7 Aktivitas Wisata Seru Dan Asyik Di Alun Alun Kidul (Alkid) Jogja, Dari Laku Masangin, Kulineran, Hingga Naik Odong-Odong

0 597

Alun Alun Kidul Jogja – Ingin tahu ada apa saja di Alun Alun Kidul (Alkid) / Alun Alun Selatan Yogyakarta? Inilah aktivitas wisata seru dan asyik yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Mulai dari laku masangin, naik wahana odong-odong, berburu sarapan pagi, berfoto, jogging, hingga mencicipi aneka kuliner jajanan enak yang ada di sana.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta punya 2 macam alun-alun, yaitu Alun-Alun Utara (bagian depan) dan Alun-Alun Selatan (bagian belakang). Kedua alun-alun tersebut menjadi ikon wisata Yogyakarta yang cukup populer. Alun-Alun Utara biasanya digunakan sebagai Pasar Malam Sekaten, sedangkan Alun-Alun Selatan ramai dikunjungi setiap hari dari sore hingga malam.

Pada kesempatan kali ini, saya khususkan mengulas tentang Alun Alun Selatan Yogyakarta yang dikenal dengan nama Alun-Alun Kidul / Alkid. Alun-alun ini merupakan sebuah tanah lapang berpasir dan berumput dengan luas sekitar 150 x 150 meter persegi. Di tengah-tengahnya, terdapat 2 buah pohon beringin besar (baca : beringin kembar). Nah, kira-kira ada hal menarik apa saja ya di kawasan wisata murah Alkid ini? Yuk, simak reviewnya berikut!

Alun-Alun-Kidul-Jogja
Gambar ilustrasi Alun Alun Kidul Jogja (Alkid)

Daftar Aktivitas Wisata Seru Dan Asyik Di Alun Alun Kidul Jogja

1. Laku Masangin (Sejarah Dan Mitos)

Laku Masangin adalah kegiatan berjalan dengan mata tertutup melewati 2 buah pohon beringin kembar yang ada ditengah-tengah Alun Alun Kidul Jogja. Aktivitas ini sebenarnya hanyalah acara permainan biasa untuk melatih konsentrasi. Namun, ada mitos yang mengatakan bahwa siapa saja orang jika berhasil melakukan Laku Masangin akan terkabul semua keinginannya. Itu hanya mitos ya gaes, gak usah dipercaya!

Dilihat dari segi sejarah, ada beberapa versi cerita tentang awal mula Laku Masangin. Konon kabarnya, dahulu kala pada jaman kerajaan Sultan Hamengkubuwono I, ada seorang putri cantik. Sang putri sangat terkenal hingga membuat jatuh hati banyak pemuda. Nah, untuk melamar putri tersebut, ada satu syarat yang harus dipenuhi yaitu Laku Masangin.

Cukup banyak pemuda yang mencobanya, namun tak berhasil. Kecuali, anak Prabu Siliwangi yang akhirnya berhasil menjadi suami putri tersebut. Konon katanya, jika seseorang berhasil melakukan Laku Masangin, maka orang tersebut dipercaya punya hati bersih dan tulus.

Cerita lainnya mengatakan bahwa beringin kembar tersebut pernah menjadi pertahanan gaib untuk mengecoh pasukan Belanda agar kehilangan arah saat akan menyerang Keraton. Ada pula sumber lain yang mengatakan bahwa ritual Laku Masangin merupakan kegiatan latihan prajurit keraton pada jaman dulu untuk melatih konsentrasi.

Bagaimana sobat traveler? Tertarik ingin mencobanya? Jika iya, Anda bisa membawa penutup mata / kain dari rumah saat berkunjung ke sini untuk mencoba Laku Masangin. Atau bila ingin praktis, tinggal sewa penutup mata yang tersedia di sana.

