Pusat Info Wisata Terlengkap

27 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Nusa Penida Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

0 641

Tempat Wisata Di Nusa Penida – Mau liburan ke Pulau Bali? Ini daftar rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Nusa Penida Bali terbaru yang wajib dikunjungi. Lengkap dengan foto / gambar mulai dari pantai pasir putih, spot diving, bukit cantik, hingga air terjun yang bakal membuat Anda tak mau pulang.

Mungkin belum banyak orang tahu, bahwa keindahan Bali bukan hanya berada di kawasan Kuta dan sekitarnya. Masih ada sejumlah tempat wisata tersembunyi yang eksotis, salah satunya berada di Nusa Penida. Kira-kira ada apa saja ya disini? Yuk, simak ulasan dari saya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Nusa Penida Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

1. Teletubbies Hills (Bukit Teletubbies)

Buat Anda yang bosan dengan liburan ke pantai, maka bisa mencoba mengunjungi tempat wisata anti mainstream ini. Namanya Teletubbies Hills (Bukit Teletubbies) di Dusun Julingan, Desa Tangglad, ujung timur Pulau Nusa Penida.

Sesuai dengan namanya, bukit ini teridiri dari beberapa gundukan tanah yang hijau layaknya perbukitan pada film serial anak “Teletubbies”. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi panorama rerumputan hijau yang sangat indah. Pas banget deh buat lokasi prewedding para pengantin baru.

Bukit ini sebenarnya berupa batuan kapur, namun di atasnya tertutup tanah sekitar 1 meteran. Nah, tanah inilah yang membuat banyak rumput hijau bisa tumbuh subur di sini. Waktu terbaik untuk berkunjung sepertinya saat pagi atau sore hari agar terhindar dari panas matahari.

Bila Anda ingin datang siang, sebaiknya membawa payung atau topi karena tak ada pepohonan, jadi cuacanya sangat terik. Bukit ini masih alami dan belum banyak fasilitas penunjang seperti tempat makan atau penjual minuman sehingga Anda perlu bawa bekal sendiri. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 10 ribu rupiah per orang. Cukup murah meriah bukan?

2. Angle’s Billabong

Boleh dibilang, Angle’s Billabong merupakan destinasi wisata Bali yang lagi naik daun dikalangan wisatawan. Pasalnya, banyak sekali para traveler yang mengabadikan moment saat liburan disini dan mengunggah foto tersebut ke akun media sosial mereka seperti instagram.

Angle’s Billabong berupa sebuah kolam alami yang berada di bebatuan karang dan berbatasan langsung dengan laut. Airnya sangat jernih bergradasi, kadang ada ikan atau biota laut yang terperangkap di dalamnya. Sungguh tampak begitu cantik dan eksotis. Tak heran, banyak traveler muda rela bersusah payah untuk sampai ke sini.

Infinity pool alami ini lumayan dalam dan dindingnya berupa batuan karang tajam. Dasar kolam terdapat pasir hingga batuan karang yang lumayan tajam juga. Bagi Anda yang akan berenang wajib berhati-hati. Ditambah lagi lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut, membuat ombak kadang datang dan bisa menyeret ke lautan dalam.

Jadi, Anda sebaiknya melihat situasi ketika akan turun ke Angle’s Billabong. Keselamatan tetap menjadi hal utama dalam berwisata. Tak harus turun, menikmati Angle’s Billabong sambil berfoto-foto dari pinggirnya saja sudah cukup menyenangkan.

Lokasi Angle’s Billabong terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis. Oya, mengingat keberadaannya di tepi pantai yang panas, maka sebaiknya Anda membawa topi, kacamata, lotion pelindung sinar matahari, dan pakaian casual.

3. Crystal Bay Beach

A post shared by MANU TEJA (@manuteja) on

Dari sekian pantai bagus di Nusa Penida, mungkin Crystal Bay Beach lah yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Aksesnya lumayan mudah dan ombaknya yang tak begitu besar membuat pantai ini relatif aman untuk liburan anak dan keluarga.

