Pusat Info Wisata Terlengkap

25 Tempat Buka Puasa Dan Ngabuburit Di Jakarta Yang Asik Dan Enak

0 82

Tempat Buka Puasa Dan Ngabuburit Di Jakarta – Inilah daftar tempat yang asik dan enak buat buka puasa sekaligus ngabuburit di Jakarta timur, selatan, barat, utara, dan pusat. Menunggu waktu adzan maghrib berkumandang memang paling tepat bila dilakukan dengan hal-hal positif yang dapat menambah pahala seperti mendengarkan ceramah menjelang berbuka dan tadarus Al qur’an.

Kegiatan lain yang selalu menjadi trend dan tradisi saat bulan Ramadhan tiba adalah buka puasa bersama dan ngabuburit bareng teman atau keluarga. Di Jakarta, banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan untuk menunggu waktu berbuka tiba, dari foto-foto, naik sepeda onthel hingga belanja.

Nah, dari sekian banyak tempat yang asik buat ngabuburit di Jakarta, anekawisata.com telah memilihkan tempat terbaik yang paling enak dan nyaman buat buka puasa dan ngabuburit. Dari mulai sentra pedagang takjil, tempat nongkrong, tempat wisata, sampai tempat makan enak yang murah meriah dan mahal ada semua disini. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak rekomendasi dan referensinya berikut ini.

Daftar Tempat Buka Puasa Dan Ngabuburit Di Jakarta Yang Asik, Enak, Dan Recommended

1. Kota Tua

Tempat-Buka-Puasa-Dan-Ngabuburit-Di-Jakarta
Tempat Buka Puasa Dan Ngabuburit Di Jakarta Kawasan Kota Tua (Foto : instagram.com/endahxlestari)

Ini dia tempat buka puasa dan ngabuburit di Jakarta favorit wisatawan. Kota Tua rupanya tak sepi dari serbuan wisatawan yang mau ngabuburit. Mulai dari pukul 15.00 WIB, kawasan Kota Tua sudah dipenuhi banyak wisatawan, baik dari anak kecil atau para ABG. Oya, tempat ini mirip seperti tempat ngabuburit di Semarang yang bernama Kota Lama, hanya beda nama.

Bermain sepeda onthel, foto-foto dengan bangunan tua dan meriam, atau sekedar duduk-duduk menjadi kegiatan asyik untuk ngabuburit di Kota Tua. Aneka makanan enak pun berjejer di sana. Pas banget dijadikan sebagai tempat ngabuburit yang asyik di Jakarta. Apalagi Kota Tua merupakan salah satu ikon tempat wisata Jakarta yang lagi hits, pastinya seru!

2. Pantai Indah Kapuk

Tempat-Makan-Di-Pantai-Indah-Kapuk
Ilustrasi menu salah satu tempat makan di Pantai Indah Kapuk (Foto : anakjajan.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan Pantai Indah Kapuk (PIK)? Disini merupakan gudangnya tempat wisata kuliner di Jakarta. Anda dapat menemukan aneka restoran, tempat makan enak, cafe, dan tempat nongkrong yang cocok buat buka puasa bersama dengan teman atau keluarga.

Dari mulai makanan khas Indonesia sampai menu western ada semua disini. Tak heran jika Pantai Indah Kapuk termasuk salah satu tempat buka puasa favorit di Jakarta. Namun, Anda perlu ingat! Cari yang halal ya! Kalau perlu liat ada serfikat halalnya tidak dari MUI. Jangan sampai sia-sia puasa Anda.

3. Abunawas Restaurant

tempat-buka-puasa-di-Jakarta
Tempat buka puasa di Jakarta Abunawas Restaurant (Foto : instagram.com/abunawasrestaurant)

Inilah tempat buka puasa bersama di Jakarta yang recommended bagi Anda yang ingin merasakan menu makanan dan suasana ala timur tengah. Abunawas Restaurant merupakan restoran enak di Jakarta yang bergaya timur tengah dengan menyajikan menu khas Arab Saudi dan negara-negara di kawasan Timur Tengah.

Beberapa menu makanan yang bisa Anda pilih untuk buka puasa disini antara lain : Lahm/Samak-Mashwi/Maqli (daging kambing/ikan goreng atau bakar), Lahm Mugalgal (daging kambing yang dimasak dengan tomat, bawang merah, paprika hijau, dan sedikit bumbu pedas), Kebab Dajaj (roti kebab isi daging ayam), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Abunawas-Restaurant
Salah satu menu makanan di Abunawas Restaurant (Foto : instagram.com/abunawasrestaurant)

Ada dua cabang alamat dan lokasi Abunawas Restaurant di Jakarta yaitu Jalan Matraman No.15, Jakarta Timur dan Jalan Kemang Utara No.15, Jakarta Selatan. Jam buka mulai pukul 11.00 – 24.00 WIB. Menu makanan di sini ditulis dalam Bahasa Arab, tetapi ada pula penjelasannya dalam Bahasa Inggris.

