37 Tempat Sarapan Pagi Yang Enak Dan Murah Di Bandung Harga Kaki Lima

0 9,649

Sarapan Di Bandung – Inilah daftar rekomendasi tempat sarapan pagi yang paling enak dan murah di Bandung dengan harga kaki lima. Makan di pagi hari sangatlah penting untuk mendapatkan energi awal sebelum memulai berbagai aktivitas seperti bekerja atau pun liburan.

Untuk menu sarapan pagi, sebenarnya tidaklah perlu mahal, cukup menyantap seporsi bubur ayam atau pun kupat tahu saya kira sudah cukup. Nah, bagi Anda yang kebetulan sedang berada di kota Bandung, Aneka Wisata telah menyiapkan list tempat makan enak yang bisa dijadikan rujukan untuk sarapan.

Daftar Tempat Sarapan Pagi Yang Enak Dan Murah Di Bandung Harga Kaki Lima

1. Kupat Tahu Gempol

Siapa seh yang tak kenal dengan Kupat Tahu Gempol? Kuliner enak di Bandung ini sungguh sangat pas buat menu sarapan pagi Anda. Seporsinya berisi tahu, ketupat, kecambah, bumbu kacang dan kerupuk merah. Tekstur tahunya lembut, ketupatnya empuk, serta bumbu kacangnya terasa lembut legit.

Mantul deh, apalagi ditambah kerenyahan krupuk merah nan gurih. Harga seporsi kupat tahu disini sekitar 17 ribu rupiah. Warung legendaris ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1975. Lokasinya berada di Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 12.00 WIB.

2. Lontong Kari Kebon Karet

Tempat-Sarapan-Pagi-Di-Bandung
Tempat Sarapan Pagi Di Bandung : Lontong Kari Kebon Karet (Foto : instagram @lontongkarikebonkaret)

Aroma lontong kari memang begitu menggoda selera makan. Gurihnya kuah kari dan lembutnya tektur lontong sungguh sangat nikmat sebagai menu sarapan di pagi hari. Salah satu penjual lontong kari legendaris di Bandung yang wajib Anda coba adalah Lontong Kari Kebon Karet.

Meskipun berada di dalam gang, kelezatan lontong karinya cukup populer dikalangan masyarakat. Bahkan, kabarnya beberapa artis ibu kota juga pernah mampir ke sini. Seporsi Lontong Kari Kebon Karet berisi irisan lontong, tetelan, daging sengkel tanpa lemak, kacang, bawang goreng, telur, kentang rebus, acar mentimun, sambal, jeruk limau dan emping.

Seporsi lontong kari di sini dibanderol sekitar 22 ribu rupiah. Alamatnya berada di Gang Kebon Karet, Jl. Otto Iskandar Dinata (Otista), Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.

3. Warung Bu Eha

Warung Bu Eha selama ini dikenal sebagai ikonnya kuliner Bandung murah meriah dan enak. Menu makanan yang disajikan khas Sunda banget, dari mulai daging gepuk, rendang daging sapi, perkedel kentang, kepala kakap, ikan goreng, ayam goreng, tempe, hingga tahu.

Tersedia juga pepes telur asin, pepes ikan mas, pepes jamur, sayur urap atau daun singkong rebus, sambal dadak, sambal leunca dan sambal karedok. Rasa masakan Warung Bu Eha benar-benar enak dan otentik. Harganya pun ramah dikantong, sekitar 6 – 30 ribu rupiah (tergantung lauk).

Lokasi Warung Bu Eha berada di dalam Pasar Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 15.00 WIB (Minggu tutup). Warung makan legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1947 ini, kabarnya dulu menjadi langganan Inggit Garnasih, istri kedua Presiden Soekarno.

4. Surabi Cihapit

Buat Anda yang ingin sarapan dengan makanan ringan, Surabi Cihapit bisa menjadi pilihan tepat. Kuliner kaki lima legendaris ini menyajikan kue surabi tradisional dengan toping aneka rasa, mulai dari oncom, gula merah, keju, cokelat, pisang, kismis, ayam, sosis, telur, atau pun kombinasi.