Daya tarik utama Crystal Bay Beach berupa pasir putih nan bersih dan kejernihan air lautnya. Saking beningnya, Anda bisa melihat langsung aneka terumbu karang atau biota laut. Tak hanya itu, sunset dan pemandangan perbukitan di kanan kirinya juga tampak indah.

Susana pantai ini begitu tenang, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Sangat pas buat melepas penat akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari. Selain menikmati deburan ombak dan sunset, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti snorkeling, diving, dan memancing.

Alamat dan lokasi Crystal Bay Beach berada di Teluk Penida, tepatnya di Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung Bali. Berdasarkan info yang saya terima, sampai saat ini belum ada tarif masuk alias gratis bila akan berkunjung ke sini. Tapi, untuk menyeberang ke Pulau Nusa Penida tentu butuh biaya yang agak mahal.

4. Pantai Atuh

Tak terlalu susah rasanya mencari tempat wisata hits di Bali untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan. Ada banyak pilihan lokasi eksotik, salah satunya tentu saja Pantai Atuh. Hamparan pasir putih bersih, birunya air laut dan batuan karang yang menjulang tinggi menjadi sajian utama pantai ini.

Pantai Atuh terletak di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Oleh karena lokasinya berada di bawah tebing / perbukitan, maka satu-satunya cara menuju ke bibir pantai yaitu dengan jalan kaki. Anda harus trekking menuruni bukit dan melewati perkebunan warga agar bisa menikmati keindahannya.

Setelah sampai di lokasi, Anda akan merasakan suasana alam yang sepi, hanya ada suara deburan ombak dan angin pantai. Benar-benar layaknya pantai pribadi (private beach). Waktu terbaik berkunjung ke sini saat pagi hari karena bisa sekaligus melihat matahari terbit mengingat pantai ini menghadap ke timur.

5. Pasih Uug (Broken Beach)

A post shared by Agusm Photography (@agusm123) on

Nama Pasih Uug atau Broken Beach sudah cukup populer dikalangan para wisatawan domestik maupun mancanegara sebagai ikon pariwisata Nusa Penida. Bila dilihat dari atas menggunakan drone, maka objek wisata alam ini tampak seperti sebuah kolam besar yang berisi air laut dan dikelilingi tebing batuan karang.

Lalu, dari manakah air laut tersebut? Air laut masuk melalui lubang pada dinding karang yang berbatasan langsung dengan lautan. Keberadaan tebing karang berlubang ini membuat Pasih Uug tak seperti pantai-pantai pada umumnya yang langsung berhadapan langsung dengan hamparan laut biru.

Mungkin karena tak sempurna seperti layaknya pantai pada umumnya, maka beberapa wisatawan menyebutnya dengan Broken Beach (Pantai Rusak). Bibir pantainya sangat sulit dijangkau karena tebing karang yang ada cukup tinggi, sekitar 50 – 200 meteran. Tak heran, jika pantai ini belum terjamah oleh kaki para traveler.

Kebanyakan pengunjung hanya menikmati keindahannya melalui pinggiran tebing sambil berfoto dan duduk santai. Suasananya relatif sunyi, jauh dari keramaian wisatawan atau pun kendaraan. Lokasi Pasih Uug berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali.

6. Goa Giri Putri

A post shared by MANU TEJA (@manuteja) on

Selain pantai, Nusa Penida juga memiliki sejumlah pura untuk tempat ibadah umat hindu. Nah, diantara pura-pura yang ada di pulau ini, ada satu pura unik berada dalam goa, namanya Pura Goa Giri Putri. Lokasinya berada di Banjar Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Goa Giri Putri mempunyai pintu masuk yang sangat kecil, hanya cukup untuk satu orang. Tapi, setelah Anda memasukinya, akan tampak ruangan luas. Goa ini memiliki panjang sekitar 310 meter dan ketinggian kurang lebih 10 meter.

Jika dilihat dari guratan, warna dan garis pada dinding goa, bisa diperkirakan bahwa Goa Giri Putri berasal dari sebuah aliran sungai bawah laut yang naik ke permukaan. Oleh karena tempat ini masih sering digunakan untuk ibadah umat Hindu, maka sebaiknya Anda menghindari hari besar keagamaan Hindu saat berkunjung ke Goa Giri Putri.

