57 Pantai Terindah Dan Hits Di Jogja Terbaru Yang Paling Bagus Wajib Dikunjungi

0 798

Pantai Di Jogja – Mau liburan ke pantai? Ini daftar rekomendasi tempat wisata pantai terindah dan hits di Jogja yang paling bagus wajib untuk dikunjungi. Lengkap dengan foto / gambar keren terbaru dari mulai pasir putih, formasi karang, hingga deburan ombak khas pesisir selatan Pulau Jawa.

Provinsi D.I. Yogyakarta bukan hanya kaya akan budaya dan kesenian, tapi ada banyak keindahan alam yang bisa Anda temui di sini seperti air terjun, goa, sungai, hutan pinus, serta tak kecuali pantai. Nah, pada kesempatan ini, saya akan menginformasikan aneka tempat wisata di Jogja berupa pantai baru atau pun yang sudah terkenal untuk rekreasi. Yuk, simak ulasannya berikut!

Pantai Di Jogja
Ilustrasi Pantai Di Jogja Yang Paling Bagus

Daftar Pantai Terindah Dan Hits Di Jogja Terbaru Yang Paling Bagus Wajib Dikunjungi

1. Pantai Watu Kodok

A post shared by ARD-TSA (@raditya.yoga) on

Review pertama tentang pantai terindah di Jogja akan diawali dengan Pantai Watu Kodok. Daya tarik pantai ini berupa hamparan pasir putih nan bersih berpadu dengan birunya air laut. Kondisi lingkungan yang ada masih sangat alami dan asri. Harga tiket masuknya pun murah meriah, hanya sekitar 5 ribu rupiah per orang.

Suasana sepi dan tenang jauh dari keramaian akan semakin membuat Anda betah berlama-lama menikmati Pantai Watu Kodok. Hanya saja fasilitasnya masih minim mengingat termasuk pantai yang masih perawan jarang dikunjungi orang, mungkin ke depannya akan semakin baik. Alamatnya terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Pantai Sedahan

A post shared by 🎸🎶 (@theovan_) on

Pantai Sedahan termasuk salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang belum banyak diketahui orang. Padahal kecantikannya sungguh sangat mempesona, hamparan pasir putih bersih yang diapit 2 buah bukit karang berpadu indah dengan deburan ombak. Lokasinya berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul.

Mungkin karena disekelilingnya ada batuan karang, jadi ombaknya lumayan tenang. Meskipun tak begitu luas, tapi cukup asik untuk berkemah atau pun bermain bola pantai. Kondisi lingkungan sekitar masih alami dan tidak begitu ramai pengunjung. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah.

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan pantai di Yogyakarta yang paling populer beberapa tahun belakangan. Ikon berupa sebatang Pohon Duras menjadi ciri khasnya, lengkap dengan pasir putih serta payung warna warni. Air lautnya cukup jernih dengan deburan ombak besar khas pesisir selatan Pulau Jawa.

Pantai yang terletak di Tepus, Gunungkidul ini mempunyai fasilitas lengkap, seperti toilet, tempat parkir, area camping, penyewaan tenda dome, warung makan, dan payung pantai untuk berteduh. Jika Anda berkunjung ke sini, tunggulah sampai sore tiba, pemandangan Pantai Pok Tunggal ketika matahari terbenam sungguh sangat eksotis. Harga tiket masuk sebesar Rp.10.000,- dan buka 24 jam.

4. Pantai Indrayanti

A post shared by Rohkiyat Wisora l (@roh_kyt) on

Menikmati seafood di pinggir pantai pasir putih sambil memandangi lautan luas tentu akan menjadi moment yang menyenangkan bukan? Nah, kalau ingin mendapatkan pengalaman seperti itu, Anda bisa berkunjung ke Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan harga tiket masuk yang relatif murah, yaitu sekitar 10 ribu rupiah, Anda sudah bisa merasakan sensasi spesial layaknya liburan ke pantai Bali. Pasalnya, fasilitas di sini sangatlah lengkap mulai dari cafe, restoran, hingga penginapan. Keren bukan? Cobain deh mampir ke sini, liburan Anda di Jogja akan terasa istimewa.

5. Pantai Watu Lawang

A post shared by ꧁ɓōŋȩ꧂ (@anangrahel) on

Objek wisata Pantai Watu Lawang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Daya tarik utamanya berupa hamparan pasir putih, batu karang, dan goa batu. Di mulut goa tersebut terdapat batu mirip pintu (bahasa jawa : pintu = lawang). Oleh karena itu, pantai ini disebut watu lawang, artinya pintu batu.

Ada 2 bagian pantai, yaitu sebelah barat goa batu dengan kondisi tidak terlalu luas, dan sebelah timur goa batu yang memiliki area pantai lebih luas. Harga tiket masuk ke sini sekitar 5 ribu rupiah. Sudah terdapat fasilitas toilet, tempat parkir, gazebo, dan mushola.

6. Pantai Cemoro Sewu / Pantai Cemara Sewu

A post shared by Nisa Camellia (@camellianisa) on

Sesuai dengan namanya, Pantai Cemoro Sewu / Pantai Cemara Sewu memiliki keunikan berupa deretan pohon cemara yang membentuk spot instagramable seperti lorong goa. Kesan romantis akan bisa Anda temukan saat berfoto diantara pepohonan cemara tersebut. Air lautnya berwarna biru dengan pasir hitam.

Untuk memasuki tempat wisata di Bantul yang paling bagus ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis karena retribusi sudah menjadi satu pada pos masuk pantai Parangtritis. Lokasi Pantai Cemara Sewu berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka 24 jam.

