Pusat Info Wisata Terlengkap

73 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

0 9,363

Tempat Wisata Kuliner Di Bogor – Inilah daftar tempat wisata kuliner enak dan murah di Bogor yang wajib dicoba beserta review lengkapnya. Mulai dari makanan khas, jajanan tradisional, hidangan nusantara, sampai menu western ada semua disini.

Soal cita rasa dan harga bagaimana? Anda tak usah kuatir, saya berusaha menampilkan rekomendasi kuliner Bogor yang enak dan lengkap, dari mulai makanan dengan harga yang mahal hingga camilan murah meriah. Jadi, sobat traveler tinggal pilih saja sesuai dengan selera dan budget yang tersedia.

Bukan hanya itu saja, beberapa referensi tempat makan enak dan restoran dengan view yang bagus serta indah juga saya sajikan buat Anda. Siapa tahu saja, ada sobat traveler yang lagi bulan madu, jadi tak usah pusing memilih tempat makan yang romantis di Bogor.

kuliner enak dan murah di bogor
Ilustrasi kuliner enak dan murah di Bogor (Foto : IG @kedaimierip)

Masih kurang lengkap? Anda juga bisa menemukan wisata kuliner Bondan Winarno di dalam list ini lho! Tahu kan siapa itu pak Bondan? Itu lho host acara kuliner di televisi yang terkenal banget dengan kata-kata “maknyus” dan “top markotop”.

Sekedar gambaran, peta kuliner yang akan saya sampaikan ini meliputi wilayah kota Bogor, Sentul City, dan kawasan Puncak. Yang tak kalah penting adalah list yang saya buat ini diperuntukkan untuk semua kalangan. Jadi, bagi sobat traveler yang muslim wajib berhati-hati, pilihlah makanan yang halal saja! Kalau perlu liat ada sertifikat halalnya atau tidak?

Nah, dari pada kebanyakan basa basi, mendingan langsung saja yuk, simak ulasan dan review lengkap tentang tempat wisata kuliner di Bogor yang recommended dan lagi hits.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

1. Surabi Duren Sukasari

surabi-oncom-sukasari
Ilustrasi Surabi Oncom Sukasari (Foto : IG @ivansupandi)

Kita awali sajian kulner enak dan murah di Bogor dengan hidangan yang ringan-ringan dulu ya! Anda tahu surabi kan? Ya, surabi memang terkenal sebagai salah satu ikonnya kuliner Bandung, namun bukan berarti Bogor tidak punya.

Ada neh warung surabi yang lezat di Bogor, namanya Surabi Duren Sukasari. Meskipun tergolong kuliner street food, namun surabi durian ini sangat populer lho dikalangan kelas menengah ke bawah hingga para artis.

Surabi Duren Sukasari
Surabi Duren Sukasari (Foto : IG @monalisa.tjan)

Disini tersedia menu surabi dengan aneka topping seperti durian, keju, nangka, strawberry, cokelat, telur dan masih banyak lagi. Surabi disini mempunyai tekstur yang sangat lembut, tetapi garing di bagian bawahnya. Tak heran jika pak Bondan Winarno pun pernah mampir kesini.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : No.29, Jl. Sukasari III, Bogor Tim, Kota Bogor, Jawa Barat
Harga : Rp.5.000,- s/d Rp.15.000,-
Jam Buka : Pukul 15.00 – 00.00 WIB[/box]

2. Sop Buntut Mang UU

Sop Buntut Mang UU
Sop Buntut Mang UU (Foto : visitbogor.com)

Bagi sobat treveler yang sedang mencari tempat makan siang di Bogor yang enak, coba deh mampir ke Sop Buntut Mang UU. Kuah gurihnya dan daging buntut yang empuk, pas banget buat menemani santap siang Anda.

Buntut sapi yang disajikan disini diolah dengan merebusnya berjam-jam hingga empuk namun masih menyisakan warna daging asli yg begitu menggoda

Kuah beningnya penuh rasa rempah dari mulai lada, pala dan rempah lainnya yang menyatu dengan kaldu sapi. Apalagi ditambah air perasan jeruk nipis, kecap, dan sambal, tentu akan semakin nikmat rasanya.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Bangbarung Raya No.75 Bogor
Harga : Rp.25.000,- per porsi
Jam Buka : Pukul 10.00 – 15.00 WIB[/box]

3. Cyrano Cafe

Cyrano Cafe
Cyrano Cafe (Foto : IG @cyranocafe)

Info kuliner Bogor yang enak dan wajib dicoba selanjutnya adalah Cyrano Cafe. Menu andalan dari cafe ini adalah aneka dessert yang unik dan lucu.

Anda bisa mencoba Snowy Coffee Bath yang memiliki rasa mirip tiramisu cake, namun lebih creamy dan smooth. Ada juga dessert Pao Pao yang terdiri dari Choco Pudding, Vanilla Pudding, Tiramisu, Oreo Crumbs, dan Vanilla Ice Cream.

“Minki” juga tak kalah lezat dinikmati saat siang hari. Dengan bahan dasar cheesecake, cheese, strawberry, vanilla ice cream, strawberry jam, dan cheese wafer crumbs, akan membuat lidah Anda ketagihan.

Selain dessert, Anda juga bisa menikmati menu makanan dan minuman lain disini seperti Hongkong Style Fried Spaghetti, Manggo Fizz, dan lainnya.

Harganya memang agak mahal seh, tapi sebandinglah dengan rasa dan suasana ruangannya yang hommy. Pas banget jika Cyrano Cafe dijadikan tempat nongkrong di Bogor bersama teman-teman. Yang tak kalah menariknya lagi, Anda dapat berfoto disini dengan latar mural lucu di dinding.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Suryakencana 126 (Samping ngesti Suryakencana)
Harga : sekitar Rp.25.000,- per porsi dessert
Jam Buka : 10.30 – 22.00 WIB[/box]

4. De Salman Resto

De Salman Resto
De Salman Resto (Foto : IG @visitbogor)

De Salman Resto merupakan salah satu restoran keluarga di Bogor yang enak dan recommended. Resto ini menyuguhkan tempat makan dengan menggunakan bale-bale mirip suasana pedesaan. Bagi Anda yang membawa anak kecil pun bisa nyaman karena banyak mainannya.

Untuk menu makanannya cukup variatif dengan harga yang relatif murah. Yang enak dari De Salman Resto denger-denger seh Sop Buntutnya. Dagingnya tidak terlalu lembek, rasa dagingnya terasa dan direbus dengan cara alami.

Iga bakarnya juga tak kalah enak, perpaduan manis, pedas dan gurih benar-benar terasa. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar. Resto ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk tempat istirahat melepas lelah setelah seharian menikmati aneka tempat wisata di Bogor bersama keluarga.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Ahmad Yani no.68 (Jajaran sebrang Kantor Imigrasi Bogor)
Harga : Dibawah 50.000,- per orang
Jam Buka : Pukul 11.00 – 22.00 WIB[/box]

5. Toastea Cafe

Toastea Cafe
Toastea Cafe (Foto : IG @toastea.bgr)

Toastea Cafe adalah salah satu tempat nongkrong yang enak di Bogor favorit anak muda. Cafe yang terbilang baru dan lagi ngehits ini menawarkan sajian kuliner yang lezat seperti melted cheez beef, ovaltine chezze peebles, fish and chips, chiken chop and fries, chicken wings and fries, dan masih banyak lagi.

Untuk minuman, Toastea Cafe menawarkan pilihan sajian menu minuman hangat dan dingin. Seperti classic milk tea, taro milk tea, hazelnut milk tea, serta tea tareek. Minuman yang wajib dicoba adalah minuman chocomellow, yakni sebuah minuman coklat hangat yang ditambahkan topping taburan marshmellow dan permen coklat yang lezat.

Cafe ini mengusung konsep outdoor yang dilengkapi fasilitas wifi sehingga pengunjung menjadi nyaman terutama bagi kalangan anak muda. Apalagi bagi sobat traveler yang suka dengan tempat nongkrong “photogenic” atau unik, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Cirahayu, No.14 (seberang parkiran motor Botani Square Bogor)
Harga : Rp.10.000,- s/d Rp.30.000,-
Jam Buka : 12.00 – 21. 00 WIB[/box]

6. The Place Bogor

The Place Bogor
The Place Bogor (Foto : visitbogor.com)

Anda sedang mencari restoran enak di Bogor yang asyik dan nyaman? Datang saja ke The Place Bogor. Suasananya hommy dan cozy banget buat hangout bareng teman-teman, apalagi ada live music-nya.

Untuk menu makanannya bagaimana? Tak perlu ragu lagi, lengkap banget deh hidangan disini dari mulai appetizer, soup, pasta, salad, pizza, sandwich, steak dan masih banyak lagi menu lainnya termasuk minuman.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : The Colonial Building 2nd floor, Jalan Salak No. 6 Bogor
Harga : Rp.10.000,- s/d Rp. 135.000,-
Jam Buka : 11.00 – 00.00 WIB[/box]

7. Toge Goreng

Toge-Goreng
Toge Goreng (Foto : kuntawidjaya, flickr.com)

Nah, kalau makanan yang satu ini merupakan kuliner khas Bogor yang enak dan murah meriah, namanya adalah Toge Goreng atau Tauge Goreng. Anda mungkin tidak akan bisa menemukan makanan khas ini di tempat lain.

Apa seh Toge Goreng itu? Walaupun namanya Toge Goreng, namun sebenarnya hidangan ini tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga ditambah ketupat).

Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin. Toge goreng ini sangat nikmat dimakan dalam kondisi masih hangat, apalagi bila hujan sedang turun di Kota Hujan ini.

Salah satu penjual toge goreng paling enak di Bogor adalah Pak Gebro. Kedai miliknya beralamat di Jl Dewi Sartika. Anda juga bisa menemukan toge goreng di sekitar Pasar Anyar atau Jembatan Merah.

