Home Wisata Asia 27 Oleh Oleh Khas Solo Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama

27 Oleh Oleh Khas Solo Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama

164
0

Oleh Oleh Khas Solo – Bingung mau bawa oleh-oleh apa dari Solo? Ini daftar rekomendasi oleh oleh khas Solo kekinian yang terkenal murah dan tahan lama. Mulai dari makanan khas, jajanan tradisional legendaris, kue artis kekinian, kain batik, pernak-pernik, hingga souvenir unik ada semua di sini.

Kota Surakarta atau yang populer disebut Solo, ternyata asyik juga buat liburan. Ada cukup banyak tempat wisata di Solo dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi, seperti keraton, aneka museum, taman bermain, waterpark, candi, hingga air terjun indah. Akomodasinya pun lengkap, tersedia beragam penginapan / hotel, resto, cafe, dan alat transportasi.

Liburan ke suatu daerah, tentu belum lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh, bukan? Hampir setiap daerah di Indonesia punya produk unggulan baik makanan, minuman, maupun berupa barang. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Solo, berikut ini saya sajikan list oleh-oleh kekinian khas Solo yang terkenal hits wajib dibeli.

oleh-oleh-khas-solo
Gambar ilustrasi oleh oleh khas Solo kekinian yang terkenal wajib dibeli (Foto : instagram @solopluffy)

Daftar Oleh Oleh Khas Solo Kekinian Yang Terkenal Murah Dan Tahan Lama

1. Serabi Notosuman

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ms. Caroline Bong ๐ŸŒธ (@misscarolinebong)

Kita awali review oleh oleh khas Solo dengan mengulas serabi. Serabi merupakan salah satu kuliner Solo yang sangat populer sampai ke luar daerah. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras, gula, daun pandan dan santan sehingga terasa gurih dan manis alias legit.

Berbeda dengan surabi Bandung dan serabi Jogja yang umumnya disajikan dengan santan, Serabi Solo dikemas dengan cara digulung lalu dibungkus daun pisang. Ada cukup banyak serabi enak di Solo, satu diantaranya adalah Serabi Notosuman.

Untuk menikmati Serabi Notosuman, Anda bisa berkunjung ke Jl. Moh. Yamin, di sana ada 2 penjual serabi legendaris yaitu Serabi Notosuman Ny. Lidia dan Serabi Notosuman Ny. Handayani. Keduanya memiliki cita rasa lezat yang menggoyang lidah. Teksturnya renyah dipinggir dan empuk pada bagian tengah.

Varian rasa serabinya ada 2 macam, yaitu biasa (original) dan coklat. Untuk rate harga dibanderol sekitar Rp.2.500,- per buah. Lokasi / alamat lengkapnya :

  • Serabi Notosuman Ny. Lidia, Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka pukul 05.00 – 16.00 WIB.
  • Serabi Notosuman Ny. Handayani, Jl. Moh. Yamin No.51, Kratonan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka pukul 04.30 – 17.00 WIB.

2. Pukis Badran

Seperti halnya serabi, pukis termasuk jajanan tradisional yang tak lekang oleh waktu. Nah, buat Anda yang kebetulan suka banget dengan kue pukis, bisa mampir ke Pukis Badran di Jl. Kenanga No.25, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Di sana, Anda akan menemukan pukis dengan varian rasa kekinian mulai dari rasa cokelat, keju, tiramisu, cappucino, meses, kismis, daging sapi, kurma, kacang, gula aren, oreo, original, hingga abon sapi. Cita rasanya yang enak dan tahan lama sekitar 2 – 3 hari, membuat Pukis Badran cocok dijadikan oleh oleh khas Solo.

Pukis terenak di Solo ini punya 3 pilihan harga, yaitu Rp.15.000,- untuk box berisi 3 pukis, Rp.25.000,- per box berisi 5 pukis, dan Rp.50.000,- untuk box berisi 10 pukis. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

3. Bakpia Balong

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by find us @ shopee (@bakpiabalongsolo)

Mendengar nama bakpia, mungkin pikiran kebanyakan orang akan langsung tertuju pada Kota Jogja. Pasalnya, bakpia begitu terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibeli. Namun, ternyata Kota Solo juga punya sajian bakpia bercita rasa enak, namanya Bakpia Balong Sumber Rejeki.

