Pusat Info Wisata Terlengkap

Tempat Belanja Di Jogja Yang Murah Dan Bagus

0 272

Tempat Belanja Di Jogja – Liburan ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa wisata belanja. Aneka tempat belanja di Jogja yang murah dan bagus sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jogja sanggup memuaskan keinginan Anda untuk belanja. Anda tak perlu menjejakkan kaki ke mal-mal mahal di kota-kota besar untuk menemukan pengalaman berbelanja yang berharga.

Wisata belanja di Jogja menawarkan segalanya, dari kerajinan kulit berkualitas tinggi hingga pakaian jadi dengan jahitan rapi yang bisa Anda dapatkan di bawah Rp. 100.000. Murah meriah bukan? Nah, untuk memudahkan Anda dalam belanja di Jogja, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar tempat belanja murah di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Pengen tahu? Yuk simak rekomendasi tempat belanja di Jogja yang murah dan bagus berikut.

1. Malioboro

Malioboro
Malioboro (Foto : anekatempatwisata.com)

Surga tempat belanja di Jogja yang pertama sudah pasti Malioboro. Siapa seh yang tidak kenal Malioboro? Ruas jalan yang menjadi ikon Yogyakarta ini merupakan pusat tempat belanja murah di Jogja. Di sinilah jantung aktivitas kota Yogyakarta berdenyut, di mana masyarakat Jogja berbaur dengan wisatawan. Sebelum mengunjungi tempat ini, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tips menawar barang di Maliboro.

Dari Stasiun Tugu sampai seberang Pasar Beringharjo, sepanjang jalan ini dipenuhi oleh jejeran toko, pusat perbelanjaan, sampai pedagang yang berjualan di emperan. Barang yang dijajakan pun sangat beragam, mulai dari batik, kaos, aksesoris, sampai tukang tato temporer. Yang jelas, menyusuri emperan toko di Malioboro untuk mencari oleh-oleh atau sekadar cuci mata bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan buat Anda.

2. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo Jogja (Foto : lifestyle.kompasiana.com)

Puas menyusuri emperan Malioboro, belok aja ke Pasar Beringharjo yang masih terletak di kawasan yang sama. Pasar tradisional ini usianya hampir sama dengan Kraton Yogyakarta yang berdiri sejak 1758. Selama berabad-abad, kawasan ini mejadi pusat ekonomi kota Jogja sampai menjadi pasar yang kamu kenal sekarang ini. Pasar ini juga terkenal sebagai tempat belanja di Jogja yang murah meriah.

Di pasar ini, kayaknya hampir semuanya ada deh. Mulai dari aneka macam kain dan busana batik, jajanan pasar, bahan makanan, jamu-jamuan, gadget, sampai barang-barang antik dan pakaian dalam. Apalagi, semua ini masih bisa Anda tawar dengan harga lebih rendah, lho. Bahkan Anda bisa mendapatkan kemeja jadi berjahitan rapi dengan harga Rp. 60.000 saja!

3. Pasar Klithikan

Pasar Klithikan
Pasar Klithikan (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Anda ingin membeli onderdil motor, pakaian bekas, hingga berbagai barang antik? Kalau iya, jangan sampai melewatkan tempat belanja di Jogja yang satu ini. Pasar Klithikan namanya atau ada juga yang menyebutnya “pasar maling”. Tapi bukan pasar maling beneran lho, karena pedagang di sini bukan penadah. Pasar ini merupakan pusatnya barang bekas di Jogja.

Pasar Klithikan yang terletak di Pakuncen, Wirobrajan, ini adalah hasil relokasi. Dulunya, pasar ini adalah pasar tumpah yang buka tiap malam di Jalan Mangkubumi. Di pasar ini, Anda bisa menemukan beragam barang-barang bekas dan baru, seperti onderdil dan aksesoris kendaraan bermotor, barang-barang antik nan jadul, pakaian, serta ponsel baru dan bekas, mulai dari yang keluaran terbaru sampai yang lawas. Kalau Anda penggemar motor tua, pasti suka berburu onderdil antik di sini.

4. Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding

Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding
Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Kalau Bandung punya Cibaduyut, maka Jogja punya Manding. Bagi Anda yang suka berburu fashion item berbahan kulit, datang saja ke desa wisata kerajinan kulit Manding yang terletak di Jalan Parangtritis KM 11, Bantul. Di sini, Anda bisa menemukan bermacam produk fashion yang terbuat dari kulit, seperti tas, sepatu, dompet, jaket, ikat pinggang, sampai pernak-pernik seperti gantungan kunci dan pigura. Harganya sendiri dibanderol antara Rp. 70.000 hingga Rp. 1.000.000.

Harga produk-produk kulit ini tidak semahal di mall. Apalagi, Anda masih bisa ngenyang alias menawar harganya. Tak heran jika tempat belanja di Jogja ini menjadi tujuan pemburu produk kulit, karena selain lebih murah, mutunya juga bagus tidak kalah dengan yang bermerk. Selain wisata belanja, Anda juga bisa mengintip proses pengolahan dan pembuatan produk berbahan kulit yang dilakukan oleh pengrajin. Asyik bukan?

5. Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan
Desa Wisata Kasongan (Foto : panoramio.com)

Desa Wisata Kasongan merupakan tempat belanja di Jogja yang menawarkan aneka kerajinan gerabah dari tanah liat. Kawasan Kasongan sangat terkenal di kalangan wisatawan sebagai sentra kerajinan gerabah atau keramik. Jadi, sayang banget kalau ke Jogja tapi tidak menyempatkan mampir ke galeri seni gerabah yang berderet di tempat ini. Siapa tahu, Anda menemukan guci atau patung yang pas buat mendekor rumah atau kamar, atau souvenir buat oleh-oleh.

Sentra kerajinan gerabah yang terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul ini membuat dan menjual benda-benda dari gerabah seperti pot dan guci aneka motif, patung, hiasan dinding, peralatan dapur, furnitur, serta berbagai produk kerajinan lainnya. Penasaran dengan cara pembuatannya? Anda bisa melihatnya langsung kok!

6. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet
Desa Wisata Krebet (Foto : images.detik.com)

Kalau Anda mengira kerajinan batik itu cuma menggunakan medium kain, Anda salah besar. Di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, warganya tidak menggunakan media kain untuk membatik, melainkan memakai kayu. Tapi, justru di situ daya tariknya, batik yang digambar di atas kayu oleh pengrajin menghasilkan beragam produk yang unik.

Barang-barang yang dihasilkan dan ditawarkan tempat belanja di Jogja ini beraneka ragam. Ada topeng, wayang dan patung kayu, gantungan kunci, cermin, kotak perhiasan, dan masih banyak lagi. Pas banget buat Anda yang lagi nyari souvenir buat oleh-oleh atau pernikahan. Proses pembuatannya juga bisa Anda lihat sendiri, tak jauh beda dengan pembuatan batik kain. Oh iya, pernak-pernik hasil kerajinan batik kayu ini juga sudah merambah pasar mancanegara lho.

Leave A Reply

Your email address will not be published.