Home Wisata Alam 17 Gili Terbaik Paling Bagus Dan Indah Di Lombok Yang Terkenal Wajib...

17 Gili Terbaik Paling Bagus Dan Indah Di Lombok Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

213
0

Gili Di Lombok – Bingung mencari tempat liburan di Lombok? Ini daftar rekomendasi gili terbaik paling bagus dan indah di Lombok yang terkenal wajib dikunjungi. Mulai dari Gili Trawangan, Meno, Air, Nanggu, Sudak, Pasir, hingga Kedis. Hamparan pasir putih dan alam bawah lautnya sungguh eksotis, bakal membuat siapapun betah enggan pulang.

Siapa seh yang tak kenal Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)? Keindahan bentang alamnya sungguh sangat mengagumkan. Salah satu andalan pariwisata Lombok adalah pulau-pulau kecil nan cantik yang disebut gili. Ada cukup banyak gili yang bisa wisatawan kunjungi dengan daya tarik seperti pantai pasir putih, keindahan biota laut, sunset, sunrise, hutan bakau (mangrove), dan resort.

Nah, buat Anda yang kebetulan akan pergi ke Lombok, belum syah rasanya liburan di sana tanpa mengeksplore gili-gili tersebut. Berikut ini, saya sajikan deretan gili yang terkenal bagus untuk dikunjungi. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Gambar ilustrasi Gili Di Lombok Yang Bagus Dan Indah

Daftar Gili Terbaik Paling Bagus Dan Indah Di Lombok Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

1. Gili Trawangan

Kita awali review gili di Lombok dengan mengeksplore Gili Trawangan. Terletak di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya sebelah barat laut Lombok, Trawangan menjadi gili paling populer dikalangan wisatawan. Fasilitasnya pun super lengkap, tersedia hotel, restoran, cafe, dan lainnya yang akan memanjakan wisatawan. Hamparan pasir putihnya begitu lembut bersih, air lautnya jernih, serta punya spot sunrise maupun sunset menawan.

Ada banyak pilihan aktivitas di Gili Trawangan yang menarik, seperti berenang, snorkeling, scuba diving, bermain kayak, hunting foto, kulineran, dan sebagainya. Selain keindahan alamnya, keistimewaan gili ini terletak pada udaranya yang bebas polusi karena tidak ada kendaraan bermotor. Hanya ada sepeda dan cidomo (delman) sebagai alat transportasi sehingga udaranya fresh bersih.

2. Gili Meno

Tak jauh dari Gili Trawangan, ada Gili Meno yang juga wajib dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun tak seramai Trawangan, namun pesonanya sungguh sangat indah. Hamparan pasir putih berpadu cantik dengan air laut jernih. Cakep banget! Apalagi suasananya relatif masih sepi sehingga cocok untuk dijadikan tempat bulan madu romantis di Lombok.

Selain berenang dan snorkeling di Gili Meno Wall untuk melihat penyu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata unik di Gili Meno, yaitu Danau Air Asin yang dikelilingi hutan bakau atau taman burung dimana di dalamnya berisi berbagai species burung. Fasilitas Gili Meno terbilang lengkap, sudah tersedia hotel / penginapan dan tempat makan / cafe. Jadi, Anda tak usah takut kelaparan ya!

3. Gili Air

Gili Air merupakan salah satu dari tiga gili di Lombok yang paling terkenal dikalangan wisatawan, dimana kedua gili yang lain yaitu Trawangan dan Meno. Seperti gili lainnya, Gili Air juga menawarkan keindahan surga alam bawah laut nan eksotik. Beragam terumbu karang dan ikan warna-warni bisa Anda nikmati saat snorkeling atau diving (menyelam).

Aktivitas seru di Gili Air lainnya yang bisa Anda lakukan antara lain keliling pulau memakai sepeda atau cidomo, bersantai di tepi pantai pasir putih, hunting foto, dan bermain ayunan. Gili Air memiliki fasilitas cukup lengkap, tersedia penginapan, cafe / restoran, serta lainnya.

Menurut informasi yang saya terima, di Gili Air tak ada air tawar untuk mandi. Di sana hanya tersedia air payau untuk mandi. Oleh karena itu, bagi Anda yang tak terbiasa mandi air payau, sebaiknya membawa air tawar sendiri, hehe. Di Gili Air, Anda juga akan kesulitan mencari kendaraan bermotor. Jadi, Anda perlu membawa alas kaki yang nyaman untuk berjalan maupun bersepeda.

