10 Pantai Indah Tersembunyi Di Nusa Penida Bali Yang Cantiknya Kebangetan!

0 277

Pantai Di Nusa Penida – Mau liburan ke pulau Nusa Penida? Ini daftar rekomendasi pantai indah tersembunyi di Nusa Penida Bali yang cantiknya kebangetan. Mulai dari pantai pasir putih nan bersih, batuan karang, deburan ombak kencang, hingga view keren dan eksotis bisa Anda temukan di sana.

Akhir-akhir ini, Nusa Penida sedang naik daun sebagai salah satu tujuan wisata Bali favorit wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini bisa dilihat dari ramainya postingan foto-foto kece di instagram tentang Nusa Penida yang diunggah oleh para traveler. Keindahan panorama alamnya sungguh mengagumkan, apalagi kondisinya masih sangat alami sehingga membuat banyak orang penasaran.

Nusa Penida merupakan salah satu pulau yang termasuk bagian Provinsi Bali, letaknya berada di sebelah tenggara Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung sehingga untuk menuju ke sana harus menyebarang dengan kapal. Salah satu daya tarik utama Nusa Penida adalah keunikan pantai-pantainya. Nah, kira-kira ada pantai bagus apa saja ya disana? Yuk, simak ulasan lengkap dari Aneka Wisata berikut.

Pantai-Di-Nusa-Penida-Bali
Gambar ilustrasi pantai indah tersembunyi di Nusa Penida Bali yang cantiknya kebangetan

Daftar Pantai Indah Tersembunyi Di Nusa Penida Bali Yang Cantiknya Kebangetan!

1. Pantai Atuh

Kita awali review pantai di Nusa Penida dengan mengeksplore Pantai Atuh yang berlokasi di bagian timur pulau, tepatnya Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Pantainya memang tak begitu panjang, namun keindahan pasir putih dan kejernihan airnya sungguh sangat memikat hati.

Pantai Atuh diapit oleh 2 buah tebing tinggi. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus menuruni anak tangga cukup curam sehingga harus ekstra hati-hati. Pasir pantainya terbilang lembut dengan ombak yang tenang. Meskipun cukup ramai dikunjungi oleh turis asing, namun suasananya lebih nyaman dari pada Pantai Kuta. Apalagi anginnya sepoi-sepoi, membuat betah berlama-lama di sana.

Harga tiket masuk ke Pantai Atuh dibanderol sebesar 5 ribu rupiah. Murah-meriah banget, bukan? Cara menuju ke pantai ini dapat ditempuh memakai mobil atau pun motor selama lebih kurang 2 jam perjalanan dari pelabuhan Sampalan. Selain berenang, aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Atuh yaitu mencicipi aneka olahan seafood segar atau pun bersantai di atas bean bag sambil minum es kelapa muda.

2. Pantai Titibahu / Pantai Diamond

Setelah puas menikmati Pantai Atuh, Anda bisa melanjutkan kunjungan wisata ke Pantai Titibahu yang lebih populer dengan nama Pantai Diamond. Lokasinya tak jauh dari Pantai Atuh, hanya bersebelahan dibatasi tebing. Daya tarik utama Pantai Diamond atau Diamond Beach berupa hamparan pasir putih dan gugusan tebing karst berbentuk runcing mirip permata.

Untuk mencapai bibir Pantai Diamond, Anda harus melewati anak tangga dari batuan. Meskipun sudah ada pagar pengaman, Anda tetap harus ekstra hati-hati saat menuruni anak tangga tersebut. Tak seperti Pantai Atuh, kondisi pantai Diamond benar-benar masih sangat alami, belum terjamah oleh banyak orang. Belum ada fasilitas payung, warung makan, dan toilet.

Lokasi / alamat Pantai Diamond terletak di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Harga tiket masuk ke sana terbilang murmer, hanya 5 ribu rupiah. Pantai ini ditutup pada pukul 18.00 WITA. Oleh karena itu, sebaiknya Anda datang dari pagi hari agar memiliki banyak waktu untuk mengeksplore setiap sudutnya.

3. Pantai Suwehan

Bingung mencari pantai indah yang masih sepi di Bali? Datang saja ke Pantai Suwehan. Lokasinya yang tersembunyi di bawah tebing tinggi membuat pantai ini begitu sunyi dan tenang. Anda benar-benar akan merasakan suasana layaknya di pantai pribadi (baca : private beach).