7. Pura Paluang

A post shared by Muditha Ofr (@ikmg_mudita54) on

Bagi Anda yang beragama Hindu, pura bisa menjadi tempat rekreasi edukasi untuk mengenalkan sarana ibadah kepada anak-anak. Bila mengajak buah hati Anda, nampaknya pura di Goa Giri Putri kurang nyaman karena pintu masuknya relatif kecil. Sebagai alternatif, Anda dapat mengajak mereka mengunjungi Pura Paluang.

Keunikan pura ini terletak pada 2 buah pelinggih yang bentuknya mirip mobil VW Beatle dan Jimmy. Konon, bentuk mobil dari pelinggih ini hanya ada satu di dunia. Lokasi Pura Paluang terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

8. Tembeling Water Spring (Mata Air Tembeling)

Nusa Penida memang tak mempunyai arena bermain modern seperti waterpark. Namun, pulau yang cantik ini ternyata memiliki wahana berenang alami yaitu Tembeling Water Spring (Mata Air Tembeling). Lokasinya berada di Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Bali.

Diameter kolam mata air Tembeling sekitar 5 – 6 meter. Lumayan luas bukan untuk berenang? Keberadaannya cukup tersembunyi, jadi Anda perlu trekking jalan kaki untuk menuju lokasi mata air. Anda harus ekstra hati-hati karena medan jalannya licin, terjal, dan curam.

Oya, ada aturan yang tak boleh Anda langgar yaitu kolam besar hanya untuk berenang laki-laki dan kolam kecilnya hanya untuk perempuan. Untuk lebih jelasnya, Anda lebih baik bertanya kepada warga sekitar agar tidak keliru. Tak jauh dari kolam ini, terdapat pantai cantik berpasir putih.

9. Mata Air Guyangan / Air Terjun Peguyangan

A post shared by Craig & Aimee (@wearekingingit) on

Selain mata air Tembeling, ada satu lagi destinasi wisata mata air alami yang lagi ngehits banget. Namanya Mata Air Guyangan atau Air Terjun Peguyangan. Alamatnya terletak di Dusun Antapan, Desa Batukandik, Nusa Penida. Airnya sangat jernih menyegarkan dengan debit yang kencang mencapai 120 liter per detik.

Karena lokasinya berada di lereng tebing tepi laut, maka Anda dapat menikmati keindahan hamparan lautan biru saat berendam di sini. Namun, untuk mencapai mata air ini, Anda harus berjuang ekstra keras dan hati-hati.

Anda akan melewati anak tangga sekitar 450 meter menurun dan terjal bahkan dengan kemiringan hingga 80 derajat. Panjang trek sekitar 1 km, sungguh sangat menguras tenaga dan memacu adrenaline. Rasa lelah akan terbayarkan dengan kesegaran dan keindahan Mata Air Guyangan.

10. Pantai Suwehan

A post shared by kuyjalan (@kuyjalan) on

Terletak di Desa Tanglad, Nusa Penida, Pantai Suwehan menyuguhkan pesona yang sangat mengagumkan. Hamparan pasir putih bersih dan birunya laut dengan suasana sepi membuat siapapun akan betah enggan pulang. Pantas rasanya merekomendasikan Suwehan sebagai salah satu pantai tercantik di Bali untuk liburan.

Ciri khas Pantai Suwehan berupa batu berbentuk segitiga mirip logo brand Volcom. Tak ayal, wisatawan pun ada yang menyebutnya Pantai Volcom. Pantai berpasir putih ini lumayan luas dengan dikelilingi tebing tinggi sehingga sekilas seperti Pantai Dreamland. Hanya saja, suasana Pantai Suwehan lebih tenang, tak banyak wisatawan hilir mudik.

11. Pantai Kelingking

A post shared by Jordan Hammond (@jordhammond) on

Selain Suwehan, ada satu lagi pantai tersembunyi di Nusa Penida yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan yaitu Pantai Kelingking atau Kelingking Secret Point Beach. Alamatnya terletak di Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Bukan perkara mudah untuk mencapai bibir Pantai Kelingking, Anda harus treking menuruni tebing terjal sepanjang 150 meter selama 1 jam. Ya, pantai ini memang terletak jauh di bawah tebing, jadi satu-satunya jalan untuk ke sana harus jalan kaki.

