Pusat Info Wisata Terlengkap

15 Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Meriah Dan Bagus

0 7,023

Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah – Info wisata Bogor kali ini akan berbagi tentang aneka tempat wisata di Bogor yang murah meriah, bagus, dan menarik. Wisata murah dan bagus tentu menjadi incaran setiap wisatawan. Apalagi saat budget sedang cekak alias pas-pasan, objek wisata yang murah meriah dan gratis tentu saja jadi pilihan utama.

Nah, bagi Anda yang akan berwisata atau liburan di Bogor, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar tempat wisata di Bogor yang murah meriah dan menarik untuk Anda kunjungi. Tidak hanya murah, akan tetapi asyik dan seru juga mendatangi tempat wisata di Bogor berikut. Penasaran bukan? Yuk, buruan simak dan catet rekomendasi 15 tempat wisata di Bogor yang murah meriah bahkan ada yang gratis lho!

Daftar Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Meriah Dan Bagus

1. Kebun Raya Bogor

Kebun-Raya-Bogor
Kebun Raya Bogor (Foto : eibidiei.wordpress.com)

Tempat wisata di Bogor yang murah meriah yang satu ini seakan sudah menjadi ikon wisata Kota Bogor. Setiap wisatawan yang pernah berkunjung ke kota hujan ini tentu mengenalnya. Selain tempatnya yang segar karena banyaknya pepohonan dan juga bunga yang ada di tempat ini, Anda juga bisa melihat berbagi macam jenis tanaman. Terdapat lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan di sana.

Tempat wisata di Bogor yang satu ini telah dikembangkan sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa dahulu kala, dianggap pula sebagai Kebun Botani paling tua di Asia. Jika Anda menelusuri hingga ke area belakang kebun, terdapat sebuah danau yang indah, lokasinya cukup dekat dengan halaman belakang Istana Bogor.

Selain itu, ada sebuah jembatan gantung yang mampu menghadirkan latar fotografi yang unik. Harga tiket untuk masuk ke Kebun Raya Bogor sebesar Rp 14.000 saja. Cukup murah meriah bukan? Ingat ya, harga bisa berubah sewaktu-waktu.

2. Istana Bogor

Istana Bogor
Istana Bogor (Foto : yupegi.com)

Istana ini pada awalnya bernama Istana Buitenzorg. Ada banyak benda seni yang tersimpan di dalamnya, mulai dari lukisan, patung, keramik, dan lainnya. Tidak kurang terdapat 448 buah lukisan dan 216 buah patung yang dimiliki Istana Bogor ini. Istana Bogor termasuk Tempat wisata di Bogor yang murah meriah, namun untuk mengunjunginya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Untuk memasukinya perlu beberapa hal yang harus diperhatikan pengunjung. Pertama adalah mengajukan surat permohonan kunjungan ke istana kepada sekertariat atau kepala istana di bogor. Surat ini berisi tentang daftar nama pengunjung serta identitas dalam bentuk fotocopy.

Kedua adalah minimal pengunjung istana adalah 25 orang, dan memberikan surat yang telah disetujui itu ke pihak istana paling tidak seminggu sebelum pengunjung berencana untuk ke istana ini.

Tunggulah kurang lebih 3 hari setelah menyerahkan surat tadi untuk mengetahui hasilnya. Tiket masuk Istana Bogor termasuk murah yaitu sebesar Rp.14.000 untuk pengunjung lokal sekitar, dan Rp.25.000 perorangnya untuk pengunjung asing.

Tempat wisata yang dekat dengan stasiun Bogor ini juga merupakan lokasi para petani lokal menjajakan wortel-wortel dari kebunnya untuk bisa Anda beli sebagai pakan rusa. Anda dapat menikmati keindahan dan kemegahan Istana Bogor sambil memberi makan langsung rusa-rusa dari Nepal. Asyik dan seru bukan? Murah meriah lagi!

3. Telaga Malimping

Telaga-Malimping
Telaga Malimping (Foto : visitbogor.com)

Telaga Malimping tekenal sebagai salah satu tempat wisata di Bogor yang murah meriah dan sangat cocok untuk liburan keluarga. Telaga Malimping berada di desa Ciades, kecamatan Cigompong, kabupaten Bogor. Untuk harga tiketnya, calon pengunjung cukup membayar Rp 2.500 saja per orang.

Sedangkan apabila para pengunjung ingin menikmati berbagai wahana yang ada di Telaga Malimping tersebut, mereka akan dikenakan biaya yang berbeda-beda sesuai jenis wahan yang dipilih. Sebagai contohnya adalah flying fox sebesar Rp 15.000 untuk satu orang, banana boat sebesar Rp 10.000 untuk satu orang, dan seterusnya. Secara umum, tempat wisata di Bogor yang ini relative murah.