Rasanya yang gurih dan enak, membuat jajanan khas Bandung ini pas banget buat pengisi perut saat pagi hari. Harganya pun murah meriah, berkisar 5 – 10 ribu rupiah per buah (tergantung toping). Lokasi warung Surabi Cihapit terletak di Jl. Cihapit, Cihapit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 12.00 WIB.

5. Warung Taru

Ingin sarapan pagi sambil menikmati keindahan alam? Datang saja ke Warung Taru di Jl. Ir. H. Juanda No.437, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB. Dengan interior serba kayu, Anda akan benar-benar merasakan suasana tradisional.

Di sini, Anda bisa bersantap pagi dengan menu makanan tradisional dari mulai camilan seperti tahu goreng bumbu, pisang goreng, bala-bala, mendoan, roti bakar, hingga makanan berat misalnya bubur ketan hitam, nasi uduk, nasi kuning, nasi liwet, nasi pincuk, dan soto ayam. Untuk range harga berkisar 8 – 50 ribu rupiah, tergantung jenis menu beserta jumlah makanan yang Anda pesan.

6. Nasi Kuning Sumur Bandung

Sebelum Anda menjelajahi aneka wisata Bandung yang cukup banyak, ada baiknya mengisi perut terlebih dahulu dengan sarapan Nasi Kuning Sumur Bandung. Lokasi warungnya terletak di Jl. Sumur Bandung, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 05.00 – 10.00 WIB (Minggu tutup).

Citas rasa Nasi Kuning Sumur Bandung sungguh lezat dengan pilihan lauk lumayan banyak, hingga 10 macam. Seporsi nasi kuning dengan toping bihun goreng, telur dadar, acar, bawang goreng, sambal, ati ampela, dan daging giling bakalan membuat Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas. Harga mulai sekitar 9 ribu rupiah (tergantung lauk).

7. Warung Utem

Spot sarapan pagi enak di Bandung berikutnya adalah Warung Utem. Lokasinya berada di Depan Gor Saparua, Jl. Ambon, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB (Senin tutup).

Warung tenda kaki lima ini menyediakan menu sarapan berupa nasi kuning, lontong kari, bubur ayam, dan kupat tahu dengan harga murmer, sekitar 11 – 15 ribu rupiah per porsinya. Nasi kuning Warung Utem memiliki toping lumayan komplit, dari mulai risan telor dadar, abon sapi, kering tempe, ikan teri, timun, sambal, hingga kerupuk.

8. Sate Jando

Menikmati kuliner pagi Bandung tentu belum lengkap tanpa mencicipi Sate Jando racikan Ibu Sri Rejeki. Lokasinya berada di Jalan Cimandiri, tepatnya belakang Gedung Sate atau di Depan Gedung Fakuktas Ekonomi Unpad.

Tapi, untuk mencicipinya, Anda harus rela antri ya! Apalagi pas hari minggu, biasanya pembeli antri panjang mengular. Seporsi Sate Jando berisi 10 tusuk sate, potongan lontong, dan siraman bumbu kacang / sambal kacang. Harganya sekitar Rp.24.000,-, Anda juga bisa pesan setengah porsi dengan harga Rp.15.000,-.

Selain Sate Jando, tersedia juga sate ayam dan sate sapi. Keduanya sama-sama memiliki cita rasa enak, dagingnya empuk saat digigit. Warung sate pinggir jalan ini buka mulai pukul 05.00 WIB – Habis. Bila Anda kebetulan sedang berolahraga pagi di Lapangan Gasibu, bisa mampir ke sini.

9. Bubur Ayam Mang H. Oyo

Bubur Ayam Mang H. Oyo termasuk salah satu tempat sarapan di Bandung yang recommended untuk Anda kunjungi. Lokasinya terletak di Jl. Sulanjana No.30, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 14.00 WIB. Warung bubur ini menyediakan menu makanan bubur ayam komplit, ati ampela, telur, cakwe, dan polos.

Tekstur buburnya begitu kental, bahkan katanya jika mangkok dibalik, maka bubur di dalamnya tidak akan tumpah. Bubur racikan warung Mang H. Oyo tak memakai kuah, namun rasanya enak dan gurih. Harga seporsi dibanderol sekitar 18 – 23 ribu rupiah (tergantung lauk).

