Pusat Info Wisata Terlengkap

17 Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik Dan Enak

0 121

Tempat Ngabuburit Di Semarang – Inilah daftar tempat yang asyik dan enak buat ngabuburit di Kota Semarang dan sekitarnya. Dari mulai pusat jajanan takjil, tempat makan enak, sampai tempat nongkrong favorit anak muda ada semua disini.

Tak kalah dengan kota lain, Semarang juga punya destinasi untuk ngabuburit dan wisata kuliner Ramadhan. Di Semarang sendiri, banyak sekali tempat yang cocok, representatif dan menyediakan takjil atau makanan berbuka puasa gratis.

Bagi Anda yang sedang liburan di Semarang, anekawisata.com telah menyiapkan beberapa rekomendasi dan referensi tempat yang pas buat ngabuburit menunggu waktu berbuka bareng teman, keluarga, anak-anak, dan pasangan Anda (baca : istri). Yuk, simak daftarnya berikut ini.

Daftar Tempat Ngabuburit Di Semarang Yang Asyik, Enak, Dan Terkenal

1. Simpang Lima

Tempat Ngabuburit Di Semarang
Tempat Ngabuburit Di Semarang Simpang Lima (Foto : diahdidi.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan Simpang Lima? Hampir setiap wisatawan yang pernah berkunjung ke kota ini tentu mengenalnya. Ikon wisata kuliner Semarang ini menjadi salah satu tempat ngabuburit favorit di Semarang. Setiap harinya tempat ini selalu ramai sekali dikunjungi banyak orang.

Lokasinya sangat strategis berada di tengah kota. Disini tersedia berbagai macam kuliner, dan dekat dengan Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Tak heran jika Simpang Lima membuat orang betah menunggu waktu Adzan berkumandang.

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (Foto : iryantorompo.wordpress.com)

Selain Simpang Lima, tempat ngabuburit Semarang yang asyik dan enak adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Masjid ini sudah menjadi langganan para muda-muda untuk ngabuburit menjelang berbuka puasa di Kota Semarang.

Tak hanya para remaja dan pelajar, banyak sekali mahasiswa, orang tua, anak-anak dan masyarakat biasa yang mengunjungi masjid ini. Disini, Anda bisa menikmati kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah yang mempunyai kekhasan arsitekturnya yakni perbaduan pada Budaya Arab serta Jawa.

Untuk masuk ke masjid ini, Anda cukup membayar uang parkir sekitar Rp.500 sampai Rp.1.000. Di sana, ada beberapa objek menarik yang bisa Anda jadikan tempat ngabuburit yang paling representatif bersama teman, keluarga dan sebagainya.

Anda bisa mencoba naik ke menara masjid ini. Meskipun hanya dibuka sampai dengan jam 5 sore, namun cukuplah waktu setengah jam sebelum maghrib tiba bisa Anda manfaatkan untuk kembali turun dan menyiapkan makanan untuk berbuka.

Di luar atau di depan pintu gerbang masjid, biasanya juga tersedia berbagai macam penjual makanan yang siap memanjakan perut Anda ketika mangrib tiba. Anda tinggal memilih menu berbuka puasa sesuai dengan selera. Bisa mie ayam, bakso, nasi pecel, nasi kucing, soto, gudeg dan sebagainya.

3. Masjid Agung Kauman

Masjid Agung Kauman Semarang
Masjid Agung Kauman Semarang (Foto : wisatajateng.com)

Ini dia tempat asyik ngabuburit di Semarang untuk berburu takjil atau menu berbuka puasa. Meluncur saja ke Masjid Agung Kauman yang terletak di dekat Pasar Johar. Semua jajanan kuliner Ramadan tersedia lengkap! Mirip dengan tempat ngabuburit di Jogja yaitu Pasar Ramadhan Kauman.

Pasar Ramadan Kauman menjajakan aneka kebutuhan takjil untuk warga atau wisatawan yang akan berbuka puasa. Mulai dari sekedar gorengan, hingga makanan berat pun ada. Pasar Jajan Semarangan (Pajangan) mengambil lokasi tepat di depan Masjid Agung Kauman, Semarang.

Di depan Masjid Kauman, sudah berdiri tenda-tenda tempat pedagang berjualan. Traveler pun dapat dengan mudah menemukannya dari arah masuk menuju ke kawasan Pasar Johar. Perlu diingat, kawasan ini sering macet karena banyaknya warga yang ingin berbelanja di sana.

