Pusat Info Wisata Terlengkap

25 Air Terjun Terindah Di Bali Yang Bagus Dan Hits

0 361

Air Terjun Di Bali – Inilah daftar rekomendasi tempat wisata air terjun terindah di Bali yang paling bagus dan lagi hits. Tak hanya pantainya yang terkenal eksotis, pulau Bali juga memiliki wisata air terjun yang indah dan cantik. Wisata alam di pulau Dewata senantiasa terjaga keasriannya, tak kecuali deretan air terjunnya yang segar dan asri.

Wisata air terjun atau curug akhir-akhir ini menjadi trend dan sedang naik daun dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi air terjun di bali yang bagus, anekawisata.com telah menyiapkan list wisata air terjun yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya masuk dalam daftar tempat wisata di Bali terbaru yang wajib Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Air Terjun Terindah Di Bali Yang Paling Bagus Dan Lagi Hits

1. Air Terjun Wana Ayu

Air terjun Wana Ayu
Air terjun Wana Ayu (Foto IG @maahardika)

Air terjun terindah di Bali yang pertama kali wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Wana Ayu. Lokasinya berada di Desa Padang Bulia, Buleleng, Bali Utara.

Untuk menuju air terjun ini cukup mudah, Anda tinggal tanya kepada warga sekitar. Air terjunnya memiliki kedalaman setinggi pinggang orang dewasa. Airnya jernih dan segar, berasal dari muara Air Terjun Gitgit

Belum ada tiket resmi ketika memasuki Air Terjun Wana Ayu, hanya biaya sukarela saja. Anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mencapai lokasi. Hal ini karena medannya cukup terjal serta licin dengan banyak tangga.

2. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling
Air Terjun Aling-Aling (Foto : IG @irfanpermana15)

Air terjun indah di Bali yang kedua adalah Air Terjun Aling-Aling. Lokasinya berada di Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk menuju ke tempat air terjun yang keren ini, Anda harus menuruni ratusan anak tangga. Jadi, badan harus dalam kondisi fit dan fresh.

Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 35 m ini terbilang unik karena dari puncaknya air jatuh terpecah menjadi dua terjunan yang berdampingan. Air terjun yang sebelah kanan memiliki debit yang lebih besar dibandingkan yang sebelah kirinya.

Tebing-tebing tinggi dengan pepohonan yang rimbun disekililingnya menambah kecantikan air terjun Aling-Aling. Di bawah air terjun ini terdapat cekungan kolam yang cukup dalam sekitar 4 m. Kolam ini dapat digunakan untuk berendam dan berenang. Namun Anda wajib hati-hati!

Seperti halnya Air Terjun Wana Ayu, harga tiket masuk ke air terjun Aling-Aling nampaknya juga belum ada tarif resmi, hanya sekedar iuran sukarela. Ketika Anda berkunjung kesini, jangan sampai melewatkan untuk berfoto dengan latar air terjun yang cantik dan indah.

3. Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak
Air Terjun Tembok Barak (Foto : IG @wahyu_wt)

Satu lagi tempat wisata air terjun di Bali yang indah dan lagi hits yaitu air terjun Tembok Barak. Lokasi dan alamatnya terletak di Gang Cengkeh, Sambangan, Sukasada, Sambangan, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Letaknya yang cukup tersembunyi menjadikan air terjun ini pas buat menyendiri menikmati keindahan alam yang asri. Konon katanya, disebut tembok barak karena dinding yang melatarbelakangi air terjun ini berwarna merah (tembok = dinding, barak = merah).

Untuk mencapai lokasi, Anda harus melakukan perjalanan kurang lebih sejauh 30 km selama 1 jam dari pusat kota. Setelah dekat dengan lokasi, Anda masih harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh sekitar 700 meter. Untuk saat ini sepertinya sudah diberlakukan tiket masuk, mengingat mulai banyak wisatawan yang berkunjung kesini.

4. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Terindah Di Bali
Air Terjun Terindah Di Bali Tegenungan Waterfall (Foto : IG @wahyu_wt)

Bisa dibilang, air terjun Tegenungan merupakan air terjun terlebar yang ada di Pulau Bali dengan ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini terletak di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Air Terjun Tegenungan jaraknya cukup dekat dengan kota Denpasar sekitar 16 km atau kurang lebih 45 menit dengan kendaraan. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Denpasar yang menarik, bisa berkunjung kesini.