7. Pantai Parangtritis

A post shared by Yosef Bambang (@yosef.bambang) on

Siapa seh yang tidak tahu Pantai Parangtritis? Destinasi wisata pantai di Jogja yang terkenal dan paling sering dikunjungi wisatawan ini seakan tak pernah pudar pamornya. Saat liburan tiba, Parangtritis selalu menjadi incaran para traveler untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau pun sahabat.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Parangtritis, dari mulai bermain pasir, naik andong / delman, berenang di kolam air hangat, bermain ATV, hingga menikmati sunset indah. Harga tiket masuknya pun sangat murah meriah, sekitar 5 ribu rupiah. Jam buka selama 24 jam.

8. Pantai Timang

A post shared by HENdrik SAMsuri, S.T (@hens4m) on

Pantai Timang adalah salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul yang wajib dikunjungi bagi penyuka aktivitas ekstrim. Di sini, Anda akan benar-benar disuguhi wahana buatan yang akan memacu adrenalin sekaligus membuat detak jantung semakin kencang, yaitu gondola.

Gondola ini terbuat dari kayu yang sangat sederhana dan memakai tali tradisional. Sementara itu, di bagian bawah jalur tali terdapat karang terjal beserta ombak ganas. Saat menaikinya, Anda akan dibawa meluncur sejauh 50 – 100 meter menuju ke Pulau Karang yang ada di tengah laut.

Untuk menaiki kereta gantung / gondola kayu tersebut, Anda akan dikenakan biaya sebesar 150 ribu. Lumayan mahal bukan? Anda juga harus mengontak warga pengelola gondola tersebut sehari sebelumnya agar mereka bisa mengecek kesiapan gondolanya. Jika belum puas naik gondola, Anda bisa mencoba melewati jembatan gantung yang tak kalah ekstrim.

Harga tiket masuk Pantai Timang sekitar 5 ribu rupiah. Alamatnya terletak di Jl. Pantai Sel. Jawa, Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain naik gondola, Anda juga bisa menikmati lobster tangkapan nelayan seharga 350 ribu rupiah per kilogramnya.

9. Pantai Greweng

A post shared by ARI KRISDANANTO (@arikris07) on

Buat para traveler muda yang sedang mencari pantai di Jogja terbaru buat camping maka bisa datang ke Pantai Greweng. Kondisinya benar-benar masih sangat alami, diapit oleh dua buah bukit karst tinggi sehingga ombaknya tak terlalu besar. Pasir pantainya berwarna putih, suasananya masih sepi, pas buat berkemah.

Untuk mencapai Pantai Greweng, Anda harus trekking jalan kaki. Jadi, siapkan fisik yang prima ya gaes! Lokasinya terletak di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya 5 ribu rupiah (sudah termasuk retribusi ke pantai Wediombo). Mengingat tempat ini masih baru, maka belum ada fasilitas memadai seperti toilet atau pun warung makan.

10. Pantai Nglambor

A post shared by fiqi cazorla (@fiqihidayat18) on

Kira-kira ada tidak ya pantai di Jogja yang bisa untuk snorkeling? Jawabannya tentu saja ada, datang saja ke Pantai Nglambor. Di sini, Anda dapat berenang, snorkeling, hingga menikmati sunset nan cantik mempesona. Pengunjungnya pun masih belum terlalu ramai sehingga Anda bisa lebih bebas menjelajahi setiap sudut pantai.

Pantai Nglambor terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Persis di sebelah barat Pantai Siung dan sebelah timur Pantai Jogan. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah sedangkan untuk paket snorkeling 50 ribu rupiah (sudah termasuk sewa alat).

Baca Juga :

11. Pantai Wediombo

A post shared by iskhak (@ishak_do) on

Jika Anda hoby memancing, maka Pantai Wediombo menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi. Terdapat batuan karang yang terkenal sebagai spot memancing ikan di Jogja. Anda bisa menemukan berbagai ikan di sini dengan senar pancing seperti kerapu, tenggiri, ikan cucut, hingga ikan kakap batu dengan berat mencapai belasan kilogram.

Jika tak suka memancing, Anda bisa berenang di kolam alami di balik gugusan karang. Airnya lumayan tenang dan jernih sehingga nyaman buat berendam. Kedalamannya mencapai 1,5 meter, jadi Anda wajib hati-hati ya! Bagi yang tak bisa berenang, sebaiknya tak memaksakan diri untuk bermain di kolam.

A post shared by Dita puspitasari (@ditaaapus) on

Lokasi Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Harga tiket masuk hanya 5 ribu rupiah. Merah meriah banget bukan? Fasilitas di sini lumayan lengkap, sudah terdapat toilet, gazebo, warung, mushola / masjid, bahkan kabarnya sudah ada penginapan sederhana di sekitarnya.

12. Pantai Watu Lumbung

A post shared by Wahyudi Antoro (@yud104) on

Berbeda dengan pantai indah di Gunung Kidul pada umumnya yang mempunyai hamparan pasir putih, Pantai Watu Lumbung justru tidak memiliki pasir pantai. Di sini, Anda hanya akan melihat hamparan batuan karang sepanjang pantai.

Ciri khas Pantai Watu Lumbung adalah adanya batuan besar yang menjorok ke tengah lautan dan berbentuk menyerupai lumbung padi. Oleh karena itu, pantai ini dikenal dengan sebutan Watu Lumbung. Lokasinya terletak di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Anda harus siap trekking jika ingin ke pantai ini sebeb keberadaannya lumayan tersembunyi.

13. Pantai Siung

Pantai siung merupakan surga bagi para pemanjat tebing, pasalnya di pantai ini terdapat puluhan spot batuan yang cocok untuk panjat tebing dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Tak hanya itu, hamparan pasir putihnya juga tak kalah asyik dijelajahi.

Lokasi Pantai Siung berada di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya hanya 3 ribu rupiah dan parkir motor 2 ribu rupiah. Mengingat ombaknya lumayan besar, maka traveler tidak diperkenankan mandi / berenang di pantai.

