Home Wisata Alam 37 Tempat Wisata Terindah Negeri Di Atas Awan Di Indonesia Yang Cantiknya...

37 Tempat Wisata Terindah Negeri Di Atas Awan Di Indonesia Yang Cantiknya Kebangetan

64
0

Negeri Di Atas Awan – Ingin menikmati hamparan awan dari ketinggian? Inilah daftar rekomendasi tempat wisata terindah negeri di atas awan di Indonesia, baik yang ada di Pulau Jawa maupun Luar Pulau Jawa. Hamparan awan super keren nan eksotis bisa Anda saksikan dari ketinggian. Sungguh sangat mengagumkan!

Selain dikenal sebagai negara kepulauan dan maritim, Indonesia juga dianugerahi deretan pegunungan atau pun perbukitan. Tak ayal, gumpalan awan kerap kali ditemukan saat berada di kawasan dataran tinggi Indonesia. Nah, buat Anda yang kebetulan ingin menikmati keindahan hamparan awan, berikut rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang menyuguhkan panorama cantik layaknya negeri di atas awan.

Daftar Tempat Wisata Terindah Negeri Di Atas Awan Di Indonesia Yang Cantiknya Kebangetan

1. Puncak B29 Lumajang

Kita awali review negeri di atas awan kali ini dengan mengulas Puncak B29. Tak hanya melihat hamparan awan, dari atas puncak ini Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam lainnya, seperti sunrise, sunset, Gunung Arjuno-Welirang di ufuk barat, Kaldera Bromo, letusan Puncak Mahameru, dan puncak Gunung Argopuro serta Raung di ujung timur.

Sebelum populer dengan nama Puncak B29, warga setempat menamakan bukit ini sebagai “Puncak Songolikur”. Kata “songolikur” berasal dari bahasa Jawa yang berarti dua puluh sembilan. Lokasi Puncak B29 terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Apabila ingin melihat gugusan awan atau pun matahari terbit, Anda sebaiknya berkemah di atas puncak sehingga tidak bolak-balik mengingat medan jalannya begitu menantang dan melelahkan. Tapi, wajib hati-hati dan membawa jaket tebal karena suhu di sana kabarnya mencapai 5 derajat celcius.

2. Puncak B30 Lumajang

Selain Puncak B29, ada satu lagi destinasi wisata Lumajang yang hits dikalangan traveler muda pecinta alam, yaitu Puncak B30. Lokasinya sebenarnya berdekatan dengan puncak B29, hanya saja letaknya lebih tinggi sekitar 3000-an mdpl sehingga Anda harus ekstra keras melalui rintangan untuk mencapai ke sana.

Sesampainya di Puncak B30, rasa lelah sepertinya akan terbayarkan dengan keindahan alam yang menghampar sejauh mata memandang. Saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan cahaya matahari terbit menembus celah-celah awan.

3. Puncak P29 Probolinggo

Puncak P29 terletak di Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber, Probolinggo, Jawa Timur (baca : Jatim). Akses jalan menuju ke lokasi sudah cukup bagus sehingga akan memudahkan wisatawan dalam berkunjung ke sana. Dengan tinggi sekitar 2900 mdpl, dari atas puncak ini Anda akan bisa melihat kawah Gunung Bromo.

Saat cuaca bagus, Anda pun dapat menyaksikan Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Semeru, dan Gunung Arjuna. Jika Anda melalui jalur Probolinggo, maka sepanjang perjalanan bisa sekaligus menikmati Mahagoni Grand Park, bukit selfie I, bukit selfie II, dan panorama hutan pinus.

4. Bukit Banyon Trenggalek

Bukit Banyon merupakan salah satu tempat wisata di Trenggalek Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam super lengkap, mulai dari matahari terbit, negeri di atas awan, hingga matahari tenggalam. Berada di ketinggian 1.175 mdpl, bukit ini cukup mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau pun mobil roda empat.