Harga Toge Goreng dibanderol sekitar Rp 7.000 per porsi. Bagi para wisatawan yang sedang mencari wisata kuliner Bogor dekat stasiun, maka Toge Gorenglah pilihan yang tepat. Hal ini tentunya karena lokasi Pasar Anyar atau Jembatan Merah tak terlalu jauh dari stasiun kereta api.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl Dewi Sartika dan sekitar Pasar Anyar (Jembatan Merah)
Harga : Rp.7.000,- per porsi
Jam Buka : -[/box]

8. Death by Chocolate & Spaghetti

Death by Chocolate & Spaghetti
Death by Chocolate & Spaghetti (Foto : chndradew.blogspot.co.id)

Death by Chocolate & Spaghetti adalah tempat wisata kuliner Bogor yang menawarkan sensasi horor. Jadi, pas banget kalau dikunjungi saat malam hari. Ya, iyalah kalau siang mah gak bakalan terlihat horornya, hehe.

Sesuai dengan namanya, menu andalan tempat ini adalah coklat dan spageti dengan beberapa minuman dari bahan baku choclate. Konsep tempatnya seperti bangunan tua dengan nuansa mistis, menu yang ditawarkan dikemas dengan apik, dan rasanya enak.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Ceremai Ujung No. 22, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat
Harga : Rp.250.000,- (rata-rata untuk 2 orang)
Jam Buka : Pukul 07.00 – 22.00 WIB[/box]

9. Sop & Sate Kambing Bang Hasan Kumis

sop-sate-kambing-bang-hasan-kumis
Sop & Sate Kambing Bang Hasan Kumis (Foto : IG @visitbogor)

Kira-kira dimana ya tempat makan enak di Bogor yang buka 24 jam? Jawabnya tentu saja Sop & Sate Kambing Bang Hasan Kumis. Ya, warung ini memang terkenal banget sebagai salah satu kuliner Bogor Jl Pajajaran.

Sop dan sate disini rasanya lezat dan maknyus, pas banget disantap saat cuaca dingin. Potongan daging yang empuk dan kuah susu sopnya bakal membuat Anda ketagihan tak mau lekas berhenti memakannya. Recommended deh buat wisata kuliner Bogor di Malam hari.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jln Raya Padjajaran (sebrang ayam goreng ardhita)
Harga : Sop kambing start Rp 30.000/porsi
Jam Buka : 24 Jam[/box]

10. Resto Solo

Resto Solo
Resto Solo (Foto : IG @visitbogor)

Bagi orang asli Solo yang kebetulan merantau di Bogor, tak usah kuatir bila kangen dengan masakan daerahnya. Datang saja ke Resto Solo yang menyajikan aneka kuliner Solo dengan suasana tenang dan nyaman mirip di pedesaan Jawa Tengah.

Sedikitnya ada 15 menu makanan khas Solo yang bisa Anda jumpai disini, seperti nasi gudeg komplit, nasi liwet, pecel, urap, selat solo, garang asem, soto solo dan bakso solo.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Pajajaran Indah V No R5, Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.
Harga : mulai Rp.15.000,-
Jam Buka : Pukul 08.30 – 20.30 WIB[/box]

11. Sate Taichan Bogor

Sate Taichan Bogor
Sate Taichan Bogor (Foto : IG @visitbogor)

Ini dia kuliner enak yang lagi hits di kota Bogor dan Jakarta, namanya Sate Taichan. Pada umumnya sate berwarna kecoklatan karena bumbu dan proses pembakaran. Namun, beda dengan Sate Taichan yang berwarna putih, sesuai warna daging ayam.

Ciri khas lainnya adalah cita rasa asam dan gurih, berpadu dengan rasa pedas. Biasanya sate ini disajikan dengan lontong atau nasi untuk menetralisir rasa pedasnya. Harganya yang relatif murah dan rasanya yang enak membuat Sate Taichan masuk dalam rekomendasi kuliner malam Bogor yang wajib dicoba.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jajaran tenda bunderan Air Mancur (Sebrang TOTAL)
Harga : Mulai Rp.2.000/tusuk
Jam Buka : Pukul 18.00 – habis[/box]

12. Mie Ayam Baso Bangka “AL”

Mie Ayam Baso Bangka AL
Mie Ayam Baso Bangka “AL” (Foto : IG @visitbogor)

Satu lagi tempat wisata kuliner enak dan murah di Bogor saat malam hari yang tak boleh dilewatkan begitu saja, yaitu Mie Ayam Baso Bangka “AL”. Mienya maknyus banget, ada rasa pedas lada diantara santapan mienya.

Topping daging ayam cincangnya juga lezat rasanya, gurih dan agak krenyes-krenyes dengan taburan bawang merah goreng diatasnya.

Mie ayam ini disajikan dengan baso dan tahu kuah enak rasanya. Porsinya banyak lagi, bikin perut kenyang. Tak heran, jika warung makan “AL’ ini dikenal sebagai mie ayam paling enak di Bogor.

Oya, es campurnya juga top markotop lho! Ada es campur 9 macam, es teler, es tape singkong, es cendol, dan masih banyak lagi.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Sawojajar, belakang Toko Bogor Permai
Harga : sekitar Rp.19.000,- per porsi untuk mie ayamnya
Jam Buka : Pukul 11.00 – 22.00 WIB[/box]

13. Cool & Cool Ice Cream

cool-and-cool-ice-cream
Cool & Cool Ice Cream (Foto : IG @coolncool.id)

Cool & Cool Ice Cream bisa dibilang sebagai salah satu tempat es krim paling enak di Bogor. Kedai ini menyajikan Soft Ice Cream terbaik dan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Es krimnya disajikan dengan berbagai toping dan banyak pilihan minuman.

Cool & Cool Ice Cream tempat yang tepat untuk nongkrong saat siang hari sambil menikmati dessert terbaik. Apalagi saat cuaca panas, cocok banget kalau Anda ngadem disini.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Botani Square, BTM, Lippo Mall, Giant Dramaga, Cibinong City Mall dan Cibinong Square
Harga : Rp.40.000,- (rata-rata untuk 2 orang)
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

14. Bakso PMI

Bakso PMI
Bakso PMI (Foto : IG @visitbogor)

Anda sedang mencari bakso yang paling enak di Bogor? Langsung saja datang ke depot Bakso PMI. Ya, boleh dibilang inilah jawaranya bakso di Bogor yang telah bertahan selama beberapa dekade.

Hal yang membuat Bakso PMI juara adalah komposisi dagingnya yang lain dari bakso pada umumnya. Bakso PMI. Komposisinya menggunakan sekitar 60 kilogram daging di hari biasa yang hanya dicampur dengan 2,5 kilogram sagu, dan sisanya bumbu.

Wow, bisa dibayangkan betapa terasanya aroma dan cita rasa dagingnya. Tak hanya itu, dagingnya pun tak sembarangan lho! Harus dipilih daging yang berkualitas baik dan masih segar. Dengan menu andalan bakso rudal yang besar dan kaya akan daging membuat kedai yang berlokasi di Jalan Pandu Raya ini tidak pernah sepi pengunjung.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl Ahmad Adnawijaya (Pandu Raya) 137 – Samping Indomaret Pandu Raya Bunderan
Harga :sekitar Rp.17.000,- per porsi bakso rudal
Jam Buka : sekitar Pukul 10.00 – 21.00 WIB[/box]

15. Soto Mang Bonin

Soto Mang Bonin
Soto Mang Bonin (Foto : IG @visitbogor)

Bagi Anda yang pecinta soto, jangan sampai melewatkan warung Soto Mang Bonin. Tempat makan ini menyajikan soto bening daging sapi yang dilengkapi dengan karoket atau risoles berisi bihun.

Porsi daging sapinya cukup banyak dengan rasa yang empuk dan enak. Dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau, pantas rasanya Soto Mang Bonin dimasukkan dalam daftar tempat wisata kuliner di Bogor yang murah.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Semboja, Kota Paris, Bogor Tengah (Belakang Sekolah Al-Ghazali)
Harga : Rp.12.000,- s/d Rp.15.000,-
Jam Buka : Pukul 07.00 – 14.00 WIB[/box]

16. Pokeball Burger

Pokeball Burger
Pokeball Burger (Foto : IG @visitbogor)

Demam Pokemon Go yang belakangan ini lagi ngehits dan happening, membuat sejumlah pengusaha makanan memanfaatkannya sebagai ladang inspirasi membuat menu baru. Nah, salah satunya adalah kedai Burger Up Size yang membuat hidangan Pokeball Burger.

Kuliner Bogor yang unik ini merupkan burger yang dibentuk dan didesain mirip dengan poke ball pada game Pokemon Go, sehingga dinamakan Pokeball Burger.

Pokeball Burger ini berisi Chicken Cordon Bleu dengan keju melted didalamnya serta daging Smoked Beef. Lalu di atasnya terdapat topping dengan saus Bolognese dan saus keju. Rasanya lezat di mulut dengan sensasi isi dan topping yang berbeda dibanding burger pada umumnya.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Pajajaran No. 21 (Samping Blossom FO/Sebrang Dapur Coklat)
Harga : Rp.25.000
Jam Buka : Pukul 13.00 – 20.00 WIB[/box]

17. Bakso Bening Sukasari III / Bakso Bening Elizabeth

Bakso Bening Sukasari III Bakso Bening Elizabeth
Bakso Bening Sukasari III / Bakso Bening Elizabeth (Foto : IG @visitbogor)

Inilah bakso bening paling enak di Bogor yang wajib dicoba, namanya Bakso Bening Sukasari III atau yang terkenal dengan sebutan Bakso Elizabeth karena berjualan di depan toko Elizabeth.

Satu mangkok bakso ini paling pas disantap dengan kwetiaw atau sesuai selera Anda. Tanpa dicampur dengan yang lainnya juga sudah lezat. Satu porsi bakso bening berisi tujuh buah bakso kecil dengan tekstur yang halus dan kuah bening hasil paduan kaldu sapi, sedikit kecap asin dan penyedap rasa.