Sekilas, Suwehan mirip Pantai Dreamland, hamparan pasir putih bersih membentang sepanjang garis pantai berpadu cantik dengan air laut jernih. Ciri khas Pantai Suwehan berupa adanya sebuah batu unik di tepian pantai yang berbentuk seperti logo brand Volcom. Oleh karena itu, Pantai Suwehan juga dikenal dengan sebutan Pantai Volcom.

Secara administratif, Pantai Suwehan terletak di Dusun Watas, Desa Tanglad, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Dari Desa Tenglad, Anda harus menuruni bukit curam untuk mencapai bibir pantai sehingga harus ekstra hati-hati. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 10 ribu rupiah.

4. Pasih Uug / Broken Beach

Kita beralih sejenak ke kawasan bagian barat Nusa Penida yang juga memiliki sejumlah pantai keren. Satu diantaranya adalah Pasih Uug atau Broken Beach. Pantai ini termasuk salah satu ikon tempat wisata di Nusa Penida Bali yang cukup terkenal dikalangan wisatawan. Keunikan Broken Beach terletak pada bentuknya dimana disekelilingnya berupa tebing.

Salah satu tebing memiliki lubang yang mengubungkannya dengan lautan lepas sehingga tebing karang berlubang ini tampak sebagai sebuah jembatan alami. Jika dilihat dari atas memakai drone, Broken Beach tampak seperti sebuah cekungan berbentuk lingkaran di tengah-tengah tebing. Untuk menuju ke bawah, nampaknya agak sulit sehingga wisatawan secara umum hanya menikmati pantai di Nusa Penida ini dari atas tebing, tanpa turun ke bawah.

Ombaknya yang cukup kuat karena berbatasan langsung dengan Samudra HIndia, membuat jarang ada wisatawan turun ke bawah. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah. Lokasi Pasih Uug / Broken Beach terletak di Bunga Mekar, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

5. Angel’s Billabong

Tak jauh dari Broken Beach, Anda bisa menikmati keindahan kolam renang “Infinity pool” alami bernama Angel’s Billabong. Kolam alami ini berada di bebatuan karang dan berbatasan langsung dengan lautan lepas. Airnya sangat jernih, bahkan dasar kolamnya pun bisa terlihat oleh mata. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah.

Bagi Anda yang kebetulan ingin berenang merasakan kesegaran air Angel’s Billabong, wajib ekstra hati-hati. Pasalnya, kolam ini terbilang lumayan dalam sehingga Anda harus bisa berenang. Dasar kolam dan dinding berupa batuan karang tajam yang bisa membuat kulit terluka. Apalagi, pada bagian ujung kolam berbatasan langsung dengan lautan dimana sewaktu-waktu ombak besar bisa datang.

Baca Juga :

6. Pasih Andus (Smoky Beach)

Tidak semua pantai di Nusa Penida menyuguhkan hamparan pasir putih, ada beberapa pantai yang menawarkan keunikan lain. Misalnya saja Pasih Andus (Smoky Beach), pantai ini punya daya tarik berupa semburan ombak besar yang menghantam batuan karang. Saat ombak datang menghantam karang, maka air laut akan terpecah menyembur ke atas hingga sekitar 10 meter.

Semburan air tersebut mirip asap sehingga Pasih Andus dikenal dengan nama Smoky Beach / Smoke Beach. Lokasi tempat wisata unik Bali ini terletak di Sakti, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Cukup dekat dengan Pasih Uug / Broken Beach dan Angel’s Billabong. Jangan lupa siapkan baju ganti barangkali pakaian Anda terkena semburan air laut.

7. Pantai Tembeling

Pantai Tembeling terletak di Desa Batu Madeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Propinsi Bali. Objek wisata pantai di Nusa Penida ini terbilang baru sehingga belum begitu populer. Untuk mencapai Pantai Tembeling, Anda harus punya stamina prima karena akan melewati jalur terjal, berbatu, dan naik turun.

Sesampainya di lokasi, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan keindahan lautan lepas Pantai Tembeling. Di sana, ada juga mata air Tembeling yang begitu jernih menyegarkan. Ombak Pantai Tembeling terbilang ganas sehingga Anda wajib ekstra hati-hati. Bukan pasir putih, melainkan bebatuan yang mengisi bibir pantai ini. Di sekelilingnya terdapat tebing-tebing menjulang tinggi.

