Pusat Info Wisata Terlengkap

21 Pantai Terindah Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

1 15,162

Pantai Di Malang – Malang dan sekitarnya ternyata punya aneka wisata pantai yang indah mempesona, bahkan keindahan pantai di Malang layak di sandingkan dengan pantai-pantai indah di Bali. Tepatnya di kawasan Malang bagian selatan, terdapat deratan pantai yang memanjakan mata. Nah, penasaran bukan seperti apa wisata pantai di Malang? Yuk simak daftar 21 pantai di Malang yang wajib dikunjungi berikut.

Daftar Tempat Wisata Pantai Terindah Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Tiga Warna di Malang

Pantai Tiga Warna yang eksotis dengan pasir putihnya adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : tentangnusantara.com)
Pantai Tiga Warna yang eksotis dengan pasir putihnya adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : tentangnusantara.com)

Kita awali ulasan pantai di Malang dengan Pantai Tiga Warna yang eksotis. Objek wisata ini termasuk pantai di Malang yang jarang dikunjungi dan belum terjamah. Berlokasi di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Malang Selatan terdapat kawasan Pantai Clungup, Gatra serta Pantai Tiga Warna yang sangat wajib dikunjungi. Setelah melewati perkampungan terakhir, kita akan disuguhi trek jalanan tanah kurang lebih 2 km sampai bertemu pos tiket masuk.

Kita dikenakan biaya tiket tanda masuk pantai serta donasi untuk 1 pohon bakau. Karena pantai tersebut merupakan kawasan konservasi bakau dan terumbu karang, jadi sebelum dan sesudah dari pantai pengunjung akan dilakukan pendataan barang apa saja yang dibawa masuk ke lokasi pantai dengan tujuan menjaga kelestarian pantai.

Dari pos tersebut masih diteruskan perjalanan kurang lebih 2 km, dengan menyusuri jalanan sempit, turun naik dan berupa tanah, sangat licin apabila musim hujan. Trek yang amazing, panorama yang indah, serta suara khas hewan-hewan hutan akan menemani sepanjang perjalanan.

Bukit-bukit indah serta jajaran pohon bakau menandai lokasi Pantai Clungup sudah dekat, sangat asri dan alami, dengan ombak yang cukup tenang. Hamparan pasir putih akan ditemui di pantai ini, serta di sisi kanan mata kita akan dimanjakan pemandangan hutan mangrove. Puas menikmati pantai clungup, perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Gatra dengan melewati tegalan kurang lebih 3 km ke arah kiri.

Sangat menakjubkan pemandangan di pantai ini, gugusan pulau karang hijau yang tak jauh dari bibir pantai, pasir putih yang kemilau, deburan ombak yang seirama dengan tiupan angin, birunya laut yang membentang hingga menuju cakrawala. Benar-benar indah! Tak kalah dengan keindahan tempat wisata di Kepulauan Seribu.

Tidak cukup sampai di sini pengunjung bisa menyatu dengan alam, dengan menggunakan pemandu setempat langkahkan kaki menuju bukit-bukit sebelah kiri Pantai Gatra. Ya, kita akan mendapati Pantai Tiga Warna yang eksotis! Air laut yang bergradasi, biru dan hijau serta pasir pantainya yang putih jadi alasan mengapa pantainya diberi nama seperti itu. Pengunjung dapat bersantai di pesisir pantai, foto-foto dan snorkeling dengan aman.

Karena sebagai kawasan konservasi, maka pantai ini diterapkan pembatasan jumlah pengunjung setiap harinya. Jangan lupa menikmati sensasi kemping, kita bisa mendirikan tenda di lokasi Pantai Gatra dan Clungup. Saatnya menyatu dengan alam.

2. Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu

Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : cekiwir.com)
Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : cekiwir.com)

Siapa yang tak terpikat Segara Anakan di Pulau Sempu Malang Jawa Timur? Danau berwarna hijau ini meraup air laut dari tebing berlubang di belakangnya, langsung menghadap Samudera Hindia. Segara Anakan, bagai pantai tanpa lautan. Bentuknya lebih mirip danau karena warna hijau yang dominan, beda dengan air laut yang berwarna biru.