Begitu tiba di lokasi, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih nan bersih dan lembut berpadu dengan birunya air laut. Suasana hening dan sepi membuat Anda seolah-olah sedang terdampar di pulau tanpa penghuni.

Dengan lebar mencapai 80 meter, Anda bebas berjalan, berlarian, atau berfoto untuk meng-explore pantai tanpa gangguan wisatawan lain. Jika beruntung, Anda bisa melihat ikan pari manta yang berenang di sekitar pantai. Sunggu sangat eksotis!

Namun, karena sulitnya medan, kebanyakan pengunjung hanya menikmati keindahan Pantai Kelingking dari atas tebing. Bahkan, konon kabarnya dalam sebulan hanya ada 2 orang yang turun ke bibir pantai, itu pun biasanya turis asing.

12. Smoke Beach (Pasih Andus) / Pantai Andus

A post shared by Sandra Galez (@sandragalez) on

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Smoke Beach atau Pasih Andus tidak menawarkan keindahan pasir putih. Pantai yang oleh masyarakat sekitar disebut Pantai Andus ini menyuguhkan fenomena hempasan atau deburan ombak besar yang menabrak batuan karang. Ombak tersebut lalu pecah membentuk sebuah semburan air setinggi sekitar 10 meter. Keren bukan?

Biasanya wisatawan berdiri di batuan karang untuk menunggu semburan air tersebut. Namun, Anda harus sangat hati-hati mengingat ombaknya sangat kencang. Fenomena semburan air unik ini sering disebut sebagai Devil’s Tears. Tampaknya Smoke Beach belum banyak diketahui orang sehingga masih relatif sepi pengunjung.

Lokasi pantai ini terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Tak terlalu jauh dari Pasih Uug, dapat ditempuh sekitar 15 menit berkendara. Harga tiket masuknya dibanderol 10 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

13. Pantai Banah / Banah Cliff

A post shared by Agusm Photography (@agusm123) on

Buat Anda yang sedang mencari lokasi hunting foto terbagus di Nusa Penida, bisa datang ke Pantai Banah atau Banah Cliff. Destinasi kekinian ini mempunyai sebuah panorama instagenic berupa batu karang berlubang berbentuk setengah lingkaran yang berada di tengah-tengah lautan biru.

Dengan ketinggian mencapai 200 meter dan adanya pepohonan yang tumbuh di atasnya membuat Banah Cliff ini tampak cantik. Tak heran jika banyak traveler datang ke sini untuk bisa berfoto dengan latar batuan unik tersebut.

Mengingat lokasi tebing untuk melihat Banah Cliff tak ada pembatasnya, maka Anda wajib berhati-hati agar tak jatuh ke jurang yang dalam. Anda juga perlu membawa bekal makanan atau minuman sendiri karena tak ada warung di sini. Alamat Banah Cliff terletak di Desa Batumadeg, Nusa Penida.

14. Jembatan Kuning / Yellow Bridge

A post shared by R A U L (@raulcaramizaru) on

Meskipun hanya sebuah jembatan, Yellow Bridge ternyata tak membuat wisatawan sungkan untuk datang ke sini. Mungkin karena tampak begitu ikonik dan fotogenik, maka banyak orang datang ke Jembatan gantung yang mengubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan ini.

Jembatan yang dicat berwarna kuning ini dibangun sekitar tahun 1994 dengan panjang 100 meter dan lebar 1.5 meter, membentang diatas perairan Nusa Lembongan. Dari atas jembatan ini, kalau tak keliru, Anda bisa menyaksikan kapal yang lalu lalang. Sering juga disebut sebagai jembatan cinta, lantaran cukup banyak pasangan yang berfoto disini.

