Home Wisata Alam 37 Pantai Terindah Dan Tersembunyi Di Lombok Yang Terkenal Paling Bagus Wajib...

37 Pantai Terindah Dan Tersembunyi Di Lombok Yang Terkenal Paling Bagus Wajib Dikunjungi

364
0

Pantai Di Lombok – Bingung mencari tempat wisata pantai untuk liburan di Lombok? Ini daftar rekomendasi pantai terindah dan tersembunyi di Lombok yang terkenal paling bagus wajib dikunjungi. Anda akan dimanjakan dengan keindahan hamparan pasir putih, perairan laut nan jernih, biota laut, batuan karang, sunrise, sunset, dan ombak besar untuk berselancar (surfing). Sungguh sangat eksotis!

Tak kalah cantik dengan Pulau Bali, Lombok juga punya sejuta pesona keindahan alam yang layak dikunjungi. Mulai dari gunung, bukit, persawahan, hutan rimbun, air terjun, alam bawah laut, gili (pulau-pulau kecil) hingga pantai, ada semua di sana. Khusus bagi Anda pecinta pantai, berikut ini Aneka Wisata sajikan deretan pantai unik, bagus dan indah di Pulau Lombok yang patut dikunjungi.

Daftar Pantai Terindah Dan Tersembunyi Di Lombok Yang Terkenal Paling Bagus Wajib Dikunjungi

1. Pantai Senggigi

Pantai terindah pertama yang wajib dikunjungi saat liburan ke Lombok tentu saja Pantai Senggigi. Pantai ini punya garis pantai cukup panjang berkontur landai. Ombak di sana tak terlalu besar, air lautnya bersih dan jernih berpadu cantik dengan hamparan pasir pantai berwarna gradasi dari hitam ke putih.

Ada cukup banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Senggigi seperti bersantai, berenang, melihat sunset, maupun snorkeling melihat keindahan alam bawah laut. Salah satu keistimewaan Pantai Senggigi bila dibandingkan dengan pantai di Lombok lainnya yaitu kelengkapan fasilitas akomodasi bagi para wisatawan.

Di sekitar Pantai Senggigi, tersedia beragam penginapan berupa hotel, resort, cottage, dan bungalow dari kelas melati khusus bagi para backpacker yang murah meriah hingga bintang 5 berfasilitas mewah. Soal makanan, Anda tak usah kuatir karena ada restoran / cafe yang menyajikan makanan lokal maupun internasional. Pantas rasanya, jika Pantai Senggigi dinobatkan sebagai salah satu ikon wisata Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Senggigi dari sisi lain, yaitu dari ketinggian. Garis pantainya akan tampak begitu cantik menakjubkan. Untuk memasuki Pantai Senggigi, Anda tak akan dipungut biaya alias gratis. Jika ingin mengunjunginya, Anda langsung saja menuju lokasi di Jalan Raya Senggigi KM 6-10, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Kuta Lombok

Namanya memang Kuta, tapi pantai ini bukan di Bali ya gaes, melainkan berada di Pulau Lombok. Berbeda dengan Pantai Kuta Bali yang cenderung ramai, Pantai Kuta Lombok menawarkan sensasi lebih tenang. Namun, soal keindahan tentu tak kalah cantik. Hamparan pasir putih bersih terhampar luas berpadu indah bersama deburan air laut jernih.

Pasir putihnya terbilang unik berbentuk seperti butiran merica berwarna krem. Oleh karena itu, Pantai Kuta juga dikenal dengan nama Pantai Merica. Lokasi Pantai Kuta sangat strategis, berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, tepatnya Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Tak heran, jika fasilitas di sana sangat lengkap, tersedia kamar mandi, penginapan / hotel, dan tempat ibadah.

Jarak dari Bandara Internasional Lombok hanya sekitar 30 menit. Keberadaannya cukup dekat dengan objek wisata lain seperti Tanjung Ann, Desa Wisata Sade, atau Desa Adat Ende. Aktivitas wisata menarik di Pantai Kuta antara lain bersantai, snorkeling, berselancar, bermain air, menikmati sunset, dan berbelanja oleh-oleh khas Lombok berupa kain songket yang dijajakan penjual di sekitar area pantai. Harga tiket masuknya gratis, hanya bayar parkir kendaraan.

