Pusat Info Wisata Terlengkap

8 Tempat Wisata Air Terjun Di Bogor Yang Indah Dan Keren

0 461

Wisata Air Terjun Di Bogor – Ingin basah-basahan di Bogor? Jangan lewatkan aneka wisata air terjun di Bogor yang indah, cantik, dan keren berikut. Bogor, punya 8 air terjun yang asyik untuk di datangi! Ingin yang segar-segar di Bogor? Apalagi kalau bukan main-main ke air terjun di Bogor.

Anda bisa basah-basahan, menenangkan diri atau juga berfoto-foto narsis di sana. Keindahan aneka curug di Bogor gak kalah keren lho bila dibandingkan dengan air terjun di Malang dan Bali.

Dalam bahasa Sunda, air terjun lebih familiar disebut dengan nama curug. Dilansir dari detikTravel dan berbagai sumber, simak 8 tempat wisata air terjun di Bogor yang indah, cantik, keren, dan wajib dikunjungi berikut.

Daftar Air Terjun Di Bogor Yang Paling Indah Dan Keren

1. Curug Bidadari

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari (Foto : sobatpetualang.com)

Curug Bidadari di kawasan Sentul, Bogor, memang sangat asyik didatangi bareng keluarga. Selain bisa memandangi dan bermain air yang terjun dari atas tebing nan tinggi, Curug Bidadari pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Lapangan parkir, kamar mandi, dan kolam yang tepat berada di bawah air terjun di sediakan di sana. Belum lagi, terdapat kursi-kursi kayu yang panjang untuk bersantai seperti di pantai. Area kolam di sana juga cukup luas, sehingga tidak perlu sikut-sikutan. Destinasi wisata Bogor yang satu ini pas banget buat liburan bersama keluarga.

Tiket masuk ke Curug Bidadari dibanderol sebesar sekitar Rp 30 ribu. ALamat lengkap Curug Bidadari ada di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor atau tepatnya masuk di dalam kawasan Sentul Paradise Park.

2. Curug Cilember

Curug-7-Cilember
Curug Cilember (Foto : tokoperhutani.com)

Di kawasan Puncak, tepatnya di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor terdapat Curug Cilember yang cantik jelita. Ketinggian air terjunnya yang mencapai puluhan meter, mengalir deras di antara rimbunnya pepohonan. Berfoto dengan latar air terjunnya, pasti keren banget.

Airnya mengalir cukup deras. Hempasan air dari puncak tebing sesekali akan membasahi tubuh Anda ketika berdiri di tepian kolam di bawahnya. Dingin-dingin segar! Kios-kios pedagang di dekat air terjunnya bisa Anda datangi untuk mengisi perut yang keroncongan.

Selain itu, di dekat Curug Cilember juga ada taman kupu-kupu yang sayang dilewatkan. Benar-benar wisata air terjun di Bogor yang asyik dan seru. Jarak dari Kota Bogor ke Curug Cilember, sekitar 20 km. Tiket masuknya sekitar sebesar Rp 6 ribu. Murah meriah bukan? Anda yang suka narsis, wajib berfoto di sini. Pas banget lokasi-nya buat hangout foto.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah Meriah

3. Curug Cigamea

Curug-Cigamea-Bogor
Curug Cigamea (Foto : indonesia-tourism.com)

Inilah tempat wisata di Bogor yang lagi hits dikalangan para traveler muda, namanya Curug Cigamea. Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor Jawa Barat. Dekat dengan Desa Cibatok dan tak jauh dari pintu masuk taman nasionalnya.

Begitu membayar tiket tak lebih dari Rp 5 ribu, Anda harus berjalan menuruni jalan setapak sejauh 700 meter. Begitu kurang lebih 10 menit berjalan, selamat datang di Curug Cigamea!

Lihatlah air terjunnya yang indah dan dikelilingi panorama hijau dari pepohonan. Anda bisa bermain air di kolam alami di bawahnya, atau sekedar duduk-duduk di bebatuan sambil menatapi air terjunnya. Asyik dan seru deh mengunjungi wisata air terjun di Bogor yang satu ini.

Perjalanan menuju Curug Cigamea berjarak kurang lebih 38 km dari pusat Kota Bogor. Cigamea memiliki arti gemuruh, karena debit airnya yang mengalir cukup deras. Di sebelah Curug Cigamea, ada Curug Cimudal.

4. Curug Ngumpet

Curug-Ngumpet-Bogor
Curug Ngumpet (Foto : liburanyukss.blogspot.com)

Masih di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di kaki Gunung Salak terdapat air terjun dengan nama yang unik. Curug Ngumpet namanya, yang seolah air terjun di Bogor ini ngumpet atau bersembunyi di balik pepohonan.

Curug Ngumpet punya ketinggian 45 meter. Debit airnya yang deras, membuat seperti garis putih di tengah pepohonan rimbun. Di bawahnya, ada kolam alami yang jernih.

Wisatawan yang datang ke wisata air terjun di Bogor yang satu ini, paling suka duduk berlama-lama memandangi sembari mendengarkan gemuruh air terjunnya. Memang, suasana yang sungguh alami akan membuat Anda terhanyut dalam nuansa alam yang mendamaikan hati.