Jangan coba-coba langsung datang ke restoran ini pada saat weekend ya. Biasanya full booked. Supaya enak, Anda bisa reservasi dahulu sebelum berangkat buka puasa disini. Soal harga memang agak mahal, tapi pas bangetlah dengan suasana dan makanannya yang maknyus dan lezat.

Restoran Abu Nawas ini memiliki 3 lantai. Lantai 1 ada dapur dan tempat makan lengkap dengan meja makan. Lantai 2 khusus untuk family room, ruangan yang lebih private dan duduknya lesehan. Lantai 3 ruangan khusus prasmanan, musholla,juga toilet.

Baca Juga : Daftar Dan Rekomendasi Tempat Wisata Di Jakarta Untuk Libur Lebaran

4. Pasar Takjil Benhil (Bendungan Hilir)

Pasar-Benhil-Jakarta
Pasar Bendungan Hilir / Benhil Jakarta (Foto : merdeka.com)

Pasar Benhil merupakan pusat takjil di Jakarta yang paling terkenal dan lengkap. Kawasan Pasar Benhil yang terletak di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, adalah salah satu pusat kuliner Ramadhan favorit warga ibu kota Jakarta. Tak heran jika menjelang waktu berbuka, tempat jual takjil ini selalu ramai pengunjung.

Ada ratusan penjual berjejer di bawah tenda-tenda besar yang biasanya mulai buka dasar pukul 11.00 hingga 18.00 atau waktu maghrib. Semua menu sehari-hari yang Anda cari bisa diperoleh di sini. Seperti siomay, es buah, empek-empek, batagor, jajanan tradisional, es sirup, ikan bakar, sate padang, gudeg, serabi, otak-otak, ayam bakar, dan mendoan.

Anda juga bisa mencari pastel, lontong, putu mayang, risoles, nasi rames, es cendol, kolak pisang, lemang, bubur kampium, risoles, lemper, gorengan, biji salak, martabak, kue lapis bubur sumsum, dimsum, dan masih banyak lagi. Harganya juga murmer alias murah meriah yaitu berkisar antara Rp2.500 – Rp15.000.

5. Restoran Seafood Bandar Djakarta

Restoran-Seafood-Bandar-Djakarta
Restoran Seafood Bandar Djakarta (Foto : Bina Anditha Anditha via plus.google.com)

Anda penggemar seafood? Kalau iya, maka wajib deh datang ke tempat buka puasa enak di Jakarta yang satu ini. Bandar Djakarta – Ancol, adalah restaurant seafood di tepi laut teluk Jakarta yang memberikan semua kenyamanan yang Anda harapkan.

Pemandangan yang indah, suasana yang nyaman, bersantai dan berekreasi sambil menikmati hidangan laut yang lezat berkualitas. Anda dapat memilih duduk di tepi pantai, lesehan atau di dalam ruangan-ruangan yang terbuka dan tertutup dengan kapasitas sampai 1600 orang, sambil menikmati lagu-lagu manis yang dinyanyikan oleh artis Bandar.

Lokasi dan alamat Bandar Djakarta Taman Impian Jaya Ancol terletak di Pintu Masuk Timur, Jl. Kw. Wisata Ancol, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Jam buka mulai dari pukul 11.00 – 23.30 WIB.

Kelebihan makan di Bandar Djakarta adalah Orisinil! Kita bisa memilih sendiri makanan laut yang akan Anda santap! Pilih ukuran, bentuk, kesegaran, dan cita rasa yang Anda inginkan, kemudian nikmati hidangan tersebut di meja makan Anda.

Berbagai variasi makanan laut ada di Bandar Djakarta, berbagai jenis cara masak dan saus yang dapat dikombinasikan, belum lagi variasi minuman ‘home-made’. Berbeda dengan restoran seafood lain, makan di Bandar Djakarta akan membuat Anda kaget karena harganya yang sangat murah dibandingkan dengan suasana, cita rasa masakan, dan pengalaman yang Anda dapatkan.

