Pusat Info Wisata Terlengkap

77+ Tempat Wisata Terbaik Dan Terindah Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

0 3,668

Tempat Wisata Di Bali – Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata terbaik dan terindah di Bali yang wajib dikunjungi saat liburan. Tak hanya pasir putih dan lautan biru, Pulau Bali juga punya sejumlah objek wisata menarik selain pantai mulai dari air terjun, hutan, alam perbukitan, kerajinan, budaya, kuliner, area bermain, tempat belanja hingga resort mewah nan romantis.

Nah, untuk review kali ini anekawisata.com telah memilihkan sejumlah destinasi wisata baru dan terkenal yang lagi hits dikalangan wisatawan atau pun media sosial (baca : sosmed) seperti instagram serta facebook. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak langsung saja daftar listnya!

Daftar Tempat Wisata Terbaik Dan Terindah Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

1. Plataran L’harmonie Menjangan

tempat wisata terbaik di bali
Tempat wisata terbaik di Bali yaitu Plataran L’harmonie Menjangan (Foto : IG @plataranresorts)

Tempat wisata terbaik dan terindah yang wajib Anda kunjungi di pulau Bali untuk pertama kali tentu saja Plataran L’harmonie Menjangan. Lokasi dan alamat lengkap ekowisata ini berada di Taman Nasional Bali Barat, Jl. Raya Seririt – Gilimanuk, Gerokgak, Singaraja, Bali.

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda harus memasuki hutan sejauh 4 km dari Jalan Raya Gilimanuk-Buleleng. Jalannya ditata tanpa aspal atau cor beton dengan papan petunjuk artisitik dari kayu. Jika beruntung, Anda bisa menemukan menjangan bercula pankang atau sekelompok monyet.

Plataran L'harmonie Menjangan
Plataran L’harmonie Menjangan (Foto : IG @plataranresorts)
Plataran Menjangan Bali Resort
Plataran Menjangan Bali Resort (Foto : IG @plataranresorts)

Apa seh daya tariknya? Disini, Anda akan menemukan sebuah resort mewah yang menyatu dengan alam atau istilahnya “Integrated Eco Nature Development Park”. Villa / kamar disini di desain dengan dekorasi yang cantik berlatar panorama hutan hingga birunya air laut. Tersedia juga infinity pool (kolam renang) dengan view lautan lepas.

infinity pool Plataran Menjangan Resort
Ilustrasi infinity pool di Plataran Menjangan Resort (Foto : IG @plataranresorts)
View lautan biru di Plataran Menjangan Resort Bali
View lautan biru di Plataran Menjangan Resort Bali (Foto : via IG @plataranresorts)

Aktivitas yang ditawarkan pun sangat lengkap dan menarik, dari mulai menjelajahi hutan belantara, snorkeling, diving, menikmati matahari terbenam, hingga bersantai di atas kapal pesiar pribadi (Private Cruises). Keren bukan? Tak ayal, Plataran L’harmonie Menjangan pun masuk 100 tempat wisata terbaik di dunia lho!

hewan Menjangan di Plataran L'harmonie
Ilustrasi hewan Menjangan di Plataran L’harmonie (Foto : IG @sassychris1)
Kapal Pesiar Pribadi Private Cruises Plataran Resort
Ilustrasi Kapal Pesiar Pribadi / Private Cruises Plataran Resort (Foto : IG @plataranresorts)

2. Four Seasons Resort Bali At Sayan

Four Seasons Resort Bali At Sayan Ubud Bali
Four Seasons Resort Bali At Sayan Ubud Bali (Foto : IG @elsas_wholesomelife)

Bosan dengan suasana pantai? Datang saja ke kawasan Ubud, banyak spot destinasi indah mempesona disini. Ubud menyuguhkan suasana pedesaan yang tentram dan damai, jauh dari keramaian kota. Nah, untuk menikmati keindahannya, Anda bisa tinggal di Four Seasons Resort.

Four Seasons Resort Bali At Sayan merupakan tempat wisata terbaik di Ubud Bali yang sudah sangat populer dikalangan wisatawan. Bahkan, sekelas mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun pernah menginap disini.

lingkungan sekitar Four Seasons Resort
Ilustrasi lingkungan sekitar Four Seasons Resort yang penuh pepohonan hijau (Foto : via booking.com)

Terletak di tepi Sungai Ayung dan lembah tropis yang rimbun, resort ini menyajikan sebuah pemandangan alam persawahan, hutan, hingga pegunungan hijau nan asri. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas wisata menenangkan disini seperti yoga, meditasi, bercocok tanam dengan petani desa, dan bersepeda lintas sawah. Buat yang suka kegiatan memacu adrenalin, Anda bisa ikut rafting di Sungai Ayung. Asyik bukan?

rafting Sungai Ayung
Ilustrasi rafting di Sungai Ayung (Foto : via booking.com)
kegiatan bercocok tanam di Four Seasons Resort Bali
Ilustrasi kegiatan bercocok tanam di sekitar Four Seasons Resort Bali At Sayan Ubud (Foto : via booking.com)

Meskipun terletak di sebuah desa, yaitu Desa Sayan, Four Seasons Resort memiliki fasilitas yang sangat lengkap berkelas internasional. Ada kolam renang outdoor, restoran, pusat kebugaran, dan perawatan spa yang bisa nikmati para tamu.

Suasana Romantis di Four Seasons Resort Bali
Suasana Romantis di Four Seasons Resort Bali At Sayan Ubud Bali (Foto : IG @sda_pr)

Setiap kamar dan villa dilengkapi ruang makan, area tempat duduk dengan sofa mewah, dan teras pribadi dengan view pemandangan alam hijau. Tersedia juga brankas, TV satelit layar datar, kamar mandi, ruang ganti, dan fasilitas menyetrika. Bila ingin bermalam disini, Anda harus menyiapkan kocek yang tebal, karena harga sewa per malamnya mencapai jutaan rupiah.

3. Air Terjun Wana Ayu

tempat wisata terindah di bali
Tempat wisata terindah di Bali yaitu Air Terjun Wana Ayu (Foto : IG @wahyu_wt)

Mungkin belum banyak orang yang tahu, bahwa Pulau Bali sebenarnya kaya akan air terjun cantik, khususnya kawasan sebelah utara. Gak percaya? Coba deh Anda datang ke Air Terjun Wana Ayu yang terletak di Dusun Runuh Kubu, jaraknya sekitar 1 km dari pusat Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Dengan ketinggian kurang lebih 35 meter, aliran air yang jatuh tampak sangat eksotis dengan latar tembok batu berselimut pepohonan hijau. Pantas rasanya objek wisata alam ini dimasukkan ke dalam daftar air terjun terindah di Bali yang wajib dikunjungi.

Air terjun ini masih jarang dikunjungi wisatawan, mungkin karena lokasinya yang sulit dijangkau. Untuk mencapai Air Terjun Wana Ayu, Anda harus melewati medan jalan yang terjal dan licin, jadi wajib berhati-hati ya! Harga tiket masuk kesini sepertinya masih gratis, hanya memberikan biaya sukarela ke warga sekitar.

4. Hideout, Karangasem

tempat wisata di bali yang wajib dikunjungi
Tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi para pengantin baru yaitu Hideout, Karangasem (Foto : IG @jordhammond)

Buat para pengantin baru yang sedang mencari tempat bulan madu romantis di Bali maka Hideout Karangasem bisa menjadi pilihan yang tepat. Letaknya yang berada di tepi sungai dengan pemandangan pepohonan rindang, ditambah suara alam sungguh sangat terasa special.

Suasana hotel unik di Bali ini sangat tenang dan damai, pasalnya hanya ada satu bangunan, tak ada yang lain. Benar-benar private banget, dunia serasa milik berdua lho! Namun, untuk merasakan sensasi bermalam disini, Anda harus rela antri untuk booking selama 3 bulanan.

5. Danau Beratan & Pura Ulun Danu

Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul (Foto : IG @emmett_sparling)

Nah, kalau tempat rekreasi yang satu ini tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Namanya Danau Beratan Bedugul yang memiliki lingkungan sejuk dan asri karena berada di daerah perbukitan. Selain panoramanya yang cantik, daya tarik lain dari danau ini adalah keberadaan Pura Ulun Danu yang berada di tepinya.

Pura Ulun Danu Bedugul
Pura Ulun Danu Bedugul, Tabanan (Foto : IG @saltinourhair)
perahu kano di Danau Beratan Bedugul Bali
Ilustrasi naik perahu kano di Danau Beratan Bedugul Bali (Foto : IG @jordhammond)

Pura ini termasuk salah satu spot foto keren di Bali favorit wisatawan, perpaduan bentuk pura yang unik dan air danau nan jernih menghasilkan gambar yang instagramable. Untuk mendapatkan sudut gambar bagus, Anda bisa naik perahu menuju Pura Ulun Danu.

Karena lokasinya yang sering turun hujan, sebaiknya Anda berkunjung kesini saat cuaca cerah. Anda akan lebih leluasa menikmati keindahan danau berserta aneka permainan airnya. Oya, siap-siap saja bawa payung atau jas hujan ya!

6. Pantai Balangan

Pantai Balangan
Pantai Balangan (Foto : via IG @hens4m)

Bukan hanya Kuta, Sanur, atau pun Jimbaran, masih banyak deretan pantai di Bali lainnya yang memiliki hamparan pasir putih dan lautan biru nan indah. Datang saja ke Pantai Balangan, Anda akan dibuat terkesima dengan kecantikan panoramanya. Alamatnya terletak di Jalan Pantai Balangan, Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

Pantai ini terbilang unik karena memiliki 2 sisi yang sangat berbeda. Satu sisi, Anda akan melihat pasir putih yang terbentang hingga menyatu dengan lautan lepas. Akan tetapi, di sisi lain, ada juga kontur lempeng karang yang memiliki lubang berbentuk kolam kecil.

kolam batu karang Pantai Balangan
Ilustrasi kolam-kolam kecil dari batu karang di Pantai Balangan (Foto : via IG @mytrip.id)

Di dalam kolam tersebut biasanya terdapat ikan atau pun kepiting kecil. Keberadaannya semakin istimewa dengan lumut hijau yang tumbuh secara merata dan alami. Keren banget bukan? Harga tiket masuk Pantai Balangan sangatlah murah meriah, Anda hanya cukup membayar parkir kendaraan saja sekitar 2 – 5 ribu rupiah.