Cukup Anda tambahkan sambal 2 sendok bakso ini sudah sempurna banget untuk menyegarkan suasana dingin atau malam di Bogor. Apalagi kalau Anda masih kebagian kriuk-kriuk alias tongcay, bakalan lebih nikmat lagi.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Ruko Elizabeth Jalan Padjajaran (Sebrang Pemadam Kebakaran Kota Bogor)
Harga : Rp.11.000,- / porsi
Jam Buka : Pukul 09.00 – 20.00 WIB[/box]

18. Kedai Nasi Dulang Cianjur “Rahmawati”

kedai-nasi-dulang-cianjur-rahmawati
Kedai Nasi Dulang Cianjur “Rahmawati” (Foto : IG @visitbogor)

Ingin menikmati makanan khas Sunda di Bogor? Datang saja ke Kedai Nasi Dulang Cianjur “Rahmawati”. Warung makan enak di Bogor ini memang menjajakan masakan khas sunda.

Dari depan warung, tampak aneka lalapan, seperti pete, daun poh-pohan, ketimun, selada, kemangi, dan terong, berjajar menghijaukan etalase lauk pauk. Pete di tempat ini bisa dipesan dengan cara digoreng atau dibakar.

Pilihan menu di warung kaki lima ini tak sama setiap hari. Kalau hari ini sayur asem, besoknya ada lodeh atau sayur padang. Namun, untuk lauk selalu komplit, ada sekitar 50 menu makanan. Oya, kalau kesini jangan lupa mencicipi sambal gandarianya yang maknyus.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Binamarga No.1 Bogor
Harga : mulai sekitar Rp.3.000,- s/d Rp.23.000,-
Jam Buka : Pukul 09.00 – 20.00 WIB[/box]

19. Pondok Tongseng Dan Bebek Assalam

Pondok Tongseng Dan Bebek Assalam
Pondok Tongseng Dan Bebek Assalam (Foto : IG @visitbogor)

Bagi sobat traveler yang suka banget sama olahan daging kambing, wajib deh datang ke Pondok Tongseng Assalam. Tempat makan enak di Bogor ini menyediakan aneka menu berbahan dasar daging kambing, seperti Sate Kambing, Tongseng, Sate Goreng, Gule Kambing, dan Tengkleng.

Tak hanya itu, disini juga menyediakan menu pelengkap yaitu Ayam goreng khas Assalam, Bebek Goreng dan Bakar khas Assalam serta sate Ayam. Ukuran ayam dan bebek di warung ini lebih besar dan rasanya empuk dan lezat . Harga yang ditawarkan juga cukup murah terjangkau.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan RE.Abdulah Pasir Kuda (Pertigaan Ciomas) Bogor
Harga : Rp.100.000,- (rata-rata untuk 2 orang)
Jam Buka : Pukul 11.00 – 21.30 WIB kecuali hari jum’at Pukul 13.00 – 21.30 WIB[/box]

20. Warung Nasi Panghegar

Warung Nasi Panghegar
Warung Nasi Panghegar (Foto : IG @visitbogor)

Satu lagi tempat wisata kuliner enak dan murah di Bogor yang lokasinya dekat dengan Stasiun, namanya Warung Nasi Panghegar. Warung ini menyediakan menu utama berupa nasi panas dan lauk yang terdiri dari ikan air tawar seperti mujair, gurameh, bawal dan juga lele dengan pilihan digoreng atau dipepes.

Dan tak ketinggalan sebagai ciri khas warung makan Sunda adalah lalapannya yang segar dan sambelnya yang enak. Soal harga tak usah kuatir, nyaman di kantong kok.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Taman Topi Samping Stasiun Bogor
Harga : Rp. 15.000,- s/d Rp.35.000,- per orang
Jam Buka : Pukul 09.00 – 19.00 WIB[/box]

21. Boogie Cafe

Boogie Cafe
Boogie Cafe (Foto : IG @hamidahrachmayanti)

Bagi sobat traveler yang ingin merasakan makanan enak di Bogor dengan nama yang unik, maka mampirlah ke Boogie Cafe. Tempat ini menawarkan berbagai menu dessert dengan nama khas Bogor, seperti Jagorawi Ice, Choco Pancar Ice, Puncak Pas Ice, Asinan Padjajaran Ice dan Rujak Gunung Salak Ice.

Bisa dibilang Boggie Cafe ini sebagai tempat makan dessert paling enak di Bogor lho! Selain dessert, cafe ini juga menyediakan beberapa menu makanan, dari cemilan sampai makanan berat. Dari mulai tortilla, onion rings, aneka pasta, dan nasi goreng.

Untuk menu minumannya, ada aneka mocktail (sunset passion day recomended), milkshake, dan kopi. Tempatnya asyik dan nyaman banget buat kumpul-kumpul atau kongkow bareng sahabat atau bareng keluarga sekalipun.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Ruko Jalan Pajajaran 78K (Ruko Masterpiece Karaoke/Eks Kroznut)
Harga : Rp.15.000,- s/d Rp.62.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

22. Bakso & Mie Ayam Pak Mien

Bakso Rudal Pak Mien
Bakso Rudal Pak Mien (Foto : IG @visitbogor)

Ada banyak bakso enak di Bogor yang bisa Anda cobain, salah satunya adalah Bakso & Mie Ayam Pak Mien. Menu andalan di warung bakso ini yaitu bakso rudal. Apaan tuh bakso rudal?

Bakso rudal merupakan bakso yang didalamnya berisi daging dan lemak sapi yang sudah dicincang. Ketika mencicipinya akan terasa terdapat tulang-tulang rawan yang membuat sensasi sendiri dalam proses mengunyahnya.

Dengan lemak dan daging cincang yang disajikan dalam kondisi panas, membuat bakso rudal terasa lezat dan nendang di lidah. Kalau Anda penggemar bakso, wajib deh datang ke tempat ini.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Pondok Rumput Bogor dan Jl. Pandu Raya Bogor
Harga : Rp.18.000,- per porsi
Jam Buka : -[/box]

23. Bebek Ireng Suroboyo Cak Baz

Bebek Ireng Suroboyo Cak Baz
Bebek Ireng Suroboyo Cak Baz (Foto : IG @visitbogor)

Para pecinta olahan dagin bebek nampaknya wajib datang ke warung Bebek Ireng Suroboyo Cak Baz. Daging bebek yang disajikan masih segara, bumbunya meresap ke dalam, dan tentu saja sambalnya pedas-pedas segar. Pas banget neh buat menu makan siang.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Bangbarung Raya No.20 Bogor
Harga : Rp.25.000,-
Jam Buka : -[/box]

24. Dapur Nene Gode

Dapur Nene Gode
Dapur Nene Gode (Foto : IG @dapurnenegode)

Dapur Nene Gode merupakan salah satu tempat wisata kuliner enak di Bogor yang terkenal murah meriah. Tempat makan ini menyediakan banyak pilihan menu masakan dan bisa mengambil sendiri sesuai selera.

Beberapa pilihan menu makanan yang dapat Anda nikmati disini diantaranya ada buntil, sate telur puyuh, sate ayam, tumis bunga pepaya, mie kering plus sayuran, bihun goreng, nasi tutug bakar, tahu & tempe goreng, sambel goreng kentang, dan masih banyak lagi.

Yang special dari warung ini adalah es pisang ijo. Es ini terdiri atas bubur sum-sum dengan campuran pisang raja beserta lapisan warna ijo dan siraman sirup campolai warna merah muda. Pas banget dinikmati saat siang hari yang panas, bikin seger!

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Malabar Bogor (belakang RS PMI / samping SMPN 3)
Harga : dibawah Rp.20.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

25. Mangalomang

Mangalomang
Mangalomang (Foto : IG @mangalomang)

Mangalomang adalah tempat kuliner Bogor yang wajib dikunjungi bagi para penggemar makanan berbasis lemang. Anda tahu lemang bukan? Menurut wikipedia, Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

Gulungan daun bambu berisi tepung beras dicampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang.

Nah, disini Anda dapat menikmati aneka olahan lemang dengan tekstur dan rasa yang enak. Salah satu yang bisa Anda coba yaitu lemang polos dengan saus santan yang gurih, manis, dan segar. Ada juga rendang lemang yang benar-benar mengenyangkan.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Pandu Raya No. 54-56 (samping taman corat coret)
Harga : Rp.20.000,- s/d Rp.35.000,-
Jam Buka : Pukul 14.00 – 22.00 WIB[/box]

26. Asinan Bogor

Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor (Foto : anekatempatwisata.com)

Inilah kuliner khas Bogor yang wajib dicoba yaitu asinan. Anda tentu sudah mengenal asinan bukan? Asinan adalah buah atau sayur yang diasinkan dengan garam atau diasamkan dengan cuka. Kalau di Bogor biasanya disajikan dengan kerupuk kuning.

Nah, salah satu tempat makan Asinan Bogor yang paling enak dan terkenal adalah Asinan Ny. Yenny (seberang Terminal Baranangsiang) dan Asinan Gedung Dalam.

Makanan khas Bogor ini telah menjadi ikon kulinernya kota Hujan. Harga yang relatif murah, rasanya yang enak dan tahan lama membuat jajanan ini banyak diburu oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas Bogor.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Asinan Sedap Gedung Dalam Jl. Siliwangi No.27 C, Sukasari, Bogor
Harga : sekitar Rp.22.000,-
Jam Buka : -[/box]

27. Kedai Mimicucu

Kedai Mimicucu
Kedai Mimicucu (Foto : IG @mimicucu_)

Anda penggemar aneka olahan susu sapi? Kalau iya, wajib deh berkunjung ke Kedai Mimicucu. Kedai ini menyajikan susu dengan aneka rasa sebagai menu utama. Selain susu, tersedia juga menu olahan mie, nasi goreng, roti, puding, serta ketan susu sebagai kudapan pendamping susu.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan di Kedai Mimi Cucu sangat terjangkau dan cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Penyajian susunya pun unik, langsung pakai botol dengan dot bayi.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Lodaya 1 No. 1, Bogor Timur, Bogor
Harga : Rp.6.000,- s/d Rp.11.000, (untuk aneka susu)
Jam Buka : Pukul 12.00 – 22.00 WIB[/box]

28. Bubur Ayam Special Bahari

Bubur Ayam Special Bahari
Bubur Ayam Special Bahari (Foto : IG @visitbogor)

Bubur Ayam Special Bahari nampaknya menjadi pilihan yang pas untuk menu sarapan pagi di Bogor. Pasalnya bubur ayam ini tak biasa, lain dari bubur ayam pada umumnya yang menggunakan kaldu ayam. Bubur bahari ini menyajikannya dengan kuah soto yang gurih dan beraroma rempah-rempah yang maknyus.