3. Pantai Seger

Masih satu garis dengan Pantai Kuta Lombok, ada Pantai Seger yang tak kalah indah. Pasir pantainya berwarna putih berukuran kecil layaknya butiran merica. Air lautnya jernih dan bersih, tampak eksotis dikelilingi bukit. Selain hunting foto selfie, Anda juga bisa berenang, snorkeling, surfing, trekking ke bukit, maupun kulineran menikmati beragam makanan khas Lombok yang dijajakan warung makan di sekitar pantai.

Lokasi / alamat Pantai Seger terletak di Desa Sukedane, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tepatnya di sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, terdapat hotel / penginapan, tempat makan, area parkir, dan kamar mandi / toilet. Harga tiket masuk ke sana termasuk murah meriah, sepertinya hanya membayar parkir kendaraan saja.

Oya, kabarnya setiap tahun di Pantai Seger ada Festival Bau Nyale dimana para warga berkumpul mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Nyale (Putri Mandalika). Konon, sang putri pada jaman dulu kala menceburkan dirinya ke laut untuk menghindari pertempuran para pangeran yang akan memperebutkan putri tersebut.

4. Pantai Serenting

Masih berada di kawasan wisata Mandalika, ada Pantai Serenting yang tak kalah indah. Lokasinya persis di sebelah timur Pantai Seger. Dengan garis pantai lumayan panjang dan diapit perbukitan, pantai ini tampak cantik dilihat dari atas. Pantai Serenting juga biasanya menjadi area Festival Bau Nyale saat Pantai Seger tak bisa menampung para peserta.

5. Pantai Bukit Merese

Bukan pasir putih atau pun keindahan alam bawah laut yang ditawarkan oleh Bukit Merese, melainkan panorama lautan biru dari ketinggian nan cantik memukau. Tak hanya itu, bukit ini juga termasuk salah satu spot sunrise dan sunset terindah di Lombok. Kece banget deh!

Lokasi Bukit Merese terletak diantara Pantai Serenting dan Pantai Tanjung Aan. Bukitnya tak terlalu tinggi sehingga cukup mudah untuk mendakinya. Begitu sampai di atas bukit, Anda akan disambut hamparan rerumputan hijau beserta pemandangan lautan lepas berwarna gradasi hijau kebiruan. Harga tiket masuknya gratis dan buka 24 jam.

6. Pantai Tanjung Aan

Ngomongin pantai di Lombok yang bagus tentu tak bisa lepas dari Pantai Tanjung Aan. Pasir pantainya berwarna putih dengan bentuk seperti merica. Garis pantainya melengkung layaknya bulan sabit, sungguh tampak begitu indah berpadu bersama lautan biru dan perbukitan rendah nan hijau.

Beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Aan antara lain hunting foto, bersantai, berenang, berselancar, snorkeling, kulineran, atau pun belanja kain tenun khas Lombok dari pedagang sekitar pantai. Suasananya masih tenang tak terlalu ramai, cocok dikunjungi bagi Anda yang mendambakan ketenangan.

7. Pantai Batu Payung

Sesuai namanya, pantai ini punya ciri khas berupa batuan karang besar berbentuk seperti payung / cendawan. Kabarnya, bentuk unik dari batuan karang tersebut disebabkan oleh proses erosi / abrasi oleh angin dan gelombang air laut selama ribuan bahkan jutaan tahun.

Saat berkunjung ke Pantai Batu Payung, biasanya para wisatawan berfoto dengan latar batuan karang berbentuk payung kuncup tersebut. Instagramable banget deh! Namun, beberapa waktu lalu, dikabarkan bahwa batuan karang unik itu roboh akibat proses alam. Jadi, saat berkunjung ke sana, mungkin Anda sudah tak bisa menjumpai batu payung tersebut.