Telaga Malimping juga mempunyai beraneka macam wahana yang asik dan menarik mulai dari usia dini sampai dewasa. Berbagai maca wahana tersebut ialah jet sky, canopy street, arum jeram, rafting, paintball, banana boat, flying fox, kolam renang, mandi bola, kebun binatang, istana balon, Atv, dan masih banyak lagi.

Pokoknya, para pengunjung tidak hanya akan terhibur dengan berbagai macam wahana bermain tersebut, tapi juga bisa mendidik anak-anak untuk berani dan percaya diri.

4. Taman Wisata Mekarsari

Taman-Wisata-Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari (Foto : bogor.net)

Tempat wisata di Bogor yang murah meriah selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Wisata Mekarsari. Taman yang satu ini merupakan tempat wisata yang sangat luas.

Disana Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti melihat berbagai tumbuhan buah yang banyak ditanam, selain itu Anda juga bisa memetik buah yang diinginkan. Tersedia juga taman bermain lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika ke Taman Mekar Sari.

Taman Wisata Mekarsari berdiri di atas lahan seluas 264 Ha dan merupakan taman buah terbesar di Indonesia dengan koleksi sekitar 1470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon di sana.

Taman Wisata Mekarsari mengusung konsep konservasi, reboisasi, edukasi, dan rekreasi. Anda dapat berkeliling menyaksikan koleksi tanaman buah dari seluruh dunia di taman ini dengan menggunakan kereta keliling.

Di tempat wisata Bogor murah ini juga terdapat danau di mana Anda dapat menjajal permainan banana boat, angsa air, aqua bike, hingga floating donut. Kegiatan outbond bersama anggota keluarga juga dapat Anda nikmati. Tersedia pula paket-paket kegiatan menarik, misalnya Family Camp atau Family Biking Camp.

Lokasi dan alamat Taman Wisata Mekarsari ada di Jalan Cilengsi-Jonggol KM 3, Kabupaten Bogor. Harga tiket masuk taman wisata mekarsari ini sangat terjangkau alias murah, Anda hanya dikenakan biaya 25.000 rupiah, harga tiket ini berlaku saat weekdays maupun weekend.

5. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng (Foto : lostpacker.com)

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang murah meriah favorit warga Bogor dan sekitarnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di Tirta Sanita Ciseeng Bogor adalah berendam air panas belerang yang berguna tidak hanya untuk melepas lelah, namun juga baik untuk kesehatan.

Selain tempat berendam air panas, Tirta Sanita Ciseeng juga mempunyai fasiltias permainan yang dapat dimainkan anak-anak dan orang dewasa. Harga tiket masuk Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah 10,000 Rupiah per orang, hati-hati terkadang ada beberapa orang yang mencoba menjual tiket tidak resmi dengan harga 50,000 Rupiah atau lebih.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Yang Bagus Dan Hits

6. Air Panas Ciparay

Air-Panas-Ciparay
Air Panas Ciparay (Foto : jakarta.panduanwisata.id)

Ciparay adalah juga salah satu destinasi yang disukai banyak wisatawan karena kolam air panasnya. Terletak dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, suasana di lokasi objek wisata Bogor yang satu ini terasa begitu alami.

Selain kolam pemandian, terdapat pula saung-saung untuk bersantai. Ada banyak warung di sana yang menyediakan hidangan kopi, teh manis, indomie rebus, hingga aneka makanan ringan. Air Panas Ciparay termasuk tempat wisata di Bogor yang murah meriah. Harga tiket masuknya sangat murah sekali yakni sebesar 4.000 rupiah saja.

7. Situ Gede

Danau Situ Gede
Danau Situ Gede (Foto : wisatakita.web.id)

Situ Gede adalah tempat wisata di Bogor yang murah meriah yang hampir setiap hari dikunjungi warga Bogor. Dikatakan demikian karena banyak masyarakat Bogor yang datang ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau sekedar berjalan-jalan di areal hutan Situ Gede dan bersantai di sana.

Selain itu, kawasan Situ Gede ini juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi pembuatan film atau sinetron yang pernah ditayangkan di televisi. Lokasi salah satu tempat wisata di Bogor ini berada persis di tepi Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Kehutanan RI.

Tempat wisata ini sangatlah murah meriah, Anda hanya dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor Anda cukup membayar Rp. 1000,- dan untuk Mobil anda cukup dikenakan membayar Rp. 2000,-. Untuk tiket masuk Anda tidak perlu membayar karena gratis. Tak heran jika banyak warga yang berkunjung setiap hari karena memang gratis.

8. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari (Foto : selasar.com)

Anda sedang mencari wisata Bogor murah untuk keluarga? Anda bisa mencoba mengunjungi Taman Matahari yang ada di Puncak, Bogor. Anda tak perlu memerlukan banyak biaya untuk refreshing disini.