Untuk isiannya memang masih sama, sedikit lada, bawang goreng, ayam suwir, kerupuk, seledri dan kacang goreng. Namun rasanya lebih lezat dan nendang di lidah. Apalagi ditambah dengan sate usus/jeroan, ati ampla, dan telur putuh, hmm… sedap rasanya.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Raya KS Tubun (Ruko Bank Syariah Mandiri sebrang Ampera Wr Jambu)
Harga : Rp.9.000,- per porsi
Jam Buka : Pukul 06.00 – 10.00 WIB dan 16.00 – 24.00 WIB[/box]

29. Pecel Madiun Mbak Niek

Pecel Madiun Mbak Niek
Pecel Madiun Mbak Niek (Foto : IG @visitbogor)

Bagi sobat traveler yang kangen dengan makanan jawa timuran, bisa mampir ke Pecel Madiun Mbak Niek. Warung pecel ini merupakan tempat makan pecel paling enak di Bogor. Mengapa? Pilihan bahan baku sayurnya terjaga, dan yang pasti bumbu pecelnya terasa banget di lidah.

Rasa manis dari gula merah, gurih dari kacang dan rasa pedasnya dapat menghasilkan cita rasa bumbu pecel yang enak. Tak hanya itu, makanan pelengkapnya pun gak kalah lezat, seperti paru goreng basah, tempe bacem, tempe garit, tahu bacem, telor ceplok, ikan goreng, sate telor puyuh dan sebagainya.

Soal harga bagaimana? Ya jelas murah meriah banget lah, tak lebih dari 10 ribu Anda sudah bisa menikmati satu porsi pecel disini. Berani diadu deh cita rasanya dengan pecel kawi, salah satu ikonnya kuliner Malang yang paling enak.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Ahmad Adnanwijaya (Ruko sebrang capil)
Harga : Rp.7.500,- (plus nasi Rp9.500,-)
Jam Buka : Pukul 07.00 – 20.00 WIB[/box]

30. RM Padang Piaman Laweh Uni

RM Padang Piaman Laweh Uni
RM Padang Piaman Laweh Uni (Foto : IG @visitbogor)

Masakan padang nampaknya telah menjamur dimana-dimana. Hampir setiap kota di Indonesia bisa kita Anda temui rumah makan padang, tak kecuali di Bogor. Nah, ada neh satu rumah makan padang yang wajib Anda kunjungi di kota hujan, yaitu RM Padang Piaman Laweh Uni.

Menu andalan yang di tempat ini adalah gulai cincang dan gulai gajeboh atau kikil. Kedua menu ini bakal enak banget untuk dinikmati bersama nasi, bumbu rendang, dan sambel merah/ijo. Pas buat menu makan siang Anda di kota Bogor.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Pandawa Raya, Indraprasta I, Bogor (Samping Indomaret Indraprasta)
Harga : Rp.16.000,- (nasi dan gulai cincang)
Jam Buka : Pukul 09.00 – 21.00 WIB[/box]

31. Pecel Lele Bakar Malabar Pak Putri

Pecel Lele Bakar Malabar Pak Putri
Pecel Lele Bakar Malabar Pak Putri (Foto : IG @visitbogor)

Nah, kalau kuliner di Bogor yang satu ini adalah khas pedagang kaki lima. Namun, soal rasa boleh diadu dengan rumah makan yang terkenal lainnya. Ya, namanya adalah Pecel Lele Bakar Malabar Pak Putri.

Seekor lele bakar Pak Putri dan sepiring nasi uduk plus sambal lalap akan membuat Anda ketagihan ingin mencoba lagi. Anda harus siap antri ya, karena warung tenda ini termasuk favorit mahasiswa di Bogor.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Malabar Ujung (Belakang eks Pangrango Plaza)
Harga : Rp.13.000,- (nasi dan lele bakar)
Jam Buka : sekitar pukul 17.00 WIB – habis[/box]

32. Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam
Soto Bogor Pak Salam (Foto : visitbogor.com)

Kuliner Bogor terkenal yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Soto Bogor Pak Salam. Di tempat ini pelanggan bebas memilih sendiri daging atau jeroan yang akan dihidangkan nanti. Terdapat istilah unik seperti “Calling” untuk meminta nasi tambah atau “distel” untuk memilih daging kesukaan pelanggan.

Setiap sabtu dan minggu biasanya pelanggan dari luar kota berdatangan, berarti untuk rasa tidak perlu diragukan lagi bukan? Harganya? Jelas murah meriah banget dong.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Siliwangi, Surya Kencana Gang Aut (Seberang Bank Mandiri)
Harga : Rp.10.000,- s/d Rp.12.000,-
Jam Buka : Pukul 16.00 – habis (biasanya jam 18.00 sudah habis)[/box]

33. Mie Ayam Dores

Mie Ayam Dores
Mie Ayam Dores (Foto : IG @visitbogor)

Mie Ayam enak di Bogor yang satu ini memang rasanya tak pernah berubah dari dulu. Tekstur yang kenyal, sayuran yang banyak, taburan ayam yang gurih dan irisan daun bawangnya yang banyak membuat Mie Ayam Dores selalu digemari pengunjungnya.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Sekolah (Area parkiran belakang matahari taman topi)
Harga : Rp 10.000 – Rp 15.000 (tergantung pake pangsit atau ceker dll)
Jam Buka : sebaiknya datang sebelum jam makan siang[/box]

34. Mie Ayam “Jawa” Gadis

Mie Ayam Jawa Gadis
Mie Ayam “Jawa” Gadis (Foto : IG @visitbogor)

Mie Ayam Gadis menyajikan mie ayam versi jawa dengan kuah cukup banyak, mie matang sempurna dan potongan daging ayam berbumbu manis gurih. Potongan sayur caisim hijaunya segar dan banyak sekali. Porsi ayamnya pun banyak. Rasanya enak dan maknyus.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Veteran, Panaragan (Setelah jembatan merah, gang samping SDN Panaragan)
Harga : Rp.7.000,- per porsi
Jam Buka : -[/box]

35. Mie Ayam Gang Ambi

Mie Ayam Gang Ambi
Mie Ayam Gang Ambi (Foto : IG @visitbogor)

Ada satu lagi mie ayam favorit warga Bogor yang wajib dicoba yaitu Mie Ayam Gang Ambi. Mie di tempat ini memiliki tekstur yang gepeng dan tipis. Lebih seperti bakmi dengan potongan daging ayam yang tidak terlalu kecoklatan. Rasa gurih dan mericanya terasa sekali.

Mienya ditambah dengan bakso yang kenyal dan pangsit basahnya yang juara banget. Biasanya mie dan pangsit disajikan dalam mangkuk kuah terpisah. Recommended banget deh, murah lagi harganya.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Gang Ambi II Jalan Merdeka Bogor (Samping Lembaga Bahasa Success)
Harga : Rp.9.000,- s/d Rp.13.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 15.00 WIB[/box]

36. Baso Kikil Pa’ Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka
Bakso Kikil Pak Jaka (Foto : bogor.net)

Selain terkenal akan soto kuningnya yang enak, Jalan Suryakencana juga punya bakso yang menggoyang lidah yaitu Bakso Kikil Pak Jaka. Walau tampilan gerobaknya sederhana, lebih mirip gerobak tukang es namun tempat kuliner Bogor yang murah ini selalu ramai dikunjungi.

Harga satu porsinya adalah Rp 10 ribu kalau hanya bakso saja. Jika ditambah dengan kikil, maka harganya Rp 17 ribu. Bakso ini lebih nikmat saat disantap selagi panas. Dagingnya empuk dan kuahnya sangat enak. Sekali coba, siap-siap deh Anda akan nambah lagi!

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Suryakencana sebelum gang aut, sebrang ruko BCA Suryakencana
Harga : Rp.10.000,- s/d Rp.17.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 15.00 WIB[/box]

37. Bakso Seuseupan

Bakso-Seuseupan
Bakso Seuseupan (Foto : hellobogor.com)

Menikmati suasana kota Bogor dengan semangkok bakso Seuseupan nampaknya bisa menjadi pilihan yang pas. Bakso yang disajikan dengan kuah bening terasa gurih dan asinnya pas. Rasa dari baksonya pun empuk dan cukup kenyal saat digigit.

Ada beberapa pilihan bakso yang bisa Anda nikmati disini, seperti bakso urat special, bakso urat campur, bakso telor special, mie bakso atau mie ayam bakso. Sedangkan untuk minumannya tersedia aneka jus, es campur, es kelapa, minuman bersoda dan juga teh.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Seuseupan, Ciawi, Jalan Bangbarung Raya, dan Pertigaan Gunung Batu
Harga : Rp.13.000,- s/d Rp.15.000,-
Jam Buka : Pukul 09.00 – 21.00 WIB[/box]

38. Es Sekoteng Bogor Permai

Es Sekoteng Bogor Permai
Es Sekoteng Bogor Permai (Foto : IG @visitbogor)

Inilah es sekoteng yang paling enak dan legendaris di Kota Bogor, siapa lagi kalau bukan Es Sekoteng Bogor Permai (es sekoteng Buper). Menikmati kesegaran Es Sekoteng Boper saat siang hari dibawah pohon rindang merupakan alternatif kuliner yang sangat cocok ketika liburan ke Bogor.

