Home Wisata Asia 17 Tempat Berburu Takjil Di Jogja Yang Enak Dari Gratis Hingga Pasar...

17 Tempat Berburu Takjil Di Jogja Yang Enak Dari Gratis Hingga Pasar Ramadhan Murah Meriah

576
0

Takjil Jogja – Bingung mencari takjil buat buka puasa di Yogyakarta? Ini daftar rekomendasi tempat berburu takjil di Jogja yang enak dari gratis hingga Pasar Ramadhan murah meriah. Beragam jajanan, camilan, minuman segar, dan makanan berat bisa Anda temukan, baik hidangan tradisional maupun modern kekinian.

Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat Islam. Pasalnya, pada bulan ini semua amalan ibadah dilipatgandakan. Amalan ibadah utama pada bulan Ramadhan adalah puasa dengan cara menahan makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Untuk mempersiapkan menu buka puasa, biasanya masyarakat mencari takjil yaitu hidangan berbuka puasa. Di setiap daerah, termasuk Yogyakarta biasanya banyak penjual takjil. Beberapa masjid besar di Jogja pun menyediakan takjil gratis bagi para jamaah.

Takjil-Jogja
Gambar ilustrasi tempat berburu takjil di Jogja (Foto : instagram @masjidjogokariyan)

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang liburan di Jogja saat bulan Ramadhan, berikut ini Aneka Wisata sajikan referensi tempat untuk mencari takjil yang enak, baik gratis maupun berbayar dengan harga murmer. Kira-kira dimana saja ya? Yuk, simak review / ulasan lengkapnya.

Daftar Tempat Berburu Takjil Di Jogja Yang Enak Dari Gratis Hingga Pasar Ramadhan Murah Meriah

1. Masjid Gedhe Kauman

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JOGJA ISTIMEWA ❤️ (@jogjaistimewa)

Tak sulit rasanya mencari tempat takjil di Jogja karena hampir setiap masjid menyuguhkan takjil gratis secara cuma-cuma buat para jamaah. Salah satunya adalah Masjid Gedhe Kauman yang berlokasi di kawasan Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta, tepatnya Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masjid tua berusia lebih dari satu abad ini punya menu buka puasa spesial berupa gulai kambing. Hidangan tersebut biasanya disajikan sebagai takjil setiap hari Kamis. Bukan hanya warga sekitar masjid saja, masyarakat umum yang kebetulan datang ke sana pun bisa ikut menikmatinya.

Pada hari biasa selain Kamis, Masjid Gedhe Kauman pun kabarnya tetap menyediakan takjil gratis bagi jamaahnya dengan menu berganti-ganti, seperti brongkos, asem-asem ayam, sambal goreng krecek, dan opor ayam. Tertarik ingin mencobanya? Datang saja sebelum adzan maghrib berkumandang agar tak kehabisan.

2. Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman Yogyakarta

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by infojogja (@infojogja.co)

Saat Ramadhan tiba, hampir di setiap penjuru Kota Yogyakarta selalu muncul pasar kaget atau pasar tiban yang buka mulai sore hari menjelang buka puasa. Bila Anda sedang berada di kawasan titik nol km, cobalah ke arah barat menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan, di sana ada Pasar Sore Ramadhan yang menyajikan beragam jajanan enak untuk takjil buka puasa.

Lokasi Pasar Sore Ramadhan tersebut tepatnya di Gg. Pasar Tiban, Kampung Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila berkunjung ke sana, jangan sampai melewatkan makanan khas Jogja bernama kicak, yaitu kue terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, nangka, dan kelapa parut.

Selain kicak, Anda juga bisa menemukan beragam jajanan / camilan tradisional lainnya seperti jadah, clorot, carang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, serabi kocor, dan kipo. Untuk makanan berat, biasanya tersedia aneka pepes, cap cai, dan sebagainya. Jam buka mulai pukul 15.00 – 18.00 WIB.

3. Alun Alun Kidul Yogyakarta

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dhian Hardjodisastro (@dhian_hardjodisastro)

Alun Alun Kidul merupakan spot wisata malam Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi saat sore hingga malam hari. Pasalnya, di sana ada beragam penjual kuliner enak dan wahana odong-odong, sangat pas untuk kongkow bareng teman-teman.

