Pusat Info Wisata Terlengkap

Tempat Wisata Di Cirebon Untuk Libur Lebaran

0 16

Tempat Wisata Di Cirebon – Cirebon dianugerahi aneka destinasi wisata. Banyak tempat wisata di Cirebon yang menarik dan asyik dikunjungi saat libur lebaran atau mudik, mulai wisata alam hingga wisata sejarah lengkap ada disini. Wisata Cirebon akan membuat Anda berdetak kagum.

Nah, bagi Anda yang pulang kampung ke Cirebon, alangkah baiknya menetap lebih lama. Selain bersilaturahmi, Anda juga bisa jalan-jalan ke berbagai objek wisata di Cirebon. Dari melihat kura-kura langka, sampai bersantai di telaga nan indah. Sayang sekali kalau Anda sampai melewatkan wisata di Cirebon.

Dilansir dari detikTravel dan berbagai sumber, simak 5 tempat wisata di Cirebon dan sekitarnya yang wajib Anda datangi saat pulang kampung nanti.

1. Keraton Kasepuhan

Tempat wisata di Cirebon Keraton Kasepuhan (Foto : dianrentcarcirebon.com)
Tempat wisata di Cirebon Keraton Kasepuhan (Foto : dianrentcarcirebon.com)

Rasanya, belum lengkap kalau datang ke Cirebon tapi belum datang ke Keraton Kasepuhan. Berdiri sejak tahun 1452 oleh Pangeran Cakrabuana alias Mbah Kuwu Cirebon, di sinilah pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon yang menyimpan banyak sejarah. Keraton Kasepuhan merupakan salah satu ikon tempat wisata di Cirebon yang wajib dikunjungi.

Di tempat wisata Cirebon ini sudah pasti, terdapat banyak benda-benda peninggalan bersejarah milik Kesultanan Cirebon yang akan Anda lihat. Seperti Kereta Singa Barong, yang usianya sudah 400 tahun lebih. Bentuknya adalah perpaduan dari empat binatang, bagian tubuh dan kakinya yang menyerupai singa, belalai gajah, sayapnya burung garuda, dan mulutnya adalah mulut naga yang menyeringai.

Kereta Singa Barong masih asli bentuknya. Di zaman dulu, sering digunakan oleh keluarga kerajaan untuk berpergian atau menghadiri acara besar. Satu lagi, kereta tersebut adalah yang tercanggih di zamannya karena sudah dilengkapi dengan suspensi, shockbreaker, power steering, dan bahkan bisa berbelok 90 derajat layaknya mobil. Keretanya pun digerakan oleh 4 kerbau bule atau albino.

Yang magis-magis, juga ada di sana seperti lukisan Prabu Siliwangi. Perhatikanlah matanya, yang akan mengikuti kemana pun Anda melangkah. Konon katanya, sang pembuat lukisan tersebut mendapat wangsit langsung dari Prabu Siliwangi.

Masih banyak barang-barang bersejarah di sini. Bentuk keratonnya yang masih asli dan terawat, juga dapat menjadi objek foto yang menarik. Tiket masuk ke dalam Keraton Kasepuhan Cirebon sebesar Rp 15 ribu, yang mana masuknya melalui e-ticketing dan bisa didapat di situs www.royalkasepuhancirebon.com.

2. Telaga Remis

Tempat wisata di Cirebon Telaga Remis (Foto : budayacirebon.wordpress.com)
Tempat wisata di Cirebon Telaga Remis (Foto : budayacirebon.wordpress.com)

Telaga Remis sebenarnya masuk ke dalam Kabupaten Kuningan. Namun, lebih dekat ditempuh melalui Cirebon yang berjarak sekitar 20-an km ke arah Majalengka. Lokasi tempat wisata di Cirebon ini terletak tepat di kaki Gunung Ciremai dan jarak tempuh dari Kota Cirebon sekitar 1 jam.

Tiket masuk ke dalamnya murah, tak lebih dari Rp 10 ribu. Begitu melintasi gerbang masuk, kamu akan merasakan suasana yang sejuk karena kawasannya dipenuhi pepohonan rimbun. Tak lema, telaga atau danau yang hijau nan indah sudah terlihat di depan mata.

Nah, kamu dapat menghabiskan waktu dengan bersantai atau bermain perahu berbentuk bebek di sana. Bagi yang suka fotografi, siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan sisi-sisi keindahannya.