Satu porsi es ini berisikan bubur pacar cina, alpukat, kelapa muda, es serut, dan guyuran susu kental manis. Rasanya yang manis dan segar akan mengobati rasa haus dan lelah Anda.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Sudirman Bogor, Area jajanan Bogor Permai (Samping Resto Bogor Permai)
Harga : Rp.14.000,- per porsi
Jam Buka : Pukul 09.00 – 16.30 WIB[/box]

39. Kedai Soto Ibu Rahayu

kedai-soto-ibu-rahayu
Kedai Soto Ibu Rahayu (Foto : IG @sotoiburahayu)

Ini dia kuliner Bogor Jl Pajajaran yang paling terkenal, yaitu Soto Ibu Rahayu. Soto ditempat ini disajikan dengan daging wagyu dan bumbu rica, ditambah kuah hangat nan gurih plus nasi putih sangat pas buat santap siang.

Ada berbagai jenis soto yang dapat Anda pilih di tempat makan yang enak ini, diantaranya adalah soto ayam, soto wagyu, soto mie, soto goreng, dan soto rica-rica.

Yang wajib dicobain adalah soto wagyunya, maknyus banget deh. Daging wagyunya empuk dan lembut saat dikunyah, rasanya asin gurih khas daging wagyu yang berkualitas. Ditemani dengan segelas es teler atau es kelapa muda, menjadi pilihan yang nikmat.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Pajajaran 117 (Samping Shell) dan Jl Pajajaran Indah V (Villa Duta)
Harga : Rp.33.000,- (soto rica-rica), Rp.50.000,- (soto wagyu), dan Rp.16.000,- (es teler/kelapa muda)
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

40. Soto Kuning Pak Yusup

Soto Kuning Pak Yusup
Soto Kuning Pak Yusup (Foto : banyumurti.net)

Kalau kuliner Semarang identik dengan Soto Bangkong, maka kota Bogor terkenal akan soto kuningnya. Selain soto Pak Salam, ada satu lagi soto kuning khas Bogor yang wajib Anda cobain, yaitu Soto Kuning Pak Yusup yang terletak di Jl. Surya Kencana Bogor (Dekat BCA) disamping bakso kikil pak Jaka yang sudah terkenal juga.

Warung soto yang mulai berjualan mulai jam 14.00 ini menyajikan soto kuning dengan kauh santan yang gurih dan lezat. Untuk isian sotonya bisa dipilih sesuai selera, ada daging, usus, hati, babat, limpa, paru, otak, lidah dan juga kikil.

Dan isiannya ini tersedia dalam 2 pilihan, ada yang digoreng dan dibumbu kuning. Harga perpotongnya dibandrol mulai 6 ribu sampai 8 ribu rupiah, biasanya yang digoreng sedikit lebih mahal. Biasanya 2-3 potong saja sudah cukup untuk isiannya, tapi tergantung kapasitas perut Anda masing-masing.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Surya Kencana Bogor (depan Bank BCA)
Harga : sekitar Rp.10.000,- per porsi sesuai isian soto yang dipilih
Jam Buka : Pukul 14.00 – habis[/box]

41. Soto Kuning Pak M Yusuf

Soto Kuning Pak M Yusuf
Soto Kuning Pak M Yusuf (Foto : hellobogor.com)

Namanya memang mirip dengan soto Pak Yusup, tapi soto yang paling enak di Bogor ini beda penjual lho ya! Lokasinya masih sama-sama di Jalan Surya Kencana namun jam bukanya beda. Soto Kuning Pak M Yusuf mulai buka dari pagi hari pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Sebagaimana layaknya soto kuning khas Bogor, maka pengunjung diberikan pilihan untuk memilih aneka daging dan jeroan. Untuk daging tersedia daging khas dan daging campuran. Pilihan lainnya adalah babat, usus, paru, dan lain-lain.

Tidak seperti halnya Soto Pak Salam yang beberapa pilihan dagingnya digoreng terlebih dahulu, Soto Pak M Yusuf ini dagingnya hanya direbus dan tidak digoreng. Setelah memilih, daging dipotong-potong dan ditambahkan tomat untuk kemudian dicampur dengan kuah kuning yang khas.

Soto Kuning Pak M Yusuf ini buka setiap hari dari pagi sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore. Untuk urusan harga, satu potongan daging pilihan dihargai 10 ribu rupiah (10K), dan nasi putih 5 ribu rupiah (5K).

Jadi kalau Anda memilih tiga potongan daging, maka ditebus dengan 35K dengan nasi putihnya. Sebagai teman makannya disediakan juga perkedel dan emping goreng.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Surya Kencana Bogor
Harga : sekitar Rp.10.000,- per porsi
Jam Buka : Pukul 09.00 – 16.00 WIB[/box]

42. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

rumah-air-bogor-nirwana-residence
Ilustrasi menu makanan di Rumah Air Bogor Nirwana Residence (Foto : IG @arisfootage)

Ingin makan dengan suasana yang nyaman dan enak? Datang saja ke Rumah Air Bogor Nirwana Residence. Tempat makan di Bogor ini menyajikan saung-saung diatas air dengan duduk secara lesehan. Suasananya semakin romantis ketika malam tiba, karena lampu-lampu di sekitar saung akan menyala diantara kegelapan.

Tak hanya itu, rumah air ini juga dilengkapi dengan sejumlah arena bermain anak, sehingga bagi sobat traveler yang membawa ponakan tak usah kuatir ya! Rumah air ini memang didesain untuk tempat makan keluarga yang asik dan recommended. Apalagi ketika Ramadhan tiba, pas banget buat tempat buka puasa di Bogor bareng saudara dan teman-teman.

Untuk menu makanannya, resto ini menyediakan menu yang bersahabat untuk anak-anak dan rasanya pun lezat! Mulai dari Sop Buntut, Udang Bakar, Gurame Goreng Kipas, Mie Goreng sampai Sosis Goreng, Fetucini, Spagethi dan aneka minuman serta desert yang sangat menggugah selera.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence ST 207, Jawa Barat
Harga : sekitar Rp.300.000,- untuk 2 orang
Jam Buka : Pukul 10.00 – 21.00 WIB[/box]

43. Factmie

factmie
Factmie (Foto : IG @visitbogor)

Buat Anda yang sedang mencari rekomendasi tempat makan di Bogor yang enak dan asik, datang saja ke kedai Factmie. Disini Anda bisa ngumpul bareng sambil nikmatin rooftop dengan pemandangan sunset.
.
Paling pas rasanya makan bareng temen di Fact Mie. Mengapa? Karena selain rooftopnya yang cozy abis buat ngumpul, ada banyak menu makanan yang lezat dan menggugah selera.

Anda bisa nyobain Beef Pepperrice yang terbuat dari butter rice, cheese mozarella, potongan ayam, dengan bumbu bbq. Ada juga Indomie Ocehan Mertua yang terbuat dari Indomie Cabe Ijo dengan taburan daging dan jamur.
.
Untuk menimumannya tak kalah enak lho, ada Shirley Tample, Blue Lagoon dan Strawberry Frozen Margarita yang siap menemani Anda menikmati sunset.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Achmad Adnawijaya, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat
Harga : Rp.3.000,- s/d Rp.25.000,-
Jam Buka : Pukul 17.00 – 22.00 WIB[/box]

44. Kedai Mie Mierip

Kedai Mie Mierip
Kedai Mie Mierip (Foto : IG @kedaimierip)

Tak hanya kuliner Jogja yang punya Mie Telap 12 dengan sajian mie mirip dengan bungkusnya, kota Bogor juga ada lho! Namanya Kedai Mie Mierip. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini menyuguhkan indomie yang dibuat mirip seperti gambar aslinya.

Buat Anda yang hobi makan mie dan ingin makan indomie persis kaya di gambar bungkusnya, Kedai Mierip ini wajib Anda kunjungi! Ada 5 pilihan yang bisa dinikmati yaitu rasa ayam special, rasa kari ayam, rasa soto mie, rasa ayam bawang, dan rasa mie goreng.

Selain mie, ada juga menu lain yang tak kalah lezat seperti roti panggang dengan parutan keju, minuman sunset delight dan lemon tea yang siap menemani santap Anda.

Namun, diliat dari instagram-nya sepertinya kedai ini sudah berubah mengembangkan diri menjadi kedai Dagoan di Taman Jajan CBD Bintaro, sektor 7 (samping Hari Hari Swalayan). Bagi sobat traveler yang asli Bogor, ditunggu infonya updatenya tentang kedai ini.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Sinangling, Kota Bogor, Jawa Barat
Harga : Rp.8.000,- s/d Rp.27.000,-
Jam Buka : Pukul 12.00 – 21.00 WIB[/box]

45. Tiis Ice Cream Pajajaran

tiis-ice-cream
Ilustrasi es krim enak di Tiis Ice Cream Pajajaran (Foto : IG @ti_is)

Nah, kalau kuliner enak yang satu ini harus dicoba oleh Anda yang ska banget sama es krim. Kedai Tiis Ice Cream Pajajaran menyajikan varian dessert ice cream dengan kreasi unik dan lezat.

Salah satu menu andalan disini adalah Milo Granita yang dasarnya memakai shaved ice dengan caramel sauce ditambah diatasnya dikasih topping banana, red bean, milo, chocolate lucky, scoop ice cream dan diberi vanilla sauce secara terpisah.

Rasanya segar dan manis, pas banget deh disantap siang-siang yang panas bareng teman-teman atau pun keluarga. Harganya juga tak mahal-mahal amat kok, cukup terjangkau!

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat
Harga : mulai Rp.20.000,-
Jam Buka : Pukul 13.00 – 20.00 WIB[/box]

46. Fattoparea Kompleks Warung Pandu

fattoparea-kompleks-warung-pandu
Fattoparea Kompleks Warung Pandu (Foto : IG @fattoparea)

Bagi sobat traveler yang hoby ngemil, wajib deh datang ke tempat kuliner enak yang satu ini yaitu Fattoparea yang berada di Kompleks Warung Pandu, Jalan Panduraya no.55 (sebelah catatan sipil). Ada menu apa seh emangnya disini?

