Home Wisata Asia 37 Makanan Enak Khas Lombok Yang Terkenal Mendunia Wajib Dicoba

37 Makanan Enak Khas Lombok Yang Terkenal Mendunia Wajib Dicoba

472
0

Makanan Khas Lombok – Bingung mencari kuliner enak di Lombok? Ini daftar rekomendasi makanan enak khas Lombok yang terkenal mendunia wajib dicoba. Mulai dari menu tradisional, jajanan, camilan, minuman, hingga kue kekinian ada semua di sini.

Lombok memang dikenal memiliki keindahan alam yang memukau, baik berupa gili, pantai pasir putih, air terjun, gunung, perbukitan, maupun alam bawah laut. Namun, tahukah Anda? Pulau Lombok ternyata punya sajian kuliner enak yang layak dicoba. Bukan hanya Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung, ada puluhan makanan khas Lombok lainnya dengan cita rasa lezat.

Daftar Makanan Enak Khas Lombok Yang Terkenal Mendunia Wajib Dicoba

1. Ayam Taliwang

Kita awali review makanan khas Lombok kali ini dengan mengulas Ayam Taliwang yang sudah sangat populer. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar daging ayam lalu dibakar dan diberi bumbu semacam saus dari campuran berbagai rempah mulai dari cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, hingga garam.

Daging ayam yang digunakan biasanya berupa daging ayam kampung muda sehingga memiliki tekstur empuk, tidak alot. Cita rasanya gurih pedas dengan bumbu meresap ke dalam daging. Ayam Taliwang cocok disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Dinamakan Ayam Taliwang, mungkin karena berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Tak terlalu sulit rasanya mencari Ayam Taliwang enak di Lombok karena lumayan banyak tempat makan dengan menu makanan tersebut. Beberapa diantaranya antara lain Ayam Taliwang Khas Pak Udin, Ayam Bakar Taliwang Irama, Ayam Taliwang H Moerad, Rumah Makan Taliwang Kania, dan Rumah Makan Nada Alam Nyaman.

2. Plecing Kangkung

Makanan-Khas-Lombok
Gambar ilustrasi Makanan Khas Lombok : Plecing Kangkung (Foto : Midori)

Selain Ayam Taliwang, Plecing Kangkung juga menjadi makanan khas Lombok yang sangat terkenal dikalangan para pecinta kuliner. Makanan ini terdiri dari kangkung rebus, lalu diberi topping berupa sambal, taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, atau urap.

Sambal Plecing Kangkung umumnya terbuat dari cabai rawit, garam, terasi, tomat, dan tetesan jeruk limau. Kangkung yang digunakan pun kabarnya beda, yaitu memakai kangkung air dengan batang besar serta renyah. Plecing Kangkung kerap disajikan bersama Ayam Taliwang.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak berupa sate daging sapi yang diberi bumbu khas Lombok, lalu disajikan bersama lontong. Bumbu sate ini biasanya terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk kemudian direbus dengan santan dan bumbu dapur lainnya. Cita rasa bumbunya mirip bumbu kari.

Sedangkan lontong yang digunakan dibungkus memakai daun aren atau enau. Lontong tersebut dikenal dengan nama “bulayak”. Ukurannya cenderung lebih kecil dari pada lontong pada umumnya. Bulayak sendiri memiliki tekstur lembut dengan cita rasa gurih.

4. Nasi Balap Puyung

Jika Solo punya Nasi Liwet dan Jakarta ada Nasi Ulam, maka Lombok memiliki sajian Nasi Balap Puyung yang tak kalah enak. Seporsi makanan khas Lombok ini berisi nasi putih, ayam suwir, tumis buncis, ayam kriuk, dan kedelai goreng. Untuk lauk tambahan, biasanya tersedia telur asin, telur mata sapi, telur dadar, ayam goreng, serta lainnya.

Meskipun tampak sederhana, cita rasa Nasi Balap Puyung terbilang lezat. Anda bisa memesan dengan tingkat kepedasan sesuai selera, baik pedas, sedang, maupun tidak pedas. Salah satu warung Nasi Balap Puyung enak di Lombok terkenal adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Lokasinya terletak di Jl. Raya Puyung, Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

5. Sate Rembiga

Seperti halnya Sate Bulayak, makanan khas Lombok bernama Sate Rembiga ini juga terbuat dari daging sapi. Namun, bumbu yang digunakan pada Sate Rembiga nampaknya sedikit berbeda. Cita rasanya sungguh lezat, rasa manis, pedas, dan gurih menjadi satu dalam balutan sate.