10. Lontong Sayur Padang Dipatiukur

Buat Anda yang kangen dengan masakan minang, bisa mampir sarapan di Lontong Sayur Padang Dipatiukur. Lokasinya di Jalan Dipatiukur II, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung. Jam buka sekitar pukul 09.00 WIB – Habis. Meskipun hanya berupa warung tenda kaki lima sederhana, namun cita rasa lontongnya begitu lezat.

Seporsi lontong sayur padang berisi potongan lontong, sayur nangka, telur, dan kerupuk merah. Rasanya cenderung gurih pedas, tersedia juga keripik singkong dan sambal. Harga seporsi lontong sayur sekitar 8 – 10 ribu rupiah.

Baca Juga :

11. Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo

Kupat Tahu biasanya identik dengan kuliner Magelang Jawa Tengah, namun makanan ini juga bisa Anda temukan di daerah Bandung Jawa Barat. Anda bisa mampir ke warung Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo untuk merasakan seporsi kupat tahu nan lezat.

Hampir sama dengan kupat tahu khas Magelang, kupat tahu disini berisi tahu goreng, ketupat, tauge rebus, telur rebus, dan kuah sambal kacang. Harga seporsinya sekitar 12 – 15 ribu rupiah.

Warung Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo cukup terkenal sebagai salah satu spot sarapan di Bandung yang enak. Jadi, siap-siap kalau misalnya harus antri ya gaes! Lokasinya terletak di Jl. Cicendo No.21, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB.

12. Bubur Ayam Jalaprang

Tak sulit mencari bubur ayam enak di Bandung untuk menu sarapan pagi. Anda tinggal mampir saja ke warung Bubur Ayam Jalaprang yang kabarnya sudah memiliki 17 cabang. Banyak banget bukan?

Kenikmatan Bubur Ayam Jalaprang memang cocok untuk menemani makan pagi Anda. Untuk toping, Anda bisa menambahkan suwiran daging ayam, cakue, ati ampela, telur, atau pun pangsit goreng. Lokasinya terletak di Jl. Jalaprang No.36, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

13. Sate Hadori

Buat Anda penggemar olahan daging kambing, wajib deh mampir ke warung Sate Hadori. Pasalnya, daging sate kambingnya benar-benar empuk, potongannya pun besar-besar. Mantul banget deh buat santap pagi Anda. Bila tak suka daging kambing, tersedia juga sate ayam dan daging sapi.

Warung sate paling enak di Bandung ini terkenal legendaris karena berdiri sejak tahun 1940. Bahkan, beberapa pejabat juga pernah mampir ke sini lho. Oya, ada satu menu favorit di sini yang wajib dicoba, yaitu sate sineureut / sinereut. Sate tersebut memakai daging kambing has dalam sehingga sangat empuk.

Lokasinya terletak di belakang stasiun Bandung pintu Selatan atau tepatnya di dalam terminal Stasiun Hall. Tepatnya di Jl. Stasion Selatan atau Jl. Kebon Jati No.11-12, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 03.00 WIB.

14. Soto Ojolali

Belum lengkap rasanya sarapan di Bandung tanpa menikmati Soto Ojolali yang legendaris. Berbeda dengan soto khas Betawi dengan kuah santan, soto ini berkuah bening. Di dalamnya terdapat potongan daging sapi, irisan lobak, taburan kacang kedelai, daun kemangi.

Seporsi Soto Ojolali dibanderol sekitar 29 ribu rupiah. Kuah gurihnya benar-benar enak, pas banget disantap bersama sepiring nasi putih. Alamatnya terletak di Jl. Cibadak No.79-81, Karanganyar, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

15. Bubur Ayam Gibbas

Bubur ayam yang satu ini porsinya mantap banget gaes, toping suwiran ayamnya luber tumpah-tumbah. Anda bisa memilih topping sesuai selera, dari mulai telor biasa, telor muda, ati, ampela, kulit, dan cakwe. Harga seporsi bubur ayam komplit sekitar 22 ribu rupiah.

Buat Anda yang tak suka porsi banyak, bisa memesan bubur setengah porsi. Alamat kedai Bubur Ayam Gibbas terletak di Jl. Kebon Jati No.187, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 05.30 – 11.00 WIB dan 16.00 – 00.00 WIB.