Meskipun bisa dilalui mobil, namun Anda tetap harus ekstra hati-hati mengingat jalannya masih berupa cor dan terdapat tanjakan tajam. Bukit Banyon terletak di di perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandusari. Sunrise di bukit ini biasanya muncul pada pukul 05.30 WIB, hamparan awan dapat dinikmati sekitar pukul 05.00 – 08.00 WIB, dan sunset pada pukul 17.30 WIB.

5. Kebun Buah Mangunan Jogja

Kawasan Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul beberapa tahun belakangan ini tampak sedang naik daun dikalangan para wisatawan. Pasalnya, daerah ini punya sejumlah tempat menarik untuk menikmati keindahan alam. Satu diantaranya adalah Kebun Buah Mangunan. Alamatnya di Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuai namanya, objek wisata alam ini punya sejumlah tanaman buah-buahan mulai dari durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, hingga belimbing. Tak hanya itu, lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 150 – 200 mdpl dan konturnya berupa bukit, membuat Kebun Buah Mangunan punya panorama alam nan indah.

Dari atas kebun ini, Anda bisa menyaksikan liukan aliran Sungai Oyo, perbukitan, lembah, pepohonan hijau, dan awan / kabut melayang-layang. Khusus untuk melihat awan, sebaiknya datang pagi hari dimana matahari baru muncul dan tampak jelas keindahan negeri di atas awan. Setelah mengunjungi Kebun Buah Mangunan, Anda bisa mampir ke Hutan Pinus Mangunan yang tak terlalu jauh lokasinya dari sana.

6. Bukit Panguk Kediwung Jogja

Satu lagi spot wisata Jogja yang menawarkan kecantikan negeri di atas awan, yaitu Bukit Panguk Kediwung. Pemandangan saat pagi hari di sana sungguh indah, hamparan awan putih membentang luas membuat Anda betah. Asyiknya lagi, destinasi ini punya sejumlah spot foto instagramable di tepi tebing mulai dari bentuk kapal, kuda pegasus, jembatan, hati dan lainnya.

Untuk menikmati hamparan awan, Anda sepertinya harus datang pagi-pagi sekali sekitar pukul 05.00 WIB. Lokasinya terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses jalannya lumayan berliku sehingga Anda wajib ekstra berhati-hati.

7. Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Siapa seh yang tak kenal Dataran Tinggi Dieng? Ikon objek wisata di Wonosobo ini hampir selalu menjadi incaran wisatawan untuk liburan. Apalagi bagi para traveler muda yang suka keindahan alam, menjelajahi Dieng seakan-akan menjadi keharusan.

Dataran Tinggi Dieng memiliki ketinggian sekitar 2000 mdpl. Oleh karena itu, suhu udaranya cukup dingin sehingga apabila ingin berkunjung ke sana sebaiknya Anda membawa jaket atau baju tebal. Untuk menuju Dieng, Anda harus melalui jalan berliku dengan tanjakan dan turunan curam. Anda wajib memakai kendaraan dalam kondisi prima dan ekstra hati-hati.

Ada cukup banyak destinasi wisata Dieng yang bisa dikunjungi seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Merdada, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Jalatunda, dan Museum Kaliasa. Namun, ada satu spot hits untuk melihat keindahan view telaga warna dan telaga pengilon dengan latar perbukitan serta gunung Sindoro, yaitu Bukit Sidengkeng Petak 9.

Saat pagi hari, dari bukit tersebut Anda bisa menikmati matahari terbit dan lautan kabut layaknya negeri di atas awan. Untuk mencapai lokasi, Anda tinggal melalui jalan menanjak selama lebih kurang 15 menit dari pintu Wana Wisata Petak 9 Dieng. Jika belum puas melihat panorama alam, Anda bisa mampir ke Gardu Pandang Tieng, Kejajar, Wonosobo.

