Pusat Info Wisata Terlengkap

Tempat Wisata Di Semarang Untuk Libur Lebaran

0 36

Tempat Wisata Di Semarang – Libur lebaran di Semarang? Tidak usah kuatir, ada banyak tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk dikunjungi saat liburan. Objek wisata yang lama bisa menjadi obat kangen dengan Semarang, sedangkan objek wisata di Semarang yang baru bikin libur Lebaran makin seru.

Dari Kota Lama yang selalu bikin kangen, hingga Banjir Kanal Barat yang kini sudah disulap jadi tempat nongkrong keren, semua bisa ditemukan di Semarang. Dilansir dari detikTravel dan berbagai sumber, simak 5 daftar tempat wisata di Semarang yang asyik dikunjungi ketika pulang ke Semarang.

1. Waduk Jatibarang & Gua Kreo

Waduk Jatibarang & Gua Kreo adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : yasiryafiat.wordpress.com)
Waduk Jatibarang & Gua Kreo adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : yasiryafiat.wordpress.com)

Di pinggir Kota Semarang, ada objek wisata Waduk Jatibarang yang sedang ngehits. Waduk ini ada di perbukitan Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Waduk Jatibarang diresmikan bulan Mei 2014 dan berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Tak kalah indah dengan waduk Gajah Mungkur di Wonogiri dan waduk Cacaban di Tegal.

Waduk Jatibarang dibuat mengelilingi Gua Kreo, sebuah petilasan Sunan Kalijaga dan gua alami yang lebih dahulu dikenal wisatawan. Karena dikelilingi waduk buatan, jadilah gua ini terlihat seperti pulau kecil.

Wisatawan yang ingin masuk ke gua bisa menyeberangi jembatan berwarna merah, yang juga menjadi tempat foto favorit turis. Anda juga bisa bermain dengan monyet-monyet ekor panjang di kawasan Waduk Jatibarang dan Gua Kreo ini.

Biaya tiket masuk ke tempat wisata di Semarang ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 4 ribu. Selain foto-foto dan main bersama monyet, Anda bisa menyingkir sejenak dari udara panas Semarang dan menikmati rimbunnya pepohonan, serta suasana menyejukkan di sekitar waduk.

2. Bukit Rong

Bukit Rong adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : travel.detik.com)
Bukit Rong adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : travel.detik.com)

Semarang terlihat begitu indah jika dilihat dari ketinggian. Tak hanya di Gombel, ada juga Bukit Rong, salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik untuk melihat pemandangan Kota Lumpia ini dari tempat tinggi. Bukit ini ada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang dan tingginya mencapai sekitar 998 mdpl.

Di puncak bukit tersedia semacam aula berwarna putih dan gazebo yang bisa disinggahi pengunjung. Dari puncak terlihat alam hijau Semarang serta daerah di sekitarnya. Gunung Telomoyo dan Merbabu pun terlihat dari kejauhan.

Fasilitas di tempat wisata Semarang ini juga tergolong lengkap. Toilet, tempat untuk salat, kios makanan dan area kemping sudah tersedia di bukit ini. Wisata pun jadi lebih nyaman.

3. Banjir Kanal Barat

Banjir Kanal Barat adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : dotsemarang.com)
Banjir Kanal Barat adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : dotsemarang.com)

Jika sebelumnya hanya berfungsi sebagai pencegah banjir, kini Banjir Kanal Barat telah dipercantik dan jadi tempat nongkrong di Semarang untuk anak muda. Tempatnya yang luas, indah dan bersih, bikin pengunjung betah berlama-lama di Banjir Kanal Barat. Biasanya tempat wisata di Semarang ini mulai ramai sejak sore hingga malam hari.

Suasana sejuk ditambah dengan kelap kelip lampu jembatan dan bangunan di sekitar, menambah kecantikan banjir kanal. Pada ulang tahun Semarang, akan ada Festival Banjir Kanal Barat sekitar bulan Mei. Dimana akan ada ribuan lampion yang diterbangkan pengunjung dari Banjir Kanal Barat ini. Pas banget buat menikmati wisata Semarang.

4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : mangkoko.com)
Umbul Sidomukti adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : mangkoko.com)

Momen liburan Lebaran biasanya dimanfaatkan untuk pergi ke tempat wisata bareng keluarga. Nah, Umbul Sidomukti di Bandungan, Semarang menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang cocok didatangi bersama keluarga. Alamnya begitu asri dan banyak pilihan aktivitas buat anak muda hingga orang dewasa.

Selama di Umbul Sidomukti, wisatawan bisa kemping, outbound, berenang atau hanya duduk-duduk menikmati alam sekitar yang tampak asri. Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl pun membuat udaranya cukup dingin, beda dengan cuaca di Semarang bawah yang seringkali panas.

Kolam renang di tempat wisata ini begitu spesial. Anda bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami dengan ketinggian 1.200 mdpl. Pemandangan di pinggir kolam tampak begitu indah dan bikin tak mau pulang! Tak kalah bagus dengan aneka pemandian alami di kawasan wisata Garut Jawa Barat.

