Pusat Info Wisata Terlengkap

33 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah

0 18,954

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang – Ini dia rekomendasi dan daftar kuliner enak di Semarang yang murah meriah. Dari mulai kuliner pak Bondan, makanan khas, jajanan tradisional, kuliner baru, tempat makan legendaris yang terkenal, tempat makan romantis, sampai makanan western yang enak maknyus ada semua di kota Semarang.

Semarang dan sekitarnya memang salah satu gudangnya kuliner enak dan murah selain Bandung dan Jogja. Tak heran bila banyak wisatawan yang membanjiri restoran dan rumah makan tiap liburan tiba. Bahkan tak hanya siang hari, kuliner malam pun kerap menjadi incaran para traveler yang kelaparan saat tengah malam.

Nah, untuk membantu Anda yang sedang atau akan liburan di Kota Lumpia ini, Aneka Wisata telah menyiapkan info kuliner Semarang yang recommended. Selain rasa makanannya yang lezat, harganya pun nyaman di kantong. Namun, bagi Anda yang muslim wajib berhati-hati ya dalam memilih makanan, usahakan cari yang halal!

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Jawa Tengah Yang Enak Dan Murah Meriah

1. Soto Bangkong Semarang

Soto Bangkong
Soto Bangkong (Foto : klikhotel.com)

Eits, jangan salah sangka dulu dengan soto enak yang satu ini. Namanya memang Soto Bangkong, tapi bukan berarti soto yang berasal dari bangkong atau kodok lho ya! Soto Bangkong merupakan soto ayam yang terletak di Jalan Bangkong (Sekarang bernama Jalan Brigjen Katamso). Oleh karena itu, soto ini terkenal dengan nama Soto Bangkong sesuai dengan nama jalan tempat mangkalnya.

Soto Bangkong termasuk objek wisata kuliner di Semarang yang terkenal dan legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1950an. Sebelumnya, soto dijajakan dengan cara dipikul berkeliling, sampai akhirnya menetap di tempat yang dipakai sekarang ini. Harganya pun cukup murah hanya Rp. 9.000,- per porsi.

Soto Bangkong memang terlihat sederhana dengan perpaduan antara bihun, kuah, ayam suwir, irisan bawang dan taburan bawang goreng. Meskipun terlihat sederhana, namun rasa yang dihasilkan sangat lah luar biasa. Selain soto, warung makan ini juga menyajikan ayam goreng dan garang asam.

2. Nasi Ayam Semarang (Sego Ayam)

Nasi-Ayam-Semarang
Ilustrasi nasi ayam khas Semarang (Foto : klikhotel.com)

Wisata kuliner Semarang murah yang kedua adalah Nasi Ayam atau yang biasa disebut sego ayam. Nasi Ayam Semarang mirip-mirip dengan salah satu kuliner Solo yang bernama nasi liwet. Nasi Ayam ini berupa sajian nasi putih yang terasa gurih karena dimasak dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam dan krecek, tahu bacem atau tahu putih, dan telur pindang lalu diguyur dengan kuah santan.

Nah, disinilah bedanya! Kalau nasi liwet disajikan kering tanpa siraman kuah. Sayur labunya memiliki citarasa lebih pedas dan manis jika dibandingkan dengan sayur labu siam pada nasi liwet. Nasi Ayam biasanya disajikan dengan alas daun pisang ataupun disajikan dengan menggunakan pincuk daun pisang. Pas buat sarapan pagi hari atau pun makan malam.

Harga satu porsi dibanderol dengan harga Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,-. Cukup murah bukan? Beberapa tempat makan Nasi Ayam yang terkenal enak antara lain Nasi Ayam Bu Wido di Jl. Melati Selatan, Bu Pini yang buka warung kaki lima di Gang Pinggir di malam hari., Bu Sami di depan Matahari Department Store, Simpang Lima buka pagi dan Bu Nyoto di Jalan Mataram (Jalan MT Haryono), Semarang.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Semarang Yang Bagus Dan Terkenal

3. Rumah Makan Kampung Laut Semarang

Rumah Makan Kampung Laut Semarang
Salah satu menu makanan di Rumah Makan Kampung Laut Semarang (Foto : semarangrentcar.com)

Anda sedang mencari rumah makan di Semarang untuk keluarga, anak, atau rombongan? Datang saja ke Rumah Makan Kampung Laut Semarang yang terletak di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang. Rumah makan ini juga dilengkapi dengan kolam pemancingan, arena permainan anak yang berisi wahana sederhana seperti ayunan, papan seluncur dan jungkat-jungkit.

Berbagai sajian bisa Anda nikmati mulai dari olahan seafood, iga sapi sampai ayam. Untuk mendapatkan suasana makan yang berbeda, pilihlah makan di saung-saung yang mengapung sekaligus menikmati pemandangan kolam pemancingan di sekitarnya. Untuk harga tak usah kuatir, dari yang murah sampai yang mahal ada semua disini, Anda tinggal pilih sesuai dengan selera dan budget. Jam buka sekitar pukul 10 .00 – 22.00 WIB.

4. Restoran Pesta Keboen Semarang

Restoran Pesta Keboen Semarang
Salah satu menu makanan di Restoran Pesta Keboen Semarang (Foto : citosmagz.com)

Ini dia restoran di Semarang yang enak dan terkenal dikalangan wisatawan dan pecinta kuliner, yaitu Restoran Pesta Keboen. Resto yang terletak di Jalan Veteran 29 ini menampilkan suasana tempo dulu yang terlihat jelas dari bentuk bangunan dan desain interiornya.

Restoran Pesta Keboen memiliki area indoor dan outdoor, keduanya sama-sama menawarkan kelebihan. Outdoor menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang merokok dan ingin melihat pemandangan luar. Untuk indoor, Anda bisa menikmati koleksi benda-benda antik yang dipajang di dalam ruangan selagi menunggu pesanan Anda siap diantar ke meja.

Tempat wisata kuliner ini juga menyediakan fasilitas lain bagi keluarga yang datang seperti adanya arena permainan anak. Selain itu, pada hari-hari tertentu, pengunjung bisa menikmati pertunjukan live music. Harganya termasuk relatif murah bila dilihat dari menu makanan, suasana, dan fasilitas yang tersedia. Jam buka sekitar pukul 10.00 – 22.00 WIB.

5. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima
Mangut Welut Warung Bu Nasima (Foto : websta.me)

Anda tahu pak Bondan Winarno bukan? Ahli kuliner sekaligus pembawa acara kuliner yang sering muncul di TV dan terkenal dengan kata-kata “Maknyus” atau “Top Markotop”. Nah, Mangut Welut Warung Bu Nasima ini termasuk salah satu rekomendasi wisata kuliner Semarang pak Bondan.

Tempat makan enak di Semarang yang murah ini terletak di Jalan Menoreh raya No. 10 Sampangan Semarang. Disini sebenarnya menyajikan banyak menu rumahan yang lezat, namun yang paling maknyus dan populer adalah mangut welut (mangut belut) sehingga tempat ini terkenal dengan sebutan warung welut (welut = belut).

Jangan lupa juga untuk mencicipi mangut kepala ikan manyung-nya yang super pedas dan enak menggoyang lidah. Bagi anda yang menyantap menu ini dipastikan bakal berlinangan air mata dan ingus karena pedasnya bisa dibilang masuk kategori super. Soal harga tak usah kuatir, cukup dengan Rp. 10.000,- Anda sudah bisa menikmati satu porsi mangut belut atau ikan manyung. Murah meriah banget bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.