14. Pantai Banyunibo / Pantai Banyutibo

Sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai sebuah aliran air terjun yang menuju atau jatuh ke laut sehingga dinamakan Banyunibo (banyu = air, jatuh = nibo / tibo). Secara administratif, lokasinya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

15. Pantai Bukit Pengilon

Bingung mencari tempat wisata alam di Jogja yang belum terjamah? Datang saja ke Pantai Bukit Pengilon. Bukan pasir putih atau pun pasir hitam, daya tarik pantai ini justru berupa hamparan padang rumput hijau (mirip savana) yang tumbuh subur di atas perbukitan.

Alamatnya terletak di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute jalan menuju lokasi dapat Anda tempuh melalui Pantai Siung, lalu trekking ke Pantai Banyunibo, kemudian ke Pantai Bukit Pengilon.

16. Pantai Kukup

A post shared by Ayunie (@ayunie_1002) on

Pantai Kukup termasuk salah satu pantai favorit wisatawan yang konon katanya menjadi saingan berat Tanah Lot di Bali. Di sini, Anda akan menemukan sebuah pulau karang dan dihubungkan dengan jembatan. Dari atas pulau karang tersebut, Anda bisa menyaksikan keelolan pantai beserta deburan ombaknya.

Tak hanya itu, deretan cottage di sekitar pantai juga menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bermalam. Apalagi airnya cukup jernih sehingga ikan-ikan kecil pun tampak terlihat. Ada pasir putihnya juga lho!

Lokasi Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogayakarta. Jaraknya sekitar 25 km sebelah selatan Wonosari. Harga tiket masuk sekitar 10.000,-.

17. Pantai Baron

Kira-kira dimana ya pantai bagus dan unik di Jogja yang asyik untuk dikunjungi? Jawabannya tentu saja Pantai Baron. Pasirnya berwarna cokelat kehitaman dengan deburan ombak lumayan besar. Keunikan pantai ini terletak pada dua jenis air yaitu asin dan tawar yang berasal dari aliran sungai di sekitarnya.

Nah, konon kabarnya aliran sungai tersebut, setiap 5 tahun sekali mengalir ke arah timur membelah pasir pantai lalu ke laut. Anda juga bisa menyantap seafood segar enak di sini seperti sop kakap. Wahana watersport juga ada lho, yaitu flyboard yang memberi sensai terbang ala ironman. Alamat Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

18. Pantai Krakal

A post shared by Anita Genga (@anitagenga) on

Selama ini, spot surfing identik dengan pantai di Banyuwangi, Bali, Lombok, atau pun Kepulauan Mentawai. Ternyata, Jogja juga punya pantai yang lumayan recommended buat surfing, yaitu Pantai Krakal. Ombaknya cukup ganas buat para surfer.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai biota laut yang terperangkap di antara batuan karang saat air laut surut. Dulu, saat masih kuliah, saya pernah studi wisata ke pantai ini untuk mengamati populasi bintang mengular. Namun, Anda perlu hati-hati jangan sampai terlalu asik menyaksikan pesona bawah lautnya sampai lupa ombak besar datang. Utamakan keselamatan ya gaes!

Di pinggir pantai terdapat beberapa vegetasi pandan dan pasir pantai berwarna putih kecokelatan. Letak Pantai Krakal berada di Desa Ngastiharjo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Harga tiket masuk ke sini sebesar 10 ribu rupiah.

19. Pantai Jungwok

Dari puluhan daftar nama pantai di Jogja yang pernah saya dengar, mungkin Pantai Jungwok agak sedikit berbeda. Mengapa? Tentu saja hal tersebut karena namanya terdengar seperti sebuah tempat wisata di Korea Selatan. Tapi, pantai ini merupakan bagian pesisir selatan Yogyakarta. Harga tiket masuknya lumayan murah, berkisar 5 – 10 ribu rupiah per orang.

Pasir pantainya berwarna putih, berpadu indah dengan air laut jernih dan batuan karang pemecah ombak. Suasana di sini masih terasa sepi, layaknya pantai pribadi (baca : private beach). Alamat Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 1 km sebelah timur Pantai Wediombo.

20. Pantai Glagah

Pantai Glagah termasuk pantai maintream terkenal di Jogja selain Parangtritis. Daya tarik utamanya berupa barisan beton pemecah ombak berbentuk tetrapod, laguna, kebun buah naga, hingga kebun bunga matahari. Pasir pantainya sendiri berwarna hitam.

Selain berfoto dengan latar pemecah ombak atau bunga matahari, Anda bisa juga melakukan aktivitas seru lainnya di sini seperti memancing, menikmati sunset, bermain kano / perahu bebek di laguna, dan tentu saja berjalan-jalan di kebun buah naga. Harga tiket masuk ke Pantai Glagah murmer banget, sekitar 4 ribu rupiah.

Pantai Glagah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Rute jalan yang bisa Anda tempuh melalui Kota Jogja – Jalan Raya Wates – Kota Wates – Jalur utama ke arah Purworejo – Belok ke arah Pantai Glagah (nanti sebelah kiri jalan / selatan jalan, jika dari arah Jogja ada petunjuk, ikuti saja petunjuknya) – Desa Glagah – Pantai Glagah.

21. Pantai Pasir Kadilangu

A post shared by Pesona Jogja (@pesonajogja) on

Bukan pasir putih, batuan karang, atau pun biota laut yang menjadi daya tarik Pantai Pasir Kadilangu, melainkan hamparan hutan bakau dan spot foto hits kekinian. Anda bisa berfoto di atas jembatan dari bambu, spot berbentuk love, menara eiffel dari bambu, hingga menyewa perahu untuk berkeliling di perairan hutan mangrove / bakau.