Pantainya berpasir putih bersih dan sangat halus, layak disandingkan dengan pantai pasir putih di Bali dan Pulau Lombok. Tak heran jika pantai ini mendapat predikat pantai terindah di Malang atau surganya wisata pantai di Malang.

Pantai Segara Anakan berlatar tebing tinggi yang membentenginya dengan Samudera Hindia. Satu bagian di tebing itu berlubang karena erosi. Dari situlah air di Segara Anakan berasal. Tebing itu seakan melindungi keindahan tiada tara dari ganasnya Samudera Hindia. Benar-benar pantai di Malang yang belum terjamah penuh keindahan yang eksotis.

Untuk menuju ke Pulau Sempu, pengunjung perlu menempuh perjalanan dari dermaga, dan lanjut jalan kaki. Melelahkan, namun terbayar dengan keindahannya. Untuk menuju ke sana, Anda harus menyambung perjalanan dengan menyewa kapal. Kalau di Palembang sih disebutnya kapal ketek karena bunyi mesinnya yang berbunyi, “etek..ketek..ketek..”

Entah kalau di Sendang Biru disebutnya apa, saya juga lupa menanyakannya pada penduduk setempat. Sendang Biru itu dermaga, mungkin seperti Pelabuhan Merak atau Bakaheuni dalam skala yang lebih besar. Kalau mau main air di sini tidak terlalu disarankan.

Tapi, satu yang harus diperhatikan, bahkan wajib untuk diperhatikan bila mau menyambangi Pulau Sempu, yaitu fisik yang kuat. Harus makan dahulu, kalau bisa olahraga dahulu. Lebih bagus kalau latihan jalan jauh selama beberapa hari sebelum ke Pulau Sempu.

Baca Juga : 35 Tempat Wisata Di Malang Terbaru Yang Bagus Dan Hits

3. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : fotowinara.com)
Pantai Sendang Biru adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : fotowinara.com)

Pantai Sendang Biru adalah salah satu pantai di Malang yang terletak di 30 Km bagian selatan Malang. Sendang biru berada di kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Sendang Biru berpotensi sebagai obyek wisata yang sangat indah yang bisa dikunjungi.

Di samping itu, bagi mereka yang ingin menyebrang ke pulau Sempu, pasti harus melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Dengan adanya pulau Sempu ini, membuat pantai Sendang Biru memiliki ombak yang tidak terlalu besar layaknya pantai laut selatan lainnya.

Di pantai Sendang Biru ini ini juga dikenal sebagai tempat pendaratan dan pelelang ikan di Malang. Dinamakan pantai Sendang Biru karena di pantai ini terdapat sumber mata air yang biasa disebut sebagai sendang, dan berwarna biru. Saat ini, secara resmi pantai Sendang Biru dikelola oleh perusahaan negara milik Forestay.

Di pantai ini terdapat beberapa fasilitas penunjang wisata seperti, penginapan, guess house, rumah jaga dan persewaan perahu. Untuk mencapai pantai ini, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, juga kendaraan umum. Untuk kendaraan umum bisa diakses menggunakan Mikrolet jurusan Gadang-Turen-Sendang Biru.

4. Pantai Gua China

Pantai Balekambang adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : travelisindonesia.wordpress.com)
Pantai Gua China adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : haimalang.com)

Jika Anda sedang berkunjung ke Pantai Sendang Biru, cobalah mampir sejenak ke Pantai Gua China. Pantai ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan. Pantai Gua China memiliki kisah dan sejarah yang unik. Seperti namanya, di pantai ini terdapat sebuah gua yang menjadi daya tarik tersendiri.

Menurut cerita masyarakat setempat, gua yang berada di bukit pinggir pantai ini digunakan oleh seorang pertapa China untuk bersemedi hingga meninggal. Pesona pantai di Malang ini sungguh menakjubkan. Warna air laut yang jernih dan bersih, dibalut oleh pasir putih yang lembut membuat pantai ini wajib dikunjungi. Pohon-pohon seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Tiket masuk ke Pantai Gua China adalah Rp. 4000,- per orang.

