15 Tempat Wisata Hutan Pinus Di Bandung Yang Cantiknya Kebangetan

0 14,514

Hutan Pinus Bandung – Sobat traveler, inilah daftar rekomendasi tempat wisata hutan pinus di Bandung yang cantiknya kebangetan. Lengkap dengan gambar / foto terbaru. Bukan hanya sejuk udaranya, keindahan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi ditambah spot foto kekinian seperti gardu pandang, ayunan, dan hammock, semakin membuat betah siapapun hingga enggan pulang.

Saat ini, destinasi wisata bertema hutan pinus nampaknya sedang hits dikalangan wisatawan. Tak heran jika berbagai daerah pun akhirnya berlomba-lomba membuka hutan pinus sebagai wahana rekreasi, termasuk Kota Kembang. Nah, kira-kira dimana saja ya aneka tempat wisata Bandung yang bernuansa hutan pinus? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

hutan-pinus-bandung
Ilustrasi Hutan Pinus Di Bandung (Foto : instagram @adiiww)

Daftar Tempat Wisata Hutan Pinus Di Bandung Yang Cantiknya Kebangetan

1. Terminal Wisata Grafika Cikole

Berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Terminal Wisata Grafika Cikole menawarkan area bermain (outbound), restoran, dan penginapan dengan dikelilingi hutan pinus cantik. Udaranya pun sejuk, lantaran berada pada ketinggian 1.400 mdpl.

Ada berbagai tipe penginapan di sini, yaitu hotel, pondok wisata, dan kemping. Para traveler biasanya memilih kamar berupa pondok wisata yang terbuat dari kayu, dengan atmosfer alam pedesaan diantara pepohonan pinus.

Anda juga bisa memilih mendirikan tenda di antara pohon pinus, atau di area rerumputan. Nyaman dan asyik banget buat liburan bareng keluarga sambil foto-foto diantara pohon pinus nan instagenic. Untuk harga sewa kamar atau tenda bervariasi mulai dari 400 ribu – 2,5 juta rupiah.

2. Hutan Pinus Pal 16 Cikole

A post shared by caca (@nzwhaliza) on

Pal 16 Cikole termasuk salah satu tempat wisata alam di Lembang terbaru yang menyajikan spot foto instagramable berlatar deretan pohon pinus. Dengan luas area sekitar 1.500 meter persegi dan udara sejuk, lokasi ini sangat cocok untuk menenangkan diri melepas penat dari keramaian kota.

Fasilitas yang tersedia di Hutan Pinus Pal 16 Cikole lumayan lengkap, ada gazebo untuk bersantai, ayunan, serta tempat makan. Harga tiket masuknya pun murah meriah sekitar Rp.7.000,-. Jika Anda ingin berfoto memakai beberapa spot, akan dikenakan biaya 1 – 3 ribu rupiah per spotnya dan 10 ribu rupiah untuk hammock.

Alamat destinasi wisata Hutan Pinus Pal 16 Cikole terletak di Jl. Raya Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tak jauh dari Grafika Cikole, pintu gerbangnya berada di pinggir jalan. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

3. Cikole Jaya Giri Resort

Cikole Jaya Giri Resort
Cikole Jaya Giri Resort (Foto : instagram @drondondon)

Masih berada di Kawasan Gunung Tangkuban Perahu Lembang, ada satu lagi penginapan bernuansa hutan pinus yang bisa Anda kunjungi. Namanya Cikole Jaya Giri Resort. Berada di ketinggian 1500 mdpl membuat udara di sekitarnya terasa sejuk dan segar, apalagi dikelilingi deretan pohon pinus indah.

Cikole Jaya Giri Resort menawarkan kamar berupa bungalow dari kayu sehingga tampak menyatu dengan alam. Anda juga bisa sekaligus melakukan aktivitas wisata outdoor seperti education jungle tracking, highrope (permainan dengan ketinggian), ATV, berkuda, dan paintball. Tak lupa, berfoto dengan latar tanaman pinus yang menjulang tinggi pun bisa Anda lakukan di sini.

Dengan fasilitas lengkap, Cikole Jaya Giri Resort menjadi salah satu hotel terbaik di Lembang incaran wisatawan saat liburan. Lokasinya juga mudah dijangkau, terletak di Jalan Tangkuban Perahu KM.28 No.147, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Orchid Forest Cikole Lembang

Tak kalah keren dengan aneka hutan pinus Jogja seperti Pinus Pengger, Hutan Pinus Mangunan, dan Pinus Asri, kawasan Lembang juga punya destinasi serupa bernama Orchid Forest Cikole. Taman anggrek terbesar di Indonesia ini bukan hanya memiliki koleksi bunga anggrek, tapi juga ada deretan spot foto bertema pohon pinus nan eksotis.