Dengan segala pesonanya tersebut, layak rasanya menempatkan pantai ini ke dalam daftar tempat wisata indah di Kulon Progo yang wajib dikunjungi. Harga tiket masuk sekitar 3 – 4 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Dusun Pasir Kadilango, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

22. Pantai Sanglen

A post shared by @noveriarasyida on

Keindahan pantai selatan Jogja memang tiada duanya, hamparan pasir putih, air laut biru nan jernih, deburan ombak, hingga formasi batu karang berpadu menyuguhkan kecantikan alam yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Sanglen di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantainya memiliki pasir putih bersih dengan suasana sepi / sunyi karena belum banyak wisatawan berkunjung ke sini. Terdapat beberapa pohon cemara udang / cemara laut yang bisa untuk berteduh. Saat air laut surut, biasanya tampak rumput laut berbentuk gulungan seperti rambut gimbal. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah.

23. Pantai Krokoh

Di pesisir selatan Yogyakarta ternyata masih banyak pantai belum terjamah yang memiliki penorama indah dan cantik, diantaranya adalah Pantai Krokoh. Lokasinya terletak di Dusun Putat, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, D.I Yogyakarta.

Karena belum ada petunjuk jalan, Anda harus sering bertanya kepada penduduk sekitar saat menuju ke Pantai Krokoh. Kendaraan Anda dapat dititipkan di rumah penduduk, lalu dilanjutkan trekking jalan kaki. Diapit oleh dua tebing tinggi membuat pantai ini seolah menjadi pantai pribadi tersembunyi.

Pasirnya berwarna putih dan lembut, berpadu dengan batuan karang di sebelah dalam menuju lautan lepas. Saat air laut surut, Anda bisa menemukan rumput laut cokelat diantara batuan karang. Suasananya masih sunyi sangat alami, belum tersentuh oleh pembangunan fasilitas. Saat sore tiba, biasanya banyak warga sekitar memancing atau pun memasang jebakan lobster.

24. Pantai Gesing

Bingung mencari spot mancing di Jogja? Datang saja ke Pantai Gesing, begitu sampai aroma ikan akan langsung tercium. Kapal-kapal nelayan yang singgah semakin menambah kecantikan pantai ini. Warga sekitar menjadikan Pantai Gesing sebagai salah satu tempat mancing ikan.

Pantai Gesing terletak di Panjolomoyo, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Oya, di sini juga terdapat spot foto keren di Jogja yaitu Jembatan Cinta dari kayu yang sangat instagenic. Harga tiket masuk ke Pantai Gesing sebesar 5 ribu rupiah.

25. Pantai Ngrenehan

A post shared by Rian Aji (@rianrvn) on

Berlokasi di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Pantai Ngrenehan menyuguhkan pesona nelayan pesisir selatan Jogja. Anda dapat menyaksikan kapal-kapal tradisional bersandar dengan rapi dan aktivitas nelayan lainnya, sekaligus menyicipi ikan segar yang baru saja ditangkap oleh para nelayan. Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah.

26. Pantai Jogan

Satu lagi pantai unik di Gunung Kidul, yaitu Pantai Jogan. Bukan pasir putih yang menjadi daya tariknya, melainkan aliran air terjun. Tapi, Anda harus datang ke sini saat musim hujan tiba jika ingin melihat air terjun terindah di Jogja di sini.

Jatuhan airnya langsung menuju laut, sungguh sangat epic dijadikan latar berfoto. Saat ini, tampaknya sudah dibuatkan semacam jembatan dari kayu untuk menuju ke dasar air terjun. Lokasinya berada di daerah Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Harga tiket masuk ke sini dibanderol sebesar 10 ribu rupiah.

27. Pantai Ngeden / Pantai Ngedan

Lokasinya terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai anti mainstream ini mempunyai daya tarik berupa hamparan pasir putih dan suasana alami nan sepi. Garis pantainya tak terlalu panjang, hanya sekitar 100 – 150 meter.

Pantai Ngeden biasanya digunakan untuk camping para remaja dan menjadi spot bagus bagi para pemancing. Selain bermain di pantai, Anda juga bisa naik ke bukit pantai Ngeden untuk menyaksikan sunset dan hamparan laut biru. Harga tiket masuk sekitar 2 ribu rupiah, tapi mungkin sekarang sudah naik.

28. Pantai Drini

A post shared by AMMAD™ (@_muh.ammad_) on

Sebagai salah satu tempat wisata terindah di Gunung Kidul Yogyakarta, Pantai Drini menawarkan keindahan hamparan pasir putih bersih yang berpadu dengan birunya air laut jernih. Lokasinya berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Ombak Pantai Drini relatif tenang sehingga cukup aman untuk bermain air, ada dua buah bukit karang yang mengapitnya. Namun, saat air laut pasang, tetap saja ombaknya besar khas pantai Selatan Jawa. Jadi, Anda tetap harus berhati-hati.

Untuk menikmati kecantikan Pantai Drini, Anda dapat naik ke sebuah Pulau Karang yang tak jauh dari bibir pantai dengan tarif 1000 rupiah. Dari atas pulau ini, Anda dapat menyaksikan hamparan pasir putih Pantai Drini dihiasi gazebo dan gulungan ombak di lautan lepas. Oya, Anda hanya bisa menuju pulau ini saat air laut surut demi keselamatan.

Selain itu, Pantai Drini juga menyediakan kegiatan watersport / permainan air yaitu kano dengan tarif sekitar 50 ribu rupiah. Jika lapar, Anda dapat mampir di warung sekitar pantai untuk menikmati aneka hidangan seafood segar. Tersedia juga beberapa penginapan bagi wisatawan yang akan menginap. Harga tiket masuk Pantai Drini sebesar 10 ribu rupiah dan bisa berubah sewaktu-wakyu ya gaes!

