Pusat Info Wisata Terlengkap

20 Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik Dan Enak

0 227

Tempat Ngabuburit Di Bandung – Ini dia daftar tempat yang asyik buat ngabuburit di Kota Bandung dan sekitarnya. Dari tempat yang menjadi favorit anak muda sampai tempat yang terkenal dan hits ada semua disini. Ada juga lokasi dan pusat berburu takjil di Bandung lho. Seru dan asik deh pokoknya, apalagi bila bareng teman dan keluarga.

Siapa seh yang tak kenal dengan Bandung? Kota yang disebut sebagai “Paris Van Java” ini menjadi salah satu destinasi wisata akhir pekan favorit warga Jakarta. Akomodasi yang lengkap, transportasi yang mudah, objek wisata yang lengkap, dan aneka kuliner yang variatif nampaknya menjadi alasan banyak wisatawan yang datang ke Bandung.

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Kota Kembang saat bulan Ramadhan, anekawisata.com telah menyusun referensi dan rekomendasi beberapa tempat yang cocok untuk ngabuburit menunggu waktu buka puasa tiba. Kira-kira dimana saja ya tempat yang pas dan asik buat ngabuburit di Bandung? Yuk, simak langsung daftarnya berikut ini.

Daftar Tempat Ngabuburit Di Bandung Yang Asyik, Enak, Dan Terkenal

1. Jalan Braga Dan Sekitarnya

Tempat Ngabuburit Di Bandung
Tempat Ngabuburit Di Bandung (Foto : bandungview.info)

Inilah tempat asyik ngabuburit di Bandung yang wajib dikunjungi yaitu Jalan Braga. Bisa dibilang, Braga adalah jalan paling ikonik di Kota Kembang. Betapa tidak, jalan ini penuh deretan gedung tua bergaya kolonial. Meski begitu, Braga jauh dari kesan kuno karena banyak pula bangunan modern yang berdiri bersampingan dengan gedung tua.

Tak heran Braga menjadi ikon wisata baru di Bandung sekaligus kawasan favorit untuk ngabuburit, termasuk hunting foto. Anda bisa menyusuri dari ujung jalan ke ujung lainnya, juga menyambangi beberapa jalan sekitarnya seperti Asia Afrika dan Balai Kota.

2. Alun-Alun Kota Bandung

Tempat Asyik Ngabuburit Di Bandung
Tempat Asyik Ngabuburit Di Bandung (Foto : Kompas.com/Dendi Ramdhani)

Tempat ngabuburit favorit di Bandung yang kedua adalah kawasan Alun-alun depan Masjid Agung. Alun-Alun Kota Bandung telah direnovasi dan dipercantik. Kini, traveler bisa menghabiskan waktu berfoto dan bermain di Alun-alun yang penuh rumput sintetis. Tak kalah bagus deh bila dibandingkan dengan Masjid Agung Jawa Tengah yang menjadi tempat ngabuburit asyik di Semarang.

Selain bermain di rumput sintesis dan menunggu waktu berbuka, wisatawan juga bisa berbelanja dan mengunjungi Jalan Braga yang letaknya berdekatan. Saat berbuka puasa, banyak penjual takjil dan makanan yang menggugah selera!

Di sisi jalan, puluhan pedagang kaki lima menjajakan aneka jenis minuman dan makanan, seperti es kelapa, kolak, asinan, gorengan, kue-kue, bakso, dan batagor, siap memanjakan lidah. Makanan berat pun tersedia.

Di sekitarnya juga berderet pusat belanja yang melayani berbagai keperluan warga. Dari Jalan Dewi Sartika, Kepatihan, hingga Dalem Kaum dipenuhi pedagang. Lokasi alun-alun ini juga cukup strategis, gampang dicapai karena dekat dengan halte transit sejumlah rute angkutan umum.Tak heran jika Alun-alun Bandung menjadi tempat ngabuburit favorit warga Bandung.