Jangan buru-buru pulang dulu, terdapat beberapa rumah makan di sana yang menyajikan aneka kuliner khas Sunda. Tinggal pilih sesuai selera dan kocek, kamu akan makan enak sambil menikmati suasana yang syahdu. Ah, bikin tak mau pulang saja!

3. Objek wisata Cibulan

Tempat wisata di Cirebon Cibulan (Foto : rurymayasari.wordpress.com)
Tempat wisata di Cirebon Cibulan (Foto : rurymayasari.wordpress.com)

Berjarak 28 km dari Kota Cirebon dan tepatnya di Desa Manis Kidul, Kuningan, terdapat objek wisata Cibulan. Tempat wisata di Cirebon ini merupakan 2 kolam yang luas dan berisi ikan. Tapi, bukan sembarang ikan!

Ada banyak sekali Ikan Kancra Bodas atau lebih dikenal dengan nama Ikan Dewa. Konon, Ikan Dewa adalah jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi. Jumlah ikan yang ada di kolam diyakini tidak pernah berkurang atau bertambah, selalu sama. Masyarakat setempat pun meyakini, barang siapa yang menyentuh ikannya dapat mendatangkan keberkahan. Percaya tidak percaya…

Para pengunjung juga bisa merasakan air kolamnya yang segar karena berisi dari mata air. Di dekat kolam-kolamnya, tersapat 7 sumur yang kabarnya merupakan tempat Prabu Siliwangi beristirahat.

Di balik cerita-cerita mitos di sana, kebanyakan para pengunjung yang datang ke objek wisata Cibulan akan mengajak anak-anaknya. Kapan lagi, bisa main bareng ikan yang ukurannya besar-besar. Untuk tiket masuk, seharga Rp 15 ribu untuk dewasa dan Rp 12 ribu untuk anak-anak. Murah meriah bukan?

4. Banyu Panas Palimanan

Tempat wisata di Cirebon Banyu Panas Palimanan (Foto : rusmanta1988.wordpress.com)
Tempat wisata di Cirebon Banyu Panas Palimanan (Foto : rusmanta1988.wordpress.com)

Mau bersantai dengan berendam di kolam air panas di Cirebon? Banyu Panas Palimanan adalah tempatnya. Lokasi tempat wisata di Cirebon ini berada Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan. Dari Cirebon, jaraknya 25-35 menit.

Di sana terdapat sumber air panas yang mengandung sulfur atau belerang tinggi dan baik untuk kulit. Asyiknya lagi, kolamnya luas dan dangkal. Paling enak berendam di sini!

Suasana sekitar kolamnya juga rindang, yang dipenuhi pepohonan. Beberapa gazebo juga tersedia, yang boleh ditempat untuk berleha-leha. Kolamnya sendiri cukup bersih serta terdapat fasilitas untuk bilas dan kamar mandi. Tiket masuknya sekitar Rp 7.000.

5. Kura-kura Belawa

Tempat wisata di Cirebon Kura-kura Belawa (Foto : testudines.org/Ivan Kwan)
Tempat wisata di Cirebon Kura-kura Belawa (Foto : testudines.org/Ivan Kwan)

Mungkin belum banyak wisatawan yang tahu, kalau Cirebon punya kura-kura langka. Datang saja ke Desa Belawa di Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon yang punya kawasan konservasi kura-kura tersebut. Bagi Anda pecinta kura-kura, nampaknya tempat wisata di Cirebon yang satu ini wajib Anda kunjungi.

Nama latin kura-kura di Desa Belawa yakni Amyda cartilaginea, dengan bentuk tubuh yang tidak seperti kura-kura pada umumnya. Jika biasanya kura-kura pada umumnya bertempurung cembung seperti setengah lingkaran, yang ini malah cekung di tengah!

Kura-kura yang ukuran diameternya mencapai 1 meter ini, punya warna hitam polos tanpa corak. Paruh atau bagian mulutnya pun maju seperti buaya kecil. Kura-kuranya, dikenal juga dikenal dengan nama bulus.

Konservasi kura-kura di Belawa sudah ada sejak tahun 2010. Dalam area total seluas 500 meter persegi, kura-kura yang jumlahnya sekitar 100 ekor ini hidup di habitat asli, dengan penjagaan intensif.

Asyiknya, tiket masuk ke sana gratis. Para pengunjung akan ditemani oleh pemandu setempat yang akan menjelaskan dengan detail mengenai kura-kuranya. Penasaran mau melihatnya dari dekat? Yuk buruan ke Desa Belawa, salah satu tempat wisata di Cirebon yang murah dan gratis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.