Home Wisata Asia 17 Kuliner Dan Jajanan Enak Alun Alun Kidul (Alkid) Jogja Yang Terkenal...

17 Kuliner Dan Jajanan Enak Alun Alun Kidul (Alkid) Jogja Yang Terkenal Murah Meriah Wajib Dicoba

214
0

Kuliner Alkid Jogja – Bingung mencari makanan enak di Alun Alun Selatan Jogja? Ini daftar rekomendasi kuliner dan jajanan enak Alun Alun Kidul (Alkid) Jogja yang terkenal murah meriah wajib dicoba. Mulai dari camilan seperti es goreng, bakso tusuk kuah, kue leker, wedang ronde, hingga makanan brongkos, nasi kuning, atau pun lontong opor.

Kawasan Alun-Alun Kidul merupakan salah satu ikon tempat wisata Jogja yang sering dikunjungi wisatawan maupun warga lokal. Di sana, ada cukup banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti Laku Masangin melewati 2 buah pohon beringin kembar dengan mata tertutup, jogging, naik odong-odong, dan tentu saja kulineran.

Nah, buat Anda yang suka banget hunting makanan, Alkid termasuk surganya pedagang kaki lima. Dari pagi hari, siang, hingga malam, Anda akan dimanjakan oleh berbagai pilihan jajanan serta minuman. Alkid berlokasi di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kuliner-Alkid-Jogja
Kuliner Dan Jajanan Enak Alun Alun Kidul (Alkid) Jogja

Daftar Tempat Wisata Kuliner Dan Jajanan Enak Di Alun Alun Kidul (Alkid) Jogja Yang Terkenal Murah Meriah Wajib Dicoba

1. Bakso Tusuk Kuah Selera Anda

Kita awali review kuliner Alkid dengan mengulas Bakso Tusuk Kuah Selera Anda yang paling hits di kawasan Alun Alun Kidul Jogja. Jualannya memang hanya memakai gerobak motor, tapi pembelinya sangat ramai antri, bahkan belum buka saja biasanya sudah ditungguin pembeli.

Menu Bakso Tusuk Kuah Selera Anda terdiri atas bakso jumbo berisi telur ayam, bakso sedang isi telur puyuh, bakso sedang urat / kasar, bakso sedang kikil / kulit, bakso kecil (mercon / polos), dan tahu bakso. Setiap pembeli bebas memilih baksonya secara prasmanan sehingga bisa disebut juga bakso tusuk prasmanan alkid. Range harga sekitar 500 – 5 ribu rupiah.

Agar bertambah nikmat, Anda bisa menambahkan kuah, irisan daun bawang, kecap, dan saus / sambal. Cita rasa baksonya terbilang enak, kuahnya gurih, dan pas banget disantap saat masih hangat sebagai camilan sore. Jam buka mulai dari pukul 17.00 WIB – Habis. Tapi, jika ingin tak antri lama, sebaiknya Anda datang sebelum buka agar tidak kehabisan.

2. Bakso Prasmanan Arjuna

Tak jauh dari Bakso Tusuk Kuah Selera Anda, ada penjual Bakso Prasmanan Arjuna yang tak kalah lengkap varian baksonya. Ada berbagai jenis varian bakso, antara lain bakso telur bebek, bakso telur puyuh, bakso telur ayam, bakso ayam, bakso urat, bakso keju, bakso cumi, bakso kikil sapi, bakso beranak, sosis, dan ikan tuna.

Sesuai namanya, pembeli mengambil bakso secara prasmanan, bebas memilih sesuai selera. Sebagai pelengkap agar lebih sedap, tersedia kuah gurih, bawang goreng, atau pun irisan daun bawang. Range harganya terbilang murah meriah, 1 – 5 ribu rupiah per bijinya. Jam buka sekitar pukul 16.30 WIB – Habis.