Untuk tiket masuknya cukup murah meriah sekitar Rp.10.000,- per orang. Sebaiknya Anda datang agak pagi supaya sepi dan belum ramai pengunjung sehingga bisa bebas bermain air atau sekedar berfoto ria. Oya, kalau hujan tidak disarankan ke sini ya!

5. Air Terjun Gerombong

Air Terjun Gerombong
Air Terjun Gerombong (Foto : IG @gustindra)

Pantai pasir putih di Bali memang menjadi primadona Pulau Dewata yang selalu menjadi incaran wisatawan. Namun, tahukah Anda bahwa ada tempat yang kekinian banget di pulau Bali yang tak kalah indah dengan pantai pasir putih?

Namanya Air Terjun Gerombong. Lokasinya yang tersembunyi membuat air terjun ini begitu asri dan alami. Disini Anda akan disuguhi pemandangan hutan rimba seperti yang ada di film Jurrasic Park. Keren bukan?

Untuk mencapai Air Terjun Gerombong, Anda harus menuruni beberapa anak tangga. Oleh karenanya, Anda harus hati-hati agar tidak terpeleset. Kalau Anda datang pada pagi hari sekitar jam 7 atau 8, Anda akan bisa melihat pelangi yang cantik jika beruntung.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Unik Di Bali Terbaru Yang Lagi Hits

6. Air Terjun Kroya

Air Terjun Kroya
Air Terjun Kroya Buleleng Bali (Foto : IG @erik.sutrisna_)

Air terjun indah yang tersembunyi ini terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Singaraja, Bali. Suasananya masih sangat asri dan alami, airnya jernih sehingga enak buat bermain air.

Dengan ketinggian sekitar 12 meter dan bebatuan yang halus, Air Terjun Kroya asyik juga buat perosotan. Bagi Anda yang mau memacu adrenalin, bisa mencoba main perosotan alami disini. Namun, tetep jaga keamanan ya, pakailah alat pelindung kepala untuk jaga-jaga. Dan pastikan Anda bisa berenang!

7. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana
Air Terjun Tibumana, Bangli Bali (Foto : IG @mdbakta_kardana)

Ada satu lagi neh, air terjun yang kekinian di daerah Bangli, Bali, namanya Air Terjun Tibumana. Disini, Anda akan disuguhi air terjun kembar dimana terjunan airnya mengalir berdampingan. Ditengahnya, konon kabarnya terdapat goa yang jadi jalan pintas menuju Pura Goa Raja Besakih. Keren banget deh!

Anda harus hati-hati ketika akan mengunjungi Air Terjun Tibumana karena akses jalannya belum begitu bagus. Beberapa anak tangga dari kayu harus dilalui sebelum mencapai lokasi. Untuk harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu!

8. Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning
Air Terjun Dusun Kuning (Foto : IG @agniaprl)

Tak kalah bagus dengan aneka wisata Malang yang kaya akan air terjun eksotis, Pulau Bali juga punya sederetan air terjun tersembunyi yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Dusun Kuning yang terletak di Dusun Kuning, Bangli.

Air terjun yang berada di ketinggian sekitar 25 meter dari permukaan Sungai Melangit ini mempunyai latar bebatuan kehitaman yang indah. Sekilas seh, batuannya mirip dengan salah satu air terjun di Bogor yang bernama Curug Nangka.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda bisa menuju arah Bangli. Jika sudah sampai di Taman Bali yang jaraknya sekitar 3 km dari Kota Bangli, maka akan dijumpai sebuah pertigaan. Anda harus mengambil ke arah kanan dan mengikuti jalan tersebut sampai di sebuah pertigaan lagi, dekat pabrik air minum “NON MIN”.

Lalu Anda belok kanan sampai di ujung jalan dekat pemukiman penduduk. Dari sini, Anda masih harus berjalan kaki ke lokasi yang jaraknya sekitar 300 meter. Jika bingung, jangan malu untuk bertanya dengan penduduk sekitar. Gunakan pula GPS atau Google Map.

9. Air Terjun Kanto Lampo

Air-Terjun-Kanto-Lampo
Air Terjun Kanto Lampo (Foto : instagram.com/b_jackkrisan)

Air Terjun Kanto Lampo bisa dibilang lagi kekinian banget dikalangan wisatawan, tak kalah ngehits dengan deretan air terjun indah di Malang Jawa Timur.

Denger-denger seh, air terjun ini terbentuk setelah jebolnya saluran irigasi di desa Beng dan menyebabkan derasnya aliran melimpah jatuh ke dinding bekas penggalian batu padas.