29. Pantai Sepanjang

Tak kalah keren dengan deretan pantai di Malang yang indah, Jogja juga punya sejumlah pantai pasir putih nan cantik. Salah satunya adalah Pantai Sepanjang di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Keelokannya akan mengingatkan Anda pada suasana Pantai Kuta Bali tempo doeloe.

Garis pantainya lumayan panjang dengan hamparan pasir putih bersih. Saat air laut surut, Anda dapat melihat beberapa penduduk sekitar mencari rumput laut dan kerang-kerangan diantara batuan karang. Tersedia juga gubuk / warung untuk berteduh. Harga tiket masuknya sebesar 10 ribu rupiah. Jangan lupa mampir juga ke Pantai Nglolang di sebelah baratnya yang belum terjamah.

30. Pantai Ngandong

A post shared by M A S – A D Y (@addy_addy13) on

Kabupaten Gunung Kidul memang gudangnya tempat wisata pantai indah di Yogyakarta. Pasalnya, hampir setiap saat selalu memunculkan pantai baru nan eksotis dan cantik, misalnya saja Pantai Ngandong. Keberadaannya cukup tersembunyi sehingga masih jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, pantai ini memiliki pasir putih bersih dengan air laut biru jernih.

Sunset di sini juga konon sangatlah cantik lho, cahaya matahari senja yang menyinari butiran pasir menimbulkan pemandangan alam nan menawan. Sambil menunggu moment matahari tenggelam, Anda bisa bermain kano atau pun mengabadikan panorama dengan kamera Anda.

Pantai Ngandong terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, Anda harus melewati jalanan berbatu dengan pohon-pohon besar di kanan-kirinya. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah.

31. Pantai Ngetun

Tak kalah keren dengan Pantai Ngandong, Pantai Ngetun juga patut Anda kunjungi. Pasir pantainya berwarna cokelat muda, teksturnya terasa lembut di kaki. Jika dilihat dari ketinggian, Pantai Ngetun tampak seperti teluk kecil yang diapit 2 bukit karang hijau penuh pepohonan.

Lokasi Pantai Ngetun terletak di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Anda wajib berhati-hati saat menyusuri jalan menuju ke pantai karena lumayan terjal. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis, tapi fasilitasnya belum lengkap mengingat pantai ini masih sangat alami.

32. Pantai Kesirat

A post shared by Frizka (@frizkaefha) on

Pantai Kesirat bertipe tebing karang, Anda tak akan menemukan hamparan pasir putih di sini. Namun, hamparan rumput dan panorama lautan luas bisa mengobati rasa penasaran Anda terhadap keindahan alam. Landscape Pantai Kesirat dengan ciri khas sebuah pohon di tepi tebing sungguh sangat cantik berpadu dengan matahari tenggelam.

Lokasi Pantai Kesirat terletak di Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Pantai ini juga menjadi spot mancing yang recommended di Jogja. Bahkan konon kabarnya ikan-ikan besar seperti hiu tutul, paus, dan lumba-lumba sering terlihat di Pantai Kesirat saat musim migrasi.

33. Pantai Nguyahan

A post shared by archmelanesian (@hurint__) on

Daya tarik utama Pantai Nguyahan berupa hamparan pasir putih lembut dan bersih. Suasananya juga cenderung sepi, masih alami belum banyak dikunjungi wisatawan. Alamatnya terletak di Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah.

34. Pantai Nampu

Satu lagi pantai indah di Jogja yang masih sepi pengunjung yaitu Pantai Nampu. Namanya memang sama dengan Pantai Nampu Wonogiri, namun pantai cantik ini terletak di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasir pantainya berwarna putih, dari atas bukit Anda akan bisa melihat keindahan Pantai Nampu. Dari informasi yang saya terima, di sini sudah tersedia wahana banana boat, snorkeling, dan naik kapal nelayan. Tapi untuk kepastiannya, silahkan Anda cek sendiri ya saat berkunjung ke Pantai Nampu, hehe.

35. Pantai Sadranan

A post shared by ALEXA TOUR (@alexa_jogja) on

Selain Pantai Nglambor, ada satu lagi rekomendasi pantai yang ada di daerah Jogja untuk snorkeling yaitu Pantai Sadranan. Pemandangan bawah lautnya begitu indah, sayang untuk dilewatkan. Anda bisa melihat aneka biota laut dengan menyewa peralatan snorkeling seharga 50 ribu rupiah.

Bukan hanya snorkeling, Anda juga bisa melakukan aktivitas wisata menarik lainnya seperti bermain kano, menikmati sunrise / sunset, camping, hingga menjelajahi hamparan pasir putih. Harga tiket masuk ke Pantai Sadranan sebesar 10 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

36. Pantai Widodaren / Pantai Midodaren

A post shared by Arie Setyawan M (@arie.sm) on

Jika Anda benar-benar mengaku anak pantai, maka wajib deh berkunjung ke deretan pantai tersembunyi di Gunung Kidul. Salah satunya adalah Pantai Widodaren. Seperti namanya, pantai ini sungguh cantik layaknya seorang bidadari turun dari kayangan.

Hamparan pasir putih bersih berpadu indah dengan air laut biru nan jernih. Suasananya masih alami dan asri, belum banyak wisatawan yang datang ke sini. Hanya ada suara deburan ombak bersaut-sautan dengan hembusan angin pantai.

Lokasi Pantai Widodaren terletak di Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju bibir pantai, Anda harus rela treking jalan kaki menyusuri jalan setapak dan menuruni tebing. Saat surut, Anda akan melihat dasar pantai berupa batuan karang.

37. Pantai Depok

A post shared by Y A P (@yonandatama) on

Pantai Depok berlokasi di sebelah Pantai Parangtritis, tepatnya Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini sangat populer sebagai destinasi wisata kuliner Jogja khusus seafood. Deretan warung makan berjajar rapi di area tepi pantai dengan menu hasil laut segar seperti ikan, kepiting, cumi, dan udang.