Beberapa spot foto kekinian yang lagi hits di Orchid Forest Cikole Lembang antara lain jembatan gantung, jembatan kayu, jalur pejalan kaki, amphitheater, rabbit forest, camping ground, dan tempat bersantai dengan bean bag warna-warni. Suasana akan semakin romantis kala malam tiba, cahaya lampu menyala sepanjang jembatan gantung.

Untuk memasuki Orchid Forest, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk seharga 25 ribu (weekdays) dan 30 ribu (weekend). Anda juga harus membayar tarif tambahan sebesar 15 ribu rupiah ketika akan memakai fasilitas atau pergi ke sub objek wisata di dalamnya.

Jika Anda tertarik, datang saja ke Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tak begitu jauh lokasinya dari Terminal Wisata Grafika Cikole. Jam buka mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB, kecuali hari Sabtu – Minggu buka pukul 08.00 – 19.00 WIB.

5. Pine Forest Camp Lembang

Pine Forest Camp Lembang
Pine Forest Camp Lembang (Foto : instagram @raihanwar)

Pine Forest Camp (PFC) adalah sebuah camping ground exclusive yang di desain khusus untuk kenyamanan dalam beraktifitas di alam bebas. Lokasinya berada pada ketinggian 1200 mdpl dan dikelilingi hutan pinus sehingga udaranya terasa sejuk segar.

Selain bisa berfoto dengan latar pohon pinus, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan outdoor seru sesuai pilihan dari mulai High Rope, Low Rope, Flying Fox, Offroad Adventure, Outbound Training Team Building, Adventure Family Camping, Outbound “Salam Percil”, hingga Adventure Kids Camp.

Alamat kantor pemasaran Pine Forest Camp terletak di Jl. Pasirjaya XII No. 10 Bandung, Desa Suntenjaya, Maribaya Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Sedangkan untuk camp area berada di Kp Cipanengah Ds Cibodas Maribaya Lembang.

6. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Foto : instagram @mgfa_)

Kota Bandung bukan hanya sekedar Mall, Cafe, dan macet saja, masih ada tempat menghirup udara segar di sini lho. Gak percaya? Coba deh, Anda datang ke kawasan sebelah utara, di sana terdapat Taman Hutan Raya Ir H Djuanda (TAHURA) yang asri penuh dengan deretan pohon pinus cantik.

Kawasan konservasi ini memiliki luas mencapai 590 hektare membentang dari kawasan Dago Pakar hingga Maribaya. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini, seperti jogging, foto-foto, hiking, camping, bersantai di cafe, atau pun sekedar jalan kaki sambil menikmati keindahan alam.

Jika ingin melihat hutan pinus dari ketinggian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Tebing Keraton Bandung. Dari puncak tebing, Anda akan melihat hamparan hijau pepohonan pinus diselimuti awan / kabut. Sungguh bagaikan negeri di atas awan.

Hutan Pinus Tebing Keraton
Hutan pinus dilihat dari Tebing Keraton (Foto : instagram @irvanhardri)

Jika suka air terjun, Anda dapat treking jalan kaki ke Curug Omas, sekitar 1,5 jam dari pintu gerbang. Alamat objek wisata alam ini terletak di Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk sekitar 11 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

7. Hutan Pinus The Lodge Maribaya

Hutan Pinus The Lodge Maribaya
Hutan Pinus The Lodge Maribaya (Foto : instagram @thelodgemaribaya)

Siapa seh yang tak kenal dengan The Lodge Maribaya Lembang? Destinasi wisata alam kekinian ini sedang hits banget dikalangan wisatawan. Berbagai spot foto instagramable berlatar hutan pinus nan hijau dapat Anda temukan di tempat ini, misalnya sky swing, sky tree ala Kalibiru Jogja, dan sky bike.

The Lodge Maribaya sangat cocok digunakan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau pun sahabat. Panorama indah pohon pinus dan udara segar akan memanjakan Anda dalam melepaskan penat dari rutinitas kerja sehari-hari. Fasilitasnya sangat lengkap, tersedia cafe, restoran, tempat ibadah, camping ground, area parkir, serta toilet.

Harga tiket masuk ke sini dibanderol seharga 20 ribu (week day), 25 ribu (weekend), dan 35 ribu rupiah (libur nasional). Alamatnya terletak di Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka 09.00 – 17.00 WIB.