Baca Juga : 27 Air Terjun Terindah Di Malang Yang Bagus Dan Hits

5. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : travelisindonesia.wordpress.com)
Pantai Balekambang adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : travelisindonesia.wordpress.com)

Pantai Balekambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekitar 70 kilometer arah selatan Kota Malang, Jawa Timur. Pantai di Malang ini termasuk landai dan dipenuhi dengan karang laut yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut. Sewaktu air laut surut tampak ikan hias serta aneka ragam biota laut lainnya berkerumun di atas air.

Pantai ini dijuluki Tanah Lot-nya Jawa karena mirip dengan objek wisata di Bali yang bernama Tanah Lot. Pantai Balekambang cukup menawan dan layak dikunjungi sebagai tempat liburan akhir pekan di Malang. Suasananya sangat asri, pantainya juga bersih dan terawat. Pasir putih sepanjang dua kilometer berpadu dengan ombak yang menggulung sungguh memanjakan mata pengunjung.

Pantai Balekambang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan, mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola dan pendopo, hingga penginapan. Bahkan kini ada wahana flying fox. Harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 15.000 per orang.

6. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : koswisata.blogspot.com)
Pantai Ngliyep adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : koswisata.blogspot.com)

Anda ingin mengunjungi pantai di Malang yang jarang dikunjungi dan belum terjamah? Pergilah ke Pantai Ngliyep. Pantai Ngliyep cukup bersih dan sunyi. Anda akan merasakan seolah sedang berada di pantai pribadi. Lokasi Pantai Ngliyep tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km arah selatan dari kota Malang. Tiket masuk pantai ini adalah Rp 5.000,- per orang.

Di pantai ini, wisatawan akan menemui banyak batu karang. Paduan antara pasir putih, tebing yang curam serta kawasan hutan lindung akan membentuk lanskap alam yang indah dan menakjubkan. Hamparan pasir luas yang ada di Pantai Ngliyep itu bernama Teluk Putri dan Pasir Panjang.

Setiap tahun, tepatnya pada bulan Maulud dalam penanggalan Jawa, pantai Ngliyep lebih ramai dari biasanya. Tepatnya pada tanggal 15 digelar acara ritual bertajuk upacara Labuhan.

7. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : tripadvisor.co.uk)
Pantai Kondang Merak adalah salah satu pantai di Malang yang wajib dikunjungi (Foto : tripadvisor.co.uk)

Pantai Kondang Merak terletak di Kecamatan Bantur sekitar 64 km dari kota Malang atau tepatnya berada 2 km di sebelah Pantai Balekambang. Awal mula mengapa pantai ini disebut dengan nama ‘kondang merak’ adalah ketika penduduk setempat sering melihat burung Merak singgah untuk minum air tawar yang ada di sekitar pantai.

Kondang Merak merupakan pantai yang masih alami. Pantai Kondang Merak termasuk salah satu pantai di Malang yang indah mempesona dengan hamparan pasir putih. Selain luas, pasir putihnya bersih dengan ombak yang bersahabat alias tidak terlalu tinggi. Pantas saja pantai ini masuk dalam daftar tempat wisata alam di Malang yang indah dan bagus.

Cobalah berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Anda akan merasakan hamparan pasir yang lembut. Di beberapa bagian pantai dihiasi rindang pepohonan serta batu karang besar yang kokoh dan menambah kecantikan kawasan ini. Keindahan panorama Kondang Merak semakin nyata terlihat kala air laut sedang surut.

Ada koral dan ganggang laut yang menyejukkan mata Anda. Sesekali burung elang berterbangan menambah indah suasana. Berwisata ke Kondang Merak akan menjadi pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan. Eksotisme Pantai Kondang Merak dapat kita nikmati dengan membayar tiket masuk Rp. 3000 per orang.

1 Comment
  1. arif says

    cakep banget gan…

Leave A Reply

Your email address will not be published.