Untuk anak-anak, banyak pilihan permainan. Beberapa keluarga, pada tiap akhir pekan misalnya, memanjakan buah hatinya dengan membiarkan mereka naik kereta api gerbong mini. Sebagian anak lainnya memilih sepeda motor dan mobil kecil.

Alun-Alun Kota Bandung
Alun-Alun Kota Bandung (Foto : merdeka.com/andrian salam)

Bagi yang ingin sekadar duduk-duduk, ada kursi taman yang dinaungi pepohonan. Sebagian memilih rehat di selasar masjid sambil membaca atau mendengarkan alunan ayat suci Al-Quran. Para pelajar biasanya memilih mengunjungi menara yang mengapit masjid.

Menara utara, yang terletak di dekat Jalan Asia-Afrika, khusus dibuka pada Sabtu dan Ahad. Sedangkan menara selatan hanya dipakai dari Senin sampai Jumat. Jam bukanya dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Dari menara setinggi 19 lantai itu terhampar pemandangan Kota Bandung ke segala arah. Jika cuaca sedang cerah, panorama yang tersaji sangat mengesankan. Daya tampung di puncak menara adalah 70 orang. Setiap pengunjung hanya punya kesempatan selama 15 menit untuk memanjakan pandangannya.

Harga tiket untuk naik ke menara pun terjangkau kantong. Turis asing dikenai tarif Rp 5.000, pengunjung dewasa Rp 3.000, serta balita hingga SD cukup Rp 2.000. Di menara selatan rata-rata pengunjung berkisar 150-200 orang per hari.

Baca Juga : 25 Tempat Makan Enak Di Bandung Untuk Buka Puasa

3. Caringin Tilu (Cartil)

Caringin Tilu
Caringin Tilu (Foto : ydiafrune.wordpress.com)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ngabuburit di Bandung yang asik bernuansa alam, bisa pergi ke Caringin Tilu. Caringin Tilu adalah nama area yang terletak di Padasuka, tepat di dekat Saung Angklung Udjo. Di sinilah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Bandung dari ketinggian.

Siang menjelang sore, bertolaklah ke arah Terminal Cicaheum lalu Padasuka. Sepanjang jalan menuju Caringin Tilu, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang menyegarkan mata. Pepohonan tinggi mendominasi pandangan, sangat fotogenik!

Waktu berbuka tak akan terasa karena begitu sampai di Caringin Tilu, Anda akan disuguhi pemandangan Bandung dari ketinggian. Ini adalah salah satu spot terbaik untuk melihat sunset. Pergantian warna langit dan semburat senja menjadi suguhan alam sebelum adzan maghrib berkumandang. Subhanallah!

4. Taman Ir H Juanda (Tahura)

Taman Ir H Juanda
Taman Ir H Juanda (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Tak kalah dengan Surabaya yang punya aneka taman untuk tempat ngabuburit yang asyik, Bandung juga punya. Datang saja ke Taman Ir H Juanda (Tahura) yang terletak di dekat Terminal Dago, Bandung. Taman kota ini cocok untuk jalan santai dan menikmati sejuknya udara Kota Kembang. Cocok juga untuk tempat ngabuburit di Bandung yang enak karena udara yang sejuk dan rindang.

Taman ini membentang dari Dago Pakar hingga Maribaya Lembang. Ajak keluarga atau teman-teman menyusuri jalan setapak, mengunjungi air terjun, atau kalau berani, masuk ke dalam Gua Jepang dan Gua Belanda. Banyak spot foto keren, waktu berpuasa tak akan terasa lama!