Tapi hati-hati, diakhir pekan jalan menuju Puncak biasanya padat merayap. Bahkan terkadang diberlakukan sistem buka tutup satu jalur. Lokasi Taman Matahari sendiri terletak di Jl Raya Puncak km 77, Cilember, Bogor.

Untuk bisa masuk ke dalam taman bermain ini, Anda hanya diwajibkan untuk membayar tiket sebesar Rp 10.000/orang untuk hari Senin-Jumat. Tapi khusus akhir pekan, harga tiket naik Rp 5.000 menjadi Rp 15.000/orang. Mungkin karena harganya yang murah inilah tempat wisata ini selalu penuh dengan para wisatawan.

Banyak sekali wana wisata yang bisa dinikmati di Taman Matahari ini, seperti misalnya sepeda air, outbond ropes dan masih banyak lagi. untuk dapat menikmati semua fasilitas permainan ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 5000 perak saja. Murah bukan? Tak heran jika objek wisata ini masuk dalam daftar tempat wisata di Bogor yang murah meriah.

9. Cibalung Happy Land

Wisata Edukasi Tanam Padi Di Cibalung Happy Land
Wisata Edukasi Tanam Padi Di Cibalung Happy Land (Foto : travel.detik.com)

Satu lagi tempat wisata di Bogor yang murah meriah untuk keluarga yaitu Cibalung Happy Land yang erletak di Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di atas tanah seluas kurang lebih enam hektar ini, Cibalung Happy Land memadukan wisata alam, water park, outbound, camping, kuliner, permainan, dan penginapan (vila) yang disertai dengan edukasi.

Nah, sesampainya di Cibalung Happy Land, Anda harus bayar tiket. Pilihannya, boleh tiket masuk saja atau tiket terusan untuk bermain berbagai wahan di Happy Land. Harga tiket masuknya lumayan murah sekali yaitu sebesar Rp 10.000 per orang dan kendaraan (mobil) Rp 5.000. Murah bukan?

Jika Anda dan keluarga ingin sedikit bersantai dan belajar, Anda dapat memasuki wahana-wahana edukasi seperti perah susu, tanam padi, bajak sawah, tangkap bebek, tangkap ikan dan masih banyak lagi. Anak-anak pasti akan merasa senang. Mereka pun dapat sekaligus belajar tentang tanaman dan hewan.

10. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang (Foto : gpswisataindonesia.blogspot.com)

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi sekitar 5 KM dari Bogor, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor yang dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke 7.

Di Kampung Budaya Sindangbarang anda dapat menikmati peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati dan mempelajari kesenian Sunda, menikmati suasana desa yang tenang, dan lain-lain. Harga tiket masuk ke tempat wisata Bogor ini cukup murah dan terjangkau yaitu Rp 25 ribu per orang (Rp 10 ribu dialokasikan untuk pelaku seni dan masyarakat setempat).

Baca Juga : 73 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

11. Warso Farm

Warso Farm
Warso Farm (Foto : telusurindonesia.com)

Warso Farm atau sering disebut Kebun Durian dan Buah Naga Warso adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang berlokasi di Desa Cihideung, sekitar 10 KM dari pusat kota Bogor.

Warso Farm sangat mudah ditemukan karena di pintu gerbang depanyna terdapat replika buah durian dan buah naga yang sangat besar. Berada di atas sebuah lahan berukuran sekitar 8 hektar, Warso Farm adalah tempat wisata perkebunan yang wajib dikunjungi di Bogor.

Di tempat wisata Bogor yang murah ini erdapat sekitar 900 pohon durian di sana dengan varietas mencapai 19 jenis durian. Selain berkeliling dan memperoleh pengetahuan tentang durian, Anda dapat memesan dan menyantap hidangan buah durian pada tempat yang telah dipersiapkan, baik dalam bentuk jus durian atau memakannya langsung. Jika ingin membawa pulang durian sebagai oleh-oleh, Anda dapat memintanya pada pengelola di sana.

Kebun Durian Warso ini dibuka setiap hari, sedangkan untuk tour ke dalam kebun hanya dibuka pada hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional, pada pukul 07.00 – 17.00. Menurut info jika Anda berwisata ke kebun durian ini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis tapi pengunjung tidak boleh memetik buah apapun sebelum masa panennya.

12. Gunung Pancar

Tempat Wisata Di Bogor Gunung Pancar
Tempat Wisata Di Bogor Gunung Pancar (Foto : nazuragulfira.blogspot.com)

Gunung Pancar adalah kawasan wisata alam di Bogor yang murah meriah dengan fasilitas kolam pemandian air panasnya. Kawasan wisata ini sering dimanfaatkan sebagai tempat camping, kegiatan bersepeda, joging, hiking, hingga berkuda.