3. Bakso Tusuk Aneka Rasa

Masih seputar bakso, lapak Bakso Tusuk Aneka Rasa juga ramai diserbu pembeli di kawasan Alun Alun Selatan Yogyakarta. Ada sekitar 6 jenis bakso yang dijajakan penjualnya memakai mobil bak terbuka, mulai dari bakso telur, bakso telur puyuh, bakso wortel, bakso bayam, bakso original, dan bakso mercon.

Untuk menambah cita rasa enak, tersedia kuah bakso gurih, saos, sambal, serta daun bawang sebagai pelengkap. Jajanan bakso ini disajikan secara prasmanan sehingga pembeli bebas memilihnya sesuai selera. Jam buka sekitar pukul 16.00 WIB – Habis dengan range harga 500 – 5 ribu rupiah.

4. Es Goreng Pak Gatot

Siapa seh yang tak kenal dengan Pak Gatot? Racikan es gorengnya begitu terkenal dikalangan warga Yogyakarta. Mendengar namanya, mungkin Anda akan bertanya-tanya, “Es kok digoreng? Apa tidak mencair?” Nah, es goreng di sini bukanlah es yang digoreng dalam wajan ya gaes, melainkan es potong yang dicelupkan ke dalam cokelat cair.

Istilah es goreng muncul sebagai sebuah pelesetan dari es garing karena cokelat yang menempel pada es langsung membeku. Cita rasannya sungguh lezat, dinginnya es potong berpadu manis dengan cokelat yang membeku disekelilingnya. Tak heran, jika es goreng Pak Gatot begitu melekat sebagai ikon kuliner Alkid Jogja.

Keunikan lain dari Pak Gatot adalah berjualan memakai speaker (pengeras suara) untuk menjajakan dagangannya. Kata-kata unik penuh nasehat kerap sekali keluar dari mulutnya sambil mengajak pembeli untuk mencicipi es gorengnya. Harga es goreng Pak Gatot sekitar 5 ribu rupiah per potong. Jam buka mulai pukul 17.00 WIB – Habis.

5. Aneka Tempura

Kuliner Alkid Jogja berikutnya adalah aneka tempura. Di salah satu sisi Alun-Alun Selatan ada beberapa penjual tempura dengan beragam varian bentuk dan warna, dari mulai pipih, lonjong, bulat, bintang, dan lainnya. Anda bisa memilih sendiri sesuai selera lalu akan digorengkan oleh penjualnya.

Menyantap tempura hangat dengan dicocol sambal saos sungguh sangat enak sekali. Apalagi harganya murah, sekitar 1000 per buahnya. Jam buka sekitar pukul 16.00 – 23.30 WIB.

Baca Juga :

6. Wedang Ronde

Selain Malioboro, kawasan Alun-Alun Kidul merupakan salah satu spot kuliner malam di Jogja yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik warga lokal maupun pendatang. Mulai dari sore hari hingga tengah malam, ada banyak sekali pedagang kaki lima berjualan sepanjang pinggir jalan yang mengelilingi alun-alun. Satu diantaranya tentu saja penjual wedang ronde.

Minuman khas Jogja ini begitu mudah ditemukan di Alkid saat malam tiba. Seporsi wedang ronde bisanya berisi ronde (candil), kacang tanah, kolang-kaling, potongan roti tawar, dan kuah jahe panas. Menyantap semangkok wedang ronde menjadi pilihan tepat untuk menghangatkan badan sambil menikmati malam di Alkid. Harga seporsinya sekitar 8 ribu rupiah.

7. Angkringan

Bukan hanya dikenal sebagai Kota Gudeg, Yogyakarta juga sering disebut sebagai Kota Angkringan. Pasalnya, saat malam tiba akan bermunculan pedagang angkringan di setiap sudut Kota Yogyakarta, termasuk di Alun-Alun Kidul. Nah, buat Anda yang kebetulan lelah, haus, dan lapar sehabis naik odong-odong, maka bisa mampir sejenak ke angkringan.

