Home Wisata Asia 37 Oleh-Oleh Khas Bali Kekinian Yang Murah, Terkenal, Dan Tahan Lama

37 Oleh-Oleh Khas Bali Kekinian Yang Murah, Terkenal, Dan Tahan Lama

10744
1

Oleh-Oleh Khas Bali – Inilah daftar oleh-oleh khas Bali kekinian yang murah, terkenal, tahan lama, dan wajib dibeli oleh para wisatawan. Dari mulai makanan, jajanan, souvenir, baju, kaos, tas, aksesories, sampai cinderamata khas Bali ada semua disini. Beberapa buah tangan ini dilengkapi dengan alamat toko dan harga barangnya.

Selain terkenal akan berbagai objek wisata pantai pasir putih dan kulinernya, Bali juga menyuguhkan aneka oleh-oleh yang sayang dilewatkan begitu saja. Sudah menjadi hal wajib rasanya bila liburan mesti dilengkapi dengan belanja makanan, pakaian, atau kerajinan khas untuk keluarga dan orang-orang tercinta di rumah.

Nah, bagi sobat traveler yang sedang atau akan liburan ke Bali, anekawisata.com telah menyiapkan rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang harus dibeli. Kira-kira apa saja ya oleh oleh dari Bali? Yuk, langsung saja simak review singkat dan ulasannya berikut ini.

Daftar Oleh-Oleh Khas Bali Yang Murah, Terkenal, Tahan Lama, Dan Wajib Dibeli

1. Kaos Joger

Oleh-Oleh Khas Bali : Joger Bali
Oleh-Oleh Khas Bali : Joger Bali (Foto : jogerjelek.com)

Ini dia oleh-oleh khas Bali yang paling terkenal dan tentu saja tahan lama yaitu Kaos Joger. Siapa seh yang tak kenal Joger? Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Bali selalu memburu kaos yang satu ini. Tak heran jika ada istilah belum ke Bali kalau belum mampir ke Joger.

Kaos Joger terkenal akan kata-katanya yang unik dan kritis. Dengan slogan “pabrik kata-kata”, menjadikan Joger sebagai salah satu ikon Bali. Tak hanya kaos, di pusat oleh-oleh Joger, Anda bisa menemukan aksesoris khas Bali lainnya seperti sandal, mug, tas dan gantungan kunci.

Untuk harganya bervariasi dan sesuai dengan kualitas barangnya. Misalnya kaos, dibanderol dengan harga sekitar lebih dari Rp. 100.000,-. Alamat toko oleh-oleh Joger ada di jalan raya Kuta dan jalan Raya Denpasar โ€“ Bedugul KM 37,5.

Oya, menurut info yang saya dapat, Joger yang asli ini hanya dijual di pulau Bali, tak menerima pesanan online. Jadi, jangan sampai terlewatkan saat liburan ke Bali. Dan satu lagi, tak usah malu jika Anda ingin tertawa begitu membaca kalimat-kalimat iseng di tokonya.

2. Pie Susu

Pie-Susu-Bali
Pie Susu Bali (Foto : kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F)

Bagi Anda yang sedang berburu oleh-oleh khas Bali yang berupa makanan, jangan sampai melewatkan Pie Susu. Pie susu punya bentuk ceper, lalu bagian pinggirannya agak keras. Yang manis legit tentu saja di bagian tengah karena ada fla susu yang rasanya creamy banget. Semanis wingko babat yang merupakan oleh-oleh khas Semarang.

Adonan tepung dan susu dibakar dalam oven. Lalu dikemas dalam plastik satuan. Rasanya legit di tengah dan rasa polos tepung di pinggir. Secara keseluruhan teksturnya begitu lembut dan lumer di lidah. Rasa manis juga berpadu apik, sehingga tidak terasa terlalu manis menghentak.

Pie Susu termasuk salah satu oleh oleh makanan khas Bali yang menjadi favorit wisatawan. Selain pie susu original, ada juga pie susu dengan rasa beragam. Pie susu tersedia dalam berbagai topping seperti keju, almond, kismis dan choco chips.

Dilansir dari travel.kompas.com, ternyata ada banyak merek Pie Susu yang beredar di Bali. Tetapi merek yang paling terkenal adalah “Pie Susu Asli Enaaak” yang sudah ada sejak tahun 1989. Sesuai namanya, rasanya memang benar-benar enak. Agak susah mendapatkan Pie Susu merek ini di toko-toko bebas.

Toko pusatnya berada di Jalan Nangka Selatan Nomor 163, Denpasar. Namun, walau datang langsung, bukan jaminan Anda bisa langsung membelinya. Jika nekat langsung datang tanpa memesan, sebaiknya datang di pagi hari. Saat itu, masih ada beberapa stok Pie Susu yang tersedia. Kalau datang siang, sudah dipastikan stok Pie Susu sudah habis.