8. Pantai Kelingking

Bisa dibilang, Pantai Kelingking merupakan pantai di Nusa Penida yang paling indah dan cantik. Pasalnya, kondisi pantai pasir putih ini sungguh masih sangat alami. Pasir pantainya sangat bersih, airnya pun jernih berwarna biru atau hijau toska. Cantik banget deh! Apalagi berada di bawah tebing curam sehingga sangat jarang wisatawan yang berani turun hingga bibir pantainya.

Hal ini tentu membuat suasana begitu sepi, sunyi, dan nyaman. Anda benar-benar akan merasakan sensasi pantai pribadi (private beach), hanya ditemani deburan ombak dan semilirnya angin pantai. Pantas rasanya Pantai Kelingking dimasukkan ke dalam daftar deretan pantai di Indonesia yang belum terjamah.

Untuk menikmati Pantai Kelingking, Anda tak harus turun ke bawah karena dari atas tebing juga bisa melihat keindahannya. Pantai ini berada di bawah sebuah tebing berbentuk mirip jari sehingga disebut Pantai Kelingking. Namun, ada juga yang menganggap bentuk tebingnya mirip hewan purbakala Dinosaurus T-Rex.

Harga tiket masuk ke sana sekitar 5 ribu rupiah. Jika akan turun ke bawah, Anda harus ekstra hati-hati dan menyiapkan fisik secara prima karena harus trekking / jalan kaki menuruni tebing curam dengan waktu tempuh sekitar 30 – 45 menit. Lokasi Pantai Kelingking terletak di Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Nama lain dari pantai ini yaitu Pantai Karang Dawa dan Kelingking Beach Secret Point.

9. Pantai Crystal Bay

Bagi Anda yang sedang mencari pantai di Bali yang memiliki pemandangan indah tapi tak terlalu ramai, bisa datang ke Pantai Crystal Bay. Sesuai namanya, air laut di pantai ini sangatlah jernih bagaikan kristal sehingga cocok buat snorkeling. Apalagi di dalamnya terdapat banyak biota laut keren yang akan memanjakan mata.

Garis Pantai Crystal Bay tidaklah terlalu panjang, tapi hamparan pasir putih dan pohon kelapa di sekelilingnya membuat view pemandangannya semakin cantik. Pengunjungnya juga belum seramai pantai Kuta atau pun pantai Sanur sehingga cukup tenang untuk bersantai menikmati panorama laut, deburan ombak, dan angin pantai sambil minum es kelapa muda. Sunset di sini juga cantik lho!

Agar Anda bisa lebih menikmati keindahan Pantai Crystal Bay (Crystal Bay Beach), sebaiknya datang saat weekdays. Pasalnya, ketika weekend tiba, pantai di Nusa Penida yang semakin populer ini kabarnya sekarang ramai pengunjung. Lokasinya sendiri terletak di Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Untuk harga tiketnya, dulu kabarnya gratis, hanya bayar parkir kendaraan. Tapi, ada informasi lain kalau mau masuk harus bayar tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah. Buat jaga-jaga, siapkan saja uangnya ya gaes!

10. Banah Cliff Point

Banah Cliff merupakan sebuah batu karang yang bolong / berlubang ditengah-tengahnya dan berada di lautan lepas. Dari kejauhan, Banah Cliff tampak begitu eksotik, apalagi saat matahari tenggelam, pemandangannya sangat indah mengagumkan. Di atas tebing / batu karang tersebut tumbuh pepohonan hijau sehingga membuat Banah Cliff semakin cantik.

Banah Cliff Point terletak di Desa Batumadeg Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Propinsi Bali. Ketinggiannya sekitar 200 mdpl. Selain menikmatinya dari kejauhan, Anda juga bisa mendekat ke sana memakai kapal. Biasanya, di sekitar Banah Cliff tampak ikan pari yang sedang berenang.

Nah, demikianlah aneka wisata pantai di Nusa Penida Bali yang wajib dikunjungi. Bagus dan indah, bukan? Buat sobat traveler yang berencana liburan ke Nusa Penida, ada beberapa pelabuhan untuk menyebrang ke pulau ini, antara lain Sanur, Kasumba, dan Padang Bai. Bila ingin cepat sampai, maka gunakanlah fast boat (kapal cepat).

Sesampainya di Nusa Penida, Anda dapat menyewa mobil atau motor untuk menjelajahi setiap objek wisata di sana. Namun, ada baiknya memakai jasa tour travel terpercaya sehingga lebih nyaman dalam menikmati liburan. Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.