Di tempat ini, Anda dapat menemukan camilan pisang goreng dengan aneka toping yang menggugah selera. Ingat ya! Disini bukan sembarang pisang goreng lho. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang kepok manis.

Pisang digoreng dengan menggunakan tepung roti jadi bertekstur seperti nugget. Rasanya benar-benar lezat di mulut. Anda juga bisa pilih mau memakai toping apa sesuai selera.

Ada banana choco cheesy dengan parutan coklat dan taburan keju yang nikmat banget. Ada juga banana rainbow yang memakai taburan coklat parut warna warni dengan rasa manis yang pas..

Tak hanya itu, Anda juga bisa nyobain crispy potato balado dan milkshake rasa bubblegum. Tempatnya bagaimana? Tempat ini asik dan hommy banget deh buat nongkrong bareng temen.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Panduraya No.55 (sebelah catatan sipil)
Harga : Rp.13.000,- s/d Rp.20.000,-
Jam Buka : Pukul 14.00 – 22.00 WIB[/box]

47. Soto Mie Samping Matahari

Soto Mie Samping Matahari
Soto Mie Samping Matahari (Foto : IG @visitbogor)

Soto mie ini berisikan mie kuning, kol, tomat, daging, tetelan, kentang, dan kroket dipadukan dengan kuah kaldu yang gurih. Ditambah sambal dan jeruk nipis.

Pas banget soto mie dijadikan menu makan siang Anda. Namun, untuk menikmati soto mie yang enak ini, Anda harus rela antri lho, karena biasanya tempatnya penuh pengunjung pas jam-jam santap siang.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Sekolah (samping matahari taman topi)
Harga : Rp.13.000,- per porsi
Jam Buka : -[/box]

48. Nasi Padang Amigos

Nasi Padang Amigos
Nasi Padang Amigos (Foto : IG @visitbogor)

Bagi Anda yang sedang mencari rumah makan padang yang paling enak di Bogor, maka datang saja ke Nasi Padang Amigos yang terletak di Jl. Pajajaran. Menu favorit dan andalan disini adalah ikan bakar.

Untuk jenis ikan yang dibakar biasanya ikan mujair, bawal dan salem kembung. Setiap ikan dibakar tanpa bumbu dulu diatas bara arang batok kelapa. Baru setelah itu dibakar lagi dengan bumbu,

Proses pembakaran ikan yang sampai 2 kali inilah yang membuat rasa ikan bakar Amigos beda dengan ikan bakar pada umumnya. Bumbu ikannya pun mirip bumbu rica. Paling nikmat makan ikan bakar ini dengan nasi putih hangat dan sambal mentah khas Amigos.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Pajajaran 21 Bogor
Harga : sekitar Rp.13.000,- (nasi dan lauk)
Jam Buka : Pukul 09.00 – 16.00 WIB[/box]

49. Restoran Padang Trio

Restoran Padang Trio
Restoran Padang Trio (Foto : IG @visitbogor)

Satu lagi nasi padang paling enak di Bogor yang tak boleh dilewatkan begitu saja, namanya adalah Restoran Padang Trio. Anda bisa nyobain kepala kakapnya yang maknyus banget.

Kepala ikan kakapnya dimasak gulai yang agak kental. Gurih dari santan begitu terasa ditambah aroma dari kapulaga. Untuk rendang disini dimasak tidak terlalu berminyak mendekati rendang kering dengan warna coklat pekat dagingnya sendiri cukup lembut.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Taman Topi, Jl. Kapten Muslihat No. 1, Bogor Tengah, Bogor
Harga : sekitar Rp.50.000,- untuk 2 orang
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

50. Kue Putu Rindu

Kue Putu Rindu
Kue Putu Rindu (Foto : IG @tinuleeciouzz)

Selain aneka makanan berat, Bogor juga punya sejumlah kuliner jajanan pasar atau tradisional yang enak dan top markotop. Salah satunya adalah Kue Putu Rindu yang warungnya terletak di Jl.Bangbarung Raya 36 (Apotik Bantarjati).

Menu camilan khas dan andalan disini adalah putu rainbow dengan berbagai macam rasa dari original, greentea, strawberry, coklat. Kue putunya terasa lembut dan lezat dilidah. Pas banget buat camilan sore hari sepulang kerja.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl.Bangbarung Raya 36 (Apotik Bantarjati)
Harga : Rp.10.000,- s/d Rp.30.000,-
Jam Buka : Pukul 13.00 – 20.00 WIB[/box]

51. Nasi Gudeg Rivska

nasi-gudeg-rivska
Nasi Gudeg Rivska (Foto : IG @visitbogor)

Ingin menikmati gudeg Jogja yang paling enak di kota Bogor? Datang saja ke Pondok Nasi Gudeg Rivska yang berada di Jalan Pengadilan, Pasar Anyar (depan SD Pengadilan 3).

Rasa gudegnya tidak terlalu manis dan kreceknya pas dengan bumbu agak encer. Ayam bakar pedasnya memiliki daging yang lembut serta bumbunya meresap. Cocok buat Anda yang tak terlalu suka manis.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Pengadilan, Pasar Anyar (depan SD Pengadilan 3) Bogor
Harga : Rp.20.000,- per porsi paket gudeg ayam bakar pedas
Jam Buka : -[/box]

52. Es Cendol / Dawet Dadali

es-cendol-dawet-dadali
Es Cendol / Dawet Dadali (Foto : IG @visitbogor)

Panas-panas enaknya ngapain ya? Ya tentu saja menikmati segelas Es Cendol / Dawet Dadali. Dengan ciri khas gerobak berwarna hijau tua, hiasan wayang jawa dan kendi berisi gula jawa membuat siapa saja mudah menemui es cendol ini.

Cendolnya terasa kenyal banget, santannya gurih dan gula jawanya pas banget manisnya. Boleh dibilang, inilah es cendol paling enak di Bogor. Pas untuk menghilangkan haus saat siang hari yang panas.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl Dadali Ujung (pertigaan cabang Jl Dadali & Jl Ahmad Yani)
Harga : Rp.5.000,- per porsi
Jam Buka : -[/box]

53. Sop Buah Saung Pak Ewok

Sop Buah Saung Pak Ewok
Sop Buah Saung Pak Ewok (Foto : loveindonesia.com)

Satu lagi kuliner Bogor yang bikin seger saat cuaca panas, yaitu Sop Buah Saung Pak Ewok. Untuk Saung Pak Ewok sendiri sudah memiliki sekitar 3 cabang di Bogor, salah satunya bisa ditemukan di Jl Bukit Tunggul No 5, tak jauh dari Taman Kencana.

Dalam satu mangkuk sop buah memang terdapat banyak potongan aneka buah. Di sop buah duren misalnya, tak hanya duren tapi juga ada potongan jambu, pir, anggur, strawberry, sirsak, jeruk dan lain sebagainya. Kuah sop juga terasa begitu segar dengan campuran air, es, gula dan susu.

Pilihan menu selain duren adalah sop buah susu, sop buah jeruk serta sop buah yoghurt. Selain sop buah, ada pula menu makanan seperti batagor dan aneka olahan nasi. Buat Anda yang ingin nongkrong sambil menikmati sop buah segar, langsung saja datang ke Saung Pak Ewok.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl Bukit Tunggul No 5 Bogor
Harga : Rp.8.000,- s/d Rp.13.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 21.00 WIB[/box]

54. Cungkring

Cungkring
Cungkring (Foto : hansauto.net)

Cungkring merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang paling terkenal. Apa seh cungkring itu? Cungkring adalah kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong seperti yang umum dipakai pada sate ayam.

Selain itu, bisa juga disantap dengan nasi bercampur kelapa parut dan tempe. Pas banget buat menu sarapan pagi Anda. Pedagang Cungkring dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana, dekat perempatan Gang Aut.

Bila ingin menikmati Cungkring, sebaiknya Anda datang ke Jalan Suryakencana sekitar jam 7 pagi, karena kuliner murah meriah ini biasanya sudah habis terjual pada jam 9 pagi.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Suryakencana
Harga : Rp.14.000,-
Jam Buka : Pukul 07.00 WIB[/box]

55. Bapatong

Bapatong
Bapatong (Foto : saranwisata.com)

Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong yang merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang paling dicari pecinta kuliner. Yang membedakan Bapatong dengan bakso pada umumnya adalah adanya potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu iga sapi di dalamnya.

Ditambah dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit, makanan yang biasanya disantap hangat ditemani dengan es dower ini sangatlah cocok untuk makan siang. Es dower sendiri adalah es yang terbuat dari santan kepala beku ditambah dengan gula dan irisan buah serta agar-agar.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Pangrango No. 1, Bogor Tengah, Jawa Barat
Harga : sekitar Rp.15.000,- s/d Rp.35.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 20.00 WIB[/box]

56. Laksa Bogor

Laksa Bogor
Laksa Bogor (Foto : klikhotel.com)

Selain laksa Betawi, laksa yang terkenal di Indonesia adalah laksa Bogor. Dalam bahasa sanskerta, laksa artinya banyak. Maksudnya, laksa ini dibuat dengan menggunakan banyak bumbu.

Ciri khas laksa Bogor adalah pada campuran oncomnya. Laksa Bogor tidak menggunakan mie, melainkan menggunakan lontong atau ketupat dan bihun sebagai campurannya dan ditambah toge serta daun kemangi segar.

Kuahnya sendiri dibuat dengan menggunakan santan kelapa yang sangat gurih. Laksa bogor memiliki tekstur yang agak kasar berkat parutan kelapa yang dimasukkan ke dalam kuahnya. Kuliner khas bogor ini disajikan dengan tahu kuning, telur rebus dan diberi taburan serundeng.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Gg Aut, Jl Suryakencana.
Harga : Rp.7.000,-
Jam Buka : Pukul 06.30 WIB – habis (biasanya Pukul 14.00 sudah habis)[/box]

57. Doclang

Doclang
Doclang (Foto : klikhotel.com)

Jika Cirebon punya docang, maka Bogor punya doclang. Doclang ini mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Doclang ini terdiri dari pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil.