6. Sulaiman Resto

Sulaiman-Resto
Ilustrasi salah satu menu makanan di Sulaiman Resto (Foto : gastronomy-aficionado.com)

Bagi Anda yang ingin berbuka puasa dengan menu makanan china (Chinese Food) yang halal bisa mendatangi Sulaiman Resto di Jalan Batu Ceper No. 73 Jakarta Pusat. Berbeda dengan restoran-restoran Tiongkok pada umumnya, suasana di Restoran Sulaiman lebih nyaman. Mushola yang nyaman pun disediakan bagi pengunjung yang ingin menunaikan ibadah salat.

Pemiliknya adalah Sulaiman Han, seorang muslim keturunan Tionghoa yang berasal dari Provinsi Shaanxi, Tiongkok. Hidangan favorit di Sulaiman Resto adalah Mie Telur Ayam Tomat Berkuah, Kucai Telur Ayam, Paha Kambing Bergizi, Cah Capcai, dan Jiaozi Daging Kambing.

Harga minuman mulai dari Rp 18.000,- sampai Rp 25.000,-. Untuk teh asli Cina harganya hanya Rp 10.000,-. Makanan sendiri untuk sate ayam harganya Rp. 6.000 pertusuk dan mie tapanji Rp 50.000,-. Dekorasi resto juga kental dengan nuansa Tiongkok, lukisan serta hiasan lainnya didatangkan langsung dari Cina.

7. Monas

Monas-Jakarta
Monumen Nasional / Monas Jakarta (Foto : foto.okezone.com)

Monas di jantung Jakarta, adalah destinasi yang cocok untuk aktivitas sore hari atau ngabuburut menjelang buka puasa. Di sudut Monas kita bisa melihat kandang rusa yang sangat luas dengan puluhan rusa di dalamnya.

Puluhan rusa tersebut sudah terbiasa berinteraksi dengan pengunjung sehingga anda bisa menyentuhnya jika rusa tersebut mendekat ke posisi anda berada. Tidak jauh dari kandang rusa, Anda bisa menemukan area tempat pedagang menjual dagangnya.

Di sekitar area lingkaran tugu monas lebih banyak aktivitas lagi yang bisa pengunjung lakukan, biasanya para pengunjung anak anak bermain layangan. Angin yang berhembus kencang serta area yang luas sangat pas untuk bermain layangan.

Anda juga bisa berjalan mengelilingi Tugu Monas dengan jalan kaki atau lari kecil. Jika merasa capek/lelah, Anda bisa menggunakan jasa penyewaan sepeda keliling di sekitas tugu monas. Atau duduk saja sambil menikmati keindahan dan udara sejuk di bangku yang sudah di sediakan.

Biasanya saat Ramadhan, disini ada semacam Monas Fair. Anda bisa berburu aneka barang dengan diskon besar-besaran, dari baju, tas, hingga sepatu. Puluhan stand bazar berdiri di sana. Selain itu, stand makanan dari masakan padang hingga brownies Amanda juga dapat Anda temukan.

8. Jalan Panjang Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jalan-Panjang-Kebon-Jeruk
Jalan Panjang Kebon Jeruk (Foto : news.liputan6.com)

Buat Anda warga Jakarta Barat, Jalan Panjang yang ada di Kebon Jeruk pasti sudah tidak asing lagi untuk mendapatkan menu takjil. Tempat ini sudah dianggap sebagai pusat penjualan menu berbuka puasa. Tenda yang dibuat pun ala kadarnya dan terlihat berjejer di sepanjang Jalan Kebon Jeruk. Bahkan bisa sampai dari Jalan Anggrek hingga ke Jalan H. Domang.

Seperti halnya di Benhil, menu takjil yang bisa kamu temukan di pasar kaget Jalan Panjang juga banyak lho. Panganan yang sering ada saat bulan ramadan bisa langsung dipilih di sini. Menu takjil berupa jajanan tradisional dan makanan berat yang tersedia di Jalan Panjang pun cukup bervariasi.

Anda bisa temukan kerak telor, mendoan, cakwe, sate kambing, mie juhi, sate ayam, oncong, donat, buntil, dan es yang sudah dikemas. Kue basah dan kue kering juga bisa jadi pilihan menu takjil untuk berbuka puasa. Oh ya, kalau hari biasa tempat ini kelihatan normal-normal saja tapi saat bulan ramadan, jalanan di sekitar Jalan Panjang bisa macet karena banyak sekali pengunjung yang parkir kendaraan untuk mendapatkan menu takjil.