16. Kue Ape Family

Kue Ape atau dikenal dengan nama serabi Jakarta merupakan makanan khas Betawi yang enak untuk camilan pengisi perut di pagi hari. Untuk mencicipi kue tradisional ini, Anda tak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta karena di sekitar Jl. Wira Angun Angun Bandung (Depan Baso Arief), terdapat penjual Kue Ape recommended.

Meskipun dijajakan memakai gerobak, namun rasa kuenya terbilang enak dengan variasi rasa bermacam-macam, dari mulai pandan, vanilla, taro, dan banana (pisang). Harganya pun murah meriah, sekitar 10 ribu rupiah untuk 8 buah Kue Ape Family.

17. Kolak Campur Ibu Sari

Menu sarapan di Bandung sungguh sangat beraneka ragam, dari mulai makanan berat hingga jajanan ringan ada semua. Nah, jika Anda ingin makan pagi dengan makanan ringan, maka mampirlah ke warung Kolak Campur Ibu Sari. Disini, tersedia bubur sumsum, candil, dan kolak nan lezat.

Rasanya yang enak, gurih, dan manis tentu sangat pas buat menu sarapan pagi. Harganya pun murah meriah, seporsi sekitar 8 ribu rupiah. Alamat warung Ibu Sari terletak Jl. Karawitan No.17-21, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.30 WIB.

18. Kembang Tahu Alkateri

Jika kuliner Jogja punya wedang tahu Ibu Sukardi, maka Bandung Kembang Tahu Alkateri. Lokasinya persis berada di depan Warung Kopi Purnama, Jl. Alkateri No.22, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tekstur tahu yang lembut bercampur dengan kuah jahe hanget, bakal membuat tubuh Anda menjadi lebih segar di pagi hari. Pas banget disantap saat pagi hari atau pun kala dingin melanda. Harga semangkoknya murmer banget, 8 ribu rupiah per porsi.

19. Bubur Ayam Kang Dedi

Sarapan bubur ayam di pagi hari memang terasa begitu nikmat. Apalagi jika menyantap semangkok bubur ayam racikan Kang Dedi, hmmm… mantap banget gaes! Buburnya terasa gurih, semakin lezat dengan tambahan suwiran ayam, cakwe, ati ampela, dan kerupuk.

Seporsi bubur ayamnya dibanderol dengan harga sekitar 15 ribu rupiah. Kedai gerobak kaki lima Bubur Ayam Kang Dedi terletak di Jl. Jend. Sudirman No.71, Karanganyar, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat (seberang Restoran Phoenix dan Gudeg Capitol). Jam buka mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB.

20. Bubur Ayam H Amid

Bubur ayam legend dari Bandung ini memang benar-benar bikin kenyang. Porsi dan topingnya ekstra banyak alias melimpah tumpah-tumpah. Sekali makan, sepertinya bakal membuat perut Anda kenyang hingga siang. Cocok banget buat tempat sarapan di Bandung saat pagi hari.

Seporsi bubur ayam special dibanderol dengan harga sekitar 19 ribu rupiah. Isian buburnya terdiri dari bubur putih lembut, daging ayam, ati ampela, telur rebus, cakwe, seledri, dan bawang goreng. Lokasi warung Bubur Ayam H Amid berada di Jl. Pajajaran No.105, Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 05.00 – 23.00 WIB.

Baca Juga :

21. Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir merupakan salah satu tempat makan di Bandung dengan menu masakan vegetarian dan disajikan secara prasmanan ala warteg. Anda tinggal pilih mau menu apa, nanti pelayan akan mengambilkan.

Menu makanan di sini cukup banyak, dengan rasa enak dan harga murah nyaman dikantong. Kabarnya, hanya dengan uang 8 ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan nasi dan 4 macam sayur.

Lokasinya kalau tak keliru, dekat gerbang Tol Pasteur. Tepatnya di Jl. Pajajaran No.63, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

22. Batagor Haji Yunus

Siapa seh yang tak suka batagor? Makanan khas Bandung ini cukup banyak digemari oleh masyarakat. Dengan cita rasa gurih dan enak membuatnya cocok buat menu sarapan pagi sebelum beraktifitas. Nah, salah satu warung batagor legendaris yang recommended untuk dikunjungi adalah Batagor Haji Yunus.