Pesor sendiri merupakan sejenis ketupat terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam.

Sementara daun patat ini biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak. Beberapa penjual doclang yang “fanatik” biasanya juga hanya menggunakan kecap merk Zebra yang merupakan kecap asli Bogor.

Saat ini, sudah tidak terlalu banyak penjual doclang di kota Bogor. Akan tetapi paling tidak ada dua tempat pusat kuliner yang masih menjual doclang dan cukup melegenda.

Yang pertama adalah Mak Icoh, yang berjualan di Jl Mantarena – Jembatan Merah, dan masih menggunakan gerobak untuk jualannya. Buka dari jam 6 pagi hinga pukul 2 siang.

Satu lagi adalah Doclang Pak Odik yang berlokasi di Jl Pasir Kuda (sekarang nama jalannya berganti menjadi Jl. Aria Surialaga), tidak jauh dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ihya Bogor.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl Mantarena – Jembatan Merah dan Jl Pasir Kuda (sekarang Jl. Aria Surialaga)
Harga : Rp.12.000,-
Jam Buka : Pukul 06.00 – 14.00 WIB[/box]

58. Momo Milk Barn

Momo Milk
Momo Milk (Foto : kulineri.com)

Satu lagi tempat wisata kuliner enak dan murah di Bogor yang menyajikan menu susu sapi segar dan olahannya, yaitu Momo Milk. Selain menu minuman dan makannya yang lezat, Momo Milk memiliki tempat yang asik dan nyaman buat nongkrong dengan tema outdoor.

Susu sapi yang disajikan disini selalu segar karena berasal dari peternakan di sekitar Bogor yang diantar setiap pagi. Susu sapi yang dijual rasanya enak dan tidak terlalu manis.

Susu segar aneka rasa yang bisa Anda nikmati disini antara lain susu putih tawar, cokelat, strawberry, vanilla, dan milkshake. Selain minuman, tempat ini juga menyediakan berbagai makanan ringan hingga berat.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl Kantor Pos No 6 Baranangsiang, Bogor
Harga : Rp.4.000,- s/d Rp.29.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

59. Bakso Mas Bejo

Bakso Mas Bejo
Bakso Mas Bejo (Foto : travel.detik.com)

Ada satu lagi warung bakso enak di Bogor yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, yaitu Bakso Mas Bejo. Ada 3 menu yang bisa Anda nikmati di tempat ini antara lain bakso sapi ukuran kecil, bakso sapi ukuran jumbo, dan mie ayam.

Bakso jumbo yang dijual disini besarnya sekepalan tangan. Isinya pun banyak dan rasanya mantap. Rupanya dari satu kilogram daging sapi hanya bisa digunakan untuk membuat kurang dari sepuluh bakso.

Bakso Mas Bejo ini dikenal pula dengan sebutan basset. Basset di sini bukan bakso setan, melainkan singkatan dari bakso asli Solo daging sapi enak terjamin halal. Bakso buatan Bejo ini memang terkenal di Bogor dan banyak traveler yang datang untuk menikmati kelezatannya.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Gang Pasama, Cimanggu
Harga : Rp.22.000,- per porsi bakso
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

60. Ayam Goreng Aroma

Ayam Goreng Aroma
Ayam Goreng Aroma (Foto : kulineri.com)

Berlokasi di Taman Kencana. Ayam Goreng Aroma tidak menawarkan ayam goreng biasa melainkan menawarkan ayam goreng yang gurih dengan aroma harum, dilengkapi dengan sambal yang pedas.

Selain ayam goreng, Anda juga dapat memesan sate udang, tumis jamur, bakwan jagung, tutut rebus, tahu, tempe, empal, dan lain lain.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Taman Kencana, Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, & Jalan Dramaga
Harga : Dibawah Rp.50.000,-
Jam Buka : Pukul 12.00 – 23.00 WIB[/box]

61. Martabak Air Mancur

Martabak Air Mancur
Martabak Air Mancur (Foto : food.detik.com)

Bagi Anda para pecinta kuliner martabak, ada neh martabak paling enak di Bogor yang harus Anda coba yaitu Martabak Air Mancur. Menu andalan di tempat ini adalah martabak keju dan jagung.

Martabak air mancur selalu ramai saat akhir pekan oleh kendaraan dari luar kota, karena sudah terkenal kelezatannya. Anda bisa menikmati martabak secara langsung di tempatnya atau pun dibungkus.

Lokasinya bersih dan nyaman, cocok sekali untuk menikmati martabak tersebut bersama keluarga. Rasa martabaknya enak, gurih, dan masih tetap terjaga sampai saat ini.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Jend Sudirman No. 64, Bogor (samping air mancur Bogor)
Harga : Rp.60.500,- s/d Rp.88.000,-
Jam Buka : Pukul 11.00 – 21.00 WIB[/box]

62. Sop Duren Lodaya

Sop Duren Lodaya
Sop Duren Lodaya (Foto : broadcasta-09.blogspot.com)

Anda sedang mencari wisata kuliner Bondan Winarno di Bogor? Kalau iya, mampir saja ke Sop Duren Lodaya. Sop duren ini sudah memiliki banyak cabang, karena memang sudah cukup terkenal cita rasanya yang enak.

Menu andalan di tempat ini adalah Sop Durian Spesial dengan porsi durian yang lebih banyak dibanding pilihan menu lainnnya. Sop Durian Spesial berisikan olahan daging durian yang telah dicampur dengan es batu, kemudian ditaburi keju di atasnya.

Selain sop duren, Anda juga bisa menikmati aneka menu penganan lainnya di tempat ini, seperti roti bakar, kentang goreng, mie goreng, pempek dan sebagainya.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : JL Lodaya, No. 2, Babakan, Bogor Tengah, Bogor.
Harga : Rp.13.000,- s/d Rp.29.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

63. Bakso Gulung Bragi

Bakso Gulung Bragi
Bakso Gulung Bragi (Foto : ceritaperut.com)

Menikmati aneka bakso enak di Bogor akan terasa belum lengkap bila tak mampir ke Bakso Gulung Bragi di Jl. Palayu, Bantarjati, Bogor. Disini Anda bisa menemukan bakso yang tidak bulat. Ya, Bakso Gulung ini berbentuk silinder, adonan bakso dari daging digulung dengan menggunakan kembang tahu.

Selain bentuknya yang unik, Bakso Gulung ini juga memiliki tekstur yang khas, baksonya yang kenyal dan kembang tahu yang sedikit krispy dan liat. Unik, dan bikin nagih! Harganya pun murah meriah.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Palayu Raya No. 21, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor
Harga : Rp.7.000,- s/d Rp.13.000,-
Jam Buka : Pukul 09.30 – 21.00 WIB[/box]

64. Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo

Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo
Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo (Foto : tempatpariwisataindonesia.com)

Ini dia sate unik khas Bogor yaitu Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo. Sate dari daging seperti kambing, sate sapi atau sate ayam mungkin sudah biasa, tapi kalo sate dari sumsum? Pasti lebih dari biasa.

Itulah yang ditawarkan Sate Sapi Pak Oo yang menjajakan sate dari sapi, tidak cuma dagingnya tapi juga sumsum, ati dan ginjalnya.

Menu paling favorit disini adalah Sate Sumsum, sumsum yang kenyal dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dibakar layaknya sate. Disajikan dengan bumbu kacang.

Sensasi yang muncul ketika kelembutan sumsum kemudian lumer di dalam mulut plus rasa bumbu kacang yang legit, buat saya, bener-bener juara. Harga Rp.22.000/porsi. Tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan rasanya yang enak dan maknyus menggoyang lidah.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Surya Kencana No 193 – Bogor.
Harga : Rp.22.000,- per porsi
Jam Buka : Pukul 16.00 – 20.30 WIB[/box]

65. Macaroni Panggang

Macaroni Panggang Bogor
Macaroni Panggang Bogor (Foto : indonesiakaya.com)

Satu lagi kuliner Bondan di Bogor yang paling terkenal, yaitu Macaroni Panggang (MP). Sesuai dengan namanya, menu yang wajib dicoba disini adalah makaroni panggang. Rasanya memang enak, apalagi jika menyantapnya saat panas.

Tersedia juga lasagna gulung dan ragam steak. Jika ingin mencicip menu yang manis, ada cinnamon cake atau onbijtkoek, serta boleh juga menjajal biskuit kayu manis. Santap selagi hangat, apalagi saat udara sedang dingin. Pas banget!

Suasana disini terasa menyenangkan dengan pelayanan yang cepat dan ramah. MP seringkali jadi tempat nongkrong favorit karena memiliki beragam menu yang lezat serta tersedia kursi di bagian depan, lantai dua atau di taman yang asik buat kongkow.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Salak No.24, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Harga : Rp.23.000,- s/d Rp.210.000,-
Jam Buka : Pukul 07.00 – 22.00 WIB[/box]

66. Bebek Pak Ndut

Bebek Goreng Pak Ndut
Bebek Goreng Pak Ndut (Foto : id.foursquare.com)

Anda sedang mencari bebek goreng paling enak di Bogor? Kalau iya, datang saja langsung ke warung makan bebek Pak Ndut di Jl. Pemuda No. 9A, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat. Emang apa seh kelebihan daging bebek disini?

Bebeknya digoreng dengan tingkat kematangan yang pas dengan tekstur dagingnya yang tidak kegaringan. Daging bebeknya mudah dilepas dari tulang-tulangnya. Apalagi sambelnya, maknyus pisan euy!

Anda juga bisa mencoba bebek Serundeng disini, sejenis makanan olahan daging bebek yang digoreng kemudian dibaluri serundeng gurih dan manis.