Baca Juga : 32 Tempat Makan Enak Di Jakarta Untuk Buka Puasa

9. Pasar Rawamangun, Jakarta Timur

Pasar Rawamangun Jakarta Timur
Pasar Rawamangun, Jakarta Timur (Foto : m.gedoor.com)

Bagi Anda yang berada di Kawasan Jakarta Timur, bisa berburu takjil di Pasar Rawamangun. Ada banyak panganan yang bisa Anda pilih disini. Lokasinya yang strategis dan dekat dengan Terminal Rawamangun membuat tempat ini selalu ramai jadi tempat berburu takjil buat warga sekitar, orang yang kebetulan lewat, atau orang-orang yang mau pergi ke terminal untuk bepergian jauh.

Pasar takjil dadakan ini hanya bisa ditemukan saat bulan ramadan. Buka mulai pukul 15.00 hingga pukul 19.00, tempat ini pun makin ramai menjelang sore hari. Harga menu takjil yang dijajakan murah meriah, yaitu sekitar Rp.2.500,- sampai dengan Rp.45.000,-.

Contoh makanan yang ada disini antara lain kue talam, bakwan, otak-otak, tahu isi, kepiting saus padang, bubur kampium, risoles, onde-onde, kue cucur, kolak pisang, es buah, lumpia, es rumput laut, lemper, es kelapa muda, ayam goreng dan ikan goreng.

10. Sop Buntut Ibu Samino

Sop-Buntut-Ibu-Samino
Ilustrasi Sop Buntut Ibu Samino (Foto : qraved.com)

Anda penggemar sop buntut? Kalau iya, wajib deh rasanya mampir buka puasa di Sop Buntut Ibu Samino. Mau sop buntut biasa, goreng, bakar, balado, atau cabe ijo? Semuanya tersedia di Sop Buntut Ibu Samino dalam pilihan buntut biasa dan spesial.

Daging buntutnya tebal mantap dengan kuah yang gurih hangat. Pelengkapnya berupa irisan daun bawang dan tomat yang asam segar. Kalau ke sini, cicip juga sop iga dan sop konro yang tak kalah nikmat. Harga makanan disini berkisar antara Rp.15.000,- sampai Rp. 76.000,-.

Alamat dan lokasi Sop Buntut Ibu Samino ada di Jl. New Delhi Pintu 1, Senayan (Belakang Hotel Century) Senayan-Jakarta Selatan, Jl.Tentara Pelajar No. 22(Arteri Permata Hijau)Patal Senayan,Kebayoran Lama-Jakarta Selatan, dan Jl. Pasanggrahan Raya No.1128 D, Kembangan Selatan-Jakarta Barat.

11. Taman Menteng

Taman Menteng
Taman Menteng (Foto : waspada.co.id)

Salah satu taman kota yang asyik untuk tempat ngabuburit di Jakarta adalah Taman Menteng. Berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, inilah tempat favoritnya anak muda untuk ngabuburit.

Bangku-bangku taman di sini jadi tempat asyik untuk bersantai. Banyaknya pepohonan membuat udara segar dan suasana menjadi nyaman. Di dekat tamannya juga terdapat deretan penjaja makanan. Tinggal pilih sesuai selera. Tak kalah bagus deh bila dibandingkan dengan tempat ngabuburit di Surabaya yang bernama Taman Bungkul.

12. Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat

Jalan-Kramat-Raya,-Jakarta-Pusat
Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat (Foto : liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penjual takjil dadakan saat Ramadhan tiba juga ada di Jalan Kramat Raya, tepatnya dekat dengan gedung bioskop di sekitar kawasan Senen. Anda bisa temukan banyak lapak-lapak menjual takjil yang menawarkan berbagai macam menu masakan buat umat muslim untuk berbuka puasa.

Bagi Anda penggemar makanan khas dari ranah Minang, Anda wajib datang ke Jalan Kramat Jati mengingat spesialisasi dari tempat penyedia takjil ini kebanyakan memang bertema makanan Minang. Di sini, Anda bisa dengan mudah menemukan menu takjil srikaya telur, nasi kapau, bubur kampium, goreng paru, lamang tapai, itik bumbu sambal ijo, ayam bakar bumbu Minang, dan masih banyak lagi.

Racikan bumbu khas Minang memang lebih mendominasi, namun Anda juga masih bisa membeli menu takjil lain, seperti kue-kue tradisional lupis, wajik, getuk, risoles dan juga kue kering. Yang banyak diminati oleh pembeli takjil di Jalan Kramat Raya tentu saja menu lamang tapai. Konon rasanya beda dengan yang lain dan terasa lebih nikmat di lidah.