Karena dindingnya bekas galian batu padas, maka aliran air yang jatuh disini membentuk seperti undagan atau teras-teras yang unik dan keren.

Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda cukup bertanya kepada masyarakat Banjar ketika memasuki Desa Beng. Harga tiket masuk cukup murah hanya Rp.5.000,- / orang. Sebaiknya Anda membawa persediaan air minum yang cukup dan berhati-hati ketika melewati jalan licin berlumut.

10. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul
Air Terjun Sekumpul (Foto : IG @baskoro.ka)

Dengan ketinggian lebih dari 100 m dan pemandangan alam yang begitu eksotis, Air Terjun Sekumpul nampaknya layak dimasukkan dalam daftar air terjun terindah di Bali. Lokasi yang agak terpencil dan sulitnya akses menuju air terjun, membuat wisatawan jarang berkunjung ke sini.

Bagi Anda yang akan mengunjungi Air Terjun Sekumpul sebaiknya hindari musim hujan, karena jika banjir maka Anda tidak akan bisa menyebrangi jembatan menuju ke lokasi. Jangan sampai Anda terjebak dan bermalam disini.

Baca Juga : 25 Pantai Terindah Dan Tercantik Di Bali Yang Lagi Hits

11. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung
Air Terjun Nungnung (Foto : IG @juntos_viajando)

Tak kalah keren dengan air terjun Sekumpul, air terjun Nungnung juga patut dikunjungi. Lokasinya terletak di Desa Plaga, Petang dan untuk menuju air terjun, Anda harus trekking. Disepanjang perjalanan Anda akan di suguhi dengan pemandangan sawah hijau.

Untuk melihat lebih dekat keindahan air terjun Nungnung, Anda harus menuruni anak tangga yang lumayan banyak. Debit airnya sangat deras sehingga ketika berdiri di dekat air terjun Nungnung, Anda akan bisa merasakan uap air berterbangan mengenai tubuh.

12. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung
Air Terjun Tukad Cepung (Foto : @mdbakta_kardana)

Air Terjun Tukad Cepung merupakan salah satu air terjun terindah di Bali yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya berada di Tembuku, Bangli.

Aliran airnya cukup deras dengan dihimpit dua tebing yang menjulang tinggi. Begitu cahaya matahari masuk ke kawasan ini, Anda akan bisa melihat keindahan seberkas sinar layaknya cahaya “surga”. Keren bukan?

Bagi Anda yang ingin pergi ke Air Terjun Tukad Cepung, langsung saja cari perempatan tugu jam dinding yang ada di dusun Penida Kelod, Tembuku. Dari sana terus belok kanan dan ikuti jalan lurus sampai ketemu daerah dimana banyak pemuda berkumpul yang siap mengantarkan Anda ke Tukad Cepung.

13. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit
Air Terjun Gitgit (Foto : IG @polyailchenko)

Kalau air terjun yang satu ini mungkin Anda sudah pernah mendengarnya karena Air Terjun Gitgit termasuk salah satu objek wisata di Bali yang terkenal. Keeksotisan Gitgit bisa dilihat dari aliran arus yang deras jatuh dari ketinggian sekitar 35 meter.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda akan melakukan perjalanan yang lumayan jauh dari lokasi parkir. Namun, hamparan kebun cengkeh, kopi, dan sawah yang indah akan membuat perjalanan Anda menyenangkan.

14. Air terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng
Air Terjun Goa Rang Reng (Foto : IG @molo.silaban)

Air terjun Goa Rang Reng berlokasi di Banjar Gitgit, Desa Bakbakan, Kabupaten Gianyar, Bali. Air terjun ini suasananya masih asri dan sejuk. Akses jalan baru untuk menuju air terjun sudah di buat, dan diprediksi akan menjadi salah satu tempat wisata menarik di Gianyar yang akan ngehits.

Di atas air terjun terdapat goa besar yang bernama “Goa Rang Reng” dan di hulu sungai juga terdapat sungai campuhan yang biasa digunakan penduduk sekitar untuk upacara adat (melukat).

Jadi, jika Anda ingin kemari, dilarang bertindak yang tidak sopan dan dilarang membuang sampah sembarangan di area air terjun agar tempat ini tetap asri dan bersih.