Saat Ramadhan tiba, Anda dapat berkunjung ke sana untuk mencari menu takjil berbuka puasa. Berbagai jajanan Alun Alun Kidul Jogja yang bisa ditemukan antara lain es goreng, bakso tusuk, wedang ronde, makanan khas angkringan, tempura, dan lainnya.

4. Jalan Malioboro

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ᴀɴᴅɪ ᴡᴀʜʏᴜᴅɪ (@imandiwahyudi)

Siapa seh yang tak kenal dengan Jalan Malioboro? Ikon destinasi wisata Jogja ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik saat hari biasa, musim liburan, maupun bulan Ramadhan. Ada cukup banyak kuliner enak di Malioboro yang bisa dijadikan sebagai takjil berbuka puasa, misalnya lumpia Samijaya, wedang ronde, bakpia, es dawet, es buah / es campur, dan lainnya.

5. Masjid Jogokariyan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jimmy | Kuliner Jogja | INA 🇮🇩 (@mahasiswakulineran)

Bingung mencari tempat takjil di Jogja yang gratis dan enak? Datang saja ke Masjid Jogokariyan di Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap hari saat Ramadhan tiba, masjid ini biasanya menyediakan sekitar 2 – 3 ribu porsi takjil untuk berbuka puasa.

6. Kampung Ramadhan Jogokariyan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dika Afandi (@dika.afandi)

Selain takjil gratis, di lingkungan Masjid Jogokariyan juga biasanya diadakan event Kampung Ramadhan Jogokariyan. Di sepanjang Jl. Jogokaryan, Anda akan menemukan beragam penjual makanan, minuman, kue basah, kue kering, pakaian, maupun lainnya.

Kabarnya, ada sekitar 300 pedagang yang ikut meramaikan event tersebut. Asyik banget, bukan? Tak ayal, Kampung Ramadhan Jogokariyan pun menjadi tempat ngabuburit di Yogyakarta incaran warga lokal maupun wisatawan. Soal harga, Anda tak perlu kuatir karena ramah dikantong pelajar / mahasiswa.

7. Masjid Kampus UGM

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Restu Nugroho (@restu_nugroho21)

Sebagai tinggal di Kota Gudeg, Masjid Kampus UGM merupakan salah satu tempat buka puasa di Jogja favorit saya. Pasalnya, masjid kebanggaan anak UGM ini selalu menyediakan takjil gratis selama bulan Ramadhan. Makluk, sebagai anak kost yang sering telat kirimannya, tentu takjil gratis menjadi andalan untuk berhemat.

Menu makanan yang disajikan bervariasi dari hari kehari. Di sana juga sudah disediakan minuman dalam gelas. Nah, buat Anda yang ingin berbuka puasa di Masjid Kampus UGM, sebaiknya datang lebih awal agar tak kehabisan dana bisa mendengarkan kajian menjelang berbuka.

8. Lembah UGM

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JOGJABIKINLAPER (@jogjabikinlaper)

Kawasan lembah UGM sudah lama menjadi spot kuliner Jogja yang asyik buat berburu takjil. Lembah UGM ini masih berada di kawasan Masjid Kampus UGM, di sepanjang jalan sekitar masjid ada banyak penjual makanan, minuman, kue, jajanan, pakaian, pernak-pernik, dan lainnya.

Beberapa hidangan yang kerap ada antara lain sop buah, es kacang hijau, siomay, batagor, tempura, kolak, dan sebagainya. Anda tinggal pilih, mau berbuka puasa dengan apa sesuai selera. Harganya juga lumayan murah meriah.

9. Masjid Jami’ At Taqwa Minomartani

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Muhammad Ikrom (@masjidjamiattaqwa)

Bagi Anda yang sedang berada di kawasan utara Jogja, bisa mampir ke Masjid Jami’ At Taqwa Minomartani untuk mendapatkan takjil. Lokasinya berada di Mladangan, Minomartani, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Masjid Pogung Raya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yayasan Pogung Kampung Hijrah (@pogungkampunghijrah)

Tak mau kalah dengan masjid-masjid lainnya, Masjid Pogung Raya juga menyediakan takjil untuk berbuka puasa. Lokasi / alamatnya terletak di Pogung Dalangan, Jalan Pogung Dalangan SIA XVI (Komplek Masjid Pogung Raya), RT.08/RW.50, Pogung Kidul, Sinduadi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11. Jalur Gaza Nitikan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Jogja (@tumbarmerica)

Jalur Gaza yang satu ini bukanlah kawasan Palestina ya gaes, melainkan nama pasar Ramadhan di Jogja yang menyediakan aneka takjil. Gaza merupakan singkatan dari Jajanan Lauk Sayur “Gubuk Ashar Zerba Ada”.