7. Tirta Empul, Tampak Siring

Tirta Empul Tampak Siring
Tirta Empul, Tampak Siring (Foto : IG @photographvkp)

Selain kaya akan tempat wisata alam dan pantai yang indah, Pulau Bali juga memiliki sejumlah budaya dan adat istiadat yang menarik untuk dikunjungi seperti Pura Tirta Empul yang berada di Tampak Siring, Gianyar.

Di sekitar pura ini terdapat sebuah kolam suci yang dipercaya masyarakat setempat bisa menyembuhkan penyakit. Air kolam ini berasal dari Sungai Pakerisan yang terletak dekat dari Tirta Empul.

Siapapun diperbolehkan mandi di sini, namun jika ingin merasakan kesegaran air disini, hindari siang hari karena akan banyak sekali rombongan turis yang mampir ke sini.

8. Tirta Gangga, Karangasem

Tirta Gangga Karangasem
Tirta Gangga, Karangasem (Foto : IG @katerinastavreva)

Kawasan Bali sebelah Timur ternyata memiliki sejumlah objek wisata yang tak kalah bagus dengan daerah lainnya. Coba deh berkunjung ke Taman Air Tirta Gangga Karangasem. Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kuta untuk mencapai lokasi.

Ada 3 tingkatan bangunan di taman ini, pada bangunan tertinggi ada mata air yang berada di bawah pohon beringin. Bangunan tingkat kedua, terdapat kolam renang dan bangunan yang paling bawah terdapat kolam hias dengan air mancur.

9. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland
Pantai Dreamland, Pecatu, Uluwatu (Foto : IG@poseidonsreach)

Buat sobat traveler yang ingin mengeksplore aneka tempat wisata di Bali Selatan maka Pantai Dreamland wajib dikunjungi. Hamparan pasir putih, air laut biru bersih, dan ombaknya yang bergulung tinggi besar,menjadi daya tarik pantai ini. Sunsetnya juga cantik banget, asyik buat menemani duduk santai saat sore hari.

10. The Lawn, Canggu

The Lawn Canggu
The Lawn, Canggu (Foto : IG @piuscardia)

Bukan hanya terkenal sebagai spot surfing, kawasan Canggu juga termasuk salah satu tempat melihat sunset terbaik di Bali lho! Untuk menikmati keindahan matahari tenggelam tersebut, Anda bisa mampir ke The Lawn di Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

The Lawn Canggu Bali
The Lawn, Canggu, Bali (Foto : IG @emelinaah)

Tempat kekinian ini menyediakan karpet rotan untuk duduk yang terhampar diatas rerumputan hijua. Anda bisa bersantai ngobrol, ngemil atau pun tiduran sambil menikmati keindahan sunset disini. Sediakan saja budget sekitar 25 – 100 ribuan buat nongkrong asik disini.

11. Desa Munduk, Buleleng, Bali

Spot foto keren di Desa Munduk
Spot foto keren di Desa Munduk (Sumber : IG @mdbakta_kardana)

Menikmati keindahan sunset tak harus di pinggir pantai, berkunjunglah ke Desa Munduk, Anda akan menemukan gardu pandang untuk melihat sang surya kembali ke peraduannya dari ketinggian. Sekilas, tempat ini mirip rumah pohon yang ada di Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta.

Dari atas spot ini, Anda akan disuguhi pemandangan danau buyan dengan latar matahari tenggelam saat sore hari. Romantis dan keren banget bukan? Oya, bila akan kesini sebaiknya pagi atau sore karena saat siang biasanya ramai banyak yang antri.

12. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati
Pura Taman Saraswati (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Salah satu daya tarik Pulau Bali sebagai tujuan tempat wisata terbaik di Indonesia adalah keberadaan aneka pura dengan arsitektur yang khas dan unik. Selain Pura Besakih yang sudah sangat terkenal, ada pura lain yang tak kalah eksotik yaitu Pura Taman Saraswati di Ubud.

Sesuai dengan namanya, pura ini tempat pemujaan Dewi Saraswati (Dewi Pengetahuan). Nah, kalau Anda beragama Hindu, Pura Taman Saraswati termasuk objek wisata religi yang wajib dikunjungi. Keindahan pura ini terletak pada bagian yang di banyak di tumbuhi tanaman teratai atau ada yang menyebutnya bunga lotus.

Pada saat bunga-bunga itu bermekaran, pura ini menjadi spot yang paling instagenic nan indah untuk berfoto. Disini juga biasanya ada pementasan tari kecak setiap hari Selasa dan Kamis dengan tiket seharga 75 ribuan per orang.

13. Rock Bar Ayana Resort, Jimbaran, Bali

Rock Bar Ayana Resort
Rock Bar Ayana Resort (Foto : IG @timjordanphotography)

Tak kalah dengan aneka tempat wisata di Bandung yang kaya akan cafe untuk bersantai, Bali juga punya sederet tempat asik untuk hangout. Datang saja ke Rock Bar Ayana Resort di Jimbaran, Anda akan menemukan sebuah lokasi keren buat kumpul bareng teman-teman.

Rock Bar Ayana Resort termasuk salah satu tempat nongkrong di Bali dengan view pemandangan pantai dan sunset yang indah. Untuk kesini, sebaiknya Anda sekalian menginap di hotel Ayana Resort Jimbaran agar mendapatkan tempat yang cozy.

14. Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl
Pantai Green Bowl (Foto : IG @skinnymonkey)

Pantai Green Bowl merupakan salah satu tempat wisata pantai tersembunyi (hidden beach) di Pulau Bali yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Saat air laut surut, bila dilihat dari ketinggian, karang-karang pantai ini tampak berbentuk seperti mangkok berwarna hijau. Oleh karena itulah, banyak orang menyebutnya sebagai Green Bowl.

Keindahan Pantai Green Bowl atau yang sering disebut Bali Cliff Beach terletak pada hamparan pasir putih yang bersih dan kejernihan air laut. Suasananya cenderung sepi dan alami, sehingga asik buat menyendiri sekaligus menghilangkan penat dari keramaian kota.

Untuk menuju bibir pantai nan eksklusif ini, Anda harus menyusui anak tangga yang cukup banyak. Hati-hatilah karena jalannya cukup licin dan terjal. Harga tiket masuk ke sini sepertinya masih sangat murah, sekitar 5 ribu rupiah kalau belum naik.

15. La Plancha Seminyak

La Plancha Seminyak
La Plancha Seminyak (Foto : IG @thewanderfullylost)

Ketika menyambangi pantai Double Six Seminyak, buat Anda yang non muslim jangan sampai melewatkan cafe yang lagi naik daun ini, namanya La Plancha. Ciri khas tempat yang asik buat hangout ini berupa bean bag dan payung berwarna warni. Anda bisa bersantai menikmati cantiknya matahari tenggelam disini sambil ngemil.

16. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur
Pura Lempuyang Luhur (Foto : IG @adventurouspostcard)

Bali memang layak disebut sebagai pulau seribu pura, pasalnya hampir setiap sudut tempat ini bisa Anda temukan pura. Keberadaan pura Hindu di Bali tentu saja sudah tak asing lagi di mata wisatawan. Keindahan arsitekturnya telah membuat kagum banyak turis mancanegara.

Di Pulau Bali, setidaknya ada 3 buah pura besar yaitu Pura Besakih, Pura Ulun Danu, dan tentu saja Pura Lempuyang Luhur yang konon diklaim sebagai pura tertua disini. Selain digunakan untuk tempat berdoa umat Hindu, pura ini juga menjadi destinasi wisata.

Pesona Pura Lempuyang Luhur terletak pada pemandangan alam indah Kabupaten Karangasem dan udara yang sejuk. Untuk mencapai puncak pura, Anda harus melewati sekitar 1000 lebih anak tangga. Jadi, siapkan tenaga yang prima ya! Oya, ketika memasuki pura, Anda tidak diperkenankan berkata kotor.

17. Buyan Lake Camp

Buyan Lake Camp
Buyan Lake Camp (Foto : IG @wiradharmaasha)

Bukan hanya siang hari saja, Anda juga bisa menikmati keindahan alam Pulau Bali saat malam hari. Gak percaya? Cobain deh berkemah / camping di Buyan Lake Camp, Anda akan disuguhi kerlap-kerlip taburan bintang di langit yang sangat cantik dan eksotis.

Bumi perkemahan Buyan Lake Camp termasuk tempat favorit anak muda untuk kumpul bersama teman atau pun sahabat pada saat malam minggu. Suasananya cukup ramai, jadi Anda tak perlu takut walaupun tidur betarapkan tenda di alam terbuka.

18. Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang
Pantai Padang-Padang, Uluwatu (Foto : IG @alexsmith_)

Satu lagi pantai tersembunyi di Bali yang masih relatif sepi pengunjung, yaitu Pantai Pantai Padang-Padang di Jl Labuan Sait, Pecatu. Suasananya begitu tenang jauh dari hingar bingar keramaian kota, layaknya pantai pribadi (private beach).

Pantai Padang-Padang memiliki kontur yang landai dengan hamparan pasir putih nan indah menawan. Aktivitas seru dan asik yang bisa dilakukan disini antara lain berenang, berjemur, surfing, atau pun sekedar bersantai hingga berfoto menikmati keelokannya.