Cabang lainnya ada di Jalan Wahidin Nomor 35, Denpasar, dan Jalan Dewi Sri VIII Blok B-8, Pertokoan Kuta Plaza. Harga per kotak Rp 25.000 untuk isi 10 buah. Paling laku tentu saja rasa original. Pie Susu yang dibeli sebaiknya langsung dimasukkan ke kulkas agar awet dan bisa tahan hingga seminggu.

Selain, Pie Susu Asli “Enaaak”, pilihan merek lain bisa Pie Susu Dhian. Alamat pie susu dhian Bali berada di Jalan Nangka, tak jauh dari “Pie Susu Asli Enaak”. Nah, jika berlibur ke Bali, jangan lupa segera pesan Pie Susu sebelum kehabisan.

3. Oleh Oleh Khas Bali Krisna

Oleh-Oleh-Khas-Bali-Krisna
Oleh Oleh Khas Bali Krisna (Foto : travel.detik.com)

Ini dia pusat oleh-oleh khas Bali yang murah meriah dan paling lengkap, namanya Krisna. Pusat oleh-oleh Krisna buka 24 jam dan hanya berjarak 5 menit dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai. Keunikan toko ini adalah buka selama 24 jam. Jadi, Anda bisa datang kapan saja. Alamat Krisna Bali terletak di Jl Raya Tuban, Kuta, Bali.

Seperti yang diberitakan oleh detik Travel, berbagai jenis oleh-oleh dapat Anda temukan di Krisna. Mulai dari udeng, souvenir, aksesoris, kaos dengan kata-kata lucu, topi khas Bali, baju, tas, camilan khas Bali, kain Bali, hingga lukisan dapat Anda temukan di sana. Banyaknya pilihan dan jenis, akan membuat Anda bebas memilih oleh-oleh sesuai selera dan bujet.

Di bagian depan, ada banyak aneka jajanan khas Bali, seperti kacang, pie susu, macam-macam keripik, ceker garing dan bermacam kue kering. Tidak hanya itu, ada juga berbagai kopi khas Bali seperti kopi Kintamani, kopi Mangsi dan kopi Bali Spirit. Kopi yang ditawarkan pun ada 2 macam, yaitu bubuk dan biji kopi. Harga untuk sekantung kecil kopi pun bermacam-macam, dari Rp 10.500-100.000.

Di bagian belakang, terdapat ruangan besar berisikan kaus-kaus dengan kata-kata lucu. Harga oleh oleh khas Bali untuk kaos ini berkisar dari Rp 20.000-50.000 saja. Tentu saja, ada banyak motif dan warna. Dijamin, Anda tidak cukup membeli satu baju saja! Bermacam kain Bali pun tersedia di sini. Harganya dari Rp 30.000-Rp 90.000.

Selain kain, Di sini juga tersedia bermacam selimut dan bedcover. Motifnya pun menarik, ada motif tradisional khas Bali sampai gambar kartun jagoan anak-anak. Bukan hanya baju, macam-macam tas juga bisa ditemui di sana. Tas perca dari kain Bali dan batik, tas anyaman, dan tas model terkini menjadi stok di toko oleh-oleh ini.

Ada berbagai mainan anak-anak tradisional, alat musik tradisional dan aksesoris di sini. Anda bisa puas membeli centong kayu, ukulele, layangan sampai kalung mutiara. Ada juga aksesoris dari emas putih dan ukiran dari kaca. Ada juga gelas-gelas cantik dan pin-pin lucu. Di bagian kanan toko, terdapat area seni. Di sinilah berderet lukisan dengan bermacam bentuk dan tema ada di sana.

Krisna juga memiliki jasa pembungkusan dengan kardus. Dengan membayar Rp 5.000 per kardus, Anda bisa yakin barang belanjaan aman dari kerusakan. Saat ke Bali jangan lupa berkunjung ke Krisna. Dapatkan oleh-oleh yang bagus, lucu, dan unik di sana.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Di Bali Terbaru Yang Paling Bagus

4. Kacang Disco

Kacang-Disco
Kacang Disco (Foto : balijegeg.biz)

Tak mau kalah dengan oleh-oleh khas Bogor yang terkenal akan kacang Bogornya, Bali juga punya kacang lho. Kacang Disco termasuk salah satu camilan khas Bali yang tahan lama dan wajib dibeli sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga di rumah. Kacang disco adalah kacang tanah yang digoreng kering setelah sebelumnya dibalut adonan tepung dan bumbu. Kacang disco ini garing dan renyah saat dimakan.

Selain itu, kacang disco tersedia dalam berbagai rasa mulai dari manis, pedas-manis, barbeque sampai udang. Sama seperti pie susu, banyak sekali merek dagang kacang disco ini di Bali. Untuk membeli snack khas Bali ini, Anda bisa dengan mudah menemukannya di pusat oleh-oleh khas Bali.