Mengingat banyaknya para traveler yang datang ke sini, jembatan ini pun saya masukkan dalam daftar tempat wisata terbaik di Bali yang wajib dikunjungi. Tak hanya itu, Anda bisa juga mempertimbangkan jembatan gantung ini sebagai lokasi prewedding yang keren.

15. Gala-Gala Underground House

Mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Nusa Penida, maka saya memasukkan beberapa objek wisata menarik di Nusa Lembongan ke dalam list ini. Selain Yellow Bridge, ada satu lagi tempat asik yang tak boleh Anda lewatkan yaitu Gala-Gala Underground House.

Apa seh Gala-Gala Underground House? Objek wisata ini berupa rumah bawah tanah yang terinspirasi oleh kisah Mahabarata. Ketika memasuki gala-gala, Anda akan di suguhi beberapa lorong labirin, dan seperti rumah pada umumnya disini terdapat ruang tidur, ruang makan, ruang tengah, hingga dapur. Unik dan keren bukan?

Goa buatan ini mempunyai luas sekitar 500 meter persegi dengan dilengkapi 7 pintu masuk dan 3 ventilasi. Konon kabarnya, gala-gala dibuat oleh seorang petapa hindu bernama Mangku Byasa. Beliau membangun gala-gala ini selama 15 Tahun (1961-1976) dengan menggunakan peralatan tradisional berupa linggis.

Untuk memasuki destinasi ini, Anda dikenakan tiket masuk seharga 20 ribu rupiah. Tarif masuk ini tentu saja akan bisa berubah sewaktu-waktu. Mengingat tinggi langit-langit goa hanya 1,5 meter, maka sebaiknya tidak terlalu banyak orang saat memasukinya. Hal ini agar sirkulasi udara bisa berlangsung baik sehingga nyaman untuk bernafas.

16. Seganing Waterfall

A post shared by Ko Ye (@yeyeayeah) on

Ada banyak tempat wisata air terjun di Bali yang bagus untuk dikunjungi saat liburan. Salah satunya adalah Air Terjun Seganing (Seganing Waterfall). Lokasinya terletak di tepi tebing pantai, Banjar Sebuluh Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida.

Tak mudah untuk mencapai air terjun ini karena berada di tepi tebing terjal. Anda harus menuruni jurang dengan jalan kaki. Sebaiknya datang saat cuaca cerah, kalau hujan biasanya jalanan licin terkena air. Apalagi pagar pembatas jalannya hanya berupa kayu yang kurang kuat.

Meskipun terbilang ekstrim, namun ada juga wisatawan yang datang ke sini. Sesampainya di lokasi air terjun, Anda akan bisa menyaksikan hamparan lautan biru membentang luas. Aliran airnya jernih dan menyegarkan. Cukup bisa memulihkan tenaga walau hany sekedar cuci muka setelah perjalanan memacu adrenalin.

17. Rumah Pohon Batu Molenteng

A post shared by Hειεɴ (@ellchintya) on

Destinasi wisata yang berupa rumah pohon nampaknya lagi hits dikalangan traveler muda. Pasalnya, selain menyuguhkan pemandangan alam indah, rumah model ini juga sangat instagramable bila dijadikan spot untuk berfoto.

Nah, bila Anda sedang liburan ke Nusa Penida, sempatkanlah mampir ke Rumah Pohon Rumah Pohon Batu Molenteng. Lokasinya berada di Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali. Rumah ini menghadap langsung ke Pantai Atuh, jadi bila Anda naik ke dalamnya akan bisa menyaksikan hamparan pasir putih dan hamparan laut biru. Keren bukan?

Objek wisata baru yang dikenal juga dengan sebutan Pulau Seribu ini memiliki luas sekitar 4 x 4 meter persegi. Denger-dengar seh, wisatawan juga bisa menginap di dalamnya lho, berani? Harga sewa rumah pohon semalam dibanderol dengan harga 300 ribu rupiah. Cukup murah bukan? Tapi fasilitasnya tentu masih sangat sederhana, sesuai harga yang ditawarkan.

18. Manta Point

Manta Point merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Bali bagi para penggemar diving. Pasalnya, disini Anda akan bisa bertemu dengan ikan pari manta. Berenang dan menyelam sambil ditemani ikan ini tentu akan menjadi pengalaman yang sangat special bukan?