Agar mendapatkan suasana yang tak terlalu ramai, hindari berkunjung saat bulan Agustus karena akan banyak turis eropa yang datang ke sini. Anda juga perlu hati-hati ketika menuruni puluhan anak tangga ketika akan mencapai pantai ini.

19. The Deck, Nusa Lembongan, Bali

The Deck
The Deck (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Ini dia cafe ikonik yang lagi viral banget di instagram atau pun media sosial lainnya, namanya The Deck. Lokasinya berada di kompleks Batu Karang Resort, Nusa Lembongan. Ciri khas The Deck berupa bangunan terbuat dari kayu yang menjorok ke laut sehingga akan tampak view pemandangan lautan biru.

The Deck Nusa Lembongan
The Deck Nusa Lembongan (Foto : via thedecklembongan.com)

Disini, Anda dapat bersantai menikmati secangkir kopi sambil melihat-lihat perahu nelayan yang sedang berlayar, kegiatan memanen rumput laut, hingga kecantikan matahari tenggelam. Datanglah ketika sore hari, hindari siang karena akan terasa panas udaranya.

20. Air Terjun Aling Aling

Air Terjun Aling Aling
Air Terjun Aling Aling (Foto : IG @agusm123)

Ketika Anda mengunjungi Pantai Lovina untuk melihat lumba-lumba, sempatkanlah setelahnya untuk melihat salah satu air terjun terbagus di Bali yang lagi ngehits banget di instagram, yaitu Air Terjun Aling Aling. Lokasinya berada di Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Kurang lebih hanya 20 menitan perjalanan dari Pantai Lovina.

Jatuhan aliran air disini sangat eksotis, ditambah lagi dengan suasana hutan alami yang sejuk dan segar udaranya. Tak hanya itu, air dalam kolam dibagian bawah pun nampak jernih sehingga asyik untuk bermain air atau berenang. Tapi tetap wajib hati-hati, keselamatan yang utama!

21. Desa Wanagiri, Buleleng, Bali

Spot Foto Sangkar Burung di Desa Wanagiri
Spot Foto Sangkar Burung di Desa Wanagiri (Sumber : IG @mdbakta_kardana)

Seperti halnya wisata Jogja yang selalu menyuguhkan tempat baru untuk selfie ala anak muda kekinian, Pulau Bali pun demikian adanya. Anda bisa berkunjung ke Desa Wanagiri, Buleleng bila ingin merasakan sensasi spot foto instagenic yang super kece.

Gardu Pandang Desa Wanagiri
Spot Gardu Pandang seperti kapal laut di Desa Wanagiri (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Ada 3 lokasi keren disini untuk berfoto, yaitu sangkar burung, ayunan, dan gardu pandang seperti kapal dengan view Danau Buyan yang sangat indah. Harga tiket masuknya cukup murah meriah, hanya dengan 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa narsis ala anak-anak IG. Kalau bisa datangnya pagi ya, biar dapat suasana asri, tenang, gak antri, dan bagus buat pencahayaan.

Spot Foto Ayunan di Desa Wanagiri
Spot Foto Ayunan di Desa Wanagiri (Sumber : IG @erytriana_jie)

22. Pantai Atuh dan Rumah Pohon Batu Molenteng

Pantai Atuh
Ilustrasi Pantai Atuh (Foto : via IG @anjun73)

Nusa Penida merupakan sebuah pulau cantik yang menjadi unggulan pariwisata Bali selain kawasan Ubud dan Pulau Menjangan. Disini, Anda akan menemukan deretan pantai pasir putih nan bersih hingga tebing karang di tepian laut.

Suasananya yang masih alami dan tenang, membuat Nusa Penida masuk dalam daftar tempat bulan madu romantis di Indonesia favorit pasangan pengantin baru. Apalagi banyak resort romantis dan unik untuk bermalam atau pun beristirahat.

Nah, dari sekian banyak tempat liburan di pulau ini, ada satu objek yang wajib dikunjungi karena lagi hits banget di media sosial, yaitu Rumah Pohon Batu Molenteng. Lokasinya terletak di Pulau Seribu, Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Nusa Penida.

Rumah Pohon Batu Molenteng
Rumah Pohon Batu Molenteng (Foto : IG @ellchintya)

Dari atas rumah pohon ini, Anda akan bisa melihat pemandangan alam berupa pantai Atuh dari ketinggian yang dihiasi oleh beberapa pulau kecil seperti layaknya Raja Ampat atau pun Thailand. Keren banget bukan? Harga tiket masuk ke objek wisata unik di Bali ini sangatlah murah, hanya 5 ribu rupiah, tapi kalau belum naik lho ya!

Pulau Seribu
View pemandangan indah di Pulau Seribu (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Selepas dari rumah pohon, Anda bisa menuruni Bukit Atuh untuk menyaksikan keindahan Pantai Atuh dengan pasir putihnya yang lembut dan bersih. Untuk menuju bibir pantainya, Anda harus ekstra hati-hati karena akan melewati tebing curam dan terjal. Kalau takut dan tidak fit, mending cukup menikmatinya dari atas rumah pohon saja.

23. New Kuta Green Park

New Kuta Green Park
New Kuta Green Park (Foto : IG @tommytwig)

Bukan hanya untuk kalangan muda atau pun pengantin baru, Pulau Bali juga punya sejumlah destinasi wisata yang menarik dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Anda bisa mencoba keseruan bermain air di New Kuta Green Park bareng-bareng dengan si buah hati.

Water Park yang terletak di Jl. Raya Uluwatu, Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali ini mempunyai fasilitas serta wahana permainan yang lengkap, mulai dari water slide, lazy river, kolam renang anak, kolam renang dewasa, flying fox, bungee trampoline, wave pool, flow rider, dan lain sebagainya.

keseruan pengunjung di New Kuta Green Park
Ilustrasi keseruan pengunjung di New Kuta Green Park (Foto : via newkutagreenpark.com)

Jam buka New Kuta Green Park mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.30 WITA. Harga tiket masuk sebesar 90 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 65 ribu rupiah buat anak-anak. Selepas bermain, Anda juga bisa mampir ke Pantai Dreamland dan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak tak jauh dari waterpark ini.

24. Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest
Ubud Monkey Forest (Foto : IG @captain_potter)

Selain objek wisata Sangeh yang menyuguhkan interaksi dengan monyet, ada juga Ubud Monkey Forest yang penuh dengan binatang tersebut. Monyet sendiri merupakan hewan yang sangat dihormati oleh masyarakat Hindu, sehingga tak heran jika monyet mudah ditemukan di Pulau Bali yang mayoritas beragama Hindu.

Ubud Monkey Forest sendiri sebenarnya sebuah hutan cagar alam yang juga dikenal dengan sebutan Mandala Wisata Wenara Wana atau Sacred Monkey Forest Sanctuary. Ada sekitar 200-an lebih monyet ekor panjang di dalam hutan ini. Karena berada di habitat aslinya, monyet disini sangatlah liar dan tidak jinak.

Ketika Anda memasuki tempat wisata alam ini, sebaiknya jangan memakai topi, kacamata, dan barang-barang berharga lainnya. Hal ini untuk menghindari kejailan dari monyet-monyet disini. Suasana hutan yang terdiri dari 115 jenis pohon ini sangatlah sejuk dan segar.

Jam buka Ubud Monkey Forest sekitar pukul 08.30 – 18.00 WITA. Harga tiket masuknya 30 rupiah untuk orang dewasa, dan 20 ribu rupiah bagi anak-anak. Tapi kalau belum naik lho ya! Oya, tempat ini sudah sangat mendunia, bahkan sekelas selebriti Hollywood Paris Hilton pernah mampir ke sini.

25. Bambu Indah, Ubud

Bambu Indah Ubud
Bambu Indah Ubud (Foto : IG @emelinaah)

Wilayah Ubud Bali memang asyik buat menyendiri sambil menikmati keindahan alam pedesaan, sawah, dan hutan. Nah, buat Anda yang ingin tinggal disini beberapa hari agar pikiran menjadi fresh kembali, ada neh satu penginapan unik di Ubud yang cukup nyaman digunakan untuk bermalam yaitu Bambu Indah.

Hotel ini menyuguhkan konsep tradisional dengan tiap kamar memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda satu sama lain. Misalnya saja Rumah Udang, kamar ini mempunyai lantai kaca dimana dibawahnya terdapat kolam udang. Keren bukan?

Ada juga dek kayu sebagai tempat bersantai untuk bermalas-malasan atau duduk-duduk sambil ngemil. Dari sini, Anda bisa menikmati keindahan sunset dan hamparan sawah nan hijau ketika sore tiba. Sungguh romantis dan sempurna!

26. Hanging Garden

Hanging Garden Ubud
Hanging Garden Ubud (Foto : via booking.com)

Inilah hotel terbaik di Bali untuk liburan, namanya Hanging Garden. Keistimewaan tempat menginap ini berupa kolam renang alam terbuka yang bertingkat seperti terasering persawahan khas Ubud. Anda bisa berenang disini sambil menikmati pemandangan indah, mulai dari gunung, hutan, hingga matahari terbenam. Asyik banget bukan?

kolam renang bertingkat Hanging Garden Ubud
Ilustrasi kolam renang terindah bertingkat di Hanging Garden Ubud dengan view pemandangan alam indah (Foto : IG @hanginggardensofbali)

Selain telah mendapatkan predikat sebagai kolam renang terindah di dunia atau The World’s Best Swimming Pool oleh Conde Nast Traveller, suasana villa-villa yang ditawarkan Hanging Garden sangatlah tenang dan nyamn untuk istirahat. Letaknya yang agak tersembunyi, dan berada dekat dengan kawasan pegunungan serta dikelilingi areal persawahan hijau nan asri, semakin menambah kedamaian disini.