Rasanya renyah dan teksturnya kriuk-kriuk banget. Kacang ini lebih enak kalau disantap rame-rame sambil ngobrol atau curhat-curhatan. Kacang disco ini bisa ludes dengan cepat tanpa kamu sadari. Harga kacang disco per box biasanya dibanderol dengan harga Rp. 25.000,-.

5. Pia Legong Dan Pia Eiji

Pia Legong
Pia Legong (Foto : laurentiadewi.com)

Selain Pie Susu, ada satu lagi oleh oleh makanan khas Bali yang terkenal dan tahan lama, namanya Pia Legong. Makanan ringan khas Bali ini dibuat tanpa menggunakan mesin dan hanya dalam jumlah terbatas untuk menjaga kualitas rasa. Tersedia sedikitnya tiga varian rasa yaitu keju, cokelat dan kacang hijau.

Rasanya yang enak dan kulitnya yang renyah tidak keras, membuat kue ini banyak diburu oleh wisatawan. Harga Pia Legong Bali sekitar Rp. 90.000,- per dosnya (isinya sekitar 8 buah). Lokasi dan alamat Pia Legong terletak di Jl. By pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15 Kuta, Bali.

Oya, bagi Anda penggemar kue pia, saya ingin sedikit memberikan info tentang kue pia yang enak selain pia Legong ini. Ada 2 pia lain yang perlu Anda coba yaitu pia Mangkok yang merupakan andalan oleh-oleh khas Malang dan bakpia pathuk ikonnya kuliner Jogja. Untuk bakpia Jogja yang enak dan recommended adalah bakpia pathuk 25, 75, kurniasari, dan bakpia pojok.

Selain Pia Legong, ada juga Pia Eiji yang cukup terkenal dengan cita rasa enak. Varian isi / rasanya ada coklat, kacang hijau, dan keju. Anda bisa membeli Pia Eiji dibeberapa outletnya di Jl. Raya Kuta No.93a, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jl. Bedahulu VII No.7, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali, dan Jl. By Pass Ngurah Rai No.39, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

6. Kopi Kintamani

Kopi-Kintamani
Ilustrasi Kopi Kintamani (Foto : pegipegi.com)

Bali juga terkenal akan minuman khas-nya yang berupa kopi. Namanya kopi Kintamani. Kopi Kintamani ini termasuk salah satu biji kopi dengan kualitas terbaik di Indonesia. Bersama kopi Gayo dan kopi Flores, kopi Kintamani mendapatkan sertifikat Geographical Indication yang artinya kopi ini telah memenuhi standar kopi internasional.

Kopi Kintamani memiliki rasa unik yang tak bisa Anda temukan di kopi lain. Dengan sistem perkebunan tumpang sari, pohon kopi berada di lahan berundak bersama tanaman lain seperti jeruk, kakao dan beragam sayuran. Hal ini membuat rasa kopi Kintamani sedikit asam karena bercampur dengan aroma jeruk.

Kopi Kintamani adalah oleh-oleh khas bali yang wajib dibeli bagi para penggemar kopi. Kopi ini dapat ditemukan di banyak pusat oleh-oleh khas Bali. Namun jika ingin membeli dan melihat langsung proses pengolahan kopi secara tradisional, silakan datang ke kawasan Kintamani, Bali.

7. Salak Bali

Salak-Gula-Pasir
Ilustrasi Salak Gula Pasir Bali (Foto : tribunnews.com)

Tak hanya Jogja yang terkenal dengan salak pondohnya, Bali juga terkenal akan salak Balinya yang sering diburu para wisatawan untuk oleh-oleh. Ada 2 jenis salak Bali yang dapat Anda bawa pulang yaitu salak biasa (rasanya asem kecut dengan tektur isi daging buah yang tebal) dan salak gula pasir (rasanya manis, tektur isi daging buah lebih tipis dari salak bali biasa).

Salak gula pasir adalah kultivar salak Bali. Seperti namanya, salak ini paling manis dibanding dua jenis salak lainnya meski ukurannya paling mungil. Bentuknya agak bulat dan terdapat semacam duri-duri kecil pada kulitnya. Biasanya salak Bali diijual dalam kemasan berupa besek yang isinya 5 kg.

Musim salak gula pasir sekitar bulan Februari. Jika sedang musim, harga per kilogram dengan isi sekitar 18 buah salak Rp 13.000-25.000. Namun kalau sedang tak musim, harganya bisa mencapai Rp 60.000-90.000/kg.

