Home Wisata Asia 10 Kuliner Dan Jajanan Enak Pasar Lempuyangan Jogja Yang Terkenal Murah Meriah...

10 Kuliner Dan Jajanan Enak Pasar Lempuyangan Jogja Yang Terkenal Murah Meriah Wajib Dicoba

167
0

Kuliner Pasar Lempuyangan – Bingung mencari makanan enak di Pasar Lempuyangan? Ini daftar rekomendasi kuliner dan jajanan enak Pasar Lempuyangan Jogja yang terkenal murah meriah wajib dicoba. Mulai dari bubur jenang, soto ayam lenthok, tongseng, aneka jajanan pasar tradisional, es jaipong, hingga lupis. Bikin ngiler semua deh!

Pasar Lempuyangan merupakan salah satu spot kuliner Jogja yang cukup strategis letaknya karena berada di pusat kota dan dekat stasiun kereta api Lempuyangan. Di pasar tradisional ini, dari pagi hari hingga malam tersedia berbagai makanan lezat yang menggoyang lidah. Penasaran kira-kira ada hidangan apa saja di sana? Berikut ulasan lengkapnya tentang destinasi wisata kuliner Pasar Lempuyangan dan sekitarnya.

Daftar Kuliner Dan Jajanan Enak Pasar Lempuyangan Jogja Yang Terkenal Murah Meriah Wajib Dicoba

1. Jenang Bu Gesti

Kuliner Pasar Lempuyangan yang wajib dicoba pertama kali tentu saja Jenang Bu Gesti. Lokasinya berada di dalam pasar, Anda bisa masuk lewat pintu paling selatan, lurus terus ke barat lalu belok kiri (selatan) pada lorong ke 2 atau 3. Di sana sudah menanti sajian jenang hangat nan legit buatan Bu Gesti.

Ada sekitar 4 jenis jenang racikan Bu Gesti, yaitu Jenang Sumsum Cokelat Manis, Jenang Sumsum Putih Gurih, Jenang Candil, Dan Jenang Mutiara. Jika ingin merasakan semuanya, Anda bisa memasan jenang campur dengan isian ke empat jenang tersebut lalu ditambah santan gurih.

Cita rasa jenangnya benar-benar otentik dan enak, perpaduan manis dan gurih sangat pas disantap saat masih hangat di pagi hari. Walaupun hanya jajanan pasar tradisional, namun kelezatan jenang Bu Gesti berhasil menarik minat para warga Yogyakarta. Bahkan, kabarnya beberapa tokoh nasional seperti Sri Sultan Hamengkubuwono X, Presiden Soeharto, Presiden Megawati, dan Pakar Kuliner Almarhum Pak Bondan Winarno pernah mencicipinya.

Harga seporsi jenangnya cukup murah meriah, sekitar 5 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 07.30 WIB – Habis. Mengingat banyaknya pembeli, sebaiknya Anda datang lebih awal jika akan menyantap jenang paling enak di Jogja tersebut. Pasalnya, kesiangan sedikit saja mungkin bakalan kehabisan. Alamat Pasar Lempuyangan terletak di Jl. Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Lupis Bu Suharti

Masih di dalam Pasar Lempuyangan, di bagian utara ada jajanan yang tak kalah hits, namanya Lupis Bu Suharti. Lupis merupakan salah satu makanan khas Jogja yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan tersebut kemudian dibungkus memakai daun pisang seperti lontong lalu direbus hingga matang. Setelah matang, lupis dipotong-potong, ditaburi parutan kelapa, dan diberi siraman gula jawa cair.

Racikan Lupis Bu Suharti sungguh lezat, tekturnya empuk kenyal berpadu pas dengan parutan kelapa dan gula jawa cair. Pantas rasanya di masukkan ke dalam daftar lupis Jogja paling enak selain Lupis Mbah Satinem. Tak hanya lupis, Bu Suharti juga menjual aneka jajanan tradisional khas Yogyakarta lainnya seperti getuk, cenil, tiwul, ketan putih, ketan hitam, dan gender. Harganya murmer banget, sekitar 2 – 5 ribu rupiah.

3. Aneka Jajan Pasar

Masih kurang banyak jajanannya? Tak usah kuatir, tepat di sebelah timur Lupis Bu Suharti, ada lapak penjual aneka jajanan pasar. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai jajanan enak, mulai dari bakpia, donut, lumpia, tahu bakso, risoles, nasi bungkus, cap cay, wingko, wajik, ongol-ongol, kipo, klepon, bika ambon, bakpao, bolu, dan lainnya.

4. Soto Ayam Lenthok Pak Yono

Bergeser ke pojok sisi utara paling timur teras Pasar Lempuyangan, di sana ada Soto Ayam Lenthok Pak Yono yang siap memanjakan lidah Anda. Seporsi sotonya berisi nasi, suwiran ayam, bihun putih, kecambah / tauge, seledri, tahu, lenthok (perkedel ketela khas Yogyakarta), dan kuah gurih menyegarkan. Pas banget buat menu sarapan pagi di Jogja sebelum beraktivitas. Apalagi, harganya cukup murah terjangkau, sekitar 10 – 12 ribu rupiah.

5. Soto Ayam Pak Gareng

Selain soto Pak Yono, Anda juga bisa mencoba Soto Ayam Pak Gareng yang tak kalah lezat. Lokasinya berada di seberang Pasar Lempuyangan, tepatnya sebelah timur pasar agak ke utara sedikit. Mirip seperti soto Pak Yono, seporsi soto di warung ini berisi nasi, bihun, kecambah, lenthok (perkedel ketela khas Jogja), suwiran daging ayam, irisan daun seledri, taburan bawang goreng, dan kuah gurih nan segar.