4. Gili Nanggu

Bagi Anda yang sedang mencari pulau indah di Lombok yang masih “perawan” belum terjamah, maka Gili Nanggu bisa menjadi pilihan. Gili dengan luas sekitar 12,5 hektar ini benar-benar masih alami kondisinya. Air lautnya begitu jernih dengan alam bawah laut nan indah. Snorkeling dan diving menjadi aktivitas wajib saat berkunjung ke Gili Nanggu.

Pantainya juga bersih berpasir putih, asyik buat bersantai. Jika ingin lebih seru, Anda bisa trekking mengelilingi pulau kecil ini. Gili Nanggu terletak di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju ke lokasi, Anda langsung saja menuju Tawun di Sekotong (sekitar 47 km) dari Mataram, kemudian menggunakan speedboat selama 15 menit.

5. Gili Bidara

Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Gili. Pasalnya, ada banyak gili indah yang menawan di kawasan Lombok. Satu diantaranya adalah Gili Bidara. Daya tarik utama gili ini berupa keindahan bawah lautnya nan cantik. Ditambah lagi, air lautnya jernih dan tenang sehingga membuat Gili Bidara menjadi salah satu spot snorkeling dan diving di Lombok incaran wisatawan.

Gili Bidara termasuk pulau tak berpenghuni, di dalamnya belum ada fasilitas lengkap seperti gili-gili terkenal lainnya. Tapi, hamparan pasir putihnya sungguh indah. Saat menyambangi Gili Bidara, Anda bisa melihat penorama Gunung Rinjani berpadu elok dengan air laut.

6. Gili Kedis

Tak seperti gili di Lombok pada umumnya, Gili Kedis berukuran kecil dan berupa hamparan pasir putih dengan beberapa pohon. Perpaduan pasir putih dan air laut nan jernih bagaikan kristal membuat pantai di sekitar Gili Kedis layak dimasukkan ke dalam daftar pantai terindah di Lombok yang wajib dikunjungi.

Selain instagramable buat latar berfoto, gili cantik yang terletak di Sekotong Tengah, Lombok Barat ini sangat cocok untuk snorkeling. Pasalnya, alam bawah lautnya begitu alami belum terjamah banyak orang. Biota lautnya juga kabarnya lebih banyak bila dibandingkan gili-gili lainnya.

7. Gili Sudak

Tak jauh dari Gili Kedis, ada Gili Sudak yang tak kalah eksotis. Begitu sampai di sana, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih beserta deretan pohon cemara. Gili yang tengah hits naik daun ini punya keindahan bawah laut begitu menawan dipenuhi terumbu karang berukuran besar, ikan kecil berwarna-warni, hingga bintang laut.

Air lautnya begitu tenang dan bening, cocok untuk snorkeling maupun bermain kayaking. Gili Sudak berlokasi di Dusun Batu Kijuk, Desa Medang, Kecamatan Sekotong Barat, Lombok Barat. Di sana, sudah tersedia fasilitas untuk menginap meskipun sederhana terbuat dari kayu dengan gaya otentik.

8. Gili Tangkong

Gili Tangkong termasuk salah satu gili di Lombok yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Dengan luas sekitar 28 hektar, gili ini punya panorama alam nan indah. Perairan di sekitarnya masih terjaga keasriannya, berbagai biota laut cantik hidup di dalamnya.

Begitu sampai di Gili Tangkong, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih bersih yang berpadu dengan air laut nan jernih. Suasana di sana begitu sepi, sunyi, dan tenang karena tak ada penghuni. Anda benar-benar akan merasakan sensasi layaknya pulau pribadi.

9. Gili Lampu

Gili Lampu terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Nama “lampu” sendiri disematkan karena di sana terdapat mercusuar tanda penerang sebagai rambu-rambu lalu lintas laut. Seperti halnya gili-gili umumnya di Lombok, daya tarik Gili Lampu berupa keindahan alam bawah laut. Saat snorkeling / menyelam, Anda akan melihat aneka ikan seperti ikan macan, dori, dan badut (baca : nemo).