13. Lapangan Blok S, Jakarta Selatan

Lapangan-Blok-S
Lapangan Blok S Jakarta Selatan (Foto : gedoor.com)

Bagi warga Jakarta Selatan, nampaknya Lapangan Blok S sudah menjadi ikon kuliner dan ngabuburit saat bulan Ramadhan tiba. Tempat ini tidak hanya buka saat bulan ramadan saja karena di hari biasa pun tempat ini banyak didatangi oleh pemburu kuliner mengingat ada banyak perkantoran di sekitar Lapangan Blok S. Di tempat ini, Anda bisa pilih menu sesuai selera.

Kalau mau yang kelas ringan, Anda bisa pilih takjil jajanan tradisional tapi kalau ingin langsung menu yang lebih berat, ada beberapa pilihan yang tersedia seperti nasi goreng, siomay, sate padang, bakso, dan masih banyak lagi. Menjelang berbuka tempat ini makin ramai mengingat orang-orang kantor sudah mulai pulang.

Baca Juga : 20 Tempat Makan Es Krim Di Jakarta Yang Paling Enak

14. Jalan Soka Jakarta Utara

Jalan-Soka-Jakarta-Utara
Jalan Soka Jakarta Utara (Foto : gedoor.com)

Jakarta Utara juga punya pusat penjual takjil jajanan Ramadhan yang memanjakan lidah warganya. Jalan Soka, Kelurahan Rawa Badak, Jakarta Utara merupakan Pasar Takjil sejak tahun 1996. Walau tidak seluas pusat jajanan Ramadan lain namun Jalan Soka selalu ramai dengan pengunjung.

Harga penganan berbuka puasa di Jalan Soka juga lebih terjangkau dibanding dengan pusat jajanan lainnya. Anda bisa mencicipi aneka olahan ikan dan es buah yang dijual di Jalan Soka yang maknyus.

15. Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat

Masjid Sunda Kelapa
Masjid Sunda Kelapa (Foto : adibhasan.wordpress.com)

Masjid Sunda Kelapa yang berada di kawasan Menteng juga menjadi tempat yang sering dicari pemburu takjil. Kalau lagi bulan puasa, area disekitar masjid sering dijadikan sebagai tempat untuk berjualan menu takjil untuk memperoleh peruntungan lebih saat Ramadan.

Anda bisa menemukan menu Betawi seperti ketoprak, kue-kue tradisional dan masih banyak lagi seperti es buah, sate padang, gorengan, sate padang, es kelapa muda, kolak, puding susu, sate ayam, dan masih banyak lagi menu takjil yang bisa Anda pilih di Masjid Sunda Kelapa.

Stan yang menyediakan menu takjil juga cukup banyak. Masjid Sunda Kelapa memang sering dijadikan tempat untuk ngabuburit karena di satu tempat Anda bisa mendapatkan makanan. Habis itu bisa shalat magrib dan tarawih. Kalau habis shalat perut masih lapar, yang jualan menu takjil juga masih menanti Anda kok. Jadi tidak usah kuatir.

16. Masjid Pondok Indah, Jakarta Selatan

Bazar-Ramadhan-Masjid-Pondok-Indah
Ilustrasi Bazar Ramadhan Masjid Pondok Indah (Foto : Leonina K Lahama/ Aktual.com)

Satu lagi rekomendasi berburu takjil di Jakarta, apalagi kalau bukan Masjid Pondok Indah yang ada di Jakarta Selatan. Memang ‘pasar kaget’ ini lebih sering terlihat saat bulan Ramadan ketika banyak umat muslim yang tidak sempat membuat panganan di rumah dan memilih untuk membeli. Lebih praktis katanya. Pelataran Masjid Pondok Indah memang luas dan masyarakat sekitar sering memanfaatkannya untuk berjualan takjil.

Kalau Anda ingin langsung makan, di tempat ini tersedia rendang, sate padang, dendeng balado basah, dan juga ayam panggang. Tapi kalau Anda ingin mencicipi yang ringan-ringan dulu, Anda bisa membeli es krim, puding susu, gorengan, atau bakso. Karena lokasinya ada di sekitar masjid, banyak pembeli yang sekalian shalat maghrib dan tarawih sehingga suasananya tetap ramai.

17. Sop Kaki Kambing Bang Karim

Sop-Kaki-Kambing-Bang-Karim
Sop Kaki Kambing Bang Karim (Foto : Kompas/Wawan H Prabowo)

Sop Kaki Kambing Bang Karim yang terletak di Jalan Kh. Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat merupakan salah satu sop kaki kambing yang terenak di Jakarta. Pas banget buat menu buka puasa. Apalagi saat suasana dingin, nikmat rasanya.