8. Gunung Prau

Bukan hanya menawarkan hamparan awan putih, Gunung Prau juga punya golden sunrise yang begitu cantik. Bahkan, matahari terbit di sana, kabarnya menjadi salah satu sunrise terindah di Indonesia. Tak ayal, hampir setiap tahun gunung ini selalu ramai pendaki.

Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan termasuk puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Jalurnya terbilang cukup landai sehingga cocok bagi para pendaki pemula. Untuk mencapai puncak, diperkirakan butuh waktu sekitar 2 – 2,5 jam. Pastikan Anda tak salah jadwal karena Gunung Prau biasanya ditutup antara 5 Januari – 5 April dalam rangka pemulihan ekosistem.

9. Bukit Sikunir

Satu lagi spot melihat sunrise dan hamparan kabut di kawasan Dataran Tinggi Dieng, yaitu Bukit Sikunir. Dengan ketinggian mencapai 2.300-an mdpl, Bukit atau Gunung Sikunir menyajikan pemandangan mengagumkan berupa deretan gunung disekelilingnya, seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi, Slamet, dan Ungaran.

Mengingat oksigen semakin tipis saat di puncak, Anda wajib mengatur pernapasan saat mendaki. Persiapkan pula jaket tebal untuk melindungi tubuh dari dinginnya udara di sana. Lama pendakian menuju puncak memakan waktu sekitar 1 jam-an.

10. Bukit Cumbri Wonogiri

Bukit Cumbri terletak di perbatasan antara Jawa Tengah – Jawa Timur, tepatnya di Desa Kepyar, Purwantoro, Wonogiri dan Desa Pager Ukir, Sampung, Ponorogo. Bukit yang dikenal sebagai destinasi wisata Wonogiri paling hits di medsos seperti instagram ini mempunyai ketinggian sekitar 638 mdpl dengan 2 puncak saling berdekatan.

Dari atas puncak Bukit Cumbri, Anda bisa melihat hamparan perbukitan sekitar Wonogiri dan Ponorogo. Tak hanya itu, sunrise dan hamparan awan di sana juga kabarnya terbilang indah. Medannya cukup menantang sehingga Anda wajib berhati-hati saat mendaki menuju puncak.

11. Gunung Andong Magelang

Meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 1726 mdpl, namun keindahan panorama puncak Gunung Andong sungguh sangat mengagumkan. Hamparan awan putih akan bisa Anda saksikan saat berada dipuncak. Benar-benar bagaikan negeri di atas awan. Eksotis! Asyiknya lagi, tiket masuk ke destinasi wisata terindah di Magelang ini kabarnya murah meriah (baca : murmer), hanya 4 ribu rupiah.

Lokasi Gunung Andong terletak diantara Ngablak dan Tiogorjo, Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Waktu tempuh untuk menuju puncak hanya sekitar 2 jam sehingga cocok bagi para pendaki pemula. Tapi, medan jalannya terbilang menantang karena ada beberapa bebatuan atau pun jalan licin. Oleh karena itu, Anda tetap wajib ekstra hati-hati.

12. Gancik Hill Top Boyolali

Berada di ketinggian sekitar 1.850 mdpl, Gancik Hill Top atau sebelumnya dikenal sebagai Bukit Gancik juga punya panorama awan mengagumkan. Pada saat musim hujan, Bukit Gancik seakan-akan muncul di atas lautan awan yang menyelimuti lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Gancik Hill Top terletak di Dusun Selo, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Di sana, tersedia gardu pandang dari kayu bambu untuk melihat pemandangan / landscape alam sekitar. Harga tiket masuk ke objek wisata Boyolali ini sekitar 5 ribu rupiah.

13. Gunung Putri Lembang

Kawasan wisata Lembang Bandung nampaknya tak mau kalah dengan daerah lain, di sana ada Gunung Putri yang juga punya hamparan awan putih. Untuk menyaksikan negeri di atas awan, Anda harus berangkat pagi-pagi sekali atau camping di lokasi. Pasalnya, spot tersebut bisa dilihat sekitar pukul 05.00 WIB.