15. Air Terjun Kembar Banyumala

Air Terjun Kembar Banyumala
Air Terjun Kembar Banyumala (Foto : IG @komangayutriadnyani)

Air Terjun Kembar Banyumala termasuk air terjun tersembunyi yang masih jarang dikunjungi wisatawan di Bali. Lokasinya terletak di sebelah timur laut tidak jauh dari Danau Buyan, Singaraja.

Mungkin karena penunjuk arah menuju ke Air Terjun Kembar Banyumala yang tidak terlalu jelas sehingga agak sulit menemukannya menjadi faktor belum banyaknya traveler datang kesini.

Jika Anda akan akan melihat keindahan air terjun ini, langsung saja menuju pertigaan jalan Munduk Wanagiri dan jalan Raya Pancasari. Setelah itu, Anda harus menuju ke Utara untuk mencapai Banyumala.

Aliran Air Terjun Kembar Banyumala cukup deras menuruni tembok bebatuan yang bergelombang. Anda juga bisa berenang serasa di kolam pribadi dengan air yang jernih dan menyegarkan!

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Bali Selatan Yang Terkenal Dan Menarik

16. Air Terjun Jembong

Air Terjun Jembong
Air Terjun Jembong (Foto : @oktoriauli)

Air Terjun Jembong memiliki karakter sedikit berbeda dengan air terjun indah di Bali pada umumnya. Air Terjun Jembong berada di dataran/tanah yang miring, dengan kemiringan lebih dari 75 derajat. Air terjun ini berada di tengah perkebunan coklat yang rimbun dan asri.

Dibawah air terjun, ada sebuah kolam alami yang sangat jernih dan segar dengan kedalaman sekitar satu meter. Di kolam ini lah pengunjung bisa mandi dan bermain air sepuasnya! Air Terjun Jembong terletak di desa Ambengan, Buleleng yang berjarak sekitar 15 km dari daerah Bedugul

Untuk menuju lokasi air terjun, Anda harus melewati Bedugul, teruskan perjalanan menuju arah Gitgit/Singaraja. Sekitar 4 km setelah Air Terjun Gitgit, akan terlihat pertigaan dengan tikungan tajam ke arah kiri. Beloklah ke kiri dan ikuti jalan tersebut sampai sejauh 4 km, hingga tiba di lokasi di Air Terjun Jembong.

17. Air Terjun Pantai Melasti, Tanah Lot

Air Terjun Pantai Melasti
Air Terjun Pantai Melasti (Foto : I Nyoman Butur Suantara / flickr.com)

Tak hanya aneka wisata Jogja yang punya air terjun dipinggir pantai atau laut. Pulau Bali juga punya lho, namanya Air Terjun Pantai Melasti. Pantai Melasti yang dimaksud terletak di Tanah Lot ya, bukan yang Ungasan. Jangan sampai keliru!

Selain pemandangan pantai yang indah dengan pasir lembut dan batu-batu karang, di Pantai Melasti Anda juga dapat menemukan air terjun mini. Sekilas seh mirip air terjun di Jogja yang bernama air terjun pantai Jogan. Menikmati sunset sekaligus air terjun di tepi pantai rasanya benar-benar romantis!

18. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan
Air Terjun Peguyangan (Foto : IG @albert0baro)

Berlokasi di Desa Batu Kandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, Air Terjun Peguyangan memberikan suasana alami yang unik dan indah. Air terjun ini berasal dari mata air yang alirannya menuju ke laut.

Namun, sebelum sampai ke laut, ada semacam kolam alami yang bisa digunakan untuk berendam layaknya kolam renang infinity pool. Keren bukan?

Untuk mencapai lokasi, Anda harus menuruni sekitar 400-an anak tangga yang cukup curam di dinding tebing. Tenang saja, usaha keras dan rasa lelah akan terbayarkan dengan aliran air bertingkat yang indah dan eksotis.

19. Air Terjun Yeh Mempeh

Air Terjun Yeh Mempeh
Air Terjun Yeh Mempeh (Foto : IG @charlotteskramer)

Air Terjun Yeh Mempeh termasuk air terjun yang masih perawan karena jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di desa Les, kecamatan Tejakula, kabupaten Buleleng. Keberadaannya yang tersembunyi jauh dari Denpasar maupun Singaraja membuat objek wisata alam yang indah ini belum banyak terekspos oleh para traveler.

