10 Foto Keren Dan Rute Jalan Cara Ke Pantai Kelingking Beach Secret Point Nusa Penida Bali

0 674

Pantai Kelingking – Sobat traveler, berikut ini daftar foto keren dan rute jalan cara ke Pantai Kelingking Beach Secret Point di Nusa Penida, Bali. Hamparan pasir putihnya sangat bersih berpadu dengan birunya air laut biru nan jernih, sungguh cantik dan eksotis!

Saat ini, Pulau Nusa Penida sedang naik daun sebagai salah satu tujuan wisata di Bali favorit wisatawan. Pasalnya, ada beberapa deretan pantai tersembunyi yang menawarkan panorama alam indah. Salah satunya adalah Pantai Kelingking Beach Secret Point. Nah, kira-kira ada apa saja dan seperti apa ya penampakan pantai ini? Yuk, simak ulasan berikut.

Pantai Kelingking Beach Secret Point
Pantai Kelingking Beach Secret Point (Foto : randy aditya)

Daftar Foto Keren Dan Rute Jalan Cara Ke Pantai Kelingking Beach Secret Point Nusa Penida Bali

Nusa Penida merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Untuk mencapainya, Anda harus menyeberang menggunakan fast boat / kapal feri. Pada mulanya, Nusa Penida dikenal sebagai lokasi diving turis mancanegara karena memiliki terumbu karang dan biota laut yang masih alami.

Namun, seiring berjalannya waktu, ternyata ada banyak tempat wisata terindah di Nusa Penida lainnya yang bisa dikunjungi. Diantaranya adalah Angle’s Billabong, Bukit Teletubbies, Crystal Bay Beach, Pantai Atuh, Pasih Uug (Broken Beach), Pantai Suwehan, dan termasuk Pantai Kelingking.

Foto Keren Keindahan Pantai Kelingking Beach Secret Point

  • Tebing Berbentuk Tyrannosaurus rex

Pantai Kelingking berada tersembunyi di bawah sebuah tebing tinggi. Bentuk tebing tersebut jika dilihat dari atas maka akan menyerupai hewan purba Tyrannosaurus rex (T-Rex) yang menjorok ke laut. Perpaduan tebing hijau sepanjang kurang lebih 150 meter, pasir putih, dan lautan biru menyuguhkan keindahan alam begitu mempesona.

A post shared by Raka On Trip (@rakaontrip) on

Namun, beberapa orang ada yang menyebutnya tebing Pantai Kelingking mirip ikan paus terdampar dan sebagian mengatakan mirip jari kelingking. Mungkin karena itulah nama Pantai Kelingking disematkan pada pantai ini.

Sementara itu, sebutan Secret Point Beach menurut beberapa informasi dikarenakan keberadaan pantai yang tersembunyi jauh di dasar jurang / tebing. Konon, dulu sebelum dibuatkan jalan setapak, tidak ada yang berani turun ke bawah menuju bibir pantai. Jadi, seolah-olah menjadi sebuah tempat rahasia belum terjamah oleh siapapun.

Masyarakat sekitar mengenal Pantai Kelingking dengan nama Pantai Karang Dawa atau Pantai Paluang. Tebingnya pun dikenal sebagai Tebing Karang Dawa. Jadi, jika Anda akan berkunjung ke sini, jangan lupa tanyakan memakai nama daerah ya, biar tak kesasar.

  • Pasir Putih Bersih

Jika dilihat dari atas, Pantai Kelingking memang tampak kecil. Tapi, siapa sangka setelah turun ke bawah tebing ternyata pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih lumayan luas. Lebar pantainya mungkin mencapai 80 meter-an. Tekstur pasirnya terasa halus di kaki sehingga nyaman buat berjalan.

A post shared by Jordan Hammond (@jordhammond) on

Jika beruntung, dari bibir pantai kabarnya bisa melihat ikan Pari Manta berenang saat air laut sedang surut. Ikan tersebut biasanya paling banyak ditemui ketika bulan Juli – Oktober. Suasananya begitu hening. sepi, dan sunyi. Hanya ada deburan ombak bersautan dengan angin pantai.

Mengingat berada di bawah tebing dan akses jalan super terjal, jarang ada wisatawan yang berani turun ke bawah. Kebanyakan dari mereka hanya menikmati kecantikan pantai dari atas tebing. Panorama landscapenya begitu mengagumkan, pantas rasanya memberikan label kepada Pantai Kelingking pun sebagai salah satu pantai terindah di Bali yang wajib dikunjungi.

  • Air Laut Biru Jernih

Air laut Pantai Kelingking masih sangat jernih dan alami, belum tersentuh oleh sampah atau pun limbah pencemaran lainnya. Lingkungan pantai masih terjaga keasriannya, seperti halnya Pantai 3 Warna di Malang, Jawa Timur.

A post shared by Joshua Foo (@joshuafooo) on

Ombaknya lumayan besar, sehingga tidak disarankan untuk berenang meskipun Anda jago berenang. Hal ini karena belum ada rekomendasi dari pengelola setempat apakah pantai ini aman untuk berenang atau tidak.

  • Pura Paluang

Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa menjelajahi destinasi wisata lain di sekitarnya, yaitu Pura Paluang. Lokasinya berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Meskipun mempunyai ukuran relatif kecil, pura ini memiliki keunikan yang patut Anda simak. Apa itu? Yaitu berupa 2 pelinggih yang menyerupai mobil VW Beatle dan Jimmy. Unik bukan?

Saat ke sini, jangan lupa mengabadikan kedua mobil tersebut dengan kamera kesayangan Anda. Mengingat pura termasuk tempat suci untuk ibadah, Anda harus menjaga sopan santun saat berkunjung.