Meskipun memakai daging sapi, tekstur dagingnya empuk saat digigit. Kabarnya seh memakai daging sapi has dalam. Untuk bumbunya sendiri terbuat dari campuran kecap manis, bawah putih, gula merah, terasi, garam, dan cabai. Sate Rembiga disajikan bersama lontong atau nasi.

Warung Sate Rembiga enak di Lombok yang bisa dikunjungi antara lain Warung Sate Rembiga UTAMA Bu Ririn dan Sate Rembiga Ibu Sinnaseh. Keduanya terletak di Jl. Dr. Wahidin, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

6. Sate Tanjung

Berbeda dengan sate pada umumnya yang memakai daging kambing, sapi, atau ayam, Sate Tanjung memakai bahan dasar daging ikan. Kuliner unik khas Lombok ini dibuat dengan cara memotong-motong daging ikan segar, lalu direndam dalam bumbu rempah halus. Setelah bumbu meresap, daging ikan ditusuk lalu dilumuri bumbu lagi, dan dibakar hingga matang.

Tekstur Sate Tanjung terasa empuk dengan cita rasa pedas dan gurih. Untuk mencicipi Sate Tanjung yang enak di Lombok, Anda dapat berkunjung ke Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Di sana, mungkin Anda akan menemukan puluhan penjual Sate Tanjung.

7. Bebalung

Bebalung merupakan makanan khas Lombok yang berupa sup iga sapi tapi memiliki bumbu lebih komplit. Cita rasanya enak dan gurih, sangat cocok disantap saat masih hangat bersama nasi putih. Bumbu untuk membuat Bebalung memakai campuran bawang merah, bawang putih, jahe, terasi, cabai merah dan asam muda.

Namun, setiap daerah di Lombok sepertinya mempunyai versi bumbu Bebalung masing-masing, misalnya memakai tambahan daun kedondong, daun asam Jawa, kunyit, atau pun santan. Di Lombok, makanan ini pada umumnya disajikan dalam acara tertentu seperti hajatan pernikahan, sunatan, kenduri, acara adat dan upacara kematian.

8. Beberuk Terong

Lalapan biasanya identik dengan makanan khas Jawa Barat, namun ternyata Lombok juga punya kuliner sejenis lalapan bernama Beberuk Terong. Sesuai namanya, Beberuk Terong berupa potongan terong ungu dan kacang panjang kemudian dicampur dengan sambal tomat yang pedas.

Bahan pembuatan sambalnya berupa bawang merah, tomat, cabe rawit, garam, gula pasir, minyak, dan air. Untuk menambah cita rasa segar, biasanya ditambahkan perasan jeruk limau. Makanan khas Lombok yang pedas ini cocok disantap dengan Ayam Taliwang.

9. Ares

Ares merupakan makanan khas tradisional suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok. Makanan ini berupa sayur dari bagian dalam batang pohon pisang. Orang Jawa biasanya menyebut batang pisang dengan nama “gedebog” atau “debog”. Pohon pisang yang biasa digunakan untuk bahan baku sayur Ares yaitu Pisang Kepok.

Cara membuat sayur Ares cukup mudah, pertama-tama Anda harus menyiapkan batang pisang Kepok, lalu ambil bagian paling dalamnya. Bagian batang terdalam tersebut diiris tipis-tipis, lalu diberi air dan garam, dan diremas-remas hingga menjadi bagian lebih kecil lagi untuk menghilangkan getah pisang.

Setelah dicuci, bahan tersebut dimasukkan ke dalam air mendidih, kemudian tambahkan bumbu serta diaduk. Bumbu yang digunakan berupa jahe, kemiri, laos, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan santan. Setelah “Ares” terasa kenyal, baru diangkat untuk dihidangkan. Cita rasa sayur Ares mirip seperti sayur lontong, gurih, pedas, dan manis.

10. Poteng Jaje Tujak Dan Iwel

Bukan hanya pedas, ternyata ada juga lho kuliner Lombok yang bercita rasa manis layaknya makanan khas Jogja, yaitu Poteng Jaje Tujak Dan Iwel. Poteng Jaje Tujak terdiri dari 2 makanan yaitu Poteng dan Jaje Tujak. Poteng berupa tapai ketan, sedangkan Jaje Tujak semacam gemblong ketan atau ketan tumbuk.

Poteng dibuat melalui proses fermentasi sehingga cita rasanya manis, sedikit asam, dan segar. Sementara itu, Jaje Tujak bercita rasa gurih karena terbuat dari campuran ketan putih, ketan hitam, dan kelapa yang ditumbuk sampai halus.