27. Pantai Kelingking, Nusa Penida

Pantai Kelingking
Ilustrasi Pantai Kelingking (Foto : IG @jordhammond)

Pantai Klingking (Secret Point Beach) merupakan tempat wisata terindah di Nusa Penida Bali yang masih sepi belum terjamah oleh para wisatawan. Pantai ini terletak di Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar. Untuk menuju bibir pantainya, Anda harus berusaha ekstra keras karena letaknya di dasar tebing / bukit yang tinggi.

Anda akan memerlukan waktu trekking sekitar 1 jam menuruni tebing sepanjang 150 meter. Belum ada akses jalan yang memadai, medannya sangat alami, jadi wajib sangat ekstra hati-hati agar tidak terpeleset ke dalam jurang. Bila dirasa tak kuat atau takut, sebaiknya Anda cukup menikmati pantai ini dari ketinggiian saja.

Pantai Kelingking Bali
Ilustrasi view Pantai Kelingking Bali dari atas (Foto : IG @jordhammond)

Setelah sampai di dasar tebing, rasa capek dan lelah niscaya akan segera sirna. Hamparan pasir putih bersih nan lembut dengan birunya air laut akan memanjakan mata. Jika beruntung, Anda pun akan berkesempatan melihat ikan pari manta yang sedang asyik berenang di tepian pantai ketika air laut surut.

28. Tanjung Benoa Watersport

Flyboarding Tanjung Benoa
Flyboarding Tanjung Benoa (Foto : IG @ariesynthezer)

Anda ingin menjadi seorang Ironman atau Astroboy yang bisa melayang di udara dalam dunia nyata? Datang saja ke Tanjung Benoa Watersport di Bali, disini ada wahana flyboarding. Dengan bantuan dari instruktur profesional, mimpi Anda untuk benar-benar menjadi super hero tersebut akan menjadi nyata.

Flyboarding sendiri menggunakan sebuah mesin untuk menerbangkan orang melalui tekanan semburan air. Wahana permainan ini dapat membuat orang terbang mencapai ketinggian sekitar 50 meter dalam waktu 15 menitan, keren banget bukan?

Untuk mencoba Flyboard, Anda akan dikenakan tiket sebesar 600 ribu rupiah lebih, jadi siapkan saja budget yang banyak ya! Di Tanjung Benoa, pengunjung juga bisa mencoba olah raga air seru lainnya, seperti jet ski, banana boat, flying fish, hingga parasailing / paralayang.

29. Pantai Crystal Bay, Nusa Penida

Pantai Pantai Crystal Bay
Pantai Pantai Crystal Bay, Nusa Penida (Foto : IG @agusm123)

Pesona Nusa Penida memang tiada duanya, disini Anda akan menemukan sejumlah tempat wisata terbaru di Bali yang sangat indah, misalnya saja Pantai Crystal Bay. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang jernih berkilauan layaknya sebuah kristal.

sunset Pantai Crystal Bay
Ilustrasi sunset cantik di Pantai Crystal Bay, Nusa Penida (Foto : IG @johnnywhitworth)

Alamat dan lokasi Pantai Crystal Bay berada di kawasan Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida. Datanglah ke sini ketika sore hari menjelang matahari terbenam, Anda akan mendapatkan suasana tenang dan pemandangan cantik.

30. Waterbom Bali

Waterbom Bali
Waterbom Bali (Foto : IG @dekw_)

Tak hanya indah, Pulau Bali juga menawarkan aneka tempat wisata yang seru untuk memacu adrenalin, salah satunya adalah Waterbom Bali. Di taman bermain air terbesar se-Asia ini, Anda akan dimanjakan dengan 9 wahana air mulai dari yang ekstrim hingga permainan menenangkan.

perosotan Waterbom Bali
Ilustrasi perosotan di Waterbom Bali (Foto : IG @waterbombali)

Bagi Anda yang suka tantangan, bisa mencoba wahana Climax, Superbowl, Boomerang, atau pun Smashdwn. Tapi, jika ingin aktivitas yang ringan, cobain saja Lazy River, dimana Anda bisa beristirahat tiduran di atas ban yang mengalir memutari sungai buatan.

Aktivitas seru di Waterbom Bali
Aktivitas seru di Waterbom Bali (Foto : IG @waterbombali)

Fasilitas yang terdapat di Waterbom Bali sangatlah lengkap, terdapat pula kolam renang dan tempat makan sehingga bisa dijadikan tempat bermain seharian selama liburan. Untuk tiket masuknya memang lumayan mahal, 250 ribuan untuk orang dewasa dan 192 ribuan buat anak-anak. Tapi, sebandinglah dengan kepuasan yang di dapat.

31. Bali Zoo

Bali Zoo
Bali Zoo (Foto : IG @balizoo)

Satu lagi tempat wisata anak di Bali yang menarik untuk dikunjungi yaitu Bali Zoo. Saat liburan di sini, wisatawan akan disuguhi suasana kebun binatang tropikal dengan koleksi lengkap, dari mulai harimau, reptil, burung, hingga monyet.

Kondisi jalur pengunjung di Bali Zoo sangatlah tertata dengan rapi, terarah, dan bagus, seperti halnya Batu Secret Zoo yang berada di kawasan wisata Malang Raya. Bahkan, ada wahana airnya juga lho! Bali Zoo juga menawarkan aktivitas edukasi bagi anak-anak agar dapat mengenal hewan lebih dekat.

aktivitas menarik di Bali Zoo
Ilustrasi aktivitas menarik di Bali Zoo (Foto : IG @balizoo)

Misalnya saja, kegiatan anak-anak memberi makan binatang, seperti memberi makan rusa, memberi makan gajah, bermain kelinci dan menonton pertunjukan atraksi burung. Bukan hanya itu, mereka juga bisa berfoto bersama dengan beberapa fauna langka. Asyik bukan?

Tertarik untuk datang ke Bali Zoo? Alamatnya berada di Jl. Raya Singapadu Banjar Seseh, Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tak jauh dari pusat wisata Ubud Bali, hanya 20 menitan. Harga tiket masuk sekitar 110 ribu (dewasa) dan 85 ribu (anak-anak). Jam buka pukul 10.00 – 17.00 WITA.

32. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari Marine Park
Bali Safari & Marine Park (Foto : IG @balisafari)

Masih satu tema dengan Bali Zoo, ada satu lagi taman rekreasi terbaik di Bali yang asik dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Selain bisa melihat binatang seperti di habitat aslinya, disini juga terdapat pertunjukan satwa dan atraksi gajah.

Yang paling berkesan tentu saja bermalam di Mara River Safari Lodge, dimana Anda bisa menikmati sensasi melihat sekawanan satwa liar ala Afrika. Begitu Anda membuka mata, dan melihat pemandangan dari balkon kamar ke luar, maka akan melihat secara langsung kawanan zebra hingga badak lalu lalang dengan bebasnya.

Tsavo Lion Restaurant
Tsavo Lion Restaurant (Foto : IG @balisafari)

Cobain juga dinner di Tsavo Lion Restaurant, dimana Anda akan bersantap dengan ditemani singa. Tak usah takut, karena ada batas kaca transparan sebagai penghalangnya. Jadi, Anda masih bisa makan dengan tenang dan nyaman.

33. Angel’s Billabong, Pasih Uwug, Nusa Penida

Angels Billabong
Angel’s Billabong (Foto : IG @gingsoel_99)

Tahu infinity pool bukan? Itu lho, kolam renang yang di desain tepinya seakan-akan tak berujung, hanya ada garis cakrawala / ufuk. Nah, di Pulau Nusa Penida Bali ada kolam renang alami yang seperti itu, namanya Angel’s Billabong atau Kolam Bidadari.

Airnya sangat jernih, Anda akan bisa melihat dasar kolam dan juga ikan kecil yang terperangkap di dalamnya. Dengan kedalaman sekitar 3 – 5 meter, Anda wajib bisa berenang bila ingin merasakan kesegaran kolam ini.

Gunakanlah alas kaki ketika akan menceburkan diri ke kolam karena dasarnya berupa karang yang lumayan tajam meskipun ada pasir putihnya. Hati-hati juga, jangan sampai lengah mengingat kadang-kadang ada ombak datang yang menabrak tepiannya.

34. Tari Kecak

tari kecak
Ilustrasi tari kecak di Pura Uluwatu (Foto : IG @gokzee)

Saat liburan ke Pulau Bali, tak lengkap rasanya bila hanya menikmati keindahan pantai dan alamnya saja, tanpa melihat tari kecak. Nah, untuk melihat kesenian atau kebudayaan Bali yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Pura Uluwatu.

Dengan membayar tiket sekitar 100 ribuan, Anda akan bisa menyaksikan keindahan tari kecak berpadu dengan sunset indah di Pura Uluwatu. Berlatarkan sang surya yang turun perlahan di ufuk barat, sendratari dimulai. Jangan heran bila banyak turis mancanegara yang datang, karena memang atraksi inilah yang paling dicari oleh mereka.

35. Bungee Jumping

Bungee Jumping
Ilustrasi Bungee Jumping (Foto : via villa-bali.com)

Ingin mencoba tempat wisata anti mainstream di Bali yang memacu adrenalin? Cobain aja Bungee Jumping, Anda akan dilempar dari ketinggian 45 meter lho! Buat sobat traveler yang tak punya nyali besar, jangan coba-coba aktivitas wisata ekstrem ini.

Salah satu lokasi Bungee Jumping terbaik di Bali berada di Bali Tower Kuta. Saat melakukan lompatan, selain rasa deg-degan, Anda juga dapat menikmati keindahan alam pantai Kuta. Bahkan, bila Anda melakukannya saat sore hari, pesona sunset akan menjadi latar yang cantik.

