10 Lupis Paling Enak Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dicoba, Bikin Nagih!!!

0 666

Lupis Jogja – Bingung mencari tempat makan lupis enak di Yogyakarta? Ini daftar rekomendasi lupis paling enak dan hits di Jogja yang wajib dicoba, mulai dari lupis legendaris Mbah Satinem hingga kedai lupis kekinian dengan aneka topping. Siapa seh yang tak suka lupis? Jajanan tradisional dari ketan ini sungguh nikmat buat camilan. Cita rasanya yang gurih dan manis membuat siapupun bikin ketagihan.

Lupis / Lopis merupakan salah satu makanan khas Jogja yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan tersebut dibungkus memakai daun pisang seperti lontong, lalu direbus. Setelah matang, lupis kemudian diiris tipis-tipis mirip lontong opor. Ada juga lupis berbentuk segitiga, tergantung selera orang yang membuatnya. Lupis disajikan dengan parutan kelapa dan diatasnya diberi topping gula jawa cair.

Di Kota Yogyakarta, jajanan pasar berupa lupis sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah. Anda tinggal pergi ke pasar-pasar tradisional, biasanya di sana ada penjual lupis. Nah, untuk membantu Anda dalam mencari lupis yang lezat, berikut saya sajikan ulasan beberapa tempat penjual lupis terenak di Jogja yang rekommended.

Lupis-Jogja
Gambar ilustrasi Lupis Paling Enak Dan Hits Di Jogja (Foto : instagram @warungocik_yk)

Daftar Tempat Makan Lupis Paling Enak Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dicoba

1. Lupis Mbah Satinem

Ngomongin lupis Jogja terenak, tentu tak akan bisa lepas dari Lupis Mbah Satinem. Pasalnya, cita rasa lupisnya sungguh lezat. Tak heran, hampir setiap pagi banyak orang antri untuk mencicipi ikon kuliner Jogja yang satu ini. Seporsi lupis di sini, berisi potongan lupis, parutan kelapa, dan gula jawa cair sebagai topingnya.

Lupisnya terasa lembut dan manisnya pas saat dimakan. Selain lupis, Anda juga bisa mencoba jajanan tradisional Jogja lainnya seperti ketan, tiwul, gatot, dan cenil. Kabarnya, Mbah Satinem sudah menjajakan lupis hampir 50 tahun. Bahkan, katanya dulu sempat menjadi jajanan pasar kesukaan mantan Presiden Soeharto.

Untuk mencicipi lupis legendaris Mbah Satinem, Anda harus datang pagi-pagi agar tak kehabisan. Saking ramainya, ada nomor antriannya lho. Hal ini karena lapak Mbah Satinem hanya buka sekitar 2 jam, mulai dari pukul 06.00 – 08.00 WIB. Satu porsi lupis Mbah Satinem dibanderol dengan harga Rp.5.000,-.

Alamat Lupis Mbah Satinem terletak di Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis sehingga mudah ditemukan. Dari Tugu Jogja, Anda tinggal ke arah barat, lapak Mbah Satinem ada di seberang Pesonna Hotel.

2. Lupis Bu Suharti Pasar Lempuyangan

Selain Lupis Mbah Satinem, Lupis Bu Suharti juga cukup terkenal dengan cita rasa enak. Lokasinya ada di dalam Pasar Lempuyangan. Dari pintu masuk sebelah utara, Anda tinggal jalan lurus lalu belok kanan ke arah barat. Tak hanya lupis, Bu Suharti juga menjajakan camilan khas Jogja lainnya seperti cenil, gethuk, ketan item, gender, ketan putih, dan tiwul / thiwul.

Harga lupis Bu Suharti sangatlah murah meriah, Anda bisa membeli berapa pun sekitar 2 – 5 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 07.00 WIB – Habis. Sayangnya, Bu Suharti jualannya tidak buka setiap hari. Biasanya, beliau jualan setiap hari minggu pagi.

Baca Juga :

3. Lupis Mbah Hadi

Jika penjual lupis pada umumnya buka pagi hari, maka lain halnya dengan Mbah Hadi. Beliau membuka lapak jualannya setiap sore sekitar pukul 17.00 WIB – Habis. Lokasinya terletak di samping Toko Ijo / Warung Ijo, seberang Gereja Katolik Santo Albertus Agung. Tepatnya di Jl. P. Mangkubumi (Ex. Jl. AM Sangaji) Kota Yogyakarta. Dari Tugu Jogja, ke arah utara sekitar 100 – 200 meter.

Mbah Hadi berjualan aneka jajan pasar berupa lupis ketan, cenil, gatot, dan tiwul. Meskipun hanya berjualan di pinggir jalan, tapi cita rasa lupisnya sungguh enak. Kabarnya, Mbah Hadi sudah jualan dari tahun 1975 lho, cukup legendaris bukan? Harga jajanannya pun murah, sekitar 5 ribu rupiah.