Kuah susunya berwarna kecokelatan menyebarkan aroma kapulaga serta cengkih yang semerbak. Potongan daging, lidah, sampai otak jadi isian yang lengkap. Perasan jeruk limau serta taburan emping buat rasa sop semakin enak. Jam buka mulai pukul 5 sore, namun sebaiknya berkunjung sebelum jam 7 malam bila ingin mendapatkan isian yang komplit.

Warung tenda di bawah flyover ini memang sederhana, namun pengunjungnya ramai sekali. Selain sop kaki kambing, tempat makan ini juga menyajikan soto dengan lauk daging, lidah, kikil, babat, dan paru. Untuk Sopnya, rasa kuah nya gurih susu namun tak buat eneg. Dagingnya kenyal empuk gampang di kunyah.

Seporsi sop maupun soto ditempat ini harga nya tak menentu, bergantung isi yang diambil. Untuk sepotong daging, lidah, kikil dan jeroan yang lain dihargai Rp 4.000, – /potong. Jadi jumlahnya dapat sesuai selera Anda. Pilihan yang lain juga ada, seperti paru, babat, sampai mata.

18. Namaaz Dining

Namaaz-Dining
Ilustrasi menu makanan di Namaaz Dining (Foto : anakjajan.com)

Ingin berbuka puasa di tempat makan dengan penyajian menu makanan yang unik? Cobain deh mampir ke Namaaz Dining yang terletak di Jl. Gunawarman No.42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu untuk memesan tempat berbuka puasa disini.

Konon kabarnya, Namaaz Dining adalah restoran gastronomi molekuler pertama di Indonesia. Semua makanan dan minuman di tempat makan enak ini disajikan dengan cara yang unik. Opor ayam misalnya, disajikan dalam bentuk pensil bersama dengan ketupat yang berbentuk kertas. Ada pula rawon yang disajikan dalam bentuk kue kering.

Menyajikan konsep “fun dining”, Namaaz mengusung makanan Indonesia yang di – deconstruct dan kemudian di- reconstruct sehingga penikmatnya bisa mendapatkan sebuah pengalaman makan yang menyenangkan. Hanya bisa di booking online dan berkapasitas 28 orang, menjadikan restoran ini sangat private.

Harga yang di usungnya pun tidak murah IDR 1,115,000 perpax, dan sekali lagi mereka tidak melayani pengunjung yang datang langsung. Semua harus booking online maximal jam 15.00 dihari yang sama, itupun bila Anda beruntung masih ada seat yang tersedia.

Baca Juga : 15 Tempat Ngabuburit Di Jogja Yang Paling Asik Dan Enak

19. Sate Khas Senayan

Sate-Khas-Senayan
Ilustrasi Sate Khas Senayan (Foto : foody.id)

Anda penggemar sate? Kalau iya, belum lengkap rasanya bila tak mampir mencicipi Sate Khas Senayan (SKS) untuk buka puasa. Sate ayam, kambing, dan sapi yang tersedia di sini punya cita rasa berbeda dari semua sate yang ada. Daging satenya empuk dan sudah berbumbu sehingga bisa dimakan begitu saja.

Bumbu kacangnya juga unik. Bumbu kacang untuk sate ini begitu kental dan lembut. Bumbu kacang ini pun bisa dicocol untuk teman makan krupuk atau dimakan begitu saja. Selain tiga jenis sate tadi, SKS juga punya sate sampler, yaitu sate campuran ayam, kambing, sapi, dan kulit ayam. Untuk jenis sate tersebut harga per porsi bervariasi mulai Rp 30.000 hingga Rp 34.000.

Menu unggulan lain selain sate antara lain adalah tahu telur, lontong cap go meh, nasi langgi, gule tongseng, sop buntut, dan gurame goreng. Semangkuk besar tahu telur, Rp 16.000, berisi tahu bercampur telur yang ditutup sayuran seperti taoge dan kol kemudian bertaburan kacang goreng serta kacang goreng tumbuk dan kemudian diguyur dengan kuah hitam pekat. Rasanya manis bercampur gurih.

Untuk minuman, Anda bisa mencoba es teh manis SKS. Ini jenis teh beraroma jasmine, cukup kental, yang membuat Anda kembali ke masa lalu. Jus durian juga tak pernah absen di sini. Es cendol duren dan es merah delima bisa dicoba. Lelehan duren di atas cendol atau merah delima yang menggoda karena warnanya, silakan pilih. Yang pasti keduanya bisa jadi minuman penutup yang pas.

