Pusat Info Wisata Terlengkap

5 Cafe Baru Di Kota Lama Semarang Yang Unik Dan Lagi Hits

0 165

Cafe Di Kota Lama – Inilah daftar rekomendasi cafe baru di Kota Lama Semarang yang unik dan lagi hits dikalangan anak muda. Tempatnya asik banget lho buat kongkow bareng teman-teman, apalagi bagi Anda yang suka banget selfie, recommended! Dengan nuansa kolonial Belanda, bangunan interior cafe-cafe disini cocok sekali untuk latar berfoto bertema vintage.

Kota Lama (Old Town) merupakan salah satu ikon tempat wisata di Semarang yang paling digemari wisatawan selain Simpang Lima. Gedung-gedung tua dengan gaya arsitektur eropa menjadi daya tarik kawasan ini. Tak hanya itu, ada juga museum 3 D yang menjadi destinasi baru disini, yaitu Old City 3D Trick Art Museum.

Nah, bagi Anda yang suka banget ngopi sambil bersantai bareng sahabat, rekan kerja, atau pun pasangan (baca : istri), Aneka Wisata telah menyiapkan sejumlah referensi cafe yang cozy banget yang berada di Kota Lama. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut.

Daftar Cafe Baru Di Kota Lama Semarang Yang Unik Dan Lagi Hits

1. Spiegel Bar & Bistro

Spiegel Bar & Bistro
Spiegel Bar & Bistro (Foto : IG @spiegelbistro)

Kita awali jelajah cafe baru di Kota Lama dengan mereview Spiegel Bar & Bistro yang terletak di Jalan Letnan Jenderal Suprapto No. 34, Kota Lama, Semarang Utara, Jawa Tengah. Desain eksterior dan interior cafe ini terbilang unik dengan mengadopsi gaya eropa.

Bagi Anda yang suka foto bergaya vintage pas banget kalau berkunjung kesini. Gedung yang dipakai untuk Spiegel Bar & Bistro usianya diperkirakan sekitar 120 tahun. Jadul banget kan? Tapi dekorasinya tetap tertata rapi dan cantik.

Tak hanya sebatas interiornya saja yang bagus, alunan musik yang diputar disini juga asik banget didengarnya. Biasanya seh kalau tak keliru ada live musiknya pada hari-hari tertentu seperti jazz hingga band indie asal Semarang.

Spiegel Bar & Bistro Semarang
Ilustrasi salah satu meja dan tempat duduk di Spiegel Bar & Bistro Kota Lama Semarang (Foto : IG @spiegelbistro)

Oya, cafe ini juga punya rooftop dimana Anda bisa menikmati kerlap-kerlip lampu gedung-gedung tua kota lama. Apalagi duduk berdua bareng mantan pacar (baca : istri), romantis banget kan?

Untuk menu makanan dan minuman disini cukup variatif dengan harga yang mungkin cukup mahal bagi kalangan menengah ke bawah. Namun, harga yang Anda bayar akan tergantikan dengan suasana cafe yang enak dan cozy buat hangout. Jam buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB.

2. Retro Cafe

Retro Cafe
Retro Cafe (Foto : via heisaree.blogspot.co.id)

Retro Cafe merupakan salah satu tempat nongkrong di Semarang yang menawarkan suasana tempo dulu. Begitu Anda memasuki cafe ini, maka nuansa era 60-an akan terasa sekali. Bukan hanya gedungnya yang menggunakan bangunan bekas kolonial, namun didalamnya terdapat benda-benda antik jaman dulu.

Anda akan menemukan sepeda onthel, kipas usang, hingga sebuah motor antik yang sudah berusia puluhan tahun silam. Pas banget neh buat sobat traveler yang suka berfoto dengan tema vintage. Apalagi bagi anak-anak IG, rugi deh kalau kesini tanpa upload foto.

Tempatnya cukup asik dengan fasilitas yang lengkap seperti Wifi gratis, photo booth, dan free karaoke. Kafe ini buka pada pukul 11.00 – 22.00 WIB, khusus hari Sabtu tutup pukul 23.00 WIB. Menu makanan dan minuman variatif dengan harga yang lumayan murah terutama saat ada diskon.

