Pusat Info Wisata Terlengkap

15 Tempat Ngabuburit Di Jogja Yang Paling Asik Dan Enak

0 142

Tempat Ngabuburit Di Jogja – Inilah daftar dan rekomendasi tempat ngabuburit asik di Jogja yang paling enak buat menunggu waktu berbuka puasa bareng teman, keluarga, atau pasangan (baca : istri). Yogyakarta tidak akan pernah habis cerita untuk dikunjungi. Berbagai spot wisata menarik di Jogja selalu ramai oleh wisatawan, termasuk saat Ramadhan. Ada banyak tempat asyik untuk ngabuburit di Kota Gudeg.

Nah, pada kesempatan kali ini, anekawisata.com telah menyiapkan beberapa referensi tempat ngabuburit di Yogyakarta yang menjadi favorit anak muda dan warga Jogja pada umumnya. Dari mulai pusat takjil, pasar ramadan, tempat nongkrong, sampai tempat makan enak buat buka puasa bersama (bukber) ada semua disini. Yuk, langsung saja simak ulasan dan reviewnya berikut ini.

Daftar Tempat Ngabuburit Di Jogja Yang Asik, Enak, Dan Terkenal

1. Lembah UGM

Lembah-UGM
Lembah UGM (Foto : eatjogja.com)

Kawasan lembah UGM sepanjang jalan sekitar masjid kampus (maskam) merupakan tempat ngabuburit asyik di Jogja yang paling terkenal. Dari anak-anak, remaja, pelajar, mahasiswa, sampai orang dewasa tumpah ruwah disini untuk belanja takjil sekaligus tarawih berjamaah di masjid kampus UGM.

Lokasinya yang strategis mudah dijangkau dan lengkapnya kuliner Ramadhan yang tersedia, menjadikan Kawasan Lembah UGM sebagai tempat ngabuburit favorit anak muda. Berbagai macam aneka takjil, camilan dan makanan berbuka puasa bisa Anda temukan disini dengan harga yang relatif ekonomis.

Lokasinya yang bersih dan dekat dengan masjid kampus UGM ini tentunya memberi keuntungan bagi Anda yang tengah menanti waktu berbuka di tempat ini. Selepas berbuka puasa Anda bisa langsung menjalankan ibadah solat maghrib di dalam masjid tersebut tanpa perlu lagi bolak-balik rumah atau kost untuk sholat maghrib.

Di masjid kampus UGM juga biasanya ada pengajian menjelang buka puasa dan pembagian takjil gratis. Pas banget neh bagi anak kost bisa sedikit ngirit, hehe. Oya, untuk suasana urban bisa Anda rasakan dari kuliner yang tersedia di kawasan ini.

Anda bisa menemukan aneka varian makanan dari negeri seberang seperti misalnya sosis bakar Jerman, roti cane khas India, kimbab ala Korea, dll. Meski begitu bukan berarti makanan lokal kehilangan pamor. Stan mendoan khas Banyumas juga biasanya ada dan ramai, bersanding mesra dengan penjual sup buah dan es tebu.

2. Kampung Ramadhan Jogokaryan

tempat-ngabuburit-di-jogja
Tempat Ngabuburit Di Jogja Kampung Ramadhan Jogokaryan (Foto : angkisland.com)

Tempat ngabuburit di Jogja yang enak selanjutnya adalah Kampung Ramadhan Jogokaryan yang terletak di daerah Mantrijeron. Setiap habis ashar, kawasan di sekitar Masjid Jogokaryan ini disulap menjadi pasar takjil dadakan. Berbagai jenis makanan digelar, mulai dari jajan pasar hingga bento khas Jepang. Semua ada.

Di dekat masjid, asap dari bakaran sate koyor pun ikut menambah semarak, aroma wangi dari lemak terbakar menjadikan waktu terasa melambat menuju waktu berbuka puasa. Di Kampung Ramadan Jogokaryan tak hanya penjaja makanan yang mencari rejeki, penjual sandang dan mainan pun ikut menambah riuh pasar sore ini. Umumnya, sandang yang dijual adalah pakaian Muslim dan keperluan ibadah.

Disamping menyuguhkan berbagai kuliner khas ramadhan dan sandang, di sini juga kerap menyelenggarakan dongeng untuk anak-anak menjelang berbuka, bahkan di sini juga kerap digelar lomba adzan untuk tingkat DIY dan Jawa Tengah.