8. Hutan Pinus Dago Dream Park

Hutan Pinus Dago Dream Park
Hutan Pinus Dago Dream Park (Foto : instagram @sewa.slr.bandung)

Mengusung tema Fun in Nature, Dago Dream Park menyuguhkan arena spot foto, wahana permainan, dan suasana alam sejuk dihiasi pepohonan pinus nan hijau. Sebagai pendatang baru, destinasi ini terbilang sukses menarik minat wisatawan. Terbukti, hampir tiap akhir pekan atau hari libur, kawasan ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Bukan hanya sekedar menikmati panorama hutan pinus khas Lembang, Anda bersama keluarga juga bisa bermain seru-seruan dengan wahana seperti labirin vertikal, perahu dayung, perahu anak, bersepeda, bermain becak mini, flying fox, ATV, berkuda, memancing, peternakan, kora-kora, memanah dan bermain tanah liat.

Recommended banget buat alternatif tempat wisata anak di Bandung yang menyenangkan. Anda bisa mengajak si “buah hati” bermain sepeda atau becak mini dalam lintasan di bawah pohon pinus yang rindang. Fasilitasnya pun sangat lengkap, tersedia cafe, food court, food store, resto, toilet, musala, fitting room, aula keluarga, aula kelompok dan tempat pertunjukan musik.

Lokasi Dago Dream Park terletak di Jl. Dago Giri KM. 2,2, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB (Senin – Jumat) dan 08.00 – 20.00 WIB (Sabtu – Minggu). Harga tiket masuk sekitar 20 ribu rupiah, sedangkan untuk tiket wahana dibanderol 20 – 35 ribu rupiah.

9. Puncak Eurad Pingping Lembang

Puncak Eurad Pingping
Puncak Eurad Pingping Lembang (Foto : instagram @jem_j.s)

Jika Anda bosan dengan tempat wisata yang ramai dan butuh ketenangan, maka Puncak Eurad Pingping bisa menjadi pilihan tepat. Destinasi bernuansa hutan pinus ini belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga Anda bisa menikmati alam terbuka dengan penuh kedamaian.

Daya tarik utama Puncak Eurad Pingping Lembang berupa pemandangan alam asri, kebun teh, dan deretan pohon pinus. Ada beberapa spot foto dengan view perbukitan hijau nan eksotis seperti jembatan cinta dan miniatur perahu dari bambu. Spot instagramable di sini berupa jalan setapak dimana di kanan kirinya ditumbuhi barisan pohon pinus indah yang berjejer rapi.

Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang, lebih tepatnya Desa Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB. Harga tiket masuk ke sini masih gratis, tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat akan dikenakan tarif retribusi.

10. Gunung Putri Lembang

Hutan Pinus Gunung Putri Lembang
Hutan Pinus Gunung Putri Lembang (Foto : instagram @thifalaupa)

Gunung Putri Lembang bukan hanya menawarkan pemandangan sunrise cantik saat pagi hari, tetapi juga memiliki hutan pinus yang asyik buat foto-foto sambil bergelantungan memakai hammock. Anda bisa sekalian camping di kawasan gunung ini, sambil menantikan mentari pagi.

Untuk menuju puncak Gunung Putri tidak lah sulit, medannya cukup landai dan waktu tempuhnya pun singkat sekitar 30 menit. Jadi, bagi para pendaki pemula tidak usah kuatir akan kelelahan. Hanya saja, jika akan berkemah, Anda harus membawa bekal makanan / minuman sendiri karena tidak ada warung penjual makanan di sekitar tempat ini.

Lokasi Gunung Putir berada di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Meskipun termasuk rute ringan, kehati-hatian tetap harus Anda terapkan dalam mendaki gunung ini. Selama perjalanan menyusuri jalan setapak, Anda akan tetap dihadapkan pada beberapa jurang atau tebing.

11. Hutan Pinus Bukit Moko

Hutan Pinus Bukit Moko
Hutan Pinus Bukit Moko (Foto : instagram @jokeeee)

Bukit Moko memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl sehingga udaranya terasa sejuk, apalagi ditumbuhi pepohonan hijau. Dari atas puncaknya (Baca : Puncak Bintang), Anda dapat menyaksikan landscape Kota Bandung. Bila malam tiba, city light akan bisa Anda saksikan dengan jelas di sini.

Selain panorama alam dari ketinggian dan sunrise indah, Bukit Moko juga memiliki hamparan hutan pinus cantik yang sayang untuk dilewatkan. Deretan pohon pinus menjulang tinggi berbaris rapi layaknya tempat wisata di Korea Selatan bernama Nami Island.