36. Paragliding Gunung Payung

Paragliding Bali
Ilustrasi Paragliding di Bali (Foto : IG @baliparaglidingclub)

Satu lagi olahraga ekstrim yang bisa Anda coba saat liburan di Pulau Bali, yaitu paragliding di kawasan Gunung Payung, Kutuh, Kuta Selatan, Badung. Sebelum pindah ke sini, landasan pacunya dulu terletak di Bukit Timbis.

Paragliding atau paralayang ini akan memberikan sensasi melihat pemandangan alam dari ketinggian dengan menggunakan sebuah parasut untuk terbang. Rute penerbangan dimulai dari landasan Gunung Payung lalu terbang ke arah barat, melewati Pantai Pandawa, Green Bowl, dan Pantai Melasti.

Jika kondisi angin sedang bagus, maka Anda dapat terbang hingga Pantai Nyang-Nyang. Kemudian, balik ke timur terbang sampai di atas Hotel Nikko, Sawangan, lalu landing lagi di Gunung Payung. Bila takut karena belum pernah mencoba, bisa mimilih tandem ditemani instruktur profesional.

37. Single Fin, Uluwatu, Bali

Single Fin
Single Fin, Uluwatu Bali (Foto : IG @bwell_traveller)

Ingin merasakan sensasi tempat makan enak dengan view pemandangan indah di Bali berupa pantai atau lautan biru? Datang saja ke Single Fin di Jl. Labuan Sait Pantai Suluban, Uluwatu, Pecatu, Bali.

Lokasinya yang berada di atas tebing sekitar pantai Suluban, membuat restoran ini sangat pas untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam sambil menikmati aneka hidangan lezat.

Untuk menu makanan, bagi Anda yang muslim wajib ya memesan yang halal. Kalau tidak ada, mending bawa sendiri dari rumah atau sekedar lihat sunset saja disini.

38. Munduk Moding Plantation

Munduk Moding Plantation
View keren di Munduk Moding Plantation saat malam hari (Foto : IG @felgra_photography)

Desa Munduk akhir-akhir ini begitu viral di instagram menjadi destinasi wisata terbaru Pulau Bali. Selain asri dan sejuk, desa yang terletak di Buleleng, Singaraja ini ternyata mempunyai resort cantik yang jarang di ketahui oleh wisatawan, namanya Munduk Moding Plantation.

Berada di tengah-tengah perkebunan, penginapan ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah berupa sawah, perkebunan kopi dan hutan hijau lebat. Ketika bermalam disini, jangan lewatkan spot terbaik nan instagenic dari Munduk Moding Plantation yaitu jacuzzi.

Kolam Renang Munduk Moding Plantation
View Kolam Renang di Munduk Moding Plantation (Foto : IG @mundukmodingplantation)

Anda bisa berendam sambil menikmati pemandangan Gunung Batur, Danau Buyan, dan Danau Tamblingan yang diselimuti kabut. Siapkan saja uang yang banyak ya, karena untuk merasakan hal-hal tersebut, Anda harus rela mengeluarkan uang sekitar 2 jutaan per malamnya.

39. Finns Beach Club

Finns Beach Club
Finns Beach Club (Foto : IG @finnsbeachclub)

Finns Beach Club yang dulunya berlokasi di Ungasan, kini berpindah ke Jalan Pantai Berawa, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Cafe ini sangat cocok digunakan untuk bersantai menikmati Pantai Berawa sambil minum dan ngemil makanan. Tempatnya sangat nyaman dengan desain yang cukup bagus untuk berfoto-foto.

40. Sunday Beach Club

Sunday Beach Club Bali
Sunday Beach Club Bali (Foto : IG @sundaysbeachclub)

Nah, kalau beach club yang satu ini dulunya ditempati oleh Finns Beach Club, namun setelah Finns pindah ke kawasan Pantai Berawa, Canggu, maka lokasi ini menjadi Sunday Beach Club. Keberadaannya masih sama, di bawah Semara Luxury Villa Resort atau Resor Ungasan Clifftop. Alamat tepatnya di Jalan Pantai Selatan Gau, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, Bali.

Pantai pasir putih Sunday Beach Club
Pantai pasir putih Sunday Beach Club (Foto : IG @sundaysbeachclub)

Untuk mencapai lokasi, Anda harus turun melalui inclinator yang di sediakan oleh Semara Resort. Begitu sampai, pantai dengan hamparan pasir putih nan lembut dan birunya lautan akan menyambut kedatangan Anda. Lengkap dengan bangunan tradisional yang merupakan Sunday Beach Club.

Pemandangan indah pantai di Sundays Beach Club Uluwatu
Pemandangan indah pantai di Sundays Beach Club Uluwatu (Foto : IG @gypsylovinlight)

Anda harus menyiapkan budget sekitar 300 ribuan untuk menikmati keindahan pantai pasir putih melalui beach club ini. Kalau tak keliru, biaya yang dibayarkan tersebut sudah termasuk voucher makan 150 ribu, sunbed, perahu kayak, peralatan snorkeling, dan perahu padding.

41. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung
Air Terjun Tukad Cepung (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Anda pecinta air terjun? Kalai iya, maka wajib berkunjung ke Air terjun Tukad Cepung di Jl. Tembuku, Dusun Penida Kelod, Tembuku, Bangli. Untuk menuju lokasi, Anda butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat wisata Denpasar.

Air terjun tersembunyi ini masih sangat alami dan asri, belum terjamah oleh banyak wisatawan karena keberadaannya di dalam hutan. Dengan ketinggian mencapai 15 meteran, jatuhan air yang dihimpit oleh tebing tinggi semakin tampak eksotis.

Apalagi saat ada cahaya matahari pagi yang datang diantara celah-celah tebing, cantik banget laksana cahaya surga. Saran bagi sobat traveler, sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah agar bisa mendapatkan sudut foto yang benar-benar instagenic dan keren.

42. Bukit Belong, Klungkung

Bukit Belong Klungkung
Bukit Belong Klungkung (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Objek wisata alam yang menyuguhkan panorama alam nan indah dari ketinggian, nampaknya lagi viral banget dikalangan netizen, khususnya anak-anak instagram. Misalnya saja Tebing Keraton Bandung, Bukit Merese Lombok, dan Kalibiru Jogja. Nah, Pulau Bali ternyata juga punya lho, cobain saja datang ke Bukit Belong.

Bukit yang berada di Desa Gunaksa, Klungkung ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 Menit dari perempatan Jalan Bay Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra antara Kusamba, Gunaksa, Padang Bai. Dari atas Bukit Belong, Anda bisa melihat keindahan pemandangan hijau pesisir selatan Klungkung dari padang ilalang, petakan sawah, dan pepohonan kecil.

43. La Laguna dan Pantai Kayu Putih

La Laguna
La Laguna (Foto : IG @tiniihitakara)

Pantai Kayu Putih dan restoran La Laguna yang berada di sekitarnya, akhir-akhir ini sedang naik daun berseliweran di instagram para traveler. Kedua tempat ini semakin banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik.

Pantai Kayu Putih mempunyai pasir putih yang cukup luas dan tak seramai Kuta. Jadi, Anda masih cukup nyaman untuk bermain atau pun berjalan-jalan menikmati lautan biru serta hembusan angin pantai hingga deburan ombak. Jangan lupa berfoto di Jembatan Kayu yang menjadi ikon pantai ini.

Jembatan Kayu Pantai Kayu Putih
Ilustrasi Jembatan Kayu di Pantai Kayu Putih (Foto : IG @sakinaintanp)

Selepas menjelajahi pantai, Anda bisa bersantai mengisi perut di sebuah restoran unik bernama La Laguna. Dengan mengusung tema resto kebun yang rustic, tempat makan ini sangat nyaman untuk besantap sambil menikmati keindahan pantai Kayu Putih di kejauhan.

La Laguna Canggu
La Laguna Canggu (Foto : IG @sesandytg)

44. Jungle Fish Ubud Bali

Jungle Fish Ubud Bali
Jungle Fish Ubud Bali (Foto : IG @bigdarius_)

Jungle Fish merupakan restoran terbaik di Bali yang memiliki infinity pool (kolam renang) dengan view pemandangan alam berupa lembah hijau nan indah khas pedesaan Ubud. Alamatnya terletak di Jl. Raya Sebali, Ubud, Kelusa, Payangan, Kabupaten Gianyar.

Restoran yang menjadi bagian dari Chapung SeBali Resort and Spa ini beroperasi mulai pukul 09.00 – 21.30 WITA dengan kapasitas sekitar 40 pengunjung. Menu makanan disini berupa makanan Mediteranian dan Asia. Salah satu hidangan favorit yang cukup terkenal enak disini yaitu olahan daging dombanya.

45. 707 Beach Berm Batu Belig

707 Beach Berm Batu Belig
707 Beach Berm Batu Belig (Foto : IG @707beachberm)

Ini dia beach club yang lagi booming banget alias ngehits di instagram, yaitu 707 Beachberm di Jalan Batu Belig No.33 A, Kuta Utara, Kerobokan Kelod, Badung, Kabupaten Badung, Bali. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WITA.

Tempat ini menawarkan pemandangan indah matahari tenggelam yang bisa dinikmati sambil duduk-duduk santai di bean bag (kursi bantal) serta menyantap makanan hingga minuman. Suasananya cukup ramai, jadi Anda harus ekstra cepat untuk mendapatkan tempat duduk sebelum keindahan sunset disini berakhir.

46. Le Pirate Beachclub Nusa Ceningan

Le Pirate Beachclub Bali
Le Pirate Beachclub Bali (Foto : via IG @raulcaramizaru)

Buat Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di tepian pantai Bali, bisa mencoba Le Pirate Beach Club Nusa Ceningan. Penginapan unik ini memiliki 10 kamar yaitu 2 kamar jenis Bunk Bed dan 8 kamar jenis Beach Box. Kamar Bunk Bed berisi 4 kasur single yang bisa diisi 4 orang, sedangkan Beach Box berisi 1 kasur double.

