Pusat Info Wisata Terlengkap

10 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Belum Terjamah

0 456

Wisata Jogja – Ada banyak tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah oleh para wisatawan, keren, dan tersembunyi. Jogja tidak hanya menawarkan wisata budaya dan belanja, tetapi juga punya aneka tempat wisata alam yang sungguh keren mempesona. Dilansir dari hipwee.com dan berbagai sumber, simak 10 tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah dan keren berikut ini.

1. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah dan keren untuk melihat sunrise (Foto : piknikdong.com)
Puncak Suroloyo adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah dan keren untuk melihat sunrise (Foto : piknikdong.com)

Tempat wisata alam di Jogja yang pertama adalah Puncak Suroloyo. Tidak perlu jauh-jauh mendaki gunung buat menikmati matahari terbit di atas awan. Puncak Suroloyo yang terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY, ini menawarkan pesona matahari terbit dengan hamparan awan yang tidak kalah keren dari gunung-gunung yang terkenal di Jogja. Dari gardu pandang tertinggi di 1.019 mdpl, Anda bisa memandang empat gunung—Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro—serta Candi Borobudur yang kadang tertutup kabut dari kejauhan.

Puncak Suroloyo termasuk tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah oleh banyak wisatawan. Untuk mendapatkan pemandangan indah di Puncak Suroloyu tentu Anda harus berusaha keras. Anda harus menapaki sekitar 290 anak tangga untuk sampai ke puncaknya. Menurut legenda, tempat ini dulunya merupakan lokasi di mana Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit untuk melakukan tapa kesatriyan. Raden Mas Rangsang tak lain adalah Sultan Agung Hanyakrakusuma, orang yang menjadi penguasa tanah Jawa.

2. Kalibiru

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah dan keren untuk melihat sunset (Foto : wukitraveller.com)
Kalibiru adalah salah satu tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah dan keren untuk melihat sunset (Foto : wukitraveller.com)

Tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah berikutnya adalah Kalibiru. Kalibiru adalah nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo. Karena kepedulian warga dalam menjaga salah satu sumber penghidupan mereka, Kalibiru menjadi lokasi ekowisata menarik yang terpelihara dengan baik. Kalibiru termasuk tempat wisata alam di Jogja yang sangat cocok untuk menikmati tenggelamnya senja.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Untuk menyambangi Kalibiru, Anda hanya dikenai tarif 3 ribu rupiah saja. Ada tempat yang asyik buat berfoto di sini, yaitu sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Untuk naik ke atasnya, Anda mesti mendaki tangga bambu. Dari sini, Waduk Sermo tampak jelas di kejauhan. Tunggulah sampai senja tiba dan memantulkan cahaya keemasan di permukaan waduk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.