Masjid Jogokaryan yang merupakan masjid percontohan pun menggelar berbagai kegiatan di antaranya pembagian hidangan buka puasa hingga 1000 porsi, sahur bersama, dan sholat tarawih seperti di Madinah setiap Kamis malam dengan bacaan satu juz Quran. Tak heran jika Kampung Ramadhan Jogokaryan menjadi tempat ngabuburit di Jogja yang populer.

3. Jalur Gaza

Jalur-Gaza-Jogja
Jalur Gaza (Foto : detik foto)

Selain dua tempat diatas, Jalur Gaza juga bisa menjadi pilihan tempat asyik ngabuburit di Jogja yang wajib dikunjungi. Jalur Gaza merupakan singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Berada di sekitar Masjid Mutohirin di sepanjang Jalan Sorogenan, kawasan ini dipenuhi jajaran gubug yang menjual berbagai macam menu camilan, makanan dan minuman yang biasa dijadikan untuk menu berbuka.

Bagi yang rindu kue corobikang orisinal, Anda bisa menemukannya di sini. Dijual dalam keadaan panas karena baru diangkat dari cetakannya, harum vanili berhasil menarik hati. Tak ketinggalan, minuman segar aneka rasa menggoda iman dengan bulir-bulir embun dinginnya.

Bukan hanya penjaja makanan yang meramaikan tempat ini, beberapa acara juga digelar oleh panitia demi menyambut bulan paling ditunggu umat Muslim seperti live music, buka bersama, penyantunan anak yatim, dan pengajian akbar.

Baca Juga : 28 Tempat Makan Enak Di Jogja Untuk Buka Puasa

4. Kampung Ramadhan Kauman

Kampung-Ramadhan-Kauman
Kampung Ramadhan Kauman (Foto : pegipegi.com)

Bagi Anda yang sedang mencari pusat takjil di Jogja, maka Kampung Ramadhan Kauman bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Berada di gang sempit di daerah Kauman yang legendaris, Kampung Ramadan Kauman tak pernah absen sebagai tempat ngabuburit favorit warga Jogja.

Kampung Ramadhan Kauman bisa dibilang sebagai kampung Ramadan tertua di Yogyakarta karena konon kabarnya digelar sejak tahun 1973. Begitu memasuki kampung Kauman, maka Anda akan merasakan suasana tempo dulu disini. Berbagai bentuk bangunan lawas masih mendominasi kampung ini.

Puluhan stan berderet rapi di depan rumah warga, menyajikan berbagai lauk pauk untuk hidangan berbuka puasa. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah beraneka macam pepes mulai dari pepes tahu hingga kerang. Berbagai jenis jajanan pun terlihat menggoda untuk dicicipi.

Bila Anda berkunjung kesini, jangan lupa sempatkan membeli kicak. Apaan tuh? Kicak adalah makanan yang paling dicari karena hanya muncul di bulan Ramadan. Kicak yang berbahan baku ketan, gula, parutan kelapa, dan irisan nangka ini pertama kali dibuat oleh warga Kauman bernama Mbah Wono. Hingga kini, kicak bikinannya masih jadi buruan setiap Ramadan datang.

5. Alun-Alun Kidul Jogja (Alkid)

Alun-alun Kidul atau Alkid jogja
Alun-alun Kidul atau Alkid (Foto : hotelasih.com)

Alun-Alun Kidul Jogja merupakan salah satu tempat ngabuburit favorit di Jogja yang terkenal dikalangan wisatawan. Di tempat wisata Jogja ini wisatawan bisa menyewa sepeda atau naik odong-odong. Dan tentu saja juga bisa mencoba tradisi masangin, yaitu masuk ke antara 2 beringin kembar dengan cara berjalan tetapi matanya ditutup dengan kain.

Menjelang maghrib, Anda bisa membeli beberapa makanan untuk berbuka. Ada cukup banyak penjual camilan disini. Anda bisa mencoba wedang ronde dan kacang rebus disini. Menjelang isya, Anda bisa meninggalkan tempat ini menuju ke masjid Gedhe Kauman yang terletak di dekat alun-alun utara. Disini Anda bisa mengikuti sholat tarawih berjamaah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.