Dengan ketinggian hanya sekitar 1.587 mdpl, Gunung Putri cocok untuk dikunjungi para pendaki pemula. Meskipun demikian, Anda wajib tetap hati-hati karena selama perjalanan akan menemukan tebing atapun jurang. Jaket tebal sepertinya wajib dibawa mengingat suhu udara saat pagi dan malam begitu dingin.

14. Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton terletak di dalam Taman Hutan Raya Ir H Djuanda, tepatnya di Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Untuk sampai ke atas tebing, Anda harus trekking sekitar 30 – 40 menit. Harga tiket masuk ke destinasi wisata Bandung ini terbilang cukup murah meriah sekitar 12 ribu rupiah.

Pagi hari sepertinya menjadi waktu yang tepat untuk melihat keindahan Tebing Keraton. Dari atas tebing ini, Anda akan melihat sunrise, hamparan kabut, dan pepohonan hijau sejauh mata memandang. Pastikan Anda membawa kamera full baterai dan memory card cadangan agar bisa mengabadikan panorama cantik dengan puas.

15. Gunung Luhur Banten

Gunung Luhur termasuk salah satu spot melihat negeri di atas awan yang sempat viral dan hits banget beberapa saat lalu. Tempat wisata di Banten ini terbilang baru, oleh karena itu fasilitasnya belum begitu memadai. Namun, saat ini kabarnya sedang dilakukan pembangunan sarana prasarana untuk memberi kenyamanan wisatawan.

Lokasi Gunung Luhur terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten. Dengan ketinggian sekitar 901 mdpl, Gunung Luhur menawarkan panorama hamparan awan putih nan indah. Landscape panorama awan tersebut dapat dinikmati sekitar pukul 05.00 – 08.00 WIB. Sebaiknya datang saat cuaca cerah, apabila hujan akan sulit menikmati keindahan negeri di atas awan karena tertutup kabut.

16. Gunung Cikuray Garut

Gunung Cikuray memiliki ketinggian sekitar 2.818 mdpl, terletak di perbatasan 3 kecamatan yaitu Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung, Garut, Jawa Barat. Untuk mencapai puncak, Anda harus melakukan pendakian sekitar 7 jam perjalanan.

Rasa lelah akan terbayarkan setelah Anda mencapai puncak Gunung Cikuray. Pasalnya, ikon objek wisata di Garut ini punya penorama hamparan awan putih yang eksotis. Anda juga menyaksikan sunrise maupun sunset cantik di sana. Keindahan matahari pagi dan sore sungguh mengagumkan berpadu dengan awan putih yang terhampar layaknya permadani.

17. Munduk Moding Plantation Bali

Selain memiliki aneka pantai indah nan cantik, Pulau Bali juga punya pemandangan alam negeri di atas awan. Satu diantara spot untuk melihat hamparan awan adalah Munduk Moding Plantation. Berlokasi di tengah perkebunan kopi, tepatnya di Jl. Asah Gobleg, Gobleg, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali, resort mewah bernama Munduk Moding Plantation ini menyajikan panorama alam indah.

Suasananya benar-benar nyaman dan alami, cocok sekali buat tempat bulan madu di Bali yang romantis bagi para pengantin baru. Daya tarik utama Munduk Moding Plantation adalah kolam renang “infinity pool”. Dari atas kolam tersebut, Anda bisa melihat pepohonan hijau dan hamparan awan yang menutupi area perkebunan. Benar-benar terasa berenang di atas awan.

18. Pura Lempuyang Luhur Bali

Pura Lempuyang Luhur termasuk salah satu destinasi wisata Bali yang berhasil memikat sejumlah traveler. Pasalnya, pemandangan alam dari atas pura ini begitu indah, apalagi ada hamparan awan cantik. Sungguh sangat instagramable dijadikan spot berfoto.