Selain Poteng Jaje Tujak, ada juga jajanan unik khas Lombok lainnya yang juga cukup populer saat Lebaran tiba, namanya Iwel. Makanan khas Lombok ini berbahan dasar tepung ketan hitam, kelapa, dan gula merah. Rasanya legit alias manis.

11. Sate Pencok

Sate Pencok terbuat dari kulit sapi yang diberi bumbu pelalah. Teksturnya kenyal mirip sate kere khas Jogja tapi cita rasanya pedas. Saat ini, penggunaan kulit sapi mulai diganti dengan tepung kanji atau tepung sagu sehingga harganya relatif lebih murah terjangkau.

12. Sate Pusut

Lombok nampaknya kaya akan olahan jenis sate-satean dengan berbagai bahan. Satu diantaranya adalah Sate Pusut yang begitu lezat. Sate ini berbahan baku daging sapi cincang, kelapa parut, dan bumbu rempah.

Bumbu Sate Pusut memakai campuran santan, daun jeruk, jeruk nipis, cabai merah, bawang putih, cabai rawit, garam, gula pasir dan terasi. Tekstur satenya empuk, cita rasanya gurih serta ada pedas-pedasnya sedikit.

13. Ayam Rarang

Selain Ayam Taliwang, Lombok juga punya olahan ayam lainnya yang tak kalah enak, yaitu Ayam Rarang. Nama Rarang sendiri disematkan karena makanan ini berasal dari Desa Rarang, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jika dilihat sekilas, Ayam Rarang tampak seperti Ayam Taliwang yang penuh dengan bumbu sambal pedas. Namun, bumbu Ayam Rarang jauh lebih banyak dan bumbunya telah dimasak terlebih dahulu. Mungkin, Ayam Rarang ini mirip Ayam Balado. Cita rasanya enak dan pedas.

14. Kue Bantal

Kue Bantal merupakan jajanan khas Lombok yang mirip dengan “Lepet”. Keduanya terbuat dari beras ketan, perbedaannya terletak pada isian di dalamnya, dimana Kue Bantal berisi kacang merah atau pisang. Nama Kue Bantal sendiri disematkan karena bentuk kue ini mirip seperti bantal tidur.

Bahan-bahan untuk membuat Kue Bantal antara lain beras ketan, kelapa muda yang diparut, buah pisang atau kacang merah, daun aren atau janur (daun kelapa muda), dan tali dari batang bambu. Cara membuatnya cukup mudah, beras ketan dicuci bersih, lalu dicampur dengan parutan kelapa dan sedikit garam.

Bahan campuran tersebut dibungkus dengan daun aren / janur, bagian tengahnya diisi kacang merah / pisang, lalu diikat, dan dikukus hingga matang. Teksturnya lengket dan kenyal, sedangkan cita rasanya gurih.

15. Kue Keciput

Jika dilihat secara sekilas, Kue Keciput khas Lombok ini mirip dengan onde-onde versi mini / mungil. Ukurannya kecil, bentuknya bulat, dan pada bagian luarnya penuh wijen. Hanya saja, di dalamnya tak ada isian kacang hijau layaknya onde-onde. Kue Keciput terbuat dari tepung beras ketan, teksturnya kering dan renyah dengan cita rasa manis gurih.

Baca Juga : Tempat Wisata Terindah Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

16. Ayam Pelalah

Ayam Pelalah memiliki tekstur empuk dan cita rasa pedas layaknya Ayam Taliwang dan Ayam Rarang. Perpedaannya mungkin teletak pada bumbu dan cara pembuatannya. Ayam Pelalah sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat. Apalagi jika diberi perasan jeruk limau, tentu akan terasa lebih segar.

17. Nasi Campur Sukaraja

Nasi Campur Sukaraja termasuk salah satu kuliner khas Lombok yang terkenal wajib dicoba. Satu porsi nasi campur ini biasanya berisi nasi putih, beberuk terong, sate lilit, dan lauk lainnya sesuai pesanan seperti tahu, telur, atau ayam goreng. Cita rasa nasi campurnya enak, gurih, dan pedas.

Untuk mencicipi seporsi Nasi Campur Sukaraja, Anda bisa mampir ke Warung Murah. Lokasinya terletak di Jl. Yos Sudarso, Ampenan Tengah, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.30 WIB.

18. Kelaq Batih

Makanan khas Lombok berikutnya yang wajib dicoba adalah Kelaq Batih. Makanan tradisional ini berupa sayur berkuah berbahan dasar biji buncis dan daun singkong muda. Dalam proses pembuatannya, Kelaq Batih memakai bumbu Ragi Belek yang terdiri dari campuran rempah seperti cengkih, lengkuas, jahe, ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi.