Dari Pemda Lombok sendiri, kabarnya seh ada wacana untuk melakukan pemugaran Batu Payung. Semoga segera terwujud ya, agar bisa berselfie ria dengan latar batuan cantik itu. Pantai Batu Payung sendiri tak punya pasir putih, hanya ada batuan karang. Di sisi timur dan barat terhampar pantai, di sebelah selatan ada Samudra Hindia, sedangkan pada bagian utara ada Gunung Rinjani yang berdiri gagah.

8. Pantai Gerupuk

Bukan hanya menawarkan hamparan pasir putih, beberapa pantai di Lombok juga punya gelombang air laut yang asyik buat berselancar. Satu diantaranya adalah Pantai Gerupuk. Gulungan ombaknya terbilang unik karena bervariasi mulai dari level pemula hingga profesional. Tak heran, jika pantai ini menjadi tempat surfing di Lombok favorit wisatawan.

Setelah puas berselancar, Anda bisa bersantai menikmati keindahan panorama sekitar pantai sambil menikmati makanan / minuman. Anda juga bisa melihat landscape Pantai Gerupuk dari sisi lain dengan mendaki bukit yang ada disekitarnya sekaligus menyaksikan matahari terbenam (sunset).

9. Pantai Pink / Pantai Tangsi

Sesuai namanya, Pantai Pink atau Pantai Tangsi memiliki pasir pantai berwarna pink. Warna pink tersebut berasal dari serpihan karang / kerang berwarna merah muda yang berpadu dengan pasir putih. Meskipun warna pinknya tak sejelas Pantai Pink Labuan di Pulau Komodo, pantai ini cukup indah untuk dinikmati.

Di sekeliling pantai, Anda dapat melihat tebing-tebing. Jika Anda punya tenaga ekstra, Anda bisa naik ke atas tebing. Dari sana, Anda dapat melihat panorama lain dari pantai ini. Lokasi / alamat Pantai Pink atau Pantai Tangsi terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Mawun

Bosan dengan aneka wisata pantai di Bali yang terlalu ramai pengunjung? Anda bisa pergi ke Lombok untuk menemukan pantai cantik dengan suasana relatif sepi dan masih alami. Satu pantai yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Mawun. Hamparan pasir putihnya sungguh menawan, berpadu indah dengan air laur jernih dan bukit-bukit di sekelilingnya.

Berada di Lombok Tengah, lokasi Pantai Mawun cukup terpencil jauh dari perkotaan. Fasilitas di sana pun masih sangat minim. Tapi, ketenangan akan Anda dapatkan di sana. Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan nyaman, tanpa suara kendaraan atau pun hingar bingar pesta. Sungguh, terasa seperti layaknya pantai pribadi (private beach).

11. Pantai Gili Trawangan

Pantai-Di-Lombok
Gambar ilustrasi pantai di Lombok : pantai pasir putih Gili Trawangan

Siapa seh yang tak kenal dengan Gili Trawangan? Gili terbaik di Lombok ini hampir selalu menjadi incaran wisatawan. Fasilitasnya lengkap, tanpa polusi, penduduknya ramah, dan kaya akan keindahan alam membuat gili ini ramai pengunjung. Soal keamanan, tak usah kuatir karena ada Island Security dan masyarakat setempat yang siap mengamankan para traveler.

Gili Trawangan terletak di Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Gili Trawangan yang bisa dikunjungi. Satu diantaranya adalah pantai pasir putihnya. Hamparan pasir putih membentang luas dan bersih tanpa sampah berpadu cantik dengan air laut jernih berwarna biru hijau. Posisi pantainya menghadap ke timur dan barat sehingga Anda bisa menyaksikan sunrise / sunset.

12. Pantai Gili Meno

Gili Meno merupakan salah satu dari 3 gili di Lombok yang paling populer dikalangan wisatawan. Letaknya berada di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air. Berbeda dengan Gili Trawangan yang ramai penuh hingar bingar pesta, suasana Gili Meno cenderung lebih sepi dan tenang.