Perbedaan Bakpia Balong dengan bakpia Jogja terletak pada ukurannya, dimana Bakpia Balong tampak lebih besar. Untuk varian rasa Bakpia Balong cukup beragam, tersedia cokelat, kacang merah, keju, kacang hijau, coklat, keju, durian, dan isi daging.

Bakpia legendaris khas Solo yang sudah ada sejak tahun 1960 ini dapat Anda temukan di Jl. Kapten Mulyadi No.17, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.30 – 19.00 WIB.

4. Kue Mandarijn Solo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fang Fang Ida | ๐Ÿ“Bali (@jiufang_swara)

Selain Bakpia Balong, ada satu lagi sajian kue legendaris khas Solo yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan, yaitu Kue Mandarijn Solo. Kue produk Toko Roti Orion ini berbentuk kue bolu lapis atau spiku, dengan warna coklat dan kuning seperti kue lapis Surabaya.

Tekstur Kue Mandarijn begitu lembut, cita rasanya manis alias legit. Varian rasanya ada original, spesial, dan kismis. Rate harga dibanderol sekitar 95 – 220 ribu rupiah, tergantung ukuran. Toko Roti Orion juga menyediakan beragam kue basah dan camilan kering lainnya, seperti roti semir, keripik, kacang, dan lainnya.

Lokasi / alamat toko roti legendaris yang berdiri sejak tahun 1932 ini terletak di Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

5. Solo Pluffy

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Oleh Oleh Solo (@solopluffy)

Beralih ke kue kekinian modern “Jaman Now”, ada Solo Pluffy yang terkenal hits sebagai oleh-oleh baru khas Solo. Brand kue Solo Pluffy merupakan milik artis Jessica Mila. Kue ini berbentuk lingkaran 3 lapis, lapis pertama berupa cake beserta krim, lapis kedua cake ditambah krim varian rasa, dan lapis ketiga cake lagi.

Tekstur Solo Pluffy begitu lembut dengan cita rasa enak, dan manis. Untuk varian rasa, tersedia mulai red velvet, double choco, cheese, choco crunchy, original, hingga blueberry. Rate harga sekitar 58 – 65 ribu rupiah. Lokasi outlet / toko Solo Pluffy terletak di Jl. Ronggowarsito No.145, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka pukul 08.00 – 20.00 WIB.

6. Solo Prabu

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OLEH OLEH SOLO, KHAS SOLO (@soloprabu)

Selain artis, ada juga olahragawan atau atlet yang membuka toko oleh-oleh kue kekinian, satu diantaranya adalah Febri Utomo atau Febri Kempling. Atlet bola basket ini membuka usaha kue bernama Solo Prabu.

Produknya cukup bervariasi, ada Pandawa Pastry, Punokawan Bolu, Pasopati Redvelvet, Inglish Cake, Roti Blow, Donut Kentang, Yudhistira O Cheese, Bima Green Tea, Arjuna Blueberry, dan sebagainya.

Rate harga dibanderol sekitar 25 – 60 ribu rupiah. Lokasi / alamat Solo Prabu terletak di Jl. R. M. Said No.197, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB.

7. Abon Mesran

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Abon Mesran Solo (@abonmesransolo)

Jika Surabaya punya Abon Padmosusastro Bu Sarti sebagai oleh-oleh khas, maka Solo ada Abon Mesran. Nama “Mesran” kabarnya diambil dari nama sanga pemilik yaitu Mesran Mistopawiro. Produk dari Abon Mesran ada 2 macam, yaitu abon sapi dan abon ayam. Keduanya memiliki cita rasa yang sama-sama enak.

Abon Mesran sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Solo yang tahan lama. Rate harga sekitar 60 ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Lokasi / alamat Toko Abon Mesran Mistopawiro terletak di Jl. Kalilarangan No.71, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka pukul 08.00 – 20.00 WIB.

8. Solo Floss Roll (Abon Gulung)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Oleh Oleh Solo Abon Gulung (@soloflossroll)

Ingin menikmati abon dalam bentuk kekinian? Cobain saja Solo Floss Roll (SoloFlossroll). Makanan ini berupa roti gulung dimana di dalamnya berisi abon atau dikenal dengan nama “Abon Gulung”. Cita rasanya yang enak dan tahan lama (tahan 4 hari pada suhu ruang, 7 hari dalam kulkas), membuat Solo Floss Roll cocok dijadikan oleh-oleh khas Solo.