Seperti angkringan Jogja pada umumnya, menu yang disajikan tentu tak lepas dari nasi kucing, gorengan, sate-satean, camilan, dan aneka minuman hangat atau pun dingin seperti jahe, susu, teh, jeruk, atau pun kopi. Harganya yang murah membuat angkringan sering menjadi incaran anak-anak kost, mahasiswa, atau pun pelajar.

8. Cilor

Cilor atau cilok tusuk telur gulung menjadi salah satu primadona kuliner Alkid Jogja yang cukup banyak pembelinya. Seporsi cilornya berisi sekitar 5 tusuk cilok lalu digoreng dan diberi toping gulungan telur goreng. Setelah matang, cilornya dicampur dengan saus dan kecap.

Cita rasanya terbilang enak dan gurih, berpadu pas dengan saos kecap. Tekstur ciloknya cukup kenyal. Satu porsi cilor Jogja ini dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Porsinya lumayan banyak sehingga bikin kenyang perut.

9. Makcilor

Selain cilor, ada juga jajanan kekinian Makcilor yang cukup ngehits dikalangan anak-anak SD, pelajar remaja, atau pun mahasiswa. Makcilor merupakan singkatan dari makaroni, cilok, dan telur. Camilan ini dibuat dengan cara menggoreng makaroni, aci, dan telur dalam satu cetakan. Setelah matang, campuran tersebut diberi bumbu micin secara merata.

10. Kue Leker

Ngomongin aneka wisata kuliner Jogja kaki lima, rasanya tak akan lepas dari kue leker. Jajanan tradisional ini cukup banyak ditemui di setiap sudut Kota Yogyakarta, termasuk Alun-Alun Selatan. Leker yang cukup enak di Alkid yaitu Lekkericious.

Ada berbagai macam varian rasa atau toping yang ditawarkan dari mulai gula, cokelat, keju, susu, pisang, dan kombinasi dari toping-toping tersebut. Ukurannya ada 2 macam, berupa leker mini dan jumbo. Cita rasanya crispy, manis, dan gurih. Range harga sekitar 1 – 12 ribu rupiah.

Baca Juga :

11. Sempol

Sempol menjadi kuliner Alkid berikutnya yang enak dan wajib dicoba. Cita rasanya gurih dan asin, pas banget disantap memakai saos saat masih hangat. Range harga sekitar 1 ribu rupiah per tusuk. Jam buka sekitar pukul 13.30 WIB – Habis.

12. Terang Bulan Jadul

Buat Anda yang ingin bernostalgia dengan jajanan tempo dulu, bisa mampir ke Alun-Alun Kidul untuk mencicipi martabak / terang bulan jadul. Dari siang jam 10-an hingga sore biasanya ada beberapa penjual terang bulan jadul yang mangkal di sana memakai sepeda.

Satu porsi terang bulannya dibanderol dengan harga sekitar 6 ribu rupiah. Untuk topingnya, berupa gula bubuk warna putih, mentega, cokelat meses, dan susu. Rasanya cenderung manis, pas buat camilan sambil menikmati kawasan Alkid Jogja.

13. Tahu Gejrot

Siapa seh yang tak kenal Tahu Gejrot? Ikon kuliner Cirebon ini sudah begitu familiar dengan masyarakat pulau Jawa. Hampir di setiap kota-kota besar bisa ditemukan penjual tahu gejrot, tak kecuali Kota Yogyakarta. Nah, buat warga Jogja yang ingin menikmati sajian tahu pedas dengan kuah asam manis ini bisa langsung meluncur ke Alun-Alun Selatan.

Di sana, ada beberapa panjual tahu gejrot yang mangkal setiap siang hingga sore hari. Tahu gejrotnya memang tak seenak aslinya, tapi setidaknya bisa mengobati rasa kangen akan makanan khas Nusantara ini. Untuk tingkat kepedasan, Anda bisa bilang kepada penjualnya saat memesannya. Harga seporsinya sekitar 6 ribu rupiah.