Anda bisa berburu makanan takjil untuk berbuka puasa di Pasar Kauman. Sambil ngabuburit, Anda juga bisa sekedar melihat-lihat ataupun berfoto ria jika ada sesuatu yang menarik. Seru dan asik deh!

Oya, Masjid Agung Kauman merupakan salah satu masjid bersejarah di Kota Semarang lho. Berdiri sejak abad ke-16, Masjid Kauman menjadi saksi sejarah panjang penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Selain menjajakan aneka kuliner, pasar Ramadan ini juga menyediakan berbagai macam perlengkapan ibadah khusus untuk Anda. Mulai dari kopiah, sajadah, tasbih, mukena hingga Al Quran pun ada. Tinggal pilih saja mana yang Anda suka.

Baca Juga : 27 Tempat Makan Enak Di Semarang Untuk Buka Puasa

4. Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Semarang
Ilustrasi Jalan Pahlawan Semarang (Foto : travelmatekamu.com)

Tempat ngabuburit di Semarang yang enak dan asik selanjutnya adalah Jalan Pahlawan Kota Semarang. Jalan ini merupakan jalan penghubung menuju Simpang Lima. Pada saat sore menjelang berbuka hingga malam hari, jalan ini berubah menjadi tujuan wisata baru yang ramai.

Selama bulan Ramadhan, mulai dari pukul 16.00 WIB muda-mudi atau keluarga akan memadati sudut-sudut Jalan Pahlawan Kota Semarang. Pasalnya, banyak muncul pedagang musiman yang menawarkan aneka makanan dan minuman untuk berbuka.

Beragam aktivitas dan kegiatan bisa dilakukan disini. Mulai dari membeli makanan atau hanya duduk-duduk santai menikmati suasana yang ramai. Di antara beberapa pedagang, kerumunan anak muda dan mahasiswa biasanya juga terlihat sedang menjajakan makanan.

Menu-menu wajib berbuka seperti es buah, teh manis, gorengan, kolak, kue-kue ringan dan barbagai jenis makanan dan minuman lainnya tersedia disini. Soal harga, tidak usah kuatir karena semua makanan yang dijual disini murah meriah. Harganya hanya berkisar antara Rp 2.500 – Rp 5.000 saja untuk satu porsinya.

Selain tersedia beberapa makanan dan minuman ringan, juga tersedia beberapa permainan seperti sepatu roda, roller blade dan sepeda baik yang disewakan maupun dari beberapa klub dan komunitas yang hadir.

5. Waduk Jatibarang & Goa Kreo

Waduk Jatibarang Dan Gua Kreo
Waduk Jatibarang & Gua Kreo (Foto : yasiryafiat.wordpress.com)

Ini dia tempat ngabuburit di Semarang yang asik dan relatif baru yaitu Waduk Jatibarang & Goa Kreo. Setiap sore menjelang waktu berbuka banyak para muda-mudi dan keluarga yang datang ke tempat wisata baru di Semarang ini. Lokasi favorit adalah Jembatan merah dan Goe Kreo (Pulau Monyet) yang diisi oleh puluhan monyet jinak.

Sebelumnya, di kawasan ini hanya ada Sungai Kreo dan Gua Kreo. Namun pemerintah membendung sungai dan menciptakan waduk mengelilingi Gua Kreo yang konturnya merupakan sebuah bukit. Jadilah bukit tempat Gua Kreo berada menjadi semacam pulau yang dihubungkan dengan jembatan dengan arsitektur yang menawan.

Atraksi utama Waduk Jatibarang adalah jembatan model arch bridge berwarna merah yang menghubungkan tempat parkir dengan ‘pulau’ Gua Kreo. Anda akan menuruni puluhan anak tangga sampai ke jembatan. Setelah itu Anda bisa berfoto-foto di sana.

Sesampainya di Goa Kreo, siap-siap disambut kera di atas pohon, pinggir jalan, atau bahkan di tengah jalan. Jangan lupa untuk membawa kacang atau rambutan karena para kera akan sangat senang ketika pengunjung memberikan makanan.

Beberapa kera memang cukup agresif, jadi jangan lupa untuk menutup rapat tas Anda dan menjaga barang bawaan Anda agar tidak diambil kera-kera iseng. Untuk ngabuburit disini Anda sebaiknya bawa bekal sendiri untuk berbuka puasa. Sebelum maghrib sebaiknya Anda sudah meninggalkan tempat ini untuk cari masjid agar tidak kehilangan waktu sholat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.