Kedai Batagor Haji Yunus menawarkan 2 jenis batagor, yaitu batagor kering dengan sambal kacang dan batagor basah berkuah kaldu. Batagor keringnya mempunyai cita rasa ikan tenggiri, percampuran asin, gurih, manis, dan pedas menimbulkan sensasi rasa unik.

Bumbu kacangnya punya level kepedasan berbeda-beda disesuaikan dengan selera pelanggan. Harga per buah batagornya sekitar 3 ribu rupiah. Lokasi warung Batagor Haji Yunus terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim (Jl. Kopo) No.68, Babakan Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

23. Sari Sari – Aneka Kue Jajan Pasar

Buat Anda yang ingin sarapan di Bandung dengan jajanan pasar tradisional, bisa mampir ke toko Sari Sari. Lokasinya di Jl. Sultan Tirtayasa No.17, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 05.00 – 19.00 WIB.

Di warung ini, Anda akan menemukan banyak sekali jajan pasar nusantara khas Indonesia. Kabarnya, ada sekitar 200-an lebih jajajan lho, bener-bener deh surganya jajan pasar Bandung! Tersedia juga paket nasi dengan lauk seperti nasi uduk dan pecel. Asyiknya lagi, harganya cukup murah meriah, nyaman di kantong.

24. Soto Sedap Boyolali

Menikmati semangkok soto hangat di pagi hari sebelum beraktivitas nampaknya menjadi pilihan yang tepat. Ada cukup banyak penjual soto enak di Bandung untuk dijadikan tempat sarapan. Diantaranya adalah warung Soto Sedap Boyolali.

Sesuai namanya, menu makanan utama di sini berupa soto khas Boyolali Jawa Tengah. Terdapat 2 pilihan jenis soto, yaitu soto ayam dan soto sapi. Untuk lauk, tersedia tempe goreng, tempe mendoan, sate telor puyuh, sate ati, perkedel kentang, dan lain sebagainya.

Warung Soto Sedaap Boyolali terletak di Jl. Maulana Yusuf, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

25. Lontong Kari Ayam Bu Sri

Selain bubur ayam dan soto, lontong kari ayam nampaknya cukup digemari oleh sebagian orang sebagai menu sarapan di Bandung kala pagi hari. Selain memiliki rasa enak dan harga murah, lontong kari ayam juga mudah ditemukan. Satu diantara warung lontong paling terkenal adalah Lontong Kari Ayam Bu Sri.

Seporsi lontong kari racikan warung Bu Sri berisi irisan lontong, kuah kari, suwiran ayam, kacang, bawang goreng, telur, dan kerupuk emping. Kuah karinya sungguh lezat, tak terlalu encer serta tak bikin “enek”. Perpaduan rempah dan bumbunya begitu pas.

Harga seporsi Lontong Kari Ayam Bu Sri sekitar 14 ribu rupiah. Untuk alamat warungnya, terletak di Jl. Buah Batu No.56, Malabar, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.00 – 14.00 WIB.

26. Lotek Kalipah Apo 42

Jika Jogja punya Lotek Teteg dan Lotek Bu Ning, maka Bandung punya Lotek Kalipah Apo 42 yang legendaris. Berdiri sejak tahun 1953, cita rasa lotek ini masih enak tak banyak berubah meskipun telah diturunkan kepada beberapa generasi.

Seporsi Lotek Kalipah Apo 42 berisi sayuran berupa kol, tauge, kacang panjang, bayam, kangkung, nangka muda, tempe, lontong. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan bumbu kacang manis dan gurih dengan aroma kencur. Tambahan kerupuk semakin membuat lotek tampak begitu sedap.

Selain lotek, Anda juga bisa menikmati menu lain seperti gado-gado, laksa ayam, lontong kari ayam, bihun, aneka rujak, tahu goreng, kolak, aneka bubur, dan es segar. Range harga makanan di sini berkisar 17 – 26 ribu rupiah.

Alamatnya terletak di Jl. Kalipah Apo No.42, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.30 WIB (Selasa tutup).

27. Nasi Goreng Aep’s

Menikmati sepiring nasi goreng tak harus menunggu malam hari tiba. Pasalnya, ada warung nasi goreng enak di Bandung yang buka selama 24 jam, yaitu Nasi Goreng Aep’s. Lokasinya berada di Jl. DR. Setiabudi No.143, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Asyik juga buat makan sahur saat bulan puasa Ramadhan tiba.