19. Kelaq Sebie

Lombok dikenal memiliki kuliner bercita rasa pedas karena memakai cabai sebagai bumbu dalam memasak. Satu diantaranya tentu saja Kelaq Sebie. Bukan menggunakan cabai sebagai bumbu, justru Kelaq Sebie memakai cabai sebagai bahan utama. Jadi, hampir bisa dipastikan kalau Kelaq Sebie merupakan makanan terpedas di Lombok.

Kelaq Sebie atau Sayur Cabai dibuat dari irisan cabai rawit lalu diberi bumbu bawang merah, bawang putih, terasi, dan santan. Biasanya, dalam Kelaq Sebie ditambahkan ikan atau sayuran.

20. Kelaq Kelor

Tak hanya olahan sate dan ayam, Lombok juga kaya hidangan berupa sayur atau kelaq, seperti Kelaq Kelor. Sesuai namanya, Kelaq Kelor berupa sayur bening berbahan daun kelor. Sayur ini sangat cocok disantap bersama nasi putih dan sambal terasi.

21. Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja berasal dari Desa Kotaraja, Lombok Timur. Satu porsinya berisi nasi putih, sayur rarit, dan sambal sebie. Sayur rarit berbahan dasar hasil olahan daging sapi. Daging sapi diberi bumbu, lalu dijemur, digeprek, dan digoreng. Sementara itu, sambal sebie terbuat dari campuran terasi, garam, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa.

22. Sayur Lebui

Sayur Lebui ini cukup sederhana, tapi rasanya terbilang enak. Ada rasa asam-asamnya yang segar. Cocok sekali disantap saat masih hangat bersama nasi dan lauk pauk. Bahan pembuatan Sayur Lebui terdiri dari kacang lebui, daun kemangi harum, lombok, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi.

23. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut merupakan salah satu oleh oleh khas Lombok yang terkenal dikalangan wisatawan. Hampir setiap traveler yang pergi dari Pulau Lombok, biasanya membawa makanan tersebut. Teksturnya kenyal agak liat saat digigit, cita rasanya asam manis.

Bahan baku pembuatan dodol ini dari tepung rumput laut dan aneka buah-buahan mulai dari sirsak, semangka, nangka, labu siam, hingga tomat. Cocok sekali dijadikan camilan atau pun makanan pencuci mulut setelah makan.

24. Ikan Bakar Pantai Nipah

Belum lengkap rasanya menjelajahi aneka tempat wisata kuliner di Lombok tanpa mampir ke Pantai Nipah untuk mencicipi sajian ikan bakarnya. Ikan tersebut biasanya diperoleh dari nelayan di Desa Nipah dimana pantai tersebut berada, sehingga kemungkinan masih fresh.

Ada berbagai macam ikan atau hasil laut yang ditawarkan para penjual, seperti baronang, kerapu, cumi, dan lainnya. Semakin nikmat disantap bersama nasi putih, plecing kangkung, maupun sambal terong. Harganya lumayan murah terjangkau, tapi sebaiknya tanyakan dulu ya gaes sebelum memesannya.

25. Kelepon Kecerit

Kelepon Kecerit merupakan jajanan tradisional khas Lombok yang hampir sama dengan klepon di daerah Jawa. Perbedaannya terletak pada bentuknya, dimana Kelepon Kecerit agak memanjang / lonjong sedangkan klepon bulat kecil seperti bola. Nama kecerit sendiri berasal dari sensasi muncratnya gula merah di dalamnya saat dimakan.

26. Jaje Reket

Jaje Reket termasuk jajanan khas Lombok yang biasanya bisa ditemui di pasar-pasar tradisional. Jajanan ini terbuat dari beras ketan putih atau pun beras ketan hitam. Biasanya dibungkus dengan daun pisang.

27. Lupis

Satu lagi jajanan pasar khas Lombok dari beras ketan yang lumayan enak, namanya lupis. Jajanan ini mungkin sudah tidak asing lagi karena hampir di setiap daerah Indonesia bisa dijumpai penjual lupis. Lupis terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

Lupis disajikan dengan taburan parutan kelapa dan gula merah / gula Jawa cair. Tekstur lupis kenyal lengket dengan cita rasa gurih dan manis. Lupis ada 2 bentuk, berupa irisan seperti lontong dan segitiga. Nah, lupis dari Lombok biasanya berbentuk segitiga.