Baca Juga : 16 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Murah Dan Tahan Lama

5. Kota Lama

Kota Lama adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : deviantart.com)
Kota Lama adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi libur lebaran (Foto : deviantart.com)

Wisata Semarang berikutnya adalah kawasan Kota Lama yang akan membuat Anda serasa kembali ke masa lalu. Tempat wisata di Semarang yang dijuluki ‘Little Netherland’ ini dipenuhi berbagai bangunan kuno khas Eropa yang didirikan pada masa penjajahan Belanda. Mirip seperti ikon wisata Jakarta yang bernama Kota Tua.

Bangunan di Kota Lama masih banyak yang berdiri tegak walaupun usianya mendacapai ratusan tahun. Salah satu bangunan yang terkenal adalah Gereja Blenduk, yang letaknya di sebelah Taman Srigunting. Gereja itu masih berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini.

Stasiun Tawang, Kantor Pos, Gedung Spiegel dan bangunan lain di Kota Lama bisa dinikmati dengan jalan kaki, naik kendaraan pribadi atau bus wisata Semarjawi. Tinggal pilih saja sesuai selera Anda.

6. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo (Foto : infojalanjalan.com)

Tak hanya kawasan wisata Jogja dan pariwisata Magelang yang kaya akan candi, Kota Semarang dan sekitarnya juga punya candi yang tak kalah bagus dan keren. Namanya Candi Gedong Songo yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menuju ke Candi Gedong Songo, dari arah Yogyakarta atau Semarang ambil rute menuju Ambarawa, lalu ambil arah yang menuju objek wisata Bandungan dengan jalan yang lumayan ekstrim tanjakannya. Dari bandungan sekitar 10 menit menuju ke Candi Gedong Songonya.

Gedong Songo berarti 9 gedung karena jumlah candinya ada 9. Candi ini berada di daerah yang berhawa sejuk, dataran tinggi dan di lereng Gunung Ungaran yang menawarkan pemandangan indah dengan udara segar, jauh dari polusi.

Dengan panorama yang indah, hawa sejuk, dan fasilitas yang relatif lengkap, menjadikan candi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur dan akhir pekan. Tak ayal, Candi Gedong Songo pun masuk dalam daftar tempat wisata di Semarang yang bagus dan terkenal.

Di komplek candi ini cocok untuk dijadikan area hiking atau jalan santai menyusuri bukit dan lembah. Sambil kita melihat kesembilan candi yang letaknya berpencar-pencar satu sama lain. Lokasi antara candi satu dengan candi yang lainnya tidak berdekatan sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk menempuh jarak ratusan meter agar bisa melihat keseluruhan candi-candi yang ada.

Tapi jangan khawatir jika kita letih, ada kuda yang bisa disewa untuk meng-explore komplek candi ini. Di dalam komplek Candi Gedong Songo ini ada juga sumber air panas yang mengandung belerang. Di mana bagi yang suka berendam air panas bisa memanfaatkan pemandian belerang di sini.

Harga tiket masuk Candi Gedong Songo pada hari biasa untuk wisatawan lokasl adalah Rp. 6000,- dan Rp. 50.000,- untuk wisatawan asing.

7. Toko Oen

Es Krim Toko Oen Semarang
Es Krim Toko Oen Semarang (Foto : hellosemarang.com)

Liburan di Semarang tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi anek kuliner khasnya bukan? Nah, salah satu tempat makan yang wajib Anda kunjungi saat di Kota Lumpia adalah Toko Oen. Bagi Anda para penggemar eskrim, pasti mengenal Toko Oen.

Toko Oen memang sudah sangat melegenda dan identik sebagai salah satu ikon kuliner Malang. Namun tahukah Anda? Toko Oen juga punya kembaran di kota Semarang dengan nama yang sama. Rasanya boleh diadu!

Toko Oen Semarang terletak di Jalan Pemuda no 52, persis di depan pertokoan Sri Ratu. Tempat ini berdiri di kota Semarang sejak tahun 1936. Nuansa kolonial yang legendaris sangat terasa begitu Anda memasuki toko ini. Es krim homemade-nya yang enak dan lembut di lidah menjadi salah satu kuliner Semarang yang paling diburu wisatawan.

Di sini Anda bisa memilih berbagai varian es krim. Mulai dari es krim coklat, moka, vanilla, buah dan juga kopyor yang bisa didapatkan dengan harga Rp 14.000 – Rp 15.000. Ada juga es krim yang ditaburi sukade dan disajikan dengan slagroom seperti nesselrode room dan vruchten sorbet dengan harga Rp 17.500 – Rp 20.000.

Anda juga bisa mencicipi es krim potong tutti frutti dengan harga Rp 32.500. Dan jangan sampai lupa nyobain Oen’s Symphony, 5 scoop es krim dengan rasa yang berbeda, disajikan dengan slagroom dan katetong.

Selain es krim, ada juga menu makanan lain yang bisa Anda cobain. Misalnya : menu Italian food seperti spaghetti dan scallopin, European food seperti bestik dan wiener schnitzel atau menu makanan Indonesia seperti gado-gado dan tahu campur.

Nah, itu dia aneka tempat rekreasi menarik yang ada di kota Semarang dan sekitarnya. Bagus dan asyik bukan? Oya, bagi Anda yang punya info wisata tentang rekomendasi tempat wisata di Semarang untuk libur lebaran yang lainnya bisa share melalui kolom komentar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.