Menu nasi goreng yang ditawarkan sangat beraneka ragam, dari mulai goreng usus ayam, nasi goreng jamur, nasi goreng ati sapi, nasi goreng paru, nasi goreng babat, nasi goreng mawut, nasi goreng kambing, nasi goreng spesial, dan lainnya. Range harga sekitar 25 – 40 ribu rupiah.

28. Bubur Ayam Serburame

Buat Anda yang kebetulan sedang berada di daerah Dago, bisa mampir ke warung Bubur Ayam Serburame buat sarapan pagi. Lokasi tepatnya di Jl. Cisitu Lama, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 06.30 – 10.30 WIB.

Tekstur buburnya tak terlalu kental namun terasa enak dengan toping cukup banyak variasi pilihannya. Dari mulai sayap ayam, kepala ayam, ceker ayam, pangsit, dan jamur. Bila sarapan di sini, harap bersabar ya karena biasanya ramai diserbu pembeli.

29. Gudeg Jogja

Kota Bandung dan sekitarnya memang surga kulinernya Indonesia. Pasalnya, bukan hanya makanan khas Sunda saja yang ada disini, tetapi hidangan dari daerah lain pun bisa Anda temukan. Misalnya saja gudeg Jogja dengan cita rasa manis gurih, pas banget buat sarapan pagi. Beberapa warung gudeg di Bandung yang terkenal enak antara lain :

  • Gudeg Banda, Jl. Lombok No.57, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB
  • Gudeg Yu Nap, Jl. Cipta Graha Raya No.1, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB (Jumat tutup).
  • Gudeg Yogya Asli Malioboro, Jl. Buah Batu No.39, Bandung

30. Toko Roti & Kuweh Sidodadi (Toko Sidodadi Roti & Kue)

Ingin sarapan di Bandung dengan menu makanan ringan? Datang saja ke Toko Sidodadi, Anda bisa menemukan aneka roti jadul dan kue enak berbagai rasa, dari mulai coklat keju, nanas, kismis, srikaya, kornet keju, hingga sosis.

Tersedia juga aneka jajanan pasar lho, seperti kue cara bikang, lapis, bubur lemu, lemper, agar-agar, onde, risoles dan martabak telur. Toko roti legendaris ini terletak di Jl. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB (Minggu buka hingga pukul 15.00 WIB).

Baca Juga :

31. Bubur Ayam Bejo

Saat treveling ke Kota Bandung, Anda tak perlu takut kelaparan. Pasalnya, ada sejumlah tempat makan enak di sini yang buka hingga 24 jam. Misalnya saja Bubur Ayam Bejo di Jl. Baranang Siang No.41, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat (depan Pasar Kosambi).

Warung bubur ayam legendaris ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1978. Lama banget bukan? Soal rasa tentu tak perlu diragukan lagi, enak maknyus deh pokoknya! Seporsi Bubur Ayam Bejo terdiri atas bubur, suwiran daging ayam, cakwe, bawang goreng dan seledri. Tersedia juga ati ampela dan telur buat tambahan lauk. Range harga 10 – 15 ribu rupiah.

32. Gado-Gado Teuku Angkasa / Gado-Gado Tengku Angkasa

Gado-gado memang dikenal sebagai salah satu kuliner Jakarta yang enak, namun bukan berarti Anda tak bisa menemukannya di Kota Bandung. Bila ingin sarapan gado-gado, mampir saja ke Gado-Gado Tengku Angkasa. Seporsinya lumayan banyak, berisi potongan telur rebus, kentang rebus, irisan tahu, selada, dan kacang panjang.

Lokasi warung Gado-Gado Tengku Angkasa terletak di Jl. Tengku Angkasa No.37, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga seporsi gado-gadonya sekitar 20 ribu rupiah (NB : Harga bisa berubah sewaktu-waktu).

33. Warung Nasi SPG

Kuliner Bandung memang tak ada habisnya, mau pagi, siang, atau pun malam, Anda tetap bisa menikmati sajian makanan enak di kota ini. Bagi Anda penggemar ayam goreng, jangan lupa mampir ke Warung Nasi SPG. Meskipun hanya berupa warung tenda kaki lima, namun rasa masakannya bisa dikatakan bintang lima.