Nusa Penida memang dikenal sebagai pusat diving dan snorkeling di Pulau Bali, ada sekitar 5 spot lebih yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan biota laut. Salah satu diantaranya adalah Manta Point. Saat menyelam, Anda akan disuguhi Ikan pari besar dengan rentang sayap lebih dari 3 m dan memiliki beragam motif.

Ada juga ikan pari bintik biru yang biasanya menumpuk didasar pasir. Selain Manta, masih ada fauna laut lainnya yang bisa ditemui seperti gurita, kepiting porselen, belut moray, karang lunak dan keras. Manta Point mempunyai kedalaman 7-20 m, jadi hanya diperumtukkan bagi penyelam profesional yang sudah berpengalaman.

19. Malibu Point

Tak salah rasanya memasukkan Bali ke dalam daftar surga tempat diving di Indonesia. Alamnya masih alami terjaga dan banyak pilihan spot untuk menikmati keindahan bawah laut. Selain Manta Point, ada satu lagi spot menyelam yang terkenal asyik
untuk melihat terumbu karang.

Saat menyelam, Anda akan menemui terumbu karang putih, terumbu karang abu-abu dan terumbuk perak. Variasi ikannya pun ada banyak, seperti ikan Pari, Ikan Hiu Karang, Ikan Tuna, Ikan Pelangi Runner dan Jack Besar.
Vasibilitas Malibu Point terbilang cukup baik, bisa mencapai sekitar 20 meter dan terdapat karang-karang meja besar yang eksotis.

20. Temple Point

A post shared by Lulu Nh (@lhuluw) on

Ingin diving anti mainstream? Coba deh, datang ke Temple Point. Bukan terumbu karang atau pun ikan, namun patung candi budha-lah yang akan Anda temukan di sini. Patung-patung Budha tersebut menjadi sebuah spot foto underwater unik dan epik, lengkap dengan stupa-stupanya.

Patung ini sudah lebih dari 10 tahun terendam di dasar laut dengan kedalaman hingga 7 meter, bahkan sebagian tampak berlumut serta ditumbuhi anemon dan koral. Ikan-ikan kecil yang berlarian di sekitarnya semakin menambah keeksotisan candi tersebut. Lokasi Temple Point terletak di antara Nusa Lembongan – Nusa Penida. Anda wajib berhati-hati karena arus airnya cukup kencang.

21. Toyapakeh

A post shared by Andrew Setiawan (@andrews_een) on

Tak bisa dipungkiri, Nusa Penida memang layak dijadikan tempat liburan kece bagi para penyelam. Kecantikan panorama bawah lautnya sungguh sangat mengagumkan, termasuk di kawasan Toyapakeh. Airnya jernih dengan visibilitas mencapai 30 meter. Biota yang bisa ditemukan di sini antara lain ikan Blue Trigger, Giant Trevally dan Hiu. Terumbu karangnya pun sehat dan cantik.

22. Gamat Bay

Tak kalah seru dengan Manta Point dan Toyapakeh, Gamat Bay juga menyuguhkan panorama alam bawah laut yang indah. Airnya selalu jernih dengan dasar laut berpasir lengkap dengan gundukan karang. Terdapat goa-goa dan celah-celah kecil dengan berbagai jenis ikan, kadang juga ada kura-kura, ikan pelagic besar, ikan hiu, ikan pari, hingga ikan mola-mola.

23. Friends of National Parks Foundation (FNPP) & Bird Sanctuary

A post shared by Bali Kami (@balikami) on

Salah satu hewan langka asli Bali yang hampir punah adalah Burung Jalak. Nah, untuk melestarikannya maka dibangunlah sebuah penangkaran burung bernama Friends of National Parks Foundation (FNPP) & Bird Sanctuary. Alamatnya terletak di Desa Ped, sebelah utara pulau Nusa Penida.

Tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan (edukasi) kepada anak-anak pelajar dalam rangka mengenal lebih dekat fauna khas Bali. Fasilitas di sini lumayan lengkap, tersedia perpustakaan hingga tempat menginap dengan kamar mandi bersih terawat.