Di pasar Sindhu, Sanur, Denpasar, jika sedang tak musim salak gula pasir bisa dipesan dua hari sebelumnya. Namun, Anda juga bisa langsung membelinya di toko-toko oleh-oleh di Bandara Internasional Ngurah Rai dengan harga Rp 80.000 per bungkus ukuran 900 gram.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

8. Nasi Jinggo

Nasi-Jinggo-Bali
Nasi Jinggo (Foto : kuliner-ilmci.com)

Ini dia makanan khas Bali yang murah meriah, namanya nasi Jinggo. Nasi ini ukurannya mirip dengan nasi kucing khas angkringan Jogja, hanya sekepalan orang dewasa. Nasi Jinggo biasanya dibungkus dengan daun pisang dan sambalnya super pedas.

Lauk pauknya umumnya terdiri atas daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Harganya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 3.000,- s/d Rp. 5.000,-. Apabila Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh, sebaiknya beli ketika masih hangat (baru masak) dan Anda menggunakan mode transportasi pesawat agar cepat sampai di tujuan sehingga nasinya tidak basi.

9. Bali Home Spa

Bali-Home-Spa
Bali Home Spa (Foto : anekatempatwisata.com)

Nah, kalau oleh-oleh khas Bali yang satu ini cocok sekali diberikan bagi kaum hawa. Produk home spa dari Bali akan membuat siapa pun bisa melakukan spa sendiri di rumah, tanpa perlu repot-repot datang ke salon perawatan tubuh.

Produk home spa khas Bali tersedia dalam berbagai merek, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk varian produk, selain body butter dan body scrub, tersedia juga body mist dan shampo. Produk-produk ini dapat Anda temukan di pusat oleh-oleh khas Bali dan juga pusat perbelanjaan seperti Discovery Mall.

10. Kain Dan Baju Bali

Baju-Bali
Baju Bali (Foto : grosirbajubali.wordpress.com)

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Bali selain makanan, Anda bisa mencoba membeli kain dan baju Bali. Kain Bali menjadi salah satu favorit yang wajib dibeli untuk oleh-oleh. Kain Bali ini juga adem dipakainya. Biasanya dipakai saat di Pantai, dililitkan sebagai rok, bisa juga dibuat syal atau selimut.

Baju Bali juga terkenal dan banyak dipajang di toko pusat oleh-oleh atau di pasar Sukowati. Nyaman banget buat dipake di rumah. Harganya pun relatif murah terjangkau lho.

11. Batik Bali

Batik-Bali
Batik Bali (Foto : wadezig.com)

Ternyata, Bali juga punya batik yang tak kalah bagus dengan batik oleh-oleh khas Jogja dan Solo. Bagi Anda yang akan berburu batik khas Bali, mampir saja ke Batik Galuh Bali yang berada di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati.

Ditempat ini, Anda tak hanya bisa membeli produknya. Anda bisa melihat proses pembuatan kain batik bahkan juga ikut belajar membatik. Selain dijual dalam bentuk kain lembaran, batik di sini juga dijual dalam bentuk produk jadi seperti gaun, kemeja dan tas.

12. Kerajinan Perak Celuk Bali

Kerajinan Perak Celuk Bali
Kerajinan Perak Celuk Bali (Foto : ksmtour.com)

Tak hanya kota Gede jogja yang terkenal akan kerajinan peraknya. Bali, khususnya Desa Celuk juga dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan perak terbaik sejak tahun 1976, bahkan semakin dikenal oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Kerajinan perak khas Desa Celuk ini sangat beragam bentuk dan jenisnya mulai dari perhiasan, patung sampai sendok dan garpu.

Jika tak punya waktu untuk berkunjung secara langsung ke Desa Celuk, Anda tak perlu khawatir. Kerajinan perak ini juga bisa Anda dapatkan di pasar seni yang tersebar di Bali seperti Pasar Sukawati dan juga kawasan Nusa Dua. Harganya tentu saja sesuai dengan kualitas barangnya.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Di Lombok Yang Paling Menarik Dan Terkenal

13. Kerajinan Manik-manik Bali

Kerajinan-Manik-manik-Bali
Kerajinan Manik-manik Bali (Foto : anekatempatwisata.com)

Setelah kerajinan peraknya yang sangat cantik, Bali juga punya souvenir khas Bali lainnya yang berupa kerajinan manik-manik yang beragam dan tak kalah cantik. Dengan kreatifitasnya, warga Bali mampu menciptakan berbagai aksesoris manis dari manik-manik seperti kalung dan gelang.

Selain aksesoris tubuh, manik-manik juga bisa disulap menjadi pouch cantik yang bisa menjadi hadiah manis untuk sahabat Anda di kota asal. Tak sulit menemukan kerajinan manik-manik ini di Bali. Anda bisa membelinya di hampir semua pasar yang terdapat di Pulau Dewata ini. Selain itu, oleh-oleh ini juga banyak dijajakan berkeliling di banyak tempat wisata di Bali.