Anda dapat menyaksikan panorama alami khas hutan lindung yang dipenuhi pepohonan pinus. Sejumlah satwa hidup bebas di kawasan ini. Air panas Gunung Pancar berasal dari mata air alami, dialirkan lewat pancuran ke kolam-kolam rendaman. Ada banyak wisatawan yang menikmati pemandian air panas di sana guna mengembalikan kesegaran tubuh.

Untuk dapat masuk, Anda tentu saja harus membayar tiket masuk wisata Gunung Pancar di Bogor ini sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membaawa kendaraan, cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 1.500 (roda empat) atau Rp 1.000 (roda dua). Murah banget ya? Tak heran jika Gunung Pancar masuk dalam daftar tempat wisata di Bogor yang murah meriah.

13. Museum Zoologi Bogor

Museum-Zoologi-Bogor
Museum Zoologi Bogor (Foto : content.rajakamar.com)

Sesuai dengan namanya, Museum Zoologi Bogor adalah sebuah museum di Bogor yang mempunyai koleksi berupa hewan. Koleksi hewan ini bukan berarti Museum Zoologi Bogor seperti Taman Safari Cisarua, melainkan berupa koleksi hewan yang diawetkan dan juga fosil hewan. Museum Zoologi Bogor yang terletak di dalam Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata edukasi yang bagus karena memiliki puluhan ribu koleksi yang berbeda.

Mulai tahun 2008, tiket masuk Museum Zoologi Bogor Bersatu dengan tiket masuk Kebun Raya Bogor. Dengan membeli satu tiket, Anda bisa mengunjungi Museum Zoologi Bogor dan Kebun Raya Bogor. Untuk tiket masuk Kebun Raya Bogor sendiri Rp. 14.000,- / orang. Tiket khusus wisatawan asing Rp. 25.000,- / orang. Murah meriah bukan? Hanya sekali bayar tiket Anda sudah bisa menikmati 2 objek wisata yang menarik.

14. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari (Foto : sobatpetualang.com)

Inilah salah satu tempat wisata di Bogor yang murah dan disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Terletak dalam kawasan Sentul Paradise Park, air terjun berketinggian 75 meter ini bersumber dari mata air di hutan lindung yang ada di area tersebut.

Limpahan air terjun ini jatuh ke area yang buat sedemikan rupa sehingga mirip dengan kolam renang. Terdapat sejumlah kolam lainnya di sana, seperti kolam arus (Wave Pool) dan kolam anak-anak (Lazy Pool).

Di kawasan air terjun ini juga terdapat kegiatan menarik lainnya, misalnya perahu tangan dan flying fox. Air Terjun Bidadari selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika akhir pekan dan masa-masa liburan.

Tiket masuk menuju air terjun Bidadari ini sebenarnya agak mahal dikit seh, tapi termasuk cukup murah terjangkau. Di hari biasa Rp 25 ribu perorang, sedangkan di hari sabtu-minggu sebesar Rp 30 ribu.

Pada hari libur nasional dan libur sekolah tiket masuk naik menjadi Rp 40 ribu sedangkan tiket masuk paling mahal saat libur lebaran yaitu sebesar Rp 50 ribu perorang. Semua tiket masuk berlaku bagi pengunjung diatas 2 tahun.

15. Museum Etnobotani

Museum Etnobotani
Museum Etnobotani (Foto : rucitradeasy.blogspot.com)

Museum yang diresmikan sejak tahun 1982 oleh Menristek BJ Habibie pada masa itu memiliki koleksi sekitar 1700 benda dengan penomorannya masing-masing dan dipamerkan dalam ruang kaca. Benda-benda ini merupakan sampel yang digunakan para peneliti di berbagai daerah tatkala meneliti hubungan antara suku-suku asli suatu daerah di Nusantara dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Di Museum Etnobotani, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku bangsa yang ada Indonesia. Salah satunya, pakaian suku pedalaman di Indonesia yang bahannya terbuat dari tumbuhan. Objek wisata Bogor yang satu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dan kalangan luas yang ingin menggali pengetahuan tentang Etnobotani.

Museum Etnobotani ini berada di dalam ruangan yang agak tersembunyi di sebuah gedung di Jl. Ir. H. Juanda No. 24, Bogor. Jam Kunjungan: Senin-Kamis 08.00-16.00; Jumat 08.00-11.00 dan 13.00-16.00; Sabtu: dengan perjanjian. Tiket masuk: Rp 2.000, murah meriah banget.

Bagaimana? Asyik dan seru bukan aneka wisata Bogor murah? Yuk buruan wisata ke Bogor. Bagi Anda yang punya info tentang tempat wisata di Bogor yang murah meriah lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.