14. Cilok Gajahan

Cilok atau aci dicolok merupakan salah satu makanan khas Bandung yang cukup populer dikalangan masyarakat. Hampir di setiap kota-kota di penjuru Indonesia, cukup banyak ditemukan penjual cilok, termasuk Yogyakarta. Nah, bila Anda mencari cilok paling enak di Jogja, maka cilok gajahan bisa menjadi pilihan.

Berbeda dengan cilok Bandung pada umumnya, Cilok Gajahan mempunyai ukuran kecil-kecil. Meskipun kecil, tapi cita rasanya sungguh lezat cukup kenyal. Kabarnya, campuran cilok ini memakai daging sapi asli sehingga begitu nikmat saat disantap bersama saos, sambal, dan kecap.

Dulu, Cilok Gajahan berjualan memakai gerobak di kawasan Alkid. Tapi, setelah hits banget sekarang sudah punya warung sendiri di Jl. Kadipaten Kulon Kios Nomor 97, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 13.00 – 18.00 WIB. Harga seporsi sebesar Rp.5.000,-. Tersedia cilok rebus dan cilok goreng.

15. Lontong Opor Bu Rini

Tak hanya dikenal sebagai tempat ngabuburit anak muda, Alkid juga menjadi incaran bagi warga setempat atau pun wisatawan untuk berburu kuliner pagi Jogja. Pasalnya, saat pagi hari ada beberapa penjual makanan yang enak buat sarapan. Satu diantaranya adalah Lontong Opor Bu Rini.

Warungnya memang berupa tenda kaki lima, tapi racikan lontong opornya begitu lezat menggoyang lidah. Seporsi lontong opor Bu Rini berisi irisan lontong / ketupat, suwiran daging ayam, sambel goreng kentang, kerupuk, keripik singkong, taburan bawang goreng, dan kuah gurih. Harga sekitar 11 ribu rupiah per porsi, jam buka mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB.

16. Nasi Kuning Bu Yuli Alkid

Selain Lontong Opor Bu Rini, ada nasi kuning racikan warung Bu Yuli yang enak buat sarapan pagi di kawasan Alkid. Tersedia juga menu bubur ayam dan lontong sayur. Anda tinggal pilih mau makan yang mana sesuai selera. Range harga sekitar 12 ribu rupiah dan jam buka mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB.

17. Brongkos Handayani

Selain gudeg dan bakpia, ada cukup banyak makanan khas Yogyakarta yang enak untuk dicicipi. Salah satu diantaranya yaitu brongkos. Apa seh brongkos itu? Brongkos merupakan sejenis sayur berkuah santan berwarna cokelat gelap dengan isian mulai dari kacang tolo, tahu, telur, hingga daging sapi. Sekilas mirip rawon, tapi brongkos cenderung lebih kental dan gurih karena memakai santan.

Tak begitu sulit mencari brongkos enak di Jogja untuk sarapan atau pun makan siang. Anda bisa mampir ke Warung Brongkos Handayani yang tak jauh dari Alun-Alun Kidul, tepatnya di Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Ada 2 jenis brongkos di Warung Handayani, yaitu brongkos telur dan brongkos koyor. Keduanya memiliki cita rasa lezat menggugah selera. Tersedia juga nasi rames, pecel, dan es campur (kelapa dan tape) yang begitu enak. Ikon kuliner Alkid Jogja ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1975. Legendaris banget, kan? Range harga 13 – 34 ribu rupiah. Sepertinya sudah cukup banyak pejabat dan artis yang mampir ke sana.

Demikianlah sejumlah tempat wisata kuliner di Alun Alun Kidul Jogja dan sekitarnya yang bisa dijadikan referensi selama liburan. Buat sobat traveler yang punya info kuliner lainnya, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dulu, terima kasih atas kunjungan Anda ke blog saya ini dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here