2. Naik Odong-Odong Hias

Liburan ke Alun Alun Kidul Jogja belum lengkap rasanya tanpa naik odong-odong hias mengelilingi alun-alun. Saat malam tiba, deretan mobil odong-odong dengan kerlap-kerlip lampu hiasnya berjejer di sepanjang jalan alun-alun. Odong-odong ini bentuknya menyerupai mobil tapi digerakkan memakai pedal seperti becak atau sepeda.

Satu odong-odong bisa menampung sebanyak 2 – 4 orang. Saat menaikinya, Anda harus menggenjot secara bersama-sama dengan rekan yang lain. Seru dan asyik deh pokoknya! Apalagi diiringi musik selama berkeliling. Tarif sewa odong-odong dibanderol dengan harga sekitar 60 ribu rupiah. Siapkan saja tenaganya ya gaes, Alkid lumayan luas untuk dikelilingi lho, hehe.

3. Kuliner Sore Dan Malam

Selain Laku Masangin dan Odong-Odong Hias, daya tarik Alkid lainnya adalah sajian kulinernya. Dar mulai sore hingga malam hari, Anda akan menemukan banyak penjual jajanan enak di sana. Beberapa kuliner Alun Alun Kidul Jogja yang terkenal wajib dicoba antara lain bakso tusuk kuah Selera Anda, es goreng Pak Gatot, kue leker, aneka tempura, wedang ronde, dan lain sebagainya.

4. Sarapan Pagi

Tak hanya sore dan malam, saat pagi hari Anda juga bisa menemukan penjual makanan di sekitaran Alkid. Menu yang dijajakan pada umumnya berupa nasi kuning, lontong opor, bubur ayam, nasi uduk, nasi brongkos, nasi pecel, dan nasi rames yang cocok buat sarapan pagi di Jogja sebelum beraktivitas. Anda bisa mencoba nasi kuning Bu Yuli, lontong opor ayam Bu Rini, atau pun Warung Handayani untuk mencicipi nasi brongkos legendarisnya.

5. Jogging

Gambar ilustrasi Jogging

Alun-Alun Kidul Jogja merupakan sebuah ruang terbuka yang cukup luas untuk melakukan berbagai aktivitas. Sebagian orang / warga masyarakat memanfaatkan alun-alun ini sebagai tempat olah raga. Saat berkunjung ke sana, biasanya akan tampak orang-orang sedang jogging berkeliling alun-alun. Nah, Anda pun bisa ikutan olah raga lari pagi atau pun jogging sore.

6. Nongkrong Dan Hunting Foto

Alun-Alun Kidul termasuk salah satu tempat nongkrong di Jogja yang murah meriah favorit anak muda, baik pelajar atau mahasiswa. Di sana terdapat lapak-lapak penjual makanan mie rebus, roti bakar, jagung bakar, angkringan, dan wedang ronde. Tempat yang disediakan berupa lesehan sehingga asyik buat kumpul duduk santai (kongkow / hangout) sambil ngobrol dan diskusi bersama teman-teman.

Berburu spot foto keren nan instagramable juga bisa Anda lakukan di Alkid. Anda bisa memakai latar odong-odong hias atau pun pohon beringin kembar di tengah alun-alun. Bagi para foodgram dan food vlogger, lapak penjual jajanan tentu akan menjadi spot favorit.

7. Main Egrang

Sebagai salah satu destinasi wisata malam Jogja yang murah, Alkid menawarkan banyak aktivitas seru bagi wisatawan. Satu diantaranya adalah bermain egrang. Permainan tradisional ini biasanya memakai galah / tongkat dari bambu sebagai pijakan kaki untuk berjalan.

Nah, ketika saya berkunjung ke Alkid, pada salah satu sudutnya terdapat anak-anak muda yang asik bermain egrang. Menurut info, egrang tersebut memang sengaja disediakan bagi para pengunjung alun-alun oleh Paguyuban Notoroso (Kelompok Seniman Bambu). Kalau tak keliru, lapak mereka diberi nama Raja Egrang.