Namun, soal keindahan, tentu tak kalah bagus, Gili Meno punya pantai pasir putih bersih nan cantik. Air lautnya pun jernih cocok buat snorkeling melihat cantiknya terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Setelah puas menikmati pantai dan alam bawah lautnya, Anda bisa pergi ke Danau Air Asin, Taman Burung, atau pun perkebunan kelapa.

13. Pantai Gili Air

Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, ada Gili Air yang pesonanya juga sangat indah menawan. Pasir pantainya berwarna putih, berpadu cantik dengan air laut jernih berwarna toska. Keindahan alam bawah lautnya tak perlu diragukan lagi, snorkeling atau pun menyelam menjadi aktivitas wajib saat berkunjung ke gili ini. Berbagai biota laut seperti terumbu karang, penyu, dan aneka jenis ikan kemungkinan bisa Anda jumpai.

14. Pantai Nipah

Mengeksplore Lombok Utara, rasanya belum lengkap tanpa mampir ke Pantai Nipah yang terletak di Dusun Nipah, Desa Malaka. Daya tarik Pantai Nipah berupa pasir putihnya dan kejernihan air lautnya. Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan hidangan ikan bakarnya nan lezat. Untuk harga tiket masuk ke sana, sepertinya masih gratis hanya ditarik biaya parkir.

15. Pantai Selong Belanak

Nama Pantai Selong Belanak akhir-akhir ini sedang hits naik daun. Pasalnya, pantai ini mempunyai pasir pantai berwarna putih bersih dan gulungan ombaknya bagus untuk berselancar (surfing). Tak heran, cukup banyak wisatawan berkunjung ke sana setiap harinya.

Kabarnya, ombak di sana bervariasi, bisa diarungi para peselancar kelas pemula maupun kelas profesional. Fasilitas yang tersedia pun lumayan lengkap, sudah ada 20-an akomodasi penginapan mulai dari homestay hingga hotel. Lokasi / alamat Pantai Selong Belanak terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, NTB.

16. Pantai Sekotong

Nama Pantai Sekotong mungkin belum sepopuler Pantai Kuta maupun Pantai Senggigi. Tapi, keindahannya layak disejajarkan dengan kedua pantai tersebut. Pasir pantainya berwarna putih dengan air laut jernih kebiruan dan ombak yang cukup tenang.

Suasananya juga masih sepi dan asri sehingga cocok untuk melepas penat. Di sekitar pantai sudah terdapat tempat makan untuk mengisi perut dikala lapar sekaligus bersantai sambil menikmati indahnya lautan. Harga tiket masuk ke sana terbilang murah meriah, hanya sekitar 5 ribu rupiah.

Lokasi Pantai Sekotong terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, cukup dekat dengan Pelabuhan Lembar Lombok. Jaraknya sekitar 60 km dari Kota Mataram, lumayan jauh seh tapi infrastruktur jalannya kalau tak keliru sudah cukup bagus sehingga akan memudahkan perjalanan.

17. Pantai Tanjung Bloam

Keunikan atau daya tarik Pantai Tanjung Bloam terletak pada batuan karang yang terukir secara alami sehingga tampak instagramable bila dijadikan latar berfoto. Namun, saat berselfie di sana sebaiknya ekstra hati-hati. Kabarnya, ombak di pantai ini terbilang besar dan bisa datang sewaktu-waktu tanpa diduga.

18. Pantai Bangko-Bangko

Tak terlalu sulit rasanya mencari pantai di Lombok yang masih perawan belum terjamah banyak orang. Hal ini tentu saja karena pantai-pantai tersebut belum begitu populer dikalangan wisatawan. Satu diantaranya adalah Pantai Bangko Bangko di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB.

Kondisi pantai ini masih sangat alami dan asri, belum tersentuh oleh pembangunan modern. Wisatawan yang datang pun masih sangat jarang. Pasir pantainya tampak putih, air lautnya juga jernih, semakin cantik dengan kehadiran bukit-bukit disekeliling pantai. Selain pantai ini, kawasan Bangko-Bangko juga punya spot wisata lain di Pemalikan yang dikenal sebagai surganya para surfer di Lombok.