28. Tareq atau Goro Goro

Selain kue basah, Lombok juga punya kue kering dengan tekstur renyah, namanya Tareq atau Goro Goro. Kue ini terbuat dari tebung beras dan santan yang digoreng. Biasanya Tareq atau Goro Goro dibentuk mirip seperti bunga. Cocok buat camilan sambil ngobrol atau pun nonton TV.

29. Tumbek

Tumbek adalah makanan khas Lombok yang dibuat dari campuran tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut. Bahan-bahan tersebut lalu dikukus sampai matang, kemudian dimasukkan ke dalam daun kelapa dan dikukus lagi hingga daunnya layu. Sekilas, jajanan ini mirip dengan lepet tapi beda rasa karena memakai campuran gula merah.

30. Renggi

Renggi atau dikenal dengan nama rengginang merupakan jajanan dari beras ketan yang dikukus, dibentuk bulat-bulat, dijemur hingga kering, kemudian digoreng. Cita rasanya gurih dan renyah. Kabarnya, dulu kala Renggi ini dibuat dalam ukuran sebesar nampan oleh suku Sasak. Tapi, sekarang ukurannya kecil-kecil agar mudah disajikan.

31. Kue Batun Bedil

Kue Batun Bedil ini mirip dengan bubur candil atau kolak biji salak. Makanan ini terbuat dari campuran tepung ketan, tepung beras, dan tepung kanji. Bahan-bahan tersebut dibuat bulat-bulat seperti bola lalu direbus hingga matang. Untuk kuahnya memakai rebusan gula merah dan daun pandan.

32. Bubur Reket Bereng

Bubur Reket Bereng merupakan makanan khas Lombok yang berupa bubur ketan hitam. Bubur yang terbuat dari ketan hitam ini disajikan bersama siraman santan kelapa dan gula merah cair. Untuk variasi, kadang juga ada penjual yang menambahkan es batu maupun susu kental manis.

33. Es Sarang Burung

Es Sarang Burung terbuat dari campuran agar-agar serut, buah leci, sirup leci, air, dan es batu / es serut. Agar lebih nikmat, es ini kadang juga ditambahi biji selasih. Cita rasanya enak dan menyegarkan, sangat cocok disantap saat lelah setelah berkeliling mengeksplore aneka destinasi wisata di Lombok.

34. Poteng Isi

Satu lagi minuman khas Lombok yang menyegarkan, namanya Poteng Isi. Minuman ini terbuat dari campuran tape, santan, dan susu. Agar terasa lebih segar, biasanya ditambahkan es batu. Dari bahan bakunya, tentu bisa ditebak cita rasa Poteng Isi berupa manis, asam, gurih, dan dingin.

35. Serbat Jahe

Selain minuman dingin, ada juga minuman khas Lombok untuk menghangatkan tubuh, namanya Serbat Jahe. Minuman ini dibuat dari jahe dan gula merah. Saat ini, sepertinya sudah tersedia Serbat Jahe dalam bentuk kemasan sehingga Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas. Serbat Jahe sangat pas dikonsumsi saat udara dingin atau hujan.

36. Nutsafir Cookies

Bingung mencari makanan khas Lombok yang kekinian? Cobain saja produk dari Nutsafir Cookies, yaitu kukis berbahan dasar biji-bijian bergizi tinggi. Proses pembuatannya dilakukan secara higienis tanpa bahan pengawet, pemanis dan pewarna buatan. Perpaduan olahan biji-bijian, susu, dan keju menghasilkan cita rasa enak pada kukis.

Untuk mendapatkan kukis lezat tersebut, Anda bisa langsung ke outlet NUTSAFIR LOMBOK di Jl. Angsoka No.14, Mataram Bar., Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

37. Abon Ikan

Tak hanya punya keindahan pantai dan alam bawah laut, Lombok juga kaya akan hasil laut seperti ikan dan rumput laut. Salah satu hasil olahan ikan masyarakat Pulau Lombok yang cukup terkenal yaitu Abon Ikan. Anda mungkin akan menemukan berbagai jenis abon ikan, mulai dari abon ikan asin, marlin, cakalang, dan tongkol.

Demikianlah sejumlah kuliner khas Lombok yang terkenal wajib dicoba, mulai dari jajanan, kue, camilan, sayur, makanan berat, hingga minuman. Enak dan menggugah selera, bukan? Rugi deh jauh-jauh liburan ke Lombok tanpa mencicipi hidangannya. Buat sobat traveler yang akan menambahkan informasi, bisa menuliskannya pada kolom komentar. Sekian dulu dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here