Home Wisata Asia Daftar Harga, Menu Makanan, Dan Alamat Sate Klathak Pak Pong Jogja

Daftar Harga, Menu Makanan, Dan Alamat Sate Klathak Pak Pong Jogja

70
0

Sate Klathak Pak Pong – Sobat traveler, berikut ini saya sajikan daftar harga, menu makanan, fasilitas, dan alamat / lokasi warung Sate Klathak Pak Pong yang terkenal enak dan legendaris. Cita rasanya sungguh lezat, tekstur dagingnya empuk banget, pas disantap saat masih hangat bersama nasi putih. Semakin nikmat dengan tambahan kuah gulai nan gurih.

Ngomongin aneka kuliner Yogyakarta yang enak, tentu tak bisa lepas dari sate klatak. Bagi warga Jogja, khususnya Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, mungkin sudah familiar dengan sate klatak. Tapi, bagi para pendatang, tampaknya akan terdengar asing.

Sate klatak merupakan olahan sate kambing yang diberi bumbu garam dan lada. Tusuk satenya bukan berasal dari bambu / kayu, melainkan memakai jeruji / ruji-ruji sepeda dari besi. Mengingat besi sebagai penghantar panas, maka penggunaan jeruji besi tersebut memberi efek kepada tingkat kematangan daging sate secara merata hingga bagian dalam.

Sate-Klathak-Pak-Pong
Sate Klathak Pak Pong Jogja

Daftar Daftar Harga, Menu Makanan, Fasilitas, Dan Alamat / Lokasi Sate Klathak Pak Pong Jogja

Bila Anda berkunjung ke daerah Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, maka Anda akan menemukan banyak sekali penjual sate klatak. Salah satu warung sate klatak Jogja yang paling enak adalah Sate Klathak Pak Pong. Hampir setiap hari, warung ini selalu ramai pembeli, bahkan kemungkinan Anda harus rela antri untuk mendapatkan kursi dan meja makan jika berkunjung ketika akhir pekan atau hari libur.

Sejarah Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Awal mula berdirinya warung Sate Klathak Pak Pong diawali oleh kakeknya yang berjualan mulai tahun 1960-an. Pada tahun 1997, Pak Pong meneruskan usaha warung sate kakeknya dan pada tahun 2007, Pak Pong berhasil mendirikan warung sate seperti saat ini.

Dulu, sate klatak sebenarnya hanya menu tambahan karena menu utamanya berupa tongseng dan gulai. Namun, lama kelamaan, banyak orang yang memesan sate klatak hingga akhirnya menjadi menu utama. Resep sate klatak racikan Pak Pong diturunkan secara turun temurun dari sang kakek, termasuk pemakaian jeruji besi sepeda.

Ciri Khas Dan Keunikan Sate Klathak Pak Pong Jogja

Ciri khas Sate Klathak Pak Pong tentu saja terletak pada jeruji / ruji sepeda yang digunakan untuk tusukan sate. Penggunaan jeruji besi ini dimaksudkan agar panasnya bisa terhantar dengan baik hingga pada bagian dalam daging sehingga daging satenya bisa matang secara merata.

Selain itu, keunikan sate klatak olahan Pak Pong terletak pada pilihan daging kambing yang digunakan, yaitu kambing muda. Hal ini membuat tekstur daging satenya terasa empuk dan tidak alot. Tidak seperti sate kambing pada umumnya, sebelum dibakar sate klatak ini diberi siraman bumbu dari bahan-bahan rempah seperti kemiri, bawang putih, dan garam.

Daftar Harga Dan Menu Makanan Sate Klathak Pak Pong Jogja

Tak hanya menjual sate klatak, warung sate Pak Pong juga menjual menu olahan daging kambing lainnya yang tak kalah enak. Berikut menu makanan dan minuman beserta daftar harganya.

Sate Klathak

Satu porsi sate klathak berisi 2 tusuk sate dan kuah gulai dibanderol dengan harga Rp.24.000,-. Cita rasa daging satenya berupa asin dan gurih. Buat Anda penyuka kecap, tersedia kecap dan sambal pedasnya. Tekstur dagingnya sendiri begitu empuk, tidak alot, dan tidak berbau prengus. Sate klatak ini akan lebih nikmat jika dinikmati ketika masih hangat.

