Home Wisata Asia 47 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Surabaya Yang Terkenal Wajib Dicoba

47 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Surabaya Yang Terkenal Wajib Dicoba

154
0

Kuliner Surabaya – Bingung mencari tempat makan di Kota Pahlawan? Ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak di Surabaya yang terkenal wajib dicoba. Mulai dari makanan khas, jajanan / camilan jadul tradisional, es krim legendaris, minuman segar, hingga hidangan kekinian modern ada semua di sini.

Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang asyik buat liburan. Pasalnya, ada banyak pilihan destinasi wisata Surabaya yang menarik untuk dikunjungi, termasuk sajian kulinernya. Misalnya saja lontong balap, rujak cingur, rawon, sate klopo, dan sebagainya.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang membutuhkan referensi tentang makanan enak di Kota Pahlawan, berikut ini Aneka Wisata sajikan daftar lengkapnya. List tempat wisata kuliner di Surabaya ini dibuat untuk umum ya, jadi apabila Anda beragama muslim, wajib memilih hidangan yang halal.

kuliner-surabaya
Gambar ilustrasi tempat wisata kuliner enak di Surabaya yang terkenal (Foto : @burudy.surabaya)

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Di Surabaya Yang Terkenal Wajib Dicoba

1. Depot Bu Rudy

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Travel & Food Blogger Surabaya (@archtravelfood)

Kita awali review kuliner Surabaya dengan mengulas Depot Bu Rudy. Siapa seh yang tak kenal dengan Bu Rudy? Wanita kelahiran Madiun ini berhasil menciptakan menu makanan spesial berupa nasi udang empal dan sambal bawang yang disukai banyak orang.

Depot Bu Rudy memang dikenal akan kelezatan sambalnya. Cita rasa pedasnya nampol banget, cocok dikunjungi bagi para pecinta pedas. Selain nasi udang empal dan sambal bawang, Anda juga bisa menikmati menu makanan lain seperti nasi campur, nasi pecel, nasi bakar, nasi rawon, dan rujak cingur.

Ada sekitar 7 cabang Depot Bu Rudy yang tersebar di Kota Surabaya, satu diantaranya terletak di Jl. Dharmahusada No.140, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.30 – 17.00 WIB. Selain makan di tempat, Anda juga bisa membawa pulang sambal Bu Rudy dalam bentuk kemasan botol sebagai oleh oleh khas Surabaya.

2. Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies)

Kuliner nasi bebek cukup populer dikalangan warga Surabaya. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi karena kelezatan olahan bebek khas Surabaya sudah banyak diakui orang. Daging bebeknya sungguh empuk dan gurih menggoyang lidah, bumbu rempahnya meresap hingga daging.

Ada cukup banyak penjual nasi bebek enak di Surabaya baik berupa warung tenda kaki lima maupun restoran. Satu diantaranya adalah Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi / Nasi Bebek Sayang Anak Pak Yudi. Keistimewaan nasi bebeknya terletak pada daging bebek gorengnya dimana terasa begitu empuk gurih dengan kulit renyah dan sambal pencitnya yang pedas menyegarkan.

Rate harga Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi dibanderol sekitar 25 ribu rupiah. Meskipun berjualan hanya memakai tenda kaki lima, namun olahan bebeknya laris manis. Kabarnya, hanya dalam hitungan jam sudah ludes. Padahal, katanya sudah menyiapkan 100 ekor bebek.

Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi bisa Anda temui di Jl. Kepanjen, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur (Jam buka mulai pukul 11.30 – 18.00 WIB) dan Jl. Tanjung Torawitan No.39, Perak Bar., Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur (Jam buka mulai pukul 15.00 – 18.30 WIB, Minggu tutup).

3. Bebek Tugu Pahlawan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya | CeceKuliner (@cecekuliner)

Dinamakan Bebek Tugu Pahlawan karena memang lokasinya berada dekat dengan Tugu Pahlawan. Tepatnya di Jl. Tembaan No.17F, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur. Kuliner Surabaya olahan bebek yang satu ini punya cita rasa juara, alias enak pakai banget! Tak heran, jika selalu menjadi incaran wisatawan maupun warga lokal.

Seporsi Bebek Tugu Pahlawan disajikan bersama parutan kelapa berwarna kuning, nasi, sambal, dan potongan mentimun. Untuk menu makanan di sana tersedia paha super, paha biasa, dada, protolan, serta jeroan. Rate harga dibanderol sekitar 25 – 30 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 18.00 – 22.00 WIB.

4. Bebek Sinjay

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tante Mobi (@tantemobi)

Bebek Sinjay merupakan nasi bebek legendaris yang berasal dari Kota Bangkalan Madura. Seiring dengan perkembangan zaman, kini Bebek Sinjay hadir di Kota Surabaya sehingga Anda tak perlu jauh-jauh menyebrang ke Pulau Madura untuk menikmati kelezatan daging bebeknya.

Daging bebek racikan warung Bebek Sinjay tak terlalu berminyak, berpadu pas dengan sambal pencit (sambal mangga muda). Cita rasa gurih, pedas, dan agak asam akan Anda rasakan saat menyantap daging bebek bersama sambal pencitnya.

Untuk menyantap daging bebek goreng olahan Bebek Sinjay, Anda bisa langsung datang ke salah satu cabangnya di Ruko Grand Ahmad Yani, Jl. Ahmad Yani, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB. Rate harga sekitar 25 – 30 ribu rupiah.

5. Bebek Goreng Purnama

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DIMAS ANGGA | KULINER SURABAYA (@njajantok_sby)

Kabarnya, Bebek Goreng Purnama termasuk salah satu pionir nasi bebek dalam dunia kuliner Surabaya. Warung bebek legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1992 dan masih eksis hingga sekarang. Ada cukup banyak warung bebek yang menggunakan nama Purnama di Kota Surabaya.