Di sana terdapat berbagai ukuran egrang, mulai dari kecil, standar, besar, dan tinggi sehingga anak-anak maupun orang dewasa bisa mencobanya. Kabarnya, mereka juga menyediakan puluhan permainan tradisional lainnya seperti gatrik dan gasing. Untuk tarif, mereka tak mematok pasti, hanya secara sukarela tergantung wisatawan.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Operasional Alun Alun Kidul Jogja

Untuk memasuki kawasan Alun Alun Kidul Jogja, Anda tak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Hanya saja, bila memakai kendaraan akan dimintai biaya parkir oleh petugas di sana. Untuk jam buka Alkid selama 24 jam, tapi jika Anda ingin menikmati keseruan, sebaiknya datang saat pagi, sore, dan malam sebelum pukul 00.00 WIB.

Lokasi / Alamat Dan Rute Jalan Menuju Ke Alun Alun Kidul Jogja

Lokasi / alamat Alun Alun Kidul Jogja terletak pada bagian belakang Keraton Yogyakarta tepatnya di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute jalan menuju ke sana terbilang mudah. Dari Malioboro, Anda tinggal lurus ke arah selatan menuju Alun-Alun Utara, lalu belok ke kiri. Setelah beberapa meter belok kiri lagi, kemudian belok kanan menuju gerbang Sentra Gudeg Wijilan.

Lurus terus ikuti jalan setelah masuk gerbang Wijilan hingga ada papan petunjuk arah ke Alun-Alun Kidul sebelah kanan jalan. Belok kanan ikuti papan petunjuk, nanti Anda akan sampai di Alun-Alun Kidul / Alun-Alun Selatan Yogyakarta. Agar lebih mudah dan jelas, silahkan lihat gambar peta lokasi dari Google Map berikut.

Tips Berkunjung Ke Alun Alun Kidul Jogja

Buat Anda yang kebetulan dari luar Kota Yogyakarta, ada baiknya membaca terlebih dahulu beberapa tips wisata sederhana berikut sebelum berkunjung ke Alkid. Tips ini bertujuan agar Anda bisa menikmati alun-alun dengan nyaman dan lancar.

  • Datanglah saat cuaca cerah. Alkid merupakan sebuah lapangan terbuka dimana cuaca sangat berperan penting. Bila hujan datang, aktivitas di alun-alun pun akan terhambat.
  • Berkunjunglah ketika sore dan malam. Saat sore tiba, cuaca di Alkid tak terlalu panas dan banyak penjual makanan mulai membuka lapak dagangannya. Beberapa jajanan hits pun bukanya sore hari, misalnya bakso tusuk kuah Selera Anda, es goreng Pak Gatot, wedang ronde, mie rebus, dan lainnya.
  • Datanglah secara rombongan agar lebih seru. Menikmati alun-alun kidul akan lebih asyik bila bersama teman, sahabat, atau pun keluarga. Anda bisa seru-seruan dengan mereka naik odong-odong, main egrang, kulineran, hingga mencoba Laku Masangin.
  • Gunakan kendaraan bermotor. Area parkir untuk mobil di Alkid cukup terbatas, berbeda dengan motor yang cukup luas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda datang memakai motor. Jika Anda dari luar kota, bisa memakai transportasi online dari hotel / penginapan.
  • Siapkan uang tunai pecahan. Sebagian besar pedagang di Alkid berupa kaki lima sehingga alangkah baiknya Anda menyediakan uang pas / recehan agar mudah dalam bertransaksi.
  • Usahakan buang air besar / air kecil terlebih dahulu di rumah atau hotel sampai tuntas sebelum berangkat ke Alkid. Hal ini karena fasilitas toilet di sana terbatas.

Bagaimana sobat traveler? Seru dan asik banget bukan, wisata di Alun Alun Selatan Yogyakarta? Jangan lupa masukkan tempat ini ke dalam list liburan Anda saat berkunjung ke Kota Gudeg. Rugi banget deh, jauh-jauh datang tanpa mampir ke sana. Apabila ada pertanyaan atau pun ingin menambahkan informasi, Anda bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dulu info wisata dari saya, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.