Home Wisata Asia Bikin Nagih!!! Top 17 Sate Klatak Jogja Paling Enak Yang Terkenal Wajib...

Bikin Nagih!!! Top 17 Sate Klatak Jogja Paling Enak Yang Terkenal Wajib Dicoba

1438
0

Sate Klatak Jogja – Bingung mencari warung sate klatak enak di Jogja? Ini daftar rekomendasi tempat makan sate klatak Jogja paling enak yang terkenal wajib dicoba. Mulai dari sate klathak Pak Pong yang fenomenal legendaris, sate Klathak Pak Bari ikonnya film AADC 2, dan sate klatak populer lainnya.

Apa seh sate klatak / sate klathak itu? Sate klatak adalah sate daging kambing muda yang berasal dari Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya, makanan khas Jogja ini tidak memakai tusuk bambu melainkan jeruji / ruji besi sepeda. Penggunaan besi tersebut, kabarnya membuat daging kambing matang secara merata hingga bagian dalam karena besi bersifat sebagai konduktor panas.

Ciri khas lain dari sate klatak yaitu tidak memakai bumbu kecap atau pun sambal kacang dalam membakarnya. Sate klatak hanya diberi bumbu garam dan lada sehingga cita rasanya cenderung asin gurih. Sate klatak biasanya disajikan bersama kuah gulai dan sepiring nasi putih. Namun, beberapa warung juga menyediakan kecap bagi pembeli yang lebih suka cita rasa manis.

Sate-Klatak-Jogja
Gambar ilustrasi sate klatak paling enak di Jogja yang terkenal wajib dicoba

Daftar Sate Klatak Jogja Paling Enak Yang Terkenal Wajib Dicoba

Sebenarnya, tak terlalu sulit untuk mencari tempat makan sate klatak di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Pasalnya, hampir setiap warung sate kambing di daerah ini pada umumnya menyediakan menu makanan berupa sate klatak. Akan tetapi, cita rasa setiap warung sate tentu saja akan berbeda-beda. Nah, kira-kira dimana saja ya tempat makan sate klatak recommended yang enak? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Sate Klathak Pak Pong

Kita awali review sate klatak Jogja yang enak dengan mengulas Sate Klathak Pak Pong. Kelezatan sate klatak racikan warung Pak Pong sudah tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, hampir setiap hari, warung ini selalu ramai pengunjung. Bahkan, sebagian besar para pecinta kuliner, food vlogger, selebgram kuliner, atau pun foodies sudah pernah datang ke sana untuk mencicipinya.

Satu porsi Sate Klathak Pak Pong berisi 2 buah tusuk sate disajikan pada piring bersama kuah gulai, dengan masing-masing tusuk berisi 8 potong daging kambing ukuran besar. Tekstur dagingnya terasa empuk, paduan rasa asin dan gurih berpadu pas dengan kuah gulai dan nasi putih hangat. Bagi Anda yang biasa makan sate memakai kecap, tersedia juga kecap pedas sebagai pengganti kuah gule.

Selain sate klatak, ada juga menu olahan daging kambing lainnya seperti tongseng dan tengkleng dengan cita rasa manis gurih. Harga satu porsi sate klataknya dibanderol sebesar 24 ribu rupiah. Saat ini, warung Sate Klathak Pak Pong telah menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Jogja yang menjadi incaran wisatawan. Oleh karena itu, Anda harus sabar mengantri apabila datang ketika weekend atau hari libur.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana lebih nyaman saat menyantap Sate Klathak Pak Pong, saya sarankan datang pada saat weekdays sebelum jam makan siang tiba. Fasilitas di warung Pak Pong terbilang lengkap, tersedia ruang makan luas (kursi dan lesehan), mushola, tempat wudhu, mukena, area bermain anak (playground), tempay parkir mobil / motor, dan toilet.

Lokasi / alamat warung Sate Klathak Pak Pong terletak di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.30 WIB. Dalam sehari, kabarnya warung ini bisa menghabiskan kambing sekitar 15 – 20 ekor. Banyak banget, bukan?

2. Sate Klathak Pak Bari Pasar Wonokromo

Tak kalah enak dengan Sate Klathak Pak Pong, warung Sate Klathak Pak Bari juga patut Anda coba. Lokasi alamatnya berada di dalam Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.30 – 01.00 WIB.