Curug Ngumpet masuk dalam Kecamatan Pamijahan. Tiket masuk ke sana, sekitar Rp 6 ribu. Murah meriah dan keren lagi. Datang ke Curug Ngumpet, bawaannya tidak mau pulang saja!

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata Di Bogor Yang Dekat Dengan Stasiun

5. Curug Pangeran

Curug-Pangeran-Bogor
Curug Pangeran (Foto : ceritamu.com)

Tak jauh dari Curug Ngumpet, terdapat Curug Pangeran. Panorama wisata air terjun di Bogor yang ini pun tak jauh berbeda, hanya saja Curug pangeran lebih sepi dan lebih dingin. Curug Pangeran, lokasinya hanya sekitar 5 menit dari Penginapan Pondok Rasamala.

Curug Pangeran juga memiliki kolam alami dengan banyak bebatuan untuk duduk-duduk. Tapi tentu, Anda harus trekking terlebih dulu untuk tiba di sana. Tenang, jalanan untuk trekking ke sana mulus kok! Harga tiket masuk ke Curug Pangeran, sebesar sekitar Rp 6.500. Siapkan baju ganti ya, karena Anda pasti tergoda untuk bermain air yang dingin dan segar di sana.

6. Curug Nangka

Curug-Nangka-Bogor
Curug Nangka (Foto : citizen6.liputan6.com)

Di lereng Gunung Salak, terdapat Curug Nangka yang berada di ketinggian 750 mdpl. Airnya yang jernih dan udara yang segar, menggoda wisatawan untuk datang dan bersantai di sini.

Curug Nangka berlokasi di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti kereta api turun di Stasiun Bogor lau naik angkot 02 arah Mall BTM dilanjut naik angkot 03 arah Ciapus dan minta turun tepat di Curug Nangka.

Wisata air terjun di Bogor yang satu ini sungguh elok dipandang. Asyiknya lagi, juga terdapat dua air terjun indah yang ada di dekatnya, yakni Curug Daun dan Curug Kawung. Harga tiket masuknya juga tidak mahal.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Alam Di Bogor Dan Sekitarnya Yang Hits

7. Curug Luhur

Curug-Luhur-Bogor
Curug Luhur (Foto : wisatanesia.co)

Hanya sekitar 2 km setelah Pura Parahyangan Agung Jagattkarta, atau 1 km setelah akses menuju Curug Nangka, Anda akan menjumpai Curug Luhur di sebelah kanan jalan. Namun, Curug Luhur ini ternyata spesial.

Sebab, aliran air dari Curug Luhur langsung mengarah ke waterpark Curug Luhur Indah Paradise. Inilah satu-satunya air terjun yang lagsung terhubung dengan waterpark di Indonesia. Oleh karena itu, Anda dilarang berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun. Tapi tenang, disiapkan kolam khusus yang aliran airnya juga berasal dari air terjun untuk berenang.

Kembali ke Curug Luhur Indah Paradise, di sana terdapat wahana permainan seperti aneka perosotan dan ember tumpah. Tentu, yang bikin betah-betah Anda di waterpark tersebut adalah karena airnya yang segar yang langsung dari alam. Bukan air kaporit.

Tiket masuk ke Curug Luhur Indah Paradise dibanderol sebesar Rp 40 ribu. Ajak keluarga untuk jalan-jalan ke tempat wisata air terjun di Bogor ini yuk, untuk main basah-basahan dan segar-segaran bareng.

8. Curug Seribu

Curug-Seribu-Bogor
Curug Seribu (Foto : Agus Bogor,flickr.com)

Curug Seribu di Gunung Bunder, Bogor memang eksotis. Begitu tiba di depan air terjunnya, Curug Seribu terlihat begitu besar dan dikelilingi lembah yang sangat terjal. Belum lagi, gemuruh air terjunnya yang deras pun terdengar jelas.

Meski terlihat eksotis dan airnya begitu jernih, nyatanya pengunjung dilarang mendekat ke air apalagi berenang. Bukan tanpa sebab, air terjunnya sudah memakan banyak korban.

Jadi, di sekitar kolam alami di bawah air terjunnya diberi tali pembatas yang mana pengunjung tidak boleh melewatinya. Para pedagang setempat yang merupakan warga asli sana, tak segan menegur dengan tegas siapa saja yang masih bandel.

Tapi meski begitu, wisata air terjun di Bogor yang satu ini sangat cocok didatangi bagi Anda yang suka bertualang. Anda harus trekking sampai 30 menit lebih lamanya serta melewati hutan belantara. Ingat, jam kunjungan ke Curug Seribu hanya dibatasi sampai pukul 16.00 WIB saja.

Bagaimana air terjunnya? Indah, cantik, dan keren bukan? Kawasan puncak Bogor memang kaya akan wisata alam yang mempesona. Tak heran jika setiap libur akhir pekan selalu ramai di datangi para wisatawan. Nah, bagi Anda yang punya info wisata air terjun di Bogor yang menarik lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.