Pusat Info Wisata Terlengkap

10 Es Krim Paling Enak Di Indonesia Yang Legendaris

0 646

Es Krim Paling Enak – Ini dia es krim paling enak di Indonesia yang legendaris. Rasanya yang manis, dingin, lembut di lidah, dan maknyus membuat es krim ini menjadi idola berbagai kalangan. Es krim telah menjadi makanan favorit di Indonesia bahkan dunia. Hampir semua tempat di dunia memiliki ciri khas es krim nya masing-masing, termasuk Indonesia. Yang jelas, dalam bentuk dan penyajian apapun, es krim selalu terasa nikmat dan lezat. Bagi Anda pecinta es krim (ice cream), jangan sampai melewatkan wisata kuliner es krim paling enak di Indonesia yang legendaris berikut.

1. Es Krim Ragusa Jakarta

Es krim Ragusa adalah salah satu es krim paling enak di Indonesia yang legendaris (Foto : blog.gogonesia.com)
Es krim Ragusa adalah salah satu es krim paling enak di Indonesia yang legendaris (Foto : blog.gogonesia.com)

Es krim paling enak di Indonesia yang pertama adalah es krim Ragusa, Jakarta. Siapa tidak kenal Ragusa? Kedai es krim Italia yang terletak di Jalan Veteran I, tak jauh dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat ini memang telah mencapai puncak popularitasnya. Pengunjungnya saja lintas generasi, mulai dari anak-anak hingga warga senior. Tapi apa sih yang membuat kedai Ragusa Es Italia begitu istimewa?

Didirikan pada tahun 1932 oleh dua bersaudara asal Italia, Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa, awalnya kedai es krim ini berlokasi di Pasar Gambir. Tapi, karena dinilai terlalu sepi, Ragusa bersaudara memindahkan kedai es krim mereka ke Jl. Veteran I No. 10 Jakarta Pusat, sampai sekarang.

Kesan jadoel tercermin dari penataan interiornya. Di dalam bangunan bergaya khas Belanda ini Anda bisa menemukan kursi-kursi model kuno dengan meja sederhana yang membuat suasana vintage semakin terasa. Bahkan, pengelola kedai es krim ini masih mempertahankan mesin kasir kuno. Ditambah lagi dengan jejeran bingkai foto yang menampilkan kedai Ragusa dari masa ke masa, wah serasa melakukan perjalanan lintas waktu deh. Sayangnya, ruangan kedai ini tidak memakai penyejuk udara sehingga agak panas. Mungkin sengaja dikondisikan demikian supaya lebih nikmat menyantap es krimnya.

Ragusa adalah kedai es krim home made yang dalam pembuatannya tidak memakai pengawet sama sekali. Menurut penggemarnya, rasa es krim Ragusa tidak terlalu manis, sehingga terasa citarasa tempo doeloe-nya. Teksturnya sangat lembut dan lumer di mulut. Berbagai varian menu-pun tersedia, seperti Banana Split dan Spaghetti Ice Cream yang terkenal. Ada beraneka ragam rasa es krim yang tersedia disini seperti chocolate sundae, tutti fruti, cassata siciliana, coupe de maison, rum raisin, vanila, mocca dan sebagainya. Dengan harga yang relatif terjangkau antara 14.000 – 30.000 Anda sudah bisa merasakan nikmatnya es krim paling enak di Indonesia yang legendaris ini.

2. Es Krim Rasa Bakery & Cafe Bandung

Es krim Rasa Bakery & Cafe adalah salah satu es krim paling enak di Indonesia yang legendaris (Foto : infobdg.com)
Es krim Rasa Bakery & Cafe adalah salah satu es krim paling enak di Indonesia yang legendaris (Foto : infobdg.com)

Es krim paling enak di Indonesia yang kedua adalah es krim Rasa Bakery & Cafe Bandung. Rasa Bakery & Cafe memiliki bangunan bercat putih dengan gaya arsitektur art deco. Meskipun bangunannya sudah dipugar, beberapa bagian bangunannya masih menggambarkan suasana masa lampau lewat bentuk jendela besar maupun kanopi yang biasa menghiasi rumah-rumah lama.

Terletak di Jl. Tamblong No. 15 Bandung Tengah, restoran ini dulunya bernama Hazes Shop & Cafe dan sudah berdiri sejak 1936. Tapi, kepemilikan Hazes diambil alih oleh Ny. Kamarga yang merupakan warga negara Indonesia pada tahun 1963 dan berganti nama menjadi Rasa pada tahun 1968. Restoran es krim legendaris yang berusia lebih dari setengah abad ini sudah terkenal sejak dulu lewat menu masakan Eropa seperti Saueys brood, kue amandel dan aneka es krim. Tapi, sekarang Anda juga bisa menemukan menu lokal seperti laksa, soto bandung dan es cincau.

Selain berbagai macam makanan utama dan makanan ringan, kamu tentu tidak boleh ketinggalan mencicipi varian es krimnya. Seperti halnya es krim tempo dulu, es krim di sini dibuat dari susu asli secara homemade dan tanpa bahan pengawet. Salah satu menu yang khas di sini adalah Coconut Royale ice cream, yaitu pilihan es krim yang ditaburi buah-buahan dan diletakkan di wadah setengah batok kelapa muda. Rasanya benar-benar lezat, lembut di lidah, dan maknyus, tak heran jika es krim ini termasuk dalam daftar es krim paling enak di Indonesia yang legendaris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.