Sate Khas Senayan (SKS) kini sudah memiliki 18 cabang di antero Jakarta dan Tangerang. Konsepnya tak semua full dining. Kebanyakan express dining dan kemudian berkembang pula yang full express karena letaknya di mal.

Lokasi dan alamat beberapa cabang Sate Khas Senayan dapat ditemukan di hampir semua mall di Jakarta, seperti di Grand Indonesia, Emporium Pluit, Baywalk Mall, Cipinang Indah Mall, Central Park, Lotte Shopping Avenue, dan masih banyak lagi.

20. Taman Suropati

Taman Suropati
Taman Suropati (Foto : alfalegro.wordpress.com)

Kembali lagi ke tempat ngabuburit yang asik di Jakarta. Taman kota lainnya yang tak kalah sejuk di Jakarta adalah Taman Suropati. Taman ini terletak di Jl Diponegoro dan tak jauh dari Taman Menteng. Satu kelebihan Taman Suropati, suasananya lebih rindang dan hijau.

Wisatawan bisa bersantai di tepian kolam air mancur atau melakukan olahraga sore, seperti jogging di Taman Suropati. Kebanyakan, wisatawan yang ngabuburit di sini datang bersama keluarga.

21. Taman Ayodya

Taman-Ayodya
Taman Ayodya (Foto : jakartakita.com)

Satu lagi taman kota yang asyik untuk ngabuburit, yaitu Taman Ayodya di Barito, Jakarta Selatan. Wisatawan bisa bersantai di bangku tangga dengan pemandangan danau buatan di depan mata. Atau, bisa juga duduk-duduk di rerumputan hijaunya.

Ada 2 gazebo yang bisa dipakai untuk duduk-duduk dan jogging track di sini. Beberapa menit sebelum waktu berbuka tiba, silakan berburu aneka makanan enak di sekeliling Taman Ayodya. Harganya pun terjangkau!

22. Al Nafoura

Restoran Al Nafoura
Restoran Al Nafoura (Foto : lemeridienjakarta.com)

Ingin buka puasa dengan menu khas Lebanon? Kalau iya, mampir aja ke Restoran Al Nafoura di Hotel Le Meridien, Jakarta. Alamatnya ada di Jalan Jenderal Sudirman Kav 18 – 20, Jakarta Pusat. Atmosfer yang akrab dan hangat langsung menyapa begitu memasuki Al Nafoura dalam cahaya lampu temaram. Lantunan musik berirama khas Timur Tengah terdengar pelan menyusupi fantasi.

Secara umum pilihan menu disini serupa dengan masakan Timur Tengah, seperti hommos, moutable, babaganoush, tabouleh, labneh, salad segar, dan roti pita. Santapan tersebut umumnya terbuat dari aneka sayuran, seperti terung, serta kacang-kacangan, yogurt, dan perasan jeruk lemon.

Ada pula keju halome (halloumi) dan shanklish. Keju shanklish ini merupakan keju berbumbu yang kerap ditemui dalam khazanah kuliner Lebanon, Palestina, dan Suriah. Biasanya dibentuk bulat seperti bola agak gepeng dengan tekstur gembur. Rasanya gurih beraroma rempah.

Menu khusus yang hanya keluar kala Ramadhan, di antaranya, harouf ouzi dalam porsi besar yang disajikan dalam nampan atau wadah besar berisi nasi mirip nasi kebuli. Untuk porsi yang lebih mungil kita bisa mencicipi harouf ouzi yang berupa potongan kaki domba muda.

Potongan kaki domba ini dimasak dengan direbus dahulu, dibaluri rempah, dan didiamkan selama beberapa waktu di dalam lemari es, kemudian baru dibakar di dalam tungku dengan kayu bakar. Kayu yang dipilih biasanya berasal dari pohon rambutan, yang dianggap memberi aroma sedap tersendiri bagi masakan.

23. Bengawan Solo Restaurant, Grand Sahid Jaya Hotel

Bengawan-Solo-Restaurant
Salah satu menu makanan di Bengawan Solo Restaurant (Foto : culinarybonanza.com)

Buka puasa dengan makanan yang enak plus penyajian yang unik serta dengan suasana yang nyaman tentu menjadi lebih nikmat. Nah, hal seperti itu bisa Anda dapatkan di Bengawan Solo Restaurant lho. Lokasi dan alamatnya berada di JL. Jend Sudirman Kav 86, Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat.