14. Mukena Bali

Mukena Bali
Mukena Bali (Foto : grosirrumahan.com)

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa Bali ternyata salah satu penghasil mukena. Biarpun mayoritas masyarakat Bali beragama Hindu tetapi ada juga sentra pembuatan mukena Bali yang begitu tersohor. Bahan yang dipakai dari rayon halus dan adem banget saat dikenakan.

Corak dan warnanya yang bermacam-macam tentu bisa bikin Anda mendapatkan mukena favorit. Menjelang lebaran, produsen mukena di Bali kebanjiran order dan bahkan nggak sanggup untuk menambah pesanan. Tapi kalau hari biasa, akan jauh lebih mudah buat wisatawan untuk menemukan oleh-oleh khas Bali yang satu ini.

15. Aneka Kerajinan Tangan Khas Bali

Kerajinan Tangan Khas Bali
Kerajinan Tangan Khas Bali (Foto : sakinah.tv)

Bali memang dikenal sebagai gudangnya kerajinan. Ada berbagai hasil kerajinan khas Bali yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat dirumah. Diantaranya dalam bentuk tempat lilin, gantungan kunci, lukisan, seni ukir, topeng, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan kerajinan ini tersedia di pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Sukawati serta daerah di Nusa Dua. Biasanya di sekitar objek wisata pantai di Bali juga banyak pedagang yang menjajakan gantungan kunci, dll. Jangan lupa nawar ya, siapa tahu dapat harga yang special murah.

16. Cokelat Khas Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ๐Ÿซ๐Ÿ…Indonesia’s Award-Winning (@krakakoa) pada

Tak kalah dengan Jogja yang punya Cokelat Monggo, Bali pun memiliki sejumlah olahan cokelat lokal berkualitas premium. Selain bisa membawa pulang cokelat sebagai oleh-oleh, beberapa rumah produksi cokelat enak di Bali juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat proses pembuatannya. Asyik, bukan?

Beberapa produk coklat lokal yang terkenal di Bali antara lain :

  • Ubud Raw Chocolate Factory, Jl. Raya Sayan No.74, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam buka pukul 10.00 – 17.00 (Minggu tutup).
  • Pod Chocolate Factory & Cafe, Jl. Tukad Ayung, Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali.
    Sorga Chocolate, Jl.Pura mastima, Jasri Kelod, Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Jam buka pukul 08.00 – 17.00.
  • Heavenly Chocolate Bali, Perum Taman Wira Umadui no. C15, Padangsambian Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali. Jam buka pukul 11.00 – 20.00 (Minggu tutup).

Namun, bagi Anda yang muslim, sebaiknya hati-hati karena tidak semua cokelat tersebut mempunyai sertifikat halal dari MUI. Oleh karena itu, pilihlah cokelat halal untuk dibawa pulang sebagai buah tangan agar lebih berkah. Anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada pemiliknya dan lihatlah sertifikat halal atau logo halal dari MUI pada bungkusnya.

17. Kacang Asin

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pia legong Bali & Pie Susu (@pialegong.id) pada

Ngomongin kacang asin, ingatan saya langsung tertuju pada kacang Bogares yang merupakan ikon oleh-oleh khas Tegal. Cita rasanya sungguh lezat dan gurih, tak ada duanya. Namun, setelah berkeliling Indonesia, ternyata ada juga kacang asin lainnya dengan cita rasa tak kalah enak. Satu diantaranya adalah kacang asin khas Bali.

Tekstur kacang asin dari Bali ini terbilang renyah bercita rasa asin gurih dengan ukuran besar-besar. Ada beberapa merek kacang asin Bali, tapi kacang asin yang terkenal adalah Kacang Asin Rahayu. Kacang ini dikemas dalam berbagai ukuran dan harga, mulai dari 50 gram, 200 gram, 400 gram, hingga 800 gram. Selain harganya murah, daya tahan kacang ini pun cukup lama sehingga cocok buat oleh-oleh khas Bali.

18. Kerupuk Ceker Ayam

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Oleh-Oleh Khas Bali (@blioleholehbali) pada

Satu lagi camilan kering bercita rasa enak yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bali yaitu Kerupuk Ceker Ayam atau Kerupuk Kaki Ayam. Makanan khas Bali ini terbuat dari kaki ayam (baca : ceker) lalu diolah memakai bumbu rempah tradisional, minyak nabati, dan garam. Teksturnya renyah bercita rasa asin gurih. Harga sebungkus Kerupuk Ceker Ayam (200 gram) dibanderol sekitar 75 ribu rupiah.

19. Tas Rotan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh RATTAN BAG BALI (@tasrotanbali) pada

Tas rotan cukup terkenal sebagai salah satu souvenir khas Bali favorit wisatawan. Bentuknya yang unik dan artistik, membuat tas dari anyaman rotan ini disukai para wanita. Apalagi tas rotan ramah lingkungan, nyaman dipakai, serta tahan cuaca. Range harganya sekitar 150 – 300 ribu rupiah per tas.