Harga sewa Beach Box per malamnya Rp 2,7 juta nett dan Bunk Bed Rp 800 ribu per malam. Lumayan murah, gak mahal-mahal amat kan? Gak sampai jutaan rupiah!

Setiap kamar menawarkan teras pribadi dengan area tempat duduk dan tempat tidur gantung. Asik buat bersantai saat sore hari sambil menikmati pemandangan pantai serta lautan biru.

47. Yellow Bridge Nusa Lembongan – Nusa Ceningan

Yellow Bridge Bali
Yellow Bridge Bali (Foto : IG @raulcaramizaru)

Liburan ke Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan Bali tentu belum lengkap tanpa selfie alias narsis di Yellow Bridge. Jembatan gantung khusus pejalan kaki berwarna kuning yang menghubungkan kedua pulau tersebut saat ini telah menjadi ikon baru pariwisata Bali selain Pura Ulun Danu dan Tanah Lot. Berfoto disini tentu akan mempercantik instagram Anda.

Yellow Bridge
Yellow Bridge (Foto : IG @nikita_nikus)

48. Kamandalu Resort & Spa Ubud

Kamandalu Resort Ubud
Kamandalu Resort Ubud (Foto : IG @ferryrusli)

Ubud memang menjadi tempat yang pas buat menenangkan diri, lari dari kesibukan atau pun kejenuhan rutinitas sehari-hari. Bukan hanya suasana alamnya yang indah dan damai, aneka resort cantik disini juga semakin menambah daya tarik kawasan ini.

Saat liburan di Ubud Bali, sempatkanlah menginap di Kamandalu Resort & Spa. Alamatnya berada di Jalan Raya Andong, Banjar Nagi, Desa Petulu, Ubud, Kabupaten Gianyar. Penginapan ini menawarkan view pemandangan indah sungai Petanu dan pepohonan hijau tropis.

Semua kamar dan villa memiliki desain bergaya pedesaan tradisional Bali, serta menyuguhkan panorama bukit atau sawah. Dengan beratap jerami, fasilitas perlengkapan yang tersedia sangatlah lengkap ala bintang 5, seperti TV layar datar, sofa daybed bergaya Bali, dan kolam renang pribadi.

49. Telaga Waja Rafting, Karangasem

Telaga Waja Rafting
Telaga Waja Rafting (Foto : IG @eka_juliati)

Ingin aktivitas rekreasi yang seru di Bali? Ajaklah sahabat atau pun keluarga untuk mencoba rafting menaklukan aliran Sungai Telaga Waja. Karakter sungai ini berbeda dengan sungai lain di Pulau Dewata, trek raftingnya sangatlah panjang sejauh 16 km.

Untuk menyusuri trek rafting terpanjang di Bali ini, diperlukan waktu sekitar 2 jam hingga 2,5 jam. Dengan air yang jernih dan arus sangat deras, sangatlah cocok untuk kegiatan arung jeram. Bagian paling menantang hingga memacu adrenalin adalah saat menuruni turunan sungai setinggi hampir 5 meter, dengan kemiringan sekitar 50 derajat.

50. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo
Air Terjun Kanto Lampo (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Konon kabarnya, Air Terjun Kantu Lampo yang eksotis ini belum lama terbentuk akibat jebolnya saluran irigasi di desa Beng Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Aliran air tersebut lalu mengalir melalui sebuah tempat bekas galian batu padas yang berundak-undak.

Karena dinding tempat tersebut tak rata, maka terbentuklah sebuah jatuhan air terjun yang menyerupai tirai. Untuk menuju ke sana, Anda langsung saja menuju Desa Beng dan Beji Kantu Lampo, nanti akan Anda temui petugas yang bisa mengantar sampai ke tujuan ini. Suasananya masih alami, asri, dan tenang sebab belum begitu banyak pengunjung.

51. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul
Air Terjun Sekumpul (Foto : IG @baskoro.ka)

Air Terjun Sekumpul memiliki ketinggian lebih dari 100 m sehingga jatuhan airnya sangat eksotis, ditambah lagi pemandangan sekitarnya yang membuat pengunjung seakan-akan berada di dunia Jurassic Park. Oleh karena itu, pantas rasanya menobatkan Sekumpul sebagai air terjun terindah di Bali yang wajib dikunjungi.

Lokasinya yang sangat terpencil, membuat Air Terjun Sekumpul belum banyak dikunjungi wisatawan, Suasana sepi, alami, dan asri akan dapat Anda temui disini. Anda tertarik? Datang saja ke Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Tapi, jangan pas musim hujan ya, nanti Anda tidak bisa lewat karena banjir.

52. Pantai Suluban atau Blue Point Beach

Pantai Suluban Blue Point Beach
Pantai Suluban atau Blue Point Beach (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Pantai Suluban atau yang dikenal juga dengan nama Blue Point Beach merupakan surganya peselancar baik lokal maupun mancanegara. Lokasinya berada di Desa Pecatu, Bali, sekitar 3 km dari Pura Uluwatu. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup terjal, jadi harus ekstra hati-hati.

Lautan biru dan hamparan pasir putih yang bersih akan menyambut Anda begitu sampai disini. Ombaknya lumayan besar dan banyak karang tersebar di dasar laut sehingga pantai pantai ini hanya direkomendasikan bagi para surfer profesional. Buat Anda yang masih beginner, mending pergi ke Pantai Kuta.

Sunset disini juga sangat cantik, duduk bersantai sambil menikmati peselancar yang menaklukkan ombak diantara cahaya senja akan menjadi pemandangan yang indah. Ketika air lautnya surut, Anda juga bisa melihat kolam-kolam kecil dari karang dengan dasar pasir putih.

53. Bali Pulina Agrowisata, Ubud

Bali Pulina Agrowisata
Bali Pulina Agrowisata (Foto : IG @amberjeanette)

Buat Anda pecinta kopi, wajib rasanya mampir ke Bali Pulina Agrowisata Ubud, lokasinya tak jauh dari Tegalalang. Bukan hanya sekedar menikmati secangkir kopi, disini Anda dapat melihat proses penggilingan biji kopi sampai bisa di konsumsi.

Dengan budget 100 ribu rupiah, Anda sudah bisa berkeliling tempat ini untuk melihat jenis-jenis kopi dari jahe, ginseng, vanilla, kokoa dan lainnya. Yang menarik tentu saja ketika melihat binatang luwak disini. Luwak merupakan hewan penghasil kopi luwak yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Untuk menikmati secangkir kopi luwak di Bali Pulina Agrowisata, pengunjung dikenakan sekitar Rp.50,000. Bagi yang suka berfoto, Anda bisa naik ke sebuah platform besar berbentuk daun yang menjorok di atas tebing. Dari tempat ini, Anda bisa menyaksikan keindahan panorama hutan dan pegunungan yang mengelilingi Pulina Agrowisata.

54. Gunung Batur

Gunung Batur
Gunung Batur (Foto : IG @justinwoodman)

Tak kalah bagus dengan aneka wisata Lombok yang punya Gunung Rinjani, Pulau Bali pun menyajikan panorama pegunungan yang indah, diantaranya adalah Gunung Batur. Untuk mencapai puncak, Anda harus trekking dengan bantuan guide selama kurang lebih 2 jam.

Sesampainya di puncak, Anda akan disambut dengan pemandangan eksotis berupa pegunungan, kaldera, dan danau di sekitarnya. Bahkan sunrise disini termasuk yang terbaik dari gunung-gunung di Indonesia. Tak ayal, Gunung Batur pun dinobatkan sebagai salah satu dari 91 Global Geopark di dunia.

55. Marine Walk, Nusa Lembongan

Marine Walk Nusa Lembongan
Marine Walk Nusa Lembongan (Foto : IG @fathanvabian)

Liburan ke Bali, selain bisa menikmati pasir putihnya, Anda juga wajib melihat keindahan bawah laut di pulau ini. Terumbu karang disini termasuk yang terbaik di Indonesia, selain Raja Ampat, Lombok, dan Wakatobi. Snorkeling dan diving menjadi aktivitas menarik yang harus dilakukan ketika berkunjung ke Bali.

Nah, untuk wisatawan yang tidak bisa berenang, ada cara alternatif untuk dapat menyaksikan alam bawah laut, yaitu dengan Marine Walk. Kegiatan ini berupa berjalan di dasar laut sambil menikmati keindahan taman laut beserta ikan warna warninya yang indah.

Sebelum masuk ke dalam air, Anda akan dipakaikan seragam dan helm khusus yang dihubungkan dengan selang oksigen sehingga nantinya tetap bisa bernafas di dasar laut. Marine Walk atau Sea Walk ini dapat Anda jumpai di Nusa Lembongan, Pantai Sanur, maupun Tanjung Benoa. Biayanya sekitar 600 ribuan per orang.

56. Blue Lagoon

Blue Lagoon
Blue Lagoon (Foto : IG @justinwoodman)

Ada banyak destinasi wisata di Bali yang menyuguhkan tantangan ekstrem untuk memacu adrenalin. Selain bungee jumping, rafting, dan paralayang, Anda juga bisa menjajal keseruan clif jump point Blue Lagoon Nusa Ceningan.

Blue Lagoon punya 3 level ketinggian, yaitu 13, 9, dan 8 meter. Anda tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dan keberanian untuk melompat ke laut dari ketinggian berapa meter. Menurut info, untuk mendapatkan ombak yang tenang, sebaiknya datang bulan Juni – September.