Selain kulineran, Anda juga bisa menikmati panorama pantai berpasir hitam ini. Biasanya di pinggir pantai terdapat perahu nelayan yang sedang bersandar. Lumayan bagus buat dijadikan background / latar berfoto. Ada juga wahana motor ATV.

Harga tiket masuk ke Pantai Depok lumayan murah, berkisar 5 – 10 ribu rupiah per orang. Oya, di sini terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) atau Pasar Ikan dengan harga relatif murah meriah. Jadi, sebelum pulang, Anda bisa mampir untuk membeli aneka hasil laut. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan ikan segar langsung dari nelayan yang baru saja mendarat.

38. Pantai Goa Cemara

Di kawasan Kabupaten Bantul Yogyakarta, ada dua buah pantai dengan nama cemara, yaitu Pantai Goa Cemara dan Pantai Cemara Sewu. Keduanya sama-sama memiliki pohon cemara, tapi beda lokasi. Jangan sampai ketukar ya gaes!

Sesuai dengan namanya, Pantai Goa Cemara memang memiliki deretan pohon cemara yang berjejer rapat sehingga membentuk semacam lorong goa. Oleh karena itu, pantai ini dikenal dengan nama Goa Cemara. Di sini juga terdapat sebuah mercusuar yang bisa digunakan untuk melihat panorama pantai dari ketinggian.

Fasilitas di Pantai Goa Cemara cukup lengkap, sudah tersedia Mushola, camping ground, area outbond, kamar mandi / toilet, pendopo untuk beristirahat, dan warung-warung penjual makanan. Kabarnya, kawasan pantai ini digunakan untuk pelestarian penyu hijau.

Alamat Pantai Goa Cemara terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Lokasinya diapit oleh Pantai Kwaru dan Pantai Pandansari. Harga tiket masuknya lumayan murah meriah, siapkan saja uang 5 – 10 ribu rupiah untuk retribusi dan parkir motor.

39. Pantai Parang Kusumo Dan Gumuk Pasir Parangkusumo

A post shared by Ocha 🐰 (@aisnr_) on

Tak seperti pantai pada umumnya yang menyuguhkan keindahan, Pantai Parangkusumo justru menawarkan hal berbeda, yaitu upacara adat labuhan. Oleh karena itu, pantai ini lebih banyak dikunjungi oleh peziarah. Namun, bagi Anda yang tak suka berziarah, tak usah kuatir karena di sekitar pantai ini terdapat spot wisata bagus untuk seru-seruan yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo.

Seperti apa seh Gumuk Pasir Parangkusumo itu? Gumuk Pasir merupakan gundukan pasir yang luas mirip seperti padang pasir di negara-negara Arab dan Timur Tengah. Bentang alam ini terbentuk karena pengaruh angin yang membawa pasir ke sini sehingga terkumpul begitu banyak pasir membentuk padang pasir.

Sebagai salah satu ikon baru wisata pantai Jogja, Gumuk Pasir memberikan nuansa unik bagi para wisatawan. Di sini, Anda bisa melakukan kegiatan menarik berupa sandboarding, berfoto, dan menikmati keindahan matahari terbenam. Landscape siluet sunset Gumuk Pasir tampak begitu instagramable dan cantik.

Lokasi Pantai Parangkusumo dan Gumuk Pasir terletak di sekitar Jl. Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Jika akan ke Gumuk Pasir, sebaiknya datang saat pagi hari atau sore hari. Selain tidak panas, Anda juga akan mendapatkan bonus spot foto bagus matahari terbit atau pun tenggelam.

40. Pantai Kuwaru

Satu lagi pantai indah di Jogja yang punya deretan pohon cemara, yaitu Pantai Pantai Kuwaru. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Pandansimo. Secara administratif terletak di daerah Kawaru, Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses menuju pantai ini cukup mudah, dari Jembatan Srandakan hanya berjarak 6 km. Pasir Pantai Kuwaru berwarna hitam bersih dan terasa lembut di kaki. Ombaknya lumayan besar berpadu dengan hembusan angin laut terasa keras suaranya.

Pantai Kuwaru memiliki fasilitas lengkap, sudah tersedia mushola, warung makan seafood, kamar mandi, dan toilet. Oleh karena itu, saat hari libur sering dikunjungi wisatawan bersama keluarga atau pun anak-anak untuk sekedar jalan-jalan, makan, atau pun mancing ikan. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah per orang.

41. Pantai Baru Bantul

Pantai Baru terletak di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya masih satu garis pantai dengan Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, Pantai Pandan Sari, dan Pantai Pandan Simo. Harga tiket masuknya sekitar 4 ribu rupiah, mungkin sekarang sudah naik.

Di pinggir Pantai Baru terdapat pohon Cemara Udang untuk berteduh. Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini antara lain duduk bersantai beralas tikar, jalan kaki menyusuri pantai, foto-foto, menikmati panorama alam, bergelantungan di atas hammock, dan menyicipi sajian kuliner laut (seafood), dan bermain motor ATV.

42. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi terletak di jalan Parangkusumo, Kretek, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, sebelah barat Gumuk Pasir. Suasana pantai ini relatif sepi pengunjung sehingga cocok buat Anda yang mendambakan keheningan alam.

Pasir pantainya berwarna hitam dengan deburan ombak lumayan besar. Kabarnya, Pantai Pelangi digunakan sebagai tempat penangkaran penyu. Jika beruntung, saat jadwal pelepasan penyu, Anda bisa ikut berpartisipasi melepaskan anak penyu (baca : tukik) ke laut.

