda di kawasan Dago, tepatnya sebelah Hotel Royal Dago. Ada berbagai varian rasa yang bisa dipilih antara lain brownies keju, blueberry atau pandan.

40. Martabak Bandung

Martabak Andir rasa pandan jagung keju
Ilustrasi Martabak Andir Bandung rasa pandan jagung keju (Foto : anakjajan.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan kelezatan martabak Bandung? Rasanya yang manis dan lembut di mulut dengan berbagai toping rasa, membuat setiap orang ingin menikmatinya.

Ada banyak penjual martabak yang bisa Anda temui disini. Namun, ada 2 tempat makan martabak enak di Bandung yang wajib dikunjungi yaitu kedai Martabak Nikmat Andir dan Martabak Tropica.

Baca Juga : 20 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik Dan Enak

41. Es Cendol Elizabeth

Es Cendol Elizabeth
Es Cendol Elizabeth (Foto : IG @kulinerbandung)

Kalau cuaca sedang panas terik, paling enak tentu saja menikmati segelas es cendol Elizabeth khas Bandung yang menyegarkan sekali. Minuman khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau daun suji yang disajikan dengan santan dan gula merah cair.

Es Cendol Elizabeth bisa dibilang juaranya es cendol enak di Bandung. Konon, es cendol yang sudah dirintis sejak tahun 1984 ini menggunakan bahan-bahan alami pilihan yang berkualitas tanpa bahan kimia buatan. Anda dapat menikmati segelas es cendol Elizabeth dengan mengunjungi kedainya di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung.

42. Oncom

Oncom
Ilustrasi Oncom (Foto : agsfood.net)

Oncom merupakan salah satu makanan khas daerah Jawa Barat yang cukup populer di kota Bandung. Makanan ini terbuat dari hasil fermentasi kedelai lalu biasanya digoreng, dibuat sambal, atau buat campuran masakan. Rasanya yang enak dan khas banget, membuat banyak orang menyukai oncom.

43. Nasi Kalong

Nasi Kalong
Nasi Kalong (Foto : kompasiana.com)

Sesuai dengan namanya, nasi khas Bandung yang satu ini memang hanya bisa ditemui saat malam hari. Nasi Kalong terbuat dari beras merah, bumbu seperti daun salam, cabai, bawang, dan diberi kluwek sehingga warnanya menjadi hitam. Mirip dengan warna salah satu makanan khas Jawa Timur yaitu rawon.

Nasi Kalong biasanya disajikan dengan tumis buncis bakar, ayam goreng madu, dan sambal. Untuk mencicipi nasi enak ini, Anda bisa langsung ke warungnya di Jalan Letnan Laut Raden Eddy Martadinata No.102, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung. Jam buka mulai pukul 19.00 – 01.00 WIB.

Nah, itu dia aneka makanan enak khas Bandung yang wajib dicoba saat liburan di kota ini. Bagaimana sobat traveler? Enak dan menggugah selera makan bukan? Oya, barangkali ada tambahan daftar makanan dari Anda, bisa menuliskannya melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.