4. Lupis Blok O Janti (Sebelah Alfamart, Samping RS Hardjolukito)

Buat Anda yang berada di kawasan Janti atau Blok O, bisa mampir ke Alfamart samping RS Hardjolukito, Blok O. Di samping Alfamart tersebut, ada penjual lupis enak setiap pagi sekitar pukul 06.00 WIB – Habis. Kombinasi lupis, parutan kelapa, dan gula jawa cairnya sungguh mantul banget, bikin nagih!

Lupisnya pulen, gurih, dan gulanya legit. Tak hanya lupis, di sana juga tersedia cenil, sawut, ketan item, klepon, ketan putih, dan lainnya. Harga satu porsi jajanannya terbilang murmer, hanya 5 ribu rupiah. Ingin mencobanya? Jangan lupa datang pagi ya gaes, agar tak kehabisan lupis.

5. Lupis Babarsari

Seperti halnya gudeg, lupis juga cukup menjamur di setiap sudut Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Selain di daerah Janti / Blok O, Anda juga bisa menemukan penjual Lupis Jogja bercita rasa lezat di kawasan Babarsari. Tepatnya di depan SD Negeri Babarsari, Jl. Babarsari, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Lupis Babarsari terbilang unik karena kabarnya si penjual memotong lupisnya memakai benang seperti Mbah Satinem. Selain lupis, ada juga ketan dan cenil. Kombinasi ketiga jajanan pasar tersebut sungguh menggugah selera. Harga seporsinya hanya 5 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 06.30 WIB – habis.

Baca Juga :

6. Lupis Mbah Nur Pasar Condongcatur

Lupis Jogja terenak selanjutnya adalah Lupis Mbah Nur. Lokasinya terletak di dalam Pasar Condongcatur, Jl. Ring Road Utara, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.00 WIB – Habis.

Seporsi lupis racikan Mbah Nur dibanderol 3 – 5 ribu rupiah. Tersedia juga ketan hitam dan ketan putih. Kombinasi ketiganya nampaknya sungguh nikmat buat sarapan pagi hari.

7. Lupis Depan Gardena

Buat Anda yang kebetulan lagi ingin makan lupis ketika sore hari, bisa mampir ke Gardena Jl. Urip Sumoharjo No.40, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Persis di depan samping Gardena (depan ATM BRI), ada penjual jajanan pasar memakai gerobak. Di sana tersedia lupis, kue putu, cenil, klepon, dan onde-onde. Jam buka biasanya mulai pukul 16.00 – 21.00 WIB. Harga satu porsinya sekitar 5 ribu rupiah.

8. Lupis Mbah Hardi

Tak hanya Jogja bagian utara yang punya lupis enak, kawasan Jogja bagian selatan juga punya penjual lupis bercita rasa lezat. Satu diantaranya adalah Lupis Mbah Hardi di sebelah selatan Pasar Prawirotaman. Selain lupis, Mbah Hardi juga jualan ketan, gatot, dan cenil dengan harga sekitar 3 – 5 ribu rupiah per porsi. Jam buka mulai pukul 06.00 WIB – habis.

9. Kedai Lupis

Bosan dengan rasa lupis original yang itu-itu saja? Coba deh, mampir ke Kedai Lupis. Di sana, ada lupis kekinian dengan berbagai varian topping mulai dari meises / coklat, keju, kacang, green tea, milo, strawberry, hingga es krim. Unik, bukan? Cita rasa lupisnya juga enak, pas banget matangnya.

Lokasi / alamat Kedai Lupis terletak di Jl. Persatuan Condongcatur No.84, Mladangan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Range harga sekitar 6 – 15 ribu rupiah.

10. Warung Ocik

Warung Ocik sebenarnya merupakan tempat makan di Jogja dengan menu masakan khas Medan seperti soto, mie keling, nasi lemak rendang, dan lontong sayur. Namun, warung ini juga menyediakan camilan lupis dengan rasa enak. Berbeda dengan lupis Jogja pada umumnya, lupis di sini berbentuk segitiga dengan taburan kelapa parut dan gula merah / gula jawa cair.

Tekstur lupis yang kenyal dan lembut berpadu dengan parutan kelapa serta gula jawa legit memunculkan rasa lezat bikin nagih. Penasaran? Langsung saja datang ke Warung Ocik di Perum Tirta Kirana Jl. Nologaten No.1A, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta (Sebrang Toko Tiga Putra ex Indomaret Nologaten). Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Range harga sekitar 10 – 20 ribu rupiah.

Bagaimana sobat traveler? Enak dan menggugah selera, bukan? Tunggu apalagi, yuk langsung agendakan untuk mencicipi aneka lupis tersebut. Buat Anda yang punya informasi terbaru tentang lupis enak di Jogja lainnya, bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, terima kasih atas kunjungannya ke blog ini dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.