Pura Lempuyang Luhur terletak di Bunutan, Abang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Pura ini berada di puncak Gunung Lempuyang atau Bukit Bisbis sehingga untuk mencapainya, Anda harus melalui sekitar 1.700-an anak tangga. Spot paling populer berupa dua buah gerbang atau gapura dengan latar Gunung Agung.

19. Gunung Abang Kintamani

Spot untuk merasakan negeri di atas awan berikutnya adalah Gunung Abang di Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dengan ketinggian sekitar 2.152 mdpl, gunung tertinggi ke tiga di Bali ini menawarkan pesona hamparan awan nan indah. Medan untuk mendaki Gunung Abang terbilang sulit, sehingga tidak direkomendasikan bagi pemula.

20. Desa Pinggan Kintamani

Desa Pinggan yang berada sekitar 14 km sebelah timur Kabupaten Kintamani ini mendadak viral karena foto-foto kecantikannya di instagram. Panorama Desa Pinggan sungguh eksotis jika dilihat dari ketinggian, dimana hamparan kabut, pepohonan hijau, dan cahaya matahari berpadu indah.

Untuk menuju Desa Pinggan, Anda bisa memakai motor atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih dari Denpasar. Waktu terbaik melihat kabut atau awan biasanya pada pukul 04.00 – 06.00 WITA. Agar bisa menyaksikannya, sebaiknya Anda sekalian camping di sana.

21. Gunung Batur Kintamani

Satu lagi tempat bagus untuk melihat negeri di atas awan Pulau Bali, yaitu Gunung Batur. Tak hanya hamparan awan, sunrise di sana kabarnya juga sangat indah. Untuk mencapai puncak, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam pendakian. Jika akan mendaki Gunung Batur, Anda sebaiknya ditemani pemandu berpengalaman.

22. Puncak Wolobobo Bajawa Flores

Bukan hanya di Pulau Jawa dan Bali, negeri di atas awan juga bisa Anda temukan di luar kedua pulau tersebut. Misalnya saja puncak Bukit Wolobobo di Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana, Anda bisa menyaksikan hamparan lembah tertutup awan.

Bukit Wolobobo dikenal memiliki sunset yang sangat cantik. Untuk memanjakan wisatawan dalam menikmati panorama alam, pihak pengelola menyediakan fasilitas beberapa menara pandang. Anda tinggal memilih akan menikmati view yang mana.

23. Desa Wae Rebo Manggarai

Desa Wae Rebo merupakan kampung adat yang terletak di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa ini berada di ketinggian sekitar 1.200-an mdpl dengan dikelilingi gunung-gunung megah sehingga tampak terisolasi. Untuk mencapai lokasi, Anda membutuhkan perjuangan ekstra berat karena keberadaannya di lembah pegunungan.

Meskipun termasuk masih sangat tradisional, namun kabarnya Wae Rebo sudah cukup populer di kalangan turis mancanegara. Udaranya terbilang sejuk dan suasananya masih sangat alami. Ikon wisata Pulau Flores ini pada waktu tertentu diselimuti oleh kabut sehingga dikenal dengan sebutan desa di atas awan.

24. Puncak Gunung Mutis, NTT

Selain Wae Rebo, ada satu lagi tempat wisata di Nusa Tenggra Timur yang menyuguhkan hamparan awan nan spektakuler, yaitu Gunung Mutis dengan ketinggian sekitar 2.400 mdpl. Meskipun bukan termasuk gunung aktif, namun untuk mencapai puncaknya dibutuhkan perjuangan ekstra.

