10 Potret Keindahan Dan Keunikan Pantai Kuta Bali – Review Lengkap

Pantai Kuta Bali – Ada apa saja seh di Pantai Kuta Bali? Ini daftar potret keindahan dan keunikan yang wajib diexplore saat berkunjung ke sini. Lengkap dengan foto keren terbaru dari mulai hamparan pasir putih, sunset cantik, hotel, restoran, hingga wisata ekstrim “Bungee Jumping”.

Sebagai salah satu tempat wisata di Bali yang paling populer, pesona Pantai Kuta seolah tak pernah pudar. Hampir setiap hari, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh turis domestik maupun manca negara untuk sekedar jalan-jalan di atas pasir putihnya, atau pun berselancar sambil menunggu matahari terbenam.

Pantai Kuta Bali
Pantai Kuta Bali (Foto : Alex Victor)

Ingin tahu lebih jauh tentang daya tarik dan kegiatan / aktivitas menarik apa saja yang bisa dilakukan di sini? Yuk, simak review dari saya berikut ini. Belum sah lho kalau Anda jalan-jalan ke Pulau Dewata tanpa menyambangi pantai cantik yang satu ini.

Daftar Potret Keindahan Dan Keunikan Pantai Kuta Bali – Review Lengkap

1. Pasir Putih Bersih Dan Lembut

A post shared by good luck✨ (@miae_vv) on

Seperti halnya Pantai Bali pada umumnya yang punya pasir putih, Pantai Kuta pun demikian adanya. Hamparan pasir putihnya membentang sepanjang sekitar 5 km. Teksturnya halus dan bersih membuat siapapun betah berjalan atau pun berlari di atas pasir.

Pepohonan yang tumbuh di sekitarnya semakin membuat betah berlama-lama di sini lantaran bisa dijadikan tempat berteduh. Air lautnya tampak biru jernih kehijau-hijauan berpadu cantik dengan pasir putih serta tenda-tenda payung. Sungguh menyajikan pemandangan alam khas pantai yang begitu indah. Begitulah kira-kira deskripsi / gambaran singkat Pantai Kuta.

2. Ombak Besar Dan Panjang Cocok Untuk Surfing / Selancar

Ilustrasi berselancar surfing di Pantai Kuta
Ilustrasi berselancar / surfing di Pantai Kuta (Foto : Jordy Meow)

Pantai Kuta memiliki deburan ombak besar dan panjang sehingga sangat cocok untuk kegiatan selancar (surfing) baik bagi level pemula atau pun yang sudah ahli. Di sekitar pantai terdapat penyewaan papan surfing dengan harga sekitar 100 ribu rupiah per jamnya. Oya, bagi Anda yang ingin belajar berselancar, di sini sepertinya tersedia juga kursus surfing bagi pemula.

3. Panorama Sunset Cantik Dan Indah

A post shared by ian ladero (@ryleian) on

Daya tarik utama Pantai Kuta adalah panorama cantik matahari tenggelam. Saking indahnya, pantai ini menjadi salah satu tempat melihat sunset terbaik di Bali favorit wisatawan. Cahaya matahari senja berwarna jingga / oranye kemerah-merahan tampak begitu sempurna menyinari area pantai.

Anda bisa duduk di pasir, tenda-tenda payung, atau pun sambil berjalan-jalan sepanjang pantai untuk menyaksikan matahari tenggelam ke peraduannya. Suasana saat sore biasanya ramai pengunjung, jadi sebaiknya Anda cepat-cepat cari tempat bagus yang nyaman agar tidak diambil orang lain.

4. Tempat Melepas Tukik (Anak Penyu) Ke Laut

Selain surfing, Anda juga bisa melakukan aktivitas wisata seru lainnya di Pantai Kuta yaitu melepas anak penyu (baca : tukik). Kegiatan ini biasanya dilakukan antara bulan April – Oktober. Siapapun boleh ikut acara pelepasan tukik ke laut tanpa biaya alias gratis. Anda tinggal datang saja ke Kuta Beach Sea Turtle Conservation Center atau Bali Sea Turtle Society (BSTS).

Dari pintu gerbang utama Pantai Kuta yang dekat Hard Rock Cafe, Anda tinggal belok ke kiri sekitar 50 meter. Tepat disebelah kantor Satgas Pantai Kuta, Anda akan menemukan patung penyu raksasa sebagai tempat berkumpul. Pelepasan tukik biasanya sekitar pukul 16.00 WITA.