19. Pantai Tanjung Ringgit

Ingin melihat keindahan tebing-tebing pantai di Australia Barat? Tak usah jauh-jauh ke Negeri Kanguru, Anda cukup pergi ke Pantai Tanjung Ringgit. Di sana, Anda akan disuguhi tebing pantai curam berpadu cantik dengan birunya air laut. Pantai ini terletak di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, jauh dari perkotaan sehingga suasananya relatif sepi.

20. Pantai Nambung

Pantai Nambung terletak di Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Jaraknya sekitar 60 km dari Kota Mataram. Pantai ini berbentuk teluk dengan pasir pantai berwarna putih dan air laut biru kehijauan.

Keunikan Pantai Nambung terletak pada keberadaan air terjun yang mengalir dari bebatuan besar. Air terjun ini kabarnya tidak mengalir secara terus menerus, melainkan harus menunggu deburan ombak besar. Cukup jarang ada air terjun di pinggir pantai, mungkin bisa dihitung dengan jari. Pantai Nambung ini mengingatkan saya pada pantai di Jogja bernama Pantai Jogan yang juga punya aliran air terjun.

21. Pantai Gili Nanggu

Nama Gili Nanggu beberapa tahun belakangan ini sedang naik daun dikalangan traveler. Pasalnya, keindahan pantai dan alam bawah lautnya begitu eksotis, tak kalah dengan gili di Lombok lainnya yang sudah populer terlebih dahulu. Pasir pantainya berwarna putih berpadu cantik bersama birunya air laut nan jernih.

Soal fasilitas, tak perlu diragukan lagi. Di sana, sudah tersedia berbagai akomodasi modern seperti hotel, resort, perlengkapan diving / snorkeling, listrik, olah raga air, dan restoran. Secara administratif, Gili Nanggu terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

22. Pantai Tunak

Pantai Tunak terletak di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, tepatnya Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Pasir pantainya berwarna putih, tampak indah dengan hamparan lautan biru. Selain pantai, Gunung Tunak juga punya spot wisata alam lainnya seperti penangkaran kupu-kupu, penangkaran rusa, dan bukit-bukit cantik yang menghadap ke laut.

23. Pantai Telawas

Bukan hanya pantai berpasir putih, Lombok juga punya pantai karang yang unik. Satu diantaranya adalah Pantai Telawas. Pantai ini dikelilingi oleh bebatuan karang berpola cantik layaknya diukir oleh para seniman. Bentuk pola batuan karang tersebut terbentuk secara alami akibat abrasi maupun erosi oleh angin.

Bentuk batuan karang yang lancip menjulang tinggi di Pantai Telawas mirip batuan Planet Krypton pada film Superman. Tak ayal, beberapa traveler biasanya menjadikannya sebagai latar berfoto karena sangat instagramable. Tapi, Anda wajib ekstra hati-hati saat berselfie dibatuan karang tersebut karena ombaknya besar dan kadang ada batuan yang goyang.

24. Pantai Semeti

Selain Pantai Telawas, ada juga Pantai Semeti yang memiliki daya tarik berupa batuan karang berbentuk unik ala Planet Krypton di film Superman. Formasi batuan di pantai ini tampak runcing berlapis-lapis layaknya dinding kristal. Ada juga batuan berpola seperti piramid yang keluar dari permukaan air laut. Keren banget deh!

25. Pantai Bilasayak

Lokasi Pantai Bilasayak cukup tersembunyi di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Oleh karena itu, suasananya cenderung sepi, tenang, dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Anda dapat bersantai di atas tebing pinggir pantai sambil menatap birunya lautan luas.

26. Pantai Tanjung Poki

Pantai Tanjung Poki memiliki karakteristik berupa ombak yang cukup besar. Ombak besar tersebut akan menghantam batuan karang, lalu pecah membentuk semacam Devil’s Tears. Kece banget seh bila dijadikan latar berfoto, tapi Anda wajib berhati-hati, ingatlah keselamatan adalah hal utama.