Tak sekedar menjadi tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2), racikan Sate Klathak Pak Bari memang benar-benar lezat. Tekstur dagingnya lembut mudah dikunyah, kuah gulainya juga gurih. Selain sate klatak, destinasi wisata kuliner malam Jogja ini juga menyuguhkan sate goreng, tongseng, kicik (tongseng dengan sedikit kuah / tongseng kering), tengkleng, gulai jeroan, nasi goreng, dan nasi godog.

Harga satu porsi sate klataknya sekitar 20 ribu rupiah. Warung sate milik Pak Bari sangatlah sederhana, berupa kaki lima di emperan kios pasar. Meskipun sederhana, namun cukup banyak para artis, seniman, hingga pejabat yang pernah singgah mencicipi sate klatak di sana.

3. Sate Klatak Pak Jono

Menurut informasi yang saya terima, Pak Jono merupakan adik dari Pak Bari. Kedua saudara ini sama-sama membuka warung sate klatak dengan cita rasa lezat. Tekstur dagingnya empuk gurih, kuah gulenya juga kaya akan rempah seperti ketumbar, jintan, dan serai. Pas banget disantap bersama satu piring nasi putih hangat.

Lokasi / alamat warung Sate Klatak Pak Jono cukup dekat dengan Pak Bari, tepatnya di sebelah Pasar Wonokromo atau berada di area Pasar Jejeran, Jl. Imogiri Timur, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 18.00 – 02.00 WIB.

Oleh karena jam bukanya hingga malam dan suasananya pun remang-ramang, maka ada yang menyebut sate klatak Pak Jono dengan nama “sate horor”. Dari namanya memang tampak seram, tapi cita rasa enak racikan sate klataknya akan membuat siapapun ketagihan. Dalam satu malam, kabarnya Pak Jono bisa menghabiskan 2 ekor kambing untuk sate dan tongseng.

4. Sate Klathak Mak Adi

Kawasan Jalan Imogiri Timur memang terkenal sebagai pusatnya sate klatak Jogja. Di sana, Anda dapat menjumpai deretan warung sate klatak dengan nama bermacam-macam. Satu diantaranya tentu saja Sate Klathak Mak Adi. Untuk olahan sate klataknya mirip seperti warung sate klatak pada umumnya memakai ruji besi sepeda. Cita rasanya juga enak, tekstur dagingnya empuk dan kuah gulainya gurih.

Ada satu menu unik di sini, yaitu krenyos (lemak / gajih goreng). Bagi Anda yang alergi kolesterol, nampaknya harus menghindari makanan ini. Tapi, jika Anda bebas dari kadar kolesterol tinggi, bisa sesekali mencicipi krenyos yang maknyus. Warung Sate Klathak Mak Adi terletak di Jl. Imogiri Timur No.KM 10, Jati, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 02.00 WIB.

5. Sate Klatak Mbak Bella

Spot sate klatak Jogja berikutnya adalah warung sate Mbak Bella di Blawong I, Trimulyo, Kec. Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Racikan daging sate di sini sungguh enak dan tak bau prengus. Potongan dagingnya pun cukup besar dengan tekstur empuk alias tidak alot.

Selain sate klatak, warung Mbak Bella juga menawarkan menu olahan kambing lainnya seperti sate bakar, gulai, tongseng, dan tengkleng. Dalam satu hari, kabarnya warung ini bisa menghabiskan sekitar 3 – 5 ekor kambing. Jam buka mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB. Sedangkan untuk range harga berkisar 25 ribu rupiah per porsinya.

Baca Juga :

6. Sate Klatak Pak Jupaini

Warung Sate Klatak Pak Jupaini juga patut Anda coba. Racikan sate klataknya terbilang empuk dan tak berbau prengus. Harganya pun lumayan murah, sekitar 20-an ribu rupiah. Seperti sate klatak pada umumnya, sate klatak di sini juga disajikan bersama kuah gulai gurih.

Lokasi / alamat Sate Klatak Pak Jupaini terletak di Jl. Imogiri Timur, Ketongo, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 01.00 WIB

7. Sate Klathak Mas Rangga

Masih berada di kawasan Jalan Imogiri Timur, ada warung Sate Klathak Mas Rangga yang juga terkenal recommended karena kelezatan satenya. Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari sate klatak, sate bumbu, sate goreng, tongseng, gule, tengkleng, hingga nasi goreng.

Ukuran potongan daging satenya memang tak terlalu besar, tapi matangnya pas banget sehingga enak saat disantap. Lokasi / Alamat warung Sate Mas Rangga terletak di Jl. Imogiri Timur, Blawong I, Trimulyo, Kec. Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 12.00 – 22.00 WIB. Range harga sekitar 20-an ribu rupiah.

