Home Wisata Asia 17 Tempat Wisata Bagus Dan Hits Di Bandungan Semarang Terbaru Yang Wajib...

17 Tempat Wisata Bagus Dan Hits Di Bandungan Semarang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

660
0

Tempat Wisata Di Bandungan – Mau liburan ke Bandungan Semarang? Ini daftar rekomendasi tempat wisata bagus dan hits di Bandungan Semarang terbaru yang wajib dikunjungi. Mulai dari taman bunga indah, spot foto kece nan instagramable, panorama alam indah, resort mewah, kuliner enak, hingga udara segar. Pikiran Anda akan kembali fresh setelah menikmati aneka destinasi wisata tersebut.

Bandungan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang cukup populer dikalangan para wisatawan. Pasalnya, daerah ini kaya akan objek wisata menarik yang asyik untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman, anak-anak, atau pun keluarga. Nah, kira-kira ada spot wisata bagus apa saja ya di Bandungan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Bagus Dan Hits Di Bandungan Semarang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

1. Umbul Sidomukti

Tempat-Wisata-Di-Bandungan-Semarang
Tempat Wisata Di Bandungan Semarang : Umbul Sidomukti (Foto : umbulsidomukti.com)

Kita awali review tempat wisata di Bandungan dengan mengulas Umbul Sidomukti. Siapa seh yang tak kenal dengan Umbul Sidomukti? Tempat wisata di Semarang paling terkenal ini masih menjadi incaran para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Memangnya ada apa saja seh di sana?

Daya tarik utama Umbul Sidomukti berupa kolam renang alami di atas ketinggian sekitar 1.200 mdpl dengan view panorama alam indah dan udara sejuk. Airnya berasal dari mata air pegunungan Ungaran sehingga terasa segar sekali. Tak hanya untuk berenang, kolam berdinding batu ini biasanya menjadi spot foto bagi para wisatawan untuk mengisi feed instagram.

Selain kolam renang alami, Umbul Sidomukti punya fasilitas lainnya yang sangat lengkap mulai dari outbound training, wahana permainan pemacu adrenalin (flying fox, ATV, marine bridge, sepeda awang / sepeda udara, triangle), little ranch (petting zoo, taman bunga, kebun strawberry, panahan, berkuda, tangkap ikan, pasir kinetik, mewarnai), camping ground, cafe, resto, hingga villa. Cocok banget deh untuk dijadikan tempat liburan keluarga.

Lokasi Umbul Sidomukti terletak pada dataran tinggi, tepatnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jam buka operasional 24 jam, jadi Anda bisa datang kapan saja. Namun, mengingat lokasinya di daerah perbukitan, sebaiknya datang saat cuaca cerah siang hari.

Harga tiket masuknya cukup murah meriah, sekitar 5 ribu rupiah, Tapi, Anda harus bayar lagi apabila akan menikmati wahana permainan di sana dengan range harga 10 – 75 ribu rupiah. Jangan lupa bawa baju ganti apabila ingin berenang dan jaket sebagai penghangat tubuh karena udaranya cukup dingin.

2. Taman Bunga Celosia

Destinasi wisata bertema bunga nampaknya sedang hits akhir-akhir ini dikalangan para traveler muda. Mungkin karena bunga terkesan romantis dan bagus untuk latar berfoto instagramable sehingga banyak anak muda menyukainya. Nah, salah satu objek wisata bertema taman bunga yang wajib dikunjungi di kawasan Bandungan adalah Taman Bunga Celosia.

Sesuai namanya, Taman Bunga Celosia memiliki hamparan berbagai jenis bunga warna-warni nan cantik, mulai dari bunga celosia, hebras, lavender, diantus, gerbera, hingga krisan. Bunga-bunga tersebut ditata sedemikian rupa secara rapi sehingga bertambah indah.

Daya tarik lain Taman Bunga Celosia berupa miniatur / replika landmark berbagai negara, antara lain Menara Eiffel Paris, Patung Merlion Singapura, Supertree Grove Singapura, Kincir Angin Belanda, Stonehenge Inggris, dan Patung Face Head dari Easter Island. Perpaduan bunga dan miniatur landmark sungguh mempesona, tak kalah keren bila dibandingkan dengan The World Landmark Merapi Park Yogyakarta.

Masih kurang puas dengan spot-spot foto itu? Tenang, masih ada Museum Ilusi di Taman Bunga Celosia yang bisa Anda eksplore. Di dalamnya terdapat lukisan-lukisan 3D super kece dan ruangan terbalik seperti Upside Down World Bali. Selain spot selfie, taman rekreasi ini juga dilengkapi dengan area bermain anak (playground), mushola, food court, pusat oleh-oleh, tempat parkir, dan toilet.