Berbagai menu buka puasa tradisional hingga hidangan kekinian bisa Anda temukan di sana. Tempat takjil di Jogja ini berlokasi pada sepanjang trotoar Jalan Sorogenen.

12. Pakualaman

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DOYAN MAKAN || FOODIES I.D 🇮🇩 (@hobbykulinerr)

Tempat takjil di Jogja berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah kawasan Pakualaman. Selain terdapat pujasera / food court, kabarnya ada juga sebuah festival berupa Pasar Ramadhan Pakualaman (Gajah Mada Ramadhan Festival). Di sana, Anda akan menemukan beragam kue, jajanan, minuman, makanan, pakaian, dan aksesoris.

Asyiknya lagi, dalam festival tersebut ada perjunjukkan nasyid. Namun, mengingat sekarang sedang pandemi virus corona (Covid 19), maka pelaksanaan festival untuk tahun ini belum pasti. Meskipun demikian, Anda tak perlu risau karena masih banyak spot-spot kuliner enak di Pakualaman, misalnya siomay Pak Tugiyat, rujak es krim Pak Nardi, dan lainnya.

13. Pasar Kotagede

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Natsir Dabey (@natsir_dabey)

Tak hanya pagi hari, kawasan Pasar Kotagede ternyata juga cukup ramai dengan pedagang saat sore hari bulan Ramadhan. Berbagai hidangan takjil dapat Anda temukan di sana, misalnya es buah, roti bakar, gandos rangin, dan sebagainya. Kabarnya, ada juga pedagang makanan yang buka saat sahur lho.

14. Gebyar Ramadhan XT Square

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by XT Square Jogja (@xtsquarejogja)

Untuk memeriahkan bulan Ramadhan, beberapa pengelola destinasi wisata, pasar, hotel, maupun mall biasanya menyelenggarakan semacam festival atau gebyar Ramadhan. Salah satu diantaranya adalah XT Square di Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di sana, ada Gebyar Ramadhan XT Square yang menyuguhkan aneka kuliner tradisional maupun modern beserta produk fashion. Selain itu, ada juga iringan musik, lomba mewarnai, lomba nyanyi, dan fashion show yang membuat suasana semakin seru. Tak ayal, XT Square pun bisa menjadi tempat takjil di Jogja bagi sebagian warga lokal maupun wisatawan.

15. Pasar Bantul

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KULINER JOGJA (@jogjafood)

Buat Anda yang sedang berada di kawasan Jogja bagian selatan, bisa mampir ke Pasar Bantul untuk berburu takjil. Di sana, ada banyak pedagang aneka makanan dan minuman enak untuk berbuka puasa. Lokasi / alamat Jl. Jend. Sudirman No.108, Kurahan, Bantul, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

16. Seturan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Jogja (@tumbarmerica)

Tempat takjil di Jogja berikutnya adalah kawasan Seturan, di sepanjang jalan Seturan biasanya banyak penjual jajanan tradisional untuk buka puasa seperti risol, arem-arem, lumpia, pastel, mochi, putu, kue lapis, wajik, gorengan, es buah, dan sebagainya.

17. Alun-Alun Wates Kulon Progo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rizki Fajar Ramadhan (@rizki_fajar77)

Beralih ke kawasan Jogja bagian barat, ada Alun-Alun Wates Kulon Progo yang juga asyik buat berburu takjil. Kabarnya, ada sekitar 30-an kedai makanan atau minuman yang siap memanjakan buka puasa Anda. Bersantai di alun-alun sambil mencari takjil menjadi kegiatan asyik untuk menunggu buka puasa.

Demikianlah sekilas info tentang beberapa tempat takjil di Jogja yang enak untuk menu berbuka puasa. Apabila sobat traveler punya referensi spot takjil lainnya, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here