Ada berbagai bentuk tas rotan seperti bulat, persegi, segi lima, dan segi enam dengan motif berbeda-beda. Model tas rotan paling digemari biasanya berbentuk bulat motif bunga, motif polos, warna cokelat muda, atau bentuk setengah lingkaran. Untuk membeli tas rotan, Anda bisa mencarinya di Pasar Sukawati, Pasar Seni Ubud (Ubud Art Market), Desa Penglipuran, dan berbagai pusat oleh-oleh khas Bali.

20. Lukisan Khas Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kresna Ayu Painting (@kresnaayupainting) pada

Bali dikenal sebagai surganya kesenian dan budaya, satu diantaranya adalah karya seni berupa lukisan. Ada cukup banyak galeri kesenian di Bali yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati berbagai karya seniman terkenal. Tak hanya sekedar melihat, Anda bisa juga lho membawa pulang lukisan khas Bali sebagai kenang-kenangan maupun oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Beberapa rekomendasi galeri lukisan yang bisa dikunjungi untuk membeli lukisan antara lain Oxel Art Painting, Reservo Art Gallery, Adipati Soeryo Art Gallery, dan Nyoman Jendra. Sebelum membeli lukisan, Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu bahan yang digunakan. Hal ini berkaitan dengan perawatan serta data tahan lukisan tersebut.

21. Layang-Layang

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh pelayangbali_official (@pelayangbali_official) pada

Layang-layang cukup popoler dikalangan warga Bali, bahkan ada banyak festival layang-layang di sana. Tak begitu sulit mendapatkan layangan Bali, beberapa toko oleh-oleh di sekitar tempat wisata biasanya menjualnya sebagai souvenir. Range harga sekitar 40-an ribu rupiah. Ada 4 jenis layang-layang khas Bali yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan, antara lain :

  • Layangan Bebean, bentuk menyerupai ikan.
  • Layangan Jangan, bentuk seperti naga memanjang.
  • Layangan Pecuk, bentuk mirip daun.
  • Layangan Kreasi, bentuk bebas sesuai kreasi si pembuat, seperti orang naik motor, kapal phinisi, dan lainnya.

22. Hot Mama Sambal

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hot Mama Sambal (@hotmamasambal) pada

Buat Anda pecinta pedas, Hot Mama Sambal sepertinya menjadi oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli. Cita rasanya sungguh enak, pedasnya nampol banget! Sambalnya dikemas dalam plastik dan botol kaca dengan berbagai macam varian / jenis sambal seperti sambal ebi, sambal bawang, dan sambal roa.

Ada juga sambal bongkot yang mirip sambal matah tapi memakai kecombrang, bawang putih, dan cabai. Range harga dibanderol sekitar 40-an ribu rupiah ke atas. Lokasi / alamat Hot Mama Sambal terletak di Jl. Suweta No.42, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam buka pukul 10.00 – 17.00 (Kamis Tutup).

23. Batu Batu Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Batu-Batu (@batu2bali) pada

Bukan hanya dikenal akan kerajinan perak dan emasnya, Bali juga punya olahan batu mulia yang unik dan cantik. Coba deh Anda datang ke Toko Batu Batu di Jl. Raya Ubud No.18, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Di sana, Anda akan disuguhi berbagai macam batu alam antik dari Indonesia maupun luar negeri.

Batuan-batuan tersebut bisa dijadikan hiasan pada cincin, anting, kalung, atau gelang. Contoh batuan unik dari Batu Batu Bali berupa batu Green Opal untuk kesehatan dan batu air dimana di dalamnya terdapat gelembung udara serta air. Keren banget, bukan? Jam buka Toko Batu Batu Bali mulai pukul 09.00 – 21.00. Range harga sebesar 50 ribu rupiah ke atas.

24. Bali Banana

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Best Banana Cake In Town ๐ŸŒ๐ŸŒ (@bali.banana) pada

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Bali berupa makanan kekinian, maka Bali Banana bisa menjadi alternatif pilihan. Sesuai namanya, kue ini berupa bolu pisang dengan tekstur lembut dan lumer di mulut. Tak kalah enak bila dibandingkan kue-kue artis yang lagi hits.

Ada 4 varian rasa kue Bali Banana, yaitu original, choco banana (cokelat pisang), blueberry, dan cheese (keju). Range harga dibenderol 40 – 45 ribu rupiah per kotaknya. Lokasi Bali Banana berada di Jl. Dewi Sri No.45 B, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Jam buka pukul 09.00 – 21.00.