Kabarnya seh tempat ini sudah ditutup untuk aktivitas clif jump, namun keindahannya masih bisa Anda nikmati. Pemandangan lautan biru dari Blue Lagoon sungguh sangat eksotis, pas banget buat para traveler yang suka selfie untuk posting foto di instagram.

57. Ayana Resort and Spa Jimbaran Bali

Ayana Resort and Spa
Ayana Resort and Spa (Foto : via IG @ayanaresort)

Ayana Resort Jimbaran merupakan salah satu hotel yang cocok untuk tempat bulan madu romantis di Bali bagi para pengantin baru. Dengan berbagai macam fasilitas kelas dunia seperti Rock Bar yang di bangun di ujung tebing, Pantai Kubu yang private berpasir putih dan deburan ombak, resort ini akan membuat waktu Anda semakin spesial.

Pantai pasir putih di Ayana Resort
Pantai pasir putih di Ayana Resort (Foto : via IG @ayanaresort)

Ketika tinggal di private villanya, Anda akan memiliki kesempatan floating breakfast langsung di kolam pribadinya. Tapi, jika Anda muslim, makannya wajib tetap duduk ya, untuk kesehatan pencernaan. Harga sewa menginap di Ayana Resort memang lumayan mahal, sekitar lebih dari USD$200an per malamnya. Jadi, Anda harus mulai nabung dari sekarang buat bulan madu di sini.

58. Sea Walker, Sanur

Sea Walker Sanur Bali
Sea Walker Sanur Bali (Foto : IG @dwiasmara)

Selain di Nusa Lembongan dan Tanjung Benoa, Anda juga bisa menikmati sensasi Sea Walker di Sanur. Budgetnya memang lumayan mahal, sekitar 600 ribuan untuk bisa berjalan di dasar laut sambil ditemani ikan-ikan cantik berwarna warni. Mungkin karena harus menggunakan alat khusus dan tabung oksigen, jadi mahal.

59. Pantai Bingin

Pantai Bingin
Pantai Bingin (Foto : IG @manksdhetha)

Pantai Bingin memiliki pemandangan pasir putih dan air laut biru jernih yang sangat cantik, namun karena lokasinya tersembunyi maka belum banyak dikunjungi wisatawan. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus melalui beberapa gang hingga tangga yang cukup menguras tenaga.

Alamat Pantai Bingin terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, sekitar 32 kilometer dari kota Denpasar. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis, hanya perlu hati-hati mengenai kendaraan, sebab lokasi parkir dan pantainya berjauhan. Kalau ingin nyaman, mending pakai rental mobil saja biar bebas puas menjelajahi keindahan pantai ini.

60. Banah Cliff

Banah Cliff
Banah Cliff (Foto : IG @jordhammond)

Aneka tempat wisata di Nusa Penida akhir-akhir ini menjadi viral di Instagram, termasuk salah satunya Banah Cliff di Banjar Salak, Desa Batu Madeg. Keunikan destinasi ini berupa formasi karang berbentuk melengkung seperti busur yang berada di lautan. Pemandangannya akan semakin tampak eksotis saat sunset maupun sunrise.

Konon kabarnya, di sekitar sinii Anda juga bisa melihat ikan pari berenang dengan sangat jelas. Keren banget bukan? Jalan menuju Banah Cliff masih cukup jelek, jadi Anda harus ekstra berhati-hati.

61. Pantai Kubu

Pantai Kubu Bali
Pantai Kubu Bali (Foto : IG @riquegee)

Pantai Kubu ini termasuk bagian dari Ayana Resort Jimbaran yang super mewah, jadi bisa dibayangkan bagaimana terjaganya kebersihan pantai ini. Birunya air laut berpadu dengan pasir putih nan lembut akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini.

Karena Pantai Kubu termasuk private beach yang di kelola oleh Ayana Resort, jadi suasananya tak begitu ramai. Cocok banget buat pasangan yang mau honeymoon, sekaligus menginap di resortnya. Untuk harganya tentu saja mahal, sehingga Anda harus menyiapkan budget yang tidak sedikit.

62. Elephant Safari Park & Lodge

Elephant Safari Park Lodge
Elephant Safari Park & Lodge (Foto : IG @hakunamatata_k)

Terletak di Jalan Elephant Safari Park Banjar Desa Taro Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali, Elephant Safari Park & Lodge menyuguhkan pengalaman unik beinteraksi dengan gajah, lengkap dengan penginapan dan museum.

Kegiatan paling menarik yang wajib dilakukan disini tentu saja berjalan-jalan dengan naik gajah (safari ride). Meskipun tak menginap, Anda tetap bisa bersafari ride dengan gajah, biayanya sekitar 700 ribuan. Bisa memegang, melihat, sampai menaiki gajah secara langsung akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

63. Alila Ubud

Alila Ubud (Foto : IG @unicloh)
Alila Ubud (Foto : IG @unicloh)

Alila termasuk salah satu resort mewah yang populer di sekitar Ubud, alamatnya berada di Desa Melinggih Kelod, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. Berada di sepanjang tepi Sungai Ayung yang sejuk, resort ini menawarkan sensasi liburan menenangkan dengan kolam renang tanpa batas dan spa.

Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan sehari-hari gratis disini, seperti sesi tai chi, sesi yoga, jalan kaki, hingga bersepeda. Asyik kan? Recommended deh buat keluarga atau pun pasangan pengantin baru yang akan berbulan madu.

64. Bulgari Hotel & Resorts, Uluwatu, Bali

Bulgari Hotel Resorts
Bulgari Hotel & Resorts, Uluwatu, Bali (Foto : IG @fitubi)

Resort mewah yang satu ini menyajikan pemandangan eksotis birunya Samudera Hindia dari atas tebing. Tak heran, jika hotel ini selalu menjadi incaran wisatawan yang liburan ke Bali. Ketika menginap disini, Anda juga bisa bermain di private beachnya (pantai pribadi) yang bersih, indah, dan berpasir putih.

Ada sekitar 59 villa yang dilengkapi serambi meliputi paviliun terbuka, teras, dan kolam renang pribadi dengan view pemandangan alam menghadap ke laut biru. Keren bukan? Harganya tentu saja mahal, jika Anda tertarik dan punya cukup uang, langsung saja menuju lokasi di Jalan Goa Lempeh, Banjar Dinas Kangin, Uluwatu, Pecatu, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.

65. InterContinental Bali Resort

InterContinental Bali Resort
InterContinental Bali Resort (Foto : IG @sassychris1)

Satu lagi hotel yang cocok buat honeymoon di Bali dengan fasilitas lengkap dan nyaman, yaitu InterContinental Bali Resort, Jl. Raya Uluwatu No.45, Jimbaran, Kuta Selatan., Kabupaten Badung. Penginapan ini menyajikan kamar dengan karya seni Bali, teras pribadi, dan kamar mandi marmer yang luas, dengan perlengkapan mandi dan bathtub. Kamar resor ini dilengkapi dengan TV satelit, brankas, dan fasilitas membuat teh/kopi.

Resort ini juga sepertinya cocok untuk keluarga karena ada banyak kegiatan seru yang ditawarkan seperti permainan tenis, kelas yoga, dan acara-acara kuliner mingguan. Ada juga perpustakaan DVD, buku, dan musik yang lengkap.

66. Rimba Jimbaran Bali by Ayana

Rimba Jimbaran Bali
Rimba Jimbaran Bali (Foto : IG via @rimbajimbaran)

Masih di kawasan Jimbaran yang terkenal romantis, Anda bisa mencoba kenyamanan hotel Rimba Rimba Jimbaran Bali by Ayana. Hotel bintang 5 ini memiliki 12 kolam renang luar ruangan, pusat kebugaran, dan 19 pilihan tempat makan.

67. Diving Bersama Manta Dan Ikan Mola-Mola Di Nusa Penida

Manta Point Manta Bay Nusa Penida
Manta Point / Manta Bay Nusa Penida (Foto : IG @ryzphoto)

Nusa Penida Bali merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia yang tak kalah indah dibandingkan dengan luar negeri. Setidaknya ada 4 lokasi menarik di pulau ini untuk menyelam, yaiti Toyapakeh, Gamat Bay, Pantai Crystal Bay, dan Manta Point / Manta Bay.

Toyapakeh berair jernih dengan hamparan koral yang cantik sedangkan Crystal Bay punya pasir putih, anemone, beragam karang lunak, dan spot melihat ikan Mola-Mola. Gamat Bay mempunyai air laut jernih dengan karang curam.

Manta Point terletak di sudut barat daya Nusa Penida, disini Anda akan bisa melihat ikan Pari Manta dan ikan Mola-Mola. Untuk musim Mola-Mola di bulan Juli sampai Oktober tapi Pari Manta dapat dilihat sepanjang tahun. Kedalaman Manta Poin mencapai 7-20 m, sehingga hanya disarankan bagi penyelam yang berpengalaman dan profesional.

68. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan
Pantai Suwehan (Foto : via IG @donilaksono)

Lokasi Pantai Suwehan cukup tersembunyi diantara tebing yang menjulang tinggi, untuk mencapainya Anda harus berjuang ekstra keras. Tak heran jika pantai ini masih perawan belum terjamah oleh banyak wisatawan lantaran sulitnya rute jalan.