Untuk lauk tambahan sebagai pelengkap, tersedia sate ati ampela telur dan gorengan. Bila ingin menambah rasa, ada juga irisan jeruk nipis, kecap, serta sambal. Sejauh ini, racikan soto ayam Pak Gareng termasuk salah satu soto terenak di Jogja khusus untuk kategori soto lenthok. Harga masih terjangkau murah nyaman di kantong mahasiswa / pelajar, sekitar 12 – 15 ribu rupiah per porsi.

Baca Juga :

6. Tongseng Pak Tumijo / Tumiyo

Kuliner-Pasar-Lempuyangan
Kuliner Pasar Lempuyangan : Tongseng Kambing Pak Tumijo / Pak Tumiyo

Bagi Anda yang ingin sarapan berat dengan menu olahan daging kambing, ada Tongseng Pak Tumijo / Tumiyo yang siapa mengisi perut Anda. Lokasinya persis di depan Pintu Selatan Pasar Lempuyangan, memakai gerobak biru. Meskipun hanya berjualan memakai gerobak, tapi cita rasa tongseng kambingnya sungguh lezat. Tekstur dagingnya memang gak empuk-empuk banget, namun pas banget disantap bersama sepiring nasi putih.

Kuah tongsengnya bercita rasa manis dan gurih. Untuk tingkat kepedasan, Anda bisa memilih saat memesannya, mau pedas sedang atau pedas banget. Jika ingin dagingnya empuk, Anda bisa bilang kepada Pak Tumijo agar memasaknya agak sedikit lama. Selain tongseng, tersedia juga sate bakar, gulai, dan nasi goreng kambing. Harga seporsinya sekitar 25 ribu rupiah. Jam buka pukul 06.30 WIB – Habis.

7. Es Jaipong Lempuyangan

Bukan hanya makanan, di sekitar Pasar Lempuyangan juga tersedia minuman segar. Satu diantaranya adalah Es Jaipong Lempuyangan. Lokasinya tak terlalu jauh dari pasar, Anda tinggal arahkan kendaraan ke arah selatan dari Pasar Lempuyangan hingga Restoran Numani 1. Persis di depan restoran tersebut, ada penjual es jaipong gerobak kaki lima dengan cita rasa enak.

Seporsi es jaipongnya berisi agar-agar hijau, jenang mutiara, cincau hitam, tape, santan, gula cair, dan es batu. Rasa manis, gurih, dan dingin berpadu menjadi satu dalam semangkok es jaipong. Kuliner Pasar Lempuyangan ini sangat cocok disantap pada saat cuaca siang nan panas. Harga satu mangkok es jaipong sebesar 5 ribu rupiah.

8. RM Murni 83

Selain es jaipong, Anda juga bisa mampir ke RM Murni 83 untuk menikmati aneka olahan es lainnya, seperti es buah, es campur, es burjo, es roti, es roti klamud, es klamud susu (Klamud = Kelapa Muda), es teler, es dawet, es lontrong, es sup buah, dan lainnya. Cita rasanya sungguh segar, harganya pun murah terjangkau sekitar 6 – 13 ribu rupiah.

Selain aneka es, warung makan legendaris ini juga menyediakan makanan berat atau pun camilan lezat, mulai dari bistik / bestik, chicstik, tahu telor, pempek, bakso, nasi opor ayam, lontong opor ayam, nasi pecel, bakmoy, bubur ayam, mie goreng, hingga garang asam. Range harga dibanderol 6 – 20 ribu rupiah.

Lokasi RM Murni 83 terletak di Jl. Tukangan No.45, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB. Oya, untuk menambah referensi kuliner, Anda bisa juga membaca rekomendasi es buah terenak di Jogja lainnya yang segar bikin nagih.

9. Sate Kambing Pak Parno

Bingung mencari tempat makan enak di Jogja yang menyediakan olahan daging kambing? Datang saja ke warung tenda kaki lima Sate Kambing Pak Parno – Awan Setiawan. Lokasinya berada di halaman Pasar Lempuyangan bagian selatan. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Warung Pak Parno menyediakan berbagai makanan dari daging kambing, seperti sate bakar, sate goreng, sate ati, sate klatak, tongseng, gulai, rica-rica, tengkleng, dan nasi goreng kambing. Cita rasanya sungguh lezat, tak heran jika hampir setiap hari spot kuliner Pasar Lempuyangan ini selalu ramai pembeli. Harganya memang agak mahal, sekitar 37 – 40 ribu rupiah, tapi sebanding dengan cita rasanya.

10. Spesial Sambal Mentah Bu Saring

Masih di halaman Pasar Lempuyangan, persis di sebelah utara Sate Kambing Pak Parno, ada warung tenda penyetan “Spesial Sambal Mentah Bu Saring”. Beragam menu penyetan mulai dari bebek goreng, ayam goreng, lele goreng / bakar, tempe, tahu, terong, pete, bandeng, puyuh, dan telur. Tak lupa sambalnya wajib banget dicicipi karena enaknya mantul.

Untuk warung yang di halaman Pasar Lempuyangan ini buka mulai pukul 18.00 WIB – Habis. Bila ingin lebih nyaman, Anda bisa mampir ke tempat makan Spesial Sambal Mentah Bu Saring yang terletak di Jl. Hayam Wuruk No.39 B, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 06.30 – 21.00 WIB, kecuali Rabu buka jam 10.00 – 21.00 WIB. Range harga 10 – 25 ribu rupiah.

Bagaimana sobat traveler? Cukup menggugah selera makan, bukan? Meskipun hanya berupa pasar tradisional, namun sajian wisata kuliner Pasar Lempuyangan punya cita rasa lezat. Pas banget buat sarapan pagi, makan siang, atau pun bersantap malam hari. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here