Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Dan Koleksi Museum Fatahillah Jakarta

744

Museum Fatahillah – Ingin tahu ada apa saja di Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta? Ini review lengkap dari mulai harga tiket masuk, daya tarik, benda koleksi sejarah, hingga tips cara menjelajahinya disertai dengan gambar / foto. Saat datang ke sini, Anda bakalan diajak menyusuri keberadaan jaman penjajahan Belanda dulu kala.

Siapa seh yang tak kenal dengan Museum Fatahillah? Salah satu ikon tempat wisata bagus di Jakarta ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur akhir pekan. Sebenarnya, nama resmi museum ini adalah Museum Sejarah Jakarta. Mungkin karena lokasinya terletak di Jalan Fatahillah dan untuk mengenang jasa Pahlawan Fatahillah sehingga lebih terkenal dengan sebutan Museum Fatahillah.

Museum Fatahillah Jakarta
Museum Fatahillah Jakarta (Foto : Ruth San)

Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Dan Koleksi Museum Fatahillah Jakarta

Bangunan Museum Fatahillah Jakarta sangat mudah dikenali sebab memiliki bentuk arsitektur khas bergaya Belanda. Konon kabarnya, Museum ini merupakan bekas kantor balai kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jendral Joan van Hoorn. Sudah tua banget ya gaes?

Daya Tarik Wisata Dan Koleksi Benda Sejarah Museum Fatahillah Jakarta

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Arif Luqman Hakim (@arifluqmanhakim) on

Bangunan Museum Fatahillah memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya mirip Istana Dam di Amsterdam, Belanda. Museum ini terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur – barat dan bangunan pendamping (baca : sanding) yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah sebagai penjara.

Diresmikan pada tanggal 30 Maret 1974, Museum Fatahillah kini menjadi ikon wisata Kota Tua Jakarta yang sangat populer. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi benda-benda sejarah peninggalan jaman penjajahan Belanda. Lantai satu berisi berbagai replika seperti prasasti, perahu, maket gedung dan perkakas senjata tradisional berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, di lantai dua diisi oleh beragam perabot rumah tangga seperti lemari, meja dan kursi yang digunakan semasa pemerintahan Hindia Belanda. Spot wisata lain yang asyik untuk dijelajahi adalah patung yang menggambarkan hukuman gantung pada masa pemerintahan Belanda, letaknya tak jauh dari pintu masuk.

Pada area taman belakang museum, terdapat ruangan bawah tanah yang konon dulunya berfungsi sebagai penjara. Di taman ini juga tersimpan Meriam Si Jagur dengan berat 3.5 ton dan panjang lebih dari 3 meter. Biasanya para pengunjung menjadikan meriam ini sebagai latar untuk berfoto.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Herlina Setyawati (@dhena_1911) on

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Museum Fatahillah Jakarta

Harga tiket masuk ke Museum Fatahillah terbilang sangat murah meriah yaitu sebesar 5 ribu rupiah (orang dewasa), 3 ribu rupiah (mahasiswa), dan 2 ribu rupiah (pelajar / anak-anak). Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB, kecuali hari Senin atau hari Libur Nasional tutup. Jadi, Anda jangan sampai salah hari dan jam kunjungan ya ketika liburan ke sini.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Museum Fatahillah Jakarta

Museum Fatahillah berlokasi di kawasan Kota Tua, tepatnya Jalan Taman Fatahillah No.1, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk cara berkunjung ke museum ini, Anda dapat memakai kendaraan umum atau pribadi.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa mengikuti rute jalan dengan naik TransJakarta koridor 1 rute Blok M – Kota. Anda bisa juga naik angkutan kecil yang melalui wilayah tersebut yaitu Mikrolet M12 jurusan Pasar Senen-Kota, M08 jurusan Tanah Abang-Kota, M15 jurusan Tanjung Priuk-Kota, dan Patas AC 79 jurusan Kampung Rambutan-kota.

Fasilitas Yang Tersedia Di Museum Fatahillah Jakarta

Tak kalah lengkap dengan beragam museum di Yogyakarta, Museum Fatahillah juga memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Di sini sudah tersedia area perpustakaan, kantin museum, souvenir shop, sinema Fatahillah, musholla, ruang pertemuan, pameran, taman, dan toilet.

Tips Berkunjung Ke Museum Fatahillah Jakarta

Mengunjungi sebuah museum, tentu tak semudah liburan ke objek wisata pada umumnya. Anda perlu memiliki tips wisata khusus agar bisa menjelajahi setiap sudut dalam museum. Berikut saya sampaikan trik sederhana agar Anda dapat menikmati sebagian besar koleksi Museum Fatahillah tanpa harus buang-buang waktu.

  • Datanglah saat cuaca cerah dan pagi hari. Bangunan depan museum ini lumayan instagramable untuk diabadikan, apalagi saat matahari sedang bersinar. Berkunjung pagi hari akan memberikan Anda banyak waktu dalam menikmati spot-spot bagus atau pun melihat barang koleksi museum.
  • Agar lebih seru dan asyik, datanglah secara rombongan bersama keluarga atau pun teman-teman.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan moment liburan Anda.
  • Pakailah baju kasual yang modis agar bisa leluasa bergerak dan tempak keren saat mengambil gambar / foto.
  • Bila Anda datang secara rombongan, pesanlah seorang pemandu kepada pengelola museum jauh-jauh hari. Pemandu museum akan memberikan penjelasan / informasi tentang rute kunjungan dan berbagai benda-benda sejarah di dalam museum.
  • Rute kunjungan bila tanpa tour guide / pemandu : ruangan sebelah kanan pintu masuk – lantai 1 ruangan prasasti – ruang perkakas – ruang replika kapal – ruangan sebelah kiri pintu masuk (berisi lukisan besar karya S.Sudjojono, replika gereja Belanda lama, replikas kelenteng, maket Kota Tua, senjata daerah, dan mimbar masjid tua) – taman belakang museum – lantai 2.
  • Berdoa dan siapkan perbekalan makanan, camilan, atau minuman.

Nah, itu dia sekilas informasi wisata tentang Museum Fatahillah Jakarta yang bisa dijadikan tempat liburan akhir pekan bersama keluarga. Apabila Anda ingin berbagi pengalaman saat mengunjungi museum tersebut, silahkan menuliskannya melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir ke blog ini, semoga bermanfaat.

Comments are closed.