Akses jalan menuju air terjun ini bisa dibilang cukup mulus. Begitu sampai dilokasi, Anda akan disambut dengan aliran air setinggi sekitar 30 meter. Airnya yang jernih dan bersih membuat Air Terjun Yeh Mempeh semakin mempesona. Apalagi udara disekitarnya masih sangat sejuk, membuat Anda betah berlama-lama disini.

20. Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk
Air Terjun Munduk (Foto : IG @gdetetuko)

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Munduk terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Air terjun Munduk memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan berada di sekitar perkebunan kopi penduduk setempat.

Apabila Anda mengunjungi Air Terjun Munduk, bisa sekalian datang ke Air Terjun Melanting yang tak kalah indah. Jaraknya hanya sekitar 1 km saja, cukup dekat bukan? Jadi, sekali traveling bisa sekalian mendapat 2 objek wisata alam dalam satu tempat.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Di Bali Yang Murah Dan Menarik

21. Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting
Air Terjun Melanting (Foto : IG @wahyukucrit)

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng terdapat dua air terjun yaitu Air Terjun Munduk dan Air Terjun Melanting. Nah, Air Terjun Melanting ini ternyata tak kalah cantik bila dibandingkan dengan Air Terjun Munduk.

Dengan ketinggian sekitar 20-30 meter, aliran airnya pas banget buat latar berfoto yang instagenic. Tak hanya itu, lokasinya yang berada di dataran tinggi sekitar 800-900 mdpl, membuat udara disekitarnya cukup sejuk.

22. Air Terjun Blemantung

Air Terjun Blemantung
Air Terjun Blemantung (Foto : IG @infotabanan)

Air Terjun Blemantung terletak di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya sekitar 70 kilometer dari kota Denpasar. Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda akan melewati jalan aspal yang bagus hingga jalan setapak. Jadi, harap berhati-hati dan persiapkan fisik yang prima.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter serta terletak diantara dua tebing hingga perkebunan kopi, Air Terjun Blemantung tampak begitu eksotis. Dibawahnya terdapat sebuah kolam jernih yang akan membuat traveler betah berlama-lama bermain air disini.

23. Air Terjun Lemukih

Air Terjun Lemukih
Air Terjun Lemukih (Foto : IG @wiecen_16)

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang hanya punya satu atau dua aliran air, Air Terjun Lemukih punya 3 (tiga) buah terjunan / aliran air. Disini Anda akan menemukan satu buah air terjun yang ditemani dua air terjun kecil dengan ketinggian yang berbeda. Unik bukan?

Sesuai dengan namanya, air terjun ini terletak di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Jalan menuju lokasi tergolong mudah, cukup berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 200 meter dari Jalan Desa Lemukih maka Anda akan menemukannya.

24. Air Terjun Carat

Air Terjun Carat
Air Terjun Carat (Foto : via kintamani.id)

Air Terjun Carat yang terletak di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Singaraja ini terdiri dari 2 buah air terjun. Satu buah air terjun yang lumayan besar dan satunya lagi air terjun yang lebih kecil.

Keduanya mempunyai pesoana keindahan yang mengagumkan. Namun, Anda tak bisa mendekati air terjun yang besar karena lokasinya berada di tebing yang sangat curam. Anda hanya bisa memandangnya dari kejauhan dan memotretnya.

25. Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis
Air Terjun Juwuk Manis (Foto : IG @traveling.bali)

Meskipun tak terlalu tinggi, hanya setinggi 4 meter, Air Terjun Juwuk Manis tetap menunjukan keindahan alam yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Air terjun ini teridiri atas 2 buah aliran air terjun kecil yang berdampingan. Dibawahnya terdapat kolam kecil dengan air yang jernih dan segar.

Alamat Air Terjun Juwuk Manis terletak di Dusun Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Jaraknya sekitar 75 km dari Denpasar. Persiapkan fisik Anda, karena sebelum sampai ke lokasi Anda harus menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 1 km dari tempat parkir.

Bila Anda ingin kesini, dari Denpasar arahkan perjalanan Anda menuju Negara/Gilimanuk. Setelah sampai di perempatan Desa Pangyangan (di samping Balai Desa Pangyangan, sekitar 67 km dari Denpasar), beloklah ke kanan dan ikuti jalan tersebut sampai tiba di tempat parkir Air Terjun Juwuk Manis, di dekat LPD Juwuk Manis.

Demikianlah deretan air terjun terindah di Bali yang wajib dikunjungi. Bagi sobat traveler yang punya info terbaru lainnya tentang air terjun lainnya yang bagus, bisa menambahkan dikolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.