43. Pantai Sadeng

A post shared by VJ Aerial (@vjaerial) on

Pantai Sadeng merupakan sebuah pelabuhan perikanan di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Di sini, Anda akan dapat menyaksikan aneka perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan. Jadi, bila Anda benar-benar ingin melihat aktivitas nelayan secara langsung, pergilah ke pantai ini. Lokasinya berada di Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Sadeng juga memiliki pesona berupa lembah hijau eksotis yang konon berasal dari aliran sungai Bengawan Solo Purba. Anda bisa berhenti sejenak di tepi jalan menuju lokasi Pantai Sadeng. Amatilah sisa aliran Sungai Bengawan Solo Purba yang telah berubah menjadi Telaga Suling.

44. Pantai Ngrumput

A post shared by Ipann (@ifannirwn_) on

Pantai Ngrumput memiliki hamparan pasir putih nan cantik, suasananya pun masih relatif sepi. Pantai ini menjadi salah satu lokasi favorit anak muda untuk ngecamp (berkemah). Tarif retribusi jika akan mendirikan tenda di sini sebesar 15 ribu rupiah per tendanya.

Selain tempatnya nyaman, faslitas di sini juga cukup lengkap. Tersedia sekitar 9 warung dengan kamar mandi dan toilet. Alamat Pantai Ngrumput terletak di Desa Banjarjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Untuk menuju bibir pantai, Anda harus trekking jalan kaki selama kurang lebih 20 menit dari tempat parkir kendaraan. Anda akan menyusuri jalan setapak dari tanah berbatu dengan pepohonan di kanan kirinya. Di bagian belakang pantai ini, kalau tak keliru terdapat Bukit Kosakora. Nah, jika Anda merasa cukup tenaga maka bisa mendaki hingga puncaknya untuk melihat landscape pantai selatan.

45. Pantai Butuh

A post shared by Dwi Wahyu (@dwi_wahyu123) on

Bingung mencari pantai di Jogja yang bagus untuk camping? Coba saja datang ke Pantai Butuh, suasana dan kondisi alamnya sangat pas buat bermalam di bawah tenda. Hamparan pasir putih bersih dan rerumputan hijau akan menambah kenyamanan saat mendirikan tenda. Tebing karang di kanan kirinya membuat pantai ini sedikit terlindungi dari deburan ombak besar dan angin laut.

Meskipun demikian, Anda harus tetap waspada mengingat setiap saat ombak besar bisa datang secara tiba-tiba. Bila tak ingin berkemah, Anda bisa datang ke pantai ini untuk sekedar memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Pantai Butuh terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

46. Pantai Sinden

A post shared by Rmt (@matoibra) on

Pantai Sinden tidak memiliki pasir putih seperti pantai-pantai pesisir selatan Gunung Kidul pada umumnya. Sepanjang garis pantainya dipenuhi batuan karang yang berbatasan langsung dengan lautan. Selain panorama gugusan karang nan epic, keunikan atau daya tarik lainnya berupa pulau karang bernama Pulau Kalong atau Pulau Gelatik.

Pulau Kalong berada ditengah-tengah laut sehingga untuk mencapainya Anda harus melewati jembatan gantung dari tali dan papan. Kondisinya sangat ekstrim gaes, mirip seperti Pantai Timang. Di bawah jembatan tersebut berupa lautan dalam penuh batuan karang. Alamat Pantai Sinden terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

47. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari memiliki pasir berwarna cokelat kehitaman dan dipenuhi oleh pohon cemara udang / cemara laut. Di pantai ini terdapat sebuah mercusuar yang cukup tinggi. Bila Anda pemberani serta tak takut ketinggian, bisa mencoba menaikinya. Tapi, Anda wajib berhati-hati karena tangga untuk naik cukup ekstrim.

Dari atas mercusuar, Anda akan bisa menyaksikan landscape Pantai Pandansari bersama pepohonan, dan persawahan / perkebunan di sekitarnya. Daya tarik lain yang bisa Anda nikmati di pantai ini adalah agrowisata kebun buah naga. Rasanya yang manis menyegarkan tentu bakal membuat siapapun ingin mencicipi buah naga.

Lokasi Pantai Pandansari Desa Patehan, Kelurahan Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Harga tiket masuknya termasuk murah meriah yaitu 3 ribu rupiah per orang. Saat berkunjung ke sini, Anda sebaiknya membawa bekal makanan atau minuman sendiri.

48. Pantai Srakung

Bosan dengan pantai yang ramai? Datang saja ke Pantai Srakung di Padukuhan Nujo, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kondisi alamnya masih sangat alami, belum tersentuh oleh wisatawan. Suasana sepi dan hening akan Anda dapatkan di sini, hanya ada suara deburan ombak yang silih berganti dengan hembusan angin laut.

Pantai Srakung diapit oleh dua tebing karang, hamparan pasir putih dan tumbuhan hijau di sekelilingnya membuat pemandangan di sini tampak indah. Namun, untuk mencapai bibir pantai, Anda harus berjalan kaki sejauh 1 km menyusuri jalan berbatu.

49. Pantai Slili

A post shared by p n c (@dodiek_tr) on

Garis pantainya memang pendek, mungkin tak lebih dari 100 meter. Namun, keindahan Pantai Slili bakal membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Perpaduan pasir putih, batuan karang, dan deburan ombak khas pesisir selatan membuat pantai mungil ini tampak begitu cantik.

Pantai Slili terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada diantara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Di sekitar lokasi pantai sudah tersedia area parkir, kamar mandi / toilet, dan gubuk-gubuk sederhana untuk berteduh. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah dan sudah menjadi satu paket ke pantai Baron, Kukup, Krakal, Sepanjang, Drini, dan lainnya.

50. Pantai Sundak

Tak kalah indah dengan Pok Tunggal atau pun Indrayanti, Pantai Sundak memiliki hamparan pasir putih dan laut biru jernih yang eksotis. Panoramanya sangat alami dan cocok buat memanjakan mata. Saking cantiknya, kabarnya pantai ini juga sering digunakan untuk lokasi pemotretan di Jogja.