Menu andalan di sini adalah ayam goreng serundeng. Tampilannya memang sederhana, hanya berupa nasi, ayam goreng, serundeng, dan sambal. Tapi, begitu Anda mencicipinya, mungkin akan membuat ketagihan ingin mencobanya lagi.

Daging ayamnya terasa empuk, bumbunya meresap ke dalam daging hingga tulang. Ditambah sambal, serundeng, dan nasi putih nan pulen, lengkap sudah kelezatannya. Pas banget buat menu sarapan pagi, makan siang atau pun malam hari. Range harga sekitar 18 – 20 ribu rupiah per porsinya.

Selain ayam goreng serundeng, Anda juga bisa menikmati ayam bakar, ayam kecap manis, nasi rames, dan sambal cabai hijau pedas. Warung SPG kini mempunyai beberapa cabang, antara lain :

  • Cabang 1 : Jl. Hasanudin No.22, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.
  • Cabang 2 : Jl. PH.H. Mustofa No.20c, Cikutra, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB
  • Cabang 3 : Jl. Dipati Ukur No.116, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.30 WIB.
  • Cabang 4 : Jl. Balonggede No.57, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.
  • Cabang 5 : Jl. Pungkur No.199, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat

34. Warung Nasi Ibu Imas

Bingung mencari tempat sarapan pagi yang dekat dengan alun-alun Kota Bandung? Datang saja ke Warung Nasi Ibu Imas. Lokasinya hanya sekitar 500 meter, tepatnya di Jl. Balonggede No.67, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Restoran khas Sunda di Bandung ini menyajikan berbagai menu makanan yang enak menggugah selera. Dari mulai ayam bakar, ayam goreng, pepes ikan, pepes teri, ikan mas goreng, paru, telur dadar, sayur asem, sop kikil, sambal dadak, hingga karedok. Pas banget disantap bersama sepiring nasi putih hangat.

35. Roti Gempol

Pagi-pagi ingin sarapan roti bakar? Langsung datang saja ke kedai Roti Gempol di Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Di sini, Anda bisa menikmati sajian roti bakar gandum enak dengan isian manis seperti selai kacang dan meises atau pun isian gurih misalnya smoked beef, telur, serta keju.

Roti bakar gandumnya memiliki tekstur lebih berserat, garing diluar dan lembut di dalamnya. Nikmat banget deh disantap bareng secangkir teh atau kopi hangat. Jam buka warung roti legendaris ini mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB. Harganya lumayan mahal, tapi sebanding dengan kelezatan rotinya.

36. Lotek Mahmud

Bila ingin sarapan di Bandung dengan menu makanan sehat, mungkin lotek bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, makanan khas Jawa Barat ini biasanya terdiri dari sayuran rebus segar yang baik untuk kesehatan.

Ada banyak penjual lotek enak yang bisa Anda temui di Kota Kembang, satu diantaranya adalah Lotek Mahmud. Lokasinya terletak di Jl. Mahmud IV No.9, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Selain lotek, warung Lotek Mahmud juga menawarkan menu lain seperti Gado gado, Nasi Rames, Nasi Lengko, Nasi Bakut, Nasi Bakmoy, Rujak Uleg, Rujak Cuka, Rujak Banci, Tahu Petis, Es Kolak, Es Campur, Es Cincau, Es Cendol, Es Buah, dan lainnya. Harga seporsi lotek sekitar 21 ribu rupiah.

37. Cafe Madtari

Buat Anda penggemar roti bakar, Cafe Madtari bisa menjadi pilihan tempat sarapan di Bandung. Kedai ini menawarkan roti bakar dengan berbagai varian rasa toping, mulai dari roti susu coklat, roti susu keju, roti susu pisang keju, roti susu mentega, roti susu ovaltine keju, roti susu milo keju, roti pisang gula, roti bakar isi kornet, hingga roti bakar telur dadar.

Range harga sekitar 10 – 25 ribu rupiah. Alamat Cafe Madtari terletak di Jl. Ranggagading No.10, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 04.00 WIB.

Demikianlah daftar tempat sarapan pagi enak di Bandung yang bisa Anda jadikan referensi dalam kuliner pagi sebelum beraktivitas. Apabila sobat traveler punya rekomendasi tempat makan lainnya, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.