Suwehan mirip dengan Pantai Dreamland, pantainya luas dan memiliki pasir putih dengan dikelilingi tebing tinggi. Bedanya, suasana di Pantai Suwehan lebih sepi dan tenang sehingga sangat pas buat menyendiri melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Bukan hanya indah, pantai ini juga punya batu unik berbentuk segitiga lancip terpisah dari tebing. Sungguh eksotis! Nah, buat Anda yang ingin merasakan sensai private beach (pantai pribadi), bisa datang ke Pantai Suwehan di Dusun Watas, Desa Tanglad, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

69. Sandy Bay Beach Club, Nusa Lembongan

Sandy Bay Beach Club
Sandy Bay Beach Club (Foto : IG @sandybaybeachclub)

Selain Nusa Penida, masih ada Nusa Lembongan yang tak kalah cantik menawan. Di sini, Anda bisa bersantai di Sandy Bay Beach Club sambil menikmati makanan dan minuman dengan view pemandangan pantai yang sangat indah.

menu makanan di Sandy Bay Beach Club
Ilustrasi menu makanan di Sandy Bay Beach Club (Foto : IG @sandybaybeachclub)

Beach Club ini terletak di dekat Mushroom Beach, sekitar 15 menit dari pantai yang menjadi spot penyebrangan ke Nusa Lembongan. Untuk mendapatkan tempat yang asik, Anda sebaiknya reservasi terlebih dahulu agar tidak dipakai oleh wisatawan lain.

70. Hu’u Villas Seminyak

Hu'u Villas Seminyak
Hu’u Villas Seminyak (Foto : IG via @balilocal)

Daerah Seminyak sudah cukup lama populer dikalangan wisatawan mancanegara sebagai tempat liburan mewah di Pulau Bali. Akomodasi, restoran mewah, serta suasana pantai yang lebih tenang menjadi nilai lebih untuk wilayah ini.

Nah, untuk tempat bermalam, ada banyak pilihan hotel di Seminyak yang nyaman, diantaranya adalah Hu’u Villas yang tak jauh dari pantai. Alamatnya terletak di Jalan Petitenget, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung. Vila-vila disini sangatlah elegan dan luas dilengkapi dengan kolam renang pribadi.

71. Rice Terrace

Tegalalang Rice Terrace
Tegalalang Rice Terrace (Foto : IG @giorgianinazuccari)

Pulau Bali tidak hanya terkenal akan keindahan pantai dan teman bawah lautnya, ada satu lagi tempat ikonik disini yang wajib Anda kunjungi, yaitu Sawah Terasering (Rice Terrace). Persawahan hijau yang berbentuk seperti tangga berundak-undak sungguh sangat cantik dipandang mata.

Ada dua tempat yang bisa Anda kunjungi untuk melihat sawah terasering ini, yaitu Jatiluwih dan Tegalalang Ubud. Di sekitar Tegalalang juga terdapat toko-toko kecil yang menjual kerajinan lokal, pakaian dan oleh-oleh khas Bali dar mulai T-Shirt Bali, sarung batik, lonceng angin bambu hingga lukisan.

72. Maya Ubud Resort & Spa

Maya Ubud Resort
Maya Ubud Resort & Spa (Foto : IG @saltinourhair)

Ubud memang tak ada duanya, keindahan dan keasriannya membuat siapapun akan betah tinggal disini. Apalagi kalau Anda menginap di Maya Ubud Resort & Spa di Jl. Gn. Sari, Peliatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Dengan memadukan dekorasi tradisional dan modern, semua kamar dan vila ber-AC di Maya Ubud dilengkapi dengan TV satelit serta minibar. Anda juga bisa menikmati pemandangan lembah sungai Petanu atau sawah Peliatan.

73. Aneka Kuliner Bali

Nasi Campur Ayam Bali
Ilustrasi Nasi Campur Ayam Bali (Foto : via IG @deliciousbali)

Bukan hanya pantai dan alamnya yang indah, Pulau Bali juga punya sederet makanan khas yang tak kalah enak dengan kuliner Bandung maupun Yogyakarta. Namun, buat Anda umat muslim, harus ekstra berhati-hati dalam memilih hidangan, karena banyak menu non halal yang dijumpai disini.

Bali memang sudah menjadi tujuan wisata kelas internasional, tak heran jika banyak restoran mewah dengan menu western disini. Hanya saja, mencoba makanan khas Bali tentu akan memberikan kesan sebuah pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Beberapa makanan dan jajajan unik yang wajib dicoba antara lain : Ayam Betutu, Sate Lilit, Nasi Campur Ayam Bali, Rujak Kuah Pindang, Rujak Bulung, Serombotan, Tipat Blayag, Nasi Jinggo, dan lainnya. Meskipun saat ini telah menjamur tempat makan modern atau fast food, kuliner Bali tersebut tetap dicari oleh wisatawan.

74. Aneka Bali Cooking Class (Kursus Memasak Di Bali)

Anika Cooking Class Bali
Anika Cooking Class Bali (Foto : IG @tozrodrigues)

Bali sedang musim hujan? Tak usah kuatir, Bali tetap menyuguhkan aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat turun hujan, salah satunya adalah mengikuti kelas / kursus memasak. Bukan hanya wanita saja, banyak juga turis laki-laki bergabung mengolah makanan disini.

Beberapa tempat kursus memasak terbaik di Bali yang sudah cukup populer dikalangan wisatawan yaitu Bumbu Bali -Tanjung Benoa Nusa Dua, Anika Cooking Class Tuban, Casa Luna Ubud, Bali Asli Karangasem, dan Warung Eny Seminyak.

75. Aneka Street Art Keren

Bali Street Art
Ilustrasi Bali Street Art (Foto : IG @seth_globepainter)

Selain kaya akan deretan pantai pasir putih, air terjun indah, dan museum keren, Pulau Bali juga punya aneka street art keren yang bisa dinikmati wisatawan. Street art ini bisa dilihat di dinding-dinding bangunan dan digabungkan dengan instalasi benda seni sehingga tampak seperti nyata.

76. Aneka Museum Keren Dan Unik

DMZ Bali
Ilustrasi lukisan trick eye di DMZ Bali (Foto : IG via dmzbali)

Seperti halnya Pariwisata Jakarta dan Yogyakarta yang dikenal sebagai gudangnya museum unik, Pulau Bali pun demikian adanya. Dari mulai barang-barang kesenian hingga lukisan 3 dimensi bisa Anda temui disini.

Bila Anda penyuka kebudayaan, maka pergilah ke Ubud untuk mengunjungi Museum Puri Lukisan atau Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma. Namun bila Anda ingin suasana modern, bisa berkunjung ke Dream Museum Zone (DMZ) yang menyuguhkan lukisan trick art, alamatnya di Jl Nakula 33x Legian, Kuta, Bali.

77. Aneka Pasar Tradisional

Pasar Seni Ubud
Ilustrasi Pasar Seni Ubud / Ubud Art Market (Foto : IG @fannywelch)

Bali juga dikenal sebagai surganya wisata belanja, disini Anda bisa menemukan aneka kerajinan, makanan, pernak-pernik, hingga pakaian. Biasanya, para wisatawan domestik memburu kaos Joger, sedangkan turis mancanegara lebih memilih benda-benda antik khas Pulau Dewata.

Nah, buat Anda para shopa holic, setidaknya ada 5 tempat belanja favorit yang bisa dikunjungi untuk membeli oleh-oleh khas Bali yang terkenal yaitu Pasar Sukawati, Pasar Ubud, Pasar Seni Ubud, Pasar Seni Merta Nadi, Jalan Legian, dan Seminyak.

78. Pantai Pasih Uug (Broken Beach)

Broken Bay Pasih Uug Broken Beach
Broken Bay / Pasih Uug / Broken Beach (Photo : IG @koreefilms)

Satu lagi tempat wisata terindah di Nusa Penida Bali yang tak boleh dilewatkan begitu saja, namanya Pantai Pasih Uug, ada pula yang menyebutnya Broken Beach atau Broken Bay. Pantai ini mempunyai keunikan berupa batu karang yang berlubang di bawahnya dan membentuk seperti jembatan. Dari lubang karang ini air laut masuk ke dalam lingkaran karang yang tinggi, lalu membentuk kolam alami.

Kalau dilihat dari atas, maka Pasih Uug akan tampak seperti lubang besar di daratan yang berisi air laut biru dan pasir putih di pinggirnya. Untuk mencapai pasir putih di bagian bawah sangatlah susah, mengingat tingginya tebing dan gelombang laut yang besar. Oleh karena itu, wisatawan biasanya menikmati keindahan pantai ini dari atas pinggiran tebing.

79. Zen Hideaway Swing

Zen Hideaway Swing Ubud
Ilustrasi Zen Hideaway Swing Ubud (Foto : IG @sophiapope)

Zen Hideaway merupakan sebuah villa terbaik di Bali yang bangunannya terbuat dari kayu jati berusia sekitar 150 tahun. Penginapan ini juga menawarkan sebuah pemandangan alam indah dari mulai Sungai Ayung, persawahan serta pepohonan hijau, hingga Gunung Agung. Lokasi dan alamatnya terletak di Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar.

Selain bangunan unik dan panorama cantik khas pedesaan Ubud, ada satu wahana yang sangat ikonik disini, yaitu sebuah ayunan yang terpasang diantara 2 pohon kelapa. Namanya Zen Hideaway Swing. Apa seh keistimewaan ayunan ini, sampai foto-fotonya hits banget di Instagram?

Ayunan di Zen Hideaway Ubud
Ayunan di Zen Hideaway Ubud dengan view sungai dan pepohonan hijau (Foto : IG @madelinejoyrelph)

Meskipun sederhana, Zen Hideaway Swing menyajikan pengalaman yang berbeda bagi yang menaikinya. Anda akan bisa menikmati keindahan ubud dari ketinggian karena posisi ayunannya tepat di tepi bukit. Anda akan mendapatkan sebuah spot foto keren dengan aliran sungai ayung di bawahnya membelah rimbunnya pepohonan hijau.

Bagaimana sobat traveler? Lengkap banget bukan rekomendasi destinasi yang telah disampaikan. Kalau misalnya, Anda punya info seputar wisata Bali terbaru, bisa disampakan melalui kolom komentar agar bisa menambah alternatif pilihan referensi liburan. Semoga bermanfaat, bisa menjadi peta liburan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.