Untuk jadwal pastinya silahkan bertanya ke pada petugas Kuta Beach Sea Turtle Conservation Center ya gaes. Oya, saat Anda ikut melepas penyu, ada beberapa aturan yang wajib ditaati seperti tidak boleh memegang penyu dan dilarang menggunakan lampu kilat (flash) saat mengambil foto / gambar.

5. Kuta Carnival Bali

Kuta Carnival Bali
Ilustrasi Kuta Carnival Bali (Foto : via kintamani.id)

Kuta Carnival Bali merupakan kegiatan karnaval tahunan yang diselenggarakan di Pantai Kuta, meliputi arak-arakan, sunset carnival, ceremony / upacara adat, food festival, surf festival hingga festival musik. Kegiatan ini biasanya diadakan ketika bulan Oktober guna mengenang peristiwa bom Bali yang telah menelan banyak korban.

6. Hotel Berbintang

Hotel Bintang 5 di sekitar Pantai Kuta
Hotel Bintang 5 di sekitar Pantai Kuta (Foto : thekutabeachheritage.com)

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kuta sangatlah lengkap. Di sekitar pantai ini banyak sekali hotel atau penginapan mewah berbintang seperti The Kuta Beach Heritage Hotel, Discovery Kartika Plaza Hotel, dan lainnya. Jadi, Anda tak usah pusing mencari tempat bermalam karena banyak pilihan hotel di sini.

Apabila budget terbatas, ada juga pilihan hotel murah dan bagus di sekitar Pantai Kuta seperti Mega Boutique Hotel & Spa, Sun Boutique Hotel Kuta, Kuta Angel Hotel, Dekuta, atau Alron Hotel dengan harga dibawah satu jutaan rupiah. Asyik bukan?

7. Restoran Enak

A post shared by v e g a n (@kale.yeeah) on

Setelah puas berjalan-jalan menikmati keindahan Pantai Kuta tentu perut Anda akan merasa lapar dan haus bukan? Di sekitar Pantai Kuta, Anda bisa menemukan aneka tempat makan enak dari harga murah meriah hingga super mahal.

Beberapa warung makan recommended yang nyaman di kantong antara lain Warung Makan Nikmat Kuta, Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Ayam Plengkung Resto, Warung Nasi Pedas Ibu Andika, Warung Halal Nasi Pecel Bu Tinuk, dan Restoran Bebek Tepi Sawah Kuta. Bagi Anda yang muslim, wajib memesan menu halal lho ya!

8. 5GX Bali – Reverse Bungy

A post shared by 5GX BALI (@5gxbali) on

Ingin melihat pantai dan laut dari ketinggian? Datang saja ke 5GX Bali – Reverse Bungy di Jalan Legian No.99, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Jaraknya sekitar 1 km dari Pantai Kuta. 5GX menawarkan wahana ekstrem mirip bungee jumping, Anda akan duduk menaiki sebuah kursi dan terkunci di dalam sebuah bola logam lalu dilemparkan ke atas hingga ketinggian sekitar 50 meter.

Saat sampai di atas, Anda akan berputar sehingga akan memacu adrenalin. Dari atas, Anda akan dapat melihat daerah Kuta dari ketinggian, matahari tenggelam, hingga lautan. Untuk menaikinya, Anda harus membayar tiket sekitar 350 ribu rupiah per orang. Bagi Anda pecinta wisata ekstrim, wajib deh mampir ke 5GX Bali – Reverse Bungy.

9. Kepang Rambut

A post shared by padmasari (@celineclarine) on

Saat berkunjung ke Pantai Kuta, Anda biasanya akan menemukan beberapa orang yang menawarkan jasa kepang rambut. Nah, bila Anda ingin mengubah gaya rambut dengan kepangan, bisa menggunakan jasa mereka.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengepang rambut cukup singkat, sekitar 30 menitan tergantung panjang rambut. Harga kepang rambut dibanderol 150 ribu rupiah untuk rambut dengan panjang 30 – 45 cm. Penasaran? Cobain saja ketika liburan ke sini, rambut Anda akan terlihat lucu, cantik, dan unik setelah di kepang.