24. Pura Puncak Mundi

Bali terkenal sebagai pulau seribu pura. Ada banyak pura unik yang bisa Anda kunjungi saat liburan, termasuk di Pulau Nusa Penida. Salah satunya bernama Pura Puncak Mundi. Namun, keberadaan pura ini masih jarang diketahui wisatawan, kebanyakan dari mereka hanya mengenal Pura Besakih, Pura Ulun Danu, atau Pura Uluwatu.

Pura Puncak Mundi terletak di Dusun Rata, Desa Batukandik, Nusa Penida. Tempat ini berada pada ketinggian sekitar 521 mdpl dan menjadi puncak tertinggi bagian barat Pulau Nusa Penida. Udaranya lumayan dingin, jadi jika akan berkunjung ke sini, sebaiknya Anda memakai jaket atau pakaian hangat.

25. Pura Dalem Penataran Ped

Satu lagi pura unik di Nusa Penida yang sering dikunjungi yaitu Pura Dalem Penataran Ped yang terdiri dari empat pura berupa Pura Segara, Pura Taman Sari, Pura Ratu Dalem Gede (Mecaling), dan Pura Penataran Agung.

Pura Dalem Penataran Ped biasanya menjadi tempat persembahyangan terakhir dari sebagian umat Hindu Bali yang tangkil atau Tirtayatra ke Nusa Penida. Konon kabarnya, ketika memasuki pura, setiap orang wajib memakai pakaian adat yang sopan. Selain itu, dilarang menggunakan saput poleng mengingat warna hitam putih menyamai busana Ida Batara Ratu.

26. Kuliner Khas Nusa Penida

A post shared by Sianna Kaur (@siannakaur) on

Seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia yang mempunyai sajian kuliner khas, Nusa Penida pun demikian adanya. Saat rekreasi di pulau ini, Anda bisa mencicipi makanan khas tradisionalnya. Tapi, perlu saya ingatkan bagi Anda yang muslim, wajib hukumnya mengecek halal tidaknya hidangan yang akan Anda makan.

Beberapa kuliner Nusa Penida yang populer antara lain Bubur Ledok, Tipat Samtok, Sate Ikan Laut, dan Pepes Ikan Bali. Bubur Ledok berupa bubur dicampur dengan jagung dan bayam, lalu di taburi kacang kedele, abon ikan tongkol dan sedikit sambal di atasnya.

Sedangkan Tipat Samtok merupakan makanan berisi sayur toge, kacang panjang, bihun, lontong, bumbu kacang seperti gado gado, lalu ditaburi kacang kedelai dan kerupuk kacang. Hampir semuanya menggunakan bahan kacang-kacangan.

Kalau Sate Ikan Laut dan Pepes Ikan Bali biasanya disajikan menggunakan sambel mentah dengan campuran irisan bawang merah dan minyak. Denger-denger seh rasa pedasnya sungguh maknyus dan mantap. Cocok bagi penyuka pedas, kalau anti pedas sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya.

27. Hotel Dan Resort Terbaik

A post shared by Pavlina (@travelloverka) on

Bukan hanya destinasi wisatanya saja yang bagus, akomodasi penginapan yang tersedia juga lengkap. Anda akan dengan mudah menemukan hotel, beach resort, homestay, hingga villa romantis untuk bermalam selama liburan. Tak ayal, pulau ini pun menjadi tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan atau pun libur panjang.

Beberapa rekomendasi hotel terbaik di Nusa Penida yang nyaman antara lain Coco Resort Penida, Ari La Casa, Hotel Arsa Santhi, Bintang Bungalow, Villa Green House, Bintang Hostel and Homestay, Semabu Hills Hotel, Kubu Ganesh Guesthouse, Singabu Bungalows, dan masih banyak lagi lainnya. Tinggal pilih saja, mau yang murah meriah atau mewah, sesuai dengan budget Anda.

Demikianlah sekilas ulasan tentang peta wisata Nusa Penida yang masih alami dan asri. Buat Anda yang punya informasi tambahan atau objek wisata baru dan bagus lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.