Anda setidaknya harus mendaki selama 3 jam-an dan waspada terhadap hewan-hewan liar seperti harimau. Rasa lelah akan terbayarkan begitu sampai puncak, Anda akan bisa menyaksikan hamparan awan dan savana hijau tampak begitu indah. Gunung Mutis terletak di Kecamatan Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

25. Desa Mantar Sumbawa Barat

Desa Wisata Mantar terletak pada ketinggian sekitar 660 mdpl, tepatnya di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Saat pagi tiba, gumpalan-gumpalan awan putih dapat Anda saksikan dari desa ini. Tak hanya awan, view bagus lainnya juga dapat Anda nikmati seperti Gunung Rinjani di sisi barat, Selat Alas, Pelabuhan Pototano, dan Gili Balu.

26. Bukit Pergasingan, Sembalun, Nusa Tenggara Barat

Negeri-Di-Atas-Awan-Indonesia
Negeri Di Atas Awan Indonesia : Bukit Pergasingan (Foto : Focusfeel)

Bukit Pergasingan terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Destinasi wisata Lombok yang sempat viral dan hits di instagram ini menyuguhkan panorama indah berupa sawah berpetak-petak dan berwarna-warni dari ketinggian.

Pada waktu tertentu, ada juga view kabut yang melayang-layang di atas sawah tersebut sehingga tampak instagenic. Untuk mencapai Bukit Pergasingan tidaklah mudah, Anda harus berkendara selama lebih kurang 2 jam dari Mataram ke Desa Sembalun. Dari desa tersebut, Anda masih harus trekking sekitar 3 jam menuju puncak bukit.

27. Bukit Selong Sembalun

Selain Bukit Pergasingan, ada satu lagi bukit yang menawarkan view bagus Desa Sembalun dari atas ketinggian, yaitu Bukit Selong. Bukit ini berada di kawasan Dusun Beleq, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Bukit Selong memang tak begitu tinggi, namun pemandangan alam yang ditawarkan sungguh cantik. Gradasi warna hijau alami akan Anda jumpai saat sampai di puncak bukit.

28. Puncak Pilar Sukabumi

Puncak Pilar terletak di Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Sukabumi. Dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, tempat wisata hits di Sukabumi ini menawarkan panorama negeri di atas awan yang cantik mengagumkan. Untuk melihatnya, Anda harus sudah tiba di sana pada pukul 05.30 – 08.00 WIB.

Saat jam tersebut, kabut tebal akan menyelimuti wilayah Pabuaran, Sagaranten, Purabaya dan Nyalindung. Gunung Gede juga tampak dari kejauhan. Bagi penyuka selfie, Puncak Pilar menyediakan beberapa spot foto kekinian yang instagramable.

29. Desa Lolai Toraja Utara

Ngomongin negeri di atas awan, tentu tak bisa lepas dari Desa Lolai atau Kampung Lolai di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Berada pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl, destinasi wisata Sulawesi Selatan ini menawarkan pemandangan matahari terbit dan hamparan awan nan indah.

Untuk melihat keindahan tersebut, sebaiknya Anda menginap / berkemah di sekitar puncak Lolai. Hal ini karena fenomena gumpalan awan akan tampak cantik pada pukul 05.00 sekaligus melihat sang surya muncul di balik awan.

30. Batutumonga Sulawesi Selatan

Selain Kampung Lolai, ada satu lagi spot untuk melihat hamparan awan putih di kawasan wisata Toraja yaitu Batutumonga. Berada di lereng Gunung Sesean, Batutumonga menawarkan kesejukan udara dan panorama alam indah mulai dari persawahan, hutan, awan putih, hingga Kota Rantepao.

31. Buntu Liarra Sulawesi Barat

Buntu Liarra terletak di Desa Talimbung, Kecamatan Tanduk Kalua, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Keberadaannya di puncak pegunungan Liarra sehingga memungkinkan melihat hamparan awan lebih rendah. Anda benar-benar akan merasakan seolah-olah berada di atas awan.

Destinasi wisata Sulawesi Barat ini belum memiliki fasilitas memadai, suasananya masih alami. Fenomena hamparan awan dapat dinikmati antara pukul 04.00 – 09.00 pagi hari dan 16.00 – malam hari. Jika datang ke sana, Anda wajib menjaga kebersihan.