5. Lapangan Gasibu & Gedung Sate

Taman Gedung Sate
Taman Gedung Sate (Foto : skyscrapercity.com)

Seperti halnya kawasan Kota Tua yang menjadi tempat ngabuburit di Jakarta favorit anak muda, Lapangan Gasibu & Gedung Sate juga merupakan salah satu tempat ngabuburit di Bandung yang terkenal dan populer dikalangan anak muda. Di lapangan Gasibu, yang berada di seberang Gedung Sate, anak-anak muda biasanya suka berkumpul hingga ke utara, yakni Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Jika tak hujan, mereka kerap duduk-duduk di tangga lapangan Gasibu dan monumen atau menonton aksi ketangkasan bersepeda motor. Begitu waktu berbuka tiba, mereka akan menyebar ke beberapa lokasi wisata kuliner, seperti di Jalan Cisangkuy hingga Cimandiri sampai sekitar Jalan Dipati Ukur.

6. Lapangan Tegalela

Lapangan-Tegalela
Pasar Tumpah Lapangan Tegalela (Foto : hellobandungku.com)

Lapangan Tegalela merupakan tempat ngabuburit yang tak kalah asik bila dibandingkan dengan tempat lainnya. Di sini Anda bisa menikmati suasana taman yang rindang. Mulai mahoni, tanjung, bintaro, asam kranji, hingga tabula bersatu menciptakan kehijauan yang menyejukkan. Di sinilah beragam aktivitas dilakukan pengunjung: joging, bersepeda, atau berlatih sepak bola.

Lapangan ini sangat luas, yaitu 16 hektar. Terbagi menjadi beberapa bagian antara lain taman, area monumen, track joging, lapangan, dan taman-taman. Kadang-kadang, lapangan ini dipakai berbagai acara hiburan musik, bazzar, dan jalan sehat. Pada hari raya umat Islam, lapangan Tegalega selalu dipakai untuk salat berjamaah.

Pertama kali masuk ke lapangan ini, Anda akan disambut dengan jajaran pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam barang dan makanan di sepanjang jalan besar yang merupakan track untuk joging. Pada hari Sabtu dan Minggu tempat ini berubah menjadi pasar tumpah yang padat. Anda bisa menikmati berbagai kuliner makanan khas kota Bandung seperti surabi sambil berbelanja berbagai barang dengan harga murah meriah.

7. Taman Cikapayang Dago

Taman Cikapayang Dago
Taman Cikapayang Dago (Foto : dailymoslem.com)

Bagi para wisatawan yang sudah berungkali liburan ke Bandung tentu sudah tidak asing lagi dengan Kawasan Dago. Sejak dulu, Dago memang selalu ramai oleh warga Bandung maupun wisatawan. Nah, Taman Cikapayang ini termasuk lokasi favorit anak muda Bandung untuk ngabuburit sekedar bersantai ataupun berfoto-foto dengan teman.

Tenang saja, jajanan buka puasa tersedia banyak di sini, jadi Anda tidak perlu mencari makanan terlalu jauh. Bosan nongkrong di taman? Anda juga bisa cuci mata melihat baju-baju dan sepatu modis di deretan factory outlet dan butik di sepanjang Dago.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Murah Meriah

8. Paris Van Java Mall

Laktasari Mini Farm
Ilustrasi Laktasari Mini Farm di Paris Van Java Mall (Foto : nitastrudwickphotography.com)

Bagi Anda yang suka jalan-jalan di Mall, Paris Van Java Mall nampaknya bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit di Bandung bersama teman, keluarga, atau anak-anak. Kira-kira apa saja ya yang bisa dilakukan di sini? Anda bisa window shopping atau nongkrong di cafe yang ada di Paris Van Java.

Apabila Anda merupakan member di salah satu pusat kebugaran yang terdapat di mall ini, maka isilah waktu ngabuburit Anda dengan sedikit mengeluarkan keringat. Mengajak teman-teman untuk berolahraga bersama akan menjadi suatu ide ngabuburit yang menarik.