25. ArtCycle Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ARTcycleBali (@artcyclebali) pada

Mungkin bagi sebagian orang, ban bekas hanyalah sampah biasa yang tak terlalu berguna. Tapi, ditangan-tangan orang kreatif dari ArtCycle Bali, ban-ban bekas bisa disulap menjadi barang unik dan cantik yang bermanfaat seperti tas dan aksesoris (gelang, kalung, atau anting).

Apakah Anda tertarik untuk membeli produk / karya kerajinan dari ArtCycle Bali buat oleh-oleh? Jika iya, Anda bisa langsung datang ke toko ArtCycle Bali di Jl. Goutama Sel., Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00.

26. Threads of Life

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Threads of Life Textiles (@threadsoflifebali) pada

Threads of Life merupakan sebuah lembaga yang mengumpulkan berbagai produk kerajinan lokal berupa kain tenun dari para pengrajin perempuan di berbagai daerah Indonesia. Berbagai kain tradisional berbahan alami dapat Anda temukan di toko galeri Threads of Life. Motif produk tekstilnya unik, Anda bisa mencari kain khas Bali sebagai oleh-oleh orang tercinta di rumah.

Dengan membeli produk dari Threads of Life, Anda berarti secara tidak langsung telah ikut membantu para pengrajin perempuan dari berbagai daerah. Lokasi / alamat Threads of Life terletak di Jl. Kajeng No.24, Ubud, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam buka pukul 10.00 – 19.00.

27. Ikat Kepala Khas Bali (Udeng)

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Reseller Erimarebangun (@distro_udeng_bali) pada

Setiap daerah di Indonesia punya pakaian tradisional yang khas dan unik, termasuk Bali. Saat berkunjung ke Bali, Anda akan melihat sebagian besar kaum pria di sana memakai ikat kepala. Nah, ikat kepala khas Bali tersebut bernama udeng.

Udeng biasanya dipakai pada saat upacara adat, pertemuan tradisional, kegiatan keagamaan, dan kadang juga digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Cukup mudah menemukan udeng di Bali, pada setiap objek wisata biasanya banyak ditemukan penjual udeng yang ditawarkan sebagai oleh-oleh khas Bali.

28. Kebaya Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KEBAYA BALI. KUTUBARU. ALPAKA (@chika_kebayabali_murah) pada

Jika laki-laki punya udeng sebagai pakaian khas, maka para kaum wanita di Bali memiliki kebaya sebagai pakain adat. Kebaya khas Bali terbuat dari kain brokat dan katun sehingga nyaman dipakai. Motifnya pun terbilang cantik berupa bunga teratai atau bulat.

Ditambah lagi dengan pemilihan warna cerah seperti putih, merah, oranye, maupun kuning sehingga membuat pemakainya tampak lebih anggun. Untuk membeli kebaya Bali sebagai oleh-oleh, Anda bisa mengunjungi berbagai pasar tradisional dan pusat / toko oleh-oleh.

29. Seni Ukir Khas Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Baliexclusivo.com (@baliexclusivo) pada

Ada cukup banyak produk kerajinan khas Bali yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Satu diantaranya adalah karya seni ukir / pahat. Hasil pahatan (baca : ukiran) tangan-tangan terampil para pengrajin dari Bali dikenal sangat indah dan memiliki nilai seni tinggi. Motifnya terbilang rumit sehingga membutuhkan ketelitian tinggi. Tak heran, jika harganya menembus jutaan rupiah.

Ada 2 jenis bahan yang biasanya digunakan yaitu kayu dan batu. Untuk seni ukir kayu, kualitas kayu sangat diperhatikan oleh para pengrajin. Mereka selalu memakai kayu berkualitas asli yang tak perlu diragukan lagi seperti kayu jati. Contoh produk ukiran kayu berupa patung, topeng, hiasan dinding, replika flora / fauna, tokoh kartun, dan lainnya.

30. Gamelan Mini

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh mainankayu_debeshop (@mainankayu_debeshop) pada

Ingin mengenalkan alat musik tradisional kepada anak-anak sejak dini? Coba deh, bawain mereka oleh-oleh gamelan mini dari Bali. Sesuai namanya, gamelan ini memiliki ukuran kecil, tapi dengan nada-nada yang mirip seperti gamelan asli. Saat dipukul, gamelan akan mengeluarkan suara tang ting tung tong teng. Harga satu setnya sekitar 45 ribu-an rupiah.

31. Kerajinan Batok Kelapa

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yayan Sutisna (@y_sutisna) pada

Selain digunakan sebagai bahan bakar atau pembuatan arang, batok kelapa ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan unik yang bermanfaat. Misalnya piring, mangkok, kendi, nampan, asbak, wadah hiasan, dan sebagainya. Saat liburan ke Bali, sempatkanlan untuk membeli kerajinan batok kelapa sebagai oleh-oleh / buah tangan. Harganya murah lho, sekitar 10 ribu-an rupiah ke atas.