Harga tiket masuk ke Taman Bunga Celosia 1, 2, 3 sebesar Rp.20.000,- (weekdays) dan Rp.25.000,- (Hari Libur / Weekend). Jam buka operasional mulai pukul 07.30 – 17.30 WIB (Celosia 1, 2) dan 07.30 – 23.00 WIB (Celosia 3). Penasaran? Langsung saja datang ke lokasinya di Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM 0,5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

3. Setiya Aji Flower Farm

Masih bertema bunga, tempat wisata di Bandungan bernama Setiya Aji Flower Farm juga menawarkan keindahan bunga berwarna-warni. Meskipun tak semegah Taman Bunga Celosia, namun kebun bunga krisan milik petani ini cukup bagus buat foto selfie pengisi feed instagram.

Alamat Setiya Aji Flower Farm terletak di Jl. Kendalisodo, Piyato, Bandungan, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kec. Bandungan, Semarang. Waktu tempuh menuju lokasi sekitar 10 menit dari pasar Bandungan.

Harga tiket masuk ke sana terbilang murah meriah, hanya Rp.7.500,- (harga bisa berubah-ubah ya…). Apabila Anda akan berkunjung ke Setiya Aji Flower Farm, sebaiknya memakai kendaraan bermotor roda 2 karena jalannya cukup sempit. Pastikan pula, datang ketika aneka bunga krisan di sana pas lagi mekar agar hasil fotonya bagus. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

4. Wisata Kampung Krisan Clapar

Satu lagi taman bunga indah yang tak boleh dilewatkan saat Anda liburan ke daerah Bandungan, yaitu Wisata Kampung Krisan Clapar. Seperti halnya Setiya Aji Flower Farm, di sini Anda akan disuguhi kebun bunga krisan nan cantik. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah.

Dengan harga tiket tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan air mineral, parkir, dan naik ke gardu pandang. Anda akan dipandu oleh tour guide yang akan memberikan informasi tentang bunga krisan, termasuk cara menanamnya dari awal hingga akhirnya berbunga. Cocok banget deh buat destinasi wisata edukasi bagi anak-anak atau pun pelajar.

Lokasi / alamat Wisata Kampung Krisan Clapar terletak di Jl. Kendalisodo Bandungan, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Suasananya sangat asri dengan udara sejuk karena keberadaannya di kaki gunung Ungaran.

5. Susan Spa & Resort

Sesuai namanya, Susan Spa & Resort merupakan sebuah penginapan di Semarang yang dilengkapi dengan fasilitas kamar, spa, swimming pool (kolam renang), meeting room, La Kana Chapel, resto, sky garden, fitness studio, minizoo, playground, dan area outbond. Suasananya nyaman tak terlalu ramai dengan view pemandangan alam indah dan udara sejuk sehingga cocok untuk liburan keluarga.

Nah, salah satu fasilitas Susan Spa & Resort yang hits banget adalah La Kana Chapel. Dengan bentuk unik dan cat warna putih, chapel ini sangat bagus untuk latar berfoto instagramable. Tak heran, cukup banyak muda-mudi mengincar spot ini sebagai pengisi feed instagram.

La Kana Chapel biasanya digunakan untuk acara pernikahan atau pun prewedding. Namun, jika tak ada acara tersebut, Anda bisa memasukinya dengan membayar tiket masuk seharga 50 ribu rupiah yang bisa ditukarkan voucher di restoran Susan Spa & Resort. Lokasi / alamat Susan Spa & Resort terletak di Jalan Gintungan Utara Piyoto, Deso, Jetis, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB

Baca Juga :

6. Mawar Camp – Gunung Ungaran

Daerah Bandungan memiliki suasana alam begitu asri dan sejuk, mirip kawasan wisata Lembang Bandung. Anda bisa menikmati keindahan Bandungan dengan melakukan camping (berkemah) di Mawar Camp – Gunung Ungaran. Tempat ini sebenarnya pintu masuk untuk pendakian ke Gunung Ungaran, namun saat ini disulap menjadi sebuah destinasi wisata bagus.

Selain camping ground, Camp Mawar kini punya fasilitas lengkap, mulai dari mushola, aliran listrik, tempat cucu piring, toilet, hingga spot foto unik dari sampah botol plastik bekas. Tersedia juga penyewaan peralatan kemah / pendakian seperti tenda, cooking set, headlamp, dan lainnya. Harga tiket masuk ke sana sekitar 5 ribu rupiah, sedangkan tarif camping 7 – 11 ribu rupiah per orang.

