Pusat Info Wisata Terlengkap

15 Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Terkenal Dan Tahan Lama

3 6,785

Oleh-oleh khas Bogor – Anda sedang mencari oleh-oleh khas Bogor yang terkenal? Catet dan simak daftar oleh-oleh khas Bogor yang terkenal dan tahan lama berikut ini, dari mulai makanan khas Bogor, jajanan khas Bogor, masakan khas Bogor, dan souvenir lengkap semuanya.

Dan tentu saja tak lupa Aneka Wisata menyiapkan oleh oleh khas Bogor dan harganya. Kota Bogor memang kaya akan tempat wisata yang mempesona, dan tentu saja kaya akan aneka oleh-oleh khas-nya.

Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Terkenal Dan Tahan Lama

1. Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor (Foto : anekatempatwisata.com)

Ngomongin oleh oleh khas Bogor yang terkenal tentu tak akan bisa lepas dari yang namanya asinan. Asinan memang sudah sangat lekat dengan image kota Bogor. Meskipun saat ini asinan dapat ditemukan di Jakarta dan kota-kota lainnya, namun menikmati asinan asli Bogor akan menimbulkan sensasi tersendiri.

Ingin mencicipi asinan asli khas Bogor? Datang saja ke Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No. 27C atau di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor.

Tersedia dua macam asinan yaitu asinan buah dan asinan sayur, Anda juga memesan asinan campur. Asinan di sini dikenal memiliki rasa yang khas dan tak berubah sejak tahun 1978.

Menurut pemiliknya, hal ini dikarenakan asinan masih menggunakan resep keluarga dengan tetap memakai gula asli dan tidak ada tambahan bahan pengawet. Asinan termasuk salah satu oleh oleh khas Bogor yang tahan lama alias awet.

Lalu berapa harganya? Harga yang ditawarkan juga tidak mahal. Satu plastik asinan buah atau sayur harganya Rp 19.000. Untuk kuah campuran kacang Rp 22.000. Kalau mau satuan, pelanggan bisa juga membeli minuman manisan buah satuan seperti manisan mangga, pala, dan salak. Manisan ini dikemas di gelas plastik.

2. Talas Bogor

Talas Bogor
Talas Bogor (Foto : hellobogor.com)

Satu lagi oleh-oleh khas Bogor selain asinan yang Bogor banget, yaitu Talas Bogor. Talas yang menjadi sumber karbohidrat tinggi ini sudah dikenal sebagai umbi khas Kota Bogor sebelum diinovasikan menjadi makanan camilan. Rasanya yang unik menjadi alasan kenapa Anda harus menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Tidak sulit menemukan pedagang talas di Bogor karena dapat ditemukan di sepanjang jalan protokol. Para pedagang kerap berjajar di sejumlah titik jalan protokol untuk menawarkan talas bogor.

Jalan protokol yang dijadikan lahan untuk berjualan talas paling ramai biasanya di kawasan Kebun Raya Bogor, di sepanjang Jalan Raya Bogor, dan di area Terminal Bus Baranangsiang Bogor. Anda juga bisa menemukan umbi-umbi ini di sepanjang jalan Pasar Bogor di waktu pagi.

Harganya? Satu ikat talas berukuran kecil yang terdiri dari empat buah talas dijual dengan harga sekitar Rp 10.000. Untuk ukuran sedang, dijualnya dengan harga Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Kalau ukuran besar harganya bisa mencapai Rp 30.000 – Rp. 45.000 satu ikat (berisi sekitar 3 buah talas).

3. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang
Bolu Lapis Sangkuriang (Foto : lapisbogor.co.id)

Bolu Lapis Sangkuriang adalah cara baru untuk menikmati oleh-oleh khas Bogor yang berupa talas. Kue berbahan dasar tepung talas ini menjadi primadona dalam jajaran oleh-oleh khas Bogor. Bolu ini terdiri dari dua warna yaitu kuning dan ungu.

Untuk menambah cantik tampilan dan kelezatan rasa, bolu ini tersedia dengan berbagai topping. Kue ini termasuk salah satu oleh-oleh makanan khas Bogor.

Anda bisa memilih mulai dari topping keju, choco chip sampa rainbow chip. Bolu Lapis Sangkuriang ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa tahan sampai 4 hari di luar lemari es. Jadi, langsung saja datang ke Jalan Raya Sholeh Iskandar dan pilih topping yang paling menarik menurut Anda.

Cari oleh oleh khas Bogor yang awet tahan lama? Ya Kue Lapis Bogor Sangkuriang. Harganya? Harga satu kotak Kue Lapis Bogor Sangkuriang sekitar Rp. 28.000 – Rp. 35.000.

4. Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus
Roti Unyil Venus (Foto : anekatempatwisata.com)

Apa yang terpikirkan oleh Anda saat mendengar kata ‘roti unyil’? Bisa jadi yang terlintas adalah ukuran rotinya yang kecil dan imut. Benar, roti ini memang memiliki ukuran kecil, namun cita rasanya dijamin membuat Anda tak lelah mengunyah. Pas banget deh buat oleh-oleh khas Bogor.

Roti Unyil Venus yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Komplek V point 1, ini menyediakan roti unyil dalam beragam varian rasa. Buka mulai pukul 6 pagi sampai 9 malam, toko ini hampir selalu dipenuhi pembeli, terutama saat akhir pekan.

Jika datang pagi hari, Anda masih bisa memilih dan mendapatkan setiap varian rasa roti unyil. Berbeda jika Anda datang sore atau malam hari, kemungkinan stok roti sudah menipis dan varian rasanya sudah tak lengkap.

Beberapa varian rasa roti unyil di antaranya adalah fla jagung, sosis keju, pisang keju, fla cokelat, abon, srikaya dan kismis. Semua roti mungil ini dibandrol dengan harga yang sama, Rp. 1450,- per buah.

5. Pia Apple Pie

Pia-Apple-Pie
Pia Apple Pie (Foto : onianiaa.com)

Pia Apple Pie sepertinya sudah cukup populer di telinga warga Bogor dan sekitarnya. Restoran enak yang terletak di Jalan Pangrango Nomor 10 ini memang terlihat seperti rumah biasa, namun justru di situlah keistimewaannya. Berada di sini, Anda akan merasa nyaman seperti di rumah sendiri.

Seperti namanya, menu andalan di sini adalah pie apple yang bisa dinikmati di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bogor. Apple pie berbentuk hati dengan ukuran cukup besar.

Teksturnya yang garing dan renyah di luar berpadu selai apel lembut akan membuat lidah Anda bergoyang. Di sini, tersedia juga pie dengan isi lainnya seperti stroberi, blueberry dan keju.

Harganya? untuk mencoba pie dan biskuit ini hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 39.000 sampai Rp 65.000. Di resto ini juga tersedia kue pie mini yang hanya dibanderol dengan harga Rp 9.000 per buah.

Tak hanya menyediakan menu yang lezat untuk oleh-oleh khas Bogor, Resto Apple-Pie juga menyediakan tempat nongkrong yang menyenangkan untuk sekedar santai dan sangat cocok untuk menghilangkan penat.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Yang Bagus Dan Hits

6. Macaroni Panggang Bogor

Macaroni Panggang Bogor
Macaroni Panggang Bogor (Foto : indonesiakaya.com)

Resto Macaroni Panggang menjadi salah satu tempat wisata kuliner favorit di Bogor saat ini. Berlokasi di kawasan Taman Kencana, tempat ini cukup gampang diakses. Mirip dengan macaroni schotel, namun macaroni panggang memiliki tekstur lebih garing di luar dan lembut di dalam. Parutan keju yang terbakar kering dipadu dengan isian macaroni, daging dan keju akan membuat Anda tak cukup makan seporsi.

Macaroni Panggang tersedia dalam tiga ukuran yaitu small, medium dan large. Untuk oleh-oleh khas Bogor, sebaiknya Anda membeli ukuran medium atau large. Namun jika ingin mencicipinya terlebih dahulu, silakan memesan macaroni panggang ukuran small untuk disantap di tempat.

Untuk urusan harga bervariasi sesuai dengan ukuran dan rasa yang dipesan. Misalnya Makaroni Panggang Biasa ukuran Small harganya Rp. 23.000,-, ukuran Medium Rp. 67.000,-, dan ukuran Large Rp. 145.000,-. Lumayan mahal memang, tapi harganya tentu sebanding dengan rasanya yang enak, lezat, dan maknyus.

7. Miss Pumpkin

Miss Pumpkin
Miss Pumpkin (Foto : cekspot.com)

Miss Pumpkin adalah salah satu bentuk kreatifitas warga Bogor yang patut diapresiasi. Di tangan yang tepat, ternyata labu parang yang identik dengan momen Haloween ini bisa menjadi kue yang lezat.

Miss Pumpkin berlokasi di Jalan Pajajaran Ruko Nomor 84 H. Brownies dan bolu berbahan labu ini tersedia dalam berbagai varian rasa di antaranya jeruk, cokelat, original dan green tea.

Toko ini sangat ramai pembeli, jadi sebaiknya Anda bersiap untuk mengantre lama. Bahkan tak sedikit pembeli yang rela menunggu kue keluar dari pemanggang.

Dijual dengan harga Rp. 30,000.- – 35,000.- per kotak, Cake Labu Kuning ala Miss Pumpkin in bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Bogor. Tidak terlalu mahal . Kisaran harganya sangat mirip dengan berbagai penganan atau oleh-oleh di kota hujan ini.