32. Kotak Kayu Pandora

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Shirley Valentina (@shirleyvalen) pada

Bingung mencari oleh-oleh khas Bali untuk anak-anak? Belikan saja Kotak Kayu Pandora yang memiliki berbagai bentuk mulai dari kura-kura, kepiting, kupu-kupu, hingga apel. Kotak kayu tersebut bisa digunakan sebagai kotak penyimpanan barang sekaligus bermain puzzle menyusun kembali bagian-bagiannya. Putra-putri Anda tentu akan senang!

Untuk mendapatkan Kotak Kayu Pandora, Anda dapat mengunjungi Pasar Seni Sukawati di Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam buka pukul 06.00 – 18.00. Anda bisa juga menyusuri warung-warung souvenir di kawasan Campuhan Ridge Walk, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

33. Topeng Ukir Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mahendra Adiyasa I Kadek (@mahendraadiyasa) pada

Tak perlu diragukan lagi, Pulau Bali merupakan tempat pengukir terbaik di Indonesia. Salah satu hasil karya mereka yang bisa dibawa buat oleh-oleh adalah topeng ukir. Untuk melihat aneka jenis topeng khas Bali, Anda bisa datang langsung ke Astina Mask Gallery di Jl. Raya Mas, Banjar Batanancak, Mas, Ubud, Bali, Indonesia.

34. Lapis Legit Harum Bali

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Harum Cake & Cookies Bali (@harumcake) pada

Sesuai namanya, kue lapis ini memiliki cita rasa enak dengan manis yang pas, teksturnya lembut, dan aroma wanginya begitu menggugah selera. Jika kue lapis biasanya berbentuk kotak panjang, tapi lain halnya dengan Lapis Legit Harum Bali, bentuknya bundar dan persegi. Varian rasanya antara lain original, pandan, prunes, choco cheese (cokelat keju), green tea, chocolate (cokelat), dan lainnya.

Kabarnya, kue lapis kekinian khas Bali ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman dan sehat dikonsumsi. Selain lapis legit, tersedia juga roll cake yang tak kalah lezat. Range harga 170 – 225 ribu rupiah tergantung varian rasanya. Lokasi / alamat toko Lapis Legit Harum Bali terletak di Jl. Kediri No.9, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Jam buka pukul 08.00 – 20.00.

35. Djamoekoe

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ubud Food Festival (@ubudfoodfest) pada

Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia yang sangat populer. Umumnya, para penjual jamu berada di Pulau Jawa, tapi ternyata di Bali juga ada produk jamu lho, yaitu Djamoekoe. Varian jamunya antara lain Kunyit Asem, Coco Detox, Coco Loe, dan Mr Turbo.

Produk jamu tersebut bisa Anda dapatkan di toko Djamoekoe, Jl. Made Lebah No.4, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam buka pukul 08.00 – 20.00. Range harga sekitar 40 ribu rupiah.

36. Burat Wangi

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hanita Fatmawati (@doulahanita) pada

Sabun mandi home made bernama Burat Wangi bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Bali berikutnya buat Anda saat liburan. Terbuat dari ekstrak kelapa, sabun ini membuat kulit menjadi lebih lembab dan lembut. Varian aromanya pun beragam, ada jeruk, madu, serta lainnya. Untuk membelinya, Anda bisa langsung ke toko Burat Wangi di Jl. Gn. Sari No.9, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

37. Kara Home Living

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh WE SHIP WORLWIDE (@karahomelivingstore) pada

Jika Jogja punya naturalan, maka Bali ada Kara Home Living sebagai sentra kerajinan home decor unik dan cantik. Berbagai produk aksesoris untuk mempercantik ruangan rumah Anda tersedia di sana, mulai dari karpet, hiasan dinding, keranjang, penutup lampu, dan sebagainya.

Selain produk home decor, ada juga barang-barang anyaman dari bahan alami lain seperti topi, tas, dan clutch. Apakah Anda tertarik? Jika iya, Anda bisa datang langsung ke toko Kara Home Living Store di Jl. Gn. Tangkuban Perahu No.7, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Jam buka pukul 09.00 – 17.00 (Minggu Tutup).

Nah, itu dia daftar oleh2 khas Bali yang dapat Anda beli ketika liburan di pulau ini. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget dan selera orang yang akan Anda kasih. Bagi sobat traveler yang punya info tentang oleh-oleh khas Bali yang murah dan tahan lama lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

1 COMMENT

  1. Dulu sempet cari oleh oleh di bali, pas lewat bandara ada tempat baru namanya the keranjang bali. Mungkin bisa jadi referensi baru nih buat yang lain yg biasanya ke krisna, pasar tradisional atau yang bosen oleh oleh makanan2 terus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here