  • Panorama Senja

Ingin mendapatkan pemandangan alam yang lebih romantis? Coba deh, tunggu saat senja hari. Cahaya oranye khas matahari terbenam akan membuat panorama dari atas tebing semakin mempesona. Tak kalah keren dengan keindahan Pantai Kuta Bali.

A post shared by Jordan Hammond (@jordhammond) on

  • View Dari Atas Drone

Untuk melihat bentuk tebing di Pantai Kelingking, Anda dapat memakai drone dalam mengambil foto / gambar. Dari atas, akan tampak jelas bentuk tebingnya mirip Tyrannosaurus rex (T-Rex) dan terlihat hijau penuh pepohonan / semak.

  • View dari atas tebing

Meskipun tak turun ke bibir pantai, Anda tetap bisa menikmati kecantikan Pantai Kelingking dari atas tebing. Hamparan lautan biru nan luas membentang sepanjang mata memandang. Sungguh sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan.

Baca Juga :

Lokasi, Rute Jalan, Dan Cara Menuju Ke Pantai Kelingking Beach Secret Point

Secara administratif, Pantai Kelingking terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Untuk menuju lokasi pantai tersebut, Anda harus menyeberang terlebih dahulu ke Pulau Nusa Penida dari Bali.

Setelah sampai di Pulau Nusa Penida, Anda masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Berikut saya sampaikan rute jalan dan cara menuju ke Pantai Kelingking Beach Secret Point secara singkat.

  • Menyeberang Ke Pulau Nusa Penida

Saat ini, satu-satunya cara menyeberang ke Nusa Penida adalah dengan menggunakan fast boat atau Kapal Feri. Jika akan naik fast boat, Anda langsung menuju pelabuhan Sanur, tapi tidak bisa mengangkut motor / mobil, hanya orang saja. Jadwal pemberangkatan sekitar pukul 08.15 WITA. Jika takut tak akan kebagian tempat, Anda bisa melakukan booking tiket penyeberangan terlebih dahulu pada agen resmi yang tersedia.

Nah, apabila Anda ingin sekalian menyeberang membawa kendaraan, maka bisa menggunakan jasa penyeberangan Kapal Roro Nusa Nusa Jaya Abadi di Pelabuhan Padang Bai. Tarifnya sekitar 25 – 35 ribu rupiah per orang. Untuk motor dibanderol sekitar 30 ribu rupiah dan mobil penumpang 250 ribu rupiah per unit. Jadwal pemberangkatan pukul 08.30 dan 17.30 WITA dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

  • Melakukan Perjalanan Ke Dusun Karang Dawa

Setelah sampai di Pulau Nusa Penida, Anda masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan motor menuju ke lokasi Pantai Kelingking. Jika tak membawa kendaraan, Anda bisa menyewa motor dengan tarif 70 ribu rupiah per hari. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes! Jika ingin praktis, Anda tinggal memakai jasa travel / jasa wisata sehingga semua perjalanan akan di urus oleh mereka.

Bagi Anda yang memakai kendaraan sendiri, harap berhati-hati karena jalan menuju ke Pantai Kelingking belum begitu mulus. Jangan malu bertanya kepada warga setempat bila bingung arah. Meskipun sudah memakai google map, keadaan di lapangan biasanya berbeda.

  • Trekking Menuruni Tebing Karang Dawa

Saat Anda sampai di Pantai Kelingking, ada 2 opsi yang bisa Anda tempuh yaitu menikmati dari atas tebing atau menuruni tebing curam untuk mencapai bibir pantai. Pada umumnya, wisatawan hanya menyaksikan keindahan pantai dari atas tebing. Jika akan turun ke bibir pantai, Anda harus ekstra hati-hati karena jalannya sangat curam dan licin. Ingat, keselamatan merupakan faktor utama! Agar lebih jelas, Anda bisa melihat peta lokasi di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Kelingking Beach Secret Point

Tarif yang dipatok saat memasuki kawasan wisata Pantai Kelingking cukup murah meriah, hanya sekitar 5 ribu rupiah. Tapi, untuk parkir kendaraan bermotor Anda harus bayar lagi.

Aktivitas Wisata Menarik Di Pantai Kelingking Beach Secret Point

Aktivitas / Kegiatan utama di sini berupa menyaksikan keindahan tebing dan lautan luas. Bagi wisatawan yang turun ke bibir pantai, bisa bermain pasir atau pun menyaksikan ikan Pari Manta berenang. Untuk mengabadikan kecantikan pantai ini, berfoto menjadi hal yang wajib dilakukan.

Tips Berkunjung Ke Pantai Kelingking Beach Secret Point

Sebelum berkunjung ke Pantai Kelingking, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu beberapa tips wisata berikut. Pastikan Anda mencari informasi sedetail mungkin agar liburan Anda terasa nyaman dan lancar.

  • Berkunjunglah saat cuaca cerah, hindari datang ketika hujan.
  • Pilihlah alat transportasi yang terbaik, termasuk jasa penyeberangan dan sewa motor/mobil agar Anda bisa datang tepat waktu.
  • Gunakanlah pakain casual yang nyaman dan menyerap keringat agar mudah bergerak.
  • Bawalah topi, kacamata, dan sunblock untuk melindungi tubuh Anda dari panas matahari.
  • Bawalah kamera terbaik untuk mengabadikan keindahan dan kecantikan Pantai Kelingking

Demikianlah sekilas info tentang foto, rute jalan dan cara ke Pantai Kelingking di Nusa Penida Bali. Bila Anda punya informasi tambahan, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda ke blog saya ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.