Kalau diihat dari luar mungkin Retro Cafe nampak kecil, namun ternyata di dalamnya cukup luas tanpa ada sekat yang membatasi. Terdapat hiasan-hiasan di dinding yang bisa digunakan sebagai tempat berfoto. Alamatnya berada di Jalan Garuda No. 24, Kota Lama, Tanjung Mas, Semarang Utara.

Baca Juga : 16 Spot Foto Keren Di Kota Lama Semarang Yang Bagus Dan Hits

3. Tekodeko Koffiehuis

Tekodeko Koffiehuis
Tekodeko Koffiehuis (Foto : IG @tekodeko)

Sama seperti cafe-cafe lain di Kota Lama yang mengusung konsep jadul jaman Kolonial Belanda, Tekodeko Koffiehuis pun demikian adanya. Cafe unik yang satu ini memiliki dua lantai, yaitu lantai dasar di tujukan kepada pelanggan yang berkeluarga, dan lantai dua di tujukan untuk pelanggan usia remaja.

Tekodeko Koffiehuis terkenal sebagai tempat ngopi di Semarang yang enak. Minuman kopi yang menjadi andalannya antara lain Kopi Gendhis, Kopi Cheng Li, Kopi Londo, Kopi Kota Lama, Kopi Arab.

Selain kopi, cafe ini juga menyediakan berbagai macam menu lainnya, seperti Ice Blend, Ice Cream Based, Tea, Squash, Juice, Sandwich, Appetizer, Pasta, Rice, dan Dessert. Harga yang dibanderol sekitar 8 – 55 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

Lokasi Tekodeko Koffiehuis terletak di Jalan Letjend Suprapto No. 44, Kota Lama, Tj. Mas, Semarang Utara. Jam buka cafe setiap hari mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB, kecuali hari Jumat, Sabtu, dan Minggu tutup pukul 23.00 WIB.

4. Noeri’s Cafe

Noeri's Cafe Semarang
Salah satu cafe di Kota Lama Noeri’s Cafe Semarang (Foto : seputarsemarang.com)

Noeri’s Cafe terletak di Jl Nuri, kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah. Tempat hangout yang bertema jadul ini tak kalah keren dengan cafe-cafe yang telah saya sebutkan sebelumnya. Di setiap sudut Noeri’s Cafe ada berbagai macam benda antik masa lalu dari mulai jam, radio, hingga vespa. Vintage banget deh pokoknya!

Asiknya lagi, disini juga ada musik jadul yang dapat diputar melalui piringan hitam lengkap. Bersantap sambil mendengarkan musik-musik tempo dulu tentu akan menimbulkan kesan tersendiri. Coba deh, sesekali datang bareng pasangan (baca : istri) kesini, nuansa romantisnya dapat banget lho!

Menu yang disajikan Noeri’s Cafe cukup lengkap, dari menu tempo dulu ala Indonesia hingga Barat, seperti onbitjkoek. Harga makanan dan minuman disini cukup terjangkau, mulai dari sekitar 10 ribu hingga puluhan ribu rupiah. Jam buka mulai pukul

5. MGM Cafe & Gallery

MGM Cafe & Gallery
MGM Cafe & Gallery (Foto : IG @inesfieraw)

MGM Cafe & Gallery menempati gedung Marabunta yang ikonik dengan patung semut raksasanya. Lokasinya berada di Jl. Cendrawasih No 23 Kota Lama Semarang dan jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

Agak sedikit berbeda dengan cafe lain yang menonjolkan barang-barang antik, MGM Cafe & Gallery justru menyuguhkan gaya aritektur bangunannya yang mirip lambung kapal (interior dalam ruangan). Asik juga bila dijadikan tempat ngabuburit di Semarang atau pun perayaan ulang tahun.

MGM Cafe & Gallery Kota Lama Semarang
Salah satu menu makanan di MGM Cafe & Gallery Kota Lama Semarang (Foto : IG @mgmcafegallery)

Untuk menu makanan rata-rata berupa western dengan harga sekitar 25 – 55 ribu per porsinya. Sedangkan minuman dibanderol sekitar 18 ribuan. Lumayan mahal seh, namun sebanding dengan rasa makanan dan suasana yang didapatkan.

Nah, itu dia sederetan cafe baru di Kota Lama Semarang yang unik dengan tema jadul jaman kolonial Belanda. Bagi sobat traveler yang punya info cafe cozy lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.