Pantai ini juga menjadi salah satu spot bagus bagi para pemancing. Lokasi Pantai Tanjung Poki terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Harga tiket masuk ke sana sepertinya gratis, mungkin hanya membayar parkir sekitar 5 – 10 ribu rupiah.

27. Pantai Tebing

Pantai Tebing berlokasi di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Pasir pantainya berwarna hitam dan dikelilingi dinding tebing di pinggirnya. Konon kabarnya, dinding tebing tersebut berasal dari endapan awan panas yang mengandung fragmen koral dari tsunami akibat letusan Gunung Tambora pada 1815.

Namun, menurut Heryadi Rachmat, pengamat gunung api dari Museum Geologi Bandung yang dilansir kompas.com, tebing pasir itu merupakan singkapan endapan piroklastik letusan Gunung Samalas, berketebalan 50 meter, berwarna abu-abu cerah, dan membentuk struktur pelapisan dengan komponen, antara lain, batu apung. Singkapan itu terbentuk dari endapan awan panas, aliran piroklastik yang masuk ke laut.

Terlepas dari mana asal tebing-tebing tersebut, yang jelas pantai ini layak untuk dikunjungi. Fasilitasnya memang belum lengkap, tapi keindahan bentangan tebing sekitar 50 meter menjadi latar instagenic buat berfoto selfie.

28. Pantai Tanjung Bongo

Pantai Tanjung Bongo termasuk pantai baru di Lombok yang belum begitu populer dikalangan wisatawan. Lokasinya tersembunyi dibalik Bukit Merese. Jadi, untuk menuju ke sana, Anda harus trekking melalui Bukit Merese. Jalurnya cukup mudah dan bukitnya tak terlalu tinggi.

Setelah sampai di puncak Bukit Merese, Anda tinggal menuruni tebing untuk mencapai bibir Pantai Tanjung Bongo. Tapi, Anda wajib ekstra hati-hati karena tebingnya cukup curam. Pantainya mempunyai pasir putih halus dan bersih, air lautnya pun jernih. Suasananya terbilang sepi sehingga cukup tenang dan nyaman untuk menenangkan diri.

29. Pantai Munah

Pantai di Lombok yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Pantai Munah. Lokasinya terletak di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Pantai ini memili tekstur perpaduan antara pantai berpasir dan berbatu. Ombak / gelombang air lautnya cukup besar sehingga cocok buat surfing (selancar).

30. Pantai Pulau Kenawa

Lombok dikenal sebagai surganya pantai-pantai indah berpasir putih selain Bali. Alam bawah lautnya juga sangat eksotis sehingga membuat para wisatawan tertarik untuk liburan ke sana. Nah, bila Anda kebetulan sedang berkunjung ke Pulau Lombok, tak ada salahnya mampir sejenak ke Pulau Kenawa.

Pemandangan alam yang bisa Anda temukan di sana antara lain hamparan savana, perbukitan, pantai dengan pasir putih, dan keindahan terumbu karang. Pulau yang sedang naik daun dalam dunia pariwisata Indonesia ini berlokasi di desa pesisir, Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

31. Pantai Pulau Moyo

Siapa seh yang tak kenal dengan Pulau Moyo? Pulau kecil nan cantik ini kerap dijadikan tempat liburan oleh para selebritis tanah air maupun dunia. Selain memiliki resort mewah, Pulau Moyo juga menawarkan keindahan alam yang memukau, mulai dari hutan tropis, air terjun, pantai pasir putih, hingga alam bawah laut.

Pulau Moyo memiliki garis pantai yang cukup panjang, bagian barat terhampar pantai pasir putih dan sisi timur terdapat pantai berpasir hitam. Air lautnya tampak begitu jernih kebiruan, sangat cocok buat snorkeling melihat biota laut di sana. Lokasi Pulau Moyo berada di sebelah utara Pulau Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

32. Pantai Lawar

Setelah puas menjelajahi aneka pantai di Lombok, ada baiknya Anda menyebrang ke Pulau Sumbawa. Di sana, ada beberapa pantai indah dan cantik yang belum banyak terjamah oleh wisatawan. Satu diantaranya adalah Pantai Lawar. Pasir pantainya tampak putih bersih dengan tekstur lembut layaknya susu bubuk.