8. Risollaku

Risollaku
Risollaku (Foto : jajanhalal.com)

Berawal dari bekal yang dibuat untuk suami dan anak, risoles hasil kreasi Bunda Nisa ternyata laris manis melalui promosi dari mulut ke mulut. Karena dibuat dari bahan yang aman tak berahaya bagi kesehatan serta rasanya yang lezat, risoles ini pun jadi banyak peminat.

Saat ini, Risollaku telah tersedia dalam berbagai varian rasa seperi ragout, smooked beef, chicken, keju, tuna dan mayoinaise. Selain memesannya melalui telepon, Anda juga bisa datang ke tokonya yang beralamat di Jalan Ring Road Yasmin, Bogor. Makanan ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Bogor.

9. Kacang Bogor Istana dan Stik Talas Bogor Istana

Kacang Bogor Istana
Kacang Bogor Istana (Foto : snackistana.blogspot.com)

Ini dia oleh oleh khas Bogor yang murah meriah. Kacang Bogor ini bersaing ketat dengan talas Bogor yang dikenal identik dengan sang Kota Hujan. Kacang Bogor berbeda dengan kacang tanah, kacang kedelai atau kacang apapun.

Kacang ini berbentuk bulat dan dalamnya berwarna ungu. Pada bulan Februari sampai April, Anda bisa dengan mudah menemukan kacang Bogor rebus yang dijajakan berkeliling.

Tapi ternyata, kacang Bogor tak hanya disajikan rebus saja. Kacang ini sekarang diolah dan menjadi lebih garing, renyah dan tahan lama. Berterimakasihlah kepada Kacang Bogor Istana.

Hal ini membuat Anda tak hanya bisa menikmati kacang ini di masa panennya saja. Kacang Bogor Istana ini dikemas dalam berbagai varian rasa mulai dari balado, barbeque sampai keju.

Kacang Bogor Istana ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 17.500. Bersamaan dengan Kacang Bogor Istana, Anda bisa memilih Stik Talas. Talas ini dipotong sebesar korek api digoreng dan dicampur dengan aneka rasa bumbu seperti Kacang Bogor.

Outlet resmi dari Kacang Bogor dan Stik Talas Bogor ‘Istana’ ada di Jalan Babakan Raya Nomor 37, Darmaga atau bisa juga di gerai Bolu Talas Sangkuriang.

10. Keripik Mbah Gugel

Keripik Mbah Gugel
Keripik Mbah Gugel (Foto : anekatempatwisata.com)

Tampaknya penggemar makanan pedas akhir-akhir ini mulai mendapat perhatian khusus. Berbagai makanan dengan rasa membakar lidah mulai diciptakan untuk memanjakan para penggemar pedas, salah satunya adalah Keripik Mbah Gugel yang merupakan hasil kreasi anak muda Bogor.

Keripik berbahan singkong ini tersedia dalam level kepedasan yang berbeda. Jadi, silakan sesuaikan dengan ketahanan lidah dan perut Anda terhadap rasa pedas. Selain keripik singkong, tersedia juga basreng atau baso goreng dengan rasa yang sama membakar lidah.

Keripik Mbah Gugel ini dapat dipesan secara online melalui BBM dan layanan lainnya. Selain itu, keripik ini juga dapat ditemui di beberapa spot seperti Stasiun Kereta Api Bogor setiap pagi. Pas banget buat camilan oleh-oleh khas Bogor.

Baca Juga : 73 Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Yang Wajib Dicoba

11. Ubi Bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu
Ubi Bakar Cilembu (Foto : anekatempatwisata.com)

Jika Anda sudah sering ke kawasan Puncak, Bogor, tentunya sudah tak asing dengan ubi bakar Cilembu. Ubi ini bisa dengan mudah ditemui di sepanjang jalan menuju Puncak. Meskipun berasal dari Sumedang, namun ubi ini cukup populer di Bogor terutama di kawasan Puncak.

Ubi Cilembu dikenal dengan rasanya yang semanis madu. Yang khas dari ubi bakar Cilembu adalah cairan lengket seperti gula yang keluar saat ubi dibakar. Cairan inilah yang membuat ubi memiliki rasa manis legit istimewa.

12. Brownies Pisang

Brownies Pisang
Brownies Pisang (Foto : travel.detik.com)

Kota Hujan Bogor tidak hanya sejuk, namun juga memiliki banyak panganan nikmat untuk oleh-oleh. Selain kue lapis talas Bogor dan makaroni panggang, masih ada brownies pisang yang tidak kalah enak rasanya. Yummy!

Jika bertandang ke Bogor, nama panganan brownies pisang memang belum setenar kue lapis talas Bogor maupun makaroni panggang. Tapi untuk variasi oleh-oleh khas Bogor, tidak ada salahnya Anda mencoba brownies pisang di d’fla Cake House yang terletak di Jl Pangrango No 3, tidak jauh dari Taman Kencana.