10. Tiket Masuk Gratis Dan Buka 24 Jam

Tak hanya indah dan lengkap fasilitasnya, keistimewaan Pantai Kuta lainnya adalah harga tiket masuk gratis dan buka 24 jam. Jadi, siapapun bisa berkunjung ke sini dengan leluasa kapan pun tanpa harus bayar retribusi. Oleh karena itu, pantai ini pun menjadi salah satu tempat wisata di Kuta Bali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga :

Lokasi Dan Alamat Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta terletak di Jl. Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Lokasinya cukup strategis mudah dijangkau, berjarak sekitar 6 – 7 km dari Bandara Ngurah Rai dengan waktu tempuh 15 – 30 menit menggunakan kendaraan bermotor / mobil. Agar lebih jelas, silahkan lihat peta lokasi melalui google map berikut.

Rute Jalan Menuju Ke Pantai Kuta Bali

Untuk rute jalan menuju Pantai Kuta, Anda bisa melalui Jalan Dewi Sartika lalu ke Simpang Animale hingga ke Pantai Kuta. Jalur lain yang bisa Anda tempuh yaitu dari Jalan Raya Kuta Simpang Banjar Temacun, kemudian ke Jalan Blambangan, lalu ke Jalan Kalianget, belok kanan ke Pura Puseh, belok kiri ke Simpang Bemo Corner sampai ke Pantai Kuta.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Kuta Bali

Wisatawan yang akan memasuki Pantai Kuta tidak dipungut biaya retribusi alias gratis. Selain Pantai Kuta, masih ada tempat wisata murah di Bali lainnya yang bagus untuk dikunjungi seperti Pantai Sanur, Danau Beratan Bedugul, Tanah Lot, dan lain sebagainya.

Tips Berkunjung Ke Pantai Kuta Bali

Liburan ke pantai memang menyenangkan, apalagi bersama dengan keluarga, teman, atau pun kekasih tercinta (baca : istri). Namun, sebelum berangkat ke Pantai Kuta, ada baiknya Anda membaca beberapa tips wisata dari Aneka Wisata agar rekreasi Anda nyaman, lancar, dan asyik.

  • Gunakan kostum / pakaian yang tepat. Pakaian berbahan katun bisa menjadi pilihan karena ringan sehingga Anda mudah bergerak dan bisa menyerap keringat dengan mudah.
  • Membawa baju ganti. Jika Anda berencana untuk berenang atau bermain air di pinggir pantai, alangkah baiknya menyiapkan baju kering untuk ganti. Anda tak mau kan sakit masuk angin gara-gara baju basah menempel di badan?
  • Bawalah topi dan kacamata hitam untuk melindungi pandangan mata dari silaunya cahaya matahari.
  • Oleskan krim tabir surya atau sun block pada kulit. Hal ini tentu saja untuk melindungi kulit agar tidak terbakar oleh panas matahari. Udara di pantai memang terasa sejuk karena ada angin laut yang berhembus saat siang hari. Akan tetapi sengatan panas matahari tetap akan membuat kulit Anda terbakar bahkan menjadi hitam.
  • Pakailah sandal jepit. Dengan memakai sandal jepit, langkah kaki Anda kan terasa ringan saat berjalan di atas pasir pantai.
  • Siapkan air mineral. Cuaca Pantai Kuta cukup panas sehingga akan menyebabkan Anda haus. Oleh karena itu, persediaan air selama jalan-jalan di pantai sangatlah penting agar tidak terkena dehidrasi.
  • Bawalah kamera terbaik Anda. Untuk mengabadikan moment istimewa Anda saat liburan ke Pantai Kuta, maka sebaiknya siapkan kamera yang bagus.
  • Gunakan tas berukuran sedang sebagai tempat berbagai peralatan seperti kamera, baju ganti, air mineral, dan lainnya sehingga tampak praktis.
  • Jagalah kebersihan Pantai Kuta.
  • Datang pagi hari jika ingin mendapatkan suasana lengang yang tidak terlalu ramai. Saat siang hari hingga sore, Pantai Kuta selalu ramai pengunjung. Nah, salah satu kesempatan mendapatkan moment sepi pengunjung adalah ketika pagi hari.

Bagaimana sobat traveler? Bikin betah bukan pantainya? Bagi sobat traveler yang ingin menambahkan informasi tentang keindahan dan keunikan Pantai Kuta bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.