Anda dapat camping di bawah pohon pinus atau pun memasang hammock untuk bergelantungan sambil berfoto selfie. Asyik bukan? Untuk memasuki Bukit Moko, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.15.000,-, sedangkan biaya naik ke Puncak Bintang Rp.8.000,- dan camping Rp.10.000,-.

Lokasi bukit ini terletak di Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Anda dapat mengaksesnya melalui Jalan Padasuka (Saung Mang Udjo) lurus sampai ketemu dengan Caringin Tilu. Lurus terus mengikuti jalur yang semakin menanjak hingga ketemu belokan arah kiri dengan penunjuk Warung Daweung. Anda bisa memarkirkan kendaraan di warung tersebut lalu treking naik jalan kaki.

12. Wisata Batu Kuda

Wisata Batu Kuda
Hutan Pinus di Wisata Batu Kuda (Foto : instagram @alarasanti)

Destinasi Wisata Batu Kuda terletak di kaki Gunung Manglayang, Cileunyi, Bandung. Dinamakan Batu Kuda karena memang area situs ini berbentuk mirip kuda. Salah satu daya tarik tempat ini adalah keelokan hamparan pohon pinus menjulang tinggi berpadu dengan rerumputan hijau.

Walaupun tampak seperti hutan, fasilitas di sini lumayan lengkap lho, tersedia mushola, penjual makanan, dan toilet. Harga tiket masuknya sekitar Rp.7.500,- saat weekdays dan Rp.10.000,- ketika weekend. Alamatnya berada di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

13. Hotel Bumi Bandhawa

Hotel Bumi Bandhawa
Hotel Bumi Bandhawa (Foto : instagram @asri_handayani)

Bumi Bandhawa merupakan salah satu hotel terbaik di Bandung yang nyaman untuk bermalam selama liburan. Pasalnya, hotel ini dikelilingi pepohonan pinus, mulai dari halaman depan hingga bagian belakang. Deretan pohon pinus tersebut membuat suasana menjadi tampak asri dengan udara sejuk bagaikan hutan kecil.

Anda dapat bersantai di tempat duduk outdoor atau pun berfoto dengan latar pohon pinus tersebut. Tersedia juga kolam renang buat Anda yang suka berenang. Alamat Hotel Bumi Bandhawa terletak di kawasan Dago, yaitu Tubagus Ismail, Jl. Konstitusi I No.16, Cigadung, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat.

14. Hutan Pinus Cijapati

Hutan Pinus Cijapati
Hutan Pinus Cijapati (Foto : instagram @idzaynudin)

Nama Hutan Pinus Cijapati mungkin terdengar asing di telinga para wisatawan, namun destinasi tersembunyi ini mempunyai keindahan yang bakal membius siapa saja hingga enggan pulang. Anda dapat berteduh duduk santai, bergelantungan di hammock, atau pun berfoto diantara deretan pohon pinus.

Hutan pinus ini juga cukup recommended buat tempat prewedding romantis lho, apalagi bila ditambahkan properti lain seperti motor vespa berwarna biru, seikat bunga, balon berbentuk hati dan gitar. Tentu akan menghasilkan gambar epic / kece badai.

Lokasi Hutan Pinus Cijapati terletak di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dari kota Bandung, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Rute jalannya yaitu Anda keluar dari Gerbang Tol (GT) Cileunyi via Rancaekek – Majalaya – Cikancung – Cijapati. Atau bisa juga dari Gerbang Tol Buahbatu via Bojongsoang – Baleendah – Majalaya – Cikancung – Cijapati.

15. Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas

A post shared by faizal (@faizalabdussalam) on

Berada di kawasan wisata Bandung Selatan, Kampung Cai Ranca Upas menawarkan beberapa wahana menarik untuk berakhir pekan, seperti penangkaran rusa, flying fox, paint ball, fun games, dan camping ground diantara pepohonan pinus.

Bermalam di atas rumput dan sela-sela pohon pinus akan memberikan pengalaman menyenangkan. Pagi harinya Anda dapat berfoto-foto sambil memberi makan rusa. Jika ingin aktivitas fisik, berbagai permainan outbound pun bisa Anda lakukan di sini.

Ranca Upas terletak di Jl. Ciwidey-Patengan KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuknya cukup murah meriah Rp.10.000,-, namun jika ingin akan mencoba wahana permainan atau pun berkemah akan dikenakan biaya tambahan.

Nah, itulah sekilas info tentang tempat wisata hutan pinus di Bandung yang cantiknya bukan main. Pas banget buat foto-foto ala anak-anak jaman now. Bila sobat traveler punya pengalaman saat berkunjung ke hutan pinus tersebut, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.