Pantai Suwehan – Review Lengkap, Foto Keren, Fakta Unik, Harga Tiket, dan Rute Jalan

0 2,354

Pantai Suwehan yang terletak di Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali, mempunyai pesona yang sangat cantik. Gak percaya? Simak review lengkap dan foto-foto keren berikut yang menunjukkan bukti kalau hamparan pasir putih dan deburan ombaknya bakal membuat siapa pun gak mau pulang.

Sebagai salah satu tujuan wisata di Bali yang lagi naik daun, Pulau Nusa Penida memang menawarkan sejumlah keindahan alam yang masih sangat alami. Berbeda dengan Kuta atau pun Seminyak yang cenderung ramai, Nusa Penida justru relatif tenang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

Pantai Suwehan Nusa Penida Bali
Pantai Suwehan Nusa Penida Bali (Foto : instagram @nusapenidaphotography)

Review Lengkap Pantai Suwehan Nusa Penida Bali Yang Sangat Indah Dan Cantik

1. Foto Keren Dan Fakta Unik Pantai Suwehan

Foto Keren Dan Fakta Unik Pantai Suwehan
Foto Keren Dan Fakta Unik Pantai Suwehan, Nusa Penida, Bali (Foto : instagram @kuyjalan)

Keunikan dan keindahan Pantai Suwehan terletak pada keberadaan batu berbentuk segitiga di pinggir pantai. Batu ini sekilas mirip seperti logo brand Volcom, sehingga pantai ini pun dikenal juga dengan nama Pantai Volcom.

Tak hanya itu, pantai tersembunyi di Bali ini memiliki pasir pantai berwarna putih nan bersih. Air lautnya jernih kebiru-biruan, sungguh sangat cantik. Suasananya masih sangat sepi, tak seramai Pantai Kuta. Dengan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, membuat panorama disini semakin mirip dengan Pantai Dreamland.

2. Aktivitas / Kegiatan Wisata Menarik Di Pantai Suwehan

aktivitas wisata di Pantai Suwehan
Ilustrasi aktivitas wisata di Pantai Suwehan : duduk santai sambil menikmati lautan lepas (Foto : instagram @setapakkecil)

Sebagai salah satu tempat wisata terindah di Nusa Penida Bali, Pantai Suwehan memang menawarkan pemandangan pantai yang sangat cantik mempesona. Dari pinggir pantai, Anda bisa menyaksikan hamparan laut biru sepanjang mata memandang.

Selain berjalan dan duduk santai sambil menikmati deburan ombak, Anda juga bisa melakukan aktivitas berenang. Namun, tidak diperkenankan sampai tengah karena berbahaya. Foto-foto dengan latar “batu volcom” juga menjadi kegiatan favorit wisatawan.

3. Fasilitas Wisata Yang Tersedia Di Pantai Suwehan

Pantai Volcom
Pantai Volcom atau Suwehan Beach (Foto : instagram @heriand)

Meskipun cocok untuk tempat honeymoon romantis di Bali untuk pasangan pengantin baru, Pantai Suwehan belum memiliki fasilitas memadai. Hal ini tentu karena lokasinya yang cukup terisolasi. Jika akan berkunjung ke sini, sebaiknya Anda membawa bekal minum dan makanan. Untuk tempat mengingap, Anda bisa memesan hotel terbaik di Nusa Penida Bali seperti Coco Resort Penida atau Semabu Hills Hotel.

Baca Juga : 15 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Pantai 3 Warna Malang Yang Bikin Melongo

4. Lokasi Dan Alamat Pantai Suwehan

Pantai tersembunyi di Nusa Penida ini secara administratif masuk dalam wilayah Dusun Watas, Desa Tanglad, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar peta Pantai Suwehan dari google map berikut.

5. Rute Jalan Menuju Pantai Suwehan

Rute jalan menuju Pantai Suwehan
Rute jalan menuju Pantai Suwehan harus menuruni tebing tinggi (Foto : instagram @dennisdiharjaya)

Meskipun masuk dalam tempat wisata terindah di Indonesia, perjalanan menuju Pantai Suwehan termasuk melelahkan. Rute jalan bisa dimulai dengan menuju Desa Tanglad, Nusa Penida. Dari desa ini, Anda masih harus berusaha keras menuruni bukit curam dan belum memiliki anak tangga.

Sebaiknya Anda persiapkan fisik prima dan stamina yang kuat sebelum melakukan perjalanan. Waktu tempuh yang dibutuhkan sampai ke bibir pantai sekitar 20-30 menit. Rasa lelah Anda akan terbayarkan setelah melihat keindahan hamparan pasir putih berpadu dengan birunya laut nan jernih. Eksotik dan cantik!

Oya, Nusa Penida merupakan salah satu pulau kecil di Bali, jadi bila ingin ke sini, Anda harus naik kapal cepat (fast boat) dari Sanur. Lama penyeberangan dari Sanur – Nusa Penida sekitar 30 menit.

Agar perjalanan Anda tak rugi, sebaiknya Anda sekalian menginap di Pulau Nusa Penida untuk mengunjungi tempat wisata bagus dan indah lainnya seperti Pantai Atuh, Pantai Kelingking Beach Secret Point, Crystal Bay Beach, dan lainnya.

6. Harga Tiket Masuk Pantai Suwehan

Untuk memasuki objek wisata Pantai Suwehan, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah). Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya Anda membawa uang lebih.

7. Tips Wisata Berkunjung Ke Pantai Suwehan

pasir putih Pantai Suwehan
Ilustrasi pasir putih Pantai Suwehan (Foto : instagram @setapakkecil)

Sebagai salah satu tempat wisata di Bali yang tersembunyi dan jauh dari pusat Kota Bali, maka sebelum berkunjung ke sini, alangkah baiknya Anda membaca terlebih dahulu tips dari saya berikut ini :

  • Mengingat lokasinya berada di Pulau Nusa Penida, sebaiknya Anda datang dari pagi karena harus menyebrang dari Sanur ke Nusa Penida menggunakan fast boat. Belum lagi nanti, Anda masih harus melakukan perjalanan menuju Desa Tenglad. Alangkah baiknya, Anda menginap di Nusa Penida sehingga tak perlu waswas akan jam kepulangan.
  • Datanglah saat cuaca cerah agar mendapatkan view yang bagus.
  • Gunakan pakaian kaos yang ringan, hindari memakai pakaian dengan bahan terlalu tebal karena bisa memberatkan Anda saat trekking atau pun berenang.
  • Bawa pelindung tubuh dari sinar matahari seperti topi, kacamata, dan sunblock.
  • Bila ingin berenang, perhatikan dasar pantai dan batas aman untuk berenang. Jangan sampai melanggar aturan yang sudah ditetapkan demi keselamatan dan kenyamanan Anda saat liburan.
  • Setelah berenang, sebaiknya segera bilas. Oleh karena belum ada fasilitas tempat ganti atau pun bilas, cara satu-satunya, Anda harus numpang di rumah penduduk sekitar.
  • Bawalah bekal air minum karena belum ada warung di sekitar pantai.

Demikianlah sekilas info tentang Pantai Suwehan Nusa Penida Bali yang lagi naik daun akhir-akhir ini. Selain instagramable, suasana pantai ini masih sangat alami dan sepi pengunjung. Anda akan bebas berlarian atau pun berjalan di pinggir pantai sepanjang 400 meteran. Ditambah lagi kebersihan pasir putih dan kejernihan air lautnya, semakin menambah daya tarik Pantai Suwehan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.