Suasana Pantai Lawar begitu tenang dan sepi sehingga sangat pas buat menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian kota. Air lautnya tampak bening, membuat betah berlama-lama di sana. Landscape pantai ini semakin cantik dengan adanya 2 bukit hijau dikanan dan kirinya. Lokasi Pantai Lawar terletak di Sekongkang, Kabupaten Sumbawa.

33. Pantai Maluk

Berlokasi di Desa Maluk, Jereweh, Sumbawa Barat, Pantai Maluk menawarkan panorama indah pasir putih beserta air laut biru nan menawan. Suasananya tenang karena berupa teluk yang diapit oleh 2 bukit yaitu Bukit Mantun dan Bukit Balas. Di sekitar pantai sudah tersedia beberapa warung makan untuk mengisi perut dikala lapar.

34. Pantai Rantung

Bagi Anda pecinta surfing, nampaknya Pantai Rantung menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pasalnya, gulungan ombak di sana sangat bagus untuk berselancar. Ombaknya berputar-putar seperti Yoyo sehingga kerap dinamakan Pantai Yoyo. Beberapa kali Pantai Rantung menjadi tempat kejuaraan selancar tingkat internasional.

35. Pantai Gili Asahan

Meskipun tak sepopuler Gili Trawangan, namun keindahan Gili Asahan patut diperhitungkan. Gili ini punya pantai pasir putih begitu indah dengan air laut tenang dan jernih. Alam bawah lautnya pun begitu cantik, surga bagi para penyelam. Soal fasilitas, Anda tak usah kuatir karena di sana sudah tersedia tempat menginap berbentuk bungalow, eco lodge, maupun camping ground.

Selain berenang, menyelam, dan bersantai, Anda juga bisa trekking mendaki bukit di sana sambil menanti matahari tenggelam (sunset). Gili Asahan berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya sekitar 60 km dari Kota Mataram. Untuk menuju ke Gili Asahan, Anda bisa langsung pergi ke Pelabuhan Tawun di Sekotong, lalu naik perahu nelayan ke Gili Asahan.

36. Pantai Gili Kapal / Gili Pasir

Pantai Gili Kapal / Gili Pasir ini terbilang unik karena berupa gundukan pasir putih dan hanya muncul saat air laut sedang surut pada pagi atau sore hari. Dinamakan Gili Kapal karena bentuknyaa mirip sebuah perahu / kapal, sedangkan nama Gili Pasir disematkan kepadanya sebab hanya berupa pasir putih tanpa pepohonan maupun bebatuan.

Meskipun kecil, namun pantai pasir putihnya tampak begitu cantik instagramable buat berfoto. Apalagi saat pagi hari ketika cahaya matahari pagi menyinari lautan beserta putiran pasir putih, sungguh menghasilkan pemandangan alam nan mengagumkan.

37. Pantai Gili Kedis

Gili Kedis ini sepintas mirip seperti Gili Pasir, sebagian besar areanya berupa pasir putih. Hanya saja ukuran Gili Kedis lebih besar dan terdapat beberapa pepohonan hijau yang tumbuh di atasnya. Air laut di sekitarnya sangat jernih, begitu pun dengan kehidupan biota laut di sana masih alami terjaga ke asriannya. Puas bermain pasir sambil berfoto, Anda bisa melanjutkan snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut.

Demikianlah sekilas informasi tentang tempat wisata pantai di Lombok yang terkenal indah, mulai dari pantai berpasir putih, pantai karang, hingga pantai dengan gulungan ombak untuk surfing (selancar). Keren dan bagus, bukan? Jangan lupa catat nama-namanya ya gaes, rugi deh jauh-jauh liburan ke Pulau Lombok tanpa mengeksplore pantai-pantainya. Sekian dari saya, semoga bermanfat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here