8. Sate Klathak Bu Jazim

Sate Klathak Bu Jazim juga cukup populer dikalangan dunia sate klatak Jogja. Warung sate ini termasuk legendaris, berdiri sejak tahun 1982. Olahan daging satenya terbilang empuk dan enak. Ada juga tongseng dan tengkleng yang bisa Anda coba.

Range harga sekitar 20 ribuan ke atas. Apabila di warung Pak Pong penuh dan tak sabar menanti, Anda bisa mampir ke sini sebagai alternatif tempat makan sate klatak. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Imogiri Timur, Ketongo, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB

9. Sate Klathak Pak Untung

Selain Bu Jazim, Anda juga bisa menemukan warung Sate Klathak Pak Untung di kawasan Jalan Imogiri Timur. Menu yang ditawarkan masih seputaran olahan daging kambing pada umumnya, seperti sate klatak, sate bumbu, tongseng, dan gule. Cita rasa sate klataknya hampir sama dengan warung lain, asin gurih.

Range harga sekitar 20-an ribu rupiah ke atas. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Imogiri Timur km No.9, Wonokromo, Pleret, Jati, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 11.00 – 19.00 WIB.

10. Sate Klathak Pak JeDe Khas Jejeran

Beralih ke daerah tengah Kota Jogja, ada warung sate klatak enak yang wajib dicoba, yaitu Sate Klathak Pak JeDe Khas Jejeran. Sesuai namanya, tempat makan di Yogyakarta ini menyediakan menu utama berupa sate klatak dan makanan olahan kambing lainnya mulai dari sate bakar, sate goreng, tongseng, gule, kicik, hingga nasi goreng kambing.

Cita rasa sate klataknya enak dengan tekstur daging empuk, tak bau prengus. Tersedia juga kecap pedas selain kuah gule untuk menyantap sate klatak. Sementara itu, tongsengnya tak terlalu manis sehingga cocok bagi para pendatang dari luar Jogja dimana lidahnya belum terbiasa menyantap makanan manis. Dagingnya lembut, kuah tongsengnya pun kaya akan rempah. Hanya saja, isian daging tongsengnya tak terlalu banyak.

Warungnya cukup luas dan bersih sehingga cocok buat rombongan keluarga atau pun makan bersama teman-teman kantor. Range harga masih sama dengan warung sate kambing lainnya, sekitar 20 ribuan rupiah. Lokasi / alamat Sate Klathak Pak JeDe terletak di Jl. Nologaten No.46, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

Baca Juga :

11. Sate Klatak Pak Is

Masih di area sekitaran Kota Yogyakarta, ada warung Sate Pak Is yang juga recommended untuk menyantap olahan daging kambing seperti sate klatak, sate bakar, sate goreng, tongseng, dan nasi goreng (baca : nasgor) kambing. Berbeda dengan sate klatak Jogja pada umumnya yang memakai jeruji besi, sate klatak racikan warung Pak Is memakai tusuk kayu / bambu.

Ukuran dagingnya tak terlalu besar, tapi cita rasanya sungguh enak. Dagingnya empuk dengan tingkat kematangan pas, bumbunya pun meresap. Mungkin karena ukurannya yang tak terlalu besar sehingga kelezatannya bisa maksimal. Bikin nagih deh!

Setahu saya, warung ini punya beberapa cabang, satu diantaranya berada di Jl. Raya Kledokan No.23, RT. 03/01, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB (Minggu tutup). Range harga sekitar 20 ribuan ke atas per porsinya.

12. Sate Klatak Pak Yakut

Buat Anda yang sedang mencari tempat makan sate klatak yang dekat Stasiun Tugu atau kawasan Jalan Malioboro, mungkin bisa mampir ke warung Sate Klatak Pak Yakut. Lokasinya terletak di Jl. Wates, Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari titik nol KM, Anda langsung saja lurus terus ke barat hingga ketemu Jalan Wates.

Warungnya cukup sederhana, tapi olahan daging kambingnya terbilang enak. Menu yang bisa Anda nikmati di sini antara lain sate klatak, sate kecap, gulai, tongseng, kicik, dan nasi goreng kambing. Range harga sekitar 20 ribuan rupiah ke atas. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB (Minggu tutup).