Untuk harganya, dibanderol sekitar 62 ribu rupiah (abon sapi) dan 53 ribu rupiah (abon ayam). Lokasi / alamat outlet SoloFlossroll terletak di Jl. Parikesit Utara No.13, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

9. Serundeng

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya (@oleh2khassoloerajaya)

Seperti halnya abon, serundeng memiliki cita rasa manis dan gurih sehingga enak buat lauk-pauk saat makan nasi. Serundeng merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari parutan kelapa yang digoreng bersama bumbu rempah seperti bawang merah, ketumbar, gula, kunyit, asam Jawa, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

Kota Solo punya sajian serundeng yang enak buat buah tangan. Anda bisa membelinya di Toko / Pusat oleh-oleh khas Solo seperti Era Jaya, Toko Roti Orion, Abon Mesran Mistopawiro, dan sebagainya.

10. Roti Kecik Ganep

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by oleh2solo (@oleh2solocom)

Selain Toko Roti Orion, ada toko Ganep Tradisi Solo yang juga terkenal sebagai pusat oleh oleh khas Solo legendaris. Berdiri sejak tahun 1881, toko roti ini tetap eksis sampai sekarang. Salah satu produk unggulannya berupa roti kecik.

Apa itu roti kecik? Roti kecik merupakan roti kering yang terbuat dari beras ketan. Berbeda dengan roti pada umumnya yang empuk, tekstur roti kecik keras dengan cita rasa manis dan gurih. Daya tahannya yang lama, membuat roti kecik sangat pas buat buah tangan.

Rate harga roti kecik dibanderol Rp.6.500,- s/d Rp.49.000,-. Selain roti kecik, Toko roti Ganep Tradisi Solo juga menawarkan oleh-oleh lain seperti alen, bagelen, ampyang, keripik cakar, brem, criping singkong, abon, serundeng, dan lainnya.

Lokasi / alamat toko Ganep Tradisi Solo terletak di Jl. Sutan Syahrir No.176, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka pukul 08.00 – 21.00 WIB.

11. Rambak Petis

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rambak Petis Pak Dul (@rambakpetis)

Camilan enak lainnya yang tahan lama untuk dijadikan oleh-oleh khas Solo adalah Rambak Petis. Kerupuk dari kulit sapi ini terasa gurih dengan tekstur renyah. Semakin nikmat dicocol dengan sambal petis.

Untuk membeli rambak petis ini, Anda bisa pergi ke toko oleh-oleh atau ke Jl. Kali Kuantan, Jagalan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Di sana ada penjual kerupuk rambak terlenal yaitu Rambak Petis Wirjodihardjo dan Rambak Petis Pak Dul.

12. Ampyang

Selain dikenal sebagai oleh-oleh khas Magelang yang tahan lama, Ampyang juga bisa ditemukan di Solo. Ampyang merupakan jajanan tradisional berbahan baku kacang tanah, gula merah, dan jahe. Kacang tanah disangrai lalu dicampurkan dengan gula merah cair dan air jahe.

Ampyang berbentuk lembaran dengan tekstur keras. Cita rasanya manis, gurih, dan agak pedas khas jahe. Anda dapat menemukan ampyang di toko oleh oleh khas Solo dengan rate harga sekitar 4 – 50 ribu rupiah tergantung jumlahnya.

13. Brem Solo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Naning (@ningnongcemalcemil)

Brem sebenarnya termasuk makanan khas Madiun Jawa Timur, tapi mudah ditemukan juga di Kota Solo. Makanan ini biasanya berbentuk lempengan, terbuat dari sari ketan hitam yang difermentasikan. Brem bertekstur padat namun saat disantap akan langsung mencair menimbukan semacam ras “semriwing”.

Selain Madiun, dikenal juga Brem Wonogiri yang akrab disebut Brem Solo. Tak sulit rasanya menemukan brem di Kota Solo karena di pusat oleh-oleh biasanya tersedia.

14. Intip Solo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JOGJABIKINLAPER (@jogjabikinlaper)

Meskipun termasuk makanan tradisional “jadul”, namun intip goreng khas Solo tetap eksis hingga sekarang. Intip terbuat dari kerak nasi yang dikeringkan lalu digoreng, mirip seperti rengginang. Ada 2 macam varian intip, yaitu intip polos dan intip dengan siraman gula Jawa cair.