10. Gili Kondo

Berada di kawasan Lombok Timur, Gili Kondo menawarkan perairan laut dengan air jernih, bersih, dan ombak tenang sehingga cocok untuk snorkeling. Apalagi biota lautnya beragam, mulai dari ikan jinak, terumbu karang berwarna-warni, hingga ikan nemo.

Selain snorkeling, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah menyusuri hamparan pantai pasir putih di sekeliling pulau. Jangan lupa pakai alas kaki ya, karena masih banyak pecahan karang. Di Gili Kondo, sudah terdapat fasilitas menginap berupa rumah kayu / gazebo dan area camping. Kabarnya, jika beruntung, Anda bisa melihat pelikan Australia.

Baca Juga : Oleh Oleh Khas Lombok Yang Terkenal

11. Gili Pasir atau Gili Kapal

Masih berada di sekitaran Gili Lampu dan Gili Kondo, ada gili unik di Lombok bernama Gili Pasir atau Gili Kapal. Disebut Gili Pasir karena gili ini hanya berupa gundukan pasir, sedangkan dinamakan Gili Kapal sebab pada saat air surut, bentuknya menyerupai kapal kecil. Selain sebagai spot foto instagenic, Gili Pasir kabarnya kerap digunakan untuk tempat memancing ikan.

12. Gili Petagan

Berbeda dengan Gili Pasir yang hanya berisi hamparan pasir tanpa pepohonan, Gili Petagan ditumbuhi tanaman bakau. Menyusuri lorong-lorong hutan bakau di sana memakai perahu sungguh menjadi pengalaman mengesankan. Anda akan merasakan sensasi ala hutan Amazon. Perairan di sekitar Gili Petagan sangat jernih, cocok untuk snorkeling dan menyelam menikmati keindahan alam bawah laut.

13. Gili Petelu

Gili Petelu berbentuk pulau karang yang ditumbuhi tanaman hijau. Perairan di sekitarnya sangat jernih berwarna hijau tosca, sangat cocok buat kegiatan snorkeling. Untuk menuju lokasi Gili Petelu, Anda harus terlebih dahulu pergi ke Pink Beach. Dari sana, Anda barulah menyewa perahu nelayan guna mencapai Gili Petelu.

14. Gili Sulat

Gili Sulat terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Daya tarik utama gili ini berupa hutan mangrove sepanjang 5,2 km. Di sana, sudah tersedia jembatan sehingga Anda bisa berjalan kaki mengelilingi hutan mangrove. Perairan di sekitar Gili Sulat juga bagus untuk snorkeling dan bermain kano.

15. Gili Lawang

Tak jauh dari Gili Sulat, ada Gili Lawang yang keindahannya sungguh menawan. Sebagian besar area gili ini ditumbuhi hutan mangrove, sisanya berupa daratan pantai berpasir putih. Seperti halnya gili di Lombok lainnya, perairan di Gili Lawang memiliki panorama bawah laut yang bagus. Saat snorkeling, Anda akan dimanjakan dengan berbagai ikan-ikan cantik dan terumbu karang alami.

16. Gili Asahan

Berlokasi di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Gili Asahan menawarkan hamparan pasir putih dan spot diving (menyelam) yang indah. Spot diving tersebut antara lain secret garden, snorkeling point, dan belongan. Di sana sudah tersedia bungalow serta campground area untuk menginap / bermalam. Suasananya begitu tenang, cocok untuk melepas penat dari kesibukan kota.

17. Gili Sunut

Ingin menikmati padang savana ala Afrika? Datang saja ke Gili Sunut, di sana Anda akan dimanjakan dengan panorama padang ilalang beserta pepohonan hijau saat musim penghujan dan meranggas kecokelatan kala kemarau tiba. Pantai pasir putihnya juga cukup indah untuk dinikmati. Apalagi alam bawah lautnya, saat snorkeling Anda akan disuguhi ikan-ikan kecil nan cantik dan terumbu karang yang masih bagus alami.

Bagaimana sobat traveler? Bagus dan indah bukan, aneka gili di Lombok NTB? Rugi deh, jauh-jauh liburan ke Pulau Lombok tanpa mengeksplore keindahan gilinya. Buat Anda yang kebetulan sudah pernah ke sana, bisa berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here