32. Bukit Jamur Kabupaten Bengkayang

Bukit Jamur merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan Barat yang sudah cukup populer dengan panorama hamparan awan. Letaknya berada di Desa Belangko, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Untuk mencapai lokasi, Anda harus menempuh perjalanan sejauh sekitar 6 kilometer dari Kota Bengkayang, lalu dilanjutkan trekking jalan kaki selama 1 – 2 jam. Panorama alamnya mirip puncak Mahameru di Jawa Timur. Dari puncak Bukit Jamur, Anda bisa melihat bukit-bukit, pemukiman penduduk, sawah, ladang, awan, hingga matahari terbit.

33. Puncak Lawang Sumatera Barat

Liburan ke Sumatera Barat tentu belum lengkap rasanya apabila tak mampir ke Puncak Lawang. Dari sana, Anda bisa melihat keindahan barisan awan dan Danau Maninjau dari ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Untuk melihat gugusan awan, sebaiknya Anda datang pagi-pagi sebelum destinasi wisata Sumatera Barat ini dipenuhi kabut.

34. Desa Ugimba Papua

Desa Ugimba berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, lokasinya terletak di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Keunikan desa ini terletak pada sungai yang mengalir di sana, airnya begitu bersih, segar, dan sedingin es karena mengalir langsung dari Pegunungan Jayawijaya.

Selain itu, saat pagi hari sekitar pukul 07.00 – 08.00 WIT, Anda bisa menyaksikan kabut tipis menyelimuti desa layaknya negeri di atas awan. Desa Ugimba termasuk objek wisata di Papua yang masih jarang dikunjungi karena keberadaannya cukup jauh dari perkotaan.

Untuk mencapai lokasi, Anda harus terbang memakai pesawat dari Timika ke Sugapa, Pegunungan Tengah. Lalu, dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 16 jam. Sungguh akan sangat melelahkan, bukan? Namun, rasa lelah akan terbayar begitu sampai di Desa Ugimba mengingat panorama alamnya cukup indah.

35. Lembah Baliem, Wamena, Papua

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal Suku Dani yang berada di ketinggian 1.600 meter dari permukan laut (mdpl). Selain terkenal akan Festivalnya yang pupuler dikalangan fotografer dunia, Lembah Baliem juga punya sejumlah destinasi wisata alam nan indah, seperti Danau Habema, Air Terjun Napua, Goa Kontilola, dan Telaga Biru Maima.

36. Bukit Khayangan, Jambi

Bukit Khayangan merupakan salah satu tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi. Pasalnya, keindahan pemandangan alamnya begitu eksotis. Bukit ini berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl dengan dikelilingi oleh kota, danau, gunung, dan pepohonan hijau yang dapat memanjakan mata. Lautan awan pun kabarnya bisa Anda saksikan di bukit ini.

37. Posong, Temanggung Jawa Tengah

Kawasan wisata alam Posong merupakan salah satu objek wisata di Temanggung yang cukup terkenal dikalangan wisatawan. Daya tariknya berupa keindahan alam dan kesejukan udara sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari keramaian kota. Lokasinya terletak di Desa Tlahap, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah.

Posong berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, dari sana Anda bisa melihat landcape 7 gunung saat cuaca cerah sebelum pukul 11.00 WIB. Jika ingin melihat sunrise, Anda sebaiknya berkemah di sana sehingga bisa memiliki waktu yang cukup untuk menikmati fajar.

Bagaimana sobat traveler? Keren banget bukan, aneka tempat wisata negeri di atas awan Indonesia? Jangan lupa masukkan salah satu spot tersebut ke dalam list liburan Anda. Rugi deh, punya alam yang begitu indah tapi tak sempat menikmatinya. Apabila Anda punya informasi baru tentang objek wisata serupa, silahkan bisa berbagi melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here