Ternyata tidak hanya enak, variasi rasanya pun juga beragam. Brownies pisang original dihargai Rp 25 ribu, rasa keju Rp 30 ribu, dan rasa green tea dengan harga Rp 37 ribu. Kalau mau mencoba semua rasanya, mungkin Anda bisa beli ketiga rasa tersebut.

13. BrownCo

BrownCo
BrownCo (Foto : browniestalasbogor.blogspot.com)

Serupa tapi tak sama, inilah brownies manis BrownCo yang sekilas mirip dengan kue lapis Bogor Sangkuriang. Walaupun keduanya sudah menjadi tren baru menjadi oleh-oleh khas Bogor, tapi bahan dasar pembuatan cemilan ini tentu berbeda. Singkong pilihan terbaik menjadi bahan dasar pembuatan brownies manis ini.

Bermula dari ide kreatif mahasiswa di ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa mengantarkan Brown Co dikenal baik di kalangan wisatawan Kota Bogor. Mr. BrownCo yang memiliki outlet di Jalan Soleh Iskandar, depan kampus IPB Dramaga dan depan Yogya Jalan Baru, jadi ayo mampir ramai-ramai untuk beli si brownies singkong!

Kisaran harga untuk mendapatkan sekotak brownies bervariasi sekitar 30.000 rupiah, cukup ekonomis bagi kocek mahasiswa. Untuk mahasiswa yang mau makan di outlet pun bisa, tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati sepotong brownies kukus potong maupun roll brownies Mr. BrownCo hasil kreasi Sigit Susilo dan kawan-kawan ini. Cukup 3500 sepotongnya saja sudah dapat deh sensasi brownies yummy!

14. Papapia

Papapia
Papapia (Foto : jajanhalal.com)

Kue pia mungkin selama ini identik dengan oleh-oleh khas Jogja dan Bali. Namun, Bogor ternyata juga punya pia yang tak kalah enak. Namanya Papapia yang sudah berdiri sejak tahun 2008.

Bermula dari insiden kecelakaan pemiliknya, kue enak ini lahir. Karena kebutuhan finansial yang harus tercukupi setiap harinya, mengharuskan istri dari sang pemilik mencoba resep kue Pia yang sudah diwariskan oleh keluarganya terdahulu.

Dengan modal yang tidak terlalu besar akhirnya melahirkan toko kue Pia yang terkenal di Bogor. Rasa Papapia yang tidak mudah dilupakan ini menjadi alasan kenapa Anda wajib datang berkunjung ke Jl.Dalurung I no. 16 Bantarjati, Bogor. Papapia bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Bogor. Range harga dari mulai 25.000/box hingga 30.000/box.

15. Souvenir dan Kaos Khas Bogor

Souvenir Shop, Cisarua Bogor
Souvenir Shop, Cisarua Bogor (Foto : Danumurthi Mahendra, flickr.com)

Selain makanan khas Bogor, Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Bogor berupa souvenir dan kaos Bogor. Anda bisa mengunjungi Unchal. Unchal merupakan tempat yang menjual berbagai merchandise menarik sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Kaos, mug, topi atau gantungan kunci ala Kota Bogor bisa juga kita bawa pulang loh. Lokasi dan alamat Unchal ada di Mall Botanical Square lantai 1, Yogya Bogor Junction lantai basement, Yogya Cimanggu lantai 1 dan Tajur di Ruko samping Donatello.

Anda bisa juga berkunjung ke Jalan Otista. Selain Anda bisa menikmati kuliner kampung rasa kota, disini Anda juga bisa menikmati segarnya udara pagi dari karbon yang tersebar bebas dari hutan kota.

Nah, tepat di depan pintung gerbang Kebun Raya Bogor terdapat penjual souvenir yang menjual barang-barang antik nan cantik. Anda bisa menemukan kaos, tas anyam atau hiasan menarik lainnya untuk dibawa pulang loh!

Bagaimana traveler? Menarik bukan aneka oleh-oleh khas Bogor? Makanannya enak dan lezat, souvenirnya pun cantik dan keren. Apalagi harganya, cukup variatif, terjangkau dan banyak pilihan yang murah meriah.

Nah, bagi Anda yang punya info tentang aneka oleh-oleh khas Bogor yang terkenal, tahan lama, murah, dan menarik lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

3 Comments
  1. Eriska says

    Saya mau pesan..oleh2 khas bogor nya..gmn ya?

  2. Sri Suyanti says

    Selamat sore,

    kami ingin produk kami di tampilkan di web https://www.anekawisata.com ,mohon diinfokan prosedur dan pesyaratannya.

    terima kasih.

    1. Aneka Wisata says

      Langsung hubungi admin saja di maslatip22@yahoo.com Terima Kasih 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.