Bebek Serundeng ini disajikan bersama nasi putih yang hangat, lalapan segar, serta sambal yang nikmat memikat. Konon kabarnya, makanan ini adalah sajian favorit pecinta kuliner bebek goreng khususnya di daerah Bogor.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Pemuda No. 9A, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat
Harga : dibawah Rp.50.000,-
Jam Buka : Pukul 10.00 – 21.00 WIB[/box]

67. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong Sentul Bogor
Pasar Ah Poong Sentul Bogor (Foto : Vania Samperuru via myhotelmyresort.com)

Ini dia ikon kuliner Sentul yang paling terkenal yaitu Pasar Ah Poong. Pasar ini pas banget dijadikan tempat Anda dan keluarga berwisata kuliner ala pasar di sungai.

Anda bisa mencicipi aneka makanan baik khas Indonesia maupun mancanegara sambil duduk santai di samping sungai. Aneka kuliner yang bisa Anda nikmati misalnya tahu pong, snow ice, nasi timbel gudeg dewa, peuyeum pasir sagita dan masih banyak lagi.

Sistem pembayaran yang digunakan di sini adalah menggunakan kartu deposit khusus yang bisa dibeli di kasir utama. Kartu deposit inilah yang akan digunakan sebagai alat pembayaran di stand makanan yang akan dibeli.

Jika terdapat sisa di dalam kartu, Anda bisa meminta kasir untuk mengembalikannya sesuai dengan nominal sisa yang ada di kartu. Asik deh pokoknya berwisata kuliner disini bareng teman atau keluarga.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Sentul City, Bogor, Jawa Barat
Harga : diatas Rp.20.000,-
Jam Buka : 24 Jam[/box]

68. Pojok Sate Kiloan

Pojok Sate Kiloan
Pojok Sate Kiloan (Foto : thearoengbinangproject.com)

Bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat makan di Sentul yang enak dan murah, bisa mencoba berkunjung ke warung Pojok Sate Kiloan di Jl. Raya Babakan Madang No. 2, Bukit Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Warung ini menyediakan aneka olahan daging kambing, dari mulai sate, tongseng, kambing guling, nasi goreng kambing, gulai kambing, dan sop kambing. Namun, ada juga menu lain dengan bahan dasar daging ayam, seperti sate ayam, tongseng ayam, ayam bakar, dan ayam goreng.

Sesuai dengan namanya, pembeli disini biasanya memilih porsi berdasarkan berat daging. Misalkan, pelanggan ingin membeli sate 1/4 kilogram, maka jumlah tusuk sate yang disajikan akan menyesuaikan dengan berat daging yang dibeli. Bisa juga, pembeli memesan per tusuk seperti biasanya warung sate.

Rasa menu olahan daging kambing disini benar-benar enak dan tak berbau amis/prengus. Daging kambingnya lembut dan lunak ketika dimakan. Recommended deh!

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Raya Babakan Madang No. 2, Bukit Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Harga : Rp.61.000,- untuk sate 1/4 Kg daging kambing
Jam Buka : Pukul 09.00 – 22.00 WIB[/box]

69. Meranti Restaurant, Puncak Pass Resort

meranti-restaurant
Meranti Restaurant (Foto : atummy.blogspot.co.id)

Inilah salah satu tempat makan murah di Puncak Bogor yang sangat terkenal, namanya Meranti Restaurant. Nuansa klasik benar-benar tersaji disini, dari dulu sampai sekarang, interiornya belum diganti. Sungguh keren lho!

Tempat ini juga memiliki outdoor areaway dengan pemandangan yang keren. Pas banget buat kongkow atau kumpul-kumpul bareng teman dan keluarga. Menu makanan dan minumannya cukup bervariasi dengan citarasa yang enak.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Puncak Pass Resort, Jl. Raya Puncak, Sindanglaya Cianjur, Bogor Selatan
Harga : Rp.300.000,- (rata-rata untuk 2 orang)
Jam Buka : Pukul 07.00 – 22.00 WIB[/box]

70. Sate Shinta, Jalan Raya Cipanas

Sate Shinta
Sate Shinta (Foto : s3.burpple.com)

Dimana seh tempat kuliner puncak murah yang paling terkenal? Ya, tentu saja Warung Sate Shinta jawabannya. Warung ini sudah buka sejak tahun 1977 dan saat ini sudah memiliki beberapa cabang.

Di sepanjang jalur Puncak pun Anda dapat menemukan empat cabang Warung Sate Shinta. Cabang lainnya dapat Anda temukan di Cianjur, Bogor, dan Bandung. Tak ayal, Sate Shinta pun menjadi sate paling enak dan terkenal di kawasan Puncak Bogor.

Warung Sate Shinta menyajikan banyak pilihan menu. Ada sate kambing, sate kelinci, sate sapi, sate ayam, gulai, sop kambing, dan juga sop buntut. Menu paling favorit di tempat makan enak ini adalah sate kambingnya.

Anda bisa meminta kepada pelayan untuk menggunakan hotplate dan bukan piring biasa agar satenya awet hangatnya. Enak banget deh makan sate yang panas di daerah yang dingin.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jl. Raya Cipanas No. 20 Cianjur dan Jl. Puncak Km 75 No. 30
Harga : Rp.150.000,- (rata-rata untuk 2 orang)
Jam Buka : 24 Jam[/box]

71. Cimory Riverside Puncak

Cimory-Riverside-Resto
Cimory Riverside Resto (Foto : surabayafood.com via haphap.com)

Bagi Anda yang sedang mencari restoran dengan view bagus di Puncak maka Cimory Riverside bisa menjadi pilihan yang tepat. Restoran yang terletak di tepi sungai ini menyuguhkan panorama alam terbuka yang begitu indah.

Anda bisa datang kesini menjelang senja agar tak ketinggalan pemandangan matahari terbenam yang cantik menawan, diselingi suara gemericik air sungai yang menenangkan.

Tempat makan enak di Puncak ini menawarkan beragam menu yang bervariasi dengan citarasa yang lezat. Namun, menu olahan sosis menjadi makanan yang sangat difavoritkan oleh sebagian besar pengunjung.

Menu lain yang bisa Anda coba adalah menu western seperti Chicken Cordon Blue. Bila ingin menyantap santapan berkuah, Anda dapat mencoba sup jamur atau zuppa soup, sop buntut goreng, soto ayam kampung.

Ada juga menu makanan yang dibakar, seperti iga bakar, buntut bakar dan ayam bakar. Tempatnya asik dan nyaman buat makan bareng keluarga dan teman-teman.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580″ ]Lokasi dan alamat : Jalan Raya Puncak KM. 76, Megamendung, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Harga : Rp.20.000 s/d Rp.40.000,-
Jam Buka : Pukul 08.00 – 22.00 WIB[/box]

72. Nicole’s Kitchen & Lounge

Nicole's Kitchen and Longue
Nicole’s Kitchen and Longue (Foto : cumilebay.com)

Ini dia tempat makan romantis di Puncak Bogor yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja, namanya Nicole’s Kitchen & Lounge. Suasana yang nyaman, iew pemandangan yang bagus & keren serta kombinasi menu Asia dan Barat dengan harga yang terjangkau menjadi alasan banyak wisatawan datang kesini.

Restoran ini terbagi menjadi 2 lantai, di lantai 1 namanya Nicole Kitchen dengan konsep indoor dan di lantai 3 namanya Nicole Lounge dengan konsep outdoor dan nuansa serba putih serta ditambah dengan bantalan warna-warni.

Nicole Lounge menyediakan 3 pilihan tempat duduk, yaitu kursi biasa (tanpa minimum order), kursi setengah lingkaran (minimum order 300 ribu), dan kursi yang modelnya seperti balkon (minimum order 500 ribu).

Dominasi warna putih yang ada di lounge ini membuat kesan simple dan modern serta comfy. Pas banget dijadikan tempat nongkrong di Puncak bareng teman atau pun keluarga.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Kampoeng Brasco Cipanas, Jl. Raya Cipanas Hanjawar No. 1, Bogor Selatan
Harga : Rp450.000 untuk 2 orang (rata – rata)
Jam Buka : Pukul 09.00 – 22.00 WIB[/box]

73. Lemongrass Resto

Lemongrass
Lemongrass (Foto : lifestyle.kontan.co.id)

Anda sedang mencari tempat makan yang romantis di Bogor? Mungkin Lemongrass Resto bisa menjadi pilihan Anda. Selain enak buat makan, resto ini juga asyik untuk nongkrong bareng teman dan keluarga.

Ada dua area yang bisa Anda pilih, ruang tengah dan backyard. Kedua ruangan tersebut dibatasi oleh kolam persegi panjang dengan air yang jernih sehingga suasananya menjadi lebih segar.

Di area dalam, terdapat meja kayu yang dilengkapi dengan kursi panjang dan bantal agar pengunjung semakin nyaman seperti di rumah sendiri. Sementara di area taman belakang, disediakan meja panjang yang dikelilingi kursi jaring.

Restoran ini juga dilengkapi dengan taman rumput yang hijau dan ditanami pepohonan untuk memberikan kesan sejuk. Ada pula sofa bulat yang besar dengan sanggahan rotan untuk bersantai.

Untuk menu makanannya, Lemongrass menawarkan berbagai menu mulai dari dimsum, roti, makanan Asia, pasta, hingga aneka makanan penutup. Sedangkan untuk minumannya, aneka rasa kopi bisa menjadi pilihan.

[box type=”info” align=”alignleft” width=”580px” ]Lokasi dan alamat : Jalan Raya Pajajaran No. 21, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor
Harga : Rp.250.00,- (rata-rata untuk 2 orang)
Jam Buka : Pukul 10.00 – 22.00 WIB[/box]

Bagaimana sobat traveler? Lezat dan menggugah selera bukan aneka makanan yang ada di kota Bogor? Buruan catet nama dan alamatnya lalu agendakan untuk mencicipinya!

Bagi sobat traveler yang ingin berbagi info tentang tempat wisata kuliner enak dan murah di Bogor lainnya bisa menuliskannya di kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.