Di bagian atas Mall ini juga ada peternakan yang dikhususkan untuk anak-anak lho. Anda bisa mengajak keluarga jalan-jalan di peternakan yang bernama Lactasari Mini Farm. Tempatnya bersih dan nyaman cocok untuk tempat wisata anak di Bandung. Usai bersantai, jalan-jalan, atau berolahraga di Paris Van Java, Anda bisa berbuka puasa di salah satu cafe atau restoran yang ada di mall ini.

9. Taman Makam Pahlawan Cikutra

Pedagang-Takjil-Taman-Makam-Pahlawan-Cikutra
Ilustrasi pedagang takjil di sekitar Taman Makam Pahlawan Cikutra (Foto : bandung.detik.com via dloopsclothing.blogspot.co.id)

Ngabuburit kok di Makam? Eits, jangan salah sangka dulu ya! Di sepanjang jalan yang ada di luar gerbang makam ini banyak pedagang kaki lima yang menjual dagangannya mulai dari penjual es buah, ayam goreng, lele goreng dan menu buka puasa lainnya.

Tempat ini pun biasanya dijadikan sebagai tempat wisata kuliner enak di Bandung bagi para wisatawan dan warga sekitar. Selain itu di tempat ini juga sering diadakan pasar malam apabila ada acara-acara tertentu.

10. Bukit Bintang

Bukit-Bintang
Bukit Bintang (Foto : novajourney.wordpress.com)

Seperti halnya Caringin Tilu, Bukit Bintang juga menjadi tempat favorit warga Bandung untuk ngabuburit menikmati kesegaran alam dan panorama spektakuler. Berada di kawasan Dago Atas, Bukit Bintang memang lebih eksotis dinikmati di malam hari.

Namun, pemandangan Bukit Bintang ketika sore hari tidak kalah indah lho! Ada baiknya Anda membawa ta’jil sendiri, karena cukup sulit menemukan pedagang makanan di sini. Setelah membatalkan puasa, Anda bisa mencari masjid untuk sholat dan kafe atau restoran yang enak untuk menikmati santap malam.

11. Taman Film

Taman Film
Taman Film (muvila.com)

Berlokasi di bawah Jalan Layang Pasupati terdapat sebuah taman yang begitu asri dan bersih? Namun, taman ini bukanlah sekedar taman biasa, Ini adalah Taman Film, di mana terdapat sebuah layar yang besar untuk menonton film. Taman ini bisa menampung hingga 500 orang. Masyarakat bisa menonton film di sini.

Akan tetapi, film tidak diputar secara non-stop di sini. Namun, Anda dapat bersantai di taman tematik ini sembari menunggu waktu berbuka puasa. Nah, jika Anda sedang beruntung, saat Anda datang ke sana mungkin taman ini sedang menayangkan film, maka Anda dan teman-teman bisa ngabuburit sambil nonton film di taman tematik ini.

12. Taman Foto / Taman Cempaka

Taman-Foto-Bandung
Taman Foto / Taman Cempaka (Foto : instagram.com/mpermanasidik)

Anda hobby narsis? Kalau iya, Taman Foto ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat ngabuburit bersama teman-teman. Di taman ini Anda bisa menjumpai berbagai macam hasil karya fotografi yang sengaja dipamerkan. Nah, yang paling membuat Anda betah ngabuburit di sini adalah fasilitas Wi-Fi gratis yang disediakan untuk umum.

Baca Juga : 25 Tempat Nongkrong Di Bandung Yang Asik Dan Enak

13. Trans Studio Bandung

Trans-Studio-Bandung
Trans Studio Bandung (Foto : jubileechurchesfestival.org)

Trans Studio Bandung merupakan tempat seru untuk para wisatawan. Indoor theme park ini punya banyak wahana permainan. Di saat bulan puasa, Trans Studio Bandung dapat menjadi tempat ngabuburit yang asyik. Biasanya ada diskonnya juga lho!

Banyak wahana permainan yang dapat Anda nikmati di Trans Studio Bandung. Terdapat 20 wahana spektakuler yang terbagi menjadi tiga zona, yaitu Studio Central, kemegahan klasik ala Hollywood dan New York Lost City. Ada juga pertunjukan teater yang seru dan menghibur.