Tengkleng

Tengkleng merupakan salah satu makanan khas Jogja yang berbahan tulang kambing (NB : masih ada daging dan koyor menempel pada tulang). Tulang-tulang tersebut dimasak memakai bumbu seperti tongseng atau gulai. Cita rasa tengkleng Pak Pong cenderung manis dan gurih. Buat Anda penyuka pedas, tampaknya tak cocok bila akan menyantap tengkleng karena manis.

Tongseng

Tongseng termasuk salah satu olahan daging kambing yang cukup populer di Yogyakarta. Masakan ini berbahan baku potongan daging kambing berbentuk dadu lalu ditumis dengan bawang putih, bawang merah, merica, tomat, kecap, kuah gulai, dan bumbu lain. Jika ingin pedas, biasanya akan ditambahkan potongan cabai ke dalamnya.

Ada cukup banyak tongseng enak di Jogja yang bisa Anda coba. Satu diantaranya tentu saja tongseng kambing di warung sate milik Pak Pong. Cita rasa tongsengnya cenderung manis dan gurih. Tekstur dagingnya empuk, tidak alot, dan jauh dari bau amis / prengus.

Gulai / Gule

Untuk menu gulai di warung sate Pak Pong, saya pribadi belum sempat mencobanya sehingga cita rasanya belum tahu secara pasti. Secara umum, gulai / gule berisi daging dan aneka jeroan seperti babat, usus, paru, dan lainnya. Kuahnya cenderung lebih pekat karena biasanya memakai santan sehingga terasa lebih gurih.

Nasi Goreng Kambing

Tak berbeda jauh dengan nasgor kambing pada umumnya, nasi goreng kambing di sini pun berisi nasi dan potongan daging kambing. Cita rasanya tentu saja enak, bisa menjadi alternatif nasgor kambing di kawasan Bantul atau Jogja bagian selatan.

Minuman

Untuk menu minuman, warung Pak Pong menyediakan es teh, teh panas, es jeruk, dan jeruk panas. Sementara itu, berkaitan dengan daftar harga makanan / minuman, dapat dilihat pada list berikut :

  • Sate Klathak : Rp.24.000,-
  • Tengkleng : Rp.29.000,-
  • Tongseng Daging : Rp.24.000,-
  • Tongseng Otak : Rp.20.000,-
  • Tongseng Kepala : Rp.29.000,-
  • Gulai Daging : Rp.24.000,-
  • Gulai Babat : Rp.20.000,-
  • Nasi Goreng Kambing : Rp.29.000,-
  • Es Teh : Rp.5.000,-
  • Teh Panas : Rp.5.000,-
  • Es Jeruk : Rp.5.000,-
  • Jeruk Panas : Rp.5.000,-

Fasilitas Yang Tersedia Di Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Sebagai salah satu tempat makan di Jogja favorit wisatawan dan warga lokal, warung Sate Klathak Pak Pong terus berbenah dengan menyediakan berbagai fasilitas memadai demi kenyamanan pembeli. Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  • ruang makan luas
  • mushola
  • mukena
  • tempat wudhu
  • tempat bermain anak (playground)
  • toilet
  • area parkir luas

Alamat / Lokasi Dan Jam Buka Warung Sate Klathak Pak Pong Jogja

Warung Sate Klathak Pak Pong terletak di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.30 WIB. Mengingat tempat ini sangat ramai pembeli dan menjadi incaran wisatawan, maka sebaiknya Anda datang saat weekdays sekitar jam 09.00 WIB ketika warung baru buka agar tidak kehabisan menu. Untuk lokasi tepatnya, Anda bisa melihat peta google map berikut ini.

Demikianlah sekilas info tentang warung Sate Klathak Pak Pong Jogja yang meliputi sejarah, ciri khas, daftar harga, menu makanan, fasilitas, lokasi / alamat, dan jam buka. Selain warung Pak Pong, di sepanjang Jl. Imogiri Timur juga sebenarnya banyak penjual sate klatak lainnya yang tak kalah enak. Mungkin lain kali akan saya bahas sebagai pembanding. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here