Panoramanya juga mengagumkan lho, Anda bisa melihat landscape kota Ungaran, Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Rawa Pening dari atas sana. Lokasi Mawar Camp / Camp Mawar terletak di Jl Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam.

7. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo termasuk salah satu tempat wisata di Bandungan yang sangat populer dikalangan wisatawan. Sesuai namanya, “songo” artinya sembilan, jadi destinasi ini memiliki 9 candi dalam satu kawasan, namun hanya tinggal tersisa 5 buah. Candi Gedong 1 berada di bagian bawah, terus hingga candi 5 terletak di bukit bagian atas.

Seperti halnya Candi Prambanan Yogyakarta, Candi Gedong Songo termasuk candi Hindu bila dilihat dari reliefnya. Untuk berkunjung ke sana, Anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Selain menikmati candi dan alam sekitar, Anda juga bisa berkuda dengan tarif 30 – 120 ribu rupiah. Tersedia juga pemandian air panas seharga 10 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jam buka sekitar pukul 07.00 – 18.00 WIB. Candi yang kabarnya dibangun pada abad VIII masehi ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 mdpl sehingga suhu udara di sana cukup dingin.

8. Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani

Masih berada di kawasan Candi Gedong Songo, ada satu objek wisata yang tak boleh dilewatkan, namanya Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani. Tempat ini menyuguhkan hutan pinus ala film “Twilight” dengan fasilitas lengkap, mulai dari villa, resto, aula, camping ground, area bermain anak, dan spot foto kece.

Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani terletak di Jl. Ke Candi Gedong Songo No.16, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Harga tket masuk sekitar 5 – 8 ribu rupiah per orang, sedangkan biaya sewa villa 500 – 600 ribu rupiah (harga bisa berubah-ubah ya).

9. Ayanaz Gedongsongo

Satu lagi spot wisata yang wajib dikunjungi di kawasan Candi Gedong Songo, namanya Ayanaz Gedongsongo. Mengusung tema kekinian, Ayanaz / Ayana menawarkan sejumlah spot foto selfie instagramable bagi para pengunjung. Setidaknya ada 35 spot foto keren yang bisa dieksplore, mulai dari bubble tent, balon udara, tempat duduk tengah kolam, hammock, dan lainnya.

Untuk memasuki Ayanaz Gedongsongo, Anda harus membayar tiket masuk ke Candi Gedong Songo sebesar 10 ribu rupiah, lalu membayar lagi tiket masuk ke Ayanaz sekitar 25 ribu rupiah. Tarif spot foto ada yang gratis, namun ada juga yang bayar sekitar 5 – 30 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Mengingat lokasinya berupa outdoor (taman selfie terbuka), maka sebaiknya datang saat cuaca cerah.

10. Dusun Nglarangan, Desa Candi, Bandungan

Tak jauh dari Candi Gedong Songo, ada satu tempat wisata di Bandungan yang belum banyak diketahui orang. Namanya Dusun Ngalarangan, Desa Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Nglarangan merupakan suatu area peternakan kuda dengan suasana pedesaan nan asri dan sejuk. Sekilas, mirip peternakan kuda De Ranch Lembang Bandung.

Selain melihat kuda-kuda yang dipelihara oleh penduduk setempat, berfoto dengan kuda juga menjadi aktivitas menarik di sini. Hingga tulisan ini dibuat, belum ada informasi pasti tentang harga tiket masuk atau pun tarif berfoto dengan kuda. Jika berkunjung ke sini, alangkah baiknya meminta izin kepada penduduk setempat jika akan berfoto atau pun melihat-lihat area peternakan.

Baca Juga :

11. i’ampelgading Homeland

Tempat wisata di Bandungan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah i’ampelgading Homeland. Lokasinya berada pada ketinggian 1.300 mdpl sehingga udaranya terasa sejuk dan dingin. Daya tarik destinasi wisata baru ini berupa view pemandangan alam indah dan spot foto kece kekinian nan instagramable.

Selain spot foto, i’ampelgading Homeland juga dilengkapi dengan gazebo untuk duduk santai dan camping ground guna mendirikan tenda bagi wisatawan yang akan camping. Harga tiket masuknya cukup murah meriah, hanya 5 ribu rupiah, sedangkan tarif camping sekitar 10 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Kedung Wangen, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

12. Wisata Alam Legok Madu Bandungan

Wisata Alam Legok Madu Bandungan menawarkan taman bunga warna-warni dan spot selfie kekinian nan instagenic berbagai bentuk seperti angsa, kapal, kamar tidur, ember raksasa, dan lainnya. Harga tiket masuknya cukup murah, sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Lokasi / alamatnya terletak di Ngipik, Kaliwinong, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Suasananya cukup sejuk dan asri, pas banget buat liburan keluarga. Kabarnya, untuk rencana ke depan, di sana akan dibangun penginapan dan area camping ground.