Nama Pantai Sundak sendiri konon berasal dari cerita legenda perkelahian anjing (bahasa jawa : asu) dan landak. Akhirnya, pantai ini pun dikenal dengan sebutan Sundak, perpaduan nama kedua hewan tersebut. Jika Anda tertarik, langsung saja menuju ke lokasinya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

51. Pantai Seruni

A post shared by Amfibi⁴² (@ilhambayu_74) on

Seakan gak ada habisnya, sisi selatan Gunung Kidul memang memiliki sejuta pesona pantai cantik. Sebut saja Pantai Seruni, hamparan pasir putihnya sungguh indah berpadu dengan deburan ombak laut nan biru. Suasana sepi dan alami semakin membuat Anda merasa sedang berada di pantai pribadi.

Pantai Seruni berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul bersebelahan dengan Pantai Pok Tunggal. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah. Fasilitas di sini sudah lumayan lengkap, ada kamar mandi dan warung penjual makanan.

52. Pantai Ngobaran

Kawasan pesisir selatan Jogja memang kaya akan pantai unik dan indah. Salah satunya adalah Pantai Ngobaran yang ada candinya. Selain candi, daya tarik utama pantai ini berupa hamparan pasir putih dan deretan batuan karang nan gagah.

Keunikan lain dari pantai yang berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini yaitu keberadaan 4 tempat peribadatan yang berbeda agama. Saat air laut surut, Anda bisa menyaksikan rumput laut bertebaran di pinggir pantai.

53. Pantai Dadap Ayam

A post shared by indrha (@indrha_bi) on

Di sebelah timur Pantai Ngobaran, terdapat sebuah pantai cantik yang belum banyak terjamah oleh wisatawan. Namanya Pantai Dadap Ayam. Secara administratif, Pantai Dadap Ayam terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, dari parkiran Pantai Ngobaran, Anda harus berjalan kaki ke arah timur melewati jalan setapak.

Bibir pantai ini sebagain besar di dominasi oleh batuan karang, ada juga pasir putih kecokelatan tapi tak begitu luas. Keberadaan pantai ini cukup tersembunyi karena diapit oleh 2 tebing karang. Suasana di sekitar masih alami dan asri, sepi belum banyak orang yang berkunjung ke sini.

54. Pantai Sarangan

Pantai Sarangan terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sebelah barat Pantai Krakal, dari parkiran Anda tinggal lurus jalan kaki. Oleh karena masih satu garis pantai, Pantai Sarangan mirip dengan Pantai Krakal.

Pasir pantainya tampak putih kecokelatan, saat air laut surut akan tampak batuan karang. Fasilitas yang tersedia lumayan lengkap, sudah ada tempat ibadaha, warung penjual makanan, dan kamar mandi. Jika akan berkunjung ke sini, jangan lupa bawa topi dan sunblock ya, suasananya panas jarang ada pepohonan untuk berteduh.

55. Pantai Wohkudu

Satu lagi pantai tersembunyi di pesisir selatan Jogja yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Wohkudu. Keindahan pantai ini kabarnya layak disandingkan dengan deretan pantai di Lombok Nusa Tenggara Barat. Hamparan pasir putih yang diapit oleh 2 buah tebing karang tampak begitu cantik berpadu dengan deburan ombak.

Pantai Wohkudu juga punya padang rumput yang lumayan luas. Perpaduan pasir putih dan rerumputan hijau membuat tempat ini sangat pas untuk dijadikan lokasi camping (berkemah). Suasananya masih sepi dan alami, asyik buat merefresh pikiran dan memanjakan mata. Sesekali biasanya ada warga sekitar yang ke sini untuk memancing ikan segar.

Lokasi Pantai Wohkudu terletak di Nglaos, Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Belum ada fasilitas penunjang di sini, jadi pantai ini cocok dikunjungi bagi Anda yang suka berpetualang di alam bebas.

56. Pantai Kayu Arum

A post shared by Sefta Alfian (@seftaalfian) on

Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta memang tak ada habisnya untuk dieksplore, hampir setiap saat menawarkan destinasi baru bagi para wisatawan. Sebut saja Pantai Kayu Arum yang belakangan ini lagi ngetrend dikalangan anak muda.

Pantai Kayu Arum benar-benar masih perawan belum terjamah, bahkan Anda harus rela berjalan kaki sejauh 3 – 4 KM untuk mencapai bibir pantainya. Begitu sampai, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang lumayan luas. Saat air surut, Anda bisa melihat ikan-ikan cantik diantara batuan karang. Namun, Anda harus tetap waspada mengingat ombaknya cukup besar.

Pantai Kayu Arum terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berada di sebelah barat Baron Technopark. Bawalah bekal makanan / minuman secukupnya karena belum ada warung penjual makanan di sini. Toilet atau pun kamar mandi juga belum ada.

57. Pantai Mbirit

Jika Anda menyusuri wilayah pesisir selatan Gunung Kidul Jogja, maka Anda akan menemukan cukup banyak pantai bagus yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Mbirit. Pantai ini memang kecil / mungil tersembunyi diantara bebatuan karang. Tapi, perpaduan pasir putih dan batuan karang di sana membentuk sebuah keindahan alam nan eksotis.

Selain cocok untuk selfie / berfoto, Pantai Mbirit juga bisa digunakan untuk memancing ikan. Kabarnya banyak para pemancing mania yang sering melemparkan umpan di bibir batuan karang untuk mendapatkan ikan segar. Secara administratif, Pantai Mbirit terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Bagaimana sobat traveler? Keren dan cantik bukan, aneka tempat wisata pantai di Jogja? Jangan lupa catat dan agendakan untuk liburan ke sana ya gaes! Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung dan ingin berbagi pengalaman, silahkan untuk menuliskannya pada kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.