13. Sate Klatak Embah Momo

Kembali lagi ke kawasan Jogja bagian selatan, masih ada beberapa warung sate klatak enak yang wajib dicoba. Satu diantaranya adalah Sate Klatak Embah Momo. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Imogiri Barat No.25a, Bakung, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Kabarnya, Sate Klatak Embah Momo memakai daging kambing muda dan selalu segar setiap hari sehingga terasa empuk dan tidak alot. Tersedia juga menu tongseng dan tengkleng. Seperti halnya warung Sate Pak Pong, rumah makan ini cukup luas, nyaman, bersih, dan punya fasilitas memadai seperti mushola, area bermain anak (playground), toilet, serta area parkir luas. Range harga di atas 20 ribu rupiah per porsinya.

14. Sate Klathak Joss

Sate Klathak Joss juga termasuk tempat makan sate klatak enak di Jogja dengan area cukup luas, cocok buat rombongan keluarga. Tempatnya bersih, tersedia fasilitas toilet dan parkir luas. Untuk cita rasa satenya juga lezat, tekstur empuk, dan tidak bau prengus.

Lokasi / alamat Sate Klathak Joss terletak di Jl. Imogiri Barat Gandok No.km 7,3, Dobalan, Timbulharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB.

15. Sate Klathak Pangestu

Beralih ke kawasan Jogja bagian utara, ada Sate Klathak Pangestu yang punya cita rasa enak menggoyang lidah. Saking lezatnya, dalam sehari kabarnya bisa menghabiskan 3 ekor kambing untuk memanjakan pembeli. Daging satenya empuk dan tidak bau prengus.

Selain sate klatak, warung sate Pangestu juga menyajikan olahan kambing lainnya seperti tongseng, tengkleng, gule, kicik, dan nasi goreng kambing. Range harga sekitar 20-an ribu rupiah. Warung sate Pengestu terletak di Jl. Damai No.10, Tambakan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 00.00 WIB.

16. Sate Klathak Pak Jay

Tak jauh dari Sate Klathak Pangestu, ada warung Sate Klathak Pak Jay yang juga menawarkan menu olahan daging kambing enak mulai dari sate klatak, sate kecap, sate goreng, sate ati, tongseng, tengkleng, gulai, hingga nasi goreng. Tekstur daging sate klataknya empuk dengan cita rasaasin gurih.

Range harga sekitar 15 – 22 ribu rupiah per porsinya (NB : harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu). Lokasi / alamat Sate Klathak Pak Jay terletak di Gentan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB.

17. Sate Kambing Pak Parno

Bagi Anda yang kebetulan lagi malas gerak alias “mager”, tak perlu jauh-jauh datang ke pusat kuliner sate klatak Jogja di jalan Imogiri. Pasalnya, di pusat Kota Yogyakarta juga ada lho warung sate dengan sajian maknyus, top markotop. Tak percaya? Cobain deh, datang ke warung Sate Kambing Pak Parno – Awan Setiawan.

Meskipun hanya berupa warung sate tenda kaki lima, namun cita rasa olahan daging kambingnya sungguh enak menggugah selera. Bahkan, tempat ini pernah di datangi Almarhum Pak Bondan Winarno lho, terlihat dari spanduk yang ditempelnya. Menu makanan di sini lengkap banget, tersedia sate bakar, sate klatak, sate goreng, tongseng, tengkleng, dan nasi goreng kambing.

Saya sendiri pernah 2 kali makan di sini. Untuk daging sate kecap bakarnya memiliki empuk, tidak alot, dan jauh dari aroma prengus. Cita rasanya manis karena dibakar dengan kecap. Bila ingin pedas, Anda bisa meminta irisan cabai untuk ditambahkan ke kecap. Tongseng dagingnya tak kalah lezat, dagingnya empuk berpadu nikmat bersama kuah gurih, dan tidak terlalu manis.

Meskipun enak, tapi harganya lumayan mahal menurut saya bila dibandingkan dengan warung sate lainnya. Satu porsi sate bakar berisi 6 tusuk, nasi, dan es teh dibanderol seharga 37 ribu rupiah. Begitu pula dengan tongseng, satu porsi tongseng, nasi, dan es jeruk dibanderol 37 ribu rupiah. Namun, bila Anda punya uang banyak mungkin termasuk murah ya, hehe.

Lokasi warung Sate Kambing Pak Parno berada di halaman Pasar Lempuyangan (Sebelah Selatan), Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Demikianlah review singkat tentang aneka warung / tempat makan sate klatak paling enak di Jogja yang wajib dicoba. Bikin ngiler, bukan? Jangan lupa catat nama dan alamat lengkapnya buat referensi kuliner saat liburan di Yogyakarta. Apabila Anda punya rekomendasi warung sate klatak lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here