13. New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

Ingin basah-basahan bermain air? Langsung saja menuju ke New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort. Sesuai namanya, tempat wisata di Bandungan ini menyajikan waterpark (kolam renang) dan penginapan. Ada juga taman, kebun strawberry, area bermain (flying fox, paintball, ATV, mini train, berkuda), pemancingan, live music, dan ruang pertemuan.

Harga tiket masuk ke water park sekitar 20 ribu rupiah, sedangkan tarif wahana sebesar 10 – 35 ribu rupiah. Lokasi New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort terletak di Jl. Veteran No.3, Krajan, Jetis, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga :

14. Pemancingan SUHARNO

Salah satu tempat liburan keluarga yang asyik buat menghabiskan waktu akhir pekan adalah pemancingan. Di pemancingan, selain bisa seru-seruan memancing ikan, Anda juga bisa sekaligus menyantap aneka olahan ikan sambil bersantai ngobrol dengan anggota keluarga.

Nah, di Kawasan Bandungan, ada satu spot pemancingan terkenal yang layak Anda kunjungi, yaitu Pemancingan SUHARNO. Di sana, Anda bisa menikmati aneka jenis ikan air tawar seperti gurame, nila, dan lele baik dimasak dengan cara goreng atau pun bakar. Fasilitasnya penunjangnya pun lengkap, tersedia ayunan, roda putar, dan kolam renang anak.

Lokasi Pemancingan SUHARNO 1 terletak di Blater, Krandengan, Jimbaran, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Apabila Anda akan berkunjung ke sana saat weekend atau hari libur, sebaiknya reservasi terlebih dahulu jauh-jauh hari karena biasanya ramai pengunjung.

15. Tahu Serasi Dan Susu Kedelai

Liburan ke daerah Bandungan tentu belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya, bukan? Bandungan punya makanan khas dengan cita rasa enak bernama Tahu Serasi Dan Susu Kedelai. Tahu Serasi paling terkenal yaitu Tahu Serasi Bu Khotijah. Lokasi pabrik tahunya terletak di Desa Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Di pabrik tahu tersebut, tersedia gazebo dan meja untuk mencicipi olahan tahu serasi segar. Selain menyantap tahu serasi nan gurih, Anda juga bisa mencoba susu kedelai. Cita rasanya yang lezat membuat Tahu Serasi Bu Khotijah ini cukup digemari wisatawan sebagai oleh oleh khas Semarang. Apalagi tahunya dibuat tanpa bahan pengawet dan bisa bertahan selama 3 – 7 hari (3 hari diluar kulkas, 7 hari di dalam kulkas). Harganya pun murah meriah, 10 ribu dapat 10 buah tahu.

16. Pasar Wisata Bandungan

Selain Tahu Serasi, Anda juga bisa berburu oleh-oleh khas Bandungan ke Pasar Wisata Bandungan. Di sana, Anda bisa menemukan aneka pedagang bunga, tanaman hias, makanan, buah, sayuran, hingga jajanan pasar tradisional seperti jadah, getuk goreng, serabi, dan wajik.

Meskipun termasuk pasar tradisional, namun Pasar Wisata Bandungan cukup jauh dari kesan kumuh. Lantainya sudah memakai paving block sehingga saat hujan tak becek. Lokasinya terletak di Jl. Ngasem, Jetis, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka operasional mulai pukul 07.30 – 18.00 WIB.

17. Cimory On The Valley

Meskipun berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah, namun Cimory On The Valley cukup dekat dengan Bandungan. Oleh karena itu, destinasi ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Tak berbeda jauh dengan Cimory yang berada di kawasan Puncak Bogor Jawa Barat, Cimory On The Valley tetap mengusung tema rekreasi dan edukasi bagi keluarga. Fasilitasnya lengkap, tersedia resto dengan menu utama olahan susu, cimory farm (mini zoo), peternakan sapi, toko souvenir, playground, mushola, taman mini mania (miniatur dunia), area parkir, dan toilet. Asyik dan seru deh pokoknya!

Bagaimana sobat traveler? Bagus dan keren bukan, aneka wisata Bandungan? Rugi deh, liburan ke Semarang tanpa mampir ke sana. Oya, buat Anda yang punya informasi tentang objek wisata baru bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, terima kasih atas kunjungannya ke blog ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here