Pusat Info Wisata Terlengkap

25 Tempat Wisata Kuliner Di Bogor Yang Murah Dan Enak

0 987

Tempat Wisata Kuliner Di Bogor – Anda sedang mencari tempat kuliner di Bogor yang murah dan enak? Ini dia daftar tempat wisata kuliner di bogor yang Anda cari. Kuliner murah meriah dan enak nampaknya memang selalu menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata, tak kecuali saat liburan di Kota Bogor.

Kota Bogor tidak hanya menawarkan wisata alam dengan udara yang sejuk, tetapi juga menawarkan aneka kuliner khas Bogor yang murah dan enak. Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat yang paling sering didatangi warga ibukota, aneka tempat kuliner di Bogor ternyata tidak kalah lezat dan kreatif bila dibandingkan dengan wisata kuliner di Bandung.

Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan ini memang memiliki sejumlah tempat kuliner favorit yang selalu ramai didatangi pengunjung. Wisata kuliner di Bogor yang cukup dikenal pada umumnya adalah jenis makanan lokal yang diolah secara kreatif. Aneka makanan kuliner lokal ini sungguh nikmat, maknyus, dan patut Anda coba.

Nah, karena saking banyaknya tempat wisata kuliner Bogor yang tersebar di seluruh penjuru Kota Hujan ini, mungkin Anda akan kebingungan dalam memilihnya. Namun, Anda tidak usah kuatir, Aneka Wisata telah menyiapkan daftar tempat makan enak di Bogor yang rekomended dan harganya tidak terlalu mahal alias murah meriah. Penasaran bukan? Yuk, buruan simak dan catet rekomendasi 25 tempat wisata kuliner di Bogor yang murah dan enak berikut ini.

Tempat Wisata Kuliner Di Bogor Yang Murah Dan Enak

1. Asinan Bogor

Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor (Foto : anekatempatwisata.com)

Siapa seh yang tidak kenal dengan asinan Bogor? Makanan khas Bogor ini yang telah menjadi trademark tempat wisata kuliner di Bogor. Selain harganya yang relatif murah, rasanya pun enak dan maknyus. Tak heran jika banyak wisatawan yang membeli asinan sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Dengan kombinasi kuah segar yang bersinergi dengan buah dan kerenyahan kerupuk kuning, jajanan ini sangat menggoda untuk dilahap sebagai pencuci mulut yang mantap. Jika ingin mencari Asinan Bogor paling enak, Anda bisa menuju ke Jl. Binamarga. Di sini terdapat sebuah tempat penjual Asinan Ny. Yenny (seberang Terminal Baranangsiang) yang terkenal di kalangan wisatawan.

Ada juga asinan Bogor lainnya yang cukup kondang dan legendaris seperti Asinan Roda yang berada di Jl. Roda (dekat dengan Jl. Suryakencana) dan Asinan Gedung Dalam yg ada di Jl. Siliwangi, yang membuka cabangnya di Jl. Pajajaran, tepatnya di Ruko V-Point (samping Plaza Ekalokasari).

2. Toge Goreng

Toge-Goreng
Toge Goreng (Foto : kuntawidjaya, flickr.com)

Kuliner khas Bogor murah meriah dan enak yang wajib Anda coba berikutnya adalah Toge Goreng atau Tauge Goreng. Anda mungkin tidak akan bisa menemukan kuliner khas Bogor ini di tempat lain. Toge goreng ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga ditambah ketupat).

Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin. Toge goreng ini sangat nikmat dipanas dalam kondisi masih hangat, apalagi bila hujan sedang turun di Kota Hujan ini.

Salah satu tempat wisata kuliner di Bogor yang menjual toge goreng paling enak adalah Pak Gebro. Kedai miliknya beralamat di Jl Dewi Sartika. Anda juga bisa menemukan toge goreng di sekitar Pasar Anyar atau Jembatan Merah. Toge goreng disini terkenal sangat nikmat, harganya pun murah meriah yakni sekitar Rp 7.000 per porsi.

3. Sop Buah Saung Pak Ewok

Sop Buah Saung Pak Ewok
Sop Buah Saung Pak Ewok (Foto : loveindonesia.com)

Saung Pak Ewok menyediakan sop buah dengan aneka potongan buah segar. Ada 3 cabang di Bogor, salah satunya bisa ditemukan di Jl Bukit Tunggul No 5, tak jauh dari Taman Kencana. Dalam satu mangkuk sop buah memang terdapat banyak potongan aneka buah. Di sop buah duren misalnya, tak hanya duren tapi juga ada potongan jambu, pir, anggur, strawberry, sirsak, jeruk dan lain sebagainya. Kuah sop juga terasa begitu segar dengan campuran air, es, gula dan susu.

Pilihan menu selain duren adalah sop buah susu, sop buah jeruk serta sop buah yoghurt. Selain sop buah, ada pula menu makanan seperti batagor dan aneka olahan nasi. Saung Pak Ewok juga berada di tempat yang nyaman dengan meja kursi yang kebanyakan dari rotan dan bambu. Para pelayan yang berseragam hijau juga melayani dengan sigap dan ramah.

Buat Anda yang ingin nongkrong sambil menikmati sop buah sega, langsung saja datang ke Saung Pak Ewok. Tempat wisata kuliner di Bogor ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali Jumat. Jam bukanya mulai 10.00 hingga 21.00 WIB. Harga Sop Buah Pak Ewok ini sangatlah terjangkau, hanya 8.000 Rupiah saya untuk sop buah biasa, dan 13.000 Rupiah untuk sop buah duren. Murah meriah bukan?

4. Cungkring

Cungkring
Cungkring (Foto : hansauto.net)

Cungkring bukan berarti tubuh yang tinggi dan kurus kering, melainkan salah satu kuliner khas Bogor yang sudah terkenal. Cungkring merupakan kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong seperti yang umum dipakai pada sate ayam. Selain itu, bisa juga disantap dengan nasi bercampur kelapa parut dan tempe.

Pedagang Cungkring dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana, dekat perempatan Gang Aut. Bila ingin menikmati Cungkring, sebaiknya Anda datang ke tempat wisata kuliner Bogor di Jalan Suryakencana sekitar jam 7 pagi, karena kuliner murah meriah ini biasanya sudah habis terjual pada jam 9 pagi.

5. Bapatong

Bapatong
Bapatong (Foto : saranwisata.com)

Apa itu Bapatong? Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong yang merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang paling dicari pecinta kuliner. Yang membedakan Bapatong dengan bakso pada umumnya adalah adanya potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu iga sapi di dalamnya.

Ditambah dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit, makanan yang biasanya disantap hangat ditemani dengan es dower ini sangatlah cocok untuk makan siang. Es dower sendiri adalah es yang terbuat dari santan kepala beku ditambah dengan gula dan irisan buah serta agar-agar. Harga dari Bapatong tidaklah mahal, hanya 15.000 Rupiah saja. Bapatong dapat ditemukan di Jalan Taman Kencana, Bogor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.