Keduanya sama-sama enak dan gurih. Jika Anda penyuka makanan manis, bisa mencicipi inti goreng dengan gula Jawa. Salah satu penjual intip terkenal di Solo adalah Mbah Boniyem. Beliau biasanya jualan di Pasar Gede Solo, namun kabarnya beliau telah tiada dan kini usahanya dilanjutkan oleh penerusnya.

Intip racikan Mbah Boniyem sangatlah melegenda karena sudah jualan sejak tahun 1945. Intip goreng sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Solo karena cukup tahan lama. Harganya dibanderol sekitar 25 ribu rupiah.

15. Klengkam Solo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @tutifrutty.69

Klengkam atau kering kentang merupakan salah satu makanan khas Solo dari kentang yang diiris tipis-tipis lalu digoreng dan diberi bumbu rempah. Biasanya klengkam digunakan sebagai pelengkap dalam penyajian nasi kuning, namun popoler juga buat buah tangan. Cita rasa klengkam berupa pedas manis sehingga cocok buat camilan.

16. Emping Melinjo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Emping Nyanun โ—† Camilan Solo (@empingnyanun)

Emping Melinjo atau Keripik Melinjo cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk Kota Solo. Sesuai namanya, Emping Melinjo terbuat dari biji melinjo atau belinjo (Gnetum gnemon). Cita rasanya gurih dan agak pahit, cocok buat camilan.

Untuk varian rasa Emping Melinjo, biasanya ada 3 macam yaitu asin, manis, dan pedas. Buat Anda yang ingin membawa Emping Melinjo sebagai buah tangan dari Solo, bisa mampir ke pasar maupun toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Surakarta.

17. Rengginang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sri Rejeki (@srirejeki.solo)

Bagi orang Jawa, mungkin sudah tak asing lagi dengan makanan bernama rengginang. Rengginang merupakan camilan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan. Pertama, beras ketan dimasak / dikukus lalu dibentuk bulat-bulat dan dikeringkan dibawah panas matahari. Setelah kering, rengginang digoreng dengan minyak panas.

Rengginang memiliki tekstur renyah layaknya kerupuk. Untuk varian rasanya, ada asin gurih dan manis. Anda dapat membawa rengginang dalam bentuk matang maupun mentah sebagai oleh oleh khas Solo bagi keluarga, saudara, maupun teman di rumah.

18. Balung Kethek

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cemilanku.zh (@balungkethek.zh)

Nama “Balung Kethek” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “tulang monyet”. Tapi, bukan berarti oleh oleh khas Solo ini terbuat dari tulang hewan monyet ya gaes, melainkan dari singkong. Dinamakan Balung Kethek karena makanan ini keras seperti tulang sehingga membuat orang meringis saat menggigitnya layaknya monyet.

Balung Kethek termasuk sejenis keripik singkong, hanya saja ukurannya lebih tebal dan berbentuk memanjang. Seiring dengan perkembangan zaman, kini camilan khas Solo ini punya beragam varian rasa mulai dari jagung manis, balado, ayam bakar, gurih, pedas, keju, manis dan pedas. Rate harga sekitar 10 – 15 ribu rupiah, tergantung beratnya berapa gram.

19. Mata Maling

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @atkey_snack

Satu lagi camilan unik khas Solo yang cocok dibawa sebagai oleh-oleh, yaitu Mata Maling. Apa itu Mata Maling? Mata Maling merupakan makanan tradisional dari kulit melinjo dengan cita rasa pedas manis. Untuk menemukannya, Anda dapat berkunjung ke pasar-pasar tradisional atau toko oleh-oleh. Rate harga sekitar 10 ribu rupiah.

20. Kerupuk Karak

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Karak Khas Solo (@sari_karak)

Oleh oleh khas Solo yang tahan lama berikutnya adalah Kerupuk Karak. Camilan ini terbuat dari nasi yang telah diberi bumbu dan dihaluskan. Seperti kerupuk pada umumnya, Kerupuk Karak bertekstur renyah dengan cita rasa gurih sehingga cocok juga sebagai lauk.

21. Kremes Sari Ayam Malioboro

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kremes Ayam Malioboro (@kremesayammalioboro)

Mendengar nama Malioboro, tentu pikiran sebagian orang akan langsung tertuju pada Kota Yogyakarta. Pasalnya, Malioboro telah menjadi ikon destinasi wisata Yogyakarta yang sangat populer. Namun, nama Malioboro pada RM Kremes Sari Ayam Malioboro yang satu ini berada di Kota Solo.

Sesuai namanya, tempat makan di Solo ini menyajikan menu ayam kremes yang super enak. Kremesannya dibuat dari sari ayam kampung dengan bahan dan bumbu rempah pilihan. Tak heran, cita rasanya begitu lezat bikin nagih ingin nambah terus. Buat Anda yang kebetulan ingin membawa oleh-oleh berupa ayam kremes ini, bisa mampir ke outletnya di :

  • RM Ayam Malioboro, Jl. R. M. Said No.138, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka pukul 07.00 – 21.00 WIB.
  • RM Kremes Ayam Malioboro, Jalan Raya Solo Baru Blok AB No.1, Dusun I, Langenharjo, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Jam buka pukul 11.00 – 21.00 WIB.

22. Serbat Jahe

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Luthfia Handayani (@luthfia.handayani)

Bukan hanya makanan, Solo pun punya minuman tradisional yang layak untuk dijadikan oleh-oleh, yaitu Serbat Jahe. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah dan jahe. Bentuknya ada 2 macam, yaitu berupa serbuk dan tablet. Untuk meminumnya, Anda tinggal menyedunya dengan air hangat. Serbat sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

23. Batik Khas Solo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Batik Omah Laweyan Solo (@batikomahlaweyan_solo)

Selain makanan dan minuman, Solo juga punya oleh-oleh khas lainnya yang menarik untuk dibawa pulang para wisatawan, Salah satunya adalah Batik Khas Solo. Beberapa sentra batik terkenal di Solo antara lain Kampung Kauman, Kampung Laweyan, Pasar Klewer, Toko Batik Danar Hadi, dan lainnya.

24. Barang Antik

Oleh oleh khas Solo selain makanan berikutnya adalah barang antik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berkunjungi ke Pasar Triwindu Ngarsopuro. Lokasinya terletak di Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Di sana, Anda akan menemukan benda-benda kuno yang unik, mulai dari uang koin, uang kertas tahun 1800-an, piring buatan tahun 1960-an, topeng, patung, lampu hias, radio, keris, jam tangan, hingga mainan tradisional. Tak hanya warga lokal, pengunjung pasar ini kabarnya juga ada yang dari luar negeri.

25. Souvenir atau Kerajinan Tangan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Katalog Oleh-oleh Javenir Solo (@javenir.catalog)

Hampir setiap daerah di Indonesia, umumnya mempunyai produk souvenir atau kerajinan khas yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Untuk Kota Solo, ada cukup banyak pilihan barang-barang tersebut, seperti hiasan wayang, miniatur sepeda kayu, gantungan kunci wayang, anting kayu, kaligrafi, gerabah piring keramik, dan lainnya.

Anda dapat membeli barang-barang tersebut di Toko Javenir Oleh-Oleh, Jl. Adi Sucipto No.48, Blukukan Dua, Blulukan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jam buka pukul 09.00 – 16.00 WIB.

26. Kaos Khas Solo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KLAMBEN KATALOG (@kaosklamben_katalog)

Kaos termasuk salah satu produk yang kerap menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, buat Anda yang ingin membeli kaos khas Solo, bisa mampir ke Toko Klamben, letaknya di Lantai Dasar Blok A2 No.05/06 Pusat Grosir Solo, Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Di sana, Anda bisa menemukan kaos dengan desain unik dan tulisan tentang Kota Solo. Tak kalah bagus deh, bila dibandingkan dengan Joger Bali atau Dagadu Jogja. Rate harga sekitar 80 – 100 ribuan rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

27. Blangkon, Baju Lurik, Dan Kebaya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Blangkon Solo (@tjakrablangkon)

Seperti halnya Yogyakarta, sebagian masyarakat Kota Solo masih memegang erat budaya Jawa. Tak ayal, di sana pun masih bisa ditemukan penjual pakaian adat Jawa baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Nah, buat Anda yang kebetulan berasal dari luar kota, bisa menjadikan pakaian adat ini sebagai oleh oleh khas Solo. Untuk laki-laki, biasanya berupa surjan (baju lurik) dan blangkon, sedangkan perempuan berupa kebaya.

Demikianlah sekilas info tentang berbagai oleh-oleh khas Solo kekinian yang terkenal wajib dibeli. Apabila sobat traveler punya referensi / rekomendasi oleh-oleh lain, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here