Pusat Info Wisata Terlengkap

Pantai Di Jogja Yang Ada Air Terjunnya : Pantai Jogan

0 38

Pantai Di JogjaPantai Jogan merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang ada air terjunnya. Air terjun di bibir laut adalah sesuatu yang langka di Indonesia, bahkan dunia. Tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta ternyata menyimpan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah pesona alam yang sangat indah dan keren. Dilansir dari berbagai sumber, simak info singkat tentang tempat wisata pantai di Jogja yang ada air terjunnya berikut ini.

Pantai Jogan Gunung Kidul adalah pantai di Jogja yang ada air terjunnya (Foto : kaskus.co.id)
Pantai Jogan Gunung Kidul adalah pantai di Jogja yang ada air terjunnya (Foto : kaskus.co.id)

Ketinggian air terjun ini sekitar 10 m dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Selama ini banyak para wisatawan yang belum tahu lokasi pantai ini yang sebenarnya berada persis di sebelah barat pantai Siung.

Untuk bisa menikmati guyuran air terjun tersebut anda harus turun kebawah dengan melewati turunan licin dan basah, untunglah sudah ada kayu-kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh. Anda harus extra hati-hati karena jalur cukup curam. Setelah itu anda akan melewati sedikit tantangan yaitu melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm. Penduduk sekitar sudah basa mengambil bayi kepiting tersebt untuk dimasak untuk menjadi teman makan nasi hangat.

Setelah sampai ke bawah, anda bisa menikmati keramahan air terjun tersebut dengan percikan air dan guyuran bagai tirai yang terbuat dari air yang sejuk menyegarkan. Diguyur segarnya air terjun di perbukitan karst membuat anda seakan tak percaya bahwa di Gunungkidul dimana terdapat banyak kegersangan yang sebenarnya mempunyai banyak sekali sumber air yang tersembunyi di perut bumi.

Lokasi Pantai Jogan Yang Ada Air Terjunnya

Lokasi Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket

Biaya untuk masuk ke tempat wisata pantai di Jogja yang ada air terjunnya ini tergolong cukup murah. Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata pantai Jogan sebesar Rp.3.000,- per orang dan sudah termasuk tiket ke pantai Siung. Ongkos parkir kendaraan rada 2 sebesar Rp.2.000,-.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia ditempat ini masih minim, kita hanya dapat menemukan tempat parkir yang tidak begitu luas, dan beberapa warung makanan dan minuman. Alangkah baiknya Anda membawa bekal dari rumah berupa makanan dan minuman untuk mengganjal perut Anda ketika lapar. Namun, keindahan dan keelokan pantai di Jogja yang ada air terjunnya ini menjadikan pantai Jogan sebagai salah satu objek wisata incaran para wisatawan.

Ilustrasi air terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Jogja (Foto : pasirpantai.com)
Ilustrasi air terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Jogja (Foto : pasirpantai.com)

Rute Menuju Lokasi Pantai Jogan Yang Ada Air Terjunnya

Tidak mudah untuk menikmati keindahan dan pesona pantai di Jogja yang ada air terjunnya. Untuk mencapai Pantai Jogan, perlu waktu sekitar dua jam berkendara dari Jogja. Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst yang merupakan sisa lautan jutaan tahun silam. Bila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat, karena sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan.

Menggantikan aspal mulus, jalan setapak menjadi pemandu selanjutnya, mengantar Anda dengan didampingi dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu lalu menjelma menjadi air terjun. Sayang sekali, keelokannya hanya bisa disaksikan saat musim penghujan, sementara di musim kemarau debit air sangat kecil ditambah dengan aktivitas penyedotan airnya demi keperluan warga.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan jalur perjalanan : Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Pantai Jogan. Sedangkan bila anda menggunakan angkutan umum : Mulai dari terminal Giwangan mencari bus jurusan Jogja-Wonosari, setelah sampai di Wonosari ganti angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus anda hanya bisa menggunakan jasa ojek sewaan.

Pantai Jogan adalah pemberi kesegaran, laksana oase di luasnya hamparan pantai pasir putih Gunungkidul. Juga seperti garnishes di piring yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Pantai yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda dari surga pesisir selatan Jogja. Sekian info wisata tentang pantai Jogan, sebuah pantai di Jogja yang ada air terjunnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.