Es krim yang dilabeli nama cinnamon experience menjadi hidangan penutup eksotik yang disajikan Restoran Bengawan Solo di areal lobi Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Mangkuk kecil bersusun dua di tangan pelayan segera menyedot perhatian karena mengeluarkan asap dari es kering yang disiram air hangat di dasar mangkuk.

Hadir sejak tahun 1991, Restoran Bengawan Solo mulai merombak diri dengan kesegaran baru. Bengawan Solo mencoba tampil dengan wajah lebih muda, baik secara fisik maupun lewat sajian menu. Sajian heboh semacam hidangan penutup itu pula yang antara lain menjadi pintu masuk bagi para pecinta kuliner untuk santap buka puasa disini.

Hidangan lain pun disuguhkan dengan atraksi menarik. Atraksi kendi juga menjadi pengalaman tak terlupakan. Hanya dengan satu tarikan tanpa jeda, gelas di meja segera terisi penuh oleh air putih segar dari kendi tanah liat yang diangkat tinggi-tinggi. Pelayan sengaja dilatih khusus agar cara penyajian air putih dari kendi ini bisa dinikmati dan menuai decak kagum.

Menu utama disuguhkan dalam beragam pilihan. Ada lebih dari 40 menu masakan yang enam di antaranya merupakan menu baru, seperti ikan gurami bakar kartosuro, martabak padang, dan tum ikan.

Nasi goreng bengawan solo tergolong menu laris. Dalam wadah penggorengan, nasi goreng tampil dengan dihiasi empat tusuk sate beraneka jenis, yaitu sate udang, sate kambing, sate sapi maranggi, dan sate ayam madura.

Tak hanya cara memasak yang masih tradisional, bumbu-bumbu yang digunakan sebisa mungkin serupa dengan yang biasa dipakai di dapur-dapur pedesaan. Untuk memasak ikan nila yang diolah serupa sayur asam dengan pelengkap jagung manis ini, para chef Restoran Bengawan Solo membuat kuah asam dari bumbu belimbing wuluh.

24. Warung Makan Ayam Bakar Bang Mansyur

ayam-bakar
Ilustrasi Ayam Bakar (Foto : info-kuliner.com)

Ayam goreng/bakar bisa disebut sebagai salah satu hidangan yang paling universal. Sajian ini jadi favorit semua kalangan dan cocok di berbagai suasana, termasuk untuk berbuka puasa. Untuk buka puasa tentu akan lebih tenang bersantap di restoran yang sudah bersertifikat halal MUI. Kehalalannya dijamin karena pemeriksaan secara menyeluruh sudah dilakukan.

Nah, menurut food.detik.com, Warung Makan Ayam Bakar Bang Mansyur yang terletak di Jl. Gebras RT 015/05 No. 10, Susukan, Ciracas, Jakarta Timur termasuk salah satu restoran halal di Jakarta yang pas buat buka puasa. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda bisa cek serfikat halal MUI nya di lokasi.

25. Soto Betawi Ratu Plaza

Soto-Betawi-Ratu-Plaza
Soto Betawi Ratu Plaza (Foto : sotobetawiratuplaza.blogspot.co.id)

Ini dia salah satu soto betawi paling enak di Jakarta, namanya Soto Betawi Ratu Plaza yang terletak di Dapur Anggrek Food Court, Mall Taman Anggrek Lt.4, Jl. Letjen. S. Parman Kav.21, Jakarta Barat. Harganya lumayan mahal seh, sekitar Rp. 33.500,- tapi sesuai dengan rasanya yang lezat.

Kuahnya tampak berwarna coklat muda dengan tampilan yang lebih ‘meriah’. Di dalamnya ada irisan tomat, kentang, irisan daging dengan jumlah generous dan juga tambahan acar, jeruk limau, kecap, sambal dan emping.

Begitu dicicip, rasanya gurih halus saat tercecap di lidah. Karena terasa kurang asin, kamipun perlu menambahkan garam agar rasanya pas di lidah. Kuahnya terasa gurih lembut. Dagingnya juga istimewa, karena potongannya besar dan juga jumlahnya banyak. Plus ada beberapa potongan kentang bertekstur empuk yang membuatnya makin istimewa.

Nah, itu dia aneka tempat asik yang enak buat buka puasa dan ngabuburit bareng teman dan keluarga. Bagaimana sobat traveler? Cukup bukan untuk dijadikan alternatif pilihan tempat bukber saat bulan puasa? Bagi Anda yang punya info menarik lainnya tentang tempat buka puasa dan ngabuburit di Jakarta yang asik dan enak lainnya bisa sharing melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.