Ngabuburit disini, Anda tidak perlu takut kepanasan saat menunggu berbuka puasa di Trans STudio Bandung. Dengan konsep indoor theme park, Anda bisa bermain aneka wahana tanpa harus kepanasan dari teriknya matahari.

Puas bermain di Trans Studio, Anda bisa menuju ke Trans Studio Mall yang letaknya masih satu komplek dengan taman bermain tersebut. Bagi yang ingin buka di sini juga bisa. Di area Trans Studio Bandung ada beberapa outlet makanan seperti burger & milkshake, Studio Chick, Studio Mi, Studio Kuring dan Warung Iga.

14. Pusat Takjil Bandung

Pusat Jajanan Takjil Jalan Pusdai Bandung
Pusat Jajanan Takjil Jalan Pusdai Bandung (Foto : hadisome.wordpress.com)

Anda sedang mencari pusat takjil di Bandung? Kalau iya, maka Anda tak usah kuatir karena Anda bisa mendapatkan takjil mulai dari kaki lima hingga hotel bintang lima. Beberapa ruas jalan di Bandung selama bulan puasa menjadi pusat berjualan takjil untuk pedagang kaki lima. Mirip dengan kawasan Jalan Bangbarung yang menjadi tempat ngabuburit di Bogor untuk berburu takjil.

Sebagai contoh, kawasan Gasibu, Pusdai, Jalan Dipati Ukur, Jalan Otto Iskandardinata (Otista), dan Jalan Tamansari.Pusdai, Jalan Dipati Ukur, Jalan Otto Iskandardinata (Otista), dan Jalan Tamansari. Kawasan-kawasan tersebut bedekatan dengan sejumlah kampus. Oleh karena itu, jangan heran jika lokasi dipenuhi oleh mahasiswa.

Aneka takjil dan makanan khas Bandung yang dapat Anda temui disini contohnya adalah kolak, zuppa soup, dawet, es shanghai, es sarang burung, es goyobod, dan lain-lain. Kalau kurang berkenan dengan es, Anda bisa memilih ragam manisan buah di kawasan yang sama. Tersedia juga menu panganan pendamping.

Beragam olahan seperti gorengan, cilok, otak-otak, combro, lumpia, dan lain-lain bisa Anda nikmati bersama dengan minuman segar di atas. Soal harga, Anda tak perlu khawatir, sebab menu-menu tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Rata-rata dijual dalam kisaran harga antara Rp 5000 sampai Rp 10.000,-. Murah meriah bukan?

Untuk Anda yang lebih nyaman dengan suasana privat. Anda bisa memilih kawasan Dago, di sana ada restoran dan cafe yang menawarkan berbagai kenyamanan. Kalau menginginkan suasana yang lebih privat lagi, Anda bisa meneruskan makan berat setelah menyantap takjil di hotel berbintang.

15. Situ Patenggang

Situ-Patenggang-Bandung
Situ Patenggang (Foto : pariwisata4indonesia.wordpress.com)

Bagi Anda yang berada di kawasan wisata Bandung selatan, Situ Patenggang atau Petengan nampaknya bisa menjadi pilihan sebagai tempat ngabuburit yang asik dan enak. Tempat ini akan membuat Anda menghabiskan waktu seharian saat puasa tanpa terasa dengan panoramanya yang indah dilengkapi dengan perahu kecil yang memudahkan Anda menyusuri permukaan airnya.

Untuk menikmati lokasi ini, saat ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 18.000,- per orang (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu). Di lokasi, sudah ada beberapa fasilitas seperti parkir yang luas, toilet umum, musholla, tempat menginap, dan gazebo untuk bersantai.

16. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju)

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Foto : infobdg.com)

Nah, bagi Anda yang motor holic, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) bisa menjadi tempat ngabuburit yang tepat. Biasanya setiap sore di tempat ini sering ada perkumpulan motor yang nongkrong atau balapan.

Jika bedug Adzan maghrib sudah terdengar, penjual makanan di sekitar monumen atau jalan Dipatiukur pun bisa langsung disambangi. Dan kebanyakan adalah anak-anak kost yang banyak bermukim disana untuk menikmati Ngabuburit di bulan Ramadhan.

17. Kawasan Lanud Husein Sastra Negara

Kawasan Lanud Husein Sastra Negara
Kawasan Lanud Husein Sastra Negara (Foto : m.galamedianews.com)

Kawasan Lanud Husein Sastra Negara merupakan salah satu tempat ngabuburit favorit warga Bandung. Setiap Ramadhan tiba, kawasan ini selalu ramai dengan beragam kegiatan ngabuburit dan pedagang untuk menyediakan berbuka bagi warga Bandung. Alasan orang ngabuburit disini adalah melihat lalu lalangnya pesawat yang sedang landing atau take off.

Baca Juga : 36 Restoran Dan Tempat Makan Enak Di Bandung Recommended

18. Taman Jomblo

Taman-Jomblo
Taman Jomblo (Foto : penulispro.com)

Taman ini termasuk landmark baru di kota Bandung. Taman Jomblo terletak di bawah jembatan Pasupati yang menjadi tempat nongkrong favorit anak muda Bandung. Walaupun areanya cukup kecil, tapi Taman Jomblo cukup nyaman untuk didatangi.

Apalagi di sini Anda juga bisa mengakses WiFi gratis. Selain itu, taman ini juga mengakomodir komunitas skateboard dan sepatu roda dengan baik,karena tersedia fasilitas track skateboard yang cukup luas. Tak heran jika taman ini masuk dalam daftar tempat yang pas buat ngabuburit di Bandung.

19. Taman Musik

Taman-Musik
Taman Musik (Foto : iradiofm.com)

Taman tematik lain di Bandung yang asyik buat ngabuburit adalah Taman Musik. Disini, sambil main gitar atau alat musik yang lainnya, Anda bisa melatih kemampuan musik Anda sampai waktunya berbuka puasa tiba. Taman musik adalah tempat di mana semua orang yang suka musik bisa melakukan show case kecil di panggung terbukanya.

20. Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai Kota Bandung
Taman Balai Kota Bandung (Foto : republika.co.id / Edi Yusuf)

Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana juga termasuk tempat ngabuburit yang asik. Kawasan tersebut banyak dipilih warga Bandung untuk menunggu bedug magrib. Karena selain lahannya cukup luas, di tempat tersebut banyak terdapat pepohonan rindang. Sehingga cukup menyejukkan badan di tengah udara Kota Bandung yang memasuki musim kemarau.

Berbagai aktivitas dilakukan masyarakat di taman milik Pemkot Bandung tersebut, mulai duduk-duduk di rumput taman, bersepeda, bermain skateboard, dan berjalan kaki mengelilingi taman. Di taman tersebut, Anda juga bisa mengetahui nama tanaman dalam bahasa latin. Karena pohon-pohon di sana diberi nama dalam bahasa Indonesia dan latin, seperti Palem Kuning dengan nama latin Cyrtosachys Lakka.

Atau bisa juga anda melihat patung Badak Putih sebagai salah satu binatang ikon Kota Bandung di atas kolam ikan, kendati kurang terawat kebersihannya. Juga bisa menengok patung pahlawan wanita Dewi Sartika. Sedangkan jika hanya ingin santai, bisa memanfaatkan gazebo di samping taman, sekedar untuk melepas lelah.

Nah, itulah deretan tempat yang pas buat ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa di kota Bandung dan sekitarnya. Bagi Anda yang punya info tempat ngabuburit di Bandung yang asyik dan enak lainnya bisa sharing melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.