Nama Purnama sendiri disematkan karena lokasinya berada cukup dekat dengan Ex. Bioskop Purnama Surabaya. Alamat lengkap warung bebeknya terletak di Jl. Dinoyo, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB.

Cita rasa bebek warung Purnama begitu enak, tekstur dagingnya empuk dan garing pada bagian luarnya. Semakin nikmat dengan tambahan serundeng khasnya. Sambalnya pedas nampol, cocok buat Anda penyuka makanan pedas. Rate harga sekitar 20 – 25 ribu rupiah per porsi. Oya, jika ingin ke sana, lebih baik datang awal agar tidak kehabisan.

6. Lontong Balap Pak Gendut

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Surabaya Foods, Events, Places (@sbyfoodscientist)

Mengeksplore aneka kuliner Surabaya yang enak, rasanya belum lengkap tanpa menyantap Lontong Balap. Apa seh Lontong Balap itu? Lontong Balap adalah makanan khas Surabaya berupa campuran irisan lontong, tauge / kecambah, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, sambal, dan kuah.

Berbeda dengan lontong sayur pada umumnya, kuah Lontong Balap tampak bening tak bersantan sehingga terasa gurih ringan saat disantap. Sebagai pendamping, biasanya ada sate kerang dan es degan. Ada cukup banyak penjual Lontong Balap enak di Surabaya yang terkenal wajib dicoba. Satu diantaranya adalah Lontong Balap Pak Gendut.

Rate harga makanan Lontong Balap Pak Gendut yaitu Lontong Balap (14 ribu rupiah), sate kerang (14 ribu rupiah per 10 tusuk), dan es degan (10 ribu rupiah). Ada beberapa lokasi cabang warung Lontong Balap Pak Gendut, antara lain :

  • Lontong Balap Asli Pak Gendut (Pusat), Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.11, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.
  • Lontong Balap Garuda “Pak Gendut”, Jl. Embong Malang No.38, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 08.00 – 20.00 WIB.
  • Lontong Balap Pak Gendut Cabang Benowo, Jl. Raya Kandangan No.2, Kandangan, Kec. Benowo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 09.00 – 19.00 WIB.

7. Lontong Kupang Bu Wito

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies)

Selain Lontong Balap, ada lagi Lontong Kupang yang juga populer di kawasan Kota Surabaya dan sekitarnya. Apa itu Lontong Kupang? Lontong Kupang adalah makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari irisan lontong, kupang, sate kerang, dan siraman kuah petis. Cita rasanya terbilang enak, perpaduan antara pedas, manis, hingga asam.

Kupang merupakan hewan laut sejenis kerang dengan ukuran kecil sekitar 1 cm (sebutir beras). Kupang sering disebut sebagai kerang putih. Salah satu warung Lontong Kupang terenak di Surabaya adalah Lontong Kupang Bu Wito. Lokasinya terletak di Jl. Raya Tenggilis No.128, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur.

Menikmati seporsi Lontong Kupang Bu Wito paling nikmat jika ditemani segelas es degan nan menyegarkan. Untuk menikmati lontong kupang ditambah es degan, Anda harus merogoh kocek sekitar 19 ribu rupiah. Jam buka warung Bu Wito sekitar pukul 10.00 – 16.00 WIB (Minggu tutup).

8. Terang Bulan Volcano

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TERBUL & MARTABAK VOLCANO (@terangbulanvolcano)

Terang bulan atau martabak manis merupakan jajanan atau camilan populer di berbagai daerah Indonesia, termasuk Kota Surabaya. Rasanya yang legit dengan varian topping beraneka rasa membuat banyak orang menyukainya. Nah, buat Anda penggemar kudapan manis ini, bisa mampir ke kedai Terang Bulan Volcano.

Menu martabak yang disajikan oleh Terang Bulan Volcano sangatlah lengkap, baik martabak manis maupun martabak telor dengan isian / topping original hingga kekinian. Untuk martabak manis, tersedia adonan original, red velvet, black forest, blue velvet, takesumi, green tea, taro, pandan, mocca, coklat, tiramisu, dan cappucino.

Topping / isiannya ada ovomaltine, cadbury, nutella, kitkat green tea, toblerone, silverqueen, oreo, milo, chocochips, ceres, marsmallow, pisang, keju, coklat, kacang, strawberry, hingga blueberry. Sementara itu, isian martabak asin / martabak telurnya ada daging ayam, daging sapi, keju, jamur, smoked beef, sosis, kornet, tuna, kepiting, dan udang.

Lokasi Terang Bulan Volcano mudah ditemukan karena tersebar di berbagai penjuru Kota Surabaya. Misalnya Jl. Tidar No.84, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 15.30 – 21.30 WIB. Rate harga martabak terenak di Surabaya ini sekitar 30 – 115 ribu rupiah, tergantung isian.

9. Es Krim Zangrandi (Zangrandi Ice Cream)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Berburu kuliner Surabaya yang legendaris, rasanya belum lengkap tanpa mencicipi es krim racikan dari kedai Es Krim Zangrandi (Zangrandi Ice Cream). Meskipun teksturnya agak kasar layaknya es krim jadul, namun cita rasa khasnya terasa banget. Apalagi dibuat memakai bahan-bahan alami tanpa pengawet.

Kedai es krim terenak di Indonesia ini berdiri sejak tahun 1930 dan masih eksis hingga sekarang. Ada cukup banyak varian rasa yang ditawarkan oleh kedai Zangrandi Ice Cream, antara lain cokelat, vanila, strawberry, moka, tutti frutti, macadonia, kopyor, raspberry, durian, dan es krim soda.

Untuk menu baru kekinian, ada Noodle Ice Cream, Love Deal, dan Banana Split. Lokasi / alamat kedai Es Krim Zangrandi terletak Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 10.00 – 21.00 WIB. Rate harganya dibanderol sekitar 50 – 100 ribu rupiah.

10. Pangsit Mie Tenda Biru

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Siapa seh yang tak suka mie ayam? “Makanan sejuta umat” ini cukup digemari oleh semua lapisan masyarakat, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bagi Anda pecinta mie ayam, wajib rasanya nyobain Pangsit Mie Tenda Biru. Pasalnya, sajian mie ayam klasik di sana juara banget enaknya.

Tekstur mienya kenyal dengan ukuran agak besar. Cita rasanya yang lezat, porsi banyak, dan harga standar, membuat warung mie ayam terenak di Surabaya ini laris manis. Bahkan, jika datang saat jam makan siang, maka Anda harus rela antri bergantian dengan pengunjung lain.

Menu makanan di sana tersedia pangsit mie ayam dan pangsit mie ayam bakwan. Rate harga sekitar 17 – 20 ribu rupiah per porsi. Lokasi / alamat Pangsit Mie Tenda Biru terletak di Taman Wisata Kayoon, Jl. Kayoon, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 09.30 – 19.00 WIB.

11. Rawon Setan – Embong Malang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gideon Subagyo (@gideonsubagyo)

Rawon dikenal sebagai salah satu makanan khas Jawa Timur yang cukup populer di Kota Surabaya. Hidangan ini berupa sup daging berkuah hitam. Warna hitam tersebut berasal dari kluwek. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal.

Salah satu warung rawon terenak di Surabaya yang terkenal hits banget adalah Rawon Setan. Lokasinya terletak di Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB (Minggu, Senin, Selasa) dan 08.00 – 16.30 WIB, 18.00 – 04.00 WIB (Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu).

Mendengar nama Rawon Setan, mungkin sebagian orang akan berfikir bahwa nama Rawon Setan disematkan karena cita rasanya yang sangat pedas. Padahal, nama tersebut disematkan karena pada awal berdirinya, warung rawon ini buka mulai pukul 22.00 WIB sampai pagi hari.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa merasakan sensasi pedas dari sambalnya yang nampol banget. Selain nasi rawon, di sana tersedia juga nasi osek, nasi campur, nasi pecel, dan nasi Bali daging. Untuk minuman, ada es teh, es jeruk, es blewah, es degan, es sinom, es beras kencur, es cao, es kolang kaling, dan kopi susu.

Dengan menu lengkap dan ruang makan lumayan luas, Rawon Setan – Embong Malang cukup recommended untuk tempat buka puasa di Surabaya bersama keluarga maupun sahabat. Rate harga nasi rawon sekitar 36 ribu rupiah per porsi.

12. Rawon Kalkulator

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Meskipun hanya berjualan memakai tenda kaki lima, namun racikan nasi rawon dari warung Rawon Kalkulator sungguh enak menggoyang lidah. Potongan dagingnya besar-besar dan terasa empuk. Dalam satu porsi, ada sekitar 5 – 6 potong daging sapi. Tak ayal, destinasi kuliner Surabaya ini pun ramai pengunjung.

Kabarnya, nama kalkulator disematkan karena pelayannya pandai menghitung dengan cepat harga makanan yang harus dibayar oleh pembeli. Hitungan tersebut tanpa memakai alat, dan nyaris selalu benar layaknya “kalkulator berjalan”.

Lokasi / alamat Rawon Kalkulator terletak di Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Rate harga sekitar 25 ribu rupiah per porsi. Sebagai lauk pendamping, tersedia tempe goreng, perkedel, dan telor asin.

13. Nasi Rawon Krengsengan Pak Pangat (Rawon Pak Pangat Wonokromo)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Venda Intan Pratama (@eattemptationsby)

Satu lagi kuliner rawon enak di Surabaya yang terkenal wajib dicoba, yaitu Rawon Pak Pangat Wonokromo. Lokasinya terletak di Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 06.30 – 20.00 WIB.

Ada 3 varian rawon di warung Pak Pangat, yaitu nasi rawon suwir (nasi putih, empal suwir, kuah rawon), nasi rawon krengsengan (nasi putih, empal suwir, krengsengan, kuah rawon), dan nasi rawon campur (nasi putih, empal suwir, krengsengan, bali tahu, kuah rawon).

Selain nasi rawon, tersedia juga nasi krengsengan (nasi putih, empal suwir, krengsengan) dan nasi campur (nasi putih, empal suwir, krengsengan, bali tahu). Rate harga makanan di sana sekitar 26 – 36 ribu rupiah.

14. Carpentier Kitchen

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ORE Small Business And Cafe (@carpentierkitchen)

Berkunjung ke Kota Pahlawan, belum lengkap rasanya tanpa nongkrong dan ngopi. Nah, buat Anda yang sedang mencari tempat asyik buat kongkow bareng keluarga maupun teman, wajib deh datang ke Carpentier Kitchen. Lokasinya terletak di Jl. Untung Suropati No.83, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur.

Cafe hits di Surabaya ini menawarkan beragam menu makanan dan minuman ala cafe-cafe kekinian pada umumnya. Desain interiornya tampak instagramable sehingga bagus buat latar berfoto. Asyiknya lagi, para pengunjung bisa sekalian shopping di ORE Store.

Barang-barang yang dijual di ORE Store sangatlah lengkap, mulai dari produk lokal hingga internasional. Produknya berupa pakaian, aksesoris, barang dekorasi rumah, sepatu Vans, tas Kanken, dan jam tangan Daniel Wellington. Jam buka Carpentier Kitchen mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB (Minggu tutup).

15. Nasi Krawu Mbuk Su

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Nasi Krawu sebenarnya makanan khas Gresik, tapi cukup terkenal di Kota Surabaya. Kuliner ini berupa nasi putih pulen yang disajikan pada daun pisang dengan lauk daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal, dan serundeng.

Salah satu nasi krawu terenak di Surabaya adalah Nasi Krawu Mbuk Su (Hj. Sufayah). Lokasinya terletak di Jl. Raya Darmo Permai III No.12, Tanjungsari, Kec. Sukomanunggal, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 15.00 WIB.

Seporsi Nasi Krawu Mbuk Su berisi nasi putih, suwiran daging ayam, kikil, sambal, babat, dan juga serundeng. Rate harga sekitar 20 ribu rupiah.

16. Rujak Cingur Genteng Durasim

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Rujak cingur merupakan salah satu ikon kuliner khas Surabaya yang paling terkenal. Belum ke Surabaya namanya, jika tanpa mencicipinya. Sesuai namanya, rujak ini memakai moncong / mulut sapi (cingur = mulut) yang telah dimasak sebagai isiannya.

Seporsi rujak cingur biasanya berisi irisan buah-buahan (timun, krai, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong), lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Bahan-bahan tersebut lalu dicampur dengan bumbu ulek.

Bumbu ulek rujak cingur dibuat layaknya rujak ulek, terbuat dari petis udang, gula merah, cabai, kacang tanah goreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang klutuk muda. Untuk menikmati sajian rujak cingur terenak di Surabaya Jawa Timur, Anda bisa datang ke warung Rujak Cingur Genteng Durasim.

Lokasinya terletak di Jl. Genteng Durasim No.29, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.30 – 17.30 WIB. Racikan rujak cingurnya berisi cingur, irisan tempe, tahu, bengkoang, mangga muda, tauge, lontong, bumbu kacang dan petis. Rate harga sekitar 25 – 35 ribu rupiah per porsi.

Selain rujak cingur, warung legendaris yang berdiri sejak tahun 1943 ini juga menyediakan menu makanan lain seperti sop buntut, nasi rawon, nasi Bali daging, nasi asem empal / ayam / pindang, nasi lodeh empal / ayam / pindang, nasi pecel empal / ayam, lontong mie, dan gado-gado.

Sedangkan untuk minuman, tersedia es dawet, es degan, es blewah, es campur, es soda gembira, es jeruk, es cao, es beras kencur, es sinom, teh hangat, dan jeruk hangat.

17. Rujak Cingur Delta

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya | KULINERSBY (@kulinersby)

Kuliner Surabaya lainnya yang menyajikan rujak cingur enak adalah Rujak Cingur Delta. Lokasinya terletak di Jl. Kayoon – Jl. Embong Kemiri No.46D, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur dan Plaza Surabaya, No.33, Jl. Pemuda, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur.

Seporsi Rujak Cingur Delta berisi tauge / kecambah, bayam, tahu, tempe, cingur, kikil, buah-buahan, mie kuning, dan siraman bumbu petis. Rate harga sekitar 35 ribu rupiah per porsi.

18. Nasi Goreng Jancuk

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nasi Goreng Jancuk (@nasgorjancuk)

Anda pecinta makanan pedas? Jika iya, wajib rasanya mencicipi Nasi Goreng Jancuk yang terkenal super pedas. Konon kabarnya, penamaan Nasi Goreng Jancuk ini berawal dari umpatan seseorang setelah menyantap nasi goreng super pedas berupa “Jancuk Pedes Cak”. Lalu munculnya ide untuk menyebut nama nasgor pedas tersebut dengan sebutan Nasi Goreng Jancuk.

Ada beberapa tempat makan nasi goreng enak di Surabaya yang menawarkan menu Nasi Goreng Jancuk, antara lain :

  • Surabaya Suites Hotel, Jl. Plaza Boulevard No.33-35, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Tunjungan Plaza, Tunjungan Plaza 1 lantai 5, Tegalsari, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Surabaya Plaza Hotel, Jl. Pemuda, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur.
  • Royal Plaza Lt 3 Blok O1-15 Jalan Ahmad Yani, Wonokromo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.
  • City of Tomorrow Mall, Jalan Ahmad Yani No. 288, City Of Tommorrow Lantai 1 Blok FF No., Jl. Basuki Rahmat No.8-12, Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur.

19. Pakuwon Food Festival

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Berlokasi di Pakuwon City Surabaya, tepatnya Jl. Kejawan Putih Mutiara No.17, Kejawaan Putih Tamba, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur, Pakuwon Food Festival menjadi sentra kuliner baru di Kota Pahlawan. Di sana, Anda bisa memukan berbagai hidangan lokal hingga internasional.

Selain kuliner, Pakuwon Food Festival juga menawarkan berbagai wahana bermain seperti sepeda tandem, trampoline, komedi putar, dan sebagainya. Tak heran, jika destinasi “Foodfest” ini menjadi salah satu tempat ngabuburit di Surabaya favorit anak muda saat bulan Ramdhan tiba sambil menunggu waktu buka puasa.

20. G Walk

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya | Ratna Tjan (@r47natjan)

Tak kalah bagus dengan Pakuwon Food Festival, G Walk juga layak Anda kunjungi untuk menikmati beragam makanan enak. Lokasinya terletak di G Walk Citraland, Ruko Taman Gapura, Jl. Niaga Gapura No.14, Lidah Kulon, Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Mengusung konsep kuliner dan hiburan, destinasi wisata malam Surabaya ini menawarkan sekitar 98 cafe dan resto dengan menu lokal maupun manca negara mulai gado-gado, lontong balap, tahu campur, nasi jagung, ketan durian, nasi uduk, pizza, burger, hingga hot dog. Sekilas, mirip food street di Singapura.

21. Semanggi atau Pecel Semanggi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Edo Sasmita (@sasmitaedo)

Semanggi atau Pecel Semanggi merupakan kuliner khas Surabaya yang terdiri dari daun Semanggi kukus, kecambah, kangkung / kembang turi, lalu disiram dengan saus kacang kental. Semanggi biasanya disajikan memakai daun pisang bersama kelupuk uli (kerupuk dari beras).

Jika dilihat sekilas, Semanggi mirip dengan pecel sehingga cocok buat menu sarapan pagi. Untuk menikmati Semanggi enak di Surabaya, Anda bisa pergi ke Taman Bungkul atau ke warung Semanggi Dempo di Jl. Dempo No.19, Petemon, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur.

22. Warung Nasi Cumi-Cumi (Ibu Atun)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by food seeker based in Madiun (@sam_kuliner)

Bingung mencari tempat makan di Surabaya yang buka 24 jam nonstop? Datang saja ke Warung Nasi Cumi-Cumi (Ibu Atun) di sebelah Pasar Atom, tepatnya Jl. Waspada No.30, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur.

Sesuai namanya, menu utama warung makan ini berupa cumi sebagai lauk. Ada 4 buah varian menu, yaitu nasi biasa (nasi, cumi, peyek udang), nasi campur (nasi, cumi, empal, telur, peyek udang), nasi komplet (nasi, empal, cumi, telur, usus, babat, paru, peyek udang, dan nasi rawon (nasi, rawon, empal, dan cumi).

Meskipun hanya berjualan menggunakan tenda kaki lima, namun cita rasa masakannya sungguh enak menggugah selera. Tak ayal, pembelinya pun ramai. Warung Ibu Atun ini dikenal juga dengan nama nasi cumi waspada atau nasi cumi Pasar Atom. Rate harga nasi cumi komplit sekitar 33 ribu rupiah.

23. Sate Karak

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by mossqee +62 🇮🇩 #RUSUHSTAGRAM (@dad_dish)

Sate Karak merupakan kuliner unik khas Surabaya yang langka. Makanan ini berupa sate jeroan sapi, lalu disajikan bersama ketan hitam dan parutan kelapa di atasnya. Kabarnya, Sate Karak sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda lho. Legendaris banget, bukan?

Untuk menikmati seporsi Sate Karak, Anda bisa datang ke Jl. Ampel Lonceng No.60, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur. Di sana, ada penjual Sate Karak terenak di Surabaya. Jam buka mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB. Rate harga sekitar 15 ribu rupiah per porsi.

24. Tahu Teck Teck Pak H. Ali

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya || Kulinersby (@nongkrong_surabaya)

Olahan tahu nampaknya begitu populer dikalangan masyarakat Pulau Jawa. Setiap daerah punya makanan khas berbahan tahu, misalnya saja tahu gimbal dari Semarang dan tahu aci dari Tegal. Kota Surabaya pun memiliki kuliner enak berupa olahan tahu, yaitu tahu tek.

Salah satu tahu tek terenak di Surabaya adalah Tahu Teck Teck Pak H. Ali. Seporsi tahu teknya berisi potongan tahu goreng, telur dadar, kentang, lontong, tauge / kecambah, dan siraman kuah bumbu kacang yang telah dicampur dengan petis. Cita rasanya gurih dan legit menjadi satu, sungguh lezat mengenyangkan perut.

Warung tahu tek legendaris ini terletak di Jl. Dinoyo No.147, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 01.00 WIB. Rate harga sekitar 15 – 20 ribu rupiah.

25. Tahu Telor Pak Jayen

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Selain tahu tek, hidangan tahu telor juga cukup populer di Kota Pahlawan. Kedua kuliner Surabaya ini sebenarnya hampir sama, perbedaannya hanya terletak pada tahu. Tahu telor memakai tahu yang dibaluri telur kocok sebelum digoreng, sementara tahu tek tanpa baluran telur kocok pada tahunya.

Salah satu warung tahu telor enak di Surabaya yang paling terkenal adalah Tahu Telor Pak Jayen. Seporsi tahu telornya berisi tahu goreng, kentang rebus, telur, lontong, taoge, kuah kental bumbu kacang dengan petis, dan kerupuk. Rate harga sekitar 17 ribu rupiah per porsi.

Lokasi / alamat Tahu Telor Pak Jayen terletak di Jl. Dharmahusada No.112, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

26. Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo)

Tahu campur sebenarnya makanan khas Lamongan, namun cukup terkenal juga di Kota Pahlawan. Seporsi tahu campur biasanya berisi sop daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mi kuning, kerupuk udang, bumbu petis, bawang goreng, dan sambal.

Untuk menikmati seporsi tahu campur enak di Surabaya, Anda bisa mampir ke warung Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan. Lokasinya terletak di Jl. Kalasan, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.30 – 22.30 WIB. Rate harga sekitar 23 ribu rupiah per porsi.

27. Tahu Campur Cak KAHAR

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Satu lagi warung tahu campur terenak di Surabaya yang terkenal wajib dikunjungi, yaitu Tahu Campur Cak KAHAR. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Embong Malang No.78 G, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Satu porsi tahu campurnya berisi potongan daging sapi, otot sapi, kecambah, mie kuning, tahu, lentho, kerupuk udang, kuah kaldu, dan bumbu petis. Cita rasanya sungguh lezat, apalagi disajikan saat masih hangat. Sungguh menggugah selera dan bikin nagih. Rate harga kuliner malam legendaris Surabaya ini sekitar 20 ribu rupiah per porsi.

28. Soto Ayam Lamongan Cak Har

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo)

Soto merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di Jawa Timur, terutama Surabaya. Ada cukup banyak penjual soto enak di Surabaya yang bisa dikunjungi, satu diantaranya adalah Soto Ayam Lamongan Cak Har.

Sesuai namanya, racikan soto warung Cak Har memakai kuah kuning dan taburan bubuk koya khas Soto Lamongan. Untuk isiannya, ada daging ayam suwir, kulit ayam, mi soun, dan daun seledri. Cita rasa kuahnya gurih dan segar. Rate harga sekitar 21 ribu rupiah per porsi.

Warung Soto Ayam Lamongan Cak Har ada beberapa cabang, antara lain terletak di :

  • Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.220, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 06.00 – 02.00 WIB.
  • Jl. Arief Rahman Hakim, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 06.00 – 21.00 WIB.
  • Jl. Raya Menganti Karangan No.45, Babatan, Kec. Wiyung, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 07.30 – 21.30 WIB.

29. Sego Sambel Mak Yeye

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Venda Intan Pratama (@eattemptationsby)

Tak hanya pagi dan siang, malam hari pun Kota Pahlawan menyuguhkan beragam makanan enak. Misalnya saja Sego Sambel Mak Yeye yang terkenal sebagai salah satu ikon kuliner malam Surabaya. Sesuai namanya, menu unggulan di warung ini adalah sego sambel (nasi dan sambal).

Untuk lauknya, tersedia pilihan tempe, tahu, telur, hingga iwak pe atau ikan pari asap. Menikmati sepiring nasi putih hangat bersama sambal dan iwak pe, tentu menjadi sesuai yang spesial. Apalagi disantap saat malam hari dengan cuaca dingin, hmm… sungguh sedap.

Sego Sambel Mak Yeye termasuk kuliner khas Surabaya legendaris karena berdiri sejak tahun 1982. Rate harga sekitar 15 ribu rupiah, tergantung jenis dan jumlah lauk. Lokasi / alamat Sego Sambel Mak Yeye terletak di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 21.00 – 04.00 WIB.

30. Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies)

Berdiri sejak tahun 1945, warung Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih tetap eksis sampai sekarang. Cita rasanya yang enak dan kualitas tetap terjaga, membuat banyak orang menyukainya. Apa seh sate kelopo atau sate klopo itu? Sate kelopo merupakan sate daging sapi yang dilumuri dengan parutan kelapa (kelapa = kelopo).

Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih memakai daging sapi pilihan berupa bagian lulur dalam atau tenderloin sehingga terasa empuk saat disantap. Bumbu kepalanya pun kaya akan rempah, tak heran jika satenya terasa gurih dan lezat. Sate kelopo biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, cabai rawit, dan lontong / nasi.

Selain daging sapi, tersedia juga sate ayam, sate usus, sate sumsum, sate otot dan sate campur. Rate harga sate kelopo sekitar 29 ribu rupiah per 10 tusuk. Lokasi kuliner Surabaya yang legendaris ini terletak di Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

31. Spesial Belut Surabaya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies)

Mendengar nama belut, pikiran saya langsung tertuju pada keripik belut Godean dan sambel belut Pak Sabar yang merupakan destinasi wisata kuliner Jogja. Maklum, saya sudah cukup lama tinggal di Kota Gudeg tersebut. Ternyata, Kota Surabaya juga punya sajian belut istimewa nan enak, namanya Spesial Belut Surabaya.

Menu yang ditawarkan berupa belut goreng dengan sambal bawang atau sambal korek. Tekstur daging belutnya terasa empuk lembut. Sambalnya juga pedas nampol, pas benget disantap bersama nasi putih hangat. Warung Spesial Belut Surabaya punya beberapa cabang, antara lain terletak di :

  • Jl. Banyu Urip No.139, RT.002/RW.09, Kupang Krajan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 11.00 – 23.00 WIB.
  • Ruko Landmark, Jl. Kayoon No.40, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 11.00 – 23.00 WIB.
  • Jl. Raya Wiyung No.22, Jajar Tunggal, Kec. Wiyung, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 11.00 – 22.00 WIB.
  • Jl. Raya Mulyosari No.394, Kalisari, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 11.00 – 22.00 WIB.

32. Warung Leko

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies)

Anda penggemar penyetan? Jika iya, wajib rasanya datang ke Warung Leko. Pasalnya, di sana tersedia beragam penyetan enak mulai dari iga penyet, bakso penyet, ayam penyet, bebek penyet, empal penyet, babat penyet, terong penyet, hingga jamur crispy penyet.

Soal rasa, tentu tak perlu diragukan lagi, benar-benar lezat. Tekstur daging iga bakarnya terasa empuk dengan cita rasa gurih manis khas daging iga. Pas banget disantap dengan sambal pedas yang nampol. Rate harga sekitar 20 – 35 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Warung Leko terletak di Jl. Manyar Kertoarjo V No.9, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur dan Ruko Surya Inti Permata, Jl. Mayjen HR. Muhammad, Pradahkalikendal, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

33. Warung Bu Kris

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya • AIF (@amazingindonesiafood)

Selain Warung Leko, ada Warung Bu Kris yang juga menawarkan aneka menu spesial penyetan, mulai dari ayam, bakso, tempe, gurame, kol goreng, dan sebagainya. Sambalnya enak banget lho! Ada juga menu nasi rawon dan nasi krawu.

Asyiknya lagi, tempat makan enak di Surabaya ini menyediakan menu khusus anak-anak yang tak suka pedas sehingga cocok dikunjungi bersama keluarga. Lokasi / alamat Warung Bu Kris ada di beberapa tempat karena sudah punya banyak cabang, antara lain :

  • Jl. Kayoon No.46B, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 09.30 – 20.30 WIB.
  • Jl. Tenggilis Utara No.1, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 08.00 – 15.00 WIB.
  • Ruko Villa Bukit, Mas, Jl. KH Abdul Wahab Siamin Surabaya Blok RO No.1, Dukuh Pakis, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.

34. Sate Ayam Madura Pak Mat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo)

Siapa seh yang tak kenal dengan sate ayam Madura? Hampir setiap daerah di Pulau Jawa bisa ditemui para pedagang sate ayam Madura. Cita rasanya yang enak membuat banyak orang menyukainya. Buat Anda yang kebetulan sedang berada di Surabaya dan ingin mencicipinya, mampir saja ke Sate Ayam Madura Pak Mat.

Warung sate ayam terenak di Surabaya ini menawarkan potongan daging ayam nan tebal dan empuk. Bumbunya juga mantap banget, terasa gurih bikin nagih. Tersedia juga sate kulit ayam yang tak kalah enak. Rate harga sekitar 15 ribu rupiah per 10 tusuk (harga bisa berubah-ubah ya gaes!).

Lokasi / alamat Sate Ayam Madura Pak Mat terletak di Jl. Tapak Siring No.1, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

35. Soto Ambengan Pak Sadi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ny.rempong (@ny.rempong)

Tak sulit rasanya mencari soto enak di Surabaya karena cukup banyak pilihan. Salah satu diantaranya tentu saja Soto Ambengan Pak Sadi. Warung soto legendaris ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan masih eksis hingga sekarang.

Seporsi sotonya berisi irisan daging ayam kampung, telur, bihun / soun, kol, potongan telur rebus, seledri, kuah kaldu gurih berwarna kuning pekat, dan koya khas soto Lamongan. Cita rasanya sungguh enak dan segar, cocok banget buat menu sarapan pagi di Surabaya.

Lokasi / alamat Soto Ambengan Pak Sadi terletak di Jl. Ambengan No.3A, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 06.30 – 21.30 WIB.

36. Kepiting Cak Gundul 1992

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Sby | Nuratika Widya (@sub.point)

Anda pecinta seafood? Jika iya, wajib deh mampir ke warung Kepiting Cak Gundul 1992. Di sana, Anda akan dimanjakan berbagai olahan makanan laut, mulai dari kepiting, cumi, udang, kerang, hingga aneka ikan. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi, juara banget enaknya!

Pilihan jenis masakannya pun beragam, ada asam manis, kare, mentega, rebus, atau bumbu. Rate harga sekitar 20 – 200 ribuan rupiah. Lokasi / alamat Kepiting Cak Gundul 1992 terletak di Jl. Raya Kupang Indah No.45, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 11.00 – 23.00 WIB.

37. Nasi Ayam Pak Sahir

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies)

Kelaparan saat malam hari? Tak perlu kuatir, karena Kota Pahlawan punya banyak tempat makan enak yang buka saat malam hari. Satu diantaranya adalah Nasi Ayam Pak Sahir di Jl. Kapasan No.59, Kapasan, Kec. Simokerto, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 18.00 – 00.00 WIB.

Menu unggulan di warung Pak Sahir berupa krengsengan ayam. Apa seh krengsengan itu? Krengsengan merupakan masakan berupa daging (kambing / ayam) yang dipotong kecil-kecil, lalu ditumis memakai bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, dan kecap manis.

Krengsengan umumnya berwarna cokelat, cita rasanya gurih dan manis. Jika Anda penyuka pedas, tak perlu kuatir karena biasanya disajikan bersama acar dan beberapa cabai rawit. Rate harga nasi ayam krengsengan dan telur dibanderol sekitar 20 ribu rupiah.

38. Nasi Sayur Pak Djo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kuliner Surabaya Foodies | SF (@surabayafoodies)

Berlokasi di Jl. Embong Blimbing No.1, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur, warung makan Pak Djo Asli – Nasi Sayur menyuguhkan menu lumayan lengkap buat pengisi perut dikala lapar. Apalagi jam bukanya terbilang lama, mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

Menu makanan disana antara lain nasi sayur, nasi sayur ayam, nasi goreng Jawa, nasi goreng mawut, nasi goreng ayam / ayam sayur, nasi ayam, nasi ayam mie, nasi mie ayam sayur, bakmi kuah, dan bakmi goreng. Rate harga sekitar 18 ribu rupiah per porsi.

39. Soto Madura Tapak Siring

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo)

Selain dikenal dengan kelezatan sate ayamnya, Madura juga punya sajian soto enak. Nah, untuk menikmati semangkok soto khas Madura, Anda tak perlu jauh-jauh datang ke pulau Madura. Pasalnya, di Kota Surabaya pun ada warung soto Madura bercita rasa enak, misalnya Soto Madura Tapak Siring.

Berbeda dengan soto khas Lamongan, Soto Madura Tapak Siring berisi potongan daging sapi, telur rebus, bawang goreng, seledri, dan kuah kaldu. Untuk nasi, disajikan secara terpisah dibungkus daun pisang. Rate harga sotonya sekitar 26 ribu rupiah per porsi. Lokasi / alamat Soto Madura Tapak Siring, ada di :

  • Jl. Dharmahusada No.14C, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 07.00 – 21.00 WIB.
  • Jl. Residen Sudirman No.55 B, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka pukul 06.00 – 20.00 WIB.

40. Warung Pak Hasyim

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Mochammad | Kulinersby (@laparlagimakanlagi)

Destinasi wisata kuliner Surabaya berikutnya yang harus dicoba adalah Warung Pak Hasyim. Lokasinya terletak di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.523, Penjaringan Sari, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka operasional mulai pukul 10.00 – 22.30 WIB.

Menu yang disajikan oleh Warung Pak Hasyim terbilang lengkap, berbagai makanan khas Jawa Timuran, khususnya Surabaya bisa Anda jumpai. Menu tersebut antara lain tahu tek, tahu telor, tahu campur, lontong balap, lontong kupang, nasi rawon, nasi ayam goreng, dan nasi bebek goreng.

Untuk minuman, tersedia es jeruk, es teh manis, es kacang hijau, jeruk hangat, teh manis hangat, dan sinom. Rate harga makanan dibandrol sekitar 20 ribuan rupiah.

41. Cakue Peneleh Pasar Atom

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cakue Peneleh (@cakue.peneleh)

Bukan hanya makanan berat, sajian kuliner Surabaya juga menawarkan camilan enak yang menggoyang lidah. Satu diantaranya adalah Cakue Peneleh. Lokasinya berada di Pasar Atom Lama Tahap III, lantai I, Jl. Bunguran No.45, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Berdiri sejak tahun 1988, Cakue Peneleh tetap eksis laris manis hingga sekarang. Hal ini mungkin karena kualitas dan cita rasanya tetap terjaga enaknya. Ditambah lagi adanya inovasi cakue berupa tambahan udang dan ayam di dalamnya sehingga bisa menarik minat pembeli.

Menyantap cakue hangat sambil dicocol ke dalam saus asam manis sungguh terasa nikmat bikin nagih. Selain cakue, kedai / warung sederhana ini juga menyajikan roti goreng, ote-ote, kompiang, kacang kuah, dan sebagainya. Rate harga cakue dibanderol sekitar 5 – 6 ribu rupiah.

42. Nasi Babat Madura / Nasi Babat Pegirian

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by kokobigkuliner (@kokobigkuliner)

Mengeksplore aneka kuliner Surabaya memang tak akan cukup hanya 1 – 2 hari saja. Anda akan membutuhkan waktu beberapa hari, minggu, maupun bulan jika ingin mencoba semua makanan khas di Kota Pahlawan. Pasalnya, ada puluhan bahkan mungkin ratusan hidangan lezat yang wajib dicoba, salah satunya adalah babat.

Ada banyak pilihan warung nasi babat enak di Surabaya yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah Nasi Babat Madura di
depan Pasar Pegirian, Jl. Nyamplungan, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai sore menjelang malam hingga pagi dini hari, sekitar pukul 17.00 – 04.00 WIB.

Babatnya disajikan bersama nasi jagung yang gurih dan lezat. Jika tak suka nasi Jagung, Anda bisa memesan nasi putih. Sebagai lauk tambahan, tersedia peyek udang, belut goreng, tongkol, cumi, dan lainnya. Rate harga seporsi nasi babat, belut, usus, dan paru dibanderol sekitar 21 ribu rupiah.

43. Warung Kongde Mbak May

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fooga! – Kuliner Surabaya (@foo.ga)

Berlokasi di Jl. Bubutan II, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur, Warung Kongde Mbak May menawarkan beragam menu makanan yang enak buat mengisi perut dikala lapar. Menu-menu tersebut antara lain nasi campur, nasi rawon, nasi sop, nasi madura, nasi cumi, nasi penyetan ayam, dan nasi sayur bening.

Untuk lauk, tersedia empal, paru, babat, tahu, tempe, cumi, udang, tongkol, dorang, dan ayam kampung. Menu spesial dari warung makan ini berupa nasi cumi bumbu hitam yang begitu lezat. Rate harga sekitar 25 – 30 ribu rupiah, tergantung lauk. Jam buka Warung Kongde Mbak May pukul 07.00 – 15.00 WIB (Minggu tutup).

44. Warung Tempe Penyet Mbak Noer

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fooga! – Kuliner Surabaya (@foo.ga)

Sesuai namanya, Warung Tempe Penyet Mbak Noer menyediakan aneka menu penyetan dengan sambal pedas nampol dan lalapan. Untuk lauk, ada ikan pari atau iwak pe, dorang, mujair, ayam, bandeng, telur dadar, dan sebagainya.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi karena warung ini termasuk penyetan terenak di Surabaya. Lokasi / alamat Warung Tempe Penyet Mbak Noer terletak di Jl. Jagir Wonokromo No.120, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 07.00 – 02.00 WIB.

45. Depot Mekarsari

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mau Makan | Cafe Surabaya (@maumakan.co)

Bagi para pecinta daging kambing, Depot Mekarsari bisa menjadi pilihan tepat untuk memanjakan lidah dan perut. Tekstur daging satenya begitu empuk tanpa bau “prengus”, rasanya enak pakai banget gaes! Gak kalah dengan sate kambing khas Tegal.

Ada sekitar 5 varian sate yang tersedia di sana, yaitu sate daging, sate daging lemak, sate campur, sate daging hati, dan sate hati. Sebagai pelengkap, Anda bisa memesan gulai kambing bercita rasa lezat. Rate harga sekitar 35 – 80 an ribu rupiah.

Lokasi / alamat warung sate kambing terenak di Surabaya ini terletak di Jl. Pucang Sewu No.11, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

46. Es Coklat Tambah Umur 1950

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by // Aldrian Praditya Nurhalim (@aldrianpraditya)

Sesuai namanya, kedai es cokelat ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Racikan esnya sungguh sangat enak, cita rasa manis alias legit dan segar akan Anda dapatkan pada saat meminumnya. Pas banget buat penghilang dahaga pada saat cuaca terik / panas.

Sebagai pelengkap, tersedia roti sobek dan gorengan untuk camilan. Harga segelas es coklatnya dibanderol sekitar 8 ribu rupiah. Sedangkan roti sobek, 2 ribu rupiah. Lokasi / alamat warung Es Coklat Tambah Umur 1950 terletak di Jl. Simokerto No.49, Simokerto, Kec. Simokerto, Kota SBY, Jawa Timur.

47. Es Teler Pacarkeling dan Bakso Pak No

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo)

Satu lagi kedai es enak di Surabaya yang wajib dikunjungi, yaitu Es Teler Pacarkeling dan Bakso Pak No. Ada 2 menu utama yang ditawarkan, yaitu es teler atau es campur, dan bakso. Kedua hidangan tersebut punya cita rasa enak, layak dicoba.

Isian es teler / es campurnya melimpah, berisi es serut, agar-agar, kelapa muda, dan buah-buahan. Tak lupa siraman sirup legit dan susu kental manis. Sungguh, sebuah perpaduan bahan-bahan yang bisa menyegarkan tubuh ketika sedang kehausan, apalagi saat cuaca panas.

Harga satu porsi es teler / es campurnya sekitar 18 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Jl. Penataran No.2, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Demikianlah sekilas info tentang tempat wisata kuliner di Surabaya yang recommended untuk dikunjungi. Jangan lupa catat ya gaes, siapa tahu membutuhkannya